in

Review Buku Fantastic Beasts And Where To Find Them

Fantastic Beast – Seperti yang para Grameds ketahui, buku yang memiliki genre fantasi berjumlah sangat banyak, hal ini dikarenakan ceritanya yang menarik, unik, dan tidak masuk akal. Buku fantasi merupakan salah satu bacaan yang wajib Grameds baca. Melalui buku bergenre fantasi, Grameds akan dibawa masuk ke dunia yang penuh imajinasi. Buku bergenre fantasi juga menghibur dan memperluas wawasan. Grameds bisa memulai dengan membaca buku fantasi yang best seller, baik dari penulis Indonesia maupun luar negeri.

Grameds yang menyukai dan mengikuti cerita perjalanan Harry Potter, mari merapat dan baca dengan seksama review buku ini! Dunia sihir kembali mengguncang para book lovers dengan membawa J.K. Rowling sebagai penulisnya. Siapa sih, yang tidak tahu J.K Rowling? Seorang penulis yang terkenal dengan series bukunya dengan judul Harry Potter. Bagi kalian yang merasa Potterhead sejati, buku satu ini harus kalian baca agar kalian mendapatkan pengalaman magis yang baru dan juga menarik.

Buku Fantastic Beasts And Where To Find Them menceritakan kisah tentang seorang Magizoologist Newt Scamander yang tiba di kota New York, dia berniat tinggal hanya untuk persinggahan yang singkat. Namun, ketika kotak ajaibnya salah tempat dan beberapa hewan fantastis Newt melarikan diri, itu menimbulkan masalah bagi semua orang di sekitarnya. Tidak seperti penyihir biasanya, Newt Scamander tidak hanya menggunakan kekuatannya tetapi juga kekuatan hewan ajaibnya.

Buku ini terdengar sangat penuh dengan magis dan membawa kembali para pembaca ke dalam dunia sihir, hal tersebutlah yang dapat menjadi hiburan yang menyenangkan. Lantas apa ya yang akan dilakukan Newt Scamander untuk mengendalikan hewan fantastis yang keluar melalui kotak ajaibnya? Apakah kotak ajaibnya bisa membantu Newt Scamander? Atau hewan-hewan fantastisnya dapat membantu Newt?

Jika  Grameds yang penasaran tentang buku fiksi fantasi, Grameds bisa membaca buku berjudul Fantastic Beasts And Where To Find Them Karya J.K. Rowling ini untuk menemukan jawabannya. Yuk kita simak penjelasan dan review singkatnya tentang buku Fantastic Beasts And Where To Find Them Karya J.K. Rowling ini!

 

Sinopsis Buku Fantastic Beasts And Where To Find Them Karya J.K. Rowling

 

Debut penulisan skenario J.K. Rowling terekam dalam edisi hardcover menarik dari skenario Fantastic Beasts and Where to Find Them ini.

Ketika Magizoologist Newt Scamander tiba di New York, dia berniat tinggal hanya untuk persinggahan singkat. Namun, ketika kotak ajaibnya salah tempat dan beberapa hewan fantastis Newt melarikan diri, itu menimbulkan masalah bagi semua orang…

Fantastic Beasts and Where to Find Them menandai debut penulisan skenario J.K. Rowling, penulis buku Harry Potter yang dicintai dan laris secara internasional. Menampilkan pemeran karakter yang luar biasa, ini adalah kisah epik penuh petualangan yang terbaik.

Apakah penggemar yang sudah ada atau baru di dunia sihir, ini adalah tambahan yang sempurna untuk rak buku pembaca mana pun.

 

Review Fantastic Beasts

Buku dengan judul Fantastic Beasts And Where To Find Them ini merupakan buku pertama dari seri yang berjudul Fantastic Beasts: The Original Screenplay Series. Buku ini merupakan buku panduan tahun 2001 yang ditulis oleh penulis Inggris J. K. Rowling tentang makhluk ajaib di alam semesta Harry Potter.

Buku ini mencakup beberapa catatan di dalamnya yang seharusnya ditulis tangan oleh Harry, Ron Weasley, dan Hermione Granger, merinci pengalaman mereka sendiri dengan beberapa binatang yang dijelaskan, dan termasuk lelucon yang berkaitan dengan seri aslinya.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Menceritakan perjalanan Newt Scamander ke kota New York, awalnya ia hanya ingin singgah sebentar di kota yang tidak pernah tidur itu, namun kotak ajaibnya salah tempat dan terbukalah kotak ajaibnya yang mengeluarkan hewan-hewan fantastis melarikan diri dari kotak tersebut. Dan dari situlah, masalah-masalah mulai bermunculan. Newt Scamander merupakan seorang Magizoologist Inggris (penyihir dengan spesialisasi menangani makhluk ajaib), yang telah berkeliling dunia, menyelamatkan binatang ajaib dan menyimpannya bersamanya, berkat koper ajaib.

Hewan-hewan di dalam buku ini sangat menarik dan usaha yang dilakukan Rowling untuk menciptakan dunia seperti itu sangat mencengangkan. Hewan-hewan fantastis dalam buku ini dibagi menjadi 5 tingkat berdasarkan tingkat bahaya: yang membosankan, tidak berbahaya/bisa dijinakkan, mampu ditangani penyihir yang cakap, berbahaya butuh pengetahuan khusus, hingga dikenal sebagai pembunuh penyihir/mustahil dijinakkan. Kemudian buku magizoologi ini disusun secara alfabetik, dan dijelaskan mengenai ciri-ciri, sifat, habitat, makanan, cara bereproduksi serta keistimewaan sihirnya.

Buku ini sangat luar biasa dan buku ini merupakan cara yang sempurna untuk merasakan dunia sihir lagi. Buku ini dilatar belakangi pada tahun 1920-an yang bertahun-tahun sebelum masa Harry Potter. Terlebih, buku ini juga berbasis di Amerika. Kedua hal ini memberi para pembaca wawasan tentang bagaimana semuanya bertahun-tahun sebelumnya dan di negara yang berbeda. Seluruh alur ceritanya sempurna, meskipun membahas dunia sihir, namun gaya bahasa dan kata-kata yang ditulis mudah dipahami oleh para pembaca.

Lantas, bagaimanakah kelanjutan cerita ini? Apakah Newt Scamander dapat menemukan kembali koper ajaibnya? Apakah hewan-hewan fantastis dapat membantu Newt Scamander dalam melawan berbagai macam masalah? Dan bagaimana sih kehidupan dunia sihir dulu sebelum masa Harry Potter? Jika Grameds penasaran, Grameds bisa membaca buku Fantastic Beasts And Where To Find Them ini dan dapatkan cerita fiksi fantasi yang sangat menarik ini dari karya J.K. Rowling di Gramedia.com.

 

Profil J.K. Rowling

J.K. Rowling lahir pada tanggal 31 Juli 1965 di Yate, Gloucestershire, England dengan nama asli Joanne Rowling. J.K. Rowling merupakan seorang penulis dan dermawan Inggris. Karya-karya nya yang terkenal adalah Harry Potter Series. Rowling menulis Harry Potter, seri fantasi anak-anak tujuh jilid yang diterbitkan dari tahun 1997 hingga 2007. Serial ini telah terjual lebih dari 600 juta kopi, telah diterjemahkan ke dalam 84 bahasa, dan menelurkan waralaba media global termasuk film dan video game.

Bersama orang tua dan adiknya, Rowling pindah rumah ke daerah Winterbourne. Ditempat itu Rowling memiliki tetangga yang bernama Potter, nama yang selalu disukai Rowling. Saat Rowling berusia 9 tahun, ia dan keluarganya pindah lagi ke Tutshill. Di Tutshill, Rowling mulai bersekolah di sebuah sekolah dasar dan berlanjut ke Wyedean Comprehensive.

Setelah lulus, Rowling melanjutkan studinya di Exeter University, dimana tempat ia belajar bahasa perancis. Pada tahun 1990 Rowling lulus dari Exeter University. Saat berumur 26 tahun ia pindah ke Portugal menjadi guru bahasa Inggris.

Ibunya meninggal karena multiple sclerosis pada tanggal 30 Desember 1990. Pada saat itu, Rowling sedang menulis Harry Potter dan tidak pernah memberitahu ibunya tentang hal tersebut. Kematian ibunya sangat mempengaruhi tulisan Rowling. Dia kemudian mengatakan bahwa Mirror of Erised adalah tentang kematian ibunya, dan mencatat “paralelisme nyata” antara Harry menghadapi kematiannya sendiri dan hidupnya.

Rowling telah memenangkan banyak penghargaan untuk karyanya. Dia telah menerima OBE dan membuat Companion of Honor untuk layanan sastra dan filantropi. Harry Potter membawa kekayaan dan pengakuannya, yang telah dia gunakan untuk memajukan usaha filantropis dan tujuan politik. Dia ikut mendirikan badan amal Lumos dan mendirikan Volant Charitable Trust, dinamai menurut nama ibunya. Pemberian amal Rowling berpusat pada tujuan medis dan mendukung wanita dan anak-anak yang berisiko.

Kelebihan dan Kekurangan Buku Fantastic Beasts And Where To Find Them Karya J.K. Rowling

Pros & Cons

Pros
  • Cerita di dalam buku ini dirangkum dengan singkat dan jelas.
  • Ditulis dengan imajinasi yang sangat indah
  • Membawa cerita yang sangat menarik dengan menyuguhkan cerita awal dunia sihir sebelum Harry Potter
Cons
  • Penggunaan bahasa dalam dunia magis yang terkadang tidak mudah untuk dipahami oleh para pembaca.

 

Buku ini memang bukan novel, namun skenario asli filmnya. Bagi kalian Grameds yang belum menonton filmnya mungkin akan merasa kurang tertarik untuk membeli buku yang isinya adalah skenario film. Tapi, tak ada salahnya juga untuk mencoba membaca dan melihat isinya karena dilengkapi dengan ilustrasi-ilustrasi menarik yang sangat memanjakan mata.

Buku ini cukup seru karena mengikuti alur cerita petualangan Newt di New York. Selain itu, di akhir skenario ini ada glosarium mengenai istilah-istilah dalam film, sehingga bagi Grameds yang belum paham akan istilah-istilah yang disebutkan dapat memahaminya

Buku Fantastic Beasts And Where To Find Them ini dapat dibaca oleh segala kalangan karena kisah ceritanya yang umum, imajinatif, dan sangat menarik. J.K. Rowling mampu membuat para pembaca masuk ke dalam dunia sihir lagi dan berkenal dengan hewan-hewan fantastis.

Selain itu, Rowling juga berhasil membangun latar belakang tempat dan tokoh yang sangat menarik dan tokoh-tokoh yang ada di dalam buku ini memiliki pengembangan karakter yang baik. Buku ini juga merupakan salah satu buku fiksi fantasi yang memiliki cerita yang menarik dan juga unik.

Secara keseluruhan, buku ini sangat direkomendasikan bagi Grameds yang merupakan fans setia Harry Potter untuk membeli buku ini. Karena, di dalam buku ini terdapat banyak informasi mengenai makhluk ajaib di dunia sihir ada di buku ini semua.

Namun, bagi kalian yang ingin mencoba baca atau sekadar hanya penasaran, buku ini tetap cocok untuk dijadikan sebuah awalan untuk terjun ke dalam buku-buku yang bertemakan dunia sihir. Karena buku ini memang membahas makhluk-makhluk kriptid dan memang ada ilmunya yakni Kriptozoologi.

Buku bergenre fiksi fantasi ini merupakan salah satu buku yang wajib masuk ke daftar keinginan buku kamu lho, Grameds! Buku ini juga cocok bagi Grameds yang mungkin menyukai novel bertemakan cerita di dalam dunia sihir yang penuh dengan fantasi dan magis yang sangat keren. Selain itu, di dalam buku ini juga diceritakan bagaimana serunya petualangan Newt di New York. Jika Grameds belum membaca karya dari J.K. Rowling, buku Fantastic Beasts And Where To Find Them ini cocok sebagai awalan Grameds untuk menekuni karya-karya J.K. Rowling.

 

Penutup

Buku ini dapat membuat para pembaca mendapatkan kisah cerita yang unik, menarik dan sekaligus merasakan bagaimana kehidupan di dunia sihir yang penuh dengan magis. Terutama bagi Grameds yang menyukai buku-buku bergenre fiksi fantasi, buku ini akan cocok untuk dibaca. Apabila Grameds ingin membaca buku karya J.K. Rowling ini, mungkin Grameds akan dapat memahami kisah yang seru dan bagaimana perjalanan Newt Scamander di kota New York yang penuh petualangan ini.

Itulah sedikit penjelasan dan review singkat tentang buku Fantastic Beasts And Where To Find Them Karya J.K. Rowling. Semoga penjelasan di atas dapat memberikan pemahaman lebih dalam terkait buku-buku bergenre fiksi fantasi. Apabila Grameds tertarik untuk membaca dan membeli buku ini, Grameds bisa membeli bukunya di gramedia.com.

Karena sebagai #SahabatTanpaBatas, gramedia.com menyediakan beragam buku menarik dan berkualitas untuk Grameds. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Jadi tunggu apa lagi? Segera beli dan miliki bukunya di gramedia.com.

 

Penulis: Sabrina Gasella Ghaisani

 

Sumber Artikel: 

  • https://www.goodreads.com/book/show/29363501-fantastic-beasts-and-where-to-find-them?from_search=true&from_srp=true&qid=vizFQjZniv&rank=2
  • https://en.wikipedia.org/wiki/J._K._Rowling
  • https://mustakim.org/resensi-novel-fantastic-beast/
  • https://hai.grid.id/read/07592687/ulasan-buku-fantastic-beasts-and-where-to-find-them-bikin-berasa-sekolah-di-hogwarts
  • https://chasyide.wordpress.com/2018/01/12/resensi-buku-fantastic-beasts-and-where-to-find-them-hewan-hewan-fantastis-dan-dimana-mereka-bisa-ditemukan/
  • https://ppld.org/book-reviews/fantastic-beasts-and-where-find-them-original-screenplay

 

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy