in

Review Rahasia-Rahasia Kecil Karya Anna Snoekstra

Rahasia Rahasia Kecil – Novel terjemahan kerap menjadi bahan perbincangan karena menyajikan kisah-kisah yang menarik untuk diikuti. Tak kalah saing dengan novel lokal, novel terjemahan tak luput dari sorotan publik terutama genre fiksi yang cukup melegenda. Bahkan, pembaca seolah-olah ikut terperosok ke dalam alur cerita dan mampu merasakan konflik masalah yang terjadi di dalam novel.

Hadirnya novel terjemahan, memberikan dampak positif kepada pembaca di seluruh dunia. Sebagai contoh, novel terjemahan Sherlock Holmes dan Harry Potter dapat kita jumpai di toko buku terdekat dengan pilihan diksi dan gaya bahasa yang tentunya sesuai dengan novel aslinya. Bagi pembaca yang kurang memahami bahasa asing pasti merasa kesulitan untuk menerjemahkan suatu novel. Karena itulah, novel terjemahan hadir untuk membantu pembaca dalam memahami alur dan konflik dalam suatu cerita di novel.

Bahkan, novel terjemahan memiliki biaya lebih murah dibanding dengan novel orisinalnya karena disesuaikan dengan harga pasar.  Tanpa perlu mengocek kantong, pembaca bisa melihat betapa populernya karya fiksi dari penulis novel terkemuka di seluruh dunia.

Salah satu novel terjemahan yang telah mencuri perhatian dan pernah menduduki angka penjualan tertinggi, yaitu novel Rahasia-Rahasia Kecil atau terjemahan dari Little Secrets karya Anna Snoekstra. Novel ini menceritakan kisah fiksi yang berbeda dari novel-novel fiksi lainnya. Alur ceritanya cukup unik dan mengundang rasa penasaran kepada pembaca.

Tak perlu berlama-lama lagi, berikut review novel Rahasia-Rahasia Kecil karya Anna Snoekstra yang siap mengisi waktu luang pembaca. Langsung saja simak ulasan di bawah ini sampai selesai yaa!

Alur Novel Rahasia-Rahasia Kecil

Rose Blakey, sosok perempuan yang bekerja sebagai pelayan bir di kedai kota menginginkan honor lebih untuk membayar uang sewa tempat tinggalnya. Pekerjaan tersebut tidak cukup membiayai kehidupan sehari-hari sehingga ia melamar pekerjaan di berbagai tempat. Namun, tak ada satu pun yang mau menerimanya. Ada satu pekerjaan yang ingin ia tekuni, yaitu sebagai seorang jurnalis. Ia membutuhkan suatu berita besar agar artikelnya dapat terbit di seluruh penjuru kota.

Tragedi mengerikan muncul di tengah-tengah kota. Penduduk melihat seseorang yang telah membakar gedung pengadilan di wilayah Colmstock, Australia. Malangnya, anak laki-laki tewas seketika akibat terperangkap di dalam gedung tersebut. Beberapa minggu kemudian, ditemukan boneka-boneka ukuran kecil yang ternyata menyimpan sisi kelam peristiwa mengenaskan itu.

Para orang tua melaporkan ada hal aneh dari boneka-boneka yang terbuat dari porselen itu. Wajah bonekanya sangat persis dengan anak-anak perempuan di kota Colmstock dan mulai bermunculan di depan rumah. Warga pun mulai takut dan polisi tidak dapat mengetahui lebih lanjut seputar alasan di balik boneka-boneka itu. Rose Blakey akhirnya menguak misteri tentang tragedi mengenaskan Colmstock yang semua orang butuhkan.

Cek di Balik Pena : Baby Chaesara

Tragedi kota Colmstock bermula pada saat malam hari. Asap pekat menyelimuti seluruh langit hingga cahaya bulan terlihat redup. Sudah dipastikan, pelaku telah melarikan diri entah kemana. Jalanan sepi mengitari kawasan kota tersebut. Kepulan asap semakin pekat dan api tampak membesar.

Mobil yang melintasi gedung pengadilan juga segan untuk berhenti melaju. Penduduk kota mulai bermunculan ketika mendengar suara ledakan pada jendela gedung secara beruntun. Sirene dari mobil pemadam kebakaran juga terdengar dari kejauhan dan semakin mendekat ke arah gedung pengadilan. Namun, suara api yang menjalar ke seluruh gedung terdengar lebih keras daripada sirine tersebut.

Dua perempuan muda keluar dari kedai minum dan terlambat menyaksikan kegaduhan yang sedang berlangsung. Salah satu perempuan itu berinisiatif lari ke arah api, dan bertanya ke orang-orang sekitar, apakah ada orang di dalam sana. Perempuan lainnya hanya berdiam diri dan enggan mengeluarkan satu kata pun.

Bahunya terasa tegang dan membungkam mulutnya sebagai tanda ia tidak percaya dengan apa yang telah dilihatnya. Orang-orang yang menyaksikan kejadian itu langsung berjalan mundur dan berkeringat akibat panas api. Sebagian warga berlinang air mata, entah karena reaksi asap kebakaran atau mereka sudah mengetahui tragedi di dalam gedung tersebut. Ya, ternyata ada seseorang di sana.  Lalu, apakah seseorang itu berhasil diselamatkan?

Review Novel Rahasia-Rahasia Kecil

Detail buku: 

Judul: Rahasia-Rahasia Kecil

Penulis: Anna Snoekstra

Jumlah Halaman: 375

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Tanggal Terbit: 23 Desember 2022

Berat: 0.25 kg

ISBN: 9786020665986

Lebar: 13.5 cm

Panjang: 20 cm

Bahasa: Indonesia

Harga: 110.000 (soft cover)

99.000 (e-book)

Novel Rahasia-Rahasia Kecil (Little Secrets) ditulis oleh Anna Snoekstra asal Australia sangat menarik untuk diikuti. Bagi penggemar yang menyukai novel khas Australia, mungkin akan takjub dengan alur cerita ini. Novel Rahasia-Rahasia Kecil memberikan latar tempat di kota fiktif sebagai atmosfer kepada pembaca.

Berbeda dengan novel sebelumnya, penulis menampilkan gaya bahasa dan kecepatan berbeda pada novel ini. Misalnya saja, novel Sang Penyusup atau terjemahan dari “Only Daughter”. Pada novel tersebut penulis dengan jelas menyampaikan alur cerita dengan tegang, misterius, dan kompulsif.

Sedangkan, Rahasia-Rahasia Kecil terkesan lebih lambat namun cocok dijadikan sebagai bacaan ringan di kala waktu luang. Detail kota Colmstock dijelaskan terlalu pelan sehingga pembaca kurang memperhatikan bagaimana kelamnya kota tersebut yang ternyata menyimpan kisah misteri di dalamnya.

Pengalaman mencekram oleh tokoh utama bernama Rose Blakey menghadirkan paranoia dan peristiwa kecil menjadi besar. Polisi yang memiliki tanggung jawab untuk melindungi warga ternyata sungguh brutal, korup, dan disebut sebagai pengganggu. Pada saat tragedi pembakaran gedung pengadilan di kota kecil Colmstock berlangsung, keterkejutan polisi dan petugas pemadam kebakaran berubah seketika menjadi keputusasaan. Hal ini dikarenakan seseorang terkurung di dalam gedung tersebut dan sangat sulit untuk mengeluarkannya dengan hidup-hidup.

Anna Snoekstra sebagai penulis novel mampu menciptakan konflik yang kompleks dan memukau. Bahkan, diceritakan juga karakter protagonis yang memiliki sikap manipulatif dan kurang disukai pembaca. Pembaca akan merasa dimanipulasi oleh karakter Rose Blakey yang tercermin sikap egois dan tidak bermoral di tengah dan di akhir cerita. Pembaca juga turut merasakan ambisi Rose untuk menjadi seorang jurnalis dan memiliki keinginan besar untuk segera meninggalkan kota Colmstock.

Penggambaran latar tempat yang disajikan di dalam novel ini mengandung unsur penindasan akibat tingginya angka pengangguran dan pengguna narkoba. Tak heran, jika kota pedesaan kecil Colmstock diceritakan sebagai kota yang memiliki sisi kelam di dalamnya. Kota dan setiap tokoh-tokoh di novel ini memiliki rahasia untuk disimpan.

Pembaca mungkin akan sulit untuk menerka-nerka apa yang terjadi sebenarnya antara para tokoh dengan sisi kelam kota tersebut. Bahkan, pembaca akan dibuat kesal dan emosi oleh sebagian tokoh yang memiliki karakter tidak terduga.

Secara keseluruhan, novel Rahasia-Rahasia Kecil karya Anna Snoekstra adalah bacaan yang menarik. Penuh kejutan dan mengundang emosi pembaca.

Kelebihan dan Kekurangan Rahasia-Rahasia Kecil

Pros & Cons

Pros
  • Penggambaran latar diceritakan dengan cukup detail
  • Perkembangan karakter tokoh
  • Alur cerita kompleks namun mudah dipahami oleh pembaca
Cons
  • Alur cerita lambat

Novel Untuk Rahasia-Rahasia Kecil atau terjemahan dari “Little Secrets” yang ditulis oleh Anna Snoekstra mendapatkan nilai 3.27 bintang dari pembaca situs Good Reads. Berdasarkan opini pribadi, novel ini memiliki kelebihan dan kekurangan seperti yang sudah tertera pada tabel di atas.

Pertama, kelebihan novel ini terlihat dari penggambaran latar yang cukup detail dengan menghadirkan nuansa mencekam sekaligus misterius. Kota Colmstock memiliki beberapa rahasia kecil dan sebagian adalah kebohongan besar. Tokoh utama pada novel ini berupaya untuk mengungkap sisi kelam di balik kota tersebut dengan menjadi seorang jurnalis. Kejadian aneh mulai menghampiri Rose Blakey dan ternyata menimbulkan masalah besar sehingga berdampak langsung terhadap kota tersebut.

Perkembangan karakter tokoh juga patut diacungi jempol karena menyajikan beragam emosi kepada pembaca, seperti marah, kesal, jijik, terharu, sedih dan lainnya. Karakter pada setiap tokoh menipu, licik, dan kerap melibatkan diri sehingga menampilkan kejadian tidak terduga. Bahkan, alur cerita juga cenderung kompleks dan kerap berbelit-belit. Namun, tetap mudah dipahami oleh pembaca dan banyak mengungkap setiap bagian plot masalah pada novel ini.

Kedua, kekurangan dari novel Rahasia-Rahasia Kecil karya Anna Snoekstra terlihat dari alur ceritanya yang cenderung lambat. Dibandingkan dengan novel sebelumnya, novel ini terkesan terlalu banyak mengungkap subplot pada cerita sehingga pembaca akan bosan dengan alur yang lambat.

Di balik alur cerita tersebut, penulis mampu menonjolkan sisi egois dan gelap dari sifat manusia. Bagi pembaca yang menyukai nuansa tragis dan murung, novel ini sangat cocok dijadikan sebagai daftar bacaan.

Nah, itu dia review novel Rahasia-Rahasia Kecil karya Anna Snoekstra yang sudah dipaparkan di atas. Jika Grameds tertarik untuk membaca dan membeli novel-novel karya Anna Snoekstra lainnya, maka Grameds bisa langsung mendapatkannya dengan cara mengunjungi laman gramedia.com.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia menyediakan berbagai macam jenis buku yang diperlukan oleh Grameds, lho. Dijamin original dan tentunya berkualitas. Jangan lewatkan promo diskon menarik dari Gramedia selama periode berlangsung. Yuk, beli sekarang sebelum kehabisan!

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Nama penulis: Riva Destira Ramadhani

Rujukan: 

  • https://www.gramedia.com/products/rahasia-rahasia-kecil-little-secrets?queryID=c1da818d259fd6142b47cfe671a781bd
  • https://ebooks.gramedia.com/id/buku/rahasia-rahasia-kecil-little-secrets
  • https://www.goodreads.com/book/show/34273509-little-secrets
  • https://www.smol.id/akademia/pr-716430901/rekomendasi-novel-terjemahan-little-secret-terkuaknya-rahasia-gelap-warga-colmstock

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy