in

10+ Ragam Jenis Mangga Lokal dan Manca Negara

Siapa yang nggak kenal buah mangga? Buah mangga menjadi salah satu dari sekian banyaknya buah yang paling digemari oleh masyarakat di berbagai kalangan umur.

Buah yang memiliki nama latin mangifera indica ini memiliki banyak sekali kandungan nutrisi didalamnya, mulai dari serat (1,5-2 gram), karbohidrat (15 gram), protein (1-1,5 gram), vitamin A (55-60 mikrogram), vitamin C (35-60 mikrogram), vitamin E (9 mikrogram), folat (40-45 mikrogram), kalsium (10-15 mikrogram), magnesium (10-15 mikrogram), kalium (200 mikrogram), fosfor (14-20 mikrogram).

Karena buah mangga memiliki banyak nutrisi, membuat buah ini dipercaya memiliki banyak manfaat dan dapat mengobati serta mencegah terjadinya berbagai penyakit berbahaya.

Dibalik banyaknya manfaat serta kandungan nutrisi yang ada dalam buah mangga, ternyata buah ini juga memiliki jenis yang tak kalah banyaknya juga. Diketahui ada kurang lebih puluhan jenis buah mangga yang tersebar di seluruh Nusantara.

Pasti kalian penasaran apa aja sih jenis-jenis buah mangga yang ada di Nusantara? Nah kali ini kami akan membahas apa itu buah mangga dan jenis-jenis buah mangga yang ada di Indonesia maupun di Luar Negeri. Let’s go!

Apa Itu Buah Mangga?

Buah mangga termasuk dalam keluarga buah mangifera, terdiri atas 35 hingga 40 anggota yang berasal dari suku tanaman Anacardiaceae. Buah mangga mendapatkan namanya dari Bahasa Tamil, yaitu dari kata “mankay” yang berarti “man” yang artinya pohon mangga dan “kay” yang artinya buah.

Buah mangga berasal dari Negara India atau lebih spesifiknya berasal dari perbatasan antara Negara India dengan Negara Burma atau yang saat ini dikenal dengan nama Negara Myanmar.

Buah mangga memiliki pohon dengan tinggi dan ukuran yang besar. Pohon mangga dapat tumbuh tinggi menjulang hingga lebih dari 30 meter. Memiliki batang yang tegak dan bercabang, pohon mangga dianggap sebagai pohon buah yang kuat.

Setelah mengetahui asal-usul buah mangga, kini saatnya akan kami sebutkan jenis-jenis buah mangga yang ada di Indonesia maupun seluruh dunia.

 

Rekomendasi Terkait Buku Mengenai Buah

Bertanam tanaman buah dalam pot

Bertanam tanaman buah dalam pot
Bertanam tanaman buah dalam pot

tombol beli buku

Buku ini menyajikan teknik bertanam tanaman buah dalam pot. Buku ini sangat membantu dan menjadi panduan bagi para pemula ataupun masyarakat yang senang membudidayakan tanaman buah dalam pot (tabulampot). Isi buku ini dapat membimbing dalam bertanam tanaman buah dalam pot, bagaimana cara memperlakukan bibit tanaman buah, bagaimana teknik pembudidayaan dan pemeliharaannya serta bagaimana perlakuan pada saat panen dan pasca panen.

Resep Kue Favorit ala Cafe All About MANGGA

Mangga adalah buah yang dagingnya tebal, jika sudah matang, umumnya berwarna kuning atau jingga. Rasanya manis, beraroma khas, dan mengandung air. Siapapun kenal lezatnya buah mangga. Khususnya, kelompok Mangifera indica yang terkenal dengan varitas- varitasnya, seperti arumanis, gedong, indramayu, golek, manalagi, apel, dan madu. Bentuk, ukuran, dan warna kulitnya beragam. Dari segi gizi, mangga juga bisa diandalkan. Antara lain, mangga mengandung karbohidrat sebagian besar dalam bentuk gula-yang menyumbang rasa manis.

Sedangkan rasa asam pada mangga disebabkan oleh adanya asam laktat dan sitrat, selain juga vitamin C. Keistimewaan mangga dibanding buah lainnya adalah jumlah kandungan karotennya yang sangat tinggi. Ini dapat dilihat dari warna daging buahnya yang berwarna kuning kemerahan. Betakaroten, juga vitamin C, merupakan antioksidan yang bersifat mencegah timbulnya penyakit degeneratif, khususnya kanker. Selain sebagai buah meja atau dinikmati langsung tanpa diolah, buah mangga juga cocok dibuat aneka minuman dan makanan, termasuk aneka kue. Buku ini menyajikan 22 resep kue mangga favorit, silakan dicoba sebagai teman minum teh atau sebagai suguhan di acara istimewa.

The Miracle Of Colors, Keajaiban Buah Dan Sayur Warna Kuning, Orange Dan Merah

Perbedaan warna pada setiap jenis buah mengindikasikan kandungan dan manfaat tersendiri yang membedakan antara buah yang satu dengan buah yang lainnya. Warna pada buah disebabkan oleh pigmen yang terkandung dalam buah tersebut. Pigmen pada buah tidak hanya berfungsi sebagai pemberi warna, tetapi juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Pigmen yang terkandung pada buah, antara lain Antosianin yang memberi warna orange, merah, dan biru laut; Flavonoid memberikan warna kuning dan tidak berwarna (putih);

Tanin memberikan warna kuning atau tidak berwarna; Klorofil memberikan warna hijau; Karotenoid memberikan warna kuning dan merah; Xanton memberikan warna kuning. Macam-macam buah berdasarkan warnanya terbagi menjadi 6, yaitu merah, kuning, orange, hijau, putih, ungu/biru. Di sini yang akan dibahas ada tiga warna, yaitu merah, kuning, dan orange. Buah yang berwarna merah, seperti semangka, stroberi, cherry, apel merah, dan jambu biji merah mengandung pigmen antosianin dan likopen. Buah berwarna kuning, seperti belimbing manis, nanas, pisang, nangka, dan lain-lain terdapat pigmen beta cryptoxanthin lutein dan zeaxanthin. Sedangkan buah yang berwarna orange, di antaranya pepaya, jeruk, mangga, dan buah-buahan yang memiliki daging buah berwarna orange mengandung beta karoten. Buah yang berwarna-warni mempunyai khasiat yang berbeda-beda pula tergantung pigmen yang membentuknya.

Ragam Jenis Buah Mangga

Buah mangga merupakan salah satu buah yang memiliki banyak variasi jenis. Jenis-jenis ini tentu tersebar di seluruh dunia. Menurut sumber yang kami dapatkan, jenis mangga yang tersebar di Indonesia bahkan mencapai 10 jenis mangga.

Lalu bagaimana dengan jenis mangga yang ada di negara lain? Berikut akan kami sajikan beberapa jenis mangga yang ada di Indonesia dan luar negeri.

Jenis Buah Mangga di Indonesia

1. Mangga Manalagi atau Mangga Madu

mangga manalagiJenis mangga manalagi atau yang juga dikenal dengan mangga madu merupakan jenis buah mangga yang dikenal memiliki rasa yang sangat manis dan menempati posisi pertama dalam urutan jenis buah mangga termanis.

Buah mangga dengan jenis ini berasal dari Indonesia tepatnya di Kota Probolinggo Provinsi Jawa Timur. Kamu dapat menjumpai buah mangga manalagi dalam berbagai ukuran mulai dari yang kecil hingga sedang.

Mangga manalagi memiliki karakteristik kulit buahnya yang berwarna hijau dihiasi banyak bintik-bintik putih, daging buahnya yang dikenal tebal dengan rasa manis yang mendominasi buah ini. Saking manisnya, sampai tak terasa rasa masam sedikitpun. Oleh karena itulah, buah mangga jenis manalagi berada pada posisi utama untuk jenis buah mangga yang paling manis.

2. Mangga Gedong Gincu

mangga Gedong Gincu
mangga Gedong Gincu

Jenis mangga yang ada di Indonesia kedua adalah mangga gedong gincu. Mangga gedong gincu menjadi salah satu dari sekian banyaknya jenis buah mangga yang digemari oleh banyak kalangan masyarakat. Jenis mangga yang memiliki rasa teramat manis ketika matang ini, sangat-sangat cocok apabila dimakan langsung maupun diolah terlebih dahulu

Mangga gedong gincu memiliki karakteristik bentuknya yang bulat dan sedikit agak memanjang dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Kulit buahnya berwarna hijau jika belum matang dan akan berubah menjadi kuning apabila sudah matang. Mangga ini biasanya dipanen ketika sudah 80% matang dan akan meninggalkan sedikit warna hijau pada mangga tersebut.

 

3. Mangga Arumanis atau Harum Manis

mangga Arumanis
mangga Arumanis

Mangga arumanis atau yang lebih dikenal dengan nama mangga harum manis merupakan salah satu mangga asli Indonesia yang juga dapat tumbuh dengan baik di negara tetangganya, yaitu negara Malaysia.

[algolia_carousel page=2]

Mangga ini memiliki rasa yang manis hingga ke aromanya pun juga ikut manis. Hal itulah yang menyebabkan mengapa mangga jenis ini dinamai mangga arumanis.

Mangga arumanis memiliki karakteristik kulit buahnya yang berwarna hijau bahkan setelah buah itu matang pun kulitnya juga tetap hijau, berukuran besar dengan bentuk memanjang, memiliki daging buah yang berwarna kuning disertai dengan aroma khas buah mangga yang kuat, memiliki rasa buah yang khas disertai aftertaste yang sedikit pahit.

 

4. Mangga Cengkir

mangga CengkirMangga cengkir atau yang juga bisa disebut mangga Indramayu ini berasal dari Kota Indramayu Provinsi Jawa Barat. Penamaan mangga cengkir menjadi mangga indramayu disebabkan karena mangga ini sangat terkenal di kota tersebut.

Mangga indramayu memiliki beberapa karakteristik seperti daging buahnya yang tebal serta buahnya berukuran cukup besar. Buah mangga cengkir memiliki rasa manis dengan sedikit rasa masam. Menurut orang-orang yang menggemari mangga cengkir, mangga ini sangat cocok dimakan bahkan sebelum buahnya matang.

5. Mangga Alpukat

Mangga AlpukatMemiliki nama jenis alpukat bukan bermakna bahwa buah ini adalah hasil persilangan buah mangga dengan buah alpukat. mangga alpukat diberi nama demikian karena cara memakan buah ini ketika makan mirip dengan cara memakan buah alpukat, yaitu dengan cara membelahnya menjadi dua bagian lalu memisahkan buah dengan bijinya, persis saat kamu sedang makan buah alpukat.

Buah mangga alpukat masih satu jenis dengan mangga arumanis atau harum manis, tentu rasa dan aromanya masih mendekati rasa buah mangga arumanis atau harum manis. Jika kamu ingin memakan buah mangga dengan jenis ini, kamu harus menunggunya hingga benar-benar matang, ya. Mengapa demikian? Agar saat buah ini dibelah, bijinya dapat dilepaskan dengan mudah dari buah.

 

6. Mangga Golek

Mangga GolekMangga golek menjadi salah satu mangga yang menjadi unggulan para petani lokal yang ada di Indonesia. Bagaimana tidak? Buah mangga dengan jenis ini dikenal sebagai buah mangga yang memiliki daging tebal dengan tekstur lunak dan tidak berserat.

Tak hanya itu saja, buah mangga golek ketika diiris atau dipotong tidak mengeluarkan air. Ciri khas dari buah ini adalah kulitnya buahnya berwarna hijau ketika masih muda dan akan berubah menjadi kuning ketika sudah masak, memiliki ukuran yang besar dan berbentuk panjang, rasanya manis dengan tambahan aroma yang khas.

 

7. Mangga Lalijiwo

Mangga LalijiwoMangga lalijiwo merupakan salah satu jenis mangga khas jawa. Seperti namanya yang berasal dari Bahasa Jawa “lalijiwo” atau yang bisa diartikan sebagai lupa jiwa menjadi salah satu jenis mangga yang dianggap endemic di Jawa. mangga dengan jenis ini berhabitat asli di Kota Probolinggo Provinsi Jawa Timur.

Mangga lalijiwo memiliki karakteristik yang mirip dengan mangga manalagi. Rasa dari mangga lalijiwo pun tak berbeda jauh dengan mangga manalagi dengan rasa khas yang manis legit serta tidak memiliki serat pada daging buahnya.

Yang menjadi pembeda antara mangga lalijiwo dan mangga manalagi adalah pada kulit buahnya. mangga lalijiwo memiliki kulit buah dengan warna hijau tua disertai bintik putih dan dilapisi oleh lapisan semacam lapisan lilin.

 

8. Mangga Apel

Mangga ApelSiapa yang tidak tahu mangga apel? mangga ini menjadi salah satu jenis mangga unggulan yang ada di Indonesia. mangga dengan jenis ini memiliki kriteria yang khas dengan bentuk buahnya yang bulat layaknya bentuk buah apel. Warna buah ini juga sangat bisa bervariasi, yaitu warna hijau, warna hijau kemerahan, dan bahkan bisa berwarna merah.

Mangga apel sendiri dibedakan menjadi dua jenis, yaitu mangga apel yang hijau apabila matang akan berubah warna menjadi kunong dan yang kedua adalah mangga apel merah yang berwarna merah ketika sudah matang. Karakteristik lainnya adalah buah ini memiliki daging buah yang dikenal lebih tebal.

Info lain, diketahui bahwa rasa daging buah mangga apel yang berwarna merah ini lebih manis dibandingkan rasa daging buah mangga apel yang berwarna hijau. Tanaman buah mangga apel sangat cocok dijadikan tanaman yang diletakkan di dalam pot.

 

9. Mangga Gandaria

Mangga GandariaDiketahui bahwa buah mangga jenis gandaria ini merupakan memiliki nama sendiri, yaitu buah gandaria. Buah ini masih satu jenis dengan buah mangga, sehingga masih dapat dimasukkan kedalam jenis buah mangga. Kamu dapat menemukan buah mangga gandaria di beberapa daerah Negara Indonesia, buah ini tersebar di sebagian Pulau Jawa, Maluku, Kalimantan Selatan, Sulawesi dan Papua. Buah mangga gandaria juga dapat tumbuh baik di daerah lain seperti di negara-negara ASEAN.

Memiliki ciri buah berwarna hijau ketika masih muda dan akan berubah menjadi kuning ke oranye-oranyean ketika buah itu sudah matang, rasanya manis dengan sedikit rasa masam yang akan menciptakan kesan segar ketika memakan buah tersebut.

Buah ini akan sangat cocok dijadikan rujak atau di jus terlebih dahulu. Keunikan mangga jenis ini adalah buahnya dapat dimakan tanpa harus mengupas kulitnya terlebih dahulu, jangan lupa untuk mencucinya ya sebelum menyantap buah ini!

 

10. Mangga Kweni

mangga kweni
mangga kweni

Buah mangga kweni ini banyak digemari dan menjadi salah satu buah yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia. Kamu dapat mengenali mangga ini dengan sangat mudah karena mangga kweni memiliki aroma yang sangat khas dan menyengat.

Ukurannya pun lebih kecil dibandingan mangga dengan jenis lain, daging buahnya bertekstur lembut dan halus. Untuk rasa, mangga kweni memiliki rasa masam yang lebih dominan daripada rasa manisnya. Kebanyakan mangga kweni diolah terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

 

11. Mangga Garifta

mangga Garifta
mangga Garifta

Mangga garifta merupakan salah satu jenis mangga baru yang dikembangkan oleh para peneliti di Indonesia, tepatnya para peneliti dari Kota Pasuruan. mangga garifta sendiri dibedakan menjadi empat jenis, yaitu jenis garifta gading, garifta merah, garifta kuning, dan garifta orange. mangga ini dinilai lebih unggul dari mangga lain karena rasanya yang lebih manis . disamping itu, mangga garifta juga memiliki penampilan yang jauh lebih menggoda karena warnanya.

Sayangnya saat ini mangga garifta hanya masih dikembangkan dan dibudidayakan di tempat asalnya. Bukan karena tanpa alasan, hal itu dilakukan untuk menjaga keaslian serta keunikan dari buah mangga itu sendiri karena menurut para pembudidaya mangga garifta, hasil dari buah tersebut bergantung pada jenis tanah serta cuaca yang ada pada tempat tersebut.

 

12. Mangga Budiraja

Budiraja
Budiraja

Jenis mangga yang memiliki nama lain mangga raja ini berasal dari daerah Jawa Timur. mangga budiraja memiliki karakteristik buahnya yang berbentuk lonjong dengan ukuran yang panjang, dengan kulit buahnya yang berwarna hijau segar dengan kulit buah yang relatif tebal serta bertekstur padat, memiliki aroma yang harum dan manis menjadikan jenis mangga ini menjadi jenis mangga yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia.

 

13. Mangga Saigon

Mangga Saigon
Mangga Saigon

Mangga dengan jenis Saigon dikenal sebagai mangga yang kerap disilangkan dengan mangga jenis lain. Mengapa demikian? Karena menurut sumber, mangga Saigon adalah jenis mangga yang sangat sukar terkena penyakit.

Buah dari jenis mangga yang satu ini memiliki ciri-ciri, yaitu bentuk buahnya yang cenderung agak bulat dan memiliki bengkok di bagian ujung buahnya, kulit buahnya layaknya buah mangga pada umumnya yang berwarna hijau apabila belum masak dan berubah menjadi kuning apabila sudah masak.

Mangga Saigon memiliki daging buah yang tebal dan aromanya tidak menyengat buah mangga jenis lain. Karena alasan tersebutlah mengapa buah mangga jenis Saigon ini lebih banyak disilangkan dengan buah mangga dengan jenis lain.

Jenis Buah Mangga di Luar Negeri

 

1. Mangga Irwin (Australia)

mangga irwin

Mangga jenis Irwin merupakan mangga yang berasal dari Australia. mangga ini menjadi hasil dari persilangan dan dianggap sebagai jenis mangga lokal milik Australia. Keunikan yang dihasilkan dari persilangan ini adalah kulit buahnya yang berwarna merah agak keunguan, rasa buahnya sendiri sedikit masam namun tetap didominasi oleh rasa manis. Diketahui bahwa harga jual buah mangga jenis ini sangat mahal karena mangga ini memiliki banyak keunggulan serta keunikan di dalamnya.

2. Mangga Emperor (Taiwan)

mangga emperorMenurut sumber, negara asal dari mangga dengan jenis emperor ini berada di Taiwan, namun negara ternyata pemasaran terbesar dari mangga emperor adalah di negara Thailand. mangga ini memiliki ciri-ciri buah yang berwarna ungu kehijauan apabila mangganya masih mentah dan akan berubah menjadi merah apabila buahnya sudah matang, daging buahnya memiliki rasa manis serta bertekstur lembut, kandungan air didalam buah mangga emperor dinilai cukup banyak.

Mangga emperor memiliki ukuran relatif lebih besar daripada jenis mangga lainnya, berat satu buah mangga bisa mencapai 3 kg. karena memiliki daging buah yang tebal membuat mangga ini dijadikan salah satu jenis mangga yang unggul.

 

3. Mangga Kiojay (Thailand)

Mangga Kiojay
Mangga Kiojay

Diklaim sebagai jenis mangga baru di Thailand, mangga kiojay ini memiliki ukuran yang sangat besar. Satu buah mangga kiojay bisa mencapai berat 2 kg. untuk karakteristik dari buah mangga kiojay adalah buah ini memiliki aroma yang harum disertai dengan rasa manis dan kadang orang bisa menyamakannya dengan mangga arumanis. Keunggulan mangga ini adalah mangga kiojay dapat ditanam serta dibudidayakan dalam pot.

 

4. Mangga Mahatir (Malaysia)

mangga MahatirMangga mahatir merupakan salah satu jenis mangga yang dijadikan primadona di negeri jiran Malaysia. Bagaimana tidak? Satu buah mangga mahatir saja beratnya bisa mencapai 3 kg, tidakkah itu terlalu jumbo untuk ukuran buah mangga?

Tak hanya karena ukurannya saja, mangga mahatir memiliki daging buah yang tebal dengan keistimewaan bijinya yang kecil. Untuk bentuk pohonnya, tidak terlalu tinggi namun dapat menghasilkan buah mangga berkualitas serta jumbo juga. mangga mahatir ternyata bisa ditanam di halaman rumah lo!

 

5. Mangga Chokanan (Thailand)

mangga Chokanan
mangga Chokanan

Jenis mangga satu ini berasal dari negara Thailand, buah mangga ini memiliki karakteristik daging buahnya yang terasa sangat manis bagai madu, memiliki bentuk buah yang lonjong dengan warna kuning. Keunikan buah mangga dengan jenis ini adalah buahnya dapat dimakan bahkan saat buahnya masih mentah.

Buah mangga chokanan memiliki rasa manis dari sebelum buah itu matang. Selain keunikan itu, cara perawatannya pun juga mudah karena buah ini dapat ditanam dalam pot dengan syarat mendapatkan cahaya matahari yang cukup, ya!

 

6. Mangga Yuwen (Taiwan)

mangga YuwenMangga yuwen merupakan salah satu jenis mangga yang baru dikembangkan oleh peneliti di Taiwan. Karena baru dikembangkan membuat mangga yuwen belum banyak dibudidayakan dan membuat harga dari mangga ini relatif tinggi. mangga yuwen memiliki warna kulit buah yang merah menggoda serta daging buahnya yang tebal dengan biji yang kecil.

Tak hanya itu saja, daging buahnya juga manis disertai sedikit masam membuat buah ini sangat pantas untuk digemari oleh banyak orang. Buah mangga yuwen dapat dimakan langsung maupun diolah lebih dahulu.

Nah itulah beberapa jenis mangga yang bisa kamu ketahui, banyak bukan? Banyak sekali, itu saja belum semua jenis mangga yang ada di dunia. Intinya semua jenis mangga memiliki keunikan serta karakteristik sendiri dan mayoritas buah mangga tumbuh dengan baik di daerah tropis seperti Indonesia.

 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lely Azizah