in

Review Petunjuk Menikmati Hidup dan Pekerjaan 

Petunjuk Menikmati Hidup dan Pekerjaan – Menikmati hidup dan menikmati pekerjaan yang sedang kita lakukan adalah keinginan semua orang. Kita menginginkan ketenangan dan kedamaian dalam menjalani hidup, begitu pun dengan pekerjaan.

Tapi yang namanya kehidupan tentu saja tidak selalu berjalan sesuai dengan yang kita mau. Kadang kita merasa lelah dan frustasi ketika berada di tengah jalan. Apalagi ditambah dengan pekerjaan yang membuat tidak ada waktu hanya untuk sekedar bersantai.

Sikap terhadap pekerjaan pun rupanya dapat menentukan apakah hidup seseorang penuh dengan kegembiraan dan kepuasaan atau malah lesu, frustasi, dan membosankan. Jadi, penting sekiranya kita mencintai pekerjaan kita, walaupun dalam prosesnya akan mengalami hari-hari yang kurang baik dan berkesan.

Dale Carnegie, melalui buku “Petunjuk Menikmati Hidup dan Pekerjaan” menunjukkan kepada kita tentang bagaimana membuat setiap hari terasa lebih menyenangkan dan bermanfaat, bagaimana dapat menyelesaikan sesuatu dengan lebih banyak dengan bersenang-senang. Buku ini adalah cara baru untuk memulai pendekatan agar lebih menikmati kehidupan dan pekerjaan yang sedang dijalani.

Grameds masih bingung mencari cara agar dapat menikmati pekerjaan saat ini? Tenang, buku Petunjuk Menikmati Hidup dan Pekerjaan bisa kamu jadikan sebagai referensi. Sebelum mendapatkan bukunya, simak ulasan review singkat ini, ya.

 

Review Petunjuk Menikmati Hidup dan Pekerjaan

Pros & Cons

Pros
  • Buku ini membawa pembaca untuk bisa menggali kemampuan semaksimal mungkin.
  • Banyak petunjuk untuk menikmati kehidupan dan pekerjaan agar seimbang.
  • Tema besar yang dipakai oleh Carnegie adalah tentang bersyukur, jadi diri sendiri, serta menghadapi dan menghargai orang lain.
Cons
  • Pembaca harus mengulang bagian tertentu agar lebih efektif diterapkan di setiap waktu.

 

Hampir setiap orang menghabiskan sebagian besar waktu hidupnya bekerja, oleh karena itu tidak mengherankan bahwa kualitas pekerjaan juga mencerminkan kualitas kehidupannya. Ketika seseorang merasa nyaman dengan pekerjaannya, kepuasan hidup pun dapat tercapai.

Dalam bukunya yang berjudul “Petunjuk Menikmati Hidup dan Pekerjaan,” Dale Carnegie membagikan serangkaian rahasia sukses dalam pekerjaan dan kehidupan. Carnegie mendorong pembaca untuk belajar keterampilan dan mengoptimalkan potensi tersembunyi dalam diri mereka.

Buku ini terdiri dari empat bagian yang diuraikan oleh Carnegie. Bagian pertama membahas tujuh cara untuk mencapai kedamaian dan kebahagiaan dalam hidup. Cara-cara ini seringkali terlupakan dan dianggap sepele.

Carnegie mengajak pembaca untuk menghargai dan bersyukur akan anugerah kehidupan, serta melupakan kesulitan yang ada. Setiap individu adalah unik dengan caranya sendiri, dan Carnegie menekankan pentingnya menjadi diri sendiri dan mencapai potensi terbaik.

Bagian kedua membahas teknik dasar dalam berinteraksi dengan orang lain. Carnegie mengajarkan lima bab yang menghindari kritik terhadap orang lain, memberikan penghargaan tulus dan ikhlas, membangkitkan keinginan yang kuat dalam diri orang lain, memberikan perhatian yang tulus, serta membuat orang lain merasa penting dan dihargai.

Bagian ketiga adalah panduan untuk mempengaruhi cara berpikir orang lain dan mendapatkan persetujuan terhadap pendapat kita. Carnegie menggarisbawahi pentingnya menghargai pendapat orang lain dengan mendengarkan dan memahaminya terlebih dahulu, lalu membangun hubungan yang bersahabat.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Bagian terakhir membahas bagaimana mengubah orang tanpa menimbulkan perlawanan atau menyakiti hati mereka. Carnegie menjelaskan empat langkah untuk memperbaiki kesalahan orang lain, yaitu dengan mengarahkan perhatian mereka secara tidak langsung pada kesalahan tersebut. Ia juga menekankan pentingnya untuk menghindari penggunaan kata “tapi” karena dapat dianggap sebagai kebohongan.

Carnegie menggambarkan pentingnya prinsip seorang pemimpin yang baik dengan menerima kesalahan diri sendiri sebelum mengkritik orang lain. Selain itu, memuji kelebihan orang lain juga merupakan hal yang sangat dibutuhkan dalam hidup dan pekerjaan.

Sederhananya, buku “Petunjuk Menikmati Hidup dan Pekerjaan” karya Dale Carnegie ini adalah petunjuk untuk meraih kepuasaan dalam hidup dan pekerjaan dengan memaksimalkan potensi diri dan berusaha menjaga sebaik mungkin relasi dengan orang lain.

Hal-hal menarik yang akan pembaca dapatkan dalam buku ini adalah tentang rasa syukur yang bisa membawa kebahagiaan, sumber utama yang menyebabkan kelelahan dalam bekerja, kunci untuk membangun relasi dengan orang lain, cara halus agar orang lain sependapat dengan kta, dan cara untuk memberikan kritik secara elegan.

Dengan mempraktikkan panduan-panduan yang terdapat dalam buku ini, harapannya adalah pembaca dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik dalam mencapai kebahagiaan dan kesuksesan dalam hidup dan pekerjaan mereka.

 

Mengenal Dale Carnegie, Penulis Buku “Petunjuk Menikmati Hidup dan Pekerjaan”

Dale Carnegie (1888-1955) adalah seorang penulis, pengajar, dan pengusaha Amerika Serikat yang terkenal karena karya-karyanya dalam bidang pengembangan diri dan komunikasi antarpribadi. Ia dikenal sebagai seorang ahli dalam keterampilan sosial dan keterampilan kepemimpinan.

Carnegie lahir dalam kemiskinan di sebuah peternakan di Missouri, bukunya yang terkenal berjudul “How to Win Friends and Influence People” yang pertama kali terbit pada tahun 1936 masih menjadi buku yang laris hingga sekarang. Buku tersebut memberikan panduan praktis tentang bagaimana membangun hubungan yang baik dengan orang lain, meningkatkan keterampilan komunikasi, dan memperoleh kepercayaan orang lain.

Pada usia muda, Carnegie bekerja sebagai penjual dan peternak ayam. Tahun 1908, ia mendaftarkan diri di State Teachers College yang sekarang dikenal sebagai Universitas Negara Bagian Missouri untuk tujuan menjadi seorang guru. Setelah lulus, Carnegie mengajar di berbagai sekolah di Nebraska.

Keinginan menjadi suksesnya lebih besar hingga membawa Carnegie ke kota New York pada tahun 1911. Ia memulai karirnya sebagai seorang penulis dan pembicara publik. Karena terinspirasi oleh ketenaran Andrew Carnegie pada waktu itu, ia lantas mengubah ejaan nama belakangnya dari “Carnegey” menjadi “Carnegie”.

Tahun 1912, Carnegie mendirikan sebuah perusahaan bernama Dale Carnegie Course yang dikenal sebagai Dale Carnegie Training yang memiliki tujuan untuk membantu orang lain dalam mengembangkan keterampilan komunikasi dan kepemimpinan mereka. Kursus-kursus yang diberikan oleh Carnegie tersebut memiliki fokus tersendiri seperti kepercayaan diri, rasa empati, dan cara berkomunikasi dengan efektif.

Selama hidupnya, Carnegie terus menulis dan menjadi seorang motivator di seluruh Amerika Serikat. Ia menekankan pentingnya keterampilan sosial, empati, dan kepercayaan diri dalam mencapai kesuksesan pribadi dan profesional. Carnegie juga menulis buku-buku lain, termasuk “How to Stop Worrying and Start Living” (Bagaimana Menghentikan Kekhawatiran dan Memulai Hidup) yang diterbitkan pada tahun 1948.

Dale Carnegie meninggal dunia pada 1 November 1955, di Forest Hills, New York, pada usia 66 tahun. Namun, warisan dan kontribusinya dalam bidang pengembangan diri terus hidup melalui karya-karyanya dan pelatihan yang diberikan oleh Dale Carnegie & Associates, Inc., perusahaan yang masih beroperasi hingga saat ini.

Dale Carnegie dianggap sebagai tokoh yang berpengaruh dalam bidang pengembangan diri dan telah memberikan kontribusi besar dalam membantu orang-orang meningkatkan keterampilan sosial, kepemimpinan, dan komunikasi mereka. Karya-karyanya tetap relevan hingga sekarang dan terus menjadi sumber inspirasi bagi banyak orang.

 

Pesan Moral yang Terdapat dalam Buku “Petunjuk Menikmati Hidup dan Pekerjaan

Menikmati hidup dan pekerjaan adalah tujuan yang diinginkan oleh banyak orang. Berikut adalah beberapa pesan moral untuk dapat menciptakan kepuasaan dalam hidup dan pekerjaan.

  • Selalu Bersyukur

Syukuri hal-hal yang terjadi di dalam hidup, baik itu hal besar maupun hal kecil sekalipun. Karena dengan bersyukur akan membuat hati merasa cukup dan hari kita terasa nyaman dengan membawa kebahagiaan.

  • Menemukan Tujuan

Dalam hal ini mulailah untuk mengidentifikasi nilai, minat, dan keahlian kamu. Cari pekerjaan yang memang sesuai dengan passion dan minat, karena memiliki tujuan yang jelas akan memberikan rasa kepuasan tersendiri.

  • Menciptakan Keseimbangan Kehidupan Pribadi dan Profesional

Penting memiliki keseimbangan untuk diri sendiri, antara waktu untuk pribadi dan pekerjaan. Milikilah waktu luang untuk keluarga, hobi, dan rekreasi. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kesehatan mental dan fisik dalam menciptakan keseimbangan ini.

  • Miliki Hubungan yang Positif

Jalin hubungan yang baik di antara rekan kerja, atasan, dan orang-orang yang berada di sekitar kamu. Karena menjalin hubungan yang baik akan menciptakan suasana positif dan sehat sehingga lingkungan kerja akan terasa menyenangkan dan mendukung.

  • Terbuka untuk Terus Tumbuh dan Berkembang

Jangan berhenti untuk terus belajar, tumbuh, dan berkembang. Carilah kesempatan untuk mengembangkan keterampilan baru dan mengasah potensi diri. Mengembangkan diri tidak akan membuatmu merasa dirugikan dan justru membuka peluang baru untuk mencapai tujuan yang baik.

  • Mencari Kesenangan di luar Pekerjaan

Luangkanlah waktu untuk sekadar menjalani hobi, aktivitas, atau minat lain yang kamu suka di luar pekerjaan. Dengan melibatkan diri dalam kegiatan lain akan memberikan kegembiraan dan hidup akan terasa lebih bahagia. Penting juga untuk merayakan momen-momen kecil, merayakan pencapaian, dan memiliki sikap yang positif dalam menghadapi tantangan.

  • Menjadi Diri Sendiri

Fokuslah menjadi diri sendiri, tidak perlu meniru orang lain. Karena setiap manusia memiliki kehidupan dan jalannya masing-masing. Lebih baik fokus terhadap hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk mencapai kepuasaan dalam hidup.

Demikian review Petunjuk Menikmati Hidup dan Pekerjaan. Nah, setelah membaca artikel ini sampai selesai, kamu bisa dapatkan bukunya di gramedia.com, ya.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

 

Penulis: Melani Wulandari

 

Rekomendasi Buku Terkait

Petunjuk Hidup Tenteram & Bahagia

 

Buku Petunjuk Hidup Tenteram dan Bahagia merupakan salah satu buku yang mudah dipahami terutama untuk Grameds yang sedang menncari cara untuk bahagia setelah menghadapi suatu masalah.

Petunjuk Hidup Tenteram Dan Bahagia memaparkan kebenaran-kebenaran besar. Buku ini berisi petunjuk-petunjuk yang mengagumkan dan mudah dilaksanakan. Pendek kata, buku ini dapat mengubah hidup anda! Bacalah halaman pertama,yang menyajikan sepuluh keuntungan yang dapat Grameds peroleh dari buku ini.

 

Petunjuk Menikmati Hidup yang Lebih Bermakna

 

Mengapa banyak orang merasa hidupnya begitu-begitu saja?

Kita menghabiskan sepertiga hidup untuk tidur, lalu paling tidak sepertiga lagi untuk berkarir serta mengurus keluarga. Kalau beruntung, mungkin masih ada waktu bagi kita untuk berekreasi, menekuni hobi, atau sekadar bermalas-malasan. Ada begitu banyak orang yang menjalani hidup yang membosankan dan tidak menarik, bekerja ekstra keras untuk hasil yang tidak memuaskan, dan menggunakan waktu luangnya untuk hal-hal yang tidak bermanfaat.

Buku ini menunjukkan hal-hal yang membuat kita jatuh ke perangkap itu, dan memberikan pedoman untuk membantu kita memiliki kehidupan yang lebih baik, produktif, serta memuaskan.

 

Sumber: Berbagai Sumber

 

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy