in

Review Novel Love Scenario Karya Cantika Zhr

Apa yang akan Grameds pikirkan ketika mendengar kalimat “Love Scenario”? Mungkin, apabila Grameds seorang K-popers atau seorang iKONIC, pasti berpikir bahwa kalimat itu adalah judul dari sebuah lagu yang sering kita dengarkan. Namun, yang akan dibahas di artikel ini bukan tentang lagu, melainkan sebuah novel karya Cantika Zhr. Novel ini bercerita tentang apa sih? Pasti Grameds penasaran, kan?

Kalau dilihat dari judul dan cover bukunya, pasti Grameds sudah bisa tebak kalau novel ini mengisahkan tentang dua remaja SMA yang sedang jatuh cinta atau sedang kasmaran. Akan tetapi, apakah tebakan Grameds benar?

Atau malah tidak sesuai dengan tebakan Grameds? Daripada pusing menebak jalan cerita dari novel tersebut, Grameds bisa baca artikel ini sampai akhir karena selain me-review isi cerita, di artikel ini juga akan dijelaskan mengenai profil novel, sinopsis, profil penulis, dan karya apa saja yang sudah diterbitkan oleh Cantika Zhr.

Semua rasa penasaran Grameds akan terjawab melalui artikel ini dan siapa tahu dengan membaca artikel ini Grameds jadi tertarik untuk membeli novel-novel karya Cantika Zhr.

Tentang Novel Love Scenario

Novel yang memiliki genre fiksi remaja ini diterbitkan oleh penerbit Loveable pada tahun 2021, tepatnya pada tanggal 29 April. Novel ini memiliki halaman sebanyak 220 dan memiliki nomor isbn 9786233100113. Love Scenario merupakan novel keempat yang ditulis oleh penulis bernama Cantika Zhr.

Novel ini juga identik dengan kutipan “Jangan terlalu benci, awas nanti jatuh cinta.” Kira-kira cerita seperti apa ya yang melatarbelakangi kutipan tersebut? Tanpa membuang waktu lagi, cus kita langsung ke bagian sinopsis dari novel Love Scenario yuk, Grameds!

Sinopsis Novel Love Scenario

Love Scenario bercerita tentang seorang siswi SMA bernama Syakilla yang merasa keheranan karena ia dibenci secara tiba-tiba oleh Marco, cowok paling keren seantero SMA Komet dan memiliki banyak fans karena ketampanannya. Padahal, Syakilla merasa tidak punya salah pada lelaki tersebut. Menurut teman dekatnya, Syakilla dikenal memiliki sifat yang baik, pintar, dan bukan orang yang bermasalah.

Marco merupakan anggota dari President Team yang terdiri dari Nicholas Marcosamy (Marco), Jericho Antariksa Adijaya (Aan), Venus Alexander, Bima Yudhistira, dan Awan Biru. Mereka adalah cowok-cowok kalangan elite dan memiliki wajah tampan.

Marco membenci Syakilla dari awal mereka sekolah di SMA tersebut dan alasan ia membenci Syakilla hanyalah Tuhan dan dirinya yang tahu. Setiap mereka bertemu, mereka pasti berantem dan ada saja yang mereka ributkan. Mulai dari hal kecil hingga hal besar, bahkan Syakilla bernapas saja selalu terlihat salah di mata Marco sehingga membuat teman-teman mereka pusing.

Suatu hari, salah satu anggota President Team geng Marco bernama Venus mengusulkan pada Marco bahwa cara ampuh membunuh seseorang, yaitu dengan dekati target hingga berhasil jatuh cinta lalu setelah berhasil segera tinggalkan target.

Awalnya, Marco sempat ragu dengan usulan Venus, tapi setelah mempertimbangkannya, Marco pun setuju untuk melakukan usulan dari Venus karena menurutnya dengan membuang Syakilla saat jatuh cinta dengannya adalah hal yang memuaskan.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Secara perlahan, Marco mendekati Syakilla dengan berbagai cara agar semua rencananya dapat berjalan sesuai ekspektasi. Hari demi hari Marco lalui dengan sabar agar Syakilla berhasil takluk dengannya. Ia selalu berusaha menunjukkan sikap bucinnya terhadap Syakilla, tetapi semuanya sia-sia dan berantakan karena Syakilla bukan tipikal cewek yang mudah baper.

Marco terus berusaha hingga tujuannya tercapai, tapi yang terjadi justru Syakilla yang berhasil membuat Marco takluk dan tak berkutik padanya. Semuanya jadi berantakan karena Marco kini terjebak di permainannya sendiri dan itu membuat Marco cukup frustrasi menghadapi rencananya yang berantakan. Ternyata, benar apa yang sering dikatakan oleh orang-orang, yaitu, “Jangan terlalu benci, awas nanti jatuh cinta.” Dan kini Marco merasakannya sendiri.

 

Review Novel Love Scenario

Setelah mengetahui sinopsis dari novel Love Scenario, yang akan dibahas di artikel ini adalah review dari beberapa pembaca mengenai novel ini. Menurut Sabrina yang merupakan penulis novel Silent Killer, alur cerita yang dituliskan oleh penulis dalam novel Love Scenario ini tersusun rapi, sehingga susunan ceritanya sangat bagus. Ia juga sangat menyukai tokoh Syakilla yang digambarkan sebagai cewek yang tidak mudah bawa perasaan atau baper dengan sikap Marco yang selalu berusaha membuatnya luluh.

Selain itu, novel ini juga memiliki banyak plot twist sehingga menurutnya para pembaca harus siap-siap dengan cerita yang disuguhkan oleh penulis di setiap chapter-nya. Intinya, novel ini sangat recommended untuk para pembaca, khususnya peminat novel fiksi remaja.

Selanjutnya, review dari Raden Chedid penulis novel Alaia. Menurut Raden, novel Love Scenario ini memiliki alur yang santai dan nggak bikin pusing pembaca, tetapi tetap berhasil membuat para pembaca terus terbayang-bayang dengan cerita tersebut.

Penggambaran setiap karakter dari novel tersebut juga asyik sehingga bikin betah pembaca. Karakter Marco juga berhasil membuat Raden gemas, bahkan rasanya ia ingin cubit Marco abis-abisan karena geregetan dengan tingkah lalu Marco di novel tersebut.

Menurut editor dari novel Love Scenario, alur dan bahasa yang digunakan di novel tersebut ringan sehingga enak untuk dibaca, gambaran bucinnya seorang Marco yang cuek ketika bertemu dengan Syakilla membuat para pembaca ikut terbawa perasaan, dan percakapan yang ada di novel tersebut tidak kaku sehingga membuat pembaca tidak bosan saat membaca novel tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Novel Love Scenario

Pros & Cons

Pros
  • Penulisan cerita ditulis dengan bahasa asyik sehingga tidak kaku saat dibaca
  • Penggambaran tokoh berhasil membuat pembaca terbawa dengan kisah mereka di novel
  • Penulisan jalan cerita yang rapi sehingga membuat isi dari novel tersebut juga bagus
Cons
  • Cerita remaja pada umumnya yang sering digunakan oleh banyak penulis, yaitu tentang anak SMA

 

Tentang Cantika Zhr dan Karya yang sudah diterbitkan

Cantika Zhr merupakan nama pena dari perempuan bernama Cantika Fatimatuzzahra. Dia lahir di Banjarbaru pada tanggal 18 Oktober tahun 2000 dan memiliki zodiak Libra. Apakah Grameds memiliki zodiak yang sama dengan Cantika? Biasanya seseorang yang memiliki zodiak Libra itu gengsian. Padahal, dalam hati mau, tapi gengsinya yang gede.

Selain itu, seorang Libra juga seorang yang cuek, tapi apabila sudah merasa dekat, sifat cuek tersebut akan memudar. Sifat selanjutnya yaitu manja. Walaupun memiliki sifat yang gengsi dan cuek, Libra memiliki sifat manja. Sifat yang terakhir adalah cinta uang. Namun, untuk sifat yang terakhir ini sepertinya bukan hanya dimiliki oleh zodiak Libra, tapi semua zodiak pun menyukai uang ya Grameds. Kira-kira apakah sifat-sifat tersebut sesuai dengan Grameds yang juga memiliki zodiak Libra?

Perempuan kelahiran Banjarbaru tersebut merupakan penulis aktif yang pada awalnya menyalurkan semua tulisannya di aplikasi Wattpad yang kini memiliki 166 ribu pengikut. Cantika kini memiliki empat buku novel yang sudah diterbitkan loh, Grameds! Apa aja si judul novel-novel karya Cantika? Yuk, tanpa berlama-lama kita bahas satu per satu karya dari Cantika Zhr di penjelasan selanjutnya ya.

  • Cinderbella (14 Januari 2020)

 

Karya Cantika Zhr yang pertama kali diterbitkan adalah Cinderbella. Cinderbella? Yes, Cinderbella. Bukan Cinderella yah, Grameds. Novel tersebut diterbitkan oleh penerbit Moka Media pada tahun 2020, tepatnya tanggal 14 Januari. Novel Cinderbella ini tidak seperti kisah Cinderella yang biasa kita tahu.

