in

Rekomendasi Novel Islami Romantis Terbaik

Rekomendasi Novel Islami Romantis – Indonesia memang dikenal mempunyai beragam genre novel berbau Islami yang bisa dijadikan bacaan inspiratif. Meski kerap kali bersaing dengan novel genre lain, keberadaan novel Islami tak kalah populer di kalangan masyarakat.

Banyaknya pesan moral keagamaan yang dapat diambil, membuat novel Islami semakin meluas di dunia literasi Indonesia.

Dengan begitu, artikel ini akan mencoba membahas terkait beberapa rekomendasi novel Islami yang bisa kalian nikmati di waktu senggang dan dapat dijadikan bahan bacaan yang menginspirasi. Berikut uraiannya.

Table of Contents

Rekomendasi Novel Islami Romantis Agustus 2022

Jika Adab Hilang Dari Kehidupan Kita – Ust Ahmad Zacky El-syafa

Jika Adab Hilang Dari Kehidupan Kita
Jika Adab Hilang Dari Kehidupan Kita

“Puncak dari ketinggian adab adalah saat engkau diam dan mendengarkan seseorang yang berbicara kepadamu, tentang sesuatu yang engkau ketahui dengan baik, sementara dia tidak menguasainya.” IBNU KHALDUN

Adab memiliki makna kebaikkan budi pekerti atau kesopanan dan berkaitan erat dengan akhlak. Dalam Islam, kita harus mematuhi adab agar kehidupan kita jadi lebih tenang dan damai.

Buku Jika Adab Hilang Dari Kehidupan Kita menguraikan secara mendalam tentang bagaimana sesungguhnya hidup zuhud, tips memiliki qalb al – salim (hati yang damai), memiliki rasa malu, memperkokoh iman, rida, mengendalikan amarah, mengusir rasa sombong dan masih banyak lagi.

Merindu Baginda Nabi – Habiburrahman El Shirazy

Merindu Baginda Nabi
Merindu Baginda Nabi

Awan putih yang bergerombol itu seumpama kumpulan jutaan malaikat yang sedang berzikir dalam diam. Gadis berjilbab merah marun itu menyeka air matanya sambil memandang ke luar jendela pesawat yang dinaikinya. Ada kerinduan yang menggelegak dan membara dalam dadanya. Kerinduan kepada Baginda Nabi, menyatu dengan kerinduan kepada abah dan umminya, serta teman-temannya, anak-anak yatim di Darus Sakinah sana.

Diam-diam ia merasa iri dengan abahnya. Bagaimana abahnya bisa memiliki rasa rindu sedemikian dalam kepada Baginda Nabi Saw.. Ia berharap suatu saat juga memiliki rasa rindu seperti itu. Rasa rindu nan dahsyat yang hanya dikaruniakan oleh Allah kepada hamba-hamba terpilih.

Tekad – Azmi Askandar & Wahyudi Pratama

Tekad
Tekad

Semua berawal dari hobiku melantunkan ayat-ayat Allah, berselawat kepada Baginda Rasulullah, hingga bergabung dalam kelompok peselawat tersohor seantero tanah jawa. Baik aku ataupun keluarga, tak ada yang pernah menyangka kehadiranku sebagai santri milenial yang cinta selawat bisa menarik perhatian banyak umat.

Niatku sangat sederhana ketika mulai tertarik untuk lebih mendalami dunia selawatan; ingin mendekatkan diri dengan para ulama, serta jiwa dan raga tercium wangi syurga.

Namun seiring berjalannya waktu, aku semakin teguh pendirian dalam menekuni jalan dakwah yang kupilih, berdiri kokoh di atas kehendak hati, bukan atas kehendak orang lain; sebuah tekad bulat untuk berdakwah di jalan Allah sampai akhir hayat.

“Aku bukan siapa-siapa. Hanya manusia biasa, yang memuja nama Allah dan mencintai Baginda Rasulullah. Jika ibadahku belum sempurna, paling tidak jalan dakwah yang kutempuh bisa bermanfaat bagi seluruh umat.”
Azmi Askandar

 

Bukan Aku Yang Dia Inginkan – Sari Fatul Husni

Bukan Aku Yang Dia Inginkan
Bukan Aku Yang Dia Inginkan

iza Humairah, gadis salehah yang menyukai laki-laki bernama Fakhri Alfarazel dalam diam. Lelaki tampan yang memiliki prestasi membanggakan. Tidak ada yang tahu perasaanya ke Fakhri kecuali ia dan Allah.

Suatu hari, seorang lelaki datang dan berniat melamar Aiza. Aiza terkejut dan bimbang secara bersamaan. Ia ingin menolak karena hatinya kini hanya terisi nama Fakhri. Namun, jodoh memang rahasia Allah. Ketika Aiza mulai mengikhlaskan cinta dalam diamnya, Allah memberi kejutan tidak terduga untuknya. Lelaki yang melamarnya nyatanya adalah seseorang yang selalu ia sebut namanya dalam doanya. Pujian syukur Aiza langitkan selalu kepada Allah. Ia menerima Fakhri tanpa ragu, kebahagian kini menghampirinya hingga akad datang.

Namun, harapan dan bayangan rumah tangga yang hangat dan harmonis pupus seketika. Sehari setelah pernikahan, tepat ketika mereka baru pindah ke rumah baru, Fakhri mengatakan bahwa mereka pisah kamar. Aiza tidak pernah tahu apa alasannya, Fakhri hanya marah ketika ia bertanya.
Aiza tidak merasakan kehangatan bahkan kasih sayang. Fakhri selalu membuatnya terluka dengan sikap dingin dan ketus Fakhri. Cinta yang kuat membuat Aiza sabar dan tabah.

Hingga suatu hari, ia mengetahui sesuatu yang mengejutkan. Hati Aiza berteriak sakit ketika mendengar pengakuan Fakhri, bahwa bukan Aiza yang sebenarnya ingin Fakhri khitbah, namun kakaknya, Arisha. Fakhri nyatanya tidak pernah mencintainya dan tidak pernah menginkannya. Lalu, bagaimanakah kisah Aiza dan Fakhri selanjutnya?

Kembara Rindu – Habiburrahman El Shirazy

Kembara Rindu
Kembara Rindu

Kali ini, Kang Abik menyuguhkan novel berjudul Kembara Rindu. Kembara Rindu nantinya akan menjadi Dwilogi dan untuk kali ini adalah Buku Pertama.

Berikut adalah Sinopsis dari Kembara Rindu:

Setelah Diana pulas, keharuan Ridho meledak. Mata pemuda itu berkaca-kaca. Ia menyadari dirinya sedang ada di dalam kereta, duduk disamping putri bungsu Kyainya. Ia baru saja meninggalkan pesantren. Ia dalam perjalanan pulang. Inilah hidup, tidak ada yang tetap selamanya. Ia tidak mungkin terus tinggal dipesantren jadi santri sepanjang hayatnya. Matahari terus berputar pada garis edarnya. Bumi berputar pada porosnya. Siang dan malam datang pergi bergantian. Ia teringat nasehat Simbah Kyai Nawir dalam salah satu pengajiannya.

“Santri-santriku, dalam pengembaraan mengarungi kehidupan dunia ini jadilah kalian orang-orang yang penuh rindu. Orang-orang yang rindu pulang. Jadilah seperti orang mengembara dan sangat rindu untuk segera bertemu keluarganya. Orang yang didera rindu untuk segera pulang, itu berbeda dengan orang yang tidak merasa rindu, meskipun sama-sama bepergian. Orang yang didera rasa rindu, tidak akan membuang-buang waktunya dijalan, ia ingin cepat-cepat sampai rumahnya. Sebab, ia ingin bertemu dengan orang-orang yang dicintainya. Sebaliknya, orang yang tidak merasa rindu, mungkin dia mampir di satu tempat dan berlama-lama di situ, jadinya banyak waktu yang terbuang sia-sia.

Di dunia ini kita seperti orang bepergian, orang yang megembara. Dunia ini bukan tujuan kita. Tujuan kita adalah Allah. Kita harus memiliki rasa rindu yang mendalam kepada Allah. Dan Allah akan membalas dengan kehangatan rindu dan ridha-Nya yang tiada bandingannya.”

 

Rekomendasi Novel Islami Romantis Juli 2022

Halaqah Cinta – Arif Rahman Lubis

Halaqah Cinta
Halaqah Cinta

Pengen cepet ketemu Jodoh?
6 hal penting dalam buku ini perlu kamu tahu.

* 7 manfaat menikah yang bisa membuatmu lebih bahagia dan sukses dunia-akhirat;

* 7 masalah yang membuat seseorang telat nikah plus solusinya;

* 8 aspek perbaikan diri biar cepet ketemu jodoh yang kamu inginkan;

* 7 hikmah saat berikhtiar mencari jodoh biar kamu nggak gampang putus asa dan tetep optimis;

* 9 rahasia yang memudahkanmu berjalan menuju gerbang pernikahan;

* Tip-tip praktis menjemput jodoh sesuai anjuran Rasulullah, mulai dari menyucikan niat, meminta restu orangtua, melakukan ta’aruf sesuai syari’at, khitbah, akad, dan walimah.

Buku ini pas banget buat kamu yang masih ragu untuk menikah, yang dalam masa penantian, yang sedang mempertimbangkan lamaran, yang sedang mempersiapkan diri menuju pernikahan, dan yang sudah melangsungkan pernikahan.

Di Atas Sajadah Cinta – Habiburrahman El Shirazy

Di Atas Sajadah Cinta
Di Atas Sajadah Cinta

“Inilah kisah-kisah yang penuh dengan ibrah, makna yang dalam, diambil dari kisah teladan Nabi, para sahabat, para tabi’in, dan mujahid-mujahid Islam di masa lalu. Begitu membaca buku ini saya merasa seolah-olah terbetot, untuk kembali menekur dan menafakuri diri…. Betapa banyak yang dapat diambil dari kumpulan kisah teladan ini. Sangat bermanfaat bagi remaja kita.”

—Pipit Senja, Santrawan dan Novelis Tanah Air

 

Dalam Mihrab Cinta – Habiburrahman El-Shirazy

Dalam Mihrab Cinta
Dalam Mihrab Cinta

“Sebuah novelet pembangun jiwa karya Habiburrahman El-Shirazy. Di dalamnya terdapat 3 cerita, Takbir Cinta Zahrana, Dalam Mihrab Cinta, dan Mahkota Cinta. Cerita pertama tentang suka duka seorang wanita yang berduka kerana jodohnya begitu sukar ditemukan. Zahrana merentasi bencana yang menyebabkan dia dirundum derita dan tertekan. Mampukah Zahrana menemukan jodoh yang telah ditetapkan sejak azali untuknya?

Cerita kedua, mengenai pelajar Pesantren al-Furqan. Syamsul Hadi namanya. Ia difitnah Burhan dengan tuduhan mencuri. Ia pun dikeluarkan dari pesantren dan diusir dari rumah. Benarkah Syamsul Hadi seorang pencuri?

Cerita ketoga mengisahkan Zul yang terpaksa berhijrah ke Malaysia. Dalam perjalanannya bertemu Mari, seorang wanita Indonesia yang bekerja di Malaysia. Dari seorang yang rajin dan bersemangat tinggi, Zul tiba tiba-tiba menjadi seorang yang murung dan malas. Apa sebabnya? Apakah karena cintanya yang mendalam dengan Mari?”

 

Cinta Dalam Ikhlas (Republish) – Abay Adhitya

Cinta Dalam Ikhlas
Cinta Dalam Ikhlas

Aurora Cinta Purnama. Aku sudah berusaha mengikhlaskanmu. Namun, pada akhirnya, memang hanya kamu sosok yang kuyakini akan menjadi jodohku nanti. Ya, aku masih berharap kamulah yang menjadi pasanganku, meski sudah bertahun-tahun lamanya kita tak bertemu. Keyakinanku kepadamu tak pernah pudar, fatwa hatiku masih tetap sama. Aku ingin memperjuangkanmu, Ara, supaya kita dapat bersatu. Oleh karena itulah, wajar jika aku berharap kepada Allah agar kita bisa dipertemukan di saat yang tepat. Tapi, apakah kamu menyimpan keyakinan dan keinginan yang sama denganku?
Ara … apa pun yang terjadi nanti, aku akan ikhlas dan tetap mencintaimu.

 

Cinta di Ujung Sajadah – Asma Nadia

Cinta di Ujung Sajadah
Cinta di Ujung Sajadah

“Belasan tahun menjalani hidup sebagai piatu, Cinta bahkan tidak tahu wajah ibunya. Ayah dengan sempurna melenyapkan setiap jejak perempuan terkasih itu. Saat Ayah menikah dengan Mama Alia, dan membawa dua saudara tiri, Cinta semakin tersisih.
Ketika surga terenggut dari hari-hari Cinta, lelaki itu hadir. Makky Matahari Muhammad yang humoris namun santun itu, mengenalkannya pada duania lain yang memberi kebahagiaan. Hingga sebuah rahasia besar belasan tahun lalu terbongkar dan CInta harus menempuh perjalanan jauh yang memisahkannya dengan laki-laki itu.

***

Novel yang memberikan porsi pada cinta, tanpa ada kedzaliman pada hati. Hingga cinta tak kenal galau. (Hamid Zanath Zayn)

Cerita cinta api yang lebar. Nggak melulu cinta sama sang Makky, tapi juga cinta bunda dan keluarga, sahabat, dan of course kepada Allah, make me love this book. (Linbud binti Buyung)

Sungguh cerita yang menguras air mata. Tak bosan membaca novel ini berulang kali. Mengajarkan pembaca akan arti “surga di bawah telapak kaki ibu”. Menghibur sekaligus menjadi teladan bagi pembaca untuk selalu mendekatkan diri kepada Tuhan. (Ocha Thalib)”

 

Rekomendasi Novel Islami Romantis Juni 2022

Santri Pilihan Bunda

Salsyabila Falensia: Santri Pilihan Bunda
Salsyabila Falensia: Santri Pilihan Bunda

Perjodohan yang tidak pernah ada dalam buku rencana Aliza. Yaitu harus menikah dengan seorang santri pilihan Bundanya.

Kinaan Ozama El Fatih. Seorang Santri salah satu pondok pesantren terkenal dikotanya. Pria tinggi, dengan alis tebal. Pahatan wajah yang terbilang sempurna. Serta sedikit rahasia dalam dirinya. Sikapnya yang dingin tak berlaku saat sedang bersama Aliza yang sekarang berstatus Istrinya. Entah kenapa, sikap manja itu, selalu saja muncul ketika sedang bersama Aliza.

Aliza Shaqueena Iqala. Gadis cantik pencinta batu es. dengan bulu mata lentik serta badannya yang terbilang mungil membuatnya terlihat begitu imut. Sikapnya yang cuek, yang mengharuskan Kinaan untuk mencair jika bersama Aliza. Karena jika keduannya sama sama cuek. Maka bisa dipastikan hubungannya akan terlihat seperti apa?

Bagi Kinaan, walaupun dirinya dan Aliza dijodohkan. Aliza tetaplah Istrinya, tanggung jawabnya. Ia harus membimbing Aliza dengan baik, dan membuat bahagia gadis itu.

 

A dan Z

ERLIS KURNIANTI: A dan Z
ERLIS KURNIANTI: A dan Z

Bagi zara nindiatama, abyan bukanlah tipe pria idamannya. Pria yang lebih tua delapan tahun darinya, sangat kolot dan ketat dalam ilmu agama. Membuat seorang zara yang masih ingin menikmati masa muda

 

LAIQA: Hijab for Sisters 4: Jadi Anak Pesantren

Triani Retno A.: LAIQA: Hijab for Sisters 4: Jadi Anak Pesantren
Triani Retno A. LAIQA: Hijab for Sisters 4: Jadi Anak Pesantren

Lulus SMP, Tasya yang awalnya punya kehidupan bebas ala remaja ibu kota, resmi jadi anak pesantren! Pesantrennya sih tipe modern yang superluas dan superlengkap. Sayangnya, masuk ke sana tuh kayak memasuki luxurious jail.

Kehidupan lamanya sebagai anak gaul kota sirna hanya dalam sekejap. Berganti dengan kehidupan asing yang menjadikannya serba teratur. Bahkan, kamarnya yang luas pun berubah jadi kamar sederhana yang harus dibagi dengan tiga santri lainnya. Astri, si anak barbar yang berisik dan suka manjat-manjat pohon.

Dini, si anak kampung yang pintar tapi minderan. Dan Sarah, si bule Jerman yang kesasar. Bisa nggak sih Tasya bertahan di pesantren, menjalani kehidupan yang serba berbeda dari kebiasaannya? Terus, gimana dengan Astri, Dini, dan juga Sarah, saat menghadapi Tasya yang suka seenaknya sendiri?

 

Fatimah Az-Zahra : Kerinduan Dari Karbala

Sibel Eraslan: Fatimah Az-Zahra : Kerinduan Dari Karbala
Sibel Eraslan: Fatimah Az-Zahra : Kerinduan Dari Karbala

Seorang Penyair Berusaha Mati-Matian Mengisahkannya Selama 40 Hari Di Depan Orang Banyak Di Sebua Alun-Alun Kota Karbala. Hukuman Telah Menantinya Karena Mengaku-Ngaku Sebagai Pengarang Diwan Az-Zahra Yang Sangat Terkenal.
Dari Sinilah Semua Kisah Ini Bermula….

Semuanya Berawal Dari Kerinduan. Kerinduan Terhadap Sebuah Sosok Yang Luar Biasa. Salah Satu Dari 4 Wanita Yang Dijanjikan Surga. Yang Kehidupannya Sangat Bersahaja. Yang Gerak-Geriknya Membuat Cemburu Semua Wanita. Yang Tingkah Lakunya Dipuja Semua Manusia. Yang Menjadi Belahan Jiwa Ayahandanya.

Dialah Fatimah Az-Zahra…. Sumber Keindahan, Kebanggaan, Dan Tanda Pengenal Yang Telah Dibentuk Rasulullah Saw. Dengan Keindahan Al-Qur’An Dan Kemuliaan Akhlak Ayahandanya.
Berhasilkah Si Penyair Menyelesaikan 40 Kisah Kerinduannya Kepada Fatimah Az-Zahra Atau Malah Mendapatkan Hukuman?

 

Khadijah : Ketika Rahasia Mim Tersingkap

Sibel Eraslan: Khadijah : Ketika Rahasia Mim Tersingkap
Sibel Eraslan: Khadijah : Ketika Rahasia Mim Tersingkap

Khadijah terpaku. Mulutnya tak mampu mengucapkan kata itu. Sebuah kata yang berawalan huruf “Mim”. Kata itu ternyata mengandung makna yang dalam. Sebuah kata yang diibaratkan sebagai kunci, rumus, dan juga sandi.

Khadijah ingin merahasiakannya. Merahasiakan dambaan hatinya, kekasih yang juga sepupunya. Khadijah tidak sendiri. Seluruh makhluk di jagad raya ini seolah telah menjadi seperti dirinya.

Merindu, haus akan air segar ‘Mim’. Dan saat Khadijah berucap “Mim”. ketika kedua bibirnya menutup rapat, seakan-akan udara yang ada dalam rongga mulutnya telah meniupkan cinta ke dalam hatinya. Cintanya yang teguh kepada seorang lelaki yang kelak menjadi Sang Nabi…

 

Rekomendasi Novel Islami Romantis Oktober 2021

Satu Hari di 2018

Satu Hari di 2018: Boy Candra
Satu Hari di 2018: Boy Candra

Perasaan itu tetap saja ada. Meski berkali-kali aku melupakannya, berkali-kali lipat pula ia tumbuh. Apakah kau tidak pernah merasakan hal yang sama? Sementara dulu, sering kali kita tanpa disengaja sama-sama ingin menelepon, sama-sama ingin mengucapkan rindu yang sama. Apakah semudah itu bagi lelaki untuk melupakan? Apa kau tidak pernah tahu bahwa perempuan sering kali begitu sulit lepas dari kenangan. Lalu, sudah matikah hatimu pada janji-janji yang kau katakan padaku?

Sungguhlah, hal paling menyedihkan untuk ditatap di dunia ini adalah perempuan yang sedang patah hatinya. Walau kau tahu, setelah patah hati selalu ada cinta yang lebih baik.

Jangan menjadikan cinta sebagai sesuatu yang salah. Sesuatu yang seolah menyakitimu. Kau dan aku pernah sepakat, bahwa bukan cinta yang menyakiti manusia. Sebab pada hakikatnya, cinta adalah kebahagiaan, walaupun patah hati tetap saja bisa menjadi kenangan tidak menyenangkan yang berulang.

Beberapa orang tak akan percaya, bahwa kenyataan kadang terlalu sakit baginya, hal yang menjadi alasan untukku menulis cerita-cerita di buku ini.

 

The Perfect Muslimah

The Perfect Muslimah: Ahmad Rifai Rifan
The Perfect Muslimah: Ahmad Rifai Rifan

The Perfect Muslimah. Indah akhlaknya, teduh parasnya, brilian otaknya, mantap ilmu agamanya, luas pergaulannya, dahsyat prestasinya, dan hebat kontribusinya. Auratnya terjaga, pergaulannya terjaga, perilakunya terjaga. Matanya berkilau oleh air mata takwa, bibirnya basah dengan untaian petuah, rambutnya tertutup oleh juluran jilbabnya. Biacaranya dakwah, pendengarannya tilawah, geraknya jihad fii sabilillah.

Hatinya penuh zikir, otaknya penuh pikir, dipercantik oleh terjaganya lahir. Kaulah gemintang yang menghias langit yang pekat. Kaulah rembulan yang cahayanya teduh tak memanaskan. Kaulah bidadari bumi yang kelak jadi bidadari tercantik di surga.

 

Kutemukan Cinta Mu

Kutemukan Cinta Mu: @onedayonejuz
Kutemukan Cinta Mu: @onedayonejuz

Kebaikan harus ditularkan. Perjuangan dan keberkahan dari tilawah Al-Qur’an perlu ditunjukkan. Bukan untuk mendapat pujian. Hanya ingin saling menguatkan. Agar bisa sama-sama tiada hari yang terlewatkan untuk tilawah Al-Qur’an. Saya kira inilah alasannya mengapa buku ini diterbitkan.”
Oki Setiana Dewi, Artis dan Founder of MAFFAZ

Sulit dan susah, ini yang dirasakan saat pertama kali berusaha setiap hari bisa Tilawah. Lalu, saat dijalani dari waktu ke waktu bukan saja membaca Al-Qur’an menjadi lebih mudah namun juga mendatangkan banyak berkah. Dari mulai hati yang tak lagi gundah, hidup menjadi lebih terarah, langkah terasa lebih mudah, dan selalu ada jalan keluar dari setiap masalah.
Inilah yang dirasakan para anggota komunitas ODOJ, one day one juz, saat berusaha tiada hari tanpa mereka lewatkan untuk membaca Al-Qur’an. Melalui buku ini sebagian mereka berbagi inspirasi dan pengalaman. Bila mereka bisa melakukannya dan mendapatkan ragam kebaikan, setiap kita pun bisa demikian.
Marilah kita berusaha untuk terus dekat dengan Al-Qur’an. Jangan biarkan keberkahan terlewatkan kerena kita hanya menjadikan Al-Qur’an sebagai pajangan, bukan bacaan.

“Buku ini benar-benar menginspirasi kita semua. Ada banyak kisah yang menyentuh di hati. Semua orang punya cara dan kisah untuk kembali ke Al-Qur’an. Semua orang punya cara dan kisah selama bersama Al-Qur’an. Semua orang juga punya cara dan kisah saat jauh dari Al-Qur’an. Inilah tiga point yang kita dapatkan di buku ini. Ini keren banget…”
¬—-Ali Zainal Abidin Shahab, Aktor dan Pembawa Acara

 

Ratu Bidadari Surga

Ratu Bidadari Surga: Rahmadani, Gina
Ratu Bidadari Surga: Rahmadani, Gina

Inilah kisah-kisah nyata para wanita yang berproses menjadi shalehah, calon ratu bidadari surga. Bagaimana mereka menghadapi ujian sebagai bentuk ketaatan kepada Sang Pencipta. Karena untuk dirinya, hanya ada dua pilihan: menjadi sebaik-baiknya perhiasan dunia atau sebesar-besarnya fitnah.

Rekomendasi Novel Romantis Islami Terbaik 

1. Di Atas Sajadah Cinta – Habiburrahmad El Shirazy

Di Atas Sajadah Cinta
Di Atas Sajadah Cinta

tombol beli buku

Di Atas Sajadah Cinta adalah salah satu novel dari berbagai karya tulis yang ditulis oleh novelis Islami termasyhur, Habiburrahman El Shirazy–kerap disapa Kang Abik. Kelihaiannya dalam mengukir kata demi kata menjadi sebuah bentuk cerita yang tidak perlu dipertanyakan lagi. Hal itu terbukti bahwa novel Di Atas Sajadah Cinta ini laris di pasaran.

Serupa dengan novel-novel milik Kang Abik lainnya, novel ini mengisahkan cerita-cerita teladan Islami yang mampu membangkitkan iman dan menentramkan hati. Pada setiap kisah di novel ini sarat akan pesan moral dan teladan yang dapat dijadikan pelajaran. Semua terangkum menjadi sebuah bacaan yang bermanfaat untuk semua kalangan, khususnya remaja.

Novel setebal 366 halaman ini mengisahkan hubungan cinta seorang hamba kepada Rabbnya, di antaranya bagaimana seorang hamba menghadap pada Rabbnya, bagaimana seorang hamba memegang kerinduan dan kecintaan, dan bagaimana seorang hamba bersikap merayu Sang Pencipta untuk mendapatkan cinta yang diridhoi oleh-Nya. 

Novel ini menyimpan banyak partikel religi dan sastra sehingga kita sebagai pembaca akan dibawa terbang mengitari cahaya Islam dalam kata demi kata yang menawan. Terdapat kurang lebih 38 cerita yang dapat dijadikan sebagai teladan. Semua cerita tersebut menguraikan terkait hakikat cinta yang sebenarnya sesuai dengan kebenaran dan ajaran Islam.

2. Cinta dalam Diam – Shineeminka

Cinta dalam Diam
Cinta dalam Diam

tombol beli buku

Novel bertajuk Cinta dalam Diam karya Shineeminka berawal dari cerita di aplikasi Wattpad yang banyak diminati oleh para pembaca. Di novel setebal 388 halaman ini, kalian akan menemui berbagai konflik dalam hubungan pernikahan sebab menikah bukan hanya digambarkan sebagai sesuatu yang indah.

Novel ini mengisahkan cinta antara dua jiwa yang mempunyai kepribadian yang sangat bertolak belakang. Dua jiwa yang dimaksud bernama Ali dan Zahra. Kisah cinta keduanya dapat sampai pada tahap pernikahan sebab hasil dari perjodohan dari orang tua mereka.

Cinta dalam Diam dibalut dengan sangat menarik sebab memadukan cerita romansa dan islami yang akan membuat para pembaca semakin terbawa suasana. Melalui sudut pandang orang ketiga, pembaca akan mudah memahami perasaan pada tiap-tiap tokoh dari novel ini. Tidak hanya itu, novel ini pun menggunakan alur maju mundur sebab ada bagian yang mengisahkan masa lalu dari tokohnya.

Mengisahkan perjalanan seorang gadis bernama Zahra yang melangkahkan kakinya dalam menempuh proses hijrahnya. Cara tersebut dimulainya dengan tampilan berpakaiannya sampai akhirnya ia bersua dengan jodohnya. Itu semua sungguhlah tidak mudah bagi Zahra, tentu segala sesuatu di dunia ini pasti ada halang rintang ujiannya.

Bilamana dalam proses berhijrah, seseorang pastinya sudah banyak mendapati sekecil batu kerikil rintangan yang perlu dihadapi–bagaimana dengan menjalin sebuah rumah tangga? Seperti halnya kisah yang dihadapi oleh Ali dan Zahra dalam novel ini.

Fatimah Azzahra digambarkan sebagai karakter wanita berparas cantik, baik hati, pekerja keras, penurut, dan pastinya penyabar. Sementara Ali, diilustrasikan sebagai lelaki tampan dan seseorang yang sukses sebab mampu menjadi dokter di usianya yang terbilang masih muda. Ali pun mempunyai pemahaman di bidang agama yang cukup luas.

Dalam hal ini Ali digambarkan sebagai karakter yang tidak menaruh minat dengan para perempuan yang hanya sibuk menarik perhatian dirinya. Akan tetapi, Ali tetaplah manusia biasa sebab pernah pada suatu waktu, dirinya menyakiti hati istrinya. Apa yang dilakukan oleh Ali? Untuk mengetahui kisah selanjutnya, baca novel Cinta dalam Diam

3. Bidadari Berbisik – Asma Nadia

Bidadari Berbisik
Bidadari Berbisik

tombol beli buku

Novel Bidadari Berbisik merupakan karya penulis ternama, Asma Nadia, terbit pertama kali pada tahun 2020. Menakjubkannya, novel ini sebagai peraih penghargaan 10 tahun Mastera. Seperti novel Asma Nadia kebanyakan yang menghidangkan sebuah kisah yang tidak pasaran, salah satunya novel Bidadari Berbisik ini.

Walaupun tema yang diangkat serupa dengan karyanya yang bertajuk Pesantren Impian, tetapi secara isinya tentu berbeda. Pada kalimat pengantar, penulis menjabarkan bahwa novel ini ada sebab dirinya terinspirasi dari peristiwa nyata yang terjadi di Surabaya, tepatnya kejadian yang pernah menjadi headline di surat kabar.

Novel ini mengisahkan tokoh bernama Ning yang tidak berkeinginan menjemput kematian. Ia hanya menginginkan menguak misteri atas hilangnya Bidadari Ayuni, adik kembarnya yang pergi ke kota Jakarta sekadar mencari pekerjaan. Ayuni bekerja di kediaman seorang nyonya kaya raya agar dapat memenuhi impian sang Ibu untuk mengunjungi tanah suci.

Memberi sebuah kapan bukanlah hal yang sulit, tetapi saat ia pergi, seolah nuansa malam membalut sempurna keberadaannya. Ning yang saat itu cemas, hanya berbekal info seadanya dan ia bersikeras menyusul. Di lokasi yang sama, kediaman di mana Bidadari Ayuni pernah bekerja, Ning malahan teperdaya antara keinginan untuk menelusuri jejak hilangnya sang adik dan kejahatan yang dapat mengancam dirinya.

Ning perlu mempersiapkan dan mengetahui kadar keberaniannya karena ia bukan hanya berhadapan dengan nyonya rumah, melainkan dengan kekuasaan dari sang Mahakuasa.

Penasaran akan perjalanan kisah yang dihadapi oleh Ning demi menemui adiknya?

4. Cinta dalam Ikhlas – Abay Adhitya

Cinta dalam Ikhlas
Cinta dalam Ikhlas

tombol beli buku

Cinta dalam Ikhlas merupakan karya novel pertama dari Bayu Adhitya Nugraha atau akrab disapa Kang Abay. Novel yang ditulisnya ini padat akan pembelajaran mengenai ikhlas, seperti mengikhlaskan kepergian anggota keluarga yang meninggal dunia ataupun mengikhlaskan hal yang memang belum waktunya terjadi.

Bila diibaratkan menjadi sebuah kalimat, apabila mencintai sesuatu, kalian harus siap untuk mengikhlaskannya.

Novel ini dengan tebal 384 halaman ini mengisahkan seorang pemuda yang bertemu dengan seorang gadis anggun nan taat beribadah pada Rabbnya. Sang pemuda itu bernama Athar, sementara gadis itu bernama Aurora atau Ara. Saat pertemuan pertama mereka, dapat melahirkan sebuah cinta pada diri Athar.

Dalam novel ini, sosok Athar digambarkan sebagai pemuda yang tidak begitu rajin beribadah perlahan mengubah perilakunya tersebut. Athar menjadi sosok yang rajin, baik itu dalam hal pelajaran maupun beribadah, terlebih dirinya mendaftarkan diri menjadi anggota organisasi Rohani Islam di sekolahnya. Kehadiran Ara membuat Athar menjadi pribadi yang lebih baik. Dengan kata lain, Ara membawa dampak positif di hidup Athar.

Cinta dalam Ikhlas memperlihatkan pada pembaca bahwa cinta itu sangat luar biasa. Cinta dapat membuat seseorang menjadi pribadi yang berbeda, seperti halnya perpisahan antara sang ibu dan bapak Athar yang sudah meninggal dunia, perpisahan dalam cinta yang mengharuskan mereka menjadi pribadi yang kuat dalam menjalani proses kehidupan di kemudian hari.

Kemudian, ada pula cinta yang bersemi dalam perjumpaan sosok Athar dengan Ara–membuat Athar menjadi sosok atau pribadi yang berbeda, jauh lebih baik, dan ingin memantaskan diri agar dapat menjadi imam bagi Ara kelak.

Tidak melulu menceritakan persoalan cinta, novel ini pun menghadirkan berbagai nilai pentingnya kehidupan, contohnya upaya tokoh Athar yang ingin tetap kuliah dan mengharuskan hidup mandiri dalam menghadapi keterbatasan finansial. Selain itu, dirinya pun harus berupaya untuk menggapai semua impiannya.

Tak lupa, novel ini menyuguhkan wawasan pada pembacanya mengenai ta’aruf. Cinta dalam Ikhlas sangat pas dinikmati sebab akan ada banyak motivasi dan pembelajaran yang dapat dipetik, khususnya di usia remaja hingga dewasa.

Kemudian, bagi seusia remaja yang kerap diterpa dengan kegalauan karena urusan percintaan, barangkali akan menjadi lebih sabar dan ikhlas setelah membaca novel Cinta dalam Ikhlas ini. Selamat membaca!

5. Dear, Imamku – Mellyana

Dear, Imamku
Dear, Imamku

tombol beli buku

Novel Dear, Imamku adalah sebuah karya tulis dari Mellyana. Awalnya, novel ini ditulis pada situs Wattpad, kemudian diterbitkan dalam bentuk fisik oleh Coconut Books. Pada situs Wattpad sendiri, novel ini telah dibaca lebih dari 9 juta pasang mata. Novel terbitan tahun 2018 ini, telah dialihwahanakan ke dalam bentuk layar lebar oleh Main Pictures dengan tajuk yang sama.

Dear, Imamku merupakan novel dengan genre romance, spiritual, dan misteri yang memaparkan mengenai cinta dan bahayanya sebuah dendam. Di sini dikisahkan seorang dokter tampan bernama Haris dan seorang gadis pelajar bernama Alysa. Haris digambarkan sebagai sosok yang dingin dan kerap menjaga dirinya dari perempuan yang bukan mahramnya.

Kemudian, ia bersua dengan Alysa, seorang gadis berusia kurang lebih 18 tahun yang mempunyai karakter polos, tetapi cerewet. Karakter dari keduanya sangatlah bertolak belakang. Singkatnya, perjalanan rumah tangga antara mereka berdua begitu rumit sebab akan ada banyak rintangan yang harus dihadapi dan dilalui oleh keduanya. Hal itu dimulai dari perbedaan sikap, hadirnya orang ketiga, sampai misteri tewasnya sahabat dari Alysa.

Awal mula pertemuan antara Harus dan Alysa ialah ketika Alysa dan mamanya pergi ke rumah sakit, tempat di mana Haris bekerja–sebagai seorang dokter. Akan tetapi, Alysa yang notabenenya takut dengan jarum suntik, ia memarahi Haris sebab dirinya memaksa Alysa untuk segera disuntik. Sejak kejadian itulah, keduanya merangkai kisah bersama.

Novel Dear, Imamku sangat cocok untuk dinikmati seusia remaja hingga dewasa yang sedang mencari tambatan hatinya. Tertarik untuk membacanya ‘kan?

6. Di Antara Dua Sujud – Muhammad Irata

Di Antara Dua Sujud
Di Antara Dua Sujud

tombol beli buku

Membaca novel Di Antara Dua Sujud akan memperluas pandangan terkait sebagaimana mestinya seorang muslim bersikap dengan baik, terlebih yang belum memahami Islam secara mendalam. Selain itu, novel setebal 412 halaman ini pun melihat sebuah ‘cinta’ dan ‘iman’ dalam segi islami. Hal demikian jelas terlihat dari gaya penulisan sang penulis dalam menghantarkan pesan melalui sosok Furqon dan Aslam di novel ini.

Ketika membaca novel ini, kalian akan merasa terhibur sebab untaian katanya dapat membuka hati dan pikiran para pembaca bahwa mencintai itu ialah hal yang lumrah. Akan tetapi, bagaimana upaya seseorang dalam mengendalikan dirinya atas cinta yang tengah terpatri di hati. Apabila seseorang larut meski sedikit, cinta itu dapat membutakan mata, bahkan hati seseorang.

Selain itu, novel Di Antara Dua Sujud pun memberikan ilustrasi bahwa tidak selalu seseorang yang dianggap buruk di hadapan manusia, berakhir pula dengan sebuah keburukan ataupun kehinaan. Hal itu karena pada akhirnya, semua manusia memiliki kans untuk kembali ke jalan yang benar.

Novel karya Muhammad Irata ini pun mengenai perkara bagaimana seseorang akan diperlihatkan oleh kekuasaan Allah Ta’ala mengatasi berbagai permasalan yang dihadapi oleh tokoh Furqon.

7. Hijrah itu Cinta – Abay Adhitya

Hijrah itu Cinta
Hijrah itu Cinta

tombol beli buku

Hijrah itu Cinta merupakan karya novel kedua, setelah novel pertamanya yang bertajuk Cinta dalam Ikhlas dari Abay Adhitya–dikenal sebagai content creator di media sosial Instagram. Novel terbitan Bentang Pustaka pada tahun 2017 ini, sukses menduduki best seller di Indonesia.

Serupa dengan judul yang ada di sampul, tentu novel ini mengusung tema romansa Islami yang mana tidak jauh dari kisah hijrah dan cinta seseorang. Kisah antara Senja dan Satria yang dapat dijadikan pelajaran untuk para pembaca.

Novel setebal 284 halaman ini, mengisahkan perjalanan mengenai tiga jiwa sebagai tokoh utama, di antaranya Senja, Satria, dan Fajar. Satria adalah pemuda yang gagah dan dikenal pula sebagai playboy zaman sekarang. Di novel ini, ia dipasangkan dengan tokoh Senja sebagai pemeran kedua. Senja merupakan seorang perempuan jelita nan baik hati.

Awal mulanya, mereka memiliki niat untuk melakukan sebuah perbuatan yang jelas dilarang oleh agama, yakni melakukan zina. Akan tetapi, saat hal tersebut hendak terjadi, terdapat sesuatu yang menahan Satria sehingga membuat dirinya menjadi dirundung rasa bersalah pada Senja. Hingga akhirnya, Satria dan Senja tidak saling berkabar antara satu sama lain, keduanya fokus mencari ilmu, dan memperbaiki diri masing-masing.

Sebuah proses hijrah yang dijalani oleh Satria tentu ada campur tangan dari Angga, temannya. Satria dan Angga berkunjung ke sebuah tempat bernama Kampung Hijrah, sementara tokoh ketiga bernama Fajar melakukan upaya agar dirinya dapat menjadi seorang penghafal Al-Qur’an atau hafiz dan mencari teman masa kecilnya, Senja. Dari situlah, awal kisah dimulai dan mereka dipertemukan kembali.

Ringkasnya, Hijrah itu Cinta mengisahkan cerita cinta segitiga yang sebenarnya. Di dalamnya, terdapat proses yang berkenaan dengan spiritual. Satria yang jatuh hati pada Senja, tetapi dirinya sudah pesimis pada sosok Senja, gadis cantik nan murah hati. Di sisi lain, Satria mempunyai masa lalu yang bisa dikatakan buruk, tetapi dirinya memiliki hasrat untuk menjadi penghafal Al-Qur’an–pemuda yang taat agama, idaman para wanita.

Adapun cerita dan kisah yang diangkat dalam novel ini terbilang sederhana dan mengalir, seperti halnya berbagai kisah cinta yang kerap dijumpai di kehidupan. Keistimewaan novel ini terletak pada saratnya akan kisah inspiratif yang disisipkan oleh penulis di tiap-tiap permasalahan cerita.

8. Cinta Suci Zahrana – Habiburrahman El Shirazy

Cinta Suci Zahrana
Cinta Suci Zahrana

tombol beli buku

Karya tulis Kang Abik yang satu ini tentu sarat akan berbagai nilai kehidupan, terlebih pada penerapan nilai tawakkal, kesabaran, sikap pantang menyerah, dan ketekunan. Hal tersebut tervisualisasikan melalui watak dari tokoh Zahrana yang tekun dan gigih dalam menggapai impiannya, serta konsisten akan prinsip hidupnya walaupun banyak tekanan yang dihadapi.

Sesuai dengan judulnya, Cinta Suci Zahrana mengisahkan seorang wanita jenius bernama Zahrana, ia merupakan lulusan jurusan Teknik Arsitektur, Universitas Gadjah Mada dan Institut Teknologi Bandung. Hebatnya, Zahrana diundang ke Beijing dan dinobatkan sebagai peraih penghargaan taraf internasional oleh School of Architecture, Tsinghua University.

Hal itu karena karya dan penghargaan yang sukses diperolehnya. Tidaklah heran bila ada banyak tawaran untuk bekerja sama sampai tawaran dari berbagai instansi pendidikan untuk melanjutkan pendidikannya di jenjang S3.

Dengan hal demikian, Zahrana justru berada diambang keraguan dalam menentukan yang hendak dipilihnya, yakni melanjutkan pendidikannya dan menyepakati tawaran kerja sama yang mana hal tersebut tidak disetujui oleh kedua orang tuanya. Mengapa demikian? Orang tua Zahrana menginginkan anak tunggalnya itu untuk segera menikah menilik usianya yang sudah menginjak 34 tahun.

Lantas, manakah yang hendak dipilih oleh Zahrana? Mengikuti keinginan dirinya untuk melanjutkan pendidikan S3 dan menyetujui tawaran kerja sama atau justru mengikuti pilihan dari kedua orang tuanya?

9. Kekasih Impian – Wardah Maulina

Kekasih Impian
Kekasih Impian

tombol beli buku

Bagi yang sudah mengikuti kisah Wardah Maulina bersama suaminya, yaitu Natta Reza, tentu tidak asing dengan novel Kekasih Impian yang ditulis oleh Wardah sendiri. Novel ini merupakan terbitan Falcon Publishing pada tahun 2019 lalu. Novel ini mengisahkan perjalanan cerita cinta keduanya, yakni Wardah dan Natta hingga akhirnya mereka memantapkan diri sebagai sepasang suami istri.

Dalam novel yang terbilang tipis berkisar 170 halaman ini, karakter dari Wardah merepresentasikan sebagai sosok perempuan muslimah yang beradab, sementara sosok Natta merupakan lelaki dewasa yang mempunyai tanggung jawab besar.

Secara ringkas, novel ini mengisahkan perjalanan ta’aruf antara Wardah dan Natta. Membaca novel ini, para pembaca akan terbawa perasaan alias baper dan rasanya ingin segera menemukan dan mendapati pasangan ta’arufnya. Menariknya, cerita dari novel ini sudah diadaptasi ke dalam bentuk film oleh Falcon Picture.

Kekasih Impian terdiri menjadi tiga bab atau bagian. Bab pertama mengisahkan saat tokoh Natta menemui orang tua dari Wardah. Bab kedua, saat Natta membawa Wardah ke kos-kosan yang padat sebagai awal mula langkah mereka. Terakhir, yakni ketiga, ketika Natta dan Wardah diberikan sebuah pertanyaan oleh orang-orang di sekitarnya mengenai momongan.

Barangkali alur dan akhir dari novel ini sudah dapat ditebak sebagaimana jalan cerita cinta Wardah dan Natta hingga saat ini. Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk membaca novel Kekasih Impian ini sebagai salah satu bacaan yang menginspirasi, terutama bagi kaum-kaum jomblo yang belum menemukan ‘teman hidup’. Selamat membaca!

Rekomendasi Novel Islami Romantis Oktober 2021

1. Ayat-Ayat Cinta – Habiburrahman El Shirazy

Ayat-Ayat Cinta
Ayat-Ayat Cinta

tombol beli buku

Rekomendasi novel Islami yang pertama, yaitu Ayat-Ayat Cinta. Siapa yang tak tahu dengan Ayat-Ayat Cinta? Novel Islami yang terbit pada tahun 2004 ini, telah menjadi novel yang sangat fenomenal pada masanya. Hal itu karena novel Ayat-Ayat Cinta telah menjadi best seller dan meraih penghargaan, terlebih karya novel ini sudah dialihwahanakan ke dalam bentuk film dan filmnya pun menjadi box office. 

Dengan begitu, bisa dikatakan belum afdal rasanya bagi kalian penyuka novel Islami bila tidak mempunyai karya dari Habiburrahman El Shirazy atau kerap disapa Kang Abik ini.

Sepintas, novel Ayat-Ayat Cinta memang terlihat seperti novel Islami pada umumnya yang mencoba menabur dakwah lewat sebuah karya seni. Akan tetapi, setelah dikaji lebih lanjut, nyatanya novel ini adalah gabungan dari novel Islami dan budaya, serta novel percintaan yang kerap digemari oleh kalangan muda.

Novel ini mengisahkan perjalanan cinta lelaki dengan perempuan yang memiliki perbedaan latar belakang dan budaya. Sang lelaki adalah seorang mahasiswa asal Indonesia yang sedang menjalani studi di Universitas Al-Azhar Mesir, sementara si perempuan merupakan mahasiswi asal Jerman yang sedang mengikuti studi di Mesir pula. Kisah cinta mereka berawal saat pertemuan tak disengaja dalam sebuah perdebatan hebat di trem.

Adapun mahasiswa asal Indonesia tersebut bernama Fahri. Di mesir, ia menyewa sebuah kos layaknya rumah susun dengan keempat sahabatnya, laki-laki pula. Kemudian, di samping kamar kosnya adalah tempat tinggal penganut Kristen Koptik yang sangat taat pada agamanya. Mereka bernama Maria, Madam Naheed, dan Tuan Broutus.

Fahri adalah sosok yang sangat mengagumkan sehingga Maria kerap memberikan perhatian lebih pada Fahri. Bahkan, secara diam-diam, Maria meletakkan hatinya pada Fahri.

Selama kehidupan dan perjalanannya di kota Mesir, Fahri kerap bertemu dengan beberapa orang yang berbeda karakter dan latar belakang pula. Beberapa orang tersebut, di antaranya Aisha, yaitu perempuan bercadar berdarah campuran Jerman-Turki yang sedang melakukan studi di Mesir (mereka bertemu di sebuah trem).

Kemudian, Nurul mahasiswi asal Indonesia merupakan teman sekampus Fahri. Lalu, Noura seorang perempuan asal Mesir yang malang hidupnya dan rumahnya pun berada di sekitaran tempat Fahri menetap. Mereka mempunyai hubungan terikat terkait urusan pekerjaan.

Fahri yang memiliki rasa iba melihat Noura, tentunya membantu Noura yang kemudian diserahkan pada Syaikh Ahmad dan sang istri guna mencari solusi atas masalah yang Noura alami.

Hingga suatu hari, Fahri telah dijodohkan oleh Syaikh Ustman untuk menikahkan seorang perempuan shalihah. Akan tetapi, Fahri meminta petunjuk dan restu dari kedua orang tuanya yang berada di Indonesia terlebih dahulu. Setelah disetujui oleh kedua orang tua Fahri, akhirnya dirinya menerima perjodohan yang telah ditawarkan oleh Syaikh Ustman untuk melanjutkan ke proses pengenalan atau ta’aruf.

Namun, ternyata, perempuan yang hendak dijodohkan kepada Fahri adalah Aisha, seorang perempuan yang tak sengaja dijumpainya di sebuah trem. Akhirnya mereka menikah. Setelah menikah, mereka masih tinggal dan menetap di sebuah apartemen Mesir milik Aisha dengan berbagai kemewahan yang ada di dalamnya.

Salah seorang perempuan, yakni teman sekampusnya Fahri bernama Nurul, mengirimi surat yang berisikan pernyataan cinta pada Fahri, tetapi jelaslah Fahri menolaknya.

Singkat cerita, Fahri secara tiba-tiba ditangkap oleh pihak kepolisian Mesir atas dasar fitnah yang telah merengkuh kegadisan Noura, sementara di samping itu, Maria koma karena penyakitnya dan terus menyebut nama Fahri selama masa komanya itu. Mengapa? Hal itu karena Maria telah mencintai Fahri dan sangat menginginkannya. Namun, ada benteng kokoh yang membatasi keduanya.

Di samping itu, Aisha mencoba sabar atas tuduhan fitnah yang menimpa suaminya itu dan mencoba ikhlas bahwa ada wanita yang sangat mencintai dan menginginkan Fahri. Aisha merasa kasihan pada Maria lantaran sakitnya yang dideritanya sudah parah.

Akankah Aisha mengizinkan Fahri untuk menikah lagi, bahkan dengan wanita yang mempunyai latar agama berbeda? Lalu, bagaimana atas tuduhan fitnah yang menimpa Fahri? Apakah ada bukti-bukti akurat yang dapat mengeluarkan Fahri dari tuduhan tersebut? Temukan jawabannya segera di novel Ayat-Ayat Cinta.

Untuk mengetahui pergolakan kisah Fahri dan Aisha di kehidupan berikutnya, miliki dan baca pula novel Ayat-Ayat Cinta 2.

Ayat-Ayat Cinta 2
Ayat-Ayat Cinta 2

tombol beli buku

2. Negeri 5 Menara – A. Fuadi

Negeri 5 Menara
Negeri 5 Menara

tombol beli buku

Novel Negeri 5 Menara bertemakan pendidikan santri dan persahabatan. Novel yang ditulis oleh Ahmad Fuadi ini, merupakan salah satu novel yang cukup laris dan diminati oleh masyarakat muslim sebab adanya nilai-nilai keislaman yang terpancar kuat dalam novel ini. Novel Negeri 5 Menara terbit pada tahun 2009 lalu oleh penerbit Gramedia. Bahkan, novel ini sudah dialihwahanakan ke dalam bentuk film.

Adapun novel Negeri 5 Menara menceritakan kehidupan Alif bersama lima sahabatnya yang mana keenam sahabat tersebut berasal dari latar belakang daerah yang berbeda pula. Mereka dipertemukan saat melakukan pendidikan di Pondok Pesantren Madani (PM), Ponorogo, Jawa Timur.

Alif sangat mengidolakan sosok BJ Habibie dan bercita-cita agar seperti beliau. Untuk merealisasikan harapan dan mimpinya itu, Alif ingin melanjutkan pendidikannya pada salah satu universitas ternama di Jawa Barat, yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB).

Akan tetapi, di sisi lain, sang ibu sangat menginginkan Alif untuk meniru jejak Buya Hamka, yaitu seorang ulama yang sangat terkenal di Indonesia. Alif ditawarkan pilihan agar melanjutkan pendidikannya di bidang agama atau menjadi seorang santri di pesantren. Dengan setengah hati, Alif memutuskan untuk menuruti sang ibu dan memondok di sebuah pesantren di daerah Jawa Timur, yaitu Pondok Madani.

Saat berada di pesantren, Alif bertemu dengan 5 orang santri, yakni Dulmajid, Baso, Raja, Atang, dan Said. Mereka pun akhirnya menjadi sahabat yang sangat dekat. Tanpa diniatkan sejak awal, nyatanya mereka mempunyai impian dan cita-cita yang sama, yaitu ingin menjelajahi Benua Eropa dan Amerika.

Mereka ber-6 yakin dan memegang kuat akan kalimat yang kerap dilontarkan oleh pimpinan pondok pesantren yang mereka tempati, yaitu Kia Rais. “Man Jadda Wa Jadda”, barang siapa yang bersungguh-sungguh, pasti ia akan dapat (berhasil). Kalimat tersebut yang menjadikan mereka tetap semangat dan bertekad untuk mencapai impiannya tersebut. Namun, dibalik proses mencapai impian itu, ada pula halang rintang yang menghampiri mereka.

Akankah Alif bersama kelima sahabatnya berhasil merealisasikan mimpi dan harapan mereka? Mampukah mereka menghadapi segala hambatan dan halang rintang yang terjadi? Beli dan baca novel Negeri 5 Menara sekarang untuk mengetahui perjalanan meraih impian yang dilakukan oleh Alif dan kelima sahabatnya itu.

3. Surga yang Tak Dirindukan – Asma Nadia

Surga yang Tak Dirindukan
Surga yang Tak Dirindukan

tombol beli buku

Bagi kalian pecinta novel Islami, pastinya tak asing dengan judul novel yang satu ini. Yap, Surga yang Tak Dirindukan merupakan salah satu hasil karya dari seorang novelis dan cerpenis Indonesia, Asmarani Rosalba atau yang dikenal dengan nama penanya, yaitu Asma Nadia.

Awalnya, novel ini bertajuk Istana Kedua, kemudian diubah menjadi Surga yang Tak Dirindukan. Bahkan, novel ini sudah diangkat menjadi sebuah film layar lebar. Novel yang diterbitkan pada tahun 2007 lalu ini, mengusung isu poligami dalam pernikahan. Penulis mencoba merepresentasikan isu tersebut berdasarkan ‘pandangan’ dirinya.

Adapun novel ini menceritakan kehidupan bahtera rumah tangga Arini dengan sang suami Andika Prasetya, atau yang kerap disapa Pras. Arini adalah seorang penulis sukses, lulusan kampus ternama dan seorang istri cantik nan lembut juga sabar. Pras adalah seorang dosen dan tipikal suami baik-baik serta berkomitmen

Kemudian, dihadirkan tokoh bernama Meirose, yaitu seorang wanita cantik berdarah Tionghoa yang cukup berhasil dalam karier, akan tetapi kurang beruntung dalam percintaan dan keluarga, bahkan ingin mengakhiri penderitaan di hidupnya dengan melakukan percobaan bunuh diri.

Lalu, apa hubungan Arini dan Pras dengan wanita berdarah Tionghoa tersebut?

Cerita berjalan saat di mana Arini menikah dengan Pras, dirinya merasakan kebahagiaan yang amat sangat bagaikan kehidupan di dongeng. Keluarga harmonis dengan tiga orang anak itu membuat kebahagiaan semakin komplit. Memang tak ada yang salah dari penjelasan tersebut, akan tetapi kesalahan itu terjadi pada suatu saat Pras mencoba untuk membantu seorang wanita yang mengalami kecelakaan hebat.

Pada saat kecelakaan itu terjadi, wanita tersebut memakai gaun pengantin dengan keadaan hamil besar. Wanita itu adalah Meirose.

Kehidupan Arini dan keluarga kecilnya seketika berubah saat Meirose masuk dalam kehidupan mereka. Semua telah berbanding terbalik. Kehidupan manis telah berubah menjadi sebuah kepahitan, rasa cinta telah berubah menjadi rasa benci, dan kesempurnaan telah runtuh menjadi kehancuran.

Apa yang selanjutnya terjadi dalam bahtera rumah tangga antara Arini dan Pras? Apa yang telah Meirose perbuat hingga bisa mengubah kebahagiaan Arini menjadi sebuah kehancuran? Untuk mengetahui pergolakan antara Arini, Pras, dan Meirose, temukan kisah mereka di novel Surga yang Tak Dirindukan.

4. Cinta di Ujung Sajadah – Asma Nadia

Cinta di Ujung Sajadah
Cinta di Ujung Sajadah

tombol beli buku

Masih dengan penulis yang sama, yaitu Asma Nadia. Novel Cinta di Ujung Sajadah diterbitkan oleh Republika Penerbit pada tahun 2012. Novel ini membuktikan bahwa cinta tidak melulu hanya kepada kekasih, melainkan juga pada ibu, keluarga, sahabat, dan pastinya Allah Ta’ala.

Adapun novel Cinta di Ujung Sajadah menceritakan kisah seorang anak yang merindukan ibu kandungnya, Cinta namanya. Cinta adalah seorang remaja yang tinggal bersama ayah kandung, ibu tiri, dan kedua saudara tirinya bernama Anggun dan Cantik. Ia biasa memanggil ibu tirinya, Mama Alia.

Layaknya di sinetron lokal, kehidupan Cinta tidak berjalan harmonis sebab sang ayah lebih condong kepada ibu dan kedua saudara tirinya, sementara apapun yang dilakukan Cinta kerap dipandang salah oleh kedua saudara tirinya. Hanya Mbo Nah lah, yaitu asisten rumah tangga sedari lama yang hanya peduli dan menyayangi Cinta.

Sudah belasan tahun Cinta hidup sebagai seorang piatu, dirinya belum pernah bersua ibunya, bahkan melihat wajahnya saja belum pernah. Ia hanya tahu bahwa ibunya telah meninggal dan ayahnya menutupi jejak terkait ibu kandungnya itu.

Hingga suatu ketika, Cinta bertemu dengan seorang lelaki bernama Makky Matahari Muhammad, sekaligus tetangga barunya. Ia adalah orang yang humoris, tetapi tetap santun dan mengenalkan akan dunia fotograsi pada Cinta sehingga membuat Cinta merasakan kebahagiaan.

Makky selalu mengingat pesan sang ayah yang sudah meninggal dunia, “seburuk apapun yang kamu lakukan, ingatlah kau menyandang nama Muhammad.” Pesan itulah yang telah membuat dirinya tidak berbelok ke jalan maksiat semasa hidupnya.

Saat Cinta ingin menginjak usia yang ke-17 tahun, dirinya mengambil keputusan besar menjalankan perintah Allah, yaitu menutup aurat. Ia mempersiapkan segalanya, baik secara mental maupun materi.

Singkat cerita, dirinya harus melakukan perjalanan yang cukup panjang dan berliku serta berpisah untuk sesaat dengan lelaki yang sudah mengisi hari-harinya itu. Perjalanan itu tidaklah berjalan mulus bak jalan tol, terkadang ada halangan bak melewati jalan buntu.

Akankah Cinta menemukan sang ibu kandungnya? Mengapa sang ayah dan Mbok Nah menutup dengan tanpa celah segala hal tentang ibu kandungnya? Apa yang sebenarnya terjadi?

Ikuti perjalanan kisah Cinta dalam mencari sang ibu kandungnya, tentu dengan membeli dan membaca novel Cinta di Ujung Sajadah.

5. Bumi Cinta – Habiburrahman El Shirazy

Bumi Cinta
Bumi Cinta

tombol beli buku

Novel Bumi Cinta adalah buku ke-11 Habiburrahman El Shirazy yang diterbitkan oleh Republika Penerbit. Seperti novel-novel yang ditulis oleh Kang Abik sebelumnya, novel Bumi Cinta juga mengusung tema Islami. Menariknya, konflik yang terjadi di dalam cerita novel ini mengarah kepada konflik batin dan mengisahkan terkait keimanan di negeri orang.

Kisah ini diawali oleh tokoh utama bernama Muhammad Ayyas atau biasa disapa Ayyas, seorang santri salaf yang terjaga keteguhan akan iman dan akhlak. Ia diberikan tugas penelitian yang mengharuskan dirinya untuk menetap di Rusia, yakni negeri atheis yang melazimkan perilaku seks bebas.

Terkait urusan tempat tinggal, ia dibantu oleh sahabat SMP-nya sehingga di sana dirinya menetap di sebuah apartemen bersama dua wanita bernama Yelena dan Linor. Bisa dikatakan, Yelena dan Linor mewakili nona-nona Rusia nan berwajah cantik.

Setelah beberapa lama menetap di apartemen itu, Ayyas terkejut sebab ternyata mereka berdua bukanlah wanita baik-baik. Memang sejak awal, hubungan antara mereka bertiga tidak begitu baik. Yelana dan Linor yang terus menggoda Ayyas dengan berbagai cara menyebabkan Ayyas menaruh kebencian pada mereka berdua.

Akan tetapi, lambat laun kebencian Ayyas akan mereka berdua sirna. Keteguhan Ayyas telah pudar sebab dirinya meletakkan bibit cinta pada salah satu dari mereka, Linor.

Bagaimanakah akhir kisah dari Ayyas? Akankah ia merelakan keimanan dalam dirinya hanya untuk memenuhi hasrat duniawi yang sifatnya sesaat? 

Baca kelanjutan cerita terkait gejolak batin yang harus dihadapi Ayyas di novel Bumi Cinta.

Dengan membaca novel ini kalian bisa menilai, pantaskah keimanan yang sudah tertanam di hati terabaikan oleh perkara duniawi?

Itulah informasi terkait beberapa Rekomendasi Novel Islami. Apabila Grameds tertarik dan ingin memperluas pengetahuan terkait bidang apapun atau ingin mencari novel dengan berbagai genre, tentu kalian bisa temukan, beli, dan baca bukunya di Gramedia.com dan Gramedia Digital karena Gramedia senantiasa menjadi #SahabatTanpaBatas bagi kalian yang ingin menimba ilmu.

Penulis: Tasya Talitha Nur Aurellia

Sumber: dari berbagai sumber

Satu Rahim Satu Cinta
Satu Rahim Satu Cinta

tombol beli buku

Written by Tasya Talitha