in

Review Novel Untuk Dia yang Terlambat Gue Temukan Oleh Esti Kinasih

ter your js here!" )

Untuk Dia Yang Terlambat Gue Temukan – Apakah Grameds sangat senang membaca buku novel? Kisahnya yang menarik dan menghibur, menjadikan novel cukup diminati oleh semua kalangan khususnya remaja. Bukan rahasia umum lagi, kalau novel mampu meningkatkan daya imajinasi pembaca sekaligus memperoleh nilai-nilai kehidupan.

Ada beberapa genre novel yang wajib Grameds ikuti, salah satunya adalah novel teenlit atau singkatan dari Teen Literature yang sangat disukai oleh remaja perempuan. Novel teenlit termasuk karya sastra yang populer saat ini. Bagaimana tidak? Cerita dari novel tersebut dikemas menggunakan bahasa ringan, sederhana, dan mudah dipahami.

Umumnya, tema yang digunakan didominasi dengan berbagai problematika percintaan ataupun ‘cinta monyet’ yang menggemaskan. Namun, tak jarang juga novel teenlit didukung dengan tema lain seperti komedi, horor, misteri, dan sebagainya.

Bagi kalian yang menyukai novel teenlit, ada salah satu buku menarik yang wajib masuk wishlist buat dibaca yaitu novel Untuk Dia yang Terlambat Gue Temukan oleh Esti Kinasih. Novel ini berhasil memikat pembacanya dengan gaya penulisan lucu dan romansa unik ala anak-anak SMA. Penasaran review-nya seperti apa? Langsung saja simak ulasan novel Untuk Dia yang Terlambat Gue Temukan oleh Esti Kinasih sampai selesai, ya!

Alur Novel Untuk Dia yang Terlambat Gue Temukan

Sumber: gramedia.com

Rara, perempuan berwajah manis dan cantik dengan pipi bulatnya. Siapa sangka kehidupan SMA-nya cukup rumit saat ia ditaksir oleh dua orang laki-laki di sekolahnya. Kakak kelas dan teman sekelasnya itu, Rian dan Roni. Apalagi Rara mudah luluh dengan perlakuan dari keduanya. Mudah sekali untuk membolak-balikan perasaan Rara karena dirinya memiliki sikap lembut dan rendah hati. Namun, dua laki-laki tersebut punya kepribadian yang sangat berbeda. Rara merasa bimbang karena harus memilih di antaranya keduanya. Siapa yang akan Rara pilih?

Rian mulai menyukai Rara yang sudah hampir berpacaran dengan laki-laki lain. Bukannya menyerah dan mundur, Rian justru semakin gencar untuk mendapatkan cinta Rara sambil menunggu celah. Setiap ada kesempatan, tak pernah dilewatkan oleh Rian.

Persetan dengan perasaan orang lain yang juga menyukai Rara, karena hatinya sangat ingin mendapat Rara sepenuhnya. Ia tidak terlalu memikirkan bagaimana peluang jadian mereka dan selalu memanfaatkan kesempatan yang ada. Namun, Rian cuma bisa bergerak rusuh dan membuat perasaannya semakin kompleks.

Cek di Balik Pena : Beby Chaesara

Rara sebenarnya sedikit kesal dengan sikap Rian yang seolah-olah mengganggunya setiap hari. Mulai dari mengejek pipinya bulat dan tembam sampai mengejek idola kesayangannya. Walaupun pernah kesal, Rara perlahan-lahan mulai menyukai Rian yang mendekatinya dengan sedikit agresif. Menurutnya, Rian selalu ada untuk dirinya. Ya, bagaimana tidak? Rian selalu mengambil kesempatan untuk selalu bersama dengan Rara.

Berbeda halnya dengan Roni, laki-laki lain yang juga menyukai Rara. Ia adalah teman sekelas Rara dan sudah sejak lama Roni menyukainya. Roni terlihat pelan-pelan dalam mendekati Rara. Ada rasa takut di dalam dirinya karena selalu memikirkan perasaan Rara. Roni juga takut ada penolakan dari gebetannya itu sehingga ia enggan untuk berterus terang soal perasaan yang telah lama dipendamnya selama ini.

Selangkah lebih maju dibandingkan dengan Rian, Roni semakin emosi dengan kedekatan kakak kelasnya itu dengan Rara. Rian juga meledek Roni yang terlalu perhitungan karena terlalu lama dalam mengambil keputusan. Rival di antara keduanya terus berlanjut dan membuat Rara semakin bingung.

Lalu, bagaimana akhir kisah cinta segitiga mereka? Siapa yang akan mendapatkan hati Rara? Biar nggak penasaran akan akhir dari novel ini, maka langsung saja dapatkan bukunya dengan klik buku di bawah ini.

Review Novel Untuk Dia yang Terlambat Gue Temukan

Detail buku:

Judul: Untuk Dia yang Terlambat Gue Temukan

Penulis: Esti Kinasih

Jumlah Halaman: 320

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Tanggal Terbit: 11 Oktober 2020

Berat: 0.21 kg

Lebar: 13.5 cm

Panjang: 20.0cm

ISBN: 9786020647593

Bahasa: Indonesia

Untuk Dia yang Terlambat Gue Temukan merupakan novel teenlit yang ditulis oleh Esti Kinasih pada tahun 2020. Sebelum menjadi penulis seperti saat ini, Esti Kinasih pernah bekerja sebagai karyawan bank dan tertarik dengan bidang penulisan khususnya novel. Ia mendedikasi dirinya sebagai pecinta alam dan sangat senang melakukan hobinya tersebut. Bahkan, Esti juga suka menyendiri untuk menemukan inspirasi dan ide yang akan ia tuangkan ke dalam buku-buku yang dituliskannya.

Berawal dari cinta segitiga antara Rian, Rara, dan Roni, novel ini memiliki kisah kompleks, lucu, unik, sekaligus romantis khas anak SMA yang masih bimbang untuk menentukan pilihannya. Dengan latar belakang sekolah tahun 90-an, terlihat jelas bagaimana penulis memperlihatkan gaya hidup anak SMA pada zaman dahulu kala. Misalnya saja, kutipan mengenai majalah Anita Cemerlang, menelpon dengan menggunakan koin, merekam lagu-lagu kompilasi dari kaset, bahkan nama Ari Wibowo dan Ira Wibowo disebutkan di dalam novel ini. Bisa dibilang, penggambaran kehidupan dan suasana sekolah cukup berhasil membuat pembaca rindu dengan masa lalunya.

Suasana hiruk-pikuk kehidupan SMA digambarkan dengan sangat menyenangkan di dalam novel ini. Terutama saat Rara berkumpul bersama teman-temannya, menambah keseruan cerita teenlit agar tidak terlihat membosankan. Ada lagi, siswa yang berusaha untuk bolos upacara dan suka berantem membuat pembaca geleng-geleng kepala terhadap tingkah lakunya.

Saat membaca halaman pertama, pembaca akan tergocek dan mengira tokoh utama di dalam novel ini adalah Roni dan Rara. Padahal yang perlu diperhatikan adalah tokoh Rian yang sukses membuat pembaca gregetan dan agak kesal dengan tingkah lakunya. Ditambah, guyonan ‘receh-nya’ yang sedikit menghibur dan sebagai pelengkap dari kisah romantis di antara ketiganya.

Bagi Grameds yang menyukai novel teenlit, pastinya akan terkesan dan terharu dengan alur cerita yang berusaha Esti Kinasih bagikan di dalam novel ini. Penggunaan bahasa yang digunakan sangat ringan dan mudah dipahami, sehingga dapat diterima dengan baik oleh pembaca khususnya remaja.

Kelebihan dan Kekurangan Novel Untuk Dia yang Terlambat Gue Temukan

 

Pros & Cons

Pros
  • Cerita sederhana, ringan, dan mudah dipahami
  • Nostalgia kisah kehidupan SMA tahun 90-an
  • Percakapan absurd dari para tokoh menghibur pembaca
  • Konflik tidak terlalu berat

Cons
  • Alur cerita cenderung lambat
  • Plot dan kisahnya mudah ketebak
  • Rasanya tidak ada konflik yang meledak-ledak
Novel Untuk Dia yang Terlambat Gue Temukan yang ditulis oleh Esti Kinasih mendapatkan nilai 3.48 bintang dari pembaca situs Good Reads. Berdasarkan opini pribadi, novel ini memiliki kelebihan dan kekurangan seperti yang sudah tertera pada tabel di atas.

Pertama, kelebihan novel ini tentunya menyajikan bahasa yang sederhana, ringan, dan mudah dipahami. Hal ini sesuai dengan genre novel teenlit yang cenderung tidak menampilkan konflik terlalu berat karena fokus utamanya adalah pembaca berusia remaja. Kehidupan sekolah pada tahun 90-an menambah wawasan baru kepada remaja yang belum lahir di masa tersebut.

Bisa dibilang, nuansa anak SMA tahun 90-an berhasil membuat para pembaca seolah-olah nostalgia dan rindu dengan kehidupan sekolah. Novel ini juga menambah bumbu pelengkap komedi absurd sehingga cerita tidak begitu membosankan. Pada beberapa bagian cerita, komedi yang disajikan mampu mengundang gelak tawa pembaca akibat percakapan konyol dari antartokoh yang cukup menghibur.

Kedua, kekurangan dari Novel Untuk Dia yang Terlambat Gue Temukan terlihat dari alur ceritanya yang cenderung lambat. Terdapat bagian percakapan yang terkesan bertele-tele sehingga banyak pembahasan yang seharusnya tidak perlu dijelaskan. Plot dari kisahnya juga mudah ditebak seperti bagaimana akhir dari cerita segitiga antara Rian, Roni, dan Rara.

Terutama pada bagian konflik antartokoh yang kurang kuat menghidupkan cerita. Akan tetapi, akhir cerita yang disajikan oleh penulis patut diapresiasi karena cukup natural dan tidak terlalu terpaksa menamatkan novel ini.

Dari awal hingga akhir cerita, kisah cinta segitiga yang dibuat oleh penulis tidak membosankan, justru semakin seru dengan karakteristik dari para tokoh. Novel ini juga ditulis menggunakan sudut pandang orang ketiga sehingga pembaca mengetahui gambaran cerita secara utuh. Walaupun memiliki plot sederhana, penulis mampu mengeksplorasi karakter dan latar dengan cukup memuaskan.

Namun, bagi penggemar karya-karya Esti Kinasih, mungkin akan menemukan perbedaan signifikan antara novel ini dengan novel lainnya. Tidak perlu berekspektasi tinggi, novel ini memiliki bentuk cerita yang luas dan khas sehingga bisa dinikmati oleh seluruh kalangan pembaca.

Nah, itu dia Review Novel Untuk Dia yang Terlambat Gue Temukan Oleh Esti Kinasih yang sudah dipaparkan di atas. Jika Grameds tertarik untuk membaca dan membeli novel-novel karya Esti Kinasih, maka Grameds bisa langsung mendapatkannya dengan cara mengunjungi laman gramedia.com.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia menyediakan berbagai macam jenis buku yang diperlukan oleh Grameds, lho. Dijamin original dan tentunya berkualitas. Jangan lewatkan promo diskon menarik dari Gramedia.com selama periode berlangsung. Yuk, beli sekarang sebelum kehabisan!

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Nah, selain novel Untuk Dia yang Terlambat, di gramedia.com juga tersedia berbagai macam novel dengan genre yang hampir sama. Biar Grameds nggak bingung untuk memilih novel yang mengisahkan cinta segitiga, maka bisa lihat rekomendasi novel di bawah ini.

Rekomendasi Novel Terkait

Claires

Claires merupakan novel debut dari penulis Valerie Patkar. Novel ini pada mulanya diunggah di platform wattpad, kemudian mendapatkan banyak pembaca dan juga penerbit hingga akhirnya diterbitkan dan masuk menempati jajaran rak buku best seller.

Novel ini menceritakan kisah romansa seorang perempuan bernama Claire yang sedikit terguncang ombak lantaran hadirnya orang ketiga yang tak terduga, yaitu Ares. Keisengan Ares untuk menguji kesetiaan hubungan Claire dan kekasihnya ternyata membuatnya juga terjeblos pada perangkap sendiri.

Lalu bagaimana kelanjutan hubungan Claire dan kekasihnya? Apakah Ares akan mengikuti kata hatinya?

Layangan Putus

Kinan jatuh cinta dengan sosok fun Aris yang juga memiliki sifat gigih. Aris mengubah caranya memandang dunia. Berdua menyamakan visi dan berjanji dalam ikatan pernikahan. Bersama memulai semua kehidupan dari bawah, Kinan dengan setia mendampingi Aris membangun mimpi mereka.

Perubahan pola pikir Aris kembali mengubah cara pandang Kinan terhadap prioritas kehidupan. Kinan tetap setia di sisi Aris dan melupakan mimpinya menjadi seorang wanita karier. Memilih merawat keluarga di rumah memenuhi permintaan Aris Dan kembali mengenal Tuhan.

Takdir berkata Iain. Aris menyaksikan keindahan tersebut namun Kinan hanya sanggup menikmati dari foto-foto yang ia temukan di ponsel suaminya. Bersama wanita Iain. Dua belas hari menghilang, Aris kembali ke rumah dengan semua hal baru yang belum pernah diketahui Kinan. Akankah Aris kembali berhasill membuat Kinan mengerti akan pilihannya?

Nama Penulis: Riva Destira Ramadhani

Rujukan: 

  • https://www.gramedia.com/products/untuk-dia-yang-terlambat-gue-temukan?queryID=f53eb83b5149e3b8246399b9c1dcc466
  • https://www.goodreads.com/book/show/55659479-untuk-dia-yang-terlambat-gue-temukan
  • https://nikiyuntari.com/2020/12/24/review-untuk-dia-yang-terlambat-gue-temukan-esti-kinasih-2020/
  • https://unveilthejourney.wordpress.com/2020/11/24/book-review-untuk-dia-yang-terlambat-gue-temukan-by-esti-kinasih/
  • https://www.goresankata.com/2021/09/review-novel-untuk-dia-yang-terlambat.html

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy