in

Review Novel Paper Umbrella

Paper Umbrella – Novel sudah menjadi bacaan yang disukai oleh banyak orang karena jalan dan alur cerita yang disajikan sangat menarik. Sehingga, yang awalnya hanya penasaran dengan jalan ceritanya, kini banyak orang yang mulai mengikuti jalan cerita dari novel tersebut karena memiliki jalan cerita yang bagus.

Ketika kamu bertemu lagi dengan seseorang di masa lalu, apa yang akan kamu lakukan? Apalagi orang tersebut menjadi salah satu bagian penting dari masa remaja kamu pada saat itu. Ini adalah kisah Hye Ran yang harus bekerja di sebuah kedai kopi dengan bos yang arogan.

Jalan cerita yang disajikan novel Paper Umbrella sangat bagus dan menarik sehingga kamu tidak akan menyesal membaca novel ini. Selain itu, akan banyak adegan romantis antara dua tokoh utama yang akan membuatmu gemas dan senyum-senyum sendiri.

Nah, untuk kamu yang sangat suka dengan novel genre romantis, maka tak boleh melewatkannya. Biar, nggak penasaran dengan jalan cerita dari novel ini dan semakin tertarik untuk membelinya, yuk langsung simak review singkatnya.

 

Sinopsis Novel Paper Umbrella

“Hye Ran-ssi. Kamu terlambat datang. Kamu harus lembur malam ini”

“Mengapa kamu ceroboh sekali, Hye Ran–ssi. Gaji kamu akan dipotong!”

“Kerja itu yang benar! Jangan hanya diam saja!”

Semua kalimat yang keluar dari bos baru di tempat kerjaku, Myeong Simaela Coffee Shop, selalu membuat kepalaku pusing seakan sengaja ingin membuat diriku kesal. Sangat sulit dipercaya keputusanku untuk bekerja paruh waktu di kedai kopi ini mempertemukan pria arogan itu. Namun, lelaki tampan itu pernah menjadi bagian dari masa SMA-ku.

Pada masa itu, kami pernah berada di bawah satu payung yang sama. Pria arogan bernama Lee Tae Hyun itu merupakan pria baik yang pernah kukenal. Tetapi, ia secara tiba-tiba menghilang saat usai hujan hari itu.

Bukankah seharusnya aku membencinya karena sudah menghilang? Lalu aku berada di dalam dua pilihan, yaitu melupakan masa lalu atau memulai kenangan baru. Pilihan apa yang harus kupilih?

 

Review Novel Paper Umbrella

Novel Paper Umbrella merupakan karya Lovya Diany. Novel ini mengisahkan pertemuan antara dua orang di masa lalu yang dipertemukan kembali di masa kini. Hye Ran yang mempunyai kisah romantis dengan Tae Hyun menjadi dilema. Hal itu dikarenakan di masa kini Tae Hyun menjadi bosnya dan sifatnya pun berbeda.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Jalan cerita yang ada di dalam novel sangatlah menarik seperti kisah romantis antar remaja pada umumnya. Diceritakan juga masa-masa mereka berdua ketika masih berpacaran pada saat SMA hingga perginya Tae Hyun dalam hidup Hye Ran.

Pertemuan mereka setelah lima tahun tentunya saling bernostalgia. Gaya bahasa yang digunakan juga sederhana sehingga mudah untuk dipahami. Kisah antara Hye Ran dan Tae Hyun akan mampu membuatmu terhibur dan senyum-senyum sendiri.

 

Profil Penulis

Novel Paper Umbrella merupakan karya Lovya Diany. Nama aslinya adalah Ania Herdiani atau biasa dipanggil Ania. Ia lahir pada tanggal 25 Juni 1993 di Bandung, Jawa Barat. Cita-citanya adalah menghasilkan tulisan yang dapat membuat pembaca bahagia karena karyanya. Ia sendiri sudah membuat beberapa karya yang sudah dijadikan novel.

 

Kelebihan, Kekurangan, dan Rating

Pros & Cons

Pros
  • Jalan cerita yang menarik
  • Gaya bahasa yang mudah dipahami
Cons
  • Alur cerita agak lambat

 

Setelah membahas sinopsis dan review novel ini. Pastinya setiap novel ada beberapa hal yang disukai dan tidak disukai oleh para pembacanya. Selanjutnya, kita akan membahas kelebihan, kekurangan, dan rating novel Paper Umbrella karya Lovya Diany..

Kelebihan dalam novel ini adalah jalan cerita yang menarik. Kisah romantis antara Hye Ran dan Tae Hyun yang pernah terjalin di masa SMA akan membuatmu bernostalgia pada masa-masa remaja. Kemudian, setelah lima tahun mereka bertemu kembali. Uniknya, Tae Hyun adalah bos tempat dari Hye Ran bekerja. Kisah mereka mulai terjalin kembali setelah berpisah beberapa tahun lalu.

Lalu, gaya bahasa yang mudah dipahami. Penulisan novel ini dibuat dengan sederhana dan memiliki kesan untuk para remaja yang membacanya. Oleh sebab itu, pembaca pun juga akan menikmati bacaan dengan baik.

Kekurangan dalam novel ini adalah alur cerita agak lambat. Alur cerita yang disajikan agak lambat sehingga pembaca akan sedikit merasa bosan. Namun, novel ini sangat bagus dibaca bagi kamu yang menyukai genre romantis.

Novel ini mendapatkan rating yang cukup tinggi. Rating yang didapatkan novel ini sebesar 4 dari 5 bintang. Ini menunjukan pembaca memberikan antusias yang tinggi pada novel ini.

 

Penutup

Itulah review singkat mengenai novel Paper Umbrella karya Lovya Diany. Novel ini memiliki jalan cerita yang bagus, sehingga mendapatkan rating yang cukup tinggi dan antusias yang tinggi dari pembacanya.

Kisah romantis antara Hye Ran dan Tae Hyun yang terpisah selama lima tahun akhirnya bersemi kembali. Namun, Tae Hyun bukan lagi seseorang yang seperti dahulu, ia berubah menjadi cuek dan dingin. Bisakah Hye Ran memilih jalannya sendiri?

Bagi kamu yang penasaran dengan kisah romantis antara Hye Ran dan Tae Hyun yang ada di dalam novel ini, kamu dapat membaca novel ini dengan membelinya di website Gramedia.com ya.

 

Penulis: Fiska Rahma Rianda

 

Rekomendasi Novel

1. Saman

 

Novel Saman merupakan karya Ayu Utami. Novel ini menceritakan kisah empat perempuan yang sudah bersahabat sejak kecil. Shakuntala “si pemberontak”. Cok yang memiliki julukan “si binal”. Yasmin yang selalu ingin ideal. Dan Laila yang lugu dan bimbang untuk menyerahkan keperawanannya pada lelaki yang sudah beristri.

Tetapi dua orang di antara mereka memiliki perasaan yang sama kepada seorang pemuda aktivis yang bernama Saman. Saman adalah seorang aktivis yang menjadi buron saat masa rezim militer orde baru. Namun, pada siapakah hati Saman akan berlabuh? Yasmin atau Laila?

Novel Saman terbit bersamaan pada masa reformasi. Novel ini banyak diminati dan disukai oleh banyak orang. Bahkan sudah diterjemahkan ke dalam sepuluh bahasa asing. Novel ini juga mendapatkan perhargaan dari dalam dan luar negeri karena jalan ceritanya yang mendobrak tabu.

 

2. Espresso

 

Novel Espresso merupakan karya dari Bernard Batubara. Novel ini menceritakan kisah Lulu yang pertama kalinya menikmati secangkir kopi espresso sehingga membuat pandangannya berubah mengenai kehidupannya. Ternyata, pembuatan secangkir kopi tidak semudah yang dipikirkannya. Dari sinilah Lulu berpikir mengenai kehidupannya.

Ia mulai berpikir sehingga memiliki tekad ingin menjadi seorang barista. Kemudian, ia bertemu dengan seorang sahabat ayahnya bernama Jeremy. Jeremy memberikannya sebuah saran agar tinggal di Jakarta dan melanjutkan kuliahnya. Untuk menjadi seorang barista dapat dijadikan hobi dan bukan menjadi pekerjaan utama.

Untuk secangkir espresso, terima kasih pernah membuatku hampir menyerah. Kalau saja buka pertemuan kita di cafe milik Bima, mungkin aku tidak akan segigih ini memperjuangkanmu. Terima kasih dikala cinta dan kehidupan mengecewakanku. Kamu selalu ada untukku.

 

3. The Girl Who Fell Beneath The Sea

 

Novel ini merupakan karya dari Axie Oh. Novel ini menceritakan sebuah badai yang telah menerpa tanah kelahiran Mina sampai beberapa generasi. Tanah kelahirannya diterpa oleh banjir yang menyapu seluruh desa, lalu terjadinya perang berdarah yang memperebutkan sumber daya yang ada di sana.

Masyarakat di desa itu mempercayai suatu kisah bahwa Dewa Laut telah mengutuk mereka dengan penderitaan dan keputusasaan. Oleh karena itu, untuk menenangkan Dewa Laut mereka semua mengorbankan gadis cantik lalu dibuang ke laut agar menjadi pengantin Dewa Laut. Tujuannya adalah pengantin sejati terpilih akan mengakhiri penderitaan mereka.

Shim Cheong adalah gadis tercantik di desa itu. Banyak yang berpendapat bahwa Cheong adalah pengantin terpilih untuk Dewa Laut. Sehingga membuatnya harus dikorbankan dan dibuang ke laut. Namun ketika akan dikorbankan, Mina ingin menyelamatkan kakaknya dengan melompat sendiri ke laut. Apakah yang akan terjadi pada Mina?

 

4. Agaskar

 

Novel Agaskar merupakan karya dari Nazieranff. Novel ini menceritakan kisah perjodohan antara Agaskar dan Arazey. Dijodohkan dengan seorang musuh dari pacarnya sendiri?

Itu adalah hal paling gila yang dialami oleh ketua geng motor Wolviper yang hidup bagaikan seorang badboy, yaitu Agaskar Vakenzo Delvan. Ia harus dijodohkan dengan perempuan bernama Arazey Henessy Elthea yang merupakan pacar dari musuhnya sendiri, yaitu Wave.

Dengan senang hati Agaskar menerima perjodohan dan bersumpah ingin membuat perempuan itu menderita.

Agaskar seorang lelaki kasar yang mempunyai sejuta pesona sehingga membuat banyak perempuan terpesona harus dijodohkan dengan Arazey perempuan licik yang merupakan primadona sekolah.

Apakah yang akan terjadi dengan mereka berdua? Bagaimana cara mereka melewati ini semua ketika sedang banyaknya konflik yang terjadi?

5. Dikta & Hukum

 

Novel Dikta & Hukum merupakan sebuah karya fanfict dengan menjadikan orang nyata sebagai tokoh cerita seperti artis atau idol terkenal. Identitas tokoh dalam cerita akan berbeda karena hanya sebuah imajinasi atau fantasi saja. Novel Dikta & Hukum menceritakan tentang seorang tokoh bernama Dikta yang merupakan mahasiswa hukum tingkat akhir di sebuah universitas ternama dan menjadi salah satu mahasiswa terpintar.

Dikta merupakan tokoh idaman semua wanita karena penggambarannya yang sempurna. Ia kaya, rajin, pintar, baik, penyayang dan tentunya berparas tampan. Di sisi lain terdapat tokoh bernama Nadhira yang merupakan anak SMA kelas 12 dengan karakter berbanding terbalik dengan Dikta, pemalas dan mageran. Nadhira dikenal sebagai orang yang banyak mau, keras kepala dan suka mengeluh. Berbeda dengan image Dikta yang dikenal sebagai sosok yang serius dan disiplin.

Siapa sangka jika Dikta dijodohkan dengan gadis SMA bernama Nadhira itu dengan sifat dan watak mereka yang amat sangat berbanding terbalik bagai langit dan bumi. Demi menjaga perasaan kedua orang tuanya, mereka terpaksa harus terjebak dalam hubungan yang semakin rumit ini.

Seiring berjalannya waktu, Nadhira mulai menaruh rasa suka pada Dikta dan benar saja kali ini Nadhira benar-benar jatuh cinta pada sosok yang sejak dulu hanya dianggapnya sebagai kakak. Meskipun begitu kisah percintaan mereka yang rumit akan dibahas dan rahasia-rahasia Dikta yang selama ini dipendam akan mulai terungkap.

 

Sumber:

  • https://opinia.id/post/artikel/resensi/haru-biru-kisah-remaja-millenial-210902?fromExplore=1

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy