in

Review Ospek Karya Ruth Hotmartua

Ospek Karya Ruth Hotmartua – Dunia digital kini semakin berkembang, semakin membuat kemudahan untuk siapa pun yang ingin mengembangkan potensi dan bakat yang ada di dalam diri yang disebabkan ada banyaknya platform atau wadah untuk menampung dan menyebarluaskannya. Salah satu perkembangan teknologi adalah menulis, menulis menjadi salah satu hal yang dimudahkan oleh perkembangan dunia teknologi dan informasi, dikarenakan untuk sekarang menjadi seorang penulis sudah tidak perlu menggunakan kertas lagi.

Hadirnya berbagai platform menulis seperti Wattpad, Storial, dan lainnya dapat memudahkan setiap orang untuk menulis dan mempublikasikan karya mereka secara mudah dan praktis. Salah satu wadah atau platform yang akan kita bicarakan adalah Twitter, dalam platform Twitter ramai diperbincangkan tentang Alternate Universe atau biasa disingkat sebagai AU.

AU ini merupakan cerita fiksi yang sengaja dibuat oleh para penulisnya, ada berbagai macam jenis AU di Twitter mulai dari jenis romance, horror, komedi, thriller, hingga fantasi. Untuk novel ini berasal dari AU yang sudah banyak dibaca dan sangat populer di Twitter. Novel ini memiliki jenis AU dengan genre Romance yang berlatar belakang dunia perkuliahan. Kebanyakan cerita dari AU itu bersifat sangat ringan, nah novel ini termasuk salah satunya lho Grameds!

Ospek merupakan cerita fiksi yang awalnya ditulis melalui Twitter dan terkenal sebagai AU yang sangat populer di Twitter. Ospek menceritakan tentang kepanitiaan ospek yang ada di perkuliahan yang melibatkan divisi acara OSPEK dan ketua OSPEK memiliki suatu hubungan. Deandoy sebagai ketua Ospek memiliki sifat yang sangat dingin dan juga ambisius, berbeda dengan koordinator divisi acara OSPEK yang bernama Kaylie yang memiliki sifat ramah, humoris, dan juga ceria. Keduanya dipertemukan dalam suatu kepanitiaan dan terjadilah cinlok atau cinta lokasi antara mereka.

Meski terdengar ringan, novel berjudul Ospek ini bisa menjadi hiburan yang menyenangkan. Lantas apa ya yang akan dilakukan Kaylie untuk menggoda Deandoy? Apakah Kaylie dan Deandoy memiliki perasaan yang sama? Dan apakah akhirnya mereka bisa bersatu? Jika para Grameds yang penasaran tentang novel teenlit, Grameds bisa membaca buku berjudul Ospek Karya Ruth Hotmartua ini untuk menemukan jawabannya. Yuk kita simak penjelasan dan review singkatnya tentang buku Ospek Karya Ruth Hotmartua ini!

 

Sinopsis Buku Ospek Karya Huth Hotmartua

 

Bukan, ini bukan cerita tentang seorang kakak tingkat yang jatuh cinta sama mahasiswa baru yang tengah di-OSPEK-nya. Ini justru cerita tentang cinloknya panitia OSPEK antara Kaylie, si koordinator divisi acara OSPEK, dengan Deandoy, ketua panitia OSPEK-nya yang dingin dan ambisius. Sikap dingin Deandoy membuat Kaylie iseng ingin menggoda cowok itu.

Namun, bukannya Deandoy yang baper karena digoda Kaylie, justru Kaylie yang klepek-klepek karena ternyata—meski sikapnya dingin—Deandoy tak kalah andal dalam membalas godaan Kaylie.

Seiring berjalannya waktu, kedekatan mereka tak hanya sebatas tentang kepanitiaan OSPEK yang sedang mereka kerjakan, tapi juga menuntun Kaylie pada sebuah rahasia besar milik Deandoy. Belum selesai soal urusan hatinya dengan Deandoy, Kaylie juga masih harus dipusingkan dengan urusan kepanitiaan OSPEKnya. Lantas apakah Kaylie mampu mengatasi rasa bapernya pada Deandoy? Bagaimana cara Kaylie mengatasi segala masalah yang ada di dalam kepanitiaannya? Juga … apakah Kaylie dan Deandoy akan bisa bersatu?

Deandoy : “Nama gue Nathaniel Deandoy, Ketua OSPEK FISIP tahun ini.”

Kaylie : “Buat apa punya nama panjang kalau gak aku panggil sayang?”

Deandoy : “Buat Kaylie, panggil gue sayang. Yang lain, panggil Doy aja.”

The Architecture of Love | Di balik Pena

 

Review Buku Ospek

Pros & Cons

Pros
  • Buku ini ditulis dengan gaya bahasa yang mudah dipahami
  • Cerita di dalam buku ini dirangkum dengan singkat dan jelas.
  • Memiliki topik cerita yang umum, sehingga dapat dibaca oleh segala kalangan.
Cons

     

    Ospek menyajikan cerita tentang anak kuliahan, kepanitiaan di dunia kuliah, dan percintaan yang gemas di kuliah. Novel ini akan menyuguhkan cerita ringan dan gemas untuk para pembacanya, dikarenakan alur ceritanya sangat ringan jadi pembaca tidak perlu konsentrasi tinggi untuk membaca dan memahami alur ceritanya.

    Ospek juga merupakan salah satu karya yang diadaptasi dari cerita fiksi AU di Twitter yang sangat populer. Cerita fiksi yang awalnya dipublikasikan di Twitter ini memiliki likes sebanyak 145 ribu sejak dipublikasikan dari tanggal 2 Maret 2021.

    Novel karya Ruth Hotmartua ini menceritakan tentang kisah cinta anak kuliahan yang bernama Kaylie yang merupakan seorang koordinator  divisi acara OSPEK kampusnya yang senang menggodai ketua OSPEK yang memiliki sifat dingin dan ambisius bernama Deandoy. Sikap dingin Deandoy membuat Kaylie ingin lebih iseng dan menggoda cowok itu.

    Namun, Deandoy tidak terbawa perasaan akan godaan-godaan dari Kaylie melainkan Kaylie yang semakin merasa jatuh cinta terhadap Deandoy, meskipun sikap dan sifatnya yang sangat dingin. Godaan-godaan yang Kaylie lontarkan tidak membuat Deandoy merasa kalah dan terbawa perasaan, justri Deandoy membalas godaan-godaan tersebut.

    Novel Ospek tidak hanya membahas percintaan antara Kaylie dan Deandoy, namun juga membahas dunia perkuliahan seperti kepanitiaan, acara-acara ospek, dan masih banyak hal lainnya yang dapat membuat pembaca mengingat kembali masa masa kuliah yang menyenangkan. Novel ini juga memiliki alur cerita yang ringan, yang ditambahkan cerita-cerita lucu antara tiap karakternya. Selain itu, novel ini cocok bagi para pembaca yang masih remaja karena ceritanya yang ringan dan membuat pembaca salah tingkah tiap-tiap halamannya.

    Lantas bagaimanakah kelanjutan cerita ini? Apakah Kaylie dan Deandoy memiliki perasaan yang sama? Atau apakah Kaylie memiliki cinta bertepuk sebelah tangan? Dan bagaimana sih, kisah-kisah seru sebagai panitia OSPEK? Jika Grameds penasaran, Grameds bisa membaca buku Ospek ini dan dapatkan cerita kisah tentang dunia perkuliahan yang seru, lucu dan menarik ini dari karya Ruth Hotmartua di Gramedia.com.

     

    Novel Ospek yang ditulis oleh Ruth Hotmartua ini dapat dibaca oleh segala kalangan karena kisah ceritanya yang umum, ringan, dan lucu. Novel ini juga merupakan salah satu teenlit yang memiliki cerita yang menarik dengan membawa tema dunia perkuliahan di dalamnya.

    Novel ini memiliki berbagai macam pelajaran yang dikutip dengan bahasa yang modern sehingga para remaja dapat membacanya dengan nyaman. Ada beberapa hal yang dapat dikutip dari novel ini, salah satunya adalah bagaimana kita memperjuangkan cinta kinta sendiri.

    Secara keseluruhan, novel Ospek Karya Ruth Hotmartua merupakan sebuah novel yang menarik untuk dibaca. Cerita didalamnya dijelaskan dengan kata-kata yang ringan dan menarik. Sehingga para pembaca dapat menikmati kata demi kata yang ada. Terdapat banyak pula pesan moral yang dapat diambil oleh pembaca. Para remaja yang menyukai genre teenlit tentang persahabatan, percintaan dan lainnya akan menyukai buku Ospek Karya Ruth Hotmartua ini.

    Novel teenlit ini merupakan salah satu novel yang wajib masuk ke daftar keinginan buku kamu lho, Grameds! Buku ini juga cocok bagi para Grameds yang mungkin menyukai novel bertemakan teenlit yang di dalamnya penuh dengan cerita para remaja yang lucu dan menggemaskan tiap karakternya.

    Selain itu, buku ini mungkin dapat meningkatkan kembali para pembaca untuk mengenang masa masa kuliahnya, buku ini seperti time capsule bagi orang dewasa yang ingin mengingat kembali zaman kuliah. Jika para Grameds belum membaca karya dari Ruth Hotmartua. buku Ospek ini cocok sebagai awalan para Grameds untuk menekuni karya-karya Ruth Hotmartua.

     

    Mengenal Alternate Universe

    Alternate Universe atau biasa disingkat dan dikenal sebagai AU merupakan cerita fiksi yang dipublikasikan di Twitter. AU biasanya ditulis dengan bentuk fakechat dan bentuk narasi untuk menceritakan alur ceritanya. Cerita-cerita AU merupakan cerita yang sedang populer akhir-akhir ini, banyak cerita dari AU yang diterbitkan menjadi buku. Tak sedikit, penggemar cerita AU yang membeli buku-buku yang diadaptasi dari AU.

    Seperti buku-buku fiksi, cerita-cerita AU juga memiliki banyak genre. Dimulai dari genre romance, drama, komedi, horror, thriller, hingga fantasi. Namun, genre romance adalah genre paling banyak yang diceritakan, karena genre romance memiliki target pembaca yang sangat umum sehingga banyak yang menggemari AU bergenre romance. Salah satunya adalah novel ini, novel Ospek karya Ruth Hotmartua ini merupakan jenis AU bergenre romance yang memiliki latar belakang dunia perkuliahan. Ospek menceritakan kisah cinta yang ringan yang terjadi saat masa-masa kuliah.

    Di dalam Alternate Universe biasanya penulis menggunakan salah satu bias atau idolanya yang terkenal dan membuat mereka menjadi tidak terkenal seolah-olah menjadi orang biasa yang menjalani hidup normal.

    Cerita cerita AU biasanya menceritakan kehidupan orang terkenal dalam dimensi yang berbeda. Contohnya seperti personel boy group NCT yang divisualisasikan di Indonesia dan menjalani kehidupan di Indonesia yang kemudian memiliki kisah cinta layaknya orang Indonesia.

     

    Penutup

    Buku ini dapat membuat para pembaca mendapatkan kisah cerita yang unik, menarik dan juga memiliki pelajaran-pelajaran yang bisa diambil. Latar belakang perkuliahan, membuat novel ini semakin menarik karena serunya kisah-kisah di perkuliahan seperti ospek, kepanitiaan, acara pensi, dan masih banyak hal seru lainnya.

    Terutama bagi para Grameds yang menyukai buku-buku bergenre teenlit. Apabila Grameds ingin membaca buku karya Ruth Hotmartua ini, mungkin Grameds akan dapat memahami kisah menggemaskan dan bagaimana indah dan menyenangkannya tulisan-tulisan dari Ruth Hotmartua.

    Apakah dunia perkuliahan sangat seru? Apa ya rasanya jadi panitia OSPEK yang memiliki ketua berparas tampan namun memiliki sifat yang sangat dingin? Bagi para Grameds, yang kepo dengan dunia perkuliahan dan berbagai macam kegiatannya, Grameds bisa coba membaca buku ini sebagai gambaran yang akan terjadi untuk kemudian hari saat memasuki perkuliahan.

    Itulah sedikit penjelasan dan review singkat tentang buku Ospek karya Ruth Hotmartua. Semoga penjelasan di atas dapat memberikan pemahaman lebih dalam terkait buku-buku bergenre teenlit. Apabila Grameds tertarik untuk membaca dan membeli buku ini, Grameds bisa membeli bukunya di gramedia.com.

    Karena sebagai #SahabatTanpaBatas, gramedia.com menyediakan beragam buku menarik dan berkualitas untuk Grameds. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Jadi tunggu apa lagi? Segera beli dan miliki bukunya sekarang juga di gramedia.com.

     

    Penulis: Sabrina Gasella Ghaisani

     

    Sumber Artikel:

    • https://www.momsmoney.id/news/arti-istilah-au-yang-kerap-muncul-di-twitter-simak-penjelasannya-berikut-ini
    • https://www.gramedia.com/products/ospek?queryID=28be14ec389dd524b74c5e7d7fc3fc65

     

    Written by Nandy

    Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

    Kontak media sosial Linkedin saya Nandy