in

Review Komik My Hero Academia

Komik My Hero Academia – Komik menjadi salah satu buku yang paling banyak dibaca oleh banyak orang. Selain menyukai visualisasi dari para tokoh yang ada di dalam cerita, jalan cerita yang disajikan pun juga sangat menarik perhatian banyak orang.

Banyak genre yang terdapat di dalam komik, salah satunya adalah tentang pahlawan super. Komik yang memiliki tema pahlawan super biasanya digandrungi oleh banyak orang karena aksi yang ditampilkan sangat memanjakan mata.

Komik My Hero Academia merupakan salah satu komik yang memiliki tema pahlawan super. Kisah Deku sang tokoh utama menjadi sorotan bagi pembaca komik ini. Perjuangan Deku untuk menjadi kuat tentunya sangat seru dan akan membuat kamu ketagihan.

Yuk, biar Grameds semakin yakin untuk mengoleksi komik ini, mari kita bahas mengenai isi dalam komik ini secara ringkas ya!

 

Sinopsis Komik My Hero Academia

Komik ini menceritakan sebuah kisah tentang Izuku Midoriya atau Deku yang tidak mempunyai kekuatan super atau quirk di dunia yang penuh dengan kekuatan super. Padahal hampir semua orang yang hidup di sana memiliki kekuatan super sehingga membuat impiannya menjadi sulit untuk digapai.

Impian Deku adalah menjadi seorang pahlawan nomor satu di dunia tersebut. Tubuhnya yang tidak kuat dan lemah membuatnya sering ditindas oleh teman kecilnya, yaitu Katsuki Bakugou. Mereka berdua sama-sama ingin menjadi pahlawan super dan ingin sekolah di U.A.

Walaupun tidak memiliki kekuatan dalam dirinya, Deku tetap memiliki hati layaknya seorang pahlawan. Suatu hari Deku bertemu dengan All Might dan ia mengatakan Deku dapat menjadi seorang pahlawan. Lalu All Might pun memberikan kekuatannya kepada Deku.

Deku yang mendapatkan kekuatan dari All Might pun tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Ia sering melatih fisik dan kekuatannya demi dapat sekolah pahlawan di U.A. Ia pun berhasil masuk ke sana dan menjalani kisah layaknya murid SMA sampai berhasil menjadi pahlawan nomor satu di dunia.

 

Review Komik My Hero Academia

Komik My Hero Academia merupakan karya Kohei Horikoshi. Komik ini merupakan sebuah kisah perjuangan Deku yang ingin menjadi pahlawan nomor satu di dunia.

Komik ini memiliki tema utama yaitu pahlawan super. Deku yang berusaha menggapai impiannya menjadi seorang pahlawan adalah hal yang paling disorot dalam komik ini.

Selain itu, Deku juga memiliki tekad yang kuat pada impiannya. Deku yang sedari awal tidak memiliki kekuatan sama sekali lalu dibantu oleh All Might terus berlatih supaya dapat masuk ke sekolah pahlawan di U.A.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Komik ini sangat bagus dibaca bagi kamu yang memang menyukai genre pahlawan super dan aksi. Tidak hanya tentang aksi saja, kisah masa sekolah Deku menjadi tema sampingan yang mengisi hari-hari Deku dalam mencapai impiannya.

Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin tahu kisah perjuangan Deku untuk menjadi pahlawan nomor satu di dunia, kamu dapat membaca komik ini. Ada juga pesan-pesan yang terkandung dalam komik ini yang dapat membuat kamu tersentuh dalam mengikuti jalan ceritanya.

 

Profil Penulis

Komik My Hero Academia merupakan karya Kohei Horikoshi. Ia lahir pada 20 November 1986 di Prefektur Aichi, Jepang. Ia merupakan lulusan dari Universitas Seni Nagoya dan pernah menjadi asisten dari Yasuki Tanaka, seorang mangaka dari manga Hitomi no Catoblepas dan Kagijin.

Horikoshi memiliki manga favorit, yaitu Naruto, One Piece, Akira, dan Boys on the Run. Ia mengatakan bahwa Naruto merupakan manga shonen terhebat yang pernah ada. Naruto juga menjadi inspirasinya untuk membuat komik My Hero Academia.

 

Kelebihan, Kekurangan, dan Rating Komik

Pros & Cons

Pros
  • Karakter utama memiliki tekad kuat
  • Pesan yang disampaikan dapat dipahami
Cons
  • Aksi yang ditampilkan kurang menonjol

 

Setiap komik pastinya terdapat banyak hal yang disukai dan kurang disukai oleh pembacanya. Kali ini kita akan mencoba untuk membahas kelebihan, kekurangan, dan rating komik My Hero Academia karya Kohei Horikoshi.

Kelebihan dalam komik ini adalah karakter utama memiliki tekad yang kuat. Dapat dilihat dari perjuangan Deku yang awalnya tidak memiliki kekuatan tetapi terus berusaha untuk menjadi pahlawan. Walaupun akhirnya All Might yang memberikan kekuatannya, namun Deku tidak menyia-nyiakan pemberian dari All Might.

Lalu pesan yang disampaikan juga dapat dipahami dengan baik oleh pembaca. Di komik ini memperlihatkan perjuangan Deku untuk menjadi pahlawan super. Untuk mencapai itu semua tentunya harus ada usaha dan tekad yang dilakukan agar dapat menggapai impian tersebut.

Kekurangan dalam novel ini adalah aksi yang ditampilkan kurang menonjol. Ada banyak adegan aksi dalam komik ini, tetapi adegan aksi yang ditampilkan belum memperlihatkan pertarungan yang dapat dikenang dengan baik oleh pembaca. Namun, komik ini tetap layak dibaca untuk kamu pecinta genre pahlawan super.

Komik ini mendapatkan rating yang cukup tinggi di goodreads. Rating yang dihasilkan sebesar 4.38 dari 5 bintang. Ini menunjukan bahwa komik ini sangat disukai oleh para pembacanya.

 

Penutup

Itulah hasil review singkat mengenai komik My Hero Academia karya Kohei Horikoshi. Komik yang menceritakan kisah Deku untuk menjadi pahlawan nomor satu di dunia layak untuk dibaca.

Bahkan komik ini juga diadaptasi ke televisi karena banyaknya pembaca yang menyukai jalan cerita dalam komik ini. Jalan cerita yang disajikan juga bagus untuk diikuti karena sangat menarik.

Bagi kamu yang penasaran dengan kisah selanjutnya cerita ini. Kamu dapat membeli komik ini di toko Gramedia terdekat ya atau bisa mendapatkannya di gramedia.com. Dijamin kamu tidak akan menyesal membaca komik ini!

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Fiska Rahma Rianda

Rekomendasi Komik

1. Jujutsu Kaisen

 

Komik Jujutsu Kaisen adalah komik aksi asal Jepang yang ditulis oleh Gege Akutami. Dikisahkan Yuji Itadori yang merupakan seorang siswa SMA dengan atletisitas yang melebihi rata-rata manusia biasa. Ia tinggal bersama kakeknya di Sendai.

Walaupun memiliki bakat dalam bidang atletik, ia tidak tertarik ikut dalam klub lari dan lebih memilih ikut ke dalam klub penelitian ilmu gaib supaya dia tidak capek dan dapat bersantai. Namun, suatu hari segel terkutuk yang berada di sekolahnya terlepas. Ia harus menghadapi monster-monster yang muncul di sekolahnya.

Komik ini menyajikan aksi menghadapi para monster tetapi juga dicampur baurkan dengan komedi yang ditampilkan oleh penulisnya. Tingkah lucu yang ditampilkan para tokoh di dalamnya tentunya akan menghibur pembaca komik ini.

 

2. Detektif Conan

 

Komik Detektif Conan merupakan karya dari Aoyama Gosho. Detektif Conan cukup populer di kalangan pecinta anime karena kisahnya yang unik dan menarik. Dikisahkan seorang detektif SMA bernama Shinichi Kudo, suatu hari ia sedang mendengarkan percakapan seseorang berjubah hitam namun ketahuan.

Setelah ketahuan Shinichi dipaksa minum sebuah obat yang menyebabkan tubuhnya mengecil seperti anak SD. Karena tubuhnya mengecil, ia pun terpaksa harus menyamar sebagai Conan. Hanya beberapa orang terdekat saja yang mengetahui identitas asli dari Conan.

Namun, karena kepintarannya dalam mengungkapkan misteri sebuah kasus, ia sering kali membantu detektif Kogoro untuk menyelesaikan permasalahan setiap kasus. Selain itu, ia juga berusaha untuk mencari pelaku yang membuat tubuhnya mengecil. Berhasilkah Conan menemukan mereka?

 

3. Attack on Titan

 

Komik Attack on Titan merupakan karya dari Hajime Isayama. Komik ini sangat populer sehingga banyak orang yang menyukai jalan ceritanya. Dikisahkan seorang tokoh utama bernama Eren Jaeger yang ingin membalaskan dendamnya untuk membunuh titan karena sudah membuat ibunya terbunuh.

Pada saat itu secara tiba-tiba titan datang menyerang umat manusia dan menghancurkan tembok. Titan-titan tersebut memangsa banyak manusia termasuk ibunya Eren. Eren pun akhirnya hidup bersama Mikasa dan Armin.

Beberapa tahun kemudian, mereka bertiga menjadi kadet untuk pelatihan membasmi titan-titan yang menyerang umat manusia. Namun, siapa sangka titan yang dulu menyerang tempat tinggal mereka muncul kembali dan menyebabkan kekacauan.

Eren pun merasa marah dan ingin membunuh titan tersebut. Akankah Eren berhasil untuk membunuh titan tersebut?

 

4. Boruto: Naruto Next Generation

 

Komik Boruto: Naruto Next Generation merupakan karya Masashi Kishimoto. Komik ini merupakan kisah selanjutnya dari Naruto yang sudah berhasil menjadi Hokage. Beberapa tahun pun berlalu, Naruto dan Sasuke berusaha untuk terus melindungi Desa Konoha dari ancaman musuh yang mengganggu ketenangan orang-orang pasca perang dunia shinobi.

Naruto pun menikah dengan Hinata lalu memiliki anak bernama Boruto. Kisah Boruto menjadi hal utama yang akan diceritakan dalam komik ini. Oleh karena itu, bagi kamu yang penasaran dengan kisah Boruto dapat membeli komik ini di toko Gramedia terdekat ya!

 

5. One Punch Man 05

 

Saitama adalah seorang pahlawan super yang sanggup mengalahkan semua musuhnya dalam satu pukulan. Namun, kekuatannya yang luar biasa ini justru membuat dia bosan karena tidak ada musuh yang mampu menghadapinya.

Di tengah kebosanan tersebut, Saitama bertemu Genos, seorang cyborg yang kemudian menjadi muridnya. Bersama Genos, Saitama kemudian mendaftar ke Asosiasi Pahlawan demi meningkatkan reputasi kepahlawanannya, sekaligus mencari kandidat musuh yang cukup kuat untuk menghadapinya.

One Punch Man adalah komik yang ceritanya ditulis oleh ONE dan art-nya digarap oleh Yusuke Murata yang namanya sudah lebih dulu dikenal sebagai penggambar manga populer lainnya, yakni Eyeshield 21.

Komik ini begitu populer di Jepang dan kancah internasional berkat karakter Saitama yang kekuatannya tergolong unik sebagai pahlawan super. Di dalam komik ini, pembaca akan disodorkan dua sisi Saitama. Yakni sisi Saitama yang datar dan sering bertingkah bodoh, serta sisi pahlawan supernya yang sangat badass.

Serialisasi One Punch Man sendiri pertama kali dimulai pada tahun 2012 dan masih berlangsung hingga sekarang. Kesuksesan serial komik ini juga melahirkan dua musim adaptasi anime yang semakin memperluas kepopulerannya.

Raja Laut yang begitu kuat seakan tak terkalahkan. Memang, dia bukan apa-apa bagi Saitama, tapi tidak demikian bagi Hero lain. Bahkan Hero kelas S saja kesulitan. Kalau begitu, bagaimana jadinya nasib mereka dan para warga biasa?

Sumber:

  • https://duniaku.idntimes.com/anime-manga/anime-lain/dimas-ramadhan-2/begini-sinopsis-my-hero-academia-untuk-kamu-yang-belum-tahu-ceritanya

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy