in ,

Ragam Manfaat Kopi Bagi Kesehatanmu Berikut Ini

Sumber: kepogaul.com

Manfaat Kopi – Kopi kerap kita ketahui sebagai penambah energi atau minuman yang dapat melawan rasa kantuk. Padahal, terdapat banyak sekali manfaat kopi lainnya yang ternyata sangat baik untuk kesehatanmu. Untuk mengetahui beragam manfaat kopi, simak pembahasannya berikut ini.

Kopi sebagai minuman yang berasal dari biji kopi dan dihaluskan. Kopi sebagai salah satu minuman terpopuler. Di balik rasa pahitnya kopi memiliki banyak sekali manfaat, termasuk di antaranya untuk berbagai manfaat kesehatan hal ini dikarenakan mineral yang terkandung di dalamnya, seperti diantaranya kalium, folat, natrium dan magnesium.

Tak hanya itu, kopi juga memiliki banyak kandungan antioksidan riboflavin. Berikut dibawah ini penjelasan lebih lengkapnya mengenai manfaat kopi untuk kesehatanmu.

Ragam Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

Turunkan Risiko Diabetes

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi kopi secara teratur kemudian dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2 dalam jangka panjangnya. Hal ini sendiri diduga karena kemampuannya dalam mempertahankan fungsi sel beta pada pankreas. Sel ini yang bertanggung jawab dalam memproduksi insulin serta mengatur kadar gula yang terdapat dalam darah. Kopi sebagai minuman yang kaya akan antioksidan serta dapat mempengaruhi sensitivitas perdagangan, insulin, dan metabolisme.

Memelihara Kesehatan Otak

Minum kopi juga diketahui bermanfaat dalam memelihara kesehatan otakmu. Dalam beberapa penelitian, konsumsi kopi terbukti dapat mengurangi risiko terjadinya pikun atau demensia. Untuk menjaga kesehatan serta fungsi otak, sebaiknya kamu juga memenuhi asupan makanan bergizi yang berasal dari sayur dan serta rutin berolahraga.

Mencegah Penyakit Parkinson

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi minuman yang mengandung banyak kafein, termasuk diantaranya kopi, dapat menurunkan risiko terkena penyakit Parkinson. Tak hanya itu, mengonsumsi kopi juga dipercaya dapat membantu para penderita Parkinson dalam mengontrol gerakan tubuhnya dengan lebih baik.

Memelihara Kesehatan Lever

Terdapat berbagai penyakit yang dapat menyerang liver atau organ hati seperti diantaranya hepatitis, sirosis, perlemakan hati, serta kanker hati. Mengonsumsi dua cangkir kopi dalam satu hari diketahui dapat mencegah berbagai penyakit tersebut.

Memiliki DNA yang Lebih Kuat

Kopi dark roast terbukti mampu mengurangi putusnya rantai DNA. Rantai DNA yang rusak ini sendiri umumnya terjadi secara alami. Meski demikian seiring dengan berjalannya waktu, rantai DNA yang rusak dan patah ini kemudian mampu memicu berbagai pembentukan tumor serta kanker jika tidak diperbaiki oleh sel tubuh.

Manfaat Kopi
Sumber: Detik.com

Turunkan Risiko Kanker Usus

Menurut Hopkinsmedicine, para peneliti menemukan bahwa peminum kopi biasa atau kopi tanpa kafein 26% lebih kecil kemungkinannya dalam mengembangkan kanker kolorektal. Sebuah studi yang diterbitkan di tahun 2016 di Cancer Epidemiology, Biomarkers, and Prevention meneliti konsumsi kopi di lebih dari 9.000 orang di Israel.

Temuan ini kemudian menunjukan bahwa minum satu – dua cangkir kopi dalam satu hari kemudian dikaitkan dengan kemungkinan 26% lebih rendah terkena kanker kolorektal.

Menjaga Kesehatan Jantung

Mengonsumsi 1–2 cangkir kopi perhari diketahui membantu menjaga kesehatan jantung. Kopi diyakini mampu membantu menurunkan risiko terkena penyakit stroke dan jantung. Meski demikian, manfaat kopi dalam menjaga kesehatan serta melindungi jantung dari penyakit masih memerlukan berbagai penelitian lebih lanjut.

Pertahankan Berat Badan Ideal

Menurut beberapa penelitian, kopi memiliki kemampuan dalam mengubah penyimpanan lemak serta mendukung kesehatan usus yang keduanya kemudian bermanfaat dalam mengelola berat badan. Sebuah ulasan dari 12 penelitian kemudian menyimpulkan konsumsi kopi yang lebih tinggi dikaitkan dengan penurunan lemak tubuh pada laki-laki.

Penelitian lainnya kemudian menemukan bahwa orang yang mengonsumsi satu – dua cangkir kopi per hari 17% lebih tinggi melakukan aktivitas fisik yang direkomendasikan dibanding mereka yang minum kopi kurang dari satu cangkir per hari.

Menurunkan Risiko Alzheimer

Manfaat kesehatan dari minum kopi lainnya ialah menurunkan risiko penyakit Alzheimer. Sebuah studi kemudian mengungkapkan wanita dengan usia 65 tahun ke atas yang rutin meminum 2-3 gelas kopi per hari memiliki risiko lebih rendah dalam mengidap demensia. Kandungan kafein dalam dua gelas kopi terbukti dapat memberikan perlindungan serta mencegah terkena penyakit Alzheimer.

Tingkatkan Energi

Kopi dan kandungan kafein di dalamnya merupakan stimulan sistem saraf pusat yang dikenal karena kemampuannya dalam melawan kelelahan serta meningkatkan energi. Kafein juga dapat memblokir reseptor neurotransmiter yang disebut juga sebagai adenosin, dan memiliki kemampuan dalam meningkatkan kadar neurotransmitter lain pada otak yang mengatur tingkat energi termasuk diantaranya dopamin. Hal ini kemudian akan membantu mengurangi rasa lelah serta meningkatkan energi di dalam tubuh.

Manfaat Kopi
Sumber: tstatic.net

Turunkan Risiko Kanker

Kafein memiliki sifat antikarsinogenik serta mampu membantu melindungi tubuh dari berbagai kanker tertentu, termasuk diantaranya kanker usus besar, kanker mulut, kanker prostat, payudara, dan kulit. Kafein juga mengandung banyak antioksidan, anti-mutagen, serta diterpene, yang juga akan mengurangi risiko kanker mulut.

Hal ini juga dikarenakan kopi memiliki sifat antiproliferatif dan antimetastatik yang kemudian dapat membantu menghambat pertumbuhan garis sel kanker prostat. Selain itu, aktivitas kemoprotektif dari kafein juga akan mengurangi risiko kanker kulit nonmelanoma.

Lindungi Hati

Manfaat minum kopi dapat mendukung kesehatan hati dan melindungi dari penyakit. Misalnya, satu penelitian menemukan bahwa minum lebih dari dua cangkir kopi per hari dikaitkan dengan tingkat yang lebih rendah dari jaringan parut hati dan kanker hati pada orang dengan penyakit hati.

Minum satu cangkir kopi per hari dikaitkan dengan risiko 15% lebih rendah, sementara minum empat cangkir per hari dikaitkan dengan risiko 71% lebih rendah. Menurut Hopkinsmedicine, penelitian kemudian menunjukkan bahwa peminum kopi lebih mungkin memiliki kadar enzim hati dalam kisaran yang sehat daripada orang yang tidak minum kopi.

Bantu Lebih Fokus

Manfaat minum kopi lainnya adalah membantumu dalam meningkatkan fokus serta kewaspadaan. Kafein dalam kopi juga kemudian bertindak sebagai stimulan ringan untuk sistem saraf pusat. Kafein ini kemudian akan membantu meningkatkan kinerja mental, terutama dalam hal konsentrasi, perhatian maupun kewaspadaan.

Tingkatkan Kinerja Atletik

Kopi juga kerap digunakan sebagai bantuan ergogenik oleh para atlet yang ingin meningkatkan kinerja serta meningkatkan energinya. Satu tinjauan dari sembilan penelitian sendiri melaporkan bahwa minum kopi sebelum berolahraga kemudian mampu meningkatkan daya tahan tubuh seseorang.

Turunkan Risiko Depresi

Penelitian menemukan bahwa manfaat minum kopi juga dikaitkan dengan risiko Depresi yang lebih rendah. Sebuah penelitian kemudian mengungkapkan setiap cangkir kopi yang dikonsumsi seseorang dalam satu hari kemudian dikaitkan dengan risiko depresi 8% lebih rendah. Terlebih lagi, satu penelitian yang ditujukan kepada 200.000 orang kemudian menunjukkan bahwa minum menurunkan resiko depresi.

Manfaat Kopi
Sumber: Halodoc

Membantu Mengatur Emosi

Sebuah studi percontohan kecil melaporkan bahwa kopi berkafein memiliki efek positif yang lebih kuat pada suasana hati dan proses perhatian tingkat tinggi daripada kopi tanpa kafein. Menariknya, mengonsumsi kopi tanpa kafein juga dapat meningkatkan mood serta kinerja seseorang. Kafein mampu meningkatkan mood serta membantu seseorang merasa lebih produktif.

Memicu Rasa Bahagia

Beberapa penelitian kemudian mengatakan mengkonsumsi kopi sendiri berhubungan dengan hadirnya berbagai emosi positif, termasuk diantaranya kepuasan, keramahan, kasih sayang, rasa tenang, serta kebahagiaan.

Ditemukan pula bahwa tidak ada emosi negatif yang kemudian berhubungan dengan konsumsi kopi. Bahkan, menurut studi Harvard, Amerika Serikat, yang melibatkan 50.000 perempuan, yang mengonsumsi kopi kemudian mampu mengurangi berbagai risiko depresi, lho.

Meningkatkan Efektivitas Berolahraga

Kafein yang dikonsumsi dalam jumlah sedang mampu meningkatkan performa mu saat sedang berolahraga. Kafein sendiri memiliki berbagai manfaat baik yang mampu melancarkan peredaran darah, meningkatkan kekuatan otot, meningkatkan kebugaran, meningkatkan kekuatan, serta mengurangi rasa nyeri. Dengan berbagai manfaat tersebut, olahraga yang kamu lakukan kemudian juga akan menjadi lebih efektif.

Tidak Membuat Dehidrasi

Kopi sebagai suatu minuman yang memiliki sifat diuretik, yaitu memiliki kemampuan dalam mempercepat laju pengeluaran urin dari dalam tubuh. Saat mengonsumsi kafein, termasuk kopi, umumnya kamu akan buang air kecil lebih sering. Karena efek ini, beberapa orang kemudian khawatir saat mengkonsumsi kopi akan menyebabkan dehidrasi.

Kendati demikian, menurut penelitian kopi tidak akan menyebabkan dehidrasi jika dikonsumsi secara konsisten dan rutin. Tubuh juga akan beradaptasi dengan efek diuretik tersebut setelah kamu mengonsumsi kopi secara rutin selama 4 hari berturut-turut.

Manfaat Kopi
Sumber: ottenstatic.com

Kopi Decaf Memberi Perlindungan Tubuh

Masih Mengandung Antioksidan Kopi decaf dengan kadar kafeinnya yang telah dibuang masih mampu memberi perlindungan tubuh dari berbagai penyakit kronis. Sebab dalam kopi decaf sesungguhnya masih terkandung antioksidan.

Karenanya jika kamu tidak ingin terjaga kamu masih bisa mendapatkan manfaat antioksidan untuk tubuh melalui kopi ini. Selain itu kopi decaf juga dapat digunakan sebagai alternatif yang menguntungkan.

Membuat Panjang Umur

Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa minum 2- 4 cangkir kopi setiap hari mampu dengan risiko kematian lebih rendah, terlepas dari faktor usia, status berat badan, serta konsumsi alkohol. Satu penelitian tabung juga menunjukkan bahwa kopi secara signifikan mampu memperpanjang masa hidup seseorang serta melindungi tubuh dari kerusakan DNA dan radikal bebas.

Meskipun manfaat kopi bagi kesehatan memang cukup banyak. Namun, kafein yang terkandung dalam kopi juga dapat menimbulkan berbagai efek samping, diantaranya sulit tidur, dada berdebar, diare, cemas, serta peningkatan tekanan darah.

Karenanya batasi jumlah asupan kopi dalam satu hari serta hindari mengkonsumsi kopi sebelum tidur. Selain itu, hindari juga konsumsi kopi bagi ibu hamil serta orang dengan tekanan darah tinggi, orang dengan penyakit asam lambung, atau gangguan tidur
juga sebaiknya membatasi asupan kopi hariannya.

Selain itu konsumsilah kopi paling tidak 6 jam sebelum tidur untuk dapat tidur berkualitas. ketahui Batas maksimal asupan kafein dalam satu hari adalah 400 miligram atau 3-5 cangkir kopi per hari. Hindari pula penambahan krim serta gula ke dalam kopi karena berisiko menimbulkan kondisi kesehatan lain. Cobalah alternatif campuran kopi, lainnya seperti ekstrak vanili, kayu manis, cardamom atau bubuk kakao.

Buku-Buku Terkait Kopi

Buku Pintar Kopi

https://www.gramedia.com/products/buku-pintar-kopi-1?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/buku-pintar-kopi-1?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Serangkaian perjalanan nikmatnya kopi tersaji di dalam buku ini. Mulai dari sejarahnya, memilih jenis kopi, menanam kopi, memelihara tanaman kopi, hingga memanen kopi. Tidak hanya itu, buku ini juga mengupas pengolahan biji kopi secara lengkap.

Tip dan trik mengenai cara menghasilkan cita rasa dan aroma kopi yang enak dikupas secara praktis di dalam buku ini. Selain itu, terdapat juga informasi mengenai standar mutu kopi dan cara meracik minuman olahan kopi.

Buku pintar kopi merupakan petunjuk lengkap bagi para pembudidaya tanaman kopi dan para penikmat seduhan kopi. Buku ini juga layak dimiliki oleh para pebisnis kopi, baik untuk yang baru mulai “mencicipinya” maupun untuk pebisnis yang telah “merasakan nikmatnya” bisnis kopi.

A To Z Memulai dan Mengelola Usaha Kedai Kopi

https://www.gramedia.com/products/a-to-z-memulai-dan-mengelola-usaha-kedai-kopi?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/a-to-z-memulai-dan-mengelola-usaha-kedai-kopi?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Sebuah buku yang sangat kaya akan ilmu, tetapi dikemas dengan bahasa yang sangat mudah untuk dijalankan dalam berbisnis atau pun ketika melakukan aktivitas sebagai barista. Buku ini wajib dimiliki oleh teman-teman yang ingin atau pun sudah masuk dalam usaha dunia perkopian. Buku ini sangat terasa dibuat dengan passion dan sincerity yang tinggi. Apa yang dimulai dengan baik pasti akan menghasilkan hasil yang baik pula.

Home Brewing Coffee: Cara Mudah Membuat Sajian Kopi Ala Bari

https://www.gramedia.com/products/home-brewing-coffee-cara-mudah-membuat-sajian-kopi-ala-bari?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/home-brewing-coffee-cara-mudah-membuat-sajian-kopi-ala-bari?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Pernahkah Anda merasakan meracik kopi sendiri di rumah dengan berbagai alat dan eksperimen baru? Rasa yang terlalu over, kurang pas, atau bahkan hambar, merupakan risiko yang akan Anda terima ketika baru memulai membuat sajian kopi sendiri di rumah.

Namun, hal tersebut sangat wajar akan dialami oleh siapa pun. Sebab, sekaliber barista juara pun pasti pernah merasakan kegagalan sebelum memperoleh sajian yang enak dan dapat dinikmati oleh semua orang.

Buku ini hadir untuk memberikan tip dan trik membuat sajian kopi sendiri di rumah. Ditulis berdasarkan pengalaman dan pengetahuan penulis tentang cara membuat sajian kopi yang praktis, sederhana, dan murah, dengan tetap menghasilkan sajian kopi yang enak.

Buku ini juga dilengkapi dengan acuan yang memungkinkan Anda untuk berimprovisasi sesuai dengan selera Anda. Percaya deh, membuat sajian kopi sendiri di rumah akan menimbulkan sensasi berbeda, yaitu kepuasan yang luar biasa mencicipi hasil karya Anda sendiri.

Berkebun Kopi

https://www.gramedia.com/products/berkebun-kopi?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/berkebun-kopi?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Permintaan kopi di pasar internasional sampai saat ini masih cukup tinggi. Sudah sepatutnya pengelolaan perkebunan kopi diusahakan dengan sebaik-baiknya. Namun, suplai kopi di pasaran masih sering mengalami fluktuasi harga karena terjadinya ketidakseimbangan antara permintaan dan ketersediaan kopi berkualitas di pasar dunia.

Hal ini karena masih banyaknya pekebun kopi yang belum menerapkan teknik budidaya secara tepat. Buku ini hadir sebagai panduan pengelolaan kebun kopi mulai dari pembibitan, pengendalian hama dan penyakit, panen, hingga pascapanen.

Disajikan juga bagaimana menentukan standar mutu biji kopi untuk menghasilkan biji kopi dengan nilai jual tinggi. Selain itu, diberikan juga contoh perhitungan analisis usaha perkebunan kopi.

Demikian ulasan mengenai beberapa manfaat kopi bagi kesehatan kita. Grameds juga bisa mendapatkan buku terkait kopi di Gramedia.com. Gramedia selalu memberikan produk-produk terbaik agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi