in

Review Komik Haikyu!! Karya Haruichi Furudate

Haikyu!! – Komik sudah menjadi bacaan yang disukai oleh banyak orang karena gambar dan alur cerita yang disajikan sangat menarik. Sehingga, yang awalnya hanya penasaran dengan jalan ceritanya, kini banyak orang yang mulai mengikuti jalan cerita dari komik tersebut karena memiliki jalan cerita yang bagus.

Pernahkah kamu membaca cerita tentang olahraga bola voli? Jika kamu menyukai olahraga atau bola voli, komik ini sangat cocok untuk kamu baca. Komik Haikyu!! merupakan kisah tentang kehidupan anak sekolah yang ingin mengikuti kejuaraan nasional olahraga bola voli.

Jalan cerita yang disajikan komik Haikyu!! sangat bagus dan menarik sehingga kamu tidak akan menyesal membaca komik ini. Selain itu, akan banyak adegan permainan bola voli yang akan membuat kamu terpana karena adegan yang ditampilkan sangatlah seru dan memanjakan mata!

Oleh karena itu, bagi kamu yang penasaran dengan komik ini. Yuk, mari lihat review singkat dari komik ini ya!

 

Sinopsis Komik Haikyu!!

Di sebuah pertandingan bola voli pertama sekaligus terakhir tingkat SMP, Shoyo Hinata yang menggemari olahraga bola voli harus menerima kekalahan telak oleh Kageyama.

Kageyama merupakan pemain jenius yang mempunyai julukan “Raja Lapangan” karena kehebatannya dalam bermain bola voli.

Sejak saat itu, Hinata bersumpah akan membalaskan dendam kekalahannya dan melanjutkan masuk ke sekolah Karasuno. Namun, kenyataannya Hinata harus satu sekolah dengan Kageyama dan berada di satu klub bola voli bersamanya.

Mereka berdua pun harus mengendalikan ego masing-masing agar dapat memenangkan pertandingan olahraga bola voli.

 

Review Komik Haikyu!!

Komik Haikyu!! merupakan karya Haruichi Furudate. Komik Haikyu!! sangat populer dan disukai banyak orang karena jalan cerita yang menarik dan seru. Diawali kisah Hinata yang sangat menyukai olahraga bola voli lalu mengikuti pertandingan pertamanya. Namun, ia harus menerima kekalahan telak dari lawannya, yaitu Kageyama.

Ketika masuk SMA Karasuno, ia memutuskan untuk mengikuti kembali klub olahraga bola voli, tetapi lucunya Kageyama juga memilih masuk ke SMA Karasuno. Hal itu membuat mereka berada di sekolah yang sama dan klub yang sama pula.

Lama-kelamaan hubungan pertemanan mereka berdua berjalan dengan baik demi memenangkan pertandingan bola voli tentu saja harus mengandalkan kekompakan tim. Hal itu membuat mereka harus saling kerja sama satu sama lain.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Karakter Hinata juga ditulis sangat bagus karena terus berusaha untuk menjadi pemain bola voli terbaik dan semua usahanya tidak sia-sia. Secara keseluruhan, cerita ini sangatlah bagus dan menarik sehingga banyak pembaca yang menyukai komik ini.

 

Profil Penulis

Komik Haikyu!! merupakan karya dari Haruichi Furudate. Ia lahir pada 7 Maret 1983 di Jepang. Sebelum terkenal dengan karyanya Haikyu!!, ia juga mempunyai karya yang tak kalah bagus, yaitu Playground yang terbit pada tahun 2009.

Ia juga pernah mendapatkan penghargaan Jump Treasure Newcomer Manga Awards di tahun 2008 untuk karyanya yang berjudul King Kid dan Weekly Shonen Jump. Weekly Shonen Jump untuk buku antologi manga Jepang.

Banyak yang mengatakan sosok Haruichi sangat misterius. Tidak ada yang mengetahui gender dari mangaka Haikyu!! ini. Ia punya mangaka favorit salah satunya adalah Eiichiro Oda, mangaka dari anime One Piece.

Motivasinya membuat komik Haikyu!! berdasarkan dari pengalamannya sendiri. Sewaktu masih SMP, ia pernah menjadi pemain olahraga bola voli.

 

Kelebihan, Kekurangan, dan Rating

Pros & Cons

Pros
  • Jalan cerita yang menarik
  • Setiap karakter menonjol dengan skill yang dimiliki
  • Gaya bahasa yang sederhana
Cons
  • Dialog antar tokoh terkadang terkesan garing

 

Setiap komik pastinya ada banyak hal yang disukai dan tidak disukai oleh para pembacanya. Kali ini kita akan mencoba untuk membahas kelebihan, kekurangan, dan rating komik Haikyu!! karya Haruichi Furudate.

Kelebihan dalam novel ini adalah jalan cerita yang menarik. Dikisahkan Hinata yang sangat menyukai olahraga bola voli sehingga ia mengikuti lomba bola voli untuk pertama sekaligus terakhirnya di SMP. Namun, ia mengalami kekalahan telak dari lawannya si pemain jenius, yaitu Kageyama.

Kekalahan tersebut tidak membuat Hinata menyerah akan impiannya, ia terus berusaha melatih dirinya sendiri sampai akhirnya bertemu kembali dengan Kageyama di SMA Karasuno.

Lalu, setiap karakter menonjol dengan skill yang dimiliki. Penulis komik ini benar-benar memperlihatkan keahlian dari setiap karakter sehingga pembaca akan menyukai kelebihan dan kekurangan setiap karakter di dalam cerita ini.

Kemudian, gaya bahasa yang digunakan sederhana sehingga pembaca dapat memahami alur cerita dengan baik.

Kekurangan novel ini adalah Dialog antar tokoh terkadang terkesan garing. Namun, dari keseluruhan cerita semuanya sangat bagus dan menarik.

Komik ini mendapatkan rating yang cukup tinggi di goodreads. Rating yang didapatkan novel ini sebesar 4.58 dari 5 bintang. Ini menunjukan pembaca sangat menyukai jalan cerita yang ada di dalam komik ini.

 

Penutup

Itulah review singkat mengenai komik Haikyu!! karya dari Haruichi Furudate. Komik ini memiliki jalan cerita yang menarik dan unik sehingga mendapatkan rating yang cukup tinggi dari pembacanya.

Kisah Hinata dan Kageyama yang ingin menjadi pemain bola voli terbaik dijamin akan sangat seru dan menarik sehingga membuat pembaca tertarik untuk mengikuti jalan cerita selanjutnya.

Bagi kamu yang penasaran dengan kisah Hinata dan kawan lainnya ada di dalam komik ini, kamu dapat membaca komik ini dengan membelinya toko Gramedia terdekat ya atau kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

 

Penulis: Fiska Rahma Rianda

 

Sumber:

  • https://review.bukalapak.com/hobbies/review-anime-haikyuu-109005

 

Rekomendasi Komik

1. Haikyu!! Vol. 2

 

Komik Haikyu!! 2 merupakan karya Haruichi Furudate. Komik ini merupakan kisah selanjutnya dari seri sebelumnya. Setelah Hinata masuk ke SMA Karasuno dan bertemu dengan Kageyama, mereka juga berada di dalam klub bola voli yang sama. Mereka semua memikirkan cara agar dapat memenangkan pertandingan selanjutnya.

Mereka mencari cara agar memiliki kombinasi yang bagus dan tepat di dalam permainan mereka. Latihan pun terus mereka lakukan agar dapat memiliki kombinasi yang bagus. Namun, Hinata yang masih menjadi pemain bola voli amatir belum mampu menangkap serangan dari Kageyama.

Hal itu membuat tim mereka harus latihan lebih keras lagi agar terciptanya keseimbangan dan kekompakan dalam tim. Apakah Kageyama mampu mengkombinasikan kekuatannya dengan Hinata yang masih amatiran? Simak kisah selanjutnya di dalam komik Haikyu!! 2.

 

2. Haikyu!! Vol. 3

 

Komik Haikyu!! 3 merupakan karya Haruichi Furudate. Komik ini merupakan kisah selanjutnya dari seri sebelumnya. Komik ini menceritakan bahwa masa hukuman seseorang dari klub voli SMA Karasuno, Nishinoya telah berakhir dan dapat kembali mengikuti klub olahraga bola voli. Namun, Nishinoya tidak ingin bergabung kembali ke dalam klub.

Alasannya adalah jika sang ace Karasuno bernama Asahi tidak mau bergabung ke klub voli, maka ia juga tidak mau melakukannya. Hinata yang sangat menyukai sosok ace pun mengajak Kageyama agar membujuk Asahi kembali ke klub bola voli.

Namun, di tengah adanya masalah yang menimpa klub bola voli Karasuno. Jadwal pertandingan bola voli antar SMA sudah terbit. Lawan mereka kali ini adalah rival abadi SMA Karasuno. Dapatkah Hinata dan Kageyama membujuk Asahi bergabung ke klub bola voli Karasuno? Apa yang akan mereka lakukan agar dapat memenangkan pertandingan?

 

3. Haikyu!! Vol. 4

 

Komik Haikyu!! 4 merupakan karya Haruichi Furudate. Komik ini merupakan kisah selanjutnya dari seri sebelumnya. Setelah berbagai usaha dilakukan oleh para pemain bola voli dari SMA Karasuno. Akhirnya, pertandingan olahraga bola voli antara SMA Karasuno dan sang rival abadi, yaitu SMA Nekoma pun dimulai.

Hinata sudah berlatih keras agar dapat mengkombinasikan serangan cepatnya bersama Kageyama pun akan diperlihatkan di dalam pertandingan ini. Namun, SMA Nekoma bukanlah lawan yang mudah untuk mereka semua. Serangan cepat yang dilakukan oleh Hinata dan Kageyama dapat dibaca dengan mudah oleh Kozume.

Kozume merupakan setter voli dari SMA Nekoma. Selain itu, teknik permainan bola voli SMA Nekoma juga sangat sengit sehingga membuat tim Karasuno kewalahan. Akankah tim Karasuno dapat mengalahkan tim Nekoma?

 

4. Haikyu!! Vol. 5

 

Komik Haikyu!! 5 merupakan karya Haruichi Furudate. Komik ini merupakan kisah selanjutnya dari seri sebelumnya. Setelah berbagai pertandingan dilakukan oleh tim bola voli Karasuno, mereka harus tetap berlatih keras agar dapat menghadapi kualifikasi tingkat prefektur. Hal itu membuat mereka fokus dengan memenangkan pertandingan.

Namun, Aoba Josai dan SMK Date telah menghadang jalan tim bola voli Karasuno di blok yang sama. Siapapun lawannya, Karasuno sudah bertekad akan menjadi juaranya! Karena itu, mereka tidak mudah menyerah dan terus maju sampai akhir pertandingan!

 

Blue Lock 2

 

Di hadapan kritikan masyarakat dan media massa yang memanas, serta sorot mata sinis gelandang kebanggaan Jepang Sae Itoshi, training BLue Lock akhirnya dimulai. Babak penyisihan memakai sistem setengah kompetisi, di mana 2 dari 5 tim dinyatakan lolos. Isagi dan teman-teman di tim Z mengalami pertandingan yang sangat berat yang pertama kalinya dengan seluruh tim adalah penyerang! Yang diperlukan untuk menang adalah ‘senjata’ yang hanya ada pada diri sendiri!? Temukan senjata yang akan menghasilkan ego!

2 dari 4 pertandingan seleksi tahap 1 Blue Lock sudah usai. Setelah merasakan kesenangan berhasil mengalahkan lawan dalam duel serius yang mempertaruhkan karier mereka, Isagi dan tim Z menghadapi pertandingan ke-3 melawan tim W dengan semangat tinggi.

Tapi, di luar dugaan, ternyata terjadi perpecahan dalam tim Z sendiri!? Ditambah lagi dengan adanya masalah Hyoma Chigiri yang mulai menyerah, dapatkah mereka mengatasi serangan ganas Wanima bersaudara, jagoan tim W?

 

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy