in

30 Macam-macam Bumbu Dapur Dan Manfaat Lengkapnya

Macam-macam Bumbu Dapur – Apakah Grameds masih kesulitan membedakan bumbu-bumbu di dapur? Tepat sekali masakan khas Indonesia memang terkenal menggunakan macam-macam bumbu dapur. Bahkan dalam satu masakan bisa lebih dari dua sampai lima jenis bumbu dapur. Jadi wajar saja jika kita bisa tertukar saat menggunakan banyak bumbu dapur dan sulit membedakan diantaranya, apalagi jika masih pemula dalam dunia masak-memasak.

Itulah sebabnya banyak orang lebih memilih bahan instan atau bahkan tidak menggunakan bumbu dapur lengkap dalam membuat satu hidangan masakan. Padahal perlu Grameds ketahui, selain berkaitan dengan cita rasa masakan, macam-macam bumbu dapur ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita untuk dikonsumsi setiap hari. 

Nah, jadi Grameds perlu mengenal lebih baik lagi macam-macam bumbu dapur agar bisa menggunakannya dalam resep makanan agar lebih lezat sekaligus sehat. Berikut ini bumbu dapur dan manfaatnya yang perlu Grameds ketahui dari rempah-rempah sampai bawang-bawangan:

MACAM-MACAM BUMBU DAPUR

1. Bawang Putih

Bawang putih

Bawang putih putih mungkin sudah tidak asing dalam dunia perbumbuan karena biasa menjadi bumbu dasar masakan nusantara. Bawang putih dapat membuat masakan menjadi lebih lezat dan beraroma enak. Jadi tidak salah jika bawang tidak boleh absen di beberapa resep makanan. Selain dapat membuat masakan semakin enak, bawang putih juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. 

Baik dikonsumsi dalam campuran makanan atau dimakan secara mentah. Bawang putih memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan jantung dan dapat menjaga kadar kolesterol dalam darah. 

Baca juga : 15 Manfaat Makan Bawang Putih Bagi Kesehatan

2. Bawang Merah

Bawang merah

Selain bawang putih, ada pasangannya yang tidak boleh ketinggalan, yakni bawang merah. Sama halnya dengan bawang putih, bawang merah juga menjadi bumbu dapur yang sering digunakan sebagai bahan bumbu utama agara masakan semakin nikmat. Bawang putih juga baik untuk kesehatan tubuh karena dapat menurunkan tekanan darah, menormalkan kadar gula darah, meningkatkan daya tahan tubuh, dan menurunkan kadar kolesterol. 

3. Bawang Bombay

Bawang Bombay

Masih dalam keluarga perbaungan, bawang Bombay juga tidak kalah pamor dengan bawang putih dan bawang merah. Bawang Bombay adalah bumbu dapur yang wajib ada didapur karena manfaatnya untuk melezatkan masakan sudah tidak perlu diragukan lagi. Bahkan ada masakan yang berbahan utama bawang Bombay, artinya tidak hanya sebagai bumbu pelengkap saja. Selain itu bawang ini memiliki manfaat untuk tubuh. yakni mencegah resiko kanker dan menjaga kekebalan tubuh. 

4. Berbagai Macam Cabai

Aneka Cabai

Makanan khas Indonesia biasanya identic dengan rasa pedas dan memang banyak orang Indonesia yang menyukai cita rasa pedas. Itulah sebabnya berbagai cabai tidak boleh absen di bumbu-bumbu dapur. Berbagai macam cabai, seperti cabai rawit, cabai merah, cabai keriting dll  bisa digunakan dalam berbagai macam masakan untuk menciptakan cita rasa pedas. 

Mengkonsumsi cabai secara berlebihan memang tidak baik bagi pencernaan. Namun ada kandungan baik dalam cabai yang jika dikonsumsi dengan porsi sesuai dapat mendatangkan manfaat. Manfaat cabai untuk kesehatan adalah dapat mengurangi nyeri sendi, meningkatkan imunitas tubuh, mencegah resiko kanker dan penyakit jantung, dan bisa membakar lemak dalam tubuh. 

banner-promo-gramedia

5. Merica Atau Lada

Mrica atau Lada

Lada atau merica adalah salah satu jenis rempah-rempah terkenal dari Indonesia yang jadi bumbu dapur yang wajib ada. Bubuk lada dapat memberikan sensasi hangat dan menyedapkan makanan secara alami. Rempah asli Indonesia ini memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, yakni mengobati penyakit lambung, meredakan radang sendi, mengontrol kadar gula dalam darah, dan dapat menghambat pertumbuhan bakteri pada makanan.

6. Ketumbar

Selain lada ada ketumbar yang mungkin bentuknya hampir sama. Itulah sebabnya banyak orang yang masih kesulitan membedakan lada dan ketumbar. Secara fisik lada lebih besar bentuk bijinya dibandingkan ketumbar dan lada memiliki rasa pedas sedangkan ketumbar lebih wangi. Ketumbar banyak digunakan dalam resep masakan nusantara dari masakan yang sederhana sampai masakan yang sulit membuatnya. 

Meski bentuk bijinya yang kecil namun memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, yakni membantu mengatasi masalah pencernaan, dan nyeri sendi,. Kandungan vitamin C dalam ketumbar dapat mengatasi pilek, dan gangguan penyakit lainnya. 

7. Jahe

Bumbu dapur berikutnya adalah jahe yang juga biasa kita temukan sebagai bahan pembuat minuman hangat. Ada beberapa resep masakan nusantara yang memerlukan jahe sebagai bumbunya, seperti memasak daging-dagingan, dan masakan lainnya. Jahe tentu memiliki khasiat untuk tubuh, seperti dapat mengatasi peradangan, nyeri sendi, nyeri otot, kram karena menstruasi, dan sebagainya. 

8. Kunyit

Kunyit

Selain jahe, ada rempah-rempah yang hampir serupa bentuknya, yakni kunyit yang memiliki warna lebih kuning. Meskipun sekilas bentuknya hampir sama, namun jahe dan kunyit memiliki citarasa yang sangat berbeda jika menjadi bumbu untuk suatu resep makanan. Kunyit biasanya bisa menjadi warna kuning alami pada makanan dan juga lebih sehat. Manfaat kunyit jika dikonsumsi adalah dapat menjadi detoks bagi tubuh dari racun, mencegah resiko kanker, sumber antioksidan yang baik, menurunkan risiko Alzheimer, anti inflamasi, dan lain sebagainya. 

9. Kencur

Kencur

Masih memiliki bentuk yang hampir serupa dengan jahe dan kunyit, ada kencur yang mungkin Grameds masih sulit membedakan ketiga rempah-rempah ini. Meskipun memiliki bentuk yang hampir mirip, namun kencur memiliki cita rasa yang khas dan aroma yang sangat wangi untuk resep makanan. Mengkonsumsi kencur dapat mendatang manfaat, yakni mengobati batuk dan masalah tenggorokan, mengobati diare, mencegah karies gigi, dapat mengurangi stress, dan manfaat lainnya. 

10. Lengkuas

Lengkuas

Sekilas lengkuas mungkin hampir serupa juga dengan jahe, kunyit, dan kencur mungkin karena sama-sama tumbuhnya di dalam tanah. Lengkuas memiliki citarasa sendiri dan manfaat pula dalam resep bumbu masakan. Manfaat lengkuas antara lain dapat mengatasi masalah diare, meredakan masalah rambut dan ketombe, menurunkan resiko kanker, dan bisa jadi obat luka bakar. 

11. Jeruk Nipis

Jeruk Nipis

Jeruk nipis adalah salah satu buah yang jadi bumbu dapur yang wajib ada karena beberapa resep masakan nusantara membutuhkan jeruk. Misalnya untuk meningkatkan citarasa atau biasanya digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Jeruk nipis memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh yakni melancarkan pencernaan, meremajakan kulit, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan berat badan, mengurangi resiko penyakit jantung, dan menjaga kadar gula darah. 

12. Jeruk Purut

jeruk purut

Selain jeruk nipis, ada jeruk purut yang juga biasa digunakan untuk bumbu dapur. Grameds bisa menjumpai campuran jeruk purut dengan resep masakan pecel, gado-gad0, soto dan makanan lainya. Selain sebagai campuran makanan, jeruk purut juga biasa digunakan sebagai campuran berbagai macam minuman. Kandungan vitamin C pada jeruk purut memberikan manfaat bagi tubuh seperti mengurangi resiko sariawan, dan antioksidan yang baik. 

13. Daun Jeruk

daun jeruk

Selain buahnya, daun jeruk juga sering digunakan dalam resep masakan sebagai bumbu dapur yang wajib ada. Daun jeruk yang paling banyak dijadikan bumbu dapur adalah berasal dari pohon jeruk limau sebagai penyedap aroma masakan. Daun jeruk dapat mendatangkan manfaat seperti mengatasi flu, mencegah pertumbuhan bakteri, dan bisa untuk mengatasi bau mulut. 

14. Daun Salam

Daun salam

Masih dalam rumpun daun-daunan, ada daun salam yang menjadi bumbu wajib di dapur untuk resep masakan nusantara. Berbeda dengan daun jeruk, daun salam biasanya sudah kering pun masih bisa digunakan untuk bumbu dan masih mengeluarkan aroma yang sedap untuk makanan. Kandungan daun salam dapat bermanfaat bagi kesehatan, yakni mengontrol kadar gula dalam darah, baik untuk pencernaan, sehat untuk mata, dan mengurangi gejala nyeri akibat asam urat. 

15. Batang Serai

Batang serai

Batang serai adalah salah satu bumbu dapur yang penting demi kelezatan suatu masakan. Bumbu dapur yang satu ini memiliki aroma yang sedap dan mampu membuat masakan menjadi lebih enak. Selain menambah citarasa masakan, mencampurkan batang serai ke resep masakan juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Seperti anti peradangan, detoks alami untuk tubuh, antimikroba, mengurangi resiko kanker, dan meredakan perasaan cemas.  

16. Kayu Manis

kayu manis

Membicarakan macam-macam bumbu dapur kurang lengkap rasanya jika tidak membahas kayu manis. Bumbu dapur ini adalah rempah-rempah yang dapat meningkatkan citarasa masakan menjadi lebih enak dan sehat. Berbagai macam masakan nusantara perlu menggunakan remaps yang satu ini. Kayu manis memiliki manfaat bagi tubuh, yakni mengurangi resiko penyakit jantung, meningkatkan sensitivitas insulin, melancarkan sirkulasi darah, dan masih banyak lagi manfaat lainnya. 

17. Cengkeh

cengkeh

Rempah-rempah asli Indonesia berikutnya  yang wajib ada di dapur adalah cengkeh. Bumbu dapur ini banyak digunakan dalam masakan nusantara yang dapat memberikan aroma sedap dan citarasa yang khas. Rempah-rempah yang satu ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti meningkatkan kekebalan tubuh, baik untuk pencernaan, meredakan nyeri, baik untuk tulang dan lambung. 

18. Bunga Lawang

Bunga lawang

Selain cengkeh, ada bunga lawang, rempah-rempah yang bisa digunakan untuk bumbu dapur. Bunga lawang dapat memberikan aroma sedap pada masakan dan memberikan citarasa yang semakin melezatkan makanan. Mencampurkan bunga lawang dalam resep masakan dapat memberikan manfaat bagi tubuh, seperti baik untuk ibu hamil, dapat dijadikan obat batuk dan flu, sumber antioksidan yang baik, dan anti jamur dan bakteri.  

19. Jintan Atau Jinten

jinten

Masih datang dari rempah-rempah khas Indonesia, Jintan atau yang lebih sering dikenal dengan jinten bisa jadi bumbu dapur yang bisa melezatkan makanan.

Jinten memiliki dua jenis yakni jintan putih dan jinten hitam yang masing-masing bisa digunakan untuk bumbu dapur pada resep makanan tertentu.

Rempah-rempah memang memiliki segudang manfaat bagi tubuh, termasuk jinten seperti baik untuk pencernaan, dapat mengobati peradangan, baik untuk ibu hamil, dan mengurangi resiko kanker. 

Baca juga : Resep Masakan Sehari-hari

20. Adas



Adas

Sekilas bentuk adas hampir sama dengan jinten, namun memiliki warna hijau yang lebih terang. Adas adalah salah satu jenis rempah-rempah yang dikenal juga dengan tanaman obat. Rempah-rempah ini dapat memberikan cita rasa hangat pada resep masakan. Adas dapat berfungsi bagi kesehatan salah satunya dapat menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah meriang. 

21. Wijen

Biji wijen

Wijen adalah salah satu bahan yang sering dijadikan bumbu dalam resep makanan, seperti kue atau masakan-masakan utama. Bentuk biji putih yang kecil dapat menjadi sumber nabati alami yang dapat memberikan citarasa yang lezat dan sehat. Biji wijen pada makanan dapat bermanfaat untuk tubuh, seperti salah satunya baik untuk kesehatan tulang. 

22. Kapulaga

kapulaga

Kapulaga adalah salah satu rempah-rempah yang juga biasa digunakan untuk bumbu dapur pada resep makanan tertentu.

Kapula sebenarnya memiliki berbagai macam jenis namun masing-masing tetap bisa dikonsumsi dan bisa memberikan aroma yang lebih sedap untuk makanan. Remah ini juga memiliki manfaat untuk tubuh, yakni baik untuk pencernaan, baik untuk hati dan kantung empedu, dapat menjadi stimulan untuk masalah kencing, dan sebagainya. 

23. Pala

pala

Pala adalah salah satu bumbu dapur yang wajib dimiliki karena bumbu ini dapat membuat masakan semakin lezat. Sebenarnya pala juga terkenal dengan tanaman obat tradisional, jadi tidak heran jika bumbu dapur yang satu ini memiliki banyak khasiat. Antaralain baik untuk pencernaan, baik untuk kulit, menjaga kesehatan otak, dan dapat mengatasi insomnia. 

24. Kemiri

kemiri

Bumbu dapur kurang lengkap tanpa kemiri yang dapat membuat masakan semakin lebih lezat dan memberikan cita rasa khas.

Pada beberapa masakan nusantara yang sederhana sekalipun juga menggunakan kemiri untuk bumbu masakannya, super oseng-oseng, atau tumisan sayur biasa. Kemiri memiliki manfaat, antara lain baik untuk jantung, pencernaan, kekebalan tubuh, dan mencegah penuaan dini. 

25. Asam Jawa

asam jawa

Asam jawa jadi bumbu dapur yang wajib ada karena memiliki cita rasa khas yang bisa membuat masakan lebih lezat, terutama pada masakan-masakan asam. Selain dalam masakan asam jawa juga biasa digunakan untuk bahan minuman jamu atau herbal lainnya. Jadi tidak heran jika buah masa mini memiliki berbagai manfaat, seperti antioksidan yang baik dan memberi asupan vitamin C alami yang baik untuk tubuh. 

26. Kemukus

kemukus

Kemukus adalah salah satu rempah yang masuk dalam keluarga sirih-sirihan yang bisa digunakan untuk bumbu dapur. Biji kemukus kemudian sering juga disebut juga dengan black paper jika sudah menjadi bumbu di dapur. Rempah yang satu ini dapat memberi citarasa yang khas pada masakan. Selain itu kandungan kemukus juga dapat bermanfaat bagi tubuh, seperti baik untuk pencernaan dan kekebalan tubuh. 

27. Vanili

vanili

Grameds pasti sudah tidak asing lagi dengan vanili karena baha ini sering digunakan sebagai bahan membuat makanan, misalnya berbagai macam kue. Biasanya kita menggunakan vanili yang sudah diekstrak, jadi tidak menggunakan tumbuhan aslinya. Bahan ini memiliki manfaat seperti antioksidan dan baik untuk kekebalan tubuh. 

28. Andaliman

Andaliman

Andaliman adalah rempah-rempah yang berasal dari kulit luar buah keluarga jeruk-jerukan. Grameds akan menjumpai andaliman sebagai bumbu dapur pada kebanyakan masakan batak. Rempah ini memiliki manfaat seperti antioksidan alami yang baik untuk tubuh. 

29. Kepayang

Kepayang atau Kluwek

Apakah pernah makan masakan rawon? Bah kepayang adalah salah satu rempah yang menjadi bumbu kunci masakan rawon yang memeberikan warna hitam pekat yang lezat. Kepayang juga terkenal dengan nama kluwek dalam bahasa Jawa. Kebayang baik untuk pencernaan dan pertumbuhan tulang. 

30. Saffron

saffron

Saffron adalah salah satu rempah yang ternyata bisa juga dijadikan bumbu masakan, terutama masakan-masakan mewah. Rempah ini memiliki segudang manfaat seperti antioksidan yang tinggi. Saffron memiliki citarasa khas untuk masakan yang beraroma sedap dan memberi warna alami pada makanan. 

Baca juga :

Nah, itulah macam-macam bumbu dapur dan manfaatnya yang perlu Grameds ketahui agar tidak tertukar saat memasukan dalam resep makanan. Apakah pengetahuan Grameds untuk mengenal bumbu dapur sudah bertambah? Jadi sekarang sudah tidak ada alasan lagi tidak tahu macam-macam bumbu dapur dan manfaatnya. Grameds bisa memanfaatkan rempah-rempah dan bumbu-bumbu dapur ini untuk membuat masakan yang lezat dan sehat. 

Bumbu-bumbu dapur dan rempah rempah Indonesia memiliki perjalanan sejarah dan memang sudah terkenal sejak dahulu bahkan tidak hanya di dalam negeri, tetapi sampai mancaNegara. Jika Grameds tertarik belajar lebih jauh tentang sejarah dan detail bumbu-bumbu dapur dan rempah-rempah ini bisa kunjungi koleksi buku Gramedia di www.gramedia.com. Grameds akan menemukan banyak referensi tentang bumbu-bumbu dapur dan rempah-rempah, mulai dari sejarah, manfaat, budidaya, sampai peluang usahanya. 

Berikut ini rekomendasi buku Gramedia yang bisa Grameds baca untuk mengenal lebih jauh tentang bumbu dapur dan rempah-rempah khas Indonesia: Selamat belajar. #SahabatTanpabatas

 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lala Nilawanti