in

Review Komik Spy x Family

Spy x Family – Sebuah komik yang menceritakan sebuah keluarga palsu. Namun, keluarga palsu itu memiliki keunikan yang akan membuat kamu tertawa. Dimulai dengan seorang tokoh bernama Twilight yang merupakan seorang spy atau mata-mata.

Komik ini sangat populer dan menarik perhatian banyak orang. Cerita mengenai keluarga dan dicampur baurkan dengan aksi keren para tokohnya membuat komik ini menghibur para pembaca. Penyamaran yang dilakukan oleh Twilight demi menjalankan misinya dipenuhi dengan hiburan dan keunikan.

Inilah sepenggal kisah keluarga palsu dan unik yang akan membuat kamu tertawa. Twilight akan mencari seorang istri dan anak untuk menjalankan misinya. Pasti kamu penasaran kan dengan kisah perjalanan Twilight?

Kali ini kita akan membahas isi dari komik Spy x Family karya Tatsuya Endo. Yuk, mari kita review secara ringkas ya!

 

Sinopsis Komik Spy x Family

https://www.gramedia.com/products/spy-x-family-02?queryID=7301900e07ca0fa89c2f6fc726c535c2

Twilight atau Loid merupakan seorang mata-mata yang selalu menyamar demi menjalankan sebuah misi. Suatu hari, ia mendapatkan perintah yang cukup sulit dari atasannya, yaitu membuat keluarga palsu sementara dan menjalankan misi sambil hidup bersama dengan keluarga palsunya tersebut.

Setelah itu, Twilight pun mencoba untuk membangun keluarga palsunya itu dengan mencari anak di panti asuhan. Di sana Twilight bertemu dengan Anya, sehingga ia pun mengambil Anya sebagai anak angkatnya.

Namun, Anya memiliki kemampuan unik yang bisa membaca pikiran orang lain. Sehingga ia bisa membaca pikiran Twilight dan mengetahui kalau ayah angkatnya adalah seorang mata-mata.

Cek di Balik Pena : Beby Chaesara

Twilight pun menyekolahkan Anya di akademi Eden. Namun, sebuah hal tak terduga terjadi. Wawancara untuk masuk akademi Eden mengharuskan kehadiran kedua orangtua murid. Sehingga, Twilight pun mencari istri palsu untuk melengkapi keluarganya.

Secara kebetulan, Twilight dan Anya bertemu dengan seorang wanita bernama Yor. Awalnya, Yor meminta bantuan agar Twilight berpura-pura menjadi pasangannya di acara pesta temannya Yor. Namun siapa sangka setelah kejadian itu, Twilight meminta Yor berpura-pura menjadi istri di keluarga palsunya bersama Anya.

Yor pun menyetujui permintaan Twilight dan bersedia menjadi istrinya dan ibu angkat Anya. Tetapi, lucunya Anya juga bisa membaca pikiran Yor. Ternyata Yor adalah seorang pembunuh bayaran. Hal itu membuat Anya menjadi senang. Dari sinilah kisah mereka bertiga dimulai.

Lalu, bagaimana perjalanan kisah mereka, apakah mereka akan menjadi keluarga sungguhan? Atau hingga akhir, mereka hanya menjadi keluarga palsu?

 

Review Komik Spy x Family

Komik Spy x Family merupakan karya Tatsuya Endo. Komik ini memiliki genre aksi yang dibalut dengan komedi sehingga membuat pembacanya terhibur. Ditambah tokoh-tokoh yang ada di dalam cerita sangatlah unik.

Dari Twilight yang merupakan seorang mata-mata, Anya yang bisa membaca pikiran orang lain, dan Yor yang merupakan pembunuh bayaran. Tetapi mereka harus menyamar menjadi keluarga palsu untuk menjalankan sebuah misi.

Hal unik tersebut membuat cerita ini menjadi menyenangkan. Namun di tengah menjalankan misinya, keluarga palsu ini perlahan-lahan mencoba untuk menjadi keluarga yang sebenarnya.

Seperti saat Yor yang memiliki sifat keibuan. Yor juga mengatakan pada Twilight agar berusaha mengerti perasaan Anya dan mencoba untuk memuji apapun usaha yang Anya lakukan. Selama ini Twilight hanya mementingkan misinya, namun secara tidak sadar ia mulai mementingkan perasaan orang lain.

Terdapat banyak hal-hal yang menghibur dan memanjakan mata di dalam komik ini. Tetapi, ada juga pesan-pesan yang dapat dijadikan motivasi kamu di dalam sebuah keluarga.

 

Profil Penulis

Komik Spy x Family merupakan karya dari Tatsuya Endo. Ia lahir pada 23 Juli 1980 di Prefektur Ibaraki, Jepang. Sejak kecil ia sudah memiliki keinginan menjadi penulis manga. Penulis manga kesukaannya adalah Hiroyuki Nishimori, Minetaro Mochizuki, dan Akira Toriyama. Hobinya adalah permainan bola seperti bola basket.

Ia memulai karirnya dengan membuat karya pertamanya yaitu Seibu Yugi. Manga Seibu Yugi berhasil mendapatkan penghargaan 5th Story King Award Winner. Namun, karyanya yang paling sukses adalah Spy x Family.

 

Kelebihan, Kekurangan, dan Rating Komik

Pros & Cons

Pros
  • Karakter yang unik
  • Jalan cerita yang menarik dan menghibur
Cons
  • Karakter Anya terkadang menyebalkan

 

Setiap komik pastinya terdapat banyak hal yang disukai dan kurang disukai oleh pembacanya. Kali ini kita akan mencoba untuk membahas kelebihan, kekurangan, dan rating komik Spy x Family karya Tatsuya Endo.

Kelebihan dalam komik ini adalah memiliki karakter yang unik. Twilight yang merupakan seorang mata-mata dan membuat sebuah keluarga palsu yang di mana ia akan menjadi ayah atau kepala keluarga. Lalu, Anya yang menjadi anak angkatnya mempunyai kekuatan bisa membaca pikiran, dan Yor sebagai ibu angkat ternyata seorang pembunuh bayaran.

Keunikan masing-masing karakter tersebut membuat pembaca terhibur. Namun, keluarga palsu itu dapat menjalani kehidupan layaknya keluarga sesungguhnya dengan baik.

Lalu, jalan cerita yang menarik dan menghibur. Twilight yang diberikan perintah oleh atasannya untuk menjalankan sebuah misi, yaitu membuat sebuah keluarga palsu sementara.

Hal itu membuat pembaca tertarik karena misi tersebut merupakan misi yang langka dan cukup sulit. Ditambah keluarga yang berisi orang-orang unik seperti Yor dan Anya membuat semuanya menjadi terhibur.

Kekurangan dalam komik ini adalah karakter Anya terkadang menyebalkan. Karena kekuatannya yang bisa membaca pikiran, ia jadi tahu banyak hal yang ada di pikiran orang lain termasuk ayah angkatnya sendiri.

Anya terkadang iseng mencari tahu barang-barang milik Twilight yang biasa digunakannya untuk menjalankan misi. Namun dibalik keisengan Anya, ia tetap menjadi karakter yang menghibur para pembaca karena tingkahnya.

Komik ini mendapatkan rating yang cukup tinggi di goodreads. Rating yang dihasilkan sebesar 4.58 dari 5 bintang. Ini menunjukan bahwa komik ini sangat disukai oleh para pembacanya.

 

Penutup

Itulah hasil review singkat mengenai komik Spy x Family karya Tatsuya Endo. Kisah Twilight yang membuat sebuah keluarga palsu dijamin akan membuat kamu terhibur karena keseruan dan kelucuan di dalam komik ini.

Komik ini sangatlah populer sehingga banyak sekali yang menyukai komik ini. Keluarga palsu sementara yang terdiri dari Twilight si mata-mata, Anya si pembaca pikiran, dan Yor si pembunuh bayaran akan membuat kamu menyukai jalan cerita dalam komik ini.

Bagi kamu yang penasaran dengan kisah selanjutnya cerita ini. Kamu dapat membeli komik ini di toko Gramedia terdekat ya! Dijamin kamu tidak akan menyesal membaca komik ini!

Penulis: Fiska Rahma Rianda

Rekomendasi Komik

1. The Hellbound

 

Komik The Hellbound merupakan karya Sang Ho Yeon dan Gyu Seok Choi. Komik ini menceritakan makhluk dari dunia lain yang secara tiba-tiba muncul untuk menyampaikan sebuah nubuat atau maklumat. Nubuat adalah sebuah kutukan tertentu pada setiap individu untuk masuk ke neraka yang sudah ditentukan di masa depan.

Lalu muncul tiga makhluk raksasa yang hampir bersamaan menganiaya serta membakar tubuh dari orang-orang tersebut di sebuah pertunjukan spektakuler yang disebut demonstrasi. Dua organisasi yang berafiliasi, yaitu Ajaran Kebenaran Baru dan kelompok Arrowhead mempunyai kekuasaan untuk mempermainkan rasa takut umat manusia.

Ketakutan serta kepanikan menjadi fenomena yang menyeramkan di dalam komik ini. Tidak ada lagi tempat untuk lari dan bersembunyi untuk melarikan diri. Makhluk-makhluk yang muncul itu akan membawamu ke neraka. Orang-orang pun berusaha mencari cara untuk menemukan jalan keluar.

 

2. Death Note – Short Stories

 

Komik Death Note – Short Stories merupakan karya dari Tsugumi Ohba dan Takeshi Obata. Komik ini berisi enam bab, lima di antaranya adalah bab oneshoot mandiri yang sebelumnya sudah diterbitkan di Death Note 13: Cara Membaca.

Cerita ini muncul setelah beberapa tahun lamanya kematian Light Yagami sebagai penemu Death Note. Pemilik baru Death Note ini bernama Minoru Tanaka, seorang siswa SMA sama seperti Light tetapi ia tidak menggunakannya untuk membunuh para kriminal.

Ia mencoba untuk menjual Death Note dengan harga yang tinggi dan membuat tiruannya secara cerdik agar mendapatkan banyak uang.

Salah satu ceritanya berisi A-Kira yang menampilkan sosok Donald Trump lalu bertemu dengan shinigami Ryuk dan masih banyak kisah lainnya mengenai pemilik Death Note ini.

 

3. Futo Detective

 

Komik ini merupakan karya dari Sanjo Riku dan Sato Masaki. Komik ini menceritakan sebuah kisah detektif swasta bernama Shotaro Hidari yang bekerja di kantor detektif Narumi. Ia bekerja dengan rekannya yang bernama Raito “Philip” Sonozaki.

Raito merupakan satu-satunya yang selamat di keluarga Sonozaki dan memiliki akses ke perpustakaan Gaia. Mereka berdua memecahkan kasus bersama dengan atasan mereka yang bernama Akiko Narumi. Shotaro dan Raito berubah menjadi Kamen Rider W untuk melindungi kota Fuuto dari monster yang diciptakan oleh Gaia Memory.

Mereka berdua pun melindungi kota Fuuto dari serangan monster-monster mengerikan. Bagaimana kelanjutan dari kisah Shotaro dan Raito? Simak kelanjutannya dengan membaca komik ini dengan membelinya di toko Gramedia terdekat ya!

 

5. Death Note – New Edition 01

 

Di antara jenis buku lainnya, komik memang disukai oleh semua kalangan mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Alasan komik lebih disukai oleh banyak orang karena disajikan dengan penuh dengan gambar dan cerita yang mengasyikan sehingga mampu menghilangkan rasa bosan di kala waktu senggang.

Komik seringkali dijadikan sebagai koleksi dan diburu oleh penggemarnya karena serinya yang cukup terkenal dan kepopulerannya terus berlanjut sampai saat ini. Dalam memilih jenis komik, ada baiknya perhatikan terlebih dahulu ringkasan cerita komik di sampul bagian belakang sehingga sesuai dengan preferensi pribadi pembaca.

M&C! Publishing adalah penerbit di bawah Divisi Ritel dan Penerbitan Grup Kompas Gramedia, perusahaan penerbitan terbesar di Indonesia. Grup Kompas Gramedia memulai usaha dengan fokus di media cetak. Dalam perkembangannya, perusahaan telah berkembang menjadi kelompok usaha dengan berbagai divisi.

Di bidang informasi, grup ini juga merambah ke media elektronik dan multimedia. M&C! Penerbitan telah menerbitkan berbagai judul dan jenis buku: komik, komik pendidikan, buku anak-anak, novel, buku nonfiksi. Salah Satunya seperti komik ”Death Note – New Edition 01”.

Sumber:

  • https://bacaterus.com/review-spy-x-family/2/

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy