in

Review Novel 24/7 Menjaga Cinta Sejati

Novel 24/7 Menjaga Cinta Sejati ditulis oleh Sabrina Febrianti, dan diterbitkan oleh Rainbook Publishing pertama kali pada Januari 2020. Novel 24/7 Menjaga Cinta Sejati memiliki total 312 halaman, yang akan menceritakan tentang kisah kehidupan seorang gadis yang pahit.

Novel 24/7 Menjaga Cinta Sejati ini bermula dari novel yang diunggah pada website baca digital, Wattpad. Novel 24/7 Menjaga Cinta Sejati sangat digemari oleh masyarakat, yang dibuktikan dengan jumlah pembaca novel ini mencapai lebih dari 19 juta orang. Sungguh angka yang fantastis memang.

Novel 24/7 Menjaga Cinta Sejati bukan bercerita tentang indahnya sebuah kesempurnaan. Bukan tentang kisah kehidupan seseorang yang dipenuhi kebahagiaan dan tawa. Novel ini akan mengisahkan bagaimana pahitnya kehidupan seorang gadis, hingga ia merasa sangat menyesal, karena ia telah dilahirkan di dunia ini.

Gadis itu sangat benci pada kenyataan pahit yang ia rasakan dalam hidupnya. Kenyataan yang tragis menimpanya, membuat ia hampir menyerah pada hidupnya. Kisah cinta yang dicampakkan, lenyapnya kebersamaan, bersama dengan perasaan yang tak terbalas, segalanya itu harus ia simpan sendiri, dan sembunyikan melalui senyuman.

Di malam yang sunyi, tetes demi tetes air turun dari langit membasahi bumi, seolah-olah dunia merasakan apa yang gadis bernama Kazena itu rasakan. Hati Kajen hancur, air matanya tak bisa terbendung. Ia tidak merasa hidupnya berguna lagi, kehadirannya tidak berarti.

Hingga, pada akhirnya, Tuhan menghadirkan seseorang yang bisa membuatnya bangkