in

Review Buku Ghosting Writer Karya Aya Widjaja

Ghosting Writer – Membaca buku menjadi suatu kegiatan yang menyenangkan jika sudah menemukan buku apa yang cocok untuk kamu baca. Itu adalah alasan yang penting agar kamu mempunyai minat baca yang tinggi. Ada berbagai macam genre novel yang dapat dibaca. Bagi para remaja, novel bergenre teenlit sangat cocok untuk dibaca, karena novel teenlit ini novel yang ringan.

Istilah teenlit diambil dari singkatan Teen Literature, yang merupakan sebuah karya sastra yang didalamnya menceritakan tentang kehidupan para remaja dan berkaitan seperti yang dirasakan remaja. Seperti jatuh cinta, persahabatan, dan banyak hal lainnya yang dapat membuat para remaja merasakan hal yang sama.

Novel bergenre teenlit menjadi salah satu genre novel yang terkenal di Indonesia, Hal ini dikarenakan topik dan alur cerita yang diceritakan sangat ringan dan mengandung cerita-cerita ringan antar para remaja. Novel teenlit umumnya ditujukan untuk para pembaca kalangan remaja kategori. Novel berjenis teenlit ini sering kali membawa cerita yang menarik antara hubungan percintaan, hubungan persahabatan dan lainnya yang dikemas dengan alur cerita ringan, menarik, dan juga segar.

Ghosting Writer ini merupakan sebuah novel teenlit yang dituliskan oleh Aya Widjaja. Novel ini berlatar belakang masa-masa SMA, dimana Wilma yang merupakan seorang penulis di platform T3 tiba-tiba mempunyai saingan yang mengalahkan peringkat Wilma di T3. Novel ini akan menyajikan cerita yang lucu, gemas, dan menarik antara Wilma dan seorang bernama Ghost Writer. Novel ini tidak hanya membahas tentang kepenulisan, melainkan juga membahas perjuangan menggapai mimpi, kisah persahabatan, dan hubungan ortu-anak.

Meski terdengar ringan, novel teenlit ini  bisa jadi hiburan yang menyenangkan. Lantas apa ya yang akan dilakukan Wilma untuk menyingkirkan Ghost Writer di platform T3? Apakah nama asli Ghost Writer akan terkuak? Tertarik baca novel ini?

Jika para Grameds yang penasaran tentang novel teenlit, Grameds bisa membaca buku berjudul Ghosting Writer Karya Aya Widjaja ini untuk menemukan jawabannya. Yuk kita simak penjelasan dan review singkatnya tentang buku Ghosting Writer Karya Aya Widjaja ini!

Ghosting Writer menyajikan cerita tentang seorang penulis di platform T3 bernama Wilma, Wilma merupakan penulis T3 yang sangat terkenal dan mempunyai peringkat tinggi di platform tersebut, Wilma juga mempromosikan seluruh cerita dia ke semua sosial media dan mengikuti saran dari para pembaca.

Namun, tiba-tiba ada salah satu penulis dengan nama pena Ghosting Writer yang berhasil mengalahkan peringkat Wilma di platform T3. Oleh karena itu, Wilma merasa tersaingi, ia ingin mengalahkan sang Ghosting Writer dan mengembalikan peringkatnya.

Novel Ghosting Writer ini merupakan salah satu novel best seller dari Aya Widjaja. Novel ini memiliki gaya bahasa yang sangat ringan dan juga alur cerita yang penuh dengan kelucuan dan kegemasan. Novel ini juga memiliki pendalaman karakter yang cukup baik antara semua karakternya. Selain itu, novel ini juga membahas isu tentang hubungan orang tua dan anak yang dapat dijadikan sebuah pelajaran atau pesan bagi para pembacanya

Novel Ghosting Writer ini tidak hanya membahas tentang Wilma dan juga seorang Ghosting Writer, melainkan juga terdapat banyak pelajaran yang dapat diambil bagi para pembaca. Salah satunya adalah tentang bagaimana kita harus berusaha untuk memperjuangkan mimpi kita, tentang bagaimana orang tua berdamai dengan kegelisahannya tentang masa depan sang anak, lalu juga tentang bagaimana kita mendukung satu sama lain tanpa menjadikan lawan dalam meraih sebuah mimpi.

Novel ini juga membahas tentang dunia kepenulisan, karena tokoh utama disini memiliki hobi menulis. Ghosting Writer ini dapat menjadi sebuah buku motivasi bagi para penulis di platform online, rasanya akan mudah paham dengan apa yang diceritakan oleh novel satu ini. Apa yang diceritakan di dalam novel ini mengikuti alur perkembangan zaman. Jadi, tidak usah heran jika novel ini akan dibaca beberapa tahun kemudian, akan terasa seperti membuka time capsule.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Lantas bagaimanakah kelanjutan cerita ini? Apakah Wilma dan sang Ghosting Writer akan bertemu di kehidupan nyata? Apa saja sih karya-karya dari Ghosting Writer yang menyebabkan ia naik peringkat dari Wilma? Lalu, bagaimana sih rasanya jadi penulis terkenal di platform online? Jika Grameds penasaran, Grameds bisa membaca buku Ghosting Writer ini dan dapatkan cerita kisah remaja yang lucu dan menarik ini dari karya Aya Widjaja di Gramedia.com.

 

Profil Aya Widjaja

Aya Widjaja selalu bingung kalau disuruh mengisi bagian ‘profil penulis’. Isinya cuma diganti dikit-dikit dari buku-buku sebelumnya yang sudah terbit. Aya Widjaja merupakan seorang penulis teenlit yang mempunyai karya sejumlah 7 novel. Dari awal menulis hingga saat ini, Aya Widjaja tidak pernah menunjukkan wajahnya.

Namun, bagi para pembaca setia Aya, dapat berinteraksi langsung melalui akun sosial medianya. Para pembaca dapat mengikuti perkembangan buku-buku yang ditulis oleh Aya melalui akun instagram dan twitternya dengan username @ayawidjaja.

Dilansir dari Goodreads, Aya Widjaja telah menulis sebanyak 7 novel. Karya-karyanya cukup terkenal di Indonesia untuk novel bergenre teenlit, mulai dari Starstruck Syndrome, Monster Minister, Failure Tale hingga novel Ghosting Writer ini.

Dapat dibilang, Aya memiliki cara kepenulisan yang unik, karena tulisannya memiliki alur cerita yang mengalir dengan baik sehingga pembaca tidak terbelit-belit dalam memahami ceritanya. Selain itu, Aya berhasil mengemas cerita ini dengan gaya bahasa yang ringan, modern, dan menarik sehingga para pembaca terutama remaja yang membacanya dapat merasakan hal yang sama.

 

Sinopsis Buku Ghosting Writer Karya Aya Widjaja

“Ghosting Writer? Nama pena apaan, tuh! Pasti dia cuma writer tukang ghosting pembaca alias nulis cerita nggak kelar-kelar!” Sebagai penulis di T3, salah satu platform menulis online, Wilma tidak bisa berhenti julid setiap kali mendengar Ghosting Writer disebut-sebut teman sekelasnya. Masalahnya, Wilma sudah lebih lama menulis di T3 dan susah payah mendapatkan peringkat tinggi dengan mempromosikan ceritanya ke semua media sosial dan mengikuti keinginan pembaca.

Sedangkan Ghosting Writer bisa melampaui popularitas Wilma tanpa promosi atau bersusah payah. Argh! Nyebelin! Belum lagi kakak kelasnya, Ganindra, terus-terusan mengganggunya tanpa alasan; meledeknya penjajah karena namanya mirip ratu Belanda zaman penjajahan, memanggilnya dengan merek minyak goreng, dan sering melempar gombalan-gombalan jayus yang bikin merinding. Ganindra ada masalah apa sih sama Wilma?

Keisengan Ganindra bikin Wilma, yang sudah bete karena perkara Ghosting Writer dan peringkat T3, jadi makin mumet. Duuh! Apa yang harus Wilma lakukan untuk menyingkirkan Ganindra dan memperbaiki peringkatnya di T3 yang dibalap Ghosting Writer?

 

Review Buku Ghosting Writer Karya Aya Widjaja

Pros & Cons

Pros
  • Buku ini ditulis dengan gaya bahasa yang mudah dipahami remaja
  • Cerita di dalam ini memiliki topik yang ringan sehingga dapat dibaca oleh segala kalangan
  • Cerita di dalam buku ini dirangkum dengan singkat dan jelas.
Cons

     

    Novel Ghosting Writer ini dapat dibaca oleh segala kalangan karena kisah ceritanya yang umum, ringan, dan lucu. Novel ini juga merupakan salah satu teenlit yang memiliki cerita yang menarik dengan membawa tema kepenulisan pada tokoh utamanya.

    Novel ini memiliki banyak pelajaran yang dikutip dengan bahasa yang modern sehingga para remaja dapat membacanya dengan nyaman. Ada beberapa hal yang dapat dikutip dari novel ini, salah satunya adalah bagaimana kita memperjuangkan impian kita sendiri.

    Secara keseluruhan, novel Ghosting Writer Karya Aya Widjaja adalah sebuah novel yang menarik untuk dibaca. Cerita didalamnya dijelaskan dengan kata-kata yang ringan dan menarik. Sehingga para pembaca dapat menikmati kata demi kata yang ada. Terdapat banyak pula pesan moral yang dapat diambil oleh pembaca. Para remaja yang menyukai genre teenlit tentang persahabatan, percintaan dan lainnya akan menyukai buku Ghosting Writer karya Aya Widjaja ini.

    Novel teenlit ini merupakan salah satu novel yang wajib masuk ke daftar keinginan buku kamu lho, Grameds! Buku ini juga cocok bagi para Grameds yang mungkin menyukai novel bertemakan teenlit yang didalamnya penuh dengan cerita para remaja yang lucu dan menggemaskan.

    Selain itu, buku ini mungkin dapat meningkatkan kembali para pembaca tentang masa-masa SMA nya, buku ini seperti time capsule bagi orang dewasa yang ingin mengingat kembali zaman SMA. Jika para Grameds belum membaca karya dari Aya Widjaja. buku Ghosting Writer ini cocok sebagai awalan para Grameds untuk menekuni karya-karya Aya Widjaja.

     

    Penutup

    Buku ini dapat membuat para pembaca mendapatkan kisah cerita yang unik, menarik dan juga memiliki pelajaran-pelajaran yang bisa diambil. Terutama bagi para Grameds yang menyukai buku-buku bergenre teenlit. Apabila Grameds ingin membaca buku karya Aya Widjaja ini, mungkin Grameds akan dapat memahami kisah menggemaskan dan bagaimana seru dan menyenangkannya tulisan-tulisan dari Aya Widjaja.

    Kalian punya impian? Atau hobi tetapi tidak mendapatkan restu dari orangtua? Ternyata tidak hanya jodoh, impian pun bisa dihalangi orang tua kita. Novel ini akan menjawab semua pertanyan-pertanyaan di atas dengan cerita yang menarik dan juga dikemas dengan kisah remaja yang menyenangkan. Tunggu apa lagi? Yuk segera baca buku Ghosting Writer karya Aya Widjaja ini.

    Itulah sedikit penjelasan dan review singkat tentang buku Ghosting Writer karya Aya Widjaja. Semoga penjelasan di atas dapat memberikan pemahaman lebih dalam terkait buku-buku bergenre teenlit. Apabila Grameds tertarik untuk membaca dan membeli buku ini, Grameds bisa membeli bukunya di gramedia.com.

    Karena sebagai #SahabatTanpaBatas, gramedia.com menyediakan beragam buku menarik dan berkualitas untuk Grameds. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Jadi tunggu apa lagi? Segera beli dan miliki bukunya sekarang juga di gramedia.com.

     

    Penulis: Sabrina Gasella Ghaisani

     

    Sumber Artikel: 

    • https://www.goodreads.com/book/show/123169826-ghosting-writer
    • https://www.tiktok.com/@raniadevina/video/7214330707156520219

     

    Written by Nandy

    Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

    Kontak media sosial Linkedin saya Nandy