in

Pengertian Karbohidrat, Jenis, dan Contoh Makanan Karbohidrat

Sumber: Pixabay

Contoh karbohidrat – Bicara tentang karbohidrat tak bisa kita lepaskan dari manfaatnya yang sangat banyak. Adapun manfaat utama dari karbohidrat adalah dapat memberikan energi tubuh, sehingga tubuh menjadi memiliki tenaga dalam menjalani aktivitasnya. Tidak hanya itu, ternyata karbohidrat memiliki banyak sekali manfaat lainnya. Namun, tak semua orang mengetahui manfaat dari karbohidrat.

Bagi sebagian orang mungkin hanya mengetahui kalau karbohidrat hanya ada pada nasi saja. Padahal, banyak sekali makanan yang mengandung karbohidrat, selain nasi. Bagi kamu yang belum mengetahui makanan apa saja yang mengandung karbohidrat, jangan khawatir karena artikel ini akan membahas lebih dalam tentang karbohidrat dan juga jenis-jenisnya.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang jenis, contoh karbohidrat, dan juga manfaatnya, kamu bisa simak artikel ini, Grameds. Simak ulasannya sebagai berikut.

Jenis-Jenis Karbohidrat

contoh karbohidrat
Sumber: Pixabay

Karbohidrat dapat dibagi menjadi dua jenis, diantaranya adalah karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Kedua jenis karbohidrat ini kemudian memiliki perbedaan dalam struktur kimiawinya. Secara umum, karbohidrat sederhana hanya mengandung gula dasar yang mudah dicerna serta diserap oleh tubuh. Sedangkan karbohidrat kompleks memiliki susunan gula yang lebih panjang, sehingga ia membutuhkan waktu yang lebih lama untuk kemudian dicerna dan diserap oleh tubuh.

Sementara itu, jika dilihat dari asalnya, karbohidrat kemudian terbagi menjadi tiga jenis, yaitu:

Pati

Pati merupakan jenis karbohidrat yang berasal dari tanaman. Contohnya diantaranya adalah biji-bijian, sayuran, serta kacang-kacangan. Sementara itu, makanan bertepung yang mengandung karbohidrat pati, seperti pasta atau mie dan roti.

Serat

Selain pati, jenis karbohidrat selanjutnya adalah serat yang umumnya berasal dari tanaman. Adapun kandungan serat bisa ditemukan pada beberapa makanan, seperti kacang-kacangan, sayuran, buah, roti gandum, dan sebagainya. Beberapa buah juga memiliki kandungan serat pada kulitnya, sehingga ada buah yang dimakan bersama dengan kulitnya.

Gula

Tak semua karbohidrat adalah gula, tetapi semua gula adalah karbohidrat. Gula sendiri dapat diperoleh secara alami dari berbagai jenis makanan, diantaranya adalah buah-buahan (fruktosa), susu (laktosa), serta gula pasir (sukrosa). Gula seringkali ditemukan pada proses pembuatan kue, cokelat, serta permen, sukrosa kemudian digunakan sebagai pemanis.

Contoh Karbohidrat Pada Beberapa Makanan

Setelah mengetahui beberapa manfaat dari karbohidrat, pembahasan di bagian ini kemudian akan menjabarkan mengenai contoh karbohidrat pada beberapa makanan. Sejauh ini mungkin kita mengenal karbohidrat hanya terdiri dari nasi. Sebenarnya ada banyak sekali makanan yang mengandung karbohidrat dan dapat menjadi pengganti nasi. Berikut di bawah ini beberapa makanan yang mengandung karbohidrat di antaranya:

1. Nasi Putih

Makanan nasi putih ini sudah dikonsumsi oleh banyak masyarakat Indonesia, sehingga sudah tak asing lagi. Kandungan pada nasi putih ini bisa dibilang sangatlah tinggi atau lebih tepatnya dalam 180 gram nasi saja sudah terdapat 50 gram karbohidrat di dalamnya.

Bukan hanya mengandung karbohidrat yang tinggi saja, nasi putih juga memiliki beberapa vitamin, seperti B1, B2, B3, B6. Selain itu, ada juga beberapa nutrisi, seperti protein, fosfor, zat besi, magnesium, dan selenium. Sedangkan, glukosa dari nasi putih sendiri bermanfaat untuk sumber energi atau bahan bakar utama tubuh terutama bagi otak.

2. Nasi Merah

Selain nasi putih, nasi merah juga mengandung karbohidrat walaupun tak sebanyak nasi putih. Oleh karena itu, nasi merah dianggap lebih sehat apabila dibandingkan dengan nasi putih. Di dalam satu cangkir nasi merah sendiri terdapat sekitar 36 gram karbohidrat. Meskipun kandungan karbohidratnya ini lebih rendah, tetapi nasi merah kemudian memiliki serat yang bermanfaat bagi tubuh. Bahkan, nasi merah juga dapat berfungsi sebagai antioksidan.

3. Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan salah satu makanan tradisional yang bisa dijadikan sebagai sumber karbohidrat. Ubi jalar yang berukuran sedang juga kulitnya mengandung sekitar 23,61 gram. Selain itu, makanan yang satu ini juga dapat menyimpan vitamin A, vitamin C, dan potassium yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

4. Jagung

contoh karbohidrat
Sumber: Pixabay

Pilihan makanan yang mengandung karbohidrat berikutnya adalah jagung. Konsumsi jagung sebanyak 100 gram, maka kamu akan mendapatkan karbohidrat sekitar 25 gram. Bukan hanya karbohidrat saja, jagung juga memiliki protein dan vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh.

5. Pisang

Buah-buahan juga dapat menjadi sumber karbohidrat. Pisang menjadi salah satu buah yang cukup tinggi kandungan karbohidratnya. Di dalam satu buah pisang ukuran sedang, didalamnya terkandung karbohidrat sekitar 26,95 gram. Selain itu, pisang juga menyimpan kalium, vitamin A dan C.

6. Apel

contoh karbohidrat
Sumber: Pixabay

Masih dari kelompok buah-buahan, ternyata buah apel memiliki kandungan karbohidrat. Terlebih, apel memiliki rasa yang nikmat dan bisa dikonsumsi langsung atau diolah terlebih dahulu.. Di dalam satu buah apel yang ukurannya sedang, didalamnya mengandung kurang lebih 25,15 gram karbohidrat. Apel juga akan menyimpan vitamin seperti vitamin A serta vitamin C yang baik bagi tubuh. Kandungan kalium serta seratnya menjadikan buah ini semakin banyak nutrisinya.

7. Kacang Merah

Makanan yang mengandung karbohidrat selanjutnya adalah kacang merah. Konsumsi kacang merah sebanyak satu cangkir ini akan menghasilkan karbohidrat yang kurang lebih 21 gram. Selain itu, kandungan protein serta seratnya cukup tinggi, sehingga dapat menambah nutrisi bagi tubuh. Tidak hanya itu, kalium di dalam kacang merah juga akan membuat makanan ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah mencegah radang pada usus besar.

8. Oat

Makanan yang satu ini juga akan menjadi salah satu sumber karbohidrat. Dalam satu cangkir oat bisa menghasilkan kurang lebih 27 gram karbohidrat. Bahkan, oat bukan hanya memiliki karbohidrat saja, tetapi juga memiliki beberapa serat dan garam. Oleh karena itu, banyak penelitian yang mengatakan bahwa oat bermanfaat bagi penderita jantung dan cocok untuk sarapan.

9. Kentang

contoh karbohidrat
Sumber: Pixabay

Kentang juga dapat menjadi pilihan yang ingin mengganti sumber karbohidrat selain nasi. Karbohidrat di dalam kentang adalah sekitar 66 sampai 90 persen. Umbi yang satu ini juga cukup mengenyangkan. Terlebih, kamu dapat mengkonsumsinya dengan cara direbus, digoreng, serta diolah dalam bentuk lain.

10. Kurma

Makanan yang umumnya disajikan saat Ramadhan ini memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Kurma sendiri memiliki kandungan karbohidrat sekitar 17,99 gram. Selain itu, kurma juga kaya akan vitamin A, serat, kalsium, fosfor, serta kalium yang bermanfaat bagi kesehatan. Rasa manis serta tekstur lembut kemudian membuat banyak orang menyukai makanan khas Timur Tengah.

11. Kismis

Sumber karbohidrat lainnya juga berasal dari kismis. Makanan dari buah anggur kering ini kemudian mengandung karbohidrat sekitar 129,48 gram dalam satu cangkir. Selain itu, kismis juga menyimpan kalium, fosfor, kalsium, serta menjadi sumber antioksidan yang baik bagi tubuh.

Manfaat Karbohidrat Bagi Tubuh

contoh karbohidrat
Sumber: Pixabay

Tubuh memerlukan karbohidrat karena zat ini kemudian memiliki banyak manfaat penting bagi tubuh, di antaranya:

1. Sebagai Sumber Energi

Karbohidrat sebagai suatu sumber energi bagi tubuh. Ketika kamu mengonsumsi makanan berkarbohidrat, tubuh juga akan mencerna serta mengubahnya menjadi glukosa. Dengan bantuan hormon insulin, kemudian glukosa akan diserap oleh sel-sel yang ada di dalam tubuh. Lalu, akan diproses, sehingga menghasilkan energi. Dengan begitu, kamu bisa melakukan berbagai macam aktivitas.

2. Mengendalikan Berat Badan

Karbohidrat kerap dikaitkan dengan bertambahnya berat badan. Padahal, nyatanya bisa bermanfaat untuk mengendalikan berat badan. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu juga dapat mengonsumsi makanan tinggi serat, seperti diantaranya pada beras merah, roti, atau gandum utuh. Selain rendah kalori, jenis makanan berserat tinggi ini juga akan memberikan efek kenyang yang lebih lama, sehingga dapat membantu kamu dalam menurunkan berat badan.

3. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Karbohidrat bersumber dari buah-buahan, kacang-kacangan, dan sayuran yang dikenal baik bagi kesehatan saluran cerna juga mengurangi risiko munculnya banyak masalah pencernaan, seperti diantaranya sembelit.

4. Mengurangi Risiko Penyakit Tertentu

Beberapa jenis karbohidrat di dalam bentuk serat kemudian akan mengurangi kadar kolesterol di dalam darah, sehingga menurunkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular. Tak hanya itu, mengkonsumsi biji-bijian serta karbohidrat tinggi serat juga akan menurunkan risiko terjadinya obesitas dan diabetes.

Hindari Kelebihan atau Kekurangan Asupan Karbohidrat

Kebutuhan karbohidrat pada setiap orang berbeda-beda, tergantung kepada usia, jenis kelamin, aktivitas fisik yang sedang dijalani, dan kondisi medis tertentu. Namun, pada umumnya, orang dewasa yang sehat sangat membutuhkan asupan karbohidrat sekitar 220–300 gram per hari.

Sementara itu, bagi orang yang ingin menjaga berat badan atau sedang dalam program menurunkan berat badan, asupan karbohidrat yang disarankan adalah sekitar 50–150 gram per hari.

Perlu diketahui bahwa gula dari karbohidrat ini akan disimpan di dalam tubuh sebagai lemak jika tak segera digunakan. Itulah sebabnya, mengonsumsi karbohidrat secara berlebihan bisa menjadi salah satu penyebab berat badan bertambah. Bahkan, lebih parahnya lagi mengonsumsi karbohidrat secara berlebihan bisa meningkatkan risiko munculnya berbagai macam penyakit, salah satunya adalah diabetes.

Saat kekurangan karbohidrat, tubuh bisa menjadi lemas dan memecah lemak serta protein untuk dijadikan energi. Proses pemecahan lemak ini sendiri turut menyebabkan penumpukan keton di dalam darah. Lebih parahnya lagi, jika dibiarkan tanpa penanganan, kondisi ini akan menyebabkan ketosis.

Ketosis dapat menimbulkan gejala diantaranya pusing, lemas, mual, serta dehidrasi. Kekurangan karbohidrat akan berisiko membuat tubuh kekurangan nutrisi lain yang penting bagi tubuh. Penting menjaga asupan karbohidrat sesuai dengan kebutuhan agar manfaat karbohidrat dapat kamu peroleh secara maksimal. Namun, jika kamu mengalami gejala gangguan kesehatan yang diduga disebabkan oleh kelebihan dan kekurangan karbohidrat seperti yang telah dijelaskan di atas, konsultasikan ke dokter agar dapat dilakukan penanganan yang tepat.

Bagaimana dengan diet rendah karbohidrat?

Meskipun karbohidrat merupakan sumber energi utama untuk tubuh, tetapi kamu tetap harus memperhatikan asupan karbohidrat harian. Hal ini perlu dilakukan agar tidak mengonsumsi karbohidrat secara berlebihan. Jika terlalu banyak mengonsumsi makanan berserat, gula, atau pati akan menimbulkan masalah kesehatan.

Normalnya, angka kebutuhan harian zat gizi ini untuk orang dewasa berusia di atas 19 tahun adalah 260 gram. Lalu, kebutuhan gizi inipun dipecah lagi berdasarkan kepada jenisnya, yaitu: serat: 32 gram gula: 50 gram atau 4 sendok makan/hari

Kebanyakan orang yang ingin menurunkan berat badan kemudian memilih untuk menjalani diet rendah karbohidrat. Artinya, kamu mungkin hanya akan mendapatkan asupan karbohidrat sebanyak 25–150 gram per harinya. Faktanya, diet penurun berat badan ini sebenarnya aman, tetapi tetap perlu berkonsultasi dengan ahli gizi.

Hal ini juga dikarenakan diet rendah karbohidrat terkadang membuatmu tidak mendapatkan asupan serat yang cukup. Kekurangan serat serta karbohidrat lainnya pun dapat menimbulkan masalah kesehatan, seperti sembelit (konstipasi) hingga kekurangan gizi. Jadi, mulai saat ini biasakan hidup sehat dengan mengonsumsi makanan gizi seimbang.

Buku-Buku Terkait

Diet Keto: Berani Mencoba Tantangan Diet Rendah Karbohidrat?

https://www.gramedia.com/products/diet-keto-berani-mencoba-tantangan-diet-rendah-karbohidrat?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/diet-keto-berani-mencoba-tantangan-diet-rendah-karbohidrat?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Gaya hidup memberikan pengaruh besar pada kesehatan tubuh manusia termasuk kebiasaan makan yang seringkali dianggap sebagai masalah sepele. Kebiasaan makan yang tak terkendali dan hanya menuruti nafsu, memberikan kontribusi besar bagi memburuknya kesehatan. Pilihan makanan yang dikonsumsi juga turut menjadi faktor pendorong bagi memburuknya kondisi kesehatan tubuh manusia.

Diet ketogenik merupakan diet rendah karbohidrat, tinggi lemak, dan protein dalam porsi sedang. Metode diet ini memiliki prinsip penggunaan lemak sebagai sumber energi utama menggantikan karbohidrat yang selama ini kita gunakan sebagai sumber energi.

Diet ketogenik menjadi salah satu metode yang populer dan banyak diterapkan oleh masyarakat karena lewat pola makan ini, konsumsi makanan tetap bisa bervariasi tetapi dengan pembatasan karbohidrat yang efektif. Dengan prinsipnya membatasi karbohidrat yang masuk ke tubuh diet ketogenik menjadi pilihan gaya hidup yang juga banyak diterapkan oleh para penderita diabetes. Penasaran?

#Dietkenyang Dengan Cooking Hypnotherapy

“Untuk kesekian kalinya dalam setahun, saya harus disuntik painkiller oleh dokter karena sakit pinggang yang membuat saya hampir lumpuh. Setelah disuntik, saya biasanya melenggang ringan keluar dari ruang praktik dokter sambil tersenyum lebar. Tapi, kali ini tidak terjadi! Saya tidak merasakan perubahan sama sekali, padahal obat yang harus diminum sudah ditambah. Lalu, dari mana saya harus memulai?

#DietKenyang dengan Cooking Hypnotherapy ini bukan hanya membahas masalah makan. Ini bukan hanya sebuah diet untuk tubuh. Tak kalah penting, pikiran juga harus diberi nutrisi dan dikuatkan dengan ilmu hypnotherapy.

Diet menjadi jauh lebih ringan dan mudah ketika kita sudah mampu mengelola pikiran. Saya sudah membuktikan keterampilan menanamkan sugesti melalui hypnotherapy dan telah berhasil memberi ‘big change to my life’. Mengubah dengan cara yang ringan dan menyenangkan. Dalam sekejap, saya menjadi sehat dan bahagia. Langsing itu… bonus!”

Hypnotic Diary #Diet Kenyang

Ini adalah buku ketiga Dewi Hughes yang terbit di Grasindo. Buku ini berisi cerita Dewi Hughes sejak tahun 2016. Ketika ia sakit, bahkan nyaris lumpuh karena obesitas. Titik balik terjadi ketika ia menyadari harus melakukan sesuatu untuk hidup lebih sehat. Ia melakukan #Diet Kenyang dan mendapatkan langsing sebagai bonus. Diet yang dilakukan juga berhasil karena ia menjalani hipnoterapi yang dilakukan kepada dirinya sendiri

Diet Ketogenik: Panduan & Resep Sehat

Diet golongan darah, diet Food Combining, diet mayo, adalah beberapa program diet yang pernah menjadi tren di Indonesia. Kini diet yang semakin populer adalah diet Ketogenik atau diet Keto. Manfaatnya antara lain dipercaya dapat menurunkan berat badan secara signifkan.

Buku ini selain beri panduan untuk memulai diet keto dengan benar juga dilengkapi dengan lebih dari 90 resep sehat dan lezat terdiri dari aneka snack, lauk, minuman, dan dessert yang disusun sedemikian rupa oleh penulis agar para pelaku diet Keto dapat menikmati pengalaman diet yang menyenangkan.

INILAH PENGAKUAN BEBERAPA PELAKU DIET KETO: “Dalam waktu 55 hari sejak mengikuti pola makan Ketogenik, berat badan saya berkurang 15 kg dan dapat melewati musim sakit. Di kantor hampir semua kena ? u, saya aman. Daya tahan tubuh saya meningkat secara signifikan.”

“Setelah mengikuti diet Keto, berat badan saya turun 30 kg dalam 7 bulan. Dan saya tidak berhenti Keto karena banyak manfaat yang saya rasakan hingga kini. Tubuh bugar, stamina yang lebih bebas stres. Sebuah pengalaman diet yang menyenangkan, STRESS-FREE.”

“Buku resep diet Chef Rini ini adalah panduan yang tepat buat Anda yang ingin memulai diet Keto namun tidak paham apa yang harus dimakan.”

“Diet Ketogenik Itu Indonesia Banget!”

Penutup

Meskipun karbohidrat memiliki banyak sekali manfaat, tetapi jika karbohidrat dikonsumsi secara berlebihan, maka bisa memberikan efek samping. Selain itu, karbohidrat biasanya dihindari oleh mereka yang sedang diet. Demikian pembahasan tentang contoh karbohidrat, semoga artikel ini bermanfaat, Grameds.

Jika ingin mencari buku tentang diet, kamu bisa menemukannya di Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi