in

10 Rekomendasi Buku Mekanik Otomotif

Rekomendasi Buku Mekanik Otomotif – Apabila membicarakan mengenai mekanik otomotif, apa hal pertama yang muncul di benak Grameds? Apakah seseorang yang sedang mengutak-atik mesin dan tangannya penuh dengan bercak oli? Jika Grameds berpikir demikian, maka itu adalah benar.

Yap, seseorang yang bekerja di mekanik otomotif, pasti dirinya akan melakukan pemeliharaan atau perbaikan pada kendaraan yang rusak, baik itu mobil maupun sepeda motor. Maka dari itu, kebanyakan pekerjaan di mekanik otomotif akan selalu berhubungan dengan oli dan kawan-kawannya.

Lalu, apakah Grameds tertarik untuk menjadi sebagai mekanik otomotif baik itu untuk kendaraan mobil maupun motor? Apabila iya, yuk simak ulasan berikut untuk mengetahui rekomendasi buku mengenai mekanik otomotif!

Mengenal Apa Itu Mekanik Otomotif

Seiring dengan perkembangan dan pertumbuhan minat masyarakat terhadap kendaraan, baik itu mobil maupun sepeda motor, maka akan berdampak pula pada kebutuhan ahli mesin. Ahli mesin ini sangat dibutuhkan untuk “mengobati” mesin kendaraan yang tengah “sakit”.

Seorang mekanik nantinya akan berperan melakukan pemeliharaan, perbaikan, hingga pengecekan secara menyeluruh terhadap mesin kendaraan sebelum terjadi kerusakan. Apabila ketika pengecekan diketahui bahwa mesin kendaraan telah mengalami kerusakan, maka seorang mekanik akan turun tangan memperbaiki mesin kendaraan tersebut supaya dapat digunakan kembali.

Seorang mekanik umumnya harus menguasai berbagai tipe mesin, sebab yang dihadapi tidak hanya mesin kendaraan mobil atau motor saja, tetapi juga dengan mesin kendaraan truk hingga bus. Maka dari itu, seorang mekanik sejati harus memiliki pengetahuan lebih mengenai teknik mekanisme mesin dan struktur tubuh kendaraan.

Biasanya, seorang mekanik akan bekerja bersama di sebuah dealer kendaraan hingga pabrik perawatan kendaraan. Namun, tak jarang pula, sebagian mekanik yang sebelumnya bekerja di sebuah dealer, akan mengundurkan diri dan memulai bengkel pribadinya.

Peran dan Tanggung Jawab Mekanik Otomotif

Sama halnya dengan pekerjaan lainnya, seorang mekanik juga mempunyai berbagai peran dan tanggung jawab. Nah, berikut adalah peran dan tanggung jawab seorang mekanik otomotif.

  1. Melakukan pemeriksaan mesin secara menyeluruh dan melakukan pencegahan sebelum terjadi kerusakan pada mesin.
  2. Membuat “diagnosis” mengenai hal-hal apa yang menyebabkan kerusakan pada mesin kendaraan.
  3. Melakukan perbaikan pada mesin sesuai dengan tingkat dan jenis kerusakan yang dialami oleh mesin kendaraan tersebut.
  4. Memesan suku cadang dan perlengkapan yang dibutuhkan kepada pihak supplier peralatan otomotif guna mempermudah perbaikan mesin.
  5. Melaporkan kondisi kendaraan setelah dilakukannya perawatan dan menyusun jadwal pengecekan secara rutin.

Skill yang Dibutuhkan Seorang Mekanik Otomotif

Seorang mekanik atau biasanya disebut juga dengan montir, tentu saja harus memiliki keahlian atau skill khusus yang tidak semua orang dapat melakukannya. Hal tersebut karena pekerjaan sebagai mekanik otomotif itu tergolong pekerjaan yang tidak mudah. Nah, berikut adalah skill yang harus dimiliki oleh seorang mekanik otomotif.

  • Pengetahuan akan teknik mekanisme mesin dan struktur kendaraan, baik pada motor, mobil, truk, hingga bus.
  • Kemampuan bekerja dengan berbagai jenis motor, baik itu yang menggunakan bahan bakar diesel maupun listrik.
  • Pada zaman yang serba digital ini, maka akan banyak mobil yang menggunakan sistem komputer. Maka dari itu, seorang mekanik juga harus menguasai sistem komputer.
  • Memahami akan rekayasa teknologi. Hal tersebut dibutuhkan untuk mencari solusi terkait kerusakan mesin kendaraan yang dihadapinya.
  • Kemampuan mengontrol dan mengatasi mesin kendaraan.
  • Kemampuan berkomunikasi dan kepemimpinan yang baik. Hal ini berguna ketika tengah berkomunikasi dengan pelanggan dan rekan kerja.
  • Kemampuan membaca, sebab mereka harus membuat laporan teknik mengenai kerusakan mesin yang diperbaikinya.

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Mekanik Otomotif?

Apabila kamu memang tertarik untuk menjadi seorang mekanik otomotif, jangan risau, sebab ada banyak cara yang dapat dilakukan supaya kamu dapat menjadi seorang montir, yakni dengan sekolah dan pelatihan.

1. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) memiliki perbedaan yang mencolok. Pada SMK, nantinya para siswa akan diajari supaya dapat memiliki berbagai keahlian sesuai dengan jurusannya.

Nah, apabila kamu memilih jurusan Mesin atau Mekanik, maka nanti kamu akan diajari berbagai keterampilan untuk menjadi montir, misalnya keahlian teknik otomotif, teknologi dan rekayasa mesin, dan lain-lain.

2. Magang

Saat ini, sudah banyak sekali perusahaan besar yang membuka program magang atau kerja praktik lapangan bagi siswa maupun mahasiswa jurusan teknik. Biasanya, program magang ini sekitar 1-3 bulan saja.

Perusahaan-perusahaan tersebut antara lain PT Toyota Motor Manufacturing, Hyundai, dan lain-lain. Selain itu, perusahaan-perusahaan tersebut juga memberikan pelatihan bagi pemagang di bawah asuhan montir profesional.

3. Program Sertifikasi

Program sertifikasi nantinya menawarkan kelas khusus di bidang mekanik otomotif ini. Biasanya, program sertifikasi ini menjadi program lanjutan untuk memperdalam teknik dan skill yang telah dimiliki sebelumnya.

Kelebihan dari program sertifikasi adalah pesertanya mendapatkan pemahaman dan pengalaman yang lebih dalam akan mesin dan cara sistem montir bekerja. Selain itu, program ini juga berbayar, mulai dari harga terjangkau hingga mahal.

 

10 Rekomendasi Buku Mekanik Otomotif

Nah, supaya kamu lebih memahami mekanik otomotif, baik itu pada mesin hingga struktur kendaraannya, ada baiknya jika kamu membaca beberapa rekomendasi buku di bawah ini. Meskipun dalam disiplin ilmu mekanik itu harus disertai dengan praktik, tetapi mempelajari teori juga tidak kalah pentingnya lho…

Nah, berikut ini ada 10 rekomendasi buku tentang mekanik otomotif.

1. Peralatan Bengkel Otomotif

Judul Buku: Peralatan Bengkel Otomotif

Oleh: Daryanto

tombol beli buku
Buku ini ditulis langsung oleh Daryanto, yang merupakan seorang mantan staf pengajar dengan jabatan fungsional. Beliau menjabat sebagai Widyaiswara Madya yang bertugas untuk Dikjartih (mendidik, mengajar dan melatih) para peserta pelatihan yakni para guru, kepala sekolah sekaligus sebagai pengawas Tenaga Kependidikan seluruh Indonesia di PPPPTK BOE/VEDC sejak tahun 1985 hingga sekarang. PPPPTK BOE/VEDC adalah Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Bidang Otomotif dan Elektronika (Vocational Education Development Centre) yang terletak di Malang, Jawa Timur.

 

  1. Peralatan & Keselamatan Dalam Pekerjaan Dasar Otomotif

Judul Buku: Peralatan & Keselamatan Dalam Pekerjaan Dasar Otomotif

Oleh: Buntarto

tombol beli buku

Buku ini membahas mengenai peralatan dan keselamatan kerja dalam pekerjaan otomotif. Hal tersebut karena setiap pekerjaan di bengkel, pasti memiliki risiko kecelakaan atau bahaya lainnya.

Risiko kecelakaan tersebut dapat  menimpa mekanik itu sendiri, atau bahkan juga dapat berimbas pada pihak lain hingga bengkel tempatnya bekerja. Nah, semua itu dapat dihindari dengan upaya-upaya tertentu. Salah satunya adalah bagaimana menggunakan peralatan-peralatan dalam pekerjaan otomotif tersebut sehingga sesuai dengan standar operasionalnya. Baik dari segi peruntukan alat, kelayakan, teknik penggunaannya, serta bagaimana penggunaan alat perlindungan diri.

Buku yang dibandrol dengan harga Rp30.000 ini memuat penggunaan dan pemeliharaan peralatan dan perlengkapan bengkel sesuai dengan prosedur. Dengan demikian,pekerjaan yang mesti dilakukan akan terselesaikan secara tepat dan cepat. Selama ketentuan dan prosedur melakukan pekerjaan-pekerjaan dasar ini terpenuhi,keselamatan kerja tentu akan terjamin.

 

  1. Gambar Teknik Otomotif untuk SMK/MAK Kelas X

Judul Buku: Gambar Teknik Otomotif untuk SMK/MAK Kelas X

Oleh: Prayogi, S.Pd.

tombol beli buku

Buku berjudul “Gambar Teknik Otomotif” untuk SMK/MAK Kelas X ini disusun berdasarkan kurikulum 2013 KI & KD Spektrum terbaru, yang cocok untuk guru SMK jurusan Teknik Otomotif.

Melalui penerapan kurikulum 2013 yang mengacu pada paradigma belajar kurikulum abad 21, menyebabkan terjadinya perubahan, yakni dari pengajaran (teaching) menjadi belajar (learning), dari pembelajaran yang berpusat kepada guru (teachers centered) menjadi pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik (students centered).

 

4. Teori Dan Aplikasi Elemen Mekanik Teknik Mesin

Judul Buku: Teori Dan Aplikasi Elemen Mekanik Teknik Mesin

Oleh: Basuki S.T., M.Pd. & Drs. Daryanto

tombol beli buku

Buku ini berfokus pada elemen-elemen yang terdapat pada suatu mesin. Elemen mesin adalah bagian dari komponen tungga yang dipergunakan pada konstruksi mesin, dan setiap bagian mempunyai fungsi pemakaian yang khas. Perencanaan elemen mesin pada dasarnya merupakan perencanaan bagian (komponen) yang direncanakan dan dibuat untuk memenuhi kebutuhan mekanisme dari suatu mesin. Dalam penggunaan elemen mekanik mesin bisa berfungsi sebagai elemen pengikat, elemen pemindah atau transmisi, elemen penyangga, elemen pelumas, elemen pelindung dan sebagainya.

Buku yang dibandrol dengan harga Rp89.000 ini dapat dipelajari oleh siswa SMK, mahasiswa teknik maupun masyarakat umum yang ingin mempelajari secara teknis tentang teknik mesin dan otomotif serta juga yang berkecimpung di dunia industri akan mampu untuk menjelaskan fungsi utama dan merancang elemen-elemen mesin

 

5. Panduan Servis Sistem Kopling Pada Sepeda Motor

Judul Buku: Panduan Servis Sistem Kopling Pada Sepeda Motor

Oleh: Drs. Buntarto

tombol beli buku

Dalam buku ini, memiliki titik fokus pada struktur mesin sepeda motor, salah satunya adalah kopling. Kopling sepeda motor yang terlalu keras, pada saat ditarik bisa menyebabkan tangan terkilir. Lalu, apa yang harus dilakukan agar kopling sepeda motor terasa ringan dan nyaman?

Sistem kopling sepeda motor merupakan komponen pada sepeda motor yang berfungsi sebagai penghubung dan pemutus tenaga putaran mesin sepeda motor dari poros engkol ke roda gigi transmisi (persneling) yang selanjutnya diteruskan ke roda sepeda motor. Buku yang dibandrol dengan harga Rp25.000 ini memberikan pemahaman yang memadai tentang konstruksi dan cara kerja sistem tersebut berikut dengan langkah-langkah pemeliharaannya.

 

6. Pengenalan Bodi Otomotif

Judul Buku: Pengenalan Bodi Otomotif

Oleh: Buntarto

tombol beli buku

Dalam buku ini memuat pokok pembahasan mulai dari dasar-dasar bodi kendaraan, konstruksi kendaraan, peralatan yang digunakan dalam perbaikan bodi kendaraan, hingga teknik perbaikan bodi. Buku yang dibandrol dengan harga Rp33.000 ini dapat membantu siswa menjadi tenaga kerja yang memiliki kompetensi di bidang bodi kendaraan untuk memasuki dunia kerja, atau sebagai bekal melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

 

7. Pengetahuan Baterai Mobil

Judul Buku: Pengetahuan Baterai Mobil

Oleh: Daryanto

tombol beli buku

Sesuai dengan judulnya, buku ini berfokus pada baterai mobil. Baterai mobil adalah alat untuk menyimpan energi untuk menyuplai sistem kelistrikan mobil, seperti untuk menghidupkan mobil saat awal atau melakukan starter, sistem pengapian, sistem listrik bodi dan penerangan, sistem instrumen mobil, sistem kelistrikan AC, sistem wiper, sistem listrik, dan sistem lainnya.

Buku yang dibandrol dengan harga Rp58.000 ini dapat mengajarkanmu akan pengetahuan baterai mobil yang tentu saja dapat berguna untuk mengasah skill otomotif.

 

8. Merawat & Memperbaiki Sistem Elektronik Bodi Mobil

Judul Buku: Merawat & Memperbaiki Sistem Elektronik Bodi Mobil

Oleh: Buntarto

tombol beli buku

Melalui adanya peralihan dari sistem manual ke sistem elektronik pada kendaraan bermotor, tentu saja banyak membantu kinerja kendaraan menjadi lebih praktis. Tujuan dari peralihan ini adalah memberikan kenyamanan bagi pengemudi maupun penumpang kendaraan, menambah kesan eksklusif, dan bahkan meningkatkan harga jual dan nilai penjualan.

Buku yang dibandrol dengan harga Rp26.000 ini akan mengajarkanmu mengenai bagaimana cara memperbaiki sistem elektronik yang terdapat dalam mesin kendaraan mobil, terutama di tengah hingar-bingarnya sistem elektronik pada mesin kendaraan.

 

9. Panduan Praktis Perawatan Sepeda Motor

Judul Buku: Panduan Praktis Perawatan Sepeda Motor

Oleh: Drs. Daryanto

tombol beli buku

Alat transportasi yang paling banyak dipergunakan masyarakat adalah sepeda motor. Sepeda motor merupakan alat transportasi yang mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan dengan alat transportasi lainnya dan pertumbuhannya sangat pesat. Hal ini disebabkan sepeda motor mempunyai beberapa kelebihan, diantaranya ekonomis dalam penggunaan bahan bakar, tidak membutuhkan tempat parkir yang luas, dan mampu melewati jalan sempit, harga yang relatif terjangkau, cocok untuk kondisi jalan yang macet. Manuver lincah, dan biaya perawatan yang relatif murah.

Dalam buku ini yang dibandrol dengan harga Rp87.000 ini akan menjelaskan terkait bagaimana cara melakukan perawatan dan penyetelan sepeda motor. Selain itu, juga banyak terdapat mengenai sepeda motor yang penting untuk diketahui, tidak hanya oleh penjual dan mekanik bengkel saja, tetapi juga oleh pengguna sepeda motor.

 

10. Panduan Praktis Perawatan Mobil: Komponen Mesin

Judul Buku: Panduan Praktis Perawatan Mobil: Komponen Mesin

Oleh: Basuki, S.T., dan Drs. Daryanto

tombol beli buku

Pemeliharaan (Maintenance) adalah suatu kombinasi dari setiap tindakan yang dilakukan untuk menjaga suatu barang dan untuk memperbaikinya sampai suatu kondisi yang bisa diterima. Hal-hal yang dimaksud dalam pemeliharaan adalah meliputi perawatan dan perbaikan mesin kendaraan.

Dalam buku yang dibandrol dengan harga Rp75.000 ini akan mengajarimu terkait pemeliharaan, yang terdiri dari dua macam, yaitu:

  1. Perawatan terencana atau perawatan berkala
  2. Perawatan tak terencana atau perbaikan jika terjadi kerusakan sewaktu-waktu

Nah, itulah ulasan mengenai rekomendasi buku mengenai mekanik otomotif. Apabila Grameds memang tertarik untuk menjadi seorang montir profesional, terus berlatih dengan praktik dan membaca teorinya, sebab dua hal itu akan saling berkaitan. Semoga rekomendasi buku-buku ini dapat berguna untuk kamu yaa…

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Baca Juga!

Written by Rifda Arum