in

Unit 183 Karya Chikita

Unit 183 Karya Chikita – Di zaman modern ini, masih adakah kamu atau orang di sekitar kamu yang terlibat dengan perjodohan? Jika kamu mengalaminya dan dipaksa oleh orang tuamu, bagaimana reaksimu? Inilah sepenggal kisah dari sang tokoh utama novel ini.

Sebuah novel yang menceritakan kisah dari Nandischa Armelle yang terlibat sebuah perjodohan yang sudah direncanakan oleh orang tuanya. Kebanyakan anak di zaman sekarang pastinya berbeda dengan anak di zaman dahulu.

Kalau di zaman dahulu banyak yang menurut jika memang dijodohkan oleh orang tuanya. Namun, di zaman yang modern ini sudah banyak hal yang mempengaruhi pemikiran anak sehingga lebih kritis apabila tidak setuju dengan kemauan orang tuanya.

Tentunya Armelle menolak perjodohan itu dengan pergi dari rumah orang tuanya. Lalu, bagaimana cerita selanjutnya kisah asmara dari Armelle? Apakah ia akan menurut dijodohkan atau tetap gigih untuk menolak perjodohan itu? Yuk, kita bahas secara ringkas mengenai novel ini.

Cerita yang diangkat dari Twitter

Kalian tentunya pasti tahu jika di zaman sekarang ini sudah banyak cara untuk mengirim ide tulisan atau lainnya melalui media sosial. Twitter menjadi salah satu media sosial para penulis berbakat atau memang hanya sekadar iseng untuk membuat tulisan.

Biasanya, mereka menuangkan hobinya melalui tulisan dan banyak yang menyukai hasil karyanya tersebut. Maka dari itu, sudah banyak media juga yang mengambil banyak penulis melalui media sosial.

Hal itu dikarenakan para penulis di media sosial biasanya disukai oleh para anak muda sehingga tertarik untuk terus-menerus membaca karya dari penulis tersebut. Salah satunya adalah novel yang satu ini.

Novel Unit 183, I Love You karya Chikita ini menjadi salah satu cerita yang diangkat dari twitter. Bagi kamu yang gemar menggunakan twitter pasti pernah menemukan hal semacam ini. Istilah ini biasanya disebut sebagai AU (Alternate Universe).

AU (Alternate Universe) adalah sebutan dari sebuah cerita fiksi yang dibuat berbeda dari kenyataannya. Istilah AU sudah banyak yang mengetahui khususnya anak twitter. Biasanya para pembaca akan mengikuti akun penulis AU untuk tetap update kelanjutan dari kisah ceritanya.

Genre dari AU sendiri ada berbagai macam layaknya cerita pada umumnya, seperti romantis, horor, misteri, dan macam lainnya. Biasanya yang banyak menulis cerita semacam AU adalah penggemar dari KPOP atau anime. Namun, banyak juga yang menulis AU berdasarkan hal lainnya.

Para penulis AU akan menggunakan idolanya sebagai karakter dalam cerita yang dibuatnya. Gaya bahasa yang ditulis juga biasanya sederhana dan mudah untuk dimengerti. Sehingga banyak sekali yang menyukai membaca AU di twitter.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Penulis akan membuat cerita sesuai imajinasinya dan dibuat sekreatif mungkin agar pembaca tetap mengikuti ceritanya. Apalagi jika pembaca tersebut juga mempunyai idola yang sama dengan penulis, tentunya mereka akan setia mengikuti alur dari cerita tersebut.

Kisah Nandischa Armelle yang Menolak Perjodohan

Diceritakan sang tokoh utama dalam novel ini, yaitu Nandischa Armelle dijodohkan oleh orang tuanya dengan seseorang yang belum ia kenal. Hal itu membuatnya merasa muak dan memilih kabur untuk menghindari perjodohan tersebut.

Ia pun mencoba mencari tempat tinggal untuknya selama beberapa waktu ke depan. Lalu, ia mencari tempat tinggal murah di twitter dan menemukan sharing apartemen dengan harga yang terjangkau.

Akhirnya, ia terpaksa untuk berbagi apartemen dengan seseorang bernama Jauzan Jiaxelle yang merupakan gitaris band ONEIRO. Ia dan Jauzan menempati apartemen di unit 183. Jauzan dikenal sebagai sosok yang cuek dan menyebalkan. Jauzan bahkan membuat 5 peraturan untuk mereka berdua selama menempati apartemen.

Seiring berjalannya waktu, peraturan-peraturan yang dibuat oleh Jauzan mulai mereka langgar termasuk aturan yang terakhir, yaitu tidak boleh melibatkan perasaan. Namun, keadaan tidak berpihak baik pada mereka. Orang tuanya memaksa ia untuk kembali ke rumah dan tetap mengikuti perjodohan.

Di dalam situasi yang kian memburuk, Jauzan menghilang begitu saja dari Armelle. Ia pun menjadi bingung harus bagaimana untuk selanjutnya. Apakah ia akan tetap melanjutkan perjodohan atau menunggu Jauzan untuk kembali?

Profil Penulis

Novel Unit 183, I Love You merupakan karya dari Chikita. Chikita lahir pada 11 Agustus 2003. Ia mulai menulis karena merasa sulit untuk mengungkapkan banyak hal melalui lisan. Ia merupakan penulis AU di twitter.

Sudah banyak yang membaca hasil karyanya dan mendapatkan banyak like di twitter. Hal itu yang membuat hasil karyanya ini dilirik dan mendapatkan kesempatan menerbitkan novel Unit 183, I Love You. Jika kamu penasaran dengan sosok Chikita, kamu dapat melihat atau menyapanya melalui twitternya dengan username @snciggs.

Kelebihan, Kekurangan, dan Rating Novel

Pros & Cons

Pros
  • Karakter tokoh yang saling terhubung antara tokoh satu dengan yang lainnya.
  • Dialog yang mudah dipahami, sehingga alur cerita pun jadi semakin gampang dimengerti. 
Cons
  • Adanya cerita tentang salah satu tokoh yang kabur dari rumah.

Setiap novel pastinya terdapat banyak hal yang disukai dan kurang disukai oleh pembacanya. Kali ini kita akan mencoba untuk membahas kelebihan, kekurangan, dan rating novel Unit 183, I Love You karya Chikita.

Kelebihan dalam novel ini adalah menceritakan kisah dari seseorang yang berusaha untuk memilih jalannya sendiri. Sang tokoh utama, yaitu Armelle merupakan sosok yang teguh dengan pilihannya.

Ia tetap berusaha untuk menjadi dirinya sendiri yang menolak perjodohan walaupun orang tuanya terus memaksanya agar menyetujui perjodohan tersebut. Selain itu, cara penulis menggambarkan interaksi antar tokoh juga jelas sehingga membuat pembaca mengetahui chemistry antar tokoh.

Kekurangan dalam novel ini adalah mungkin terletak dari karakter Armelle yang menentang keinginan orang tuanya sehingga memilih kabur dari rumah. Di satu sisi, jika dilihat dari sisi negatif mungkin hal itu dapat dikatakan tidak sopan pada orang tua.

Namun di lain sisi, Armelle hanya berusaha untuk memilih jalan hidupnya sendiri karena hanya ia sendiri yang tahu apa yang membuatnya bahagia atau tidak dalam hidupnya.

Rating untuk novel ini sebenarnya cukup bagus. Hal itu dikarenakan banyak sekali pembaca di twitter yang menyukai cerita ini. Oleh karena itu, rating sebesar 4 dari 5 bintang sangat pas untuk novel ini.

Penutup

Setelah membaca kisah Nandischa Armelle secara singkat, apakah kamu akan melakukan hal yang sama sepertinya atau tetap menurut dengan kemauan orang tuamu? Ini merupakan sebuah hal yang sulit untuk dipilih karena terkadang tidak sesuai dengan apa yang kita mau dan sukai.

Armelle berusaha untuk memilih jalan hidupnya sendiri karena merasa dikekang oleh orang tuanya. Lambat laun ia juga mulai menaruh perasaan pada Jauzan yang merupakan teman sharing apartemennya.

Ia pun menjadi dilema dan bimbang dengan pilihan yang harus ia jalani. Oleh karena itu, bagi kamu yang penasaran dengan kelanjutan kisah Nandischa Armelle dan Jauzan Jiaxelle dapat segera membeli buku ini di Gramedia terdekat atau bisa mendapatkannya di gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Masih penasaran dan mencari novel-novel dengan kisah atau tema yang hampir sama? Kalian tak perlu bingung lagi untuk mencarinya, karena bisa mendapatkannya di gramedia.com atau bisa melihat beberapa rekomendasi buku terkait di bawah ini.

Penulis: Fiska Rahma Rianda

Rekomendasi Novel Terkait

1. Dikta & Hukum

Novel Dikta & Hukum merupakan novel adaptasi dari fanfict yang ditulis oleh penulis yang membuat cerita dengan menggunakan idolanya menjadi tokoh cerita. Dikisahkan Dikta merupakan seorang mahasiswa hukum tingkat akhir dan menjadi mahasiswa terpintar di universitasnya.

Dikta menjadi tokoh idaman para wanita karena karakternya yang hampir sempurna. Ia pintar, rajin, kaya raya, baik, dan pastinya tampan. Di sisi lain terdapat perempuan bernama Nadhira yang masih kelas 12 SMA.

Pada suatu hari Dikta dan Nadhira dijodohkan oleh kedua orang tuanya. Namun, karakter Nadhira berbanding terbalik dengan Dikta. Nadhira memiliki karakter yang pemalas, keras kepala, suka mengeluh, dan selalu menunda-nunda pekerjaan.

Perbedaan karakter keduanya menjadi tantangan sendiri buat keduanya. Lama-kelamaan pun Nadhira mulai jatuh cinta pada Dikta. Lalu, bagaimana dengan perasaan Dikta pada Nadhira?

2. Haga Ganteng dan Printer

Ketika kebanyakan orang menganggap printer merupakan alat untuk mengeprint tugas kuliah atau pekerjaan kantor, lain halnya dengan Anami. Makna printer bagi Anami adalah untuk mendekati Haga, yaitu lelaki yang disukainya.

Anami selalu nebeng untuk ngeprint tugas menggunakan printer Haga. Namun, Haga dikenal sebagai cowok yang dingin, cuek, dan susah didekati. Lama-kelamaan hubungan antara mereka berdua menjadi dekat. Namun, pada suatu hari Haga memposting foto dengan perempuan lain menggunakan emoticon hati.

Hal itu tentunya membuat Anami sedih. Zidane dan Dirga yang merupakan sahabat Haga mencoba untuk menghibur Anami. Ternyata ada seseorang yang merasa sedih juga dengan kedekatan Anami dan Haga.

Apakah Hanami akan tetap bertahan dan terus mendekati Haga melalui printernya? Atau Anami akan sadar kalau selama ini masih ada orang lain yang diam-diam menyukainya?

3. Alster Lake

Dikisahkan seorang perempuan bernama Alea yang tidak sengaja meninggalkan bukunya di perpustakaan. Lalu seseorang menemukan buku tersebut sampai keduanya bertemu. Alea pun terkejut karena orang tersebut merupakan penulis yang disukai oleh Alea. Buku Alster Lake yang sedang dibaca Alea merupakan karya dari Dean Bjorn.

Mereka pun menjadi akrab dan memiliki ketertarikan yang sama pada Jerman. Dean pun mulai jatuh cinta pada Alea. Ia pun mulai menyatakan perasaannya pada Alea. Alea tentu saja menerimanya karena ia juga sudah menyukai Dean sejak lama.

Beberapa waktu telah berlalu mereka menjalin sebuah hubungan. Lalu masalah muncul menerpa hubungan mereka sehingga harus mengakhiri semuanya. Pada suatu hari Alea menemukan buku yang berjudul Alster Lake 2. Buku tersebut mengisahkan tentang dirinya. Akhirnya, Alea merasa harus menyelesaikan masalah yang belum selesai

4. Azzamine

Novel ini mengisahkan tentang sebuah perjodohan antara Raden Azzam dan Haura Jasmine. Mereka berdua dijodohkan oleh kedua orang tuanya. Jasmine yang merasa belum siap untuk dijodohkan merasa tidak yakin. Namun, Azzam berusaha untuk meyakinkannya.

Bahkan Jasmine meminta Azzam untuk mundur dari perjodohan. Ia merasa tidak pantas untuk bersanding dengan Azzam. Karakter Azzam digambarkan sebagai lelaki yang lembut baik tutur katanya maupun tingkah lakunya. Di sisi lain Jasmine juga sudah mempunyai kekasih bernama Deka.

Jasmine pun dilema dengan situasi yang sedang dihadapinya. Apakah jalan yang akan dipilih oleh Jasmine? Apakah ia akan melanjutkan perjodohan bersama Azzam? Atau ia akan memilih tetap bersama Deka? Simak kelanjutannya dalam novel ini.

5. Himpunan

Novel Himpunan merupakan karya Citra Saras yang terbit pada tahun 2018. Novel ini menceritakan kisah Dimas dan Naya yang sibuk mengurus organisasi dan juga menjadi mahasiswa. Keduanya merupakan ketua HIMA dan wakil ketua HIMA.

Karakter Dimas diperlihat tidak terlalu bisa bersosialisasi dengan orang lain, sedangkan Naya merupakan sosok yang pandai berbicara dan ramah. Hal itu menjadi perbedaan keduanya dalam menjalankan organisasi.

Tentunya ada perbedaan pendapat dan konflik yang terdapat dalam menjalankan organisasi. Bagaimana ya kisah kelanjutan dari Dimas dan Naya? Bagi kamu yang penasaran bisa beli novel ini di Gramedia terdekat ya!

Sumber:

  • https://mediakita.com/product/unit-183-i-love-you/

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy