in

Review Deep Water (Keheningan Fatal) Karya Patricia Highsmith

Keheningan Fatal – Bagi para Grameds yang menyukai bahan bacaan bergenre psychological thriller, mari berkumpul dan membaca review ini. Buku yang menggambarkan kisah asmara diantara kedua pasangan suami istri ini mempunyai kisah yang sangat toxic dan berbeda dengan pasangan suami istri biasanya. Dengan membaca buku ini, para Grameds akan dibawakan kepada alur cerita yang menegangkan dan akan dibuat penasaran akan tiap halamannya karena banyak mengandung misteri di dalamnya.

Buku Keheningan Fatal ini ditulis oleh Patricia Highsmith, yang telah memiliki karya yang terkenal sebelumnya dengan judul Strangers on A Train. Tak heran, jika buku dengan judul Keheningan Fatal ini juga sama populernya dengan buku Patricia sebelumnya. Patricia Highsmith dengan mudah menyesuaikan diri dengan psikologi, dengan dinamika suatu hubungan, baik itu persahabatan atau pernikahan.

Keheningan Fatal karya Patricia Highsmith menyajikan kisah yang sangat menarik dan memukau tentang perselingkuhan, kecemburuan, hingga menyelidiki jiwa seorang suami yang menderita di dalam pernikahannya. Buku ini menyajikan kisah cerita yang berlatar di pinggiran kota bernama Little Wesley.

Patricia Highsmith berhasil membawakan sebuah cerita tentang sepasang suami istri dan pernikahannya yang hancur dengan menegangkan. Patricia memiliki sebuah kemampuan untuk membuat para pembacanya melihat sesuatu dari sudut pandang psikopat.

Para Grameds yang penasaran tentang novel bergenre psychological thriller, dan juga yang penasaran akan popularitasnya buku ini, Grameds bisa membaca buku berjudul Keheningan Fatal Karya Patricia Highsmith ini untuk menemukan jawabannya. Yuk kita simak penjelasan dan review singkatnya tentang buku Keheningan Fatal Karya Patricia Highsmith ini!

Buku dengan judul Keheningan Fatal Karya Patricia Highsmith ini sudah diterbitkan cukup lama, buku ini diterbitkan pertama kali pada tahun 1957. Buku ini merupakan buku kelima dari Patricia Highsmith, sebelumnya Patricia sudah menulis beberapa buku yang sama popularitasnya dengan buku ini.  Buku dengan judul inggris Deep Water ini sudah diadaptasi menjadi sebuah film yang diperankan oleh Ben Aflleck dan Ana de Armas.

Keheningan Fatal membawa cerita yang cukup erotis, menegangkan, dan juga misteri di dalam bukunya. Menceritakan tentang pernikahan yang tidak mempunyai cinta di dalamnya antara Vic dan Melinda, untuk menghindari sebuah perceraian, Melinda diizinkan untuk bertemu dengan beberapa lelaki yang ia suka selama dia tidak meninggalkan keluarganya. Dari hal tersebut lah timbul beberapa misteri yang akhirnya menyebabkan rasa kecemburuan yang dihadapi oleh Vic, sang suami.

Buku Keheningan Fatal ini juga telah diadaptasi menjadi sebuah film yang ditayangkan di salah satu platform streaming film bernama Hulu. Buku ini diadaptasi sesuai dengan judul bahasa Inggrisnya yaitu Deep Water, yang diperankan oleh Ben Affleck dan Ana de Armas sebagai Vic dan Melinda. Film Deep Water ini juga didireksi oleh Adrian Lyne, yang juga ditandai dengan kembalinya Lyne ke dunia film setelah absen selama 20 tahun sejak film terakhirnya, Unfaithful tahun 2002.

Jika dibaca melalui sinopsis buku saja, mungkin buku ini terkesan sangat drama. Namun, buku ini menyajikan drama percintaan yang berbeda. Dibubuhkan dengan gaya cerita yang erotis dan misteri gelap yang ada di diri masing-masing karakter membuat buku ini semakin menarik dan menegangkan. Buku ini mempunyai genre yang cukup dicintai oleh Book Lovers, yaitu psychological thriller.

Lantas bagaimana kelanjutan rumah tangga yang dari awal sudah hancur itu? Apakah keduanya akan meneruskan perjanjian tidak masuk akal itu? Atau mungkin pernikahan Vic dan Melinda sudah mencapai di ujung tanduk? Jika Grameds penasaran, Grameds bisa membaca buku Keheningan Fatal ini dan dapatkan cerita kisah antara Vic dan Melinda yang cukup rumit dan kompleks ini karya dari Patricia Highsmith di Gramedia.com

Patricia Highsmith

Patricia Highsmith lahir pada tanggal 19 Januari 1921 di Fort Worth, Texas. Patricia merupakan seorang novelis dan penulis cerita pendek yang terkenal dengan cerita-ceritanya yang memiliki genre psychological thriller. Novel pertamanya yang berjudul Strangers on A Train sudah diadaptasi menjadi film dan juga drama, hal ini membuktikan bahwa tulisan dari Patricia memang sangat menarik dan juga mengesankan.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Setelah lulus dari Barnard College, sebelum cerita pendeknya mulai dicetak, Patricia Highsmith menulis untuk penerbit buku komik dari tahun 1942 dan 1948, saat dia tinggal di New York City dan Mexico. Pekerjaan penulis naskah buku komik adalah satu-satunya pekerjaan jangka panjang yang pernah dipegang Highsmith. Hingga akhirnya, novel pertamanya yang berjudul Strangers on A Train sukses besar dan diadaptasi menjadi film pada tahun 1951. Dari novel pertamanya itu, reputasi Highsmith selalu meningkat.

Patricia Highsmith juga telah memenangkan banyak penghargaan, salah satunya adalah Grand Prix de Littérature Policière, International, untuk ceritanya yang berjudul The Talented Mr. Ripley pada tahun 1957. Selain itu, dengan karya-karyanya, Highsmith juga memasuki nominasi-nominasi di beberapa ajang penghargaan. Karya-karyanya Highsmith mencapai 22 novel yang meliputi serial lima novel buatannya dengan Tom Ripley dan beberapa cerita pendek yang ditulisnya.

Patricia Highsmith meninggal pada usia 74 tahun pada tanggal 4 Februari 1995. Penyebab meninggalnya Highsmith adalah akibat kombinasi anemia aplastik dan kanker paru-paru. Highsmith meninggal di Rumah Sakit Carita di Locarno, Swiss, dekat desa tempat dia tinggal sejak 1982.

Walaupun Highsmith tidak dapat menuliskan cerita psikologi yang mengesankan, namun Highsmith meninggalkan beberapa karya-karyanya yang sampai saat ini masih dibaca, diteliti, dan dihargai oleh masyarakat.

Review Buku Keheningan Fatal Karya Patricia Highsmith

 

Jumlah Halaman 400
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Tanggal Terbit 6 Jan 2023
ISBN 9786020666167
Bahasa Indonesia
Berat 0.330 kg
Lebar 13.5 cm
Panjang 20 cm

 

Di sebuah kota kecil dan damai di Little Wesley, Patricia Highsmith telah menciptakan kisah cinta yang kejam dan menegangkan. Sebuah pernikahan Vic dan Melinda Van Allen, yang tanpa rasa cinta, bertahan berkat sebuah kesepakatan. Alih-alih bercerai dan membiarkan kerumitan lain menghampiri, Vic memperbolehkan Melinda untuk mempunyai banyak kekasih, asalkan dia tidak meninggalkan keluarganya. Akan tetapi, Vic semakin kesulitan menahan rasa cemburu dan mencoba memenangkan kembali hati istrinya dengan bayangan akan sebuah pembunuhan yang tak lama kemudian justru menjadi nyata.

Melinda suka tidur dengan berbagai macam pria muda. Seolah-olah itu tidak cukup buruk, tetapi dia juga tidak merasa perlu menyembunyikan pelanggarannya dan sering secara terbuka merayu para pria tepat di depan Vic dan teman-teman mereka. Teman-temannya tidak dapat memahami ketidakpeduliannya tentang hal itu dan mendesak Vic untuk mengambil sikap.

Melinda sering mengundang pria-pria ini kembali ke rumah mereka untuk menghiburnya dan Vic. Vic melakukan sebagian besar memasak dan melayani sementara Melinda minum sampai lupa sambil berdansa semalaman dengan tamu mereka. Namun, aspek yang paling meresahkan, tampaknya tidak ada yang ingin bercerai.

Dalam penggambaran kompleks dari psikosis berbahaya yang muncul di tempat yang paling tidak mungkin, Patricia Highsmith memeriksa kenyataan mengerikan di balik fasad indah kehidupan pinggiran kota Amerika.

Kelebihan dan Kekurangan Buku Keheningan Fatal Karya Patricia Highsmith

Pros & Cons

Pros
  • Buku ini memiliki alur cerita yang menarik dengan mengangkat isu drama perselingkuhan yang sangat menegangkan
  • Cerita di dalam buku ini dirangkum dengan singkat dan jelas.
Cons
  • Buku ini memiliki cerita yang erotis, sehingga tidak cocok bagi pembaca yang masih dibawah umur.

Sebagai salah satu buku yang best seller dari Patricia Highsmith, buku Keheningan Fatal ini memberikan alur cerita yang membuat para pembaca merasa ikut ke dalam ceritanya yang penuh misteri. Highsmith berhasil menyampaikan pesan-pesan dan sikap karakter yang dinilai sangat menarik dapat mencekik perasaan pembaca. Novel ini akan sangat cocok bagi para Grameds yang menyukai cerita misteri psikologi.

Apa yang dilakukan Highsmith pada buku ini adalah suatu hal yang sangat cemerlang, Highsmith menunjukkan bagaimana orang yang melakukan hal-hal buruk tidak jauh berbeda dari kita para pembaca. Highsmith menunjukkan seorang psikopat dikemas dengan kepribadian yang baik dan bijaksana, hal ini lah yang akan membuat pembaca merasa cerita pada buku ini dikemas dengan baik dan sangat mengesankan akan tiap halaman yang dibaca.

Keheningan Fatal ini menyajikan kisah cukup erotis dalam hubungan pernikahan dan juga perselingkuhan. Hal ini yang membuat buku ini tidak direkomendasikan untuk dibaca segala kalangan. Buku ini hanya dapat dibaca bagi para Grameds yang sudah 17 tahun keatas. Kisah cinta yang erotis ini disajikan pula dengan cerita misteri di dalamnya yang membuat para pembaca semakin penasaran akan alur ceritanya yang tidak bisa ditebak.

Novel yang mengesankan ini merupakan salah satu novel yang wajib masuk ke daftar keinginan buku kamu lho, Grameds! Di dalam buku ini disajikan cerita yang diceritakan dengan bahasa yang mudah dipahami dan alur cerita yang menarik, selain itu buku ini juga akan menjelaskan bagaimana hubungan pernikahan Vic dan Melinda dengan sangat lengkap dan jelas. Novel ini juga termasuk novel yang gelap dan penuh misteri dari karyanya dan bagaimana Highsmith dapat menulis kalimat sederhana yang menipu pembaca yang membawa banyak dampak emosional dari membaca buku ini.

 

Penutup

Novel Keheningan Fatal Karya Patricia Highsmith ini dapat membuat para pembaca penasaran akan tiap halaman yang disuguhkan dalam buku ini. Buku ini juga dapat membawa para Grameds merasakan gelapnya suatu hubungan, menegangkannya suatu misteri yang akan diungkap oleh orang terdekat, dan bagaimana alur ceritanya yang sangat tidak bisa ditebak.

Terutama bagi para Grameds yang menyukai buku-buku bergenre psychological thriller, buku Keheningan Fatal Karya Patricia Highsmith ini sangat cocok bagi Grameds yang ingin memulai membaca buku genre tersebut.

Novel ini sangat menggambarkan bagaimana cerita thriller yang sangat mengesankan dengan alur cerita yang sangat adiktif. Patricia Highsmith sangat mampu membuat pembacanya jatuh ke tulisan-tulisannya yang sangat emosional sehingga pembaca akan terus membaca karya-karyanya yang indah. Jika hanya diberikan satu kata untuk menjelaskan buku ini, adalah memukau.

Itulah sedikit penjelasan dan review singkat tentang buku Keheningan Fatal Karya Patricia Highsmith. Semoga penjelasan diatas dapat memberikan pemahaman lebih dalam terkait buku-buku yang bergenre psychological thriller, sehingga para Grameds dapat mendapatkan wawasan yang berguna jikalau hendak membeli novel bertemakan psychological thriller. Apabila Grameds tertarik untuk membaca dan membeli buku Keheningan Fatal Karya Patricia Highsmith ini, Grameds bisa membeli bukunya di gramedia.com.

Karena sebagai #SahabatTanpaBatas, gramedia.com menyediakan beragam buku menarik dan berkualitas untuk Grameds. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Jadi tunggu apa lagi? Segera beli dan miliki bukunya sekarang juga!

Penulis: Sabrina Gasella Ghaisani

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy