in

Manfaat Daun Insulin Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Manfaat daun insulin – Daun insulin, bendera Spiral, anak tangga, adalah beberapa nama yang sudah diberikan kepada Costus Igneus Nak. Ternyata, tanaman yang satu ini juga dikenal dengan nama botani sebagai Chamaecostus cuspidatus. Tanaman asli Amerika Selatan dan juga Amerika Tengah ini, berasal dari keluarga tanaman Costaceae dan juga termasuk di antara genus Costus. Tumbuhan yang satu ini terdiri dari 150 spesies, Costus merupakan yang terbesar dalam keluarga dan banyak ditemukan di daerah beriklim tropis.

Meskipun berasal dari Amerika, tetapi tanaman yang satu ini bisa ditemukan tumbuh padat di taman-taman yang ada di India Selatan, yang telah dikenal dengan sebutan “Tanaman Insulin”. Lalu, apakah benar bahwa manfaat daun insulin bisa mengatasi diabetes, yang sulit untuk ditemukan obatnya?

Sejarah Singkat Daun Insulin

Menurut sejarahnya, tanaman yang satu ini dijuluki sebagai Mexican Sunflower karena tanaman ini berasal dari Meksiko yang kemudian menyebar ke Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan juga ke Asia serta Afrika. Pada awalnya, tanaman yang satu ini tidak digunakan sebagai tanaman obat, tapi sebagai tanaman hias karena tampilan bunganya yang sangat indah.

Di Indonesia sendiri, masyarakat lebih mengenal tanaman ini dengan nama daun insulin dan lebih dikenal sebagai tanaman hias dibandingkan dengan tanaman herbal. Budidayanya juga tergolong masih baru, yakni sekitar 8 hingga 9 tahun terakhir. Akan tetapi, seiring dengan berkembangnya daun insulin sebagai obat diabetes, permintaan akan tanaman ini mulai meningkat dan mengundang banyak orang untuk membudidayakannya. Beberapa daerah yang ada di Indonesia yang membudidayakan tanaman ini yaitu Bandung, Wonosobo, dan Yogyakarta.

Kandungan Zat Aktif di dalam Daun Insulin

Daun insulin mempunyai kandungan fruktosa yang terdiri dari 35 persen fruktosa bebas dan 25 persen fruktosa terikat. Kandungan fruktosa itulah yang bermanfaat untuk penderita diabetes karena diketahui bisa mencegah dari hiperglikemia atau meningkatnya kadar gula darah. Umbinya sendiri juga mengandung fructooligosaccharide yakni salah satu probiotik baik yang memungkinkan tubuh untuk menyerap nutrisi secara mudah dan juga maksimal.

Umbi dari tanaman ini juga mempunyai ciri yakni berwarna coklat, berbentuk mirip seperti singkong, daging umbinya yang berwarna putih kekuningan, dan mempunyai rasa yang sedikit manis.

Beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa daun insulin ini juga mengandung beberapa senyawa aktif seperti misalnya glikosida, flavonoid, alkaloid, tanin, saponin, steroid, dan aloksan yang bisa bertindak sebagai antioksidan, antidiabetes, dan juga antibakteri.

Di dalam jurnal Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah yang diterbitkan pada tahun 2014, menemukan bahwa ekstrak dari daun insulin terbukti bisa menurunkan kadar glukosa pada tikus yang sudah diinduksi diabetes.

Fakta Ilmiah Penelitian Daun Insulin

Studi klinis awal yang telah diterbitkan oleh The Journal of Ethnopharmacology di tahun 2001, menyatakan bahwa pemberian rebusan daun insulin pada tikus percobaan selama 30 hari bisa menurunkan kadar glukosa di dalam darah secara signifikan. Selain itu, daun insulin juga sangat berpengaruh pada penurunan berat badan yang sehat terhadap tikus tersebut. Kemudian, studi klinis yang diterbitkan di Chemico-Biological Interactions yang dilakukan pada tahun 2010, tim ilmuwan menguji kadar glukosa dalam darah dan juga insulin tikus yang diinjeksi diabetes dengan menggunakan ekstrak daun insulin selama 8 minggu.

Setelah 8 minggu penggunaan ekstrak dari daun insulin, hasilnya pun positif. Hal tersebut dibuktikan dengan kemampuan daun insulin dalam mengendalikan kadar insulin dan juga glikemik pada tikus percobaan. Akan tetapi, pada studi jangka panjang daun insulin pada tahun 2011, memberikan kabar yang cukup mengecewakan. Saat tahun 2011, tim ilmuwan Brazil memutuskan untuk menguji efek jangka panjang ekstrak daun insulin pada tikus diabetes, dengan mengutip studi yang telah dilakukan sebelumnya.

Studi ini berlangsung selama kurang lebih 90 hari dan di akhir penelitian, baik itu teh daun insulin atau ekstrak daunnya sudah menyebabkan kerusakan ginjal dan juga meningkatkan kadar glukosa darah pada tikus percobaan. Para ilmuwan mendapatkan kesimpulan bahwa efek positif dari daun insulin bersifat reversibel dan mengandung tingkat terpenoid yang bisa merusak ginjal. Hal itulah yang membuat mereka tidak merekomendasikan daun insulin dalam pengobatan diabetes terlebih dalam jangka yang cukup panjang.

Manfaat Daun Insulin

pixabay

Menurut laman Defeat Diabetes Foundation, terdapat sekumpulan studi yang diterbitkan dan menjelaskan tentang korelasi positif antara daun insulin dan penderita diabetes. Daun yang satu ini kaya akan protein, zat besi, dan beberapa komponen antioksidan seperti a-tokoferol dan Betakaroten. Dari berbagai penelitian tersebut, ditemukan bahwa kandungan daun insulin membuatnya kaya akan manfaat. Berikut ini adalah beberapa kandungan yang ada di dalam daun insulin, antara lain:

  • Alpha-tocopherol
  • Beta-karoten
  • Steroid
  • Flavonoid
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Alkaloid
  • Tannin saponin

Tanaman yang satu ini, dalam kombinasi dengan konten “insulin alami” akan membantu kemampuan C.igneus untuk menurunkan kadar gula dalam darah pada penderita diabetes. Dengan mengonsumsi daun insulin dengan rutin, dipercaya bisa menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Pernyataan tersebut diperkuat oleh sebuah penelitian. NCBI yang secara spesifik melakukan penelitian tentang manfaat daun insulin terhadap kadar gula dalam darah pada penderita diabetes di India.

Dari penelitian tersebut, peneliti juga membandingkan efektivitas tanaman insulin tersebut dengan keampuhan obat diabetes. Jurnal yang diterbitkan oleh US National Library of Medicine mengungkapkan bahwa konsumsi daun insulin ini dipercaya bisa menurunkan kadar glukosa darah. Penderita diabetes yang mengonsumsi daun insulin juga bisa mengalami penurunan kadar glukosa dalam darahnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat daun insulin lain yang harus kamu ketahui, antara lain:

1. Anti Bakteri

Ekstrak daun insulin ini diketahui bersifat anti-bakteri terhadap beberapa jenis bakteri seperti:

  • Bacillus megaterium
  • Micrococcus luteus
  • Staphylococcus aureus
  • Streptococcus lactis
  • Salmonella typhimurium

Di dalam sebuah penelitian, daun insulin akan membatasi pertumbuhan mikroba tidak lebih dari konsentrasi tertentu.

2. Memiliki Efek Diuretik

Sebuah studi mengungkapkan bahwa insulin tersebut memiliki efek diuretik yang sangat mirip dengan furosemid, yaitu obat adema dan juga tekanan darah tinggi pada manusia. Adanya efek diuretik ini akan bisa membuat ginjal mengeluarkan garam dan juga cairan tubuh yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Cairan yang berlebihan itu akan dikeluarkan melalui urine. Pastinya hal tersebut bisa menjadi pertimbangan dalam penggunaan manfaat daun insulin.

3. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Manfaat berikutnya yang dapat kamu peroleh dari daun insulin adalah bisa mencegah penyakit kardiovaskular. Ekstrak dari daun insulin ini dipercaya bisa membuat kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh menjadi menurun. Dengan demikian, kamu akan mempunyai risiko penyakit kardiovaskular seperti misalnya jantung koroner, serangan jantung, sampai stroke yang sangat kecil.

4. Mengendalikan Kadar Gula dalam Darah

Sesuai dengan namanya, daun insulin ini dikenal bermanfaat untuk mengendalikan kadar gula dalam darah berkat adanya kandungan zat alami yang ada di dalamnya. Daun insulin ini dapat membantu menurunkan kadar gula darah mendekati normal apabila dikonsumsi secara berkala, akan tetapi tetap harus di bawah pengawasan dokter.

5. Melawan Radikal Bebas

Akar dan juga daun insulin mempunyai kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Senyawa bioaktif quercetin dan juga diosgenin yang ada di dalam daun insulin mempunyai efek antioksidan dan dapat membantu mengatasi gangguan hati, ginjal, dan pankreas. Meskipun ada berbagai kemungkinan dari manfaat daun insulin untuk kesehatan tubuh, tetapi masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk bisa membuktikan khasiat dan juga keamanannya.

6. Mencegah dan Mengobati Diabetes

Daun insulin juga dikenal karena manfaatnya dalam mengobati diabetes. Hal itu karena daun insulin mempunyai kandungan efek anti-hiperglikemik yang berguna untuk mencegah dan mengobati penyakit diabetes atau kencing manis. Perlu kamu tahu bahwa daun insulin ini juga mempunyai kandungan senyawa aloksan. Senyawa tersebut bisa merangsang dan memperbaiki kemampuan sel beta pankreas untuk menghasilkan hormon insulin sehingga bisa mengatur kadar gula dalam darah. Namun perlu diingat bahwa daun insulin ini tidak bisa menggantikan pengobatan medis. Apabila kamu mengalami diabetes, maka dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter ahli terlebih dulu sebelum mengonsumsi obat herbal dengan bahan dasar daun insulin.

7. Mencegah Kanker

Sebuah penelitian sudah menunjukkan bahwa senyawa yang ada di dalam daun insulin mempunyai efek penghambatan pada pertumbuhan sel kanker. Senyawa antioksidan yang ada di dalamnya diketahui bisa melindungi tubuh dari efek radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab adanya kanker.

8. Membantu Menjaga Kesehatan Hati

Daun insulin mengandung senyawa yang disebut dengan antivirus dan antibakteri yang bisa menghalau infeksi patogen pada organ hati. Beberapa penelitian juga sudah menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi daun insulin secara berkala dengan jumlah yang tepat bisa mencegah akumulasi lemak di hati, sekaligus menjaga kesehatan hati supaya selalu berfungsi dengan baik.

9. Membantu Mengendalikan Kolesterol

Selain penting untuk penderita diabetes, daun insulin juga penting untuk orang-orang yang diharuskan mengendalikan kolesterolnya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi daun insulin bisa menurunkan kadar trigliserida puasa dan juga LDL atau kolesterol jahat. Hal tersebut pastinya bisa membantu kita terhindar dari berbagai macam risiko terkait dengan masalah jantung seperti jantung koroner.

10. Mencegah Hipertensi

Salah satu cara yang bisa kita lakukan supaya terhindar dari hipertensi yakni dengan cara mengonsumsi daun insulin. Manfaat dari daun yang satu ini sudah terbukti secara ilmiah bisa menurunkan tekanan darah 5 hingga 10 persen.

11. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat daun insulin berikutnya yaitu kemampuannya dalam menjaga kesehatan pencernaan. Daun insulin mengandung bahan probiotik yang bisa merangsang pertumbuhan dan juga kesehatan mikroflora yang ada di dalam tubuh kita. Jika bakteri probiotik dirawat dengan baik, maka tubuh akan mampu memaksimalkan asupan vitamin dan mineral.

Dengan mengoptimalkan tingkat penyerapan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita, pastinya hal itu akan berdampak baik juga pada kesehatan pencernaan. Selain itu, daun insulin juga mempunyai sedikit efek pencahar yang bisa mengurangi konstipasi, kembung, dan juga kondisi gastrointestinal lain yang lebih serius, seperti misalnya kanker usus besar dan tukak lambung.

12. Membantu Menurunkan Berat Badan

Walaupun manfaat yang satu ini masih banyak diperdebatkan di kalangan tertentu, tapi beberapa ahli mengklaim bahwa dengan mengonsumsi daun insulin bisa membantu menurunkan berat badan. Hal ini terjadi karena daun insulin tidak tersusun dari pati, seperti kebanyakan umbi, namun bisa mengenyangkan dan mempunyai tingkat kalori yang sangat rendah. Kandungan serat yang ada di dalamnya juga bisa membuat orang merasa kenyang setelah makan tanaman yang memiliki rasa manis ini.

13. Menjaga Kesehatan Saluran Kemih

Daun insulin mengandung senyawa antibakteri yang bisa mengatasi infeksi bakteri yang ada di saluran kemih seperti misalnya sudah buang air kecil. Saluran kemih ini memang sangat rentan terkena serangan bakteri dan jika tidak segera dilakukan tindakan, maka akan menimbulkan efek yang lebih serius. Oleh sebab itu, cobalah untuk mengonsumsi daun insulin supaya kesehatan saluran kemih tetap terjaga dan terhindar dari berbagai macam risiko kesehatan.

14. Mengatasi Radang Tenggorokan

Apabila kamu sedang mengalami radang tenggorokan, cobalah untuk mengonsumsi ramuan teh dari daun insulin. Efeknya sendiri akan sangat menenangkan dan juga bisa mengatasi radang tenggorokan akibat infeksi bakteri. Hal itu berkat adanya kandungan senyawa antibakteri yang ada di dalam daun insulin yang bisa melawan infeksi bakteri di hampir semua organ tubuh manusia, termasuk juga tenggorokan.

15. Mempunyai Efek Pencahar

Daun insulin ini mempunyai efek pencahar karena memiliki kandungan senyawa saponin yang pastinya bisa mengatasi masalah susah buang air besar akibat sembelit ataupun konstipasi. Apabila kamu sewaktu-waktu mengalami sembelit, maka kamu bisa mengambil manfaat daun insulin sebagai salah satu solusinya.

16. Membantu Menjaga Kesehatan Kulit

Seperti yang kita tahu bahwa senyawa antioksidan sangat baik untuk membantu kulit dalam menangkal radikal bebas yang bisa merusak struktur kulit dan yang lebih parahnya lagi adalah bisa menyebabkan kanker kulit. Kebanyakan dari kita lebih mengenal teh hijau karena kandungan antioksidan yang terkandung di dalamnya. Akan tetapi jangan salah, ternyata daun insulin ini juga mempunyai kandungan antioksidan juga di dalamnya. Sehingga kamu bisa mencoba untuk membuat teh dari daun insulin sebagai alternatif dari teh hijau.

17. Meredakan Rasa Nyeri

Manfaat daun insulin yang satu ini mungkin tidak banyak diketahui. Tapi, apakah kamu tahu bahwa ternyata daun insulin ini mempunyai efek analgesik atau pereda nyeri? Senyawa yang bekerja dengan cara menghambat, meminimalisir, dan juga menenangkan rasa sakit yang datang dari sistem saraf.

Memang banyak sekali manfaat dari daun insulin ini, terlebih lagi khasiatnya sudah didukung oleh beberapa penelitian ilmiah. Akan tetapi, untuk penggunaan jangka panjang, mungkin masih perlu dipertimbangkan lagi, melihat efek sampingnya yang bisa membahayakan kesehatan ginjal.

Di tahun 2011, terdapat beberapa penelitian yang tertarik untuk mempelajari efek jangka panjang dari daun insulin. Mereka bereksperimen dengan menggunakan teh daun insulin yang diberikan kepada tikus percobaan yang sudah diinduksi diabetes selama 90 hari. Hasilnya ternyata cukup mengejutkan, sebab diperoleh hasil bahwa penggunaan daun insulin dalam jangka panjang bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal tikus percobaan. Berawal dari situlah beberapa ilmuwan mulai menganggap bahwa daun insulin bukan terapi diabetes yang baik karena efek sampingnya yang cukup membahayakan kesehatan ginjal.

Jadi, sebelum mencoba daun insulin untuk pengobatan, alangkah lebih baik untuk konsultasikan dulu dengan dokter. Perlu diingat bahwa bahan herbal ini tidak untuk menggantikan obat-obatan atau terapi dari dokter. Pertimbangkan manfaat daun insulin dan juga efek sampingnya supaya tetap aman untuk tubuh sebelum dikonsumsi.

Bagi Grameds yang ingin mengetahui secara lebih mendalam tentang manfaat daun insulin lainnya dapat membaca buku-buku terkait dengan mengunjungi Gramedia.com.  Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Umam

Rujukan:

  • https://www.halodoc.com/artikel/benarkah-daun-insulin-ampuh-mengatasi-diabetes#:~:text=Daun%20insulin%2C%20atau%20Costus%20igneus,sel%20beta%20pankreas%20dalam%20tubuh.
  • https://katadata.co.id/sitinuraeni/berita/6178c53163b15/12-manfaat-daun-insulin-untuk-mengatasi-berbagai-masalah-kesehatan
  • https://www.alodokter.com/manfaat-daun-insulin-tak-hanya-untuk-pengobatan-diabetes
  • https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-daun-insulin
  • https://www.kompas.com/tren/read/2022/12/17/200500965/6-manfaat-daun-insulin-turunkan-kadar-gula-darah-hingga-cegah-kanker?page=all
  • https://www.merdeka.com/trending/5-manfaat-daun-insulin-untuk-kesehatan-kenali-efek-sampingnya-kln.html


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy