in

12 Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah, Rambut, Kulit & Kesehatan

12 Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah, Rambut, Kulit & Kesehatan – Lidah buaya atau aloe vera adalah tanaman yang pada bagian daunnya mempunyai daging tebal. Tanaman ini diperkirakan sudah ada sejak lama. Tanaman lidah buaya juga mempunyai beberapa manfaat baik itu untuk kesehatan tubuh atau kecantikan. Hal itu dikarenakan banyaknya nutrisi yang terkandung di dalam lidah buaya.

Lidah buaya adalah tanaman sering dijumpai di lingkungan masyarakat serta dikenal dengan sebagai tanaman hias. Bahkan tanaman ini bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit, seperti rematik, diabetes, kanker, maag, hepatitis, dan sebagainya.

Selain itu, tanaman lidah buaya bisa dimanfaatkan untuk mengurangi risiko stres dan kecanduan. Hal ini dikarenakan tanaman ini mengandung nutrisi yang cukup tinggi bagi tubuh manusia. Dari hasil penelitian menyatakan bahwa karbohidrat adalah komponen paling banyak setelah air yang terkandung di dalam lidah buaya.

Kandungan Lidah Buaya

Berdasarkan beberapa penelitian menyatakan bahwa tanaman lidah buaya adalah tanaman yang memiliki banyak kandungan, seperti mineral, vitamin, enzim, asam amino, mineral, dan kandungan-kandungan lainnya. Berikut beberapa kandungan yang ada di lidah buaya.

1. Kandungan Cairan

Tanaman lidah buaya ini mempunyai dua jenis cairan, pertama, cairan bening seperti gel dan kedua, cairan berwarna kekuningan yang di dalamnya terkancung aloin.

a. Cairan Bening (Gel atau Lendir Lidah Buaya)

Cairan bening yang ada di lidah buaya bisa didapatkan dengan cara membelah bagian daunnya. Gel lidah buaya dapat digunakan untuk menyembuhkan luka bakar, luka, eksim, mempercepat tingkat penyembuhan, dan memberikan lapisan pelindung pada bagian tubuh yang rusak.

Selain itu, gel lidah buaya juga mengandung zat antibakteri dan antijamur yang dapat menstimulasi fibroblas, yaitu sel-sel kulit yang berfungsi untuk menyembuhkan luka.

b. Cairan Berwarna Kekuningan

Cairan dengan warna kekuningan biasanya dikenal dengan sebutan eksudat. Eksudat adalah getah yang keluar ketika daun lidah buaya dipotong. Cairan ini berbentuk kental dan rasanya pahit. Eksudat berada di pangkal daun atau pelepah serta mengandung aloin. Aloin mempunyai fungsi sebagai bahan laksatif atau pencahar.

2. Zat-Zat yang Ada di Lidah Buaya

Beberapa penelitian menyatakan bahwa unsur cairan yang ada di lidah buaya adalah aloin, emodin, resin, gum, dan unsur lain seperti minyak atsiri. Bukan hanya itu, lidah buaya juga mengandung banyak vitamin A, B1, B2, B12, C, dan E.

Sedangkan enzim yang terkandung dalam lidah buaya, seperti amilase, catalase, cellulase, carboxypeptidase, carpoxyhelclase, dan bradykinase yang berfungsi sebagai penyeimbang kerja zat gizi lainnya.

Lidah buaya juga mengandung beberapa asam amino, seperti arginin, asparagine, asam aspartat, serin, glutamine, treonin, isin, urosim, phenylalanine, prelin, histidine, leusin, dan isoleusin. Asam amino itu sendiri dapat berfungsi sebagai pembangun sel-sel dan jaringan tubuh.

Dalam lidah buaya juga terkandung sekumpulan mineral makro dan mikro yang diperlukan untuk tubuh, seperti kalsium, magnesium, polassium, sodium, besi, seng, dan kromonium.

Hasil kandungan vitamin dan nutrisi yang ditemukan dalam 100 gram lidah buaya adalah sebagai berikut.

gramedia obf
  1. Kandungan vitamin B1 sebanyak 0,01 miligram
  2. Kandungan zat besi sebanyak 0,8 milligram
  3. Kandungan fosfor sebanyak 186 miligram
  4. Kandungan kalsium sebanyak 85 miligram
  5. Kandungan karbohidrat sebanyak 0,2 milligram
  6. Kandungan karbohidrat sebanyak 0,4 gram
  7. Kandungan protein sebanyak 0,1 gram
  8. Kandungan lemak sebanyak 0,2 gram
  9. Kandungan energi sebanyak 4 kilokalori
Intensif Budidaya Lidah Buaya : SPM
Intensif Budidaya Lidah Buaya : SPM

tombol beli buku

Lidah buaya atau aloe vera merupakan tanaman herbal yang cukup mudah untuk dibudidayakan di Indonesia. Tanaman ini sangat mudah didapatkan, baik itu ditanam di dalam rumah sebagai hiasan maupun ditanam di pekarangan rumah yang luas.

Buku ini akan mengulas lebih jauh terkait budi daya lidah buaya atau aloe vera, mulai dari persiapan hingga pascapanen.

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

Tanaman lidah buaya atau aloe vera saat ini telah dibudidayakan karena mempunyai banyak sekali manfaat. Adapun beberapa manfaat lidah buaya untuk kesehatan sebagai berikut.

1. Obat HIV/AIDS

Mannose adalah salah satu jenis gula yang terkandung dalam gel lidah buaya. Zat mannose adalah zat yang berfungsi sebagai sistem pertahanan tubuh yang dapat menghambat kerja virus HIV dengan cara menstimulasi atau merangsang sistem kerja kekebalan tubuh penderita HIV/AIDS.

Bukan hanya itu, lidah buaya juga dapat dimanfaatkan sebagai nutrisi pendukung bagi penderita HIV/AIDS.

Pemakaian lidah buaya untuk obat HIV/AIDS dapat berupa lendir lidah buaya dalam bentuk segar atau dalam bentuk bahan seperti kapsul, jus, makanan, dan minuman kesehatan.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah

Diabetes termasuk ke dalam salah satu penyakit yang sering dijumpai di masyarakat dan termasuk penyakit yang sangat berbahaya. Penyakit ini sering muncul karena pola hidup yang tidak sehat.

Untuk menurunkan kadar gula dara pada penderita diabetes dapat menggunakan lidah buaya. Dengan penggunaan lidah buaya secara baik dan benar maka kandungan gula bisa kembali normal.

Di dalam lidah buaya terdapat kandungan tiga senyawa penting, yaitu lektin, mannans, dan anthraquinones. Ketiga senyawa tersebut dapat mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

Dengan membuat jus lidah buaya maka kadar gula yang ada di dalam tubuh bisa terjaga dan tetap normal. Hal itu diperkuat dengan pernyataan para ahli yang menyatakan bahwa ekstrak tanaman lidah buaya dapat menyerap gula yang baru masuk ke dalam tubuh.

3. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa kandungan senyawa pektin dalam tanaman lidah buaya dapat mencegah pertumbuhan sel kanker, mengaktifkan sistem pertahanan tubuh, dan mendorong pertumbuhan sel sehat.

Fungsi lidah buaya terhadap penyakit kanker untuk menstimulasi sistem kekebalan tubuh. Lidah buaya akan mengaktifkan makropage yang berperan melepas substansi pengaktif kekebalan dan antikanker, seperti interferm, interleukins, dan faktor nekrosis tumor.

4. Untuk Program Diet 

Lidah buaya sangat terkenal dengan kaya protein. Kandungan protein yang di dalam lidah buaya sangat baik untuk kamu yang sedang menjalankan program diet.

Selain itu, kandungan terdapat pada lidah buaya juga bisa membantu melancarkan pencernaan dan yang lebih penting bisa membuat kamu lebih kenyang tanpa harus memikirkan berat badan naik.

Dengan demikian, jangan ragu untuk mengonsumsi lidah buaya serta memasukkannya ke dalam program diet. Lidah buaya yang untuk program diet dapat diolah menjadi jus lidah buaya.

5. Membantu Penyembuhan Luka

Komponen saponin terkandung di dalam lidah buaya. Komponen saponin ini sangat bermanfaat bagi kesehatan karena dapat membunuh kuman serta senyawa antrakuinon dan kuinon sebagai antibiotik dan penghilang rasa sakit.

Zat-zat itulah yang dapat merangsang pertumbuhan pada kulit sehingga penyembuhan luka bisa dilakukan sekitar tiga bulan tergantung besarnya luka itu.

Adapun luka-luka yang dimaksud, seperti radiasi kulit, luka bakar, borok, dan infeksi kulit. Semua luka-luka itu dapat diobati dengan daun yang sudah dipotong atau dengan salep lidah buaya. Dengan pemakaian teratur, kulit yang luka akan sembuh kembali.

6. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan yang sering terjadi adalah maag, sembelit, dan gangguan yang terjadi pada dinding usus. Gangguan-gangguan pencernaan ini jika tidak segera diatasi akan berdampak kurang baik bagi kesehatan.

gramedia obf

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mencegah atau mengatasi gangguan pencernaan, salah satu caranya adalah dengan jus lidah buaya. Jus lidah buaya dipercaya dapat mencegah dan mengatasi gangguan pencernaan karena didalamnya terkandung banyak nutrisi.

Lidah itu sendiri mengandung lendir atau cairan dan antrakuinon yang bersifat laksatif. Lendir dan antrakuinon ini sangat bermanfaat karena bisa melancarkan buang air besar.

7. Mencegah Peradangan

Pada dasarnya, peradangan bukan hanya terjadi pada tenggorokan, tetapi bisa terjadi pada sel atau tulang. Peradangan tulang yang terjadi secara terus menerus bisa dicegah dengan mengonsumsi lidah buaya.

Lidah buaya mengandung vitamin, serat, mineral, dan zat lainnya. Semua kandungan tersebut bisa mencegah terjadinya peradangan yang terjadi di dalam tubuh. Konsumsi lidah buaya secara teratur akan sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Tanaman Obat Indonesia - Buku 3
Tanaman Obat Indonesia – Buku 3

tombol beli buku

E-Book “Tanaman Obat Indonesia” ini adalah buku dengan fokus ulasan yang berbeda. Penyusunan materi didukung dengan data-data yang umumnya diperlukan dalam penelitian, khususnya penelitian dengan teori berbasis bukti. Buku Tanaman Obat Indonesia ini membahas lebih kurang 100 monograf tanaman berkhasiat, yang mana diterbitkan dalam tiga buku. Buku (Jilid) ke-3 membahas 30 tanaman obat.

Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan

Setelah mengetahui manfaat lidah buaya untuk kesehatan, selanjutnya yang akan dibahas adalah manfaat lidah buaya untuk kecantikan. Berikut manfaat-manfaat lidah buaya untuk kecantikan.

1. Pemeliharaan Rambut

Pada umumnya, tanaman lidah buaya dijadikan bahan utama shampo. Hal ini dikarenakan lendir yang dihasilkan dari tanaman lidah buaya dapat dimanfaatkan untuk menyuburkan rambut. Eksudat (getah daun yang keluar bila dipotong) secara tradisional dapat langsung digunakan untuk pemeliharaan rambut.

Pemeliharaan rambut yang dimaksud, seperti memperkuat rambut supaya tidak mudah rontok dan menjaga kualitas rambut setelah terkena sinar matahari. Penggunaan lidah buaya yang baik dan benar bisa membuat rambut lebih terjaga.

Bukan hanya itu, lidah buaya juga bisa digunakan sebagai masker rambut. Adapun cara membuat masker sangat mudah untuk dilakukan. Pertama, potong atau belah 2 sampai tiga lidah buaya, lalu kupas kulitnya serta daging buah lidah buaya dihaluskan. Kedua, balurkan lendir lidah buaya dari akar sampai ujung rambut. Ketiga, pijat kepala secara perlahan-lahan dan diamkan sekitar satu jam. Keempat, jika sudah didiamkan sekitar satu jam, kemudian bilas dengan air bersih sampai bersih.

2. Melembapkan Kulit

Lidah buaya yang dipotong dan diambil lendirnya, kemudian dicampur dengan minyak esensial tea tree bisa dipakai untuk melembapkan kulit yang kering.

Setelah mencampurkan kedua bahan itu. Selanjutnya oleskan kedua bahan itu pada bagian kulit yang kering. Kemudian diamkan selama 10 sampai 15 menit, setelah itu bilas dengan air dingin.

Lendir lidah buaya yang diambil dan ditempelkan atau dioleskan pada permukaan kulit yang kering akan memberikan yang sangat baik kesehatan kulit.

Penggunaan lidah buaya secara teratur dapat menjaga kulit menjadi tidak mudah kering dan kelembapan kulit akan terjaga. Kondisi kulit yang terjaga dengan baik maka bisa mencegah kulit mati atau rusak karena terpapar sinar matahari langsung.

3. Menjaga Kelembapan Wajah



Lendir lidah buaya dioleskan pada permukaan kulit wajah, seperti masker, bisa memberikan manfaat yang baik pada kecantikan wajah.

Penggunaan masker lidah buaya secara rutin dapat menjaga kulit wajah supaya tetap lembap dan kencang. Kondisi kulit wajah yang lembap dan kencang akan dapat menjaga wajah semakin bersih.

Selain membuat wajah menjadi bersih, kulit yang lembap dan kencang bisa mencegah terjadinya penuaan dini. Hal itu dikarenakan sel-sel kulit tidak cepat kering dan rusak serta mengurangi kerutan-kerutan pada wajah.

4. Mencegah Gatal di Kulit Kepala

Penyakit gatal yang terjadi pada kulit kepala disebut dengan nama pruritus. Penyakit gatal pada kepala bisa disembuhkan menggunakan lidah buaya.

Mengapa lidah buaya bisa mencegah gatal pada kulit kepala? Hal ini dikarenakan lidah buaya mengandung enzim yang bisa mencegah penyakit tersebut.

Oleh karena itu, penggunaan lidah buaya sangat dianjurkan supaya penyakit gatal pada kulit kepala bisa sembuh. Agar penyakit gatal pada kepala tidak ada lagi maka bisa melakukan perawatan pada kulit kepala dengan menggunakan lidah buaya secara rutin.

5. Menghilangkan Jerawat

Kandungan lidah buaya yang kaya akan vitamin membuat lidah buaya dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat atau bekas jerawat itu sendiri. Hilangnya jerawat atau bekasnya membuat wajah terlihat bersih sehingga akan meningkatkan rasa percaya diri.

Gangguan jerawat dan jerawat akan hilang jika perawatan wajah dengan lidah buaya dilakukan secara rutin. Perawatan yang rutin akan menghasilkan yang baik yaitu wajah menjadi bersih.

Kitab Tanaman Obat Nusantara (2019)
Kitab Tanaman Obat Nusantara (2019)

tombol beli buku

Kitab Tanaman Obat Nusantara ini dimaksudkan untuk membantu kalian mengenali tanaman yang memiliki khasiat menyembuhkan penyakit. Tanaman yang ada dalam buku ini dilengkapi dengan foto, deskripsi lengkap, bagian-bagian tanaman yang berkhasiat menyembuhkan, cara pemakaiannya, dan kandungan yang dimilikinya. Menjadi lebih mudah dipakai karena buku ini disertai indeks pengobatan.

Produk-Produk dari Lidah Buaya

Selain bisa dimanfaatkan sebagai kesehatan dan kecantikan, lidah buaya juga bisa dijadikan sebagai peluang usaha. Peluang usaha yang dimaksud adalah membuat produk-produk yang terbuat dari lidah buaya.

Produk-produk yang terbuat dari lidah buaya, seperti dodol, selai, cendol, dan lain-lain.Berikut beberapa produk-produk yang terbuat dari lidah buaya.

1. Jeli Lidah Buaya

Daun lidah buaya dapat dijadikan sebagai bahan baku makanan. Untuk membuat lidah buaya menjadi bahan baku makanan dapat dilakukan dengan cara merebus lidah buaya.

Namun, sebelum merebus lidah buaya sebaiknya kulit daun lidah buaya dikupas terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan kulit lidah buaya memiliki rasa yang sangat pahit. Rasa pahit ini akan mengganggu lidah kita ketika memakan makanan lidah buaya.

Setelah membuang kulit daun sudah memotong-motong gel-nya maka sebaiknya dicuci dahulu supaya bau gel-nya akan hilang dan lidah buaya enak untuk dimakan.

Panas dan waktu memasak harus terus diperhatikan supaya tingkat kematangan lidah buaya sempurna. Selain itu, waktu memasak yang terlalu cepat, bau dari lidah buaya tidak akan hilang.

2. Tepung Lidah Buaya

Munculnya ide tepung lidah buaya dikarenakan lendir lidah buaya sangat sensitif terhadap suhu, udara, dan cahaya sehingga tidak tahan lama. Lidah buaya mudah teroksidasi karena didalamnya mengandung enzim oksidase.

Tepung lidah buaya ini memiliki beberapa keuntungan, seperti memudahkan penyimpanan, bisa digunakan untuk campuran pakan ternak, bisa menjadi bahan untuk bahan kecantikan, dan lain-lain.

3. Selai Lidah Buaya

Selai lidah buaya adalah selai yang terbuat dari lidah buaya dengan campuran asam sitrat, agar-agar, dan bahan pengawet (natrium benzoat). Sebelum dicampurkan dengan ketiga bahan tersebut, daging lidah buaya dipotong, direbus, dan dihancurkan terlebih dahulu.

4. Dodol Lidah Buaya

Dodol lidah buaya adalah dodol yang bahan utamanya adalah lidah buaya yang dicampurkan dengan tepung ketan dan tepung beras. Setelah semua bahan dicampurkan, aduk adonan hingga tidak lengket.

Untuk menambah kenikmatan pada dodol sebaiknya ditambahkan santan dan gula yang sudah dimasak hingga mengental. Buatlah kemasan yang menarik supaya pembeli tertarik untuk membelinya.

5. Sirup Lidah Buaya

Lidah buaya dalam bentuk sirup bisa dijadikan sebagai peluang usaha karena sirup lidah buaya sangat jarang untuk ditemukan. Lidah buaya yang diolah menjadi sirup akan bisa bertahan lama jika tutupnya tertutup dengan rapat.

Dengan mengambil sari lidah buaya (sudah dibuang ampasnya) dan merebusnya dena satu liter air, lalu tambahkan pewarna dan vanili sesuai selera. Kemudian rebus hingga mendidih. Jika sudah mendidih, segera dinginkan dan masukkan ke dalam botol.

Why? Plants - Tanaman
Why? Plants – Tanaman

tombol beli buku

Ada berbagai jenis tanaman di dunia ini. Melalui bunga dan daunnya, tanaman bisa menyegarkan mata dan menenangkan hati kita. Selain itu, tanaman juga menghasilkan oksigen untuk kita bernapas.

Sebaliknya, hasil pernapasan manusia mengeluarkan karbondioksida yang kemudian diuraikan oleh tumbuhan. Dalam buku ini akan dijelaskan pentingnya tanaman bagi kehidupan manusia, dan diharapkan ada hubungan timbal balik antara manusia dengan tanaman, yaitu hubungan untuk saling membantu.

Kesimpulan

Lidah buaya adalah tanaman hias yang daunnya memiliki duri yang cukup tajam. Namun, dibalik daun yang berduri itu, didalamnya terdapat lendir lidah buaya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan. Bahkan, daging lidah buaya juga bisa dijadikan sebagai berbagai macam produk-produk yang layak jual.

Semua produk-produk yang terbuat dari lidah buaya pada dasarnya sangatlah mudah untuk dibuat dan sangat berpeluang untuk dijadikan peluang usaha. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mencoba olahan-olahan dari lidah buaya dan segera jual olahannya kepada orang-orang terdekat terlebih dahulu.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Tasya Talitha