in

6 Rekomendasi Novel Fiksi Indonesia Best Seller

6 Rekomendasi Novel Fiksi Indonesia – Novel merupakan karangan panjang yang terdiri dari berbagai rangkaian cerita mengenai beberapa orang tokoh dalam latar tertentu. Novel dapat berasal dari hasil imajinasi maupun kisah nyata yang dialami penulis maupun orang lain. Namun, meskipun diambil dari kisah nyata, sebagian besar novel akan tetap mengandung unsur imajinasi penulis sehingga dapat dikatakan bahwa hampir seluruh novel menyajikan kisah fiksi. Di Indonesia kini semakin banyak novel fiksi yang hadir dengan menyajikan berbagai genre dan kisah menarik yang dapat menghibur para pembacanya. Berikut beberapa rekomendasi novel fiksi Indonesia yang menyajikan kisah menarik dan layak untuk dibaca.

6 Rekomendasi Novel Fiksi Indonesia

  1. Aroma Karsa

    Aroma Karsa merupakan novel fiksi yang ditulis oleh Dewi Lestari atau lebih akrab disebut Dee Lestari. Novel ini diterbitkan pada tahun 2018 oleh Mizan Media Utama. Novel Aroma Karsa berisi mengenai berbagai cerita, mulai dari petualangan, misteri, mitologi, epigrafi, keluarga, persahabatan, hingga percintaan. Dalam novel ini, dikisahkan sosok Raras Prayagung yang memiliki ambisi untuk mencari dan menemukan sebuah bunga yang dipercaya dapat mengabulkan segala keinginan. Bunga tersebut bernama Puspa Karsa. Bunga tersebut berada di sebuah tempat rahasia dan hanya dapat ditemukan melalui aromanya.

    Ambisi Raras untuk menemukan bunga Puspa Karsa diawali dari kisah kuno eyang Janirah.Eyang Janirah memang sering menceritakan berbagai dongeng kepada Raras dan dongeng yang paling disukai laras adalah dongeng mengenai Puspa Karsa. Raras awalnya tidak mempercayai dongeng tersebut, tetapi saat melihat ekspresi wajah eyang yang menunjukkan keseriusan Raras pun mempercayainya hingga siap berpetualang ke mana pun untuk menemukan Puspa Karsa. Setelah eyang Janirah wafat, Raras mewariskan perusahaan Kemara yang merupakan perusahaan jamu dan kosmetik terbesar di Indonesia.

    Setelah bertahun-tahun menyimpan ambisinya untuk menemukan Puspa Karsa, Raras bertemu dengan seorang pemuda TPA Bantar Gebang bernama Jati Wesi. Jati memiliki julukan sebagai si hidung tikus karena memiliki kemampuan untuk mengenali dan mengingat aroma yang diciumnya. Karena itu, Raras mengontrak Jati untuk bekerja di perusahaannya. Raras memiliki keyakinan bahwa kemampuan Jati akan menjadi kunci utama untuk menemukan Pusma Karsa.

    Setelah menjadi karyawan di perusahaan Kemara, Jati jatuh cinta dengan seorang wanita bernama Suma, yang juga memiliki kemampuan seperti dirinya. Awalnya Suma tidak menyukai Jati, tetapi seiring dengan berjalannya waktu, Suma juga merasakan hal yang sama dengan Jati meski saat itu ia seorang memiliki kekasih. Karena itu, hubungan Suma dan kekasihnya yang bernama Arya berakhir. Keterlibatan Jati dengan keluarga Raras dan Puspa Karsa memecahkan misteri mengenai dirinya yang sebelumnya tidak ia ketahui. Jati juga menemukan fakta bahwa Puspa Karsa bukan bunga sembarangan, tetapi bunga yang sangat berbahaya.

    Berikut adalah novel Aroma Karsa bagi kalian yang tertarik dan penasaran dengan kisah lengkap dari Puspa Karsa dan para tokohnya.

    Novel Aroma Karsa

  1. Laut Bercerita

    Laut Bercerita merupakan sebuah novel fiksi yang ditulis oleh Leila S. Chudori. Novel ini diterbitkan oleh Kepustakaan Populer Gramedia pada tahun 2017. Novel ini mengambil latar pada tahun 90-an. Kisah dalam novel ini diawali dari tokoh bernama Biru Laut Wibisono yang menceritakan mengenai perjalanan hidup yang telah ia alami.

    Laut bersama beberapa orang temannya merupakan aktivis mahasiswa yang menyuarakan pandangannya untuk memperjuangkan keadilan. Perjuangan mereka tersebut justru berakhir dengan pengejaran dan penangkapan. Laut dan teman-temannya kemudian diculik, dikurung, diinterogasi, serta disiksa, tanpa mengetahui di mana keberadaan mereka saat itu.

    Penyiksaan para aktivis yang diculik berakhir dengan pembuangan atau jika beruntung, ia akan dipulangkan. Mereka yang berhasil dipulangkan menyimpan trauma dan rasa bersalah pada para aktivis lain yang tidak pernah kembali. Keluarga dari para aktivis yang menghilang terus mencari dan menuntut keadilan, tetapi tidak pernah menemukan titik terang.

    Berikut adalah novel Laut Bercerita bagi kalian yang tertarik dan penasaran dengan kisah lengkap dari Laut dan para tokoh lainnya.
    Novel Laut Bercerita

  1. Kala

    Kala merupakan sebuah novel fiksi yang ditulis oleh Syahid Muhammad dan Stefani Bella. Novel ini diterbitkan pada tahun 2017 oleh Gradien Mediatama. Kala mengisahkan mengenai luka lama, jarak, hubungan, pandangan tokohnya mengenai kehidupan. Kisah dalam novel ini diawali dari dua orang tokoh bernama Saka dan Lara, yang dipertemukan dalam acara pameran seni. Saka dan Lara sama-sama memiliki luka di masa lalu yang tidak pernah diceritakan kepada siapapun dan akhirnya membuat mereka menjadi pribadi yang tertutup.

    Pertemuan manis Saka dan Lara menjadi awal bagi mereka untuk menemukan jati diri dan mencoba untuk membuka diri satu sama lain. Setelah pertemuan singkat di pameran, Saka dan Lara terus dipertemukan kembali hingga membentuk kisah hidup baru yang tentu saja berbeda dengan kisah hidup mereka sebelumnya.

    Kedua tokoh dalam novel ini diceritakan dengan dua sudut pandang yang berbeda sehingga satu kejadian yang sama diceritakan sajikan dengan rasa yang berbeda. Novel ini memberikan kisah romansa sederhana yang dikemas secara yang unik dengan mengombinasikan cerita dan puisi.
    Berikut adalah novel Kala bagi kalian yang tertarik dan penasaran dengan kisah lengkap dari tokoh Saka dan Lara.
    Novel Kala

  1. Selamat Tinggal

    Selamat Tinggal merupakan sebuah novel fiksi yang ditulis oleh Tere Liye. Novel ini diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama pada tahun 2020. Tere Liye menanamkan berbagai pesan dalam novel ini, yaitu mengenai cinta, jahatnya pembajakan, serta kejujuran yang kini semakin berkurang. Selamat Tinggal mengisahkan mengenai seorang tokoh bernama Sintong yang bekerja di toko buku bajakan yang berada di belakang kampus. Sintong adalah seorang pemuda kelahiran Sumatera Utara yang yang menjadi mahasiswa abadi di Jurusan Sastra salah satu universitas ternama di Jakarta. Sintong telah beberapa kali memperpanjang waktu pengerjaan tugas akhirnya. Enam bulan menjadi waktu yang tersisa bagi Sintong untuk menyelesaikan tugas akhirnya.

    Di selang waktu sibuknya untuk mengerjakan tugas akhir tersebut, Sintong bertemu dengan Jess dan Bunga, yang merupakan mahasiswa jurusan ekonomi. Pertemuan Sintong dengan kedua wanita mempesona tersebut awalnya terjadi di toko buku bajakannya, kemudian Sinton berusaha memperpanjang pertemanan mereka dengan berkonsultasi mengenai artikel untuk masuk klub menulis kampus. Dalam novel ini juga diceritakan mengenai kisah romantis Sintong semasa SMA. Saat itu, Sintong menyukai seorang gadis bernama Mawar Terang Bintang. Namun, kisah cintanya harus berakhir karena Mawar lebih memilih menikahi seorang tentara berpangkat letnan dua bersama Binsar.

    Berikut adalah novel Selamat Tinggal bagi kalian yang tertarik dan penasaran dengan kisah cinta dan kehidupan Sintong.
    Novel Selamat Tinggal

  1. Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas

    Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas merupakan sebuah novel fiksi yang ditulis oleh Eka Kurniawan. Novel ini diterbitkan pada tahun 2014 oleh PT Gramedia Pustaka Utama. Novel ini menyajikan kisah yang kasar, brutal, dan tidak sopan sehingga dikhususkan bagi pembaca berusia di atas 21 tahun. Kisah dalam novel ini diawali dari tindakan tak bermoral yang dilakukan oleh Ajo Kawir dan Si Tokek. Pada malam itu, si Tokek mengajak Ajo Kawir untuk mengunjungi rumah Rona Merah, atau dikenal dengan julukan si janda gila. Awalnya Ajo Kawir menolak ajakan tersebut, tetapi akhirnya ia tidak tega untuk menolak ajaka teman baiknya itu.

    Kedua orang tersebut mengintip Rona Merah dari lubang jendela. Namun, saat itu Rona Merah hanya duduk sambil mencacah makanannya. Ajo Kawir kemudian merasa bosan dan berniat pergi dari tempat itu, tetapi dicegah oleh Si Tokek. Beberapa saat kemudian, terdengar suara sepeda motor yang mendekat ke arah mereka. Dari sepeda motor tersebut, turun dua orang polisi yang langsung masuk ke rumah Rona Merah dan memperkosanya. Saat sedang mengintip kejadian tersebut, Ajo Kawir tiba-tiba jatuh terpeleset.

    Suara Ajo Kawir yang terpleset, terdengar oleh kedua polisi. Saat Si Tokek telah berhasil melarikan diri, Ajo Kawir masih tertinggal di tempatnya dan ditangkap oleh salah satu polisi. Ajo Kawir kemudian dibawa masuk ke rumah Rona Merah untuk menyaksikan pemerkosaan kedua polisi tersebut. Setelah kejadian tersebut, tanpa penyebab yang jelas, Ajo Kawir menderita impoten. Meskipun menyajikan kisah yang terkesan ‘serampangan’ dan dengan menggunakan berbagai bahasa yang kasar, novel ini mengandung banyak pesan moral yang dapat diambil oleh pembacanya.

    Berikut adalah novel Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas bagi kalian yang sudah cukup usia dan tertarik kisah Ajo Kawir dan tokoh lainnya.

    Novel Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas

  1. Lumpu

    Lumpu merupakan novel ke-11 dari serial Bumi yang ditulis oleh Tere Liye. Novel ini diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama pada tahun 2021. Novel Lumpu mengisahkan mengenai petualangan untuk menyelamatkan guru matematika mereka, Miss Selena. Raib, yang sebenarnya masih merasa sakit hati dan marah atas pengkhianatan yang dilakukan Miss Selena tetap ikut berusaha untuk menemukan Miss Selena. Ketiga tokoh petualang dalam novel ini, yaitu Raib, Seli, dan Ali segera pergi ke klan Nebula untuk membebaskan Miss Selena yang dikurung oleh Lumpu.

    Petualangan mereka dimulai dengan mencari Tamus untuk diajak melakukan kerja sama. Mereka pun menemukan lokasi Tamus di perut salah satu gunung yang berada di Distrik Gunung-Gunung Terlarang. Kedatangan mereka disambut dengan serangan dari Fala Tara Tana IV dan Tamus, seperti yang telah mereka perkirakan sebelumnya. Ali telah mencoba menjelaskan alasannya untuk menemui Tanus, tetapi Tanus tetap menganggap mereka musuh yang penyebab semua rencananya kacau.

    Di tengah pertarungan tersebut, Lumpu muncul secara tidak terduga dan berusaha mengalahkan Tanus yang telah menjadi incarannya sejak lama. Raib, Seli, dan Ali kemudian mencoba membantu Tamus untuk mengalahkan Lumpu. Mereka berempat kemudian bekerja sama untuk menemukan cara yang dapat mengalahkan Lumpu.

    Pertarungan melawan Lumpu menjadi pertarungan yang sangat sulit. Tamus dan Ali harus kehilangan kekuatannya oleh teknik melumpuhkan dari Lumpu. Raib yang dalam pertarungan sebelumnya selalu mendapatkan kekuatan tak terduganya saat merasa berada dalam situasi yang terpojok, kembali mendapatkan kekuatan tak terduga lagi dalam pertarungan ini. Tidak ada yang menyangka bahwa sarung tangan Bulan milik Raib dapat mengalahkan teknik melumpuhkan lumpu.

    Berikut adalah novel Lumpu bagi kalian yang tertarik dan penasaran dengan kisah selengkapnya dari petualangan Raib, Seli, dan Ali melawan Lumpu.

    Novel Lumpu

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Laila Febrianti