Novel yang memiliki 308 halaman ini bercerita tentang gadis cantik bernama Rabella Tazqia yang memiliki sejuta rahasia. Selama hidupnya, Bella tidak pernah memikirkan tentang cinta hingga ia bertemu dengan lelaki bernama Renaldo Adijaya. Cowok yang memiliki sebutan “Buaya” tersebut secara terang-terangan menyukai Bella dan terus mendekatinya.

Bella pun selalu berusaha untuk menjauhi Renaldo karena ia cukup risih, tetapi seiring berjalannya waktu, rencana Bella untuk menjauhi Renaldo ia urungkan karena menurutnya Renaldo adalah “alat balas dendam” termanis sebelum ia pergi. Kira-kira balas dendam seperti apa ya yang akan dilakukan oleh Bella terhadap Renaldo?

  • Clade (25 Agustus 2020) 

 

Karya Cantika Zhr selanjutnya yang juga diterbitkan di tahun 2020, yaitu Clade. Novel yang diterbitkan oleh penerbit Bukune ini terbit pada tanggal 25 Agustus. Clade memiliki halaman 264 dan memiliki genre fiksi dewasa.

Novel ini bercerita tentang kematian seorang ketua geng Eagle, geng yang paling disegani di SMA Matahari bernama Athar. Kematian Athar tak hanya meninggalkan duka bagi orang-orang terdekatnya, tapi juga bagi siapa pun yang mengenal Athar pasti ikut merasakan duka yang cukup dalam. Kecelakaan yang menewaskan Athar menimbulkan tanda tanya besar mengenai kejadian yang telah terjadi tersebut, terutama bagi Aluna Candy yang merupakan kekasih Athar.

Aluna selalu mendapatkan teror berupa pesan misterius di ponselnya, bahkan teror tersebut juga ada di cermin toilet sekolahnya. Teror dan ancaman juga dirasakan oleh para anggota Eagle yang dicelakai oleh orang yang tak dikenal. Aluna dan anggota Eagle pun tak tinggal diam sehingga mereka terus menyelidiki siapa pelaku di balik semua teror tersebut. Apakah mereka berhasil menemukan sang pelaku?

  • Scelus (21 Januari 2021)

https://www.gramedia.com/products/scelus?queryID=2ef2d993536790dd21840bd63ff5c9f8

Karya Cantika Zhr selanjutnya, yaitu novel Scelus yang diterbitkan oleh penerbit Rainbook pada tanggal 21 Januari 2021. Novel romance ini memiliki format soft cover dan terdiri dari 220 halaman. Kata Scelus memiliki arti kejahatan, musibah, dosa, dan perbuatan jahat.

Scelus bercerita tentang seorang laki-laki yang kini sedang hilang ingatan. Lelaki tersebut bernama Dewa. Seiring berjalannya waktu, ingatan Dewa pun kembali seperti semula setelah ia bertemu dengan perempuan cantik bernama Starla. Apakah kehadiran Starla mampu membuat ingatan Dewa kembali?

  • Love Scenario (21 Januari 2021)

 

Karya Cantika Zhr yang juga diterbitkan pada tahun 2021, yaitu novel Love Scenario, tepatnya pada tanggal 29 April. Seperti yang sudah dijelaskan di awal artikel ini, novel Love Scenario telah diterbitkan oleh penerbit Loveable dan memiliki jumlah halaman 220. Semua penjelasan mengenai novel ini sudah dijelaskan di awal-awal ya, Grameds.

Mulai dari profil novel Love Scenario, sinopsis, dan beberapa review mengenai novel tersebut. Novel Love Scenario memiliki alur dan bahasanya yang ringan. Selain itu, penggambaran setiap tokoh di novel tersebut bisa bikin Grameds terkagum-kagum, terutama sama anggota President Team.

Penutup

Setelah membaca seluruh artikel ini dari awal sampai akhir, kira-kira novel mana nih yang membuat Grameds penasaran dengan akhir ceritanya sehingga membuat Grameds ingin membeli novel tersebut? Novel Love Scenario cocok dibaca untuk anak remaja karena sesuai dengan genrenya, yaitu fiksi remaja.

Novel tersebut bisa Grameds dapatkan di web Gramedia.com dan jangan sampai menyesal karena kehabisan ya! Novel karya Cantika Zhr yang lain juga tersedia loh di Gramedia.com. So, jangan sampai kelewatan karena akan banyak promo yang menanti Grameds!

Produk yang tersedia dijamin berkualitas, pengiriman cepat, dan pastinya 100% original. Yuk, tunggu apa lagi Grameds, segera dapatkan novel-novel yang sudah menanti untuk Grameds miliki di gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Tasya Salsabila

Sumber rujukan:

  • Gramedia.com
  • Akun Instagram @wpcantikazhr
  • Akun Wattpad @cantikazhr

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy