in

Review Novel Aku, Kamu, dan Hujan

Aku, Kamu, dan Hujan – Novel sudah menjadi bacaan yang disukai oleh banyak orang karena jalan dan alur cerita yang disajikan sangat menarik. Oleh sebab itu, yang awalnya hanya penasaran dengan jalan ceritanya, kini banyak orang yang mulai mengikuti jalan cerita dari novel tersebut karena memiliki jalan cerita yang bagus.

Novel ini menceritakan kisah kedua orang yang sudah bersahabat sejak kecil dengan segala perbedaan yang mereka miliki. Kedua sahabat itu adalah Sophie dan Rie. Mereka berdua memiliki banyak perbedaan namun memiliki satu kesamaan, yaitu membenci Virgo, kakak kandung dari Rie.

Jalan cerita yang disajikan novel Aku, Kamu, dan Hujan sangat bagus dan menarik sehingga kamu tidak akan menyesal membaca novel ini. Selain itu, akan banyak adegan percintaan dan keluarga yang akan membuatmu tersentuh akan kisah di dalamnya.

Ketika membaca judulnya saja, sudah membuat banyak orang penasaran dengan jalan ceritanya. Oleh karena itu, bagi kamu yang penasaran dengan kisah kedua sahabat dalam cerita ini. Yuk, mari lihat review singkat dari novel ini ya!

 

Sinopsis Novel Aku, Kamu, dan Hujan

Sophie dan Rie sudah menjadi sahabat sejak kecil. Mereka berdua memiliki banyak perbedaan. Sophie yang gemar menulis cerita dongeng, Rie yang lebih suka menulis novel. Sophie yang sedang memiliki hubungan asmara dengan cowok populer di SMA, Rie yang belum pernah merasakan pacaran.

Sophie yang selalu mendapatkan kasih sayang dari orangtuanya, Rie yang merasa seperti anak tiri di dalam keluarganya. Namun dari semua perbedaan itu, mereka memiliki satu kesamaan. Mereka membenci Virgo, kakak kandung dari Rie.

Bagi mereka, setiap Virgo menghabiskan waktunya saat weekend di rumah merupakan mimpi buruk. Apa sih sebenarnya kesalahan Virgo?

 

Review Novel Aku, Kamu, dan Hujan

Novel Aku, Kamu, dan Hujan merupakan karya Anita Sari. Novel ini mengisahkan dua sahabat bernama Sophie dan Rie serta segala perbedaannya. Tidak hanya itu, kisah romantis antara Virgo dan Rie juga akan disorot di dalam novel ini.

Cek di Balik Pena : Baby Chaesara

Novel ini menyajikan cerita romantis layaknya remaja pada umumnya. Gaya bahasa yang digunakan sederhana sehingga memudahkan pembaca untuk memahami makna cerita. Persahabatan antara Sophie dan Rie juga digambarkan dengan baik, seperti ketika mereka berdua saling menceritakan kehidupannya satu sama lain.

Cerita di dalam novel ini dapat membuat pembaca akan merasakan terbawa suasana karena diceritakan dengan baik dan menyentuh. Beberapa konflik yang ada di dalam novel seakan-akan diselesaikan dengan satu cara, yaitu memaafkan.

Novel tidak hanya menceritakan tentang kisah romansa para remaja, tetapi juga terdapat pesan-pesan yang menyentuh di dalamnya yang dapat dijadikan sebagai motivasi. Yakin tidak ingin membeli novel ini? Yuk langsung segera dapatkan novelnya dengan klik gambar buku di bawah ini.

 

Profil Penulis

Novel Aku, Kamu, dan Hujan merupakan karya Anita Sari. Anita merupakan seorang penulis sekaligus ibu rumah tangga yang sibuk dengan keluarga kecilnya. Ia tinggal di Yogyakarta. Ia menyukai Februari, hujan, dan es krim rasa vanilla. Ia memiliki harapan dapat menulis lebih banyak lagi walaupun sibuk mengurus keluarga kecilnya.

 

Kelebihan, Kekurangan, dan Rating

Pros & Cons

Pros
  • Cerita yang menggambarkan arti persahabatan
  • Terdapat pesan yang menyentuh
Cons
  • Alur campuran yang sedikit membingungkan

 

Setelah membahas sinopsis dan review novel ini. Pastinya setiap novel ada beberapa hal yang disukai dan tidak disukai oleh para pembacanya. Selanjutnya, kita akan membahas kelebihan, kekurangan, dan rating novel Aku, Kamu, dan Hujan karya Anita Sari.

Kelebihan dalam novel ini adalah cerita yang menggambarkan arti persahabatan. Sophie dan Rie sudah bersahabat sejak kecil. Banyak perbedaan yang mereka miliki yang terkadang membuat mereka berselisih. Namun, mereka berdua dapat mengatasinya dengan baik.

Lalu, terdapat pesan yang menyentuh. Persahabatan yang dijalin oleh Sophie dan Rie tidak selalu berjalan dengan mulus. Namun, mereka berusaha untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan cara memaafkan satu sama lain.

Kekurangan dalam novel ini adalah alur campuran yang sedikit membingungkan. Terdapat beberapa adegan masa kini serta masa lalu yang muncul dengan acak. Namun, novel ini sangat layak dibaca untuk kamu yang menyukai genre romantis.

Novel ini mendapatkan rating yang cukup bagus pada website goodreads. Rating yang didapatkan novel ini sebesar 3.88 dari 5 bintang. Ini menunjukan pembaca memberikan antusias yang tinggi pada novel ini.

 

Penutup

Itulah review singkat mengenai novel Aku, Kamu, dan Hujan karya Anita Sari. Novel ini memiliki jalan cerita yang unik sehingga mendapatkan rating yang cukup bagus dan antusias yang tinggi dari pembacanya.

Kisah dua perempuan yang sudah bersahabat sejak kecil akan berjalan dengan penuh suka dan duka. Selain itu, kisah romantis para remaja juga akan disorot di dalam novel ini. Terdapat pesan-pesan yang dapat membekas di hati pembaca.

Bagi kamu yang penasaran dengan kisah Sophie dan Rie yang ada di dalam novel ini, kamu dapat membaca novel ini dengan membelinya toko Gramedia terdekat ya!

 

Penulis: Fiska Rahma Rianda

 

Rekomendasi Novel

1. Tangerine Green

 

Novel Tangerine Green merupakan karya Cho Nam Joo. Kisah empat orang sahabat yang berada di dalam klub yang sama yaitu klub film di SMP Shin Yeong Jin. So Ran yang selalu merasa insecure dan terabaikan, Da Yun yang banyak disukai orang namun merasa kesepian, Hae In yang sedang mengalami kesulitan karena keluarganya jatuh miskin, dan Eun Ji yang memiliki trauma sejak kecil.

Pada masa akhir tahun kedua SMP, mereka berlibur bersama ke Pulau Jeju dan mengucapkan sebuah janji yang mungkin akan mengubah jalan hidup masa depan mereka. Janji itu sederhana tetapi janji diucapkan dengan niat dan tujuan berbeda dalam diri mereka masing-masing.

Dalam novel ini akan menceritakan kisah empat sahabat itu beserta masa lalu, keluarga, jalan hidup, dan arti persahabatan.

 

2. Senyum Karyamin

 

Buku kumpulan cerita pendek karya Ahmad Tohari ini terbit pada 1989. Namun, Ahmad Tohari sudah menulis cerita ini antara tahun 1976 dan 1986. Dalam buku ini, Ahmad Tohari menceritakan sebuah kehidupan pedesaan dan kehidupan orang-orang di desa yang sangat sederhana dan lugu.

Gaya bahasa yang digunakan pun sangat bagus, lugas, sederhana, dicampur gaya bahasa ironi dan metafora. Buku yang berisi 13 cerita pendek yang beragam membuat kamu tidak akan bosan dengan membaca buku ini.

Diawali dengan kisah orang-orang kecil di desa yang selalu tersenyum saat menghadapi suatu masalah yang dihadapinya sehingga pembaca akan merasakan betapa lugunya tokoh-tokoh di dalam cerita.

 

3. Emerald Pieces 2

 

Novel Emerald Pieces 2 merupakan kelanjutan dari kisah sebelumnya. Diceritakan bahwa Dipta dan rombongannya berhasil lolos ibukota yang sedang kacau dan pergi ke Pulau Devata. Ia berusaha untuk menghindari pengejaran dari pihak istana dan Pendopo Jati. Genta juga turut ikut bersama mereka.

Genta sebagai raja yang sudah terluka parah dan dianggap gugur oleh pihak istana. Di sisi lain, Pakuan sudah hancur karena ulah amukan pihak istana. Keluarga Adinata menjadi terpecah belah, ia dan Kemala dibawa paksa ke istana. Sedangkan, kedua putrinya berhasil melarikan diri dengan Lazuar. Lazuar membawa kedua putri itu ke Pulau Devata.

Dengan adanya berita mengenai Yava, termasuk berita orangtuanya, hal itu membuat emosi Dipta menjadi tidak stabil. Ia pun bertekad bersama rombongannya untuk mengambil alih Yava dari istana yang jahat.

 

4. The Confession of The Sirens

 

Novel The Confessions of The Sirens merupakan karya Shichiri Nakayama. Novel ini menceritakan kisah reporter muda bernama Takami yang ingin menyelidiki kasus penculikan serta pembunuhan. Ia bersama partnernya berusaha untuk menemukan pelaku kasus itu.

Terjadinya sebuah kasus penculikan yang berujung menjadi pembunuhan sudah terjadi di sebuah pabrik bekas wilayah Yotsugi, Jepang. Takami Asakuran merupakan seorang reporter muda yang bekerja di bawah perusahaan program berita Afternoon JAPAN. 

Ia berniat untuk menggali lebih dalam kasus itu bersama partnernya, Satoya. Ia berusaha untuk menangkap pelaku kasus itu. Menurutnya, seorang reporter ditugaskan untuk pengingat sekaligus penunjuk mengenai berbagai kasus yang ada kepada masyarakat.

Tetapi, kasus itu menunjukkan padanya bagaimana sebenarnya dunia jurnalisme. Takami yang masih naif pun merasa ragu apakah yang dijalankannya sudah benar atau menjauh dari kebenaran.

 

5. Paper Umbrella

 

“Hye Ran-ssi. Kamu terlambat datang. Kamu harus lembur malam ini”

“Mengapa kamu ceroboh sekali, Hye Ran–ssi. Gaji kamu akan dipotong!”

Semua kalimat yang keluar dari bos baru di tempat kerjaku, Myeong Simaela Coffee Shop, selalu membuat kepalaku pusing seakan sengaja ingin membuat diriku kesal. Sangat sulit dipercaya keputusanku untuk bekerja paruh waktu di kedai kopi ini mempertemukan pria arogan itu. Namun, lelaki tampan itu pernah menjadi bagian dari masa SMA-ku.

Pada masa itu, kami pernah berada di bawah satu payung yang sama. Pria arogan bernama Lee Tae Hyun itu merupakan pria baik yang pernah kukenal. Tetapi, ia secara tiba-tiba menghilang saat usai hujan hari itu.

Bukankah seharusnya aku membencinya karena sudah menghilang? Lalu aku berada di dalam dua pilihan, yaitu melupakan masa lalu atau memulai kenangan baru. Pilihan apa yang harus kupilih?

 

Sumber:

  • https://www.goodreads.com/book/show/18658559-aku-kamu-dan-hujan?ref=nav_sb_ss_1_18

 

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy