in

Review Novel Respati

Respati – Pernahkah kamu mendengar atau membaca sebuah cerita mengenai seseorang yang dapat melihat mimpi orang lain? Dalam novel ini, kita akan menemukan cerita serupa yang dibalut fantasi dan dicampur baurkan dengan misteri.

Novel Respati karya Ragiel JP yang terbit pada tahun 2021 ini merupakan salah satu novel dengan genre fantasi-misteri yang akan membuat kamu ikut penasaran dengan kisahnya. Tokoh utama dalam cerita ini, yaitu Respati. Ia dapat melihat sebuah mimpi dari orang lain, namun mimpi tersebut bukanlah mimpi yang indah.

Andaikan saja mimpi yang dilihat olehnya adalah mimpi yang indah, mungkin cerita dalam novel ini tidak akan menegangkan dan mencekam. Namun, cerita yang menegangkan dan penuh misteri ini yang akan membuat pembaca tertarik untuk membaca cerita ini.

Apakah kamu penasaran dengan isi cerita dalam novel Respati? Kali ini kita akan membahas mengenai review novel Respati yang penuh misteri ini. Biar semakin yakin lagi untuk memiliki novel ini, yuk kita simak review singkat ini sampai selesai.

Cerita Perjalanan Respati dalam Dunia Mimpi

Respati memiliki sebuah kemampuan aneh yang membuatnya harus melihat mimpi orang lain ketika menyentuh orang tersebut. Respati merupakan korban tabrak lari yang menyebabkannya harus dirawat di rumah sakit. Namun ketika ia terbangun, jalan kehidupannya seketika berubah.

Ia seketika mempunyai kemampuan untuk melihat mimpi buruk orang lain. Hal ini membuatnya ketakutan dan risih dengan kemampuan yang dimilikinya. Seiring berjalannya waktu ia pun mulai menjalani harinya dengan membiasakan diri melalui kemampuan anehnya tersebut.

Sang pemimpi itu awalnya berpikir bahwa kemampuan yang dimilikinya hanyalah sebuah suatu hal yang biasa dan tidak menganggap serius. Namun, pada suatu hari ketika ia bermimpi, ia bertemu dengan sosok misterius yang mengikutinya.

Sosok misterius tersebut pun kerap hadir dalam mimpinya seakan-akan mengawasinya sehingga membuat Respati dilanda kegelisahan. Ia tidak pernah mengatakan dan tidak ada orang yang tahu mengenai kemampuan anehnya tersebut.

Pada suatu hari, ia akhirnya mengungkapkan kemampuan anehnya ini pada seseorang bernama Wulan. Alasan Respati mengatakan kemampuannya dikarenakan ia tidak dapat melihat mimpi Wulan.

Wulan sendiri juga memiliki kemampuan seperti melihat makhluk tak kasat mata. Wulan pun menceritakan kemampuannya ini kepada Respati sehingga membuat keduanya saling bertukar cerita satu sama lain.

Suatu ketika ada kasus pembunuhan yang korbannya digantung dengan cara terbalik. Dari kasus pembunuhan tersebut membuat keduanya berusaha untuk menyelidiki melalui kemampuan yang mereka miliki.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Respati pun juga mencoba untuk mencari tahu siapa sosok misterius yang selalu hadir dalam mimpinya. Apakah ada hubungannya dengan pembunuhan yang sedang mereka selidiki? Oleh karena itu, simak terus kisahnya dengan membeli buku ini di Gramedia terdekat ya!

Apakah yang Dialami Oleh Respati Merupakan Lucid Dream?

Setelah membahas mengenai kisah perjalanan Respati dalam dunia mimpi secara ringkas. Kali ini, kita akan membahas apakah kemampuan yang dimiliki oleh Respati merupakan lucid dream. Apa itu sebenarnya lucid dream?

Lucid dream adalah sebuah keadaan ketika seseorang dapat merasakan dunia alam bawah sadarnya atau mimpinya secara nyata. Kejadian ini memang terdengar seperti aneh dan agak menyeramkan dikarenakan mimpi yang kita alami belum tentu semuanya mimpi yang menyenangkan.

Seperti halnya yang dialami oleh Respati. Ia tidak bisa memilih mimpi yang diinginkan dan selalu melihat mimpi buruk orang lain. Namun, lama-kelamaan ia menjadi terbiasa dengan hal semacam itu dan menjadikan kemampuannya untuk mengungkapkan kasus pembunuhan.

Profil Penulis

Novel Respati merupakan karya Ragiel JP. Selain Respati, ada beberapa karya yang sudah dibuat olehnya. Karya-karyanya tersebut adalah Malaikat dari Bintang, Aksara Kematian, dan Dunia Tanpa Zodiak.

Ia memiliki nama lengkap Ragiel Jaya Pradipta. Bagi kamu yang penasaran dengan sosok Ragil, kamu dapat mengunjungi instagramnya dengan username @Ragiel_j.p. Apakah kamu sudah mem-follow-nya?

Kelebihan, Kekurangan, dan Rating Novel

Pros & Cons

Pros
  • Tema yang digunakan sangatlah unik, yaitu tema fantasi.
  • Meskipun menggunakan bahasa Jawa pada beberapa cerita, tetapi penggunaan bahasa yang sederhana, sehingga ceritanya tetap mudah dipahami.
Cons
  • Alur cerita yang sedikit terlambat.

Setiap novel pastinya terdapat banyak hal yang disukai dan kurang disukai oleh pembacanya. Kali ini kita akan mencoba untuk membahas kelebihan, kekurangan, dan rating novel Respati karya Amalia Ragiel JP.

Kelebihan dalam novel ini adalah tema yang disajikan oleh penulis sangatlah bagus dan menarik. Hal itu dikarenakan sudah jarang penulis lain yang menggunakan tema fantasi dan misteri. Kemampuan Respati dan Wulan juga dibuat saling berkaitan sehingga membuat cerita ini lebih menarik. Gaya bahasa yang digunakan penulis juga sederhana dan menggunakan bahasa Jawa untuk memperkuat kesan daerah atau latar tempat yang ada di dalam cerita.

Kekurangan dalam novel ini adalah alur cerita yang dibuat lambat sehingga pembaca akan sedikit bosan. Cara Respati dan Wulan memburu sosok misterius terkesan terlalu bertele-tele sehingga alur cerita menjadi lambat. Namun, novel ini sangat cocok dibaca jika kamu menyukai novel fantasi yang dicampur baurkan dengan misteri.

Lalu, novel ini mendapatkan rating yang cukup bagus di goodreads. Rating yang didapatkan novel ini sebesar 3,58 dari 5 bintang. Para penyuka genre fantasi dan misteri pastinya akan sangat menyukai novel ini sehingga tidak akan menyesal untuk membacanya.

Penutup

Novel Respati dapat dikatakan sebagai novel remaja yang bergenre misteri namun dicampur baurkan dengan fantasi. Pada awalnya, kemampuannya tidak menyebabkan masalah pada kehidupannya. Namun, lambat laun terjadi hal yang menakutkan dalam mimpinya tersebut.

Setiap kali ia bermimpi, ia selalu bertemu dengan sosok bertudung yang seakan-akan selalu mengawasinya. Sejak saat itulah Respati merasa bahwa dirinya tidak aman. Ia mulai mencari tahu siapa sosok misterius tersebut dan dibantu oleh temannya yang bernama Wulan.

Penulis menggambarkan sosok Respati sebagai seorang remaja yang masih bersekolah, nongkrong di kantin, dan kegiatan remaja biasanya sehingga membuat Respati tetaplah seorang remaja pada umumnya.

Respati juga digambarkan sebagai remaja yang mandiri dan pekerja keras. Ia juga bekerja paruh waktu di warung ayam geprek karena tidak mau menyusahkan kakek dan neneknya. Sehingga gambaran karakter Respati dapat dilihat dari kegiatan sehari-harinya.

Alur cerita dalam novel ini terbilang sedikit lambat. Respati dan Wulan seperti membuang-buang waktu untuk menemukan sosok misterius yang ada di dalam mimpi Respati. Cara yang dilakukan oleh mereka dalam memecahkan masalah kurang tepat.

Latar tempat yang digunakan dalam novel ini adalah Yogyakarta. Gaya bahasa yang digunakan penulis cukup bagus walaupun masih terasa kaku. Terdapat bahasa Jawa di dalam novel ini sehingga menambahkan kesan daerah semakin melekat.

Tema yang diangkat dalam novel ini berupa seseorang yang dapat menjelajahi mimpi. Tampaknya, sudah jarang penulis Indonesia yang membuat tema semacam ini di dalam karyanya. Sehingga bagi kamu yang menyukai tema misteri dan fantasi akan menyukai novel Respati ini.

Oleh karena itu, bagi kamu yang penasaran dengan kisahnya Respati dan Wulan untuk menemukan sosok misterius tersebut dapat membeli novel ini di Gramedia terdekat atau bisa membelinya di gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Eits, jangan pergi dulu, Grameds karena artikel ini belum selesai. Selain membahas tentang review novel Respati, di sini juga akan diberikan rekomendasi novel terkait yang ceritanya tak kalah seru, penasaran novel apa saja itu? Yuk kita simak rekomendasi novel di bawah ini.

Penulis: Fiska Rahma Rianda

Rekomendasi Novel Terkait

1. Mata di Tanah Melus

Novel Mata di Tanah Melus merupakan novel anak yang bergenre fantasi karya Okky Madasari. Dikisahkan Mata adalah seorang anak berusia 12 tahun yang ikut berpetualang bersama ibunya ke sebuah daerah pelosok kecil di daerah Nusa Tenggara Timur, yaitu Desa Belu.

Ketika baru sampai di Desa Belu, mobil yang ditumpangi olehnya dan ibunya tidak sengaja menabrak sapi milik warga daerah itu. Mau tidak mau Ibu Mata ganti rugi untuk membayar sapi tersebut. Namun, setelah kejadian itu Mata selalu dihantui oleh sapi tersebut.

Puncaknya, ketika Mata tersesat di sebuah hamparan hijau dan dibawa paksa oleh orang-orang Melus sehingga membuatnya terpisah dari ibunya. Dari sinilah akan memperlihatkan petualangan Mata yang penuh dengan fantasi dimulai. Bisakah ia kembali atau akan tersesat selamanya?

2. Tujuh Kelana

Novel Tujuh Kelana yang terbit pada tahun 2018 merupakan karya Nellaneva. Dikisahkan Zarra dan Dion secara tidak sengaja menemukan sebuah permata merah yang merupakan fragmen kunci suatu gerbang. Lalu, mereka juga membuat fragmen kunci ini dapat muncul di cahaya terang ketika manusia lain dan kaum pelindung tidak dapat melakukan itu.

Diceritakan ada tujuh permata yang sama telah tersebar di seluruh dunia yang ternyata adalah kunci dari suatu gerbang ajaib di Pulau Keramat. Kunci ini tersebar di seluruh dunia dikarenakan agar tidak digunakan oleh orang yang salah. Hal itu dikarenakan di dalam gerbang terdapat kekuatan yang besar.

Hingga suatu hari kunci gerbang itu menyala sendiri dikarenakan ada seseorang yang menginginkan kekuatan besar tersebut. Hanya Zarra dan Dion yang dapat menemukan kunci-kunci tersebut. Bagaimanakah kelanjutan kisah mereka berdua?

3. Aroma Karsa

Novel Aroma Karsa yang terbit pada tahun 2018 merupakan karya Dee Lestari. Novel ini menceritakan Raras Prayagung yang terobsesi dengan Puspa Karsa. Puspa karsa sendiri merupakan sebuah tanaman yang dipercaya hanyalah bagian dari dongeng, ternyata nyata adanya.

Raras pun berusaha untuk memburu tanaman tersebut. Alasan Raras memburu Puspa Karsa adalah ada yang mengatakan kalau tanaman ini dapat mengendalikan kehendak dan bisa diidentifikasi melalui aroma

Hingga suatu hari ia bertemu dengan Jati Wesi. Jati Wesi sendiri merupakan seseorang yang memiliki kemampuan penciuman yang tajam. Hal itulah yang membuatnya hebat dalam meracik parfum.

Raras pun mendekati Jati agar dapat membantunya menemukan Puspa Karsa. Jati pun semakin lama semakin dalam mengenal keluarga Prayagung. Akankah keajaiban Puspa Karsa benar adanya? Simak terus kelanjutannya dalam novel ini.

4. Laut Bercerita

Novel ini merupakan karya dari Leila S. Chidori yang terbit pada tahun 2017. Novel ini adalah bentuk perwujudan suatu sejarah Indonesia yang dikemas secara fiksi. Dikisahkan para aktivis yang diculik oleh pasukan rahasia dan tak pernah kembali sehingga keluarga mereka pun sampai sekarang masih mencari jawaban atas kehilangan mereka.

Sudut pandang yang digunakan dalam novel ini dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama menggunakan sudut pandang dari tokoh “Laut”. Laut merupakan seorang mahasiswa aktivis pada masa itu. Ia dan kawan-kawannya menyusun rencana untuk berpindah-pindah tempat hingga suatu hari mereka tertangkap oleh pasukan rahasia.

Sudut pandang kedua adalah dari Asmara yang merupakan adik Laut. Dari pandangan Asmara diperlihatkan bagaimana perasaan keluarga korban ketika kehilangan para aktivis tersebut yang bahkan tak pernah kembali.

5. Bumi

Novel Bumi merupakan novel fantasi karya Tere Liye yang terbit pada tahun 2014. Novel ini menceritakan kisah seorang anak bernama Raib yang berusia 15 tahun. Raib memiliki kemampuan istimewa yaitu dapat menghilang secara tiba-tiba.

Tidak ada yang mengetahui kemampuan istimewanya tersebut. Novel ini merupakan rangkain awal dari sekelompok anak yang memiliki kemampuan istimewa. Sekelompok anak tersebut adalah Raib, Ali, dan Seli. Pada suatu hari mereka menjelajahi dunia paralel bumi.

Mereka bertemu dengan klan lain lalu berhadapan dengan Tamus yang ingin menguasai bumi. Bagi kamu pecinta novel petualangan dengan genre fantasi. Yuk, simak kisah selanjutnya di dalam novel ini!

Sumber:

  • https://nininmenulis.com/2021/08/03/review-novel-respati-si-penjelajah-dunia-mimpi/
  • https://www.gramedia.com/literasi/lucid-dream/

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy