Best Seller Buku Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Jelajahi Best Seller Buku Produk Kreatif dan Kewirausahaan dari Gramedia yang disusun berdasarkan penjualan terbanyak

Smk/Mak Kl.Xii Produk Kreatif&Kewirausahaan Jl.C3 K/13

Smk/Mak Kl.Xii Produk Kreatif&Kewirausahaan Jl.C3 K/13

Smk/Mak Kl.Xii Produk Kreatif&Kewirausahaan Jl.C3 K/13Kikd17

Smk/Mak Kl.Xii Produk Kreatif&Kewirausahaan Jl.C3 K/13Kikd17

Smk/Mak Kl.Xi Produk Kreatif&Kewirausahaan Jl.C3 K/13 Rev

Smk/Mak Kl.Xi Produk Kreatif&Kewirausahaan Jl.C3 K/13 Rev

Smk/Mak Kl.Xii Produk Kreatif&Kewirausahaan Jl.C3 K/13 Rev

Smk/Mak Kl.Xii Produk Kreatif&Kewirausahaan Jl.C3 K/13 Rev

Contagious: Rahasia Di Balik Produk Dan Gagasan Yang Populer

Contagious: Rahasia Di Balik Produk Dan Gagasan Yang Populer

Terbongkar! Rahasia Bisnis Besar Impor Produk China (Update Version)

Terbongkar! Rahasia Bisnis Besar Impor Produk China (Update Version)

Cara Menjadi Kreatif Dan Genius

Cara Menjadi Kreatif Dan Genius

Cara Ampuh Menjadi Pribadi Produktif Dan Kreatif

Cara Ampuh Menjadi Pribadi Produktif Dan Kreatif

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

I am text block. Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Tetang Best Seller Buku Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Jelajahi best seller Best Seller Buku Akuntansi (Keuangan, Pengantar, Biaya) dari Gramedia. Buku disusun berdasarkan penjualan terbanyak.

Selengkapnya

    Berwirausaha adalah kegiatan mencari peluang, mengorganisir dan mengembangkannya menjadi sebuah usaha untuk memperoleh keuntungan. Di zaman sekarang, kewirausahaan semakin gencar dipromosikan kepada generasi muda. Terbukti dengan menjamurnya seminar tentang kewirausahaan di berbagai bidang. Pertanyaannya, bagaimana cara menjadi wirausaha sukses dengan modal sedikit? 

     

    Menjadi pengusaha dari nol memang bukan perkara gampang dan bahkan cenderung sulit. Apalagi modal yang dimiliki minim atau pas-pasan. Namun bukan berarti mustahil untuk dilakukan. Memulai sebuah bisnis adalah pilihan yang tepat apabila Anda menyukai kemandirian dan memiliki kreativitas dalam menemukan peluang. 

     

    Langkah-langkah menjadi pengusaha sukses juga sudah banyak disediakan di internet dan bisa dipelajari secara gratis. Bukankah Anda ingin menjadi seorang bos dan memperkejakan orang-orang di sekeliling? Kalau begitu simak pembahasan menarik di bawah ini. 

     

    Cara Menjadi Wirausaha Sukses Dengan Modal Sedikit

    1. Mengembangkan Sikap Seorang Pengusaha 

     

    Hal paling dasar yang perlu Anda lakukan untuk mulai terjun ke dunia kewirausahaan adalah mempelajari sikap-sikap seorang pengusaha. Ingat, yang membedakan pengusaha sukses dan tidak sukses adalah sikap mereka. Percuma Anda mempunyai sumber modal yang besar namun tidak meiliki mindset dan mental pengusaha. 

     

    Begitupun sebaliknya, ketika Anda memiliki mental dan mindset pengusaha maka bisnis yang sedang dikelola bisa dimaksimalkan meski modal sedikit atau pas-pasan.

     

    Tekun dan Kerja Keras

     

    Tekun adalah sikap sekaligus pondasi utama yang harus dimiliki oleh pengusaha. Tanpa ketekunan, bisnis akan berhenti di tengah jalan karena Anda harus menghadapi banyak masalah. Ingat, bisnis bukanlah jalan pintas untuk mendapatkan banyak uang.

     

    Sama seperti bekerja dan naik jabatan, proses perjalanan seorang pengusaha kurang lebih sama. Ada beberapa fase tertentu yang perlu dilewati sebelum usahanya membesar. Jika tidak memiliki ketekukan, Anda sudah pasti mudah menyerah. 

     

    Ketekunan saja juga tidak cukup, harus diimbangi dengan kerja keras. Kerja keras dibutuhkan untuk mendorong Anda terus maju ke depan apapun yang terjadi. Setelah dua pondasi ini Anda miliki, lanjut ke sikap pengusaha berikutnya.  

     

    Menantang Diri Sendiri

     

    Coba tanyakan kepada diri Anda, apakah sudah siap menghadapi semua tantangan di depan? Khususnya keraguan-keraguan yang muncul dari lingkungan sekitar. Mayoritas orang terdekat Anda pasti meragukan apakah usaha Anda bisa berhasil atau tidak. 

     

    Jika Anda masih belum lepas dari omongan orang dan tidak bisa menantang diri, kewirausahaan bukanlah bidang yang cocok untuk ditekuni. Tantangan di dunia bisnis lebih besar dari di dunia kerja.  

     

    Tidak Takut Mengambil Resiko

     

    Melanjutkan poin sebelumnya, dunia bisnis itu penuh resiko jadi Anda harus siap menerimanya. Risiko mengalami kebangkrutan yang bisa membuat seluruh waktu, tenaga dan modal hilang begitu saja. Setelah bisnis berjalan Anda juga dituntut untuk memutuskan beberapa hal penting guna bisnis terus survive. 

     

    Apabila Anda masih takut mengambil keputusan dan risikonya, sebaiknya urungkan niat menjadi wirausaha sukses. Mulai sekarang belajarlah berani mencoba berbagai macam ide yang muncul dikepala dan siap menanggung risikonya, tentu melalui beberapa pertimbangan matang terlebih dahulu.     

     

    Optimis dan Percaya Diri 

     

    Menjadi wirausaha sukses bisa dimulai dengan mengembangkan sikap optimis di setiap keputusan yang diambil. Yakinlah bahwa Anda menempuh jalan yang benar dan jika ternyata gagal jadikan sebagai pelajaran untuk berbenah di kemudian hari. 

    Dunia bisnis penuh ketidakpastian, oleh sebab itu Anda perlu percaya kepada diri sendiri dan selalu optimis. 

     

    Inovatif

     

    Seorang pengusaha harus bisa berpikir kritis dan peka terhadap kondisi di sekeliling. Pikirkan apa saja permasalahan yang sedang dihadapi oleh masyarakat sekitar, temukan solusi untuk mengatasinya dan rancang model bisnis sebaik mungkin.

     

    Sebagai contoh permasalahan utama di tengah-tengah masyarakat adalah susah mendapatkan air bersih di musim kemarau. Ide bisnis yang tepat adalah menjual air galon. Anda menyediakan opsi yang memungkinkan mereka mendapatkan air minum bersih dan sehat, sedangkan jatah air untuk minum bisa dipakai keperluan lain.

     

    Pada intinya adalah cari masalah, temukan solusi dan jual kebutuhan. Latihan berpikir kritis memudahkan Anda untuk menjadi wirausaha sukses.   

     

    1. Menentukan Jenis Bisnis

     

    Setelah yakin semua sikap pengusaha diatas bisa Anda miliki, sekarang saatnya mencari ide dan memilih jenis bisnis. Sebaiknya hindari bisnis yang berskala besar, mengingat Anda hanya memiliki modal sedikit. Perkirakan sendiri apakah modal yang dimiliki cukup untuk membuka usaha atau kurang. 

     

    Beberapa ide bisnis rumahan yang dirasa cocok untuk modal sedikit adalah warung sembako, jualan cilok keliling, usaha makanan ringan dan sebagainya.  

     

    1. Riset Pasar

     

    Cara menjadi wirausaha sukses dengan modal kecil berikutnya adalah melakukan riset pasar. Cari tahu apa saja yang dibutuhkan atau disukai oleh orang-orang sekitar dan berapa tinggi tingkat persaingannya.

     

    Sebagai contoh, sekarang sedang musim kemarau yang membuat cuaca panas. Ide jualan minuman segar tentu peluang yang sangat bagus. Namun tunggu dulu, cari tahu range harga minuman yang disukai oleh masyarakat sekitar. 

     

    Apakah mereka menyukai boba yang Rp. 8 ribuan, es kotak Rp.1 ribuan atau es buah Rp. 5 ribuan. Setelah mengetahui range harga yang laris, coba Anda buat minuman serupa. Ada banyak resep minuman segar yang ada di internet. 

     

    Usahakan tidak menjual produk yang sama persis, karena persaingan pasti ketat. Buat produk lain yang unik, tidak kalah lezat, dan bisa dijual di range harga sama. Jika memang ingin menjual produk sejenis, buat produk Anda memiliki nilai lebih dimata calon konsumen.

     

    Misal Anda ingin menjual keripik singkong. Anda bisa menambah varian rasa BBQ, pedas dan original. Masyarakat tentu merasa penasaran dengan produk-produk inovatif seperti ini, daripada produk pasaran yang sama persis dan mudah ditemukan di tempat lain.  

     

    1. Menghitung Modal

     

    Hitung semua pengeluaran yang dibutuhkan secara rinci, tanpa melewatkan satu hal apapun. Jika besarnya modal yang dibutuhkan terlalu besar, ganti dengan bisnis lain yang sekiranya lebih ringan atau pangkas pos-pos pengeluaran tertentu.

     

    Masih dalam bisnis keripik yang inovatif, Anda bisa mengurangi pilihan rasa atau fokus ke satu rasa terlebih dahulu. Kemasan juga tidak perlu yang mencolok, karena di awal-awal menjalankan bisnis yang terpenting adalah memperkenalkan produk ke konsumen.  

     

    1. Memanfaatkan Sumber Daya Yang Ada

     

    Cara menjadi wirausaha sukses dengan modal sedikit berikutnya adalah menggunakan sumber daya seadanya dahulu. Usahakan tidak menyewa tempat, karena membuat modal semakin membesar. Sebagai alternatif, Anda bisa mempromosikan barang dagangan melalui sosial media. 

     

    Tanpa harus menyewa ruko di lokasi strategis, produk Anda bisa diketahui oleh banyak orang. Selain itu, Anda juga tidak perlu membeli perabotan baru jika memang tidak terlalu dibutuhkan dan masih bisa diganti dengan barang-barang di rumah. 

     

    Opsi lain yang bisa membantu menghemat modal adalah membeli furnitur second. 

     

    1. Cari Bahan Baku Dengan Biaya Terendah 

     

    Modal sedikit bukan menjadi halangan Anda untuk menjadi wirausaha sukses. Banyak hal yang bisa diakali, salah satunya adalah bahan baku. Usahakan mencari bahan baku yang paling murah di sekitar. Untuk menemukannya perlu melakukan riset terlebih dahulu. 

     

    Baiklah, itu tadi adalah 6 cara menjadi wirausaha sukses dengan modal sedikit. Semoga bermanfaat dan memberi ide-ide baru kepada Anda yang baru belajar memulai bisnis.