in

10 Jenis Pisang Dan Cara Mengolahannya

Jenis – Jenis Pisang – Grameds, pastinya sudah tidak asing lagi dengan buah pisang ‘kan? Buah yang sangat cocok untuk dikonsumsi kapan saja dan di mana saja karena cara memakannya yang sangat mudah. Bahkan, ada sebagian orang yang menggunakan buah pisang untuk membantu menelan obat. Pisang termasuk buah yang bisa dikonsumsi oleh segala macam usia, mulai dari anak-anak hingga orang yang sudah tua.

Di dalam buah pisang terkandung karbohidrat yang cukup tinggi, sehingga sangat pas untuk dijadikan sebagai makanan pengganti nasi. Oleh sebab itu, bagi sebagian orang pisang dijadikan asupan untuk program diet.

Bahkan, berdasarkan catatan yang ada, kandungan karbohidrat pada buah pisang berada di tingkat kompleks sedang, sehingga dapat menggantikan energi yang telah digunakan. Namun, dalam proses menggantikan energi tersebut dibutuhkan waktu yang sedikit lebih lama. Terlebih lagi jika dibandingkan dengan biskuit, roti, dan nasi yang akan cepat menggantikan energi tubuh yang telah digunakan.

Grameds, lebih suka makan pisang jenis apa? Pisang memiliki berbagai macam jenis yang perlu diketahui oleh banyak orang. Dengan mengetahui jenis-jenis pisang kita akan mengolah pisang menjadi olahan yang lezat dan nikmat. Simak jenis-jenis pisang sebagai berikut.

Jenis-Jenis Pisang

Jenis-jenis pisang yang sering kita temui di para pedagang pisang ada 12 jenis, lalu apa saja jenis-jenis pisang itu? Tunggu apalagi, mari kita simak penjelasan tentang jenis-jenis pisang berikut ini.

1. Pisang Raja

Jenis pisang

Pisang raja ini memiliki bentuk seperti silinder dengan kulit sedikit tebal sekitar 3 milimeter dan bagian ujung pisang raja berbentuk bulat atau persegi empat. Bunga pada pisang raja akan tumbuh pada usia 14 bulan dan pisang akan matang pada 150-160 hari. Jika dilihat secara sekilas, pisang satu ini bentuknya hampir mirip dengan pisang Ambon. Adapun warna pisang raja yang biasa ditemui adalah warna kuning muda dan kuning tua.

Bagian daging buah pisang raja memiliki warna putih sedikit kekuning-kuningan atau kuning muda. Rasanya manis, tidak berbiji, dan sedikit keras. Namun, aroma pisang pada pisang raja kurang tercium oleh hidung.

Pisang raja ini memiliki banyak sekali manfaat terutama bagi kesehatan tubuh. Vitamin C yang terkandung pada pisang raja sangat cocok untuk antioksidan tubuh. Antioksidan itu sendiri sangat baik untuk tubuh karena dapat mencegah masuknya radikal bebas. Kandungan serat yang di pisang raja sangat cocok untuk kamu yang sedang sulit BAB.

Pisang ini sangat enak untuk dimakan langsung, tetapi jika kamu ingin mengolah menjadi makanan lain bisa saja. Misalnya pisang raja diolah menjadi kue nagasari (kue yang didalamnya terdapat pisang), bahan utama untuk es pisang ijo, hingga dapat diolah menjadi kue bolu.

2. Pisang Ambon

Jenis pisang

Pisang Ambon biasanya sering kita temui di pasar-pasar tradisional. Bentuk pisang ini agak melengkung dan sedikit lebih panjang. Kulit buah dari pisang Ambon kira-kira sekitar 2,4-3 millimeter. Bunga pada pisang ini akan muncul ketika sudah berusia 11-12 bulan serta pisang akan siap panen sekitar 4-5 bulan.

banner-promo-gramedia

Setiap satu tandan pisang Ambon pada umumnya terdiri dari 7-10 sisir serta setiap sisirnya terdapat 10-16 buah. Daging pisang ini berwarna putih atau putih kekuning-kuningan. Rasa dari pisang Ambon sangat manis dan pisang ini sangat aromanya bisa tercium.

Pisang Ambon juga memiliki beberapa jenis, seperti pisang Ambon putih, pisang Ambon hijau, pisang Ambon kuning, pisang Ambon badak, pisang Ambon Cavendish, dan pisang Ambon angleng.

Pisang yang rasanya manis ini memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh, sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi di sela-sela waktu kesibukan. Pertama, Kandungan kalori sebanyak 99 kkal/100 gram ini menandakan bahwa pisang Ambon sangat cocok untuk dijadikan sebagai sumber energi tubuh.

Kedua, pisang ini mengandung banyak sekali asam folat yang sangat baik bagi kesehatan ibu hamil karena dengan asam folat perkembangan otak pada bayi akan terjaga serta sumsum tulang belakang janin akan lebih terlindungi. Ketiga, mencegah terjadinya gangguan pada usus.

Pisang Ambon dapat dikonsumsi secara langsung oleh semua kalangan, baik itu orang anaka-anak atau orang dewasa. Selain dimakan secara langsung, pisang ini dapat diolah menjadi kue bolu dengan bahan dasar pisang, keripik pisang yang gurih, pancake pisang yang lezat, dan lain-lain.

3. Pisang Mas

Jenis pisang

Pohon pisang mas ini akan mengeluarkan bunganya ketika sudah berumur 12 bulan, kemudian setelah berbunga pisang akan siap panen sekitar 5,5 bulan. Pisang ini memiliki bentuk silinder dan cukup pendek. Bahkan, bentuk pisang mas jika dibandingkan dengan pisang lainnya bentuknya akan terlihat lebih kecil. Kulit dari pisang dengan bentuk silinder ini setebal 1 milimeter.

Daging buah pada pisang ini rasanya manis, tetapi sedikit kesat dan sepat. Aroma dari pisang ini tidak begitu kuat. Satu tandan pada pisang ini biasanya akan ditumbuhi oleh 4-6 sisir serta setiap sisirnya akan menghasilkan 6-8 buah.

Pisang mas sangat cocok untuk kamu yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi, karena dengan mengonsumsi pisang ini, maka tekanan darah kamu bisa turun. Selain itu, pisang mas memiliki kandungan mineral kaliym dan sodium yang rendah, sehingga mengonsumsi pisang mas akan mengurangi risiko terkenanya penyakit stroke atau jantung. Pisang mas sangat cocok untuk dijadikan sebagai asupan pengganti energi karena kandungan karbohidratnya cukup tinggi.

Meskipun pisang mas berbentuk kecil dari pisang lainnya, tetapi pisang ini dapat diolah menjadi makanan lain. Pisang mas dapat diolah menjadi pisang goreng yang renyah dan gurih. Bukan hanya digoreng saja, pisang ini dapat diolah menjadi brownies pisang dan bolu pisang.

4. Pisang Tanduk

Jenis pisang

Pisang tanduk memiliki bunga dengan warna ungu dan sebelah dalamnya warnanya merah. Selain itu, bentuk dari bunga pisang ini adalah bulat seperti telur. Kulit pada pisang ini bisa dikatakan lebih tebal dibandingkan dengan pisang-pisang lainnya. Selain kulitnya yang tebal, pisang ini juga memiliki panjang dari 23-28 cm.

Daging buah pisang tanduk rasanya kurang manis atau cenderung masam. Warna daging buah pisang ini berwarna putih atau kekuning-kuningan. Satu tandan pada pisang ini biasanya akan terdiri dari 1-5 sisir dan setiap satu sisirnya biasanya akan terdiri dari 10-12 buah.

Rasa daging buah yang cenderung asam membuat pisang ini sangat cocok untuk mengontrol gula darah. Dengan mengonsumsi pisang ini, energi kamu akan kembali tanpa harus takut akan gula darah naik. Konsumsi pisang tanduk secara rutin dapat mengurangi risiko terkenanya anemia dan pisang tanduk sangat cocok sebagai menjaga imun tubuh.

Selain dikonsumsi secara langsung, pisang tanduk sangat cocok untuk diolah menjadi pisang goreng krispi. Bahkan, dengan pisang goreng krispi, bisa kamu jadikan sebagai sebuah usaha.

5. Pisang Kepok

Jenis pisang

Pisang kepok memiliki jantung yang berbentuk bulat seperti telur dan kelopak luar dari jantung pisang warnanya ungu. Satu tandan pisang kepok biasanya memiliki panjang 30-60 cm serta satu tandanya terdiri dari 5-9 sisir dengan jumlah buah sebanyak 10-14 buah. Sementara itu, pisang ini berbentuk segitiga, segiempat, atau bulat.

Daging buah pada pisang kepok warnanya putih sedikit kekuning-kuningan. Rasa dari pisang ini sedikit keras atau kuran empuk dan teksturnya sedikit berkapur. Pisang kepok masih dibagi menjadi beberapa jenis, seperti pisang kepok kuning, pisang kepok siem cangklong, pisang kepok saba, pisang kepok gajih putih, dan pisang kepok gajih kuning.

banner-promo-gramedia

Pisang tanduk mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi, sehingga sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Kandungan vitamin C sangat cocok untuk meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga radikal bebas bisa dicegah agar tidak masuk ke dalam tubuh. Bagi ibu hamil, pisang kepok bisa dijadikan sebagai asupan untuk menambahkan energi tubuh.

Sudah bukan hal asing lagi jika pisang kepok sangat cocok untuk diolah menjadi beberapa masakan, seperti pisang goreng, bolu pisang, keripik, dan masih banyak lagi.

6. Pisang Uli

Jenis pisang

Jantung pisang uli bentuknya bulat serta bagian kelopak luarnya memiliki warna ungu dengan sebelah dalamnya warnanya merah. Satu tandan pisang uli pada umumnya memiliki panjang 1,5-1,7 meter dan satu tandan terdapat 4-8 sisir. Kemudian, satu sisir terdiri dari 6-8 buah serta kulitnya sangat tipis.

Pisang uli memilik daging buah yang yang kurang manis atau sedikit sepat serta teksturnya sedikit lembek. Aroma pada pisang uli tidak bergitu tercium. Pisang yang termasuk ke dalam jenis pisang uli, seperti pisang janten, pisang jari buaya, pisang ampyang, dan pisang kayu.

Manfaat pisang uli bagi kesehatan tubuh, seperti menyeimbangkan gula darah tubuh, memberikan energi untuk tubuh, melancarkan BAB, dan mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh. Semua manfaat itu bisa dirasakan pisang uli memiliki kandungan berupa serat yang banyak, vitamin dan antioksidan, dan nutrisi yang cukup.

Pisang uli sangat cocok untuk diolah menjadi pisang goreng karena teksturnya yang sedikiit empuk, sehingga tidak butuh waktu lama ketika menggorengnya.

7. Pisang Klutuk

Jenis pisang

Pisang klutuk memiliki jantung pisang yang berbentuk bulat dan bagian luar kelopak berwarna ungu. Pisang ini berbentuk segi empat atau segitiga dan kulitnya cukup tebal. Satu tandan pada pisang ini biasanya ada 5-7 sisir dan satu sisirnya memiliki 12-18 buah. Satu tandan pisang klutuk ini bisa mencapai panjang 80-100 cm.

Berbeda dengan pisang-pisang lainnya, pisang klutuk ini memiliki biji di dalam daging pisangnya. Selain itu, warna pisang ini berupa putih sedikit kekuning-kuningan. Teksturnya yang cenderung kasar dan rasanya kurang manis membuat pisang ini jarang dikonsumsi secara langsung.

Meskipun di dalam pisang itu terdapat biji, tetapi ternyata pisang klutuk sangat cocok untuk dijadikan obat, seperti obat sariawan, obat mencret, mengatasi rambut rontok, dan lain-lain. Selain itu, pisang klutuk dapat dijadikan bahan makanan untuk pakan burung dan mla

Olahan dari pisang klutuk biasanya kita lihat di tukang yang menjual rujak bebek. Grames, pernah makan rujak bebek? Rujak bebek itu rujak yang semua bahannya dibebek atau ditumbuk di dalam cobek.

8. Pisang Lampung

banner-promo-gramedia

Jenis pisang

Pisang Lampung termasuk ke dalam pisang yang berukuran kecil dan jika dilihat secara sekilas pisang Lampung hampir sama dengan pisang mas. Perbedaannya dengan pisang mas terletak pada ujung buah pisang. Ujung dari pisang Lampung berbentuk lancip serta ujung dari pisang mas berbentuk tumpul.

Pisang ini biasanya satu tandan berisi 6-8 sisir dan setiap sisirnya memiliki 18-20 buah. Rasa dari pisang lampung sangat manis dan aromanya sangat kuat, sehingga sangat pas untuk dijadikan sebagai makanan pencuci mulut.

Sebaiknya kamu jangan pernah ragu untuk mengonsumsi pisang Lampung karena didalamnya terdapat banyak sekali kandungan nutrisi yang diperlukan bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, pisang Lampung memiliki beberapa manfaat, seperti mencegah terjadinya kanker usus besar, meningkatkan imunitas tubuh, sebagai sumber energi atau penambah stamina, da sangat cocok dikonsumsi untuk program diet.

Meskipun pisang Lampung sering dikonsumsi secara langsung, tetapi tak sedikit orang mengolah pisang Lampung untuk dijadikan beberapa masakan.  Masakan-masakan yang terbuat dari pisang Lampung, seperti kue gaguduh, bolu pisang Lampung, banana pillow, pie susu, dan lain-lain.

9. Pisang Susu

Jenis piesang

Pisang susu bisa dikatakan sebagai pisang yang sangat disukai oleh anak-anak karena ukurannya yang kecil dan kulitnya yang tipis. Pisang susu ini berbentuk melengkung tanpa siku. Pada umumnya, pisang ini memiliki kulit dengan warna kuning cerah dan sedikit ada bintik-bintik hitam kecokelatan.

Daging buah dari pisang susu berwarna putih sedikit kekuning-kuningan. Rasa dari pisang susu sangat manis seperti ada rasa manis pada susu. Oleh karena itu, pisang ini sering dimakan secara langsung.

Pisang susu memiliki manfaat yang sangat baik terutama bagi kesehatan otot tubuh karena pisang ini memiliki kandungan pottasium. Pisang yang disukai oleh anak-anak dapat memperlancar peredaran darah. Dapat digunakan sebagai sumber makanan untuk bayi.

Pisang susu memang dikenal sebagai pisang yang sering dimakan langsung, tetapi pisang ini ternyata bisa diolah menjadi makanan lain, seperti bolu kukus pisang susu, pisang susu keju, nugget pisang susu, dan sebagainya.

tombol beli buku

10. Pisang Cavendish

Jenis piesang

Pisang cavendish merupakan pisang dengan bentuk melengkung dan panjang sekitar 14-15 cm. Daging pada pisang cavendish sangat manis, sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi langsung. Selain itu, tekstur daging buah pada pisang ini sangat lembut, padat, dan sedikit ada rasa asam.

Kulit buah dari pisang ini warnanya kuning bersih. Warna kuning bersih pada pisang ini membuat kebanyakan orang mengira kalau pisang ini merupakan pisang impor. Pisang cavendish juga dikenal dengan nama lain yaitu pisang Ambon putih. Hal ini disebabkan karena pisang ini sudah banyak dibudidayakan di wilayah Lampung. Oleh karena itu, pisang cavendish sering disebut sebagai primadona pisang Indonesia.

Banyaknya permintaan dari luar negeri membuat pisang ini semakin populer di pasar dunia. Pisang cavendish bisa dikatakan sebagai salah satu jenis pisang yang diekspor dan memiliki nilai jual tinggi.

Pisang cavendish sangat disukai oleh banyak orang karena rasanya yang khas. Selain rasanya yang khas, pisang ini memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti menjaga kesehatan mata. Bahkan, di Nigeria, pisang ini dijadikan obat Orinol atau obat untuk menyembuhkan katarak.

Dengan mengonsumsi pisang ini, maka kesehatan ginjal akan terjaga. Hal ini dikarenakan kandungan pottasium yang ada di dalam pisang cavendish.

Pisang cavendish dikonsumsi secara langsung saja sudah enak dan lezat apalagi diolah menjadi beberapa masakan, seperti bolu pisang cavendish, banana coffee with ice cream, pisang lumer, dan lain-lain.

Kesimpulan

Pisang adalah buah yang kaya akan serat dan karbohidrat, sehingga sangat baik untuk dijadikan sebagai asupan di tengah-tengah waktu kesibukan. Pada umumnya hampir setiap jenis pisang dapat dikonsumsi secara langsung. Namun, bagi kamu yang kurang suka mengonsumsi pisang secara langsung dapat diolah menjadi beberapa makanan, seperti pisang goreng, kue bolu, brownies, dan lain-lain.

tombol beli buku

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Restu