in

Review Buku Filosofi Montessori

Filosofi Montessori – Buku pengetahuan menjadi hal yang penting untuk dijadikan pedoman agar dapat melakukan sesuatu hal dengan baik di kehidupan sehari-hari. Ilmu-ilmu pengetahuan yang dipaparkan juga sangat berguna dan bermanfaat bagi kita semua. Pengetahuan yang disajikan juga pastinya akan berguna di masa mendatang.

Buku Filosofi Montessori merupakan buku pengetahuan mengenai parenting yang sangat bagus digunakan sebagai bahan dalam mengedukasi anak. Buku ini juga memiliki manfaat dan berguna bagi orang tua dan guru agar dapat mengedukasi anak dengan baik dan benar.

Buku ini menggunakan Metode Montessori yang telah merevolusi pendidikan selama lebih dari satu abad. Oleh karena itu, buku ini sangat berguna dalam mendidik anak sejak dini. Sehingga buku ini banyak dijadikan pedoman bagi orang tua maupun guru dalam mendidik anaknya.

 

Sinopsis Buku Filosofi Montessori

Buku Filosofi Montessori merupakan buku yang memuat pengetahuan parenting yang sangat bagus digunakan untuk mendidik anak. Di dalam buku ini terdapat metode montessori yang dikembangkan oleh Maria Montessori untuk perkembangan anak dalam kehidupan sehari-harinya.

Metode Montessori juga berhasil membantu anak-anak di seluruh belahan dunia supaya menjadi manusia yang utuh, mandiri, dan berkembang dengan baik. Selain itu, Metode Montessori juga menyajikan tiga cara pendekatan belajar. Pertama, proses belajar yang bersumber dari kehidupan sehari-hari lalu berpusat pada anak dan keunikan masing-masing anak.

Kedua, kewenangan dalam belajar yang membuat anak dapat belajar sendiri. Ketiga, independensi setiap anak dalam untuk belajar mandiri mengikuti rasa ingin tahu yang ingin diraihnya.

 

Review Buku Filosofi Montessori

Buku Filosofi Montessori merupakan karya dari Rosalynn Tamara. Buku ini secara keseluruhan merupakan buku pengetahuan mengenai parenting pada anak-anak supaya menjadi manusia yang utuh, mandiri, dan berkembang dengan baik.

Buku ini ditujukan untuk para orang tua maupun guru supaya dapat melatih anak-anak dalam usia 0-6 tahun. Sebenarnya apa itu Montessori? Montessori merupakan sebuah nama dari seseorang revolusioner dalam bidang pendidikan, yaitu Maria Montessori. Ia membuat Casa Dei Bambini yang merupakan metode pendidikan yang dibuatnya sendiri.

Metode pendidikan ini berpusat pada aktivitas, lingkungan, dan material yang dibuat secara khusus dan memiliki fokus pada anak serta peran dari orang dewasa. Oleh karena itu, buku ini sangat cocok untuk para orang tua agar dapat mendidik anaknya dengan baik.

Dalam buku ini diperlihatkan bahwa anak berbeda dengan orang dewasa untuk mencapai tujuannya. Anak-anak cenderung menciptakan sesuatu yang baru, memiliki tujuan dengan berlatih, berproses, serta mencurahkan perhatiannya pada satu aktivitas sehingga menikmati proses kerja yang mereka lakukan.

 

Profil Penulis

Buku Filosofi Montessori merupakan karya Rosalynn Tamara. Rosalynn atau biasa disapa dengan nama Miss Rosa adalah seorang ibu dari tiga anak dan merupakan seorang penggiat Montessori di Indonesia. Ia juga seorang pendidik dalam bidang Montessori dan mempunyai sebuah institusi Montessori. Institusi tersebut dinamakan Montessori Haus Asia (MHA).

The Architecture of Love | Di balik Pena

MHA merupakan sebuah institusi pendidikan anak usia dini yang menggunakan metode Montessori di Indonesia dan didirikan pada tahun 2018. Dalam institusi ini, Rosalynn memiliki peran sebagai perencana yang melakukan persiapan untuk program yang dibutuhkan keluarga di Indonesia.

Selain itu, ia juga sudah berada selama belasan tahun di bidang Montessori. Ia mendapatkan gelar diploma Montessori di tahun 2007 dari Modern Montessori International. Miss Rosa sudah berada di dalam bidang ini sekitar 13 tahun untuk mengajarkan serta menyebarkan metode itu ke seluruh keluarga di Indonesia.

 

Kelebihan, Kekurangan, dan Rating

Pros & Cons

Pros
  • Terdapat banyak cara yang bagus dalam mengedukasi anak
  • Buku ini cocok dijadikan pedoman untuk orang tua pada anaknya
Cons
  • Harus memahami kalimat dengan baik

 

Setelah membahas sinopsis dan review buku ini. Pastinya setiap buku ada beberapa hal yang disukai dan tidak disukai oleh para pembacanya. Selanjutnya, kita akan membahas kelebihan, kekurangan, dan rating buku Filosofi Montessori karya Rosalynn Tamara.

Kelebihan dalam buku ini adalah terdapat banyak cara yang bagus dalam mengedukasi anak. Buku ini menyajikan sebuah metode pendidikan yang disebut Metode Montessori. Metode ini merupakan sebuah ilmu parenting yang berguna untuk mengedukasi dan mendidik anak dengan baik.

Lalu, buku ini cocok dijadikan pedoman untuk orang tua pada anaknya. Buku ini merupakan pengetahuan mengenai parenting sehingga sangat cocok dan bagus digunakan oleh para orang tua maupun guru supaya mendidik anak dengan baik.

Kekurangan dalam buku ini adalah harus memahami kalimat dengan baik. Hal itu dikarenakan terdapat banyak cara untuk mengedukasi anak sehingga harus membaca buku ini dengan seksama. Oleh karena itu, buku ini sangat bagus dijadikan sebagai pedoman untuk mengedukasi anak.

Buku ini mendapatkan rating yang cukup bagus. Rating yang didapatkan buku ini sebesar 4 dari 5 bintang. Ini menunjukan pembaca memberikan antusias yang tinggi pada buku ini.

 

Penutup

Itulah review singkat mengenai buku Filosofi Montessori karya Rosalynn Tamara. Buku ini sangat bagus dibaca karena memuat pengetahuan mengenai parenting, sehingga mendapatkan rating yang cukup bagus dan antusias yang tinggi dari pembacanya.

Buku ini menyajikan sebuah metode pendidikan pada anak usia dini, yaitu Metode Montessori. Metode ini sangat bagus digunakan oleh para orang tua maupun guru agar mendidik anaknya supaya menjadi lebih mandiri dan berkembang dengan baik.

Bagi kamu yang penasaran dengan hal-hal yang terdapat dalam Metode Montessori di buku ini, kamu dapat membaca buku ini dengan membelinya di toko Gramedia.com, ya. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

 

Penulis: Fiska Rahma Rianda

 

Rekomendasi Buku

Montessori Sensorial Activities

 

Montessori Sensorial Activities atau Aktivitas Sensoris dengan metode Montessori dirancang untuk membantu anak-anak mengasah kelima indranya dan menguasai kemampuan mengelompokkan informasi. Kemampuan mengelompokkan informasi inilah yang mendorong anak-anak menciptakan pengalaman sendiri di lingkungan dan membangun kecerdasan.

Melalui buku ini, orang tua dapat:

  • Memahami kebutuhan anak akan pembelajaran langsung (hands-on) yang berbasis aspek sensoris;
  • Merancang kurikulum berbasis aspek sensoris anak di rumah atau sekolah; dan
  • Menggunakan material serta menanamkan konsep matematika dan bahasa kepada anak.

Buku ini hadir untuk membantu orang tua dalam melatih kognitif dan fungsi otak anak menggunakan metode Montessori berkaitan dengan pengoptimalan kelima sistem sensorik ini.

Dalam buku ini, terdapat aktivitas-aktivitas konkret yang dapat mengasah kemampuan belajar anak, bukan hanya dengan mendengarkan lalu menulis catatan, melainkan anak akan menggunakan kelima sensorik yang ia miliki dalam mempelajari dan menemukan “aha moment” terhadap materi-materi yang dibutuhkannya dalam belajar dan kehidupan sehari-harinya kelak dengan cara yang menyenangkan.

Jika anak semakin memahami konsep secara konkret, dia akan memiliki pemikiran abstrak yang baik. Perkembangan kognitif pun semakin baik karena banyaknya pengalaman aktivitas yang terjadi dan sensorik yang turut andil di dalamnya.

 

Hari-Hari Montessori untuk Anak Usia Dini

 

Paling tidak, ada tiga kebutuhan utama anak usia dini yang perlu dipenuhi agar tumbuh kembangnya optimal. Kebutuhan tersebut adalah nutrisi yang cukup, stimulasi, dan rasa aman. Pada bab ini, saya akan lebih banyak menekankan pada kebutuhan anak terhadap rasa aman. Kebutuhan akan nutrisi merupakan hal yang tidak dapat ditawar-tawar.

Otak dan tubuh anak usia dini sedang berkembang demikian pesat pada 1.000 hari pertama kehidupannya sehingga sangat membutuhkan asupan nutrisi yang cukup.

Dari luar, kemampuan duduk dengan tenang, konsentrasi, dan menyelesaikan tugas hingga tuntas terkesan sederhana dan mudah. Padahal, sebenarnya di dalam tubuh anak sedang terjadi serangkaian proses tumbuh kembang yang dahsyat. Sebelum mengharapkan anak mencapai kesiapan akademis yang mumpuni, sudahkah stimulasi anak di rumah dipenuhi? Apa saja bentuk stimulasi yang dapat orang tua berikan kepada anak sejak usia dini?

Pengalaman Vidya dalam dunia pendidikan anak usia dini selama lebih dari 14 tahun dan mengasuh dua anak, telah menginspirasinya menerapkan prinsip Montessori di rumah. Melalui buku ini, Vidya mengungkap hal-hal luar biasa di balik penggunaan aparatus Montessori dan aktivitas bersama anak yang terkesan biasa.

Anda juga akan diajak memanfaatkan kegiatan keseharian dan barang-barang yang pasti ada di rumah untuk menstimulasi anak sesuai prinsip Montessori. Rasakan proses merancang stimulasi yang ternyata sederhana, sangat mudah, dan minim stres di rumah. Yuk, pastikan stimulasi anak di rumah terpenuhi, mulai hari ini.

 

Sejarah Pendekatan Montessori

 

Untuk mengenali gerakan pendidikan di Indonesia dan dunia, tidak mungkin mengabaikan kehadiran seorang tokoh pendidikan seperti Maria Montessori. Hasil pemikiran Montessori telah mengubah cara berpikir dan pandangan dunia tentang peran pendidikan sebagai tonggak pembentukan bangsa, khususnya pendidikan usia dini dan pendidikan seumur hidup.

Membaca sejarah perjuangan Montessori akan membawa kita menghargai hidup, perjuangan, dan pemahaman yang lebih dalam mengenai fungsi pendidikan secara global bagi pembangunan masyarakat dan bangsa. Hal itu tampak dari perubahan-perubahan signifikan yang sudah digoreskan oleh Montessori dalam gerakannya dan mengubah setiap bangsa untuk terus memperbaiki dirinya.

Buku ini memuat perjuangan, pemikiran, dan karya-karya Montessori dalam memfasilitasi anak-anak untuk mengeksplorasi dunianya dan menemukan pengetahuan baru melalui lingkungan, guru, teman, dan alat-alat peraga.

 

Sumber:

  • https://bentangpustaka.com/filosofi-montessori-bukan-gagal-anak-hanya-fokus-di-tujuannya/

 

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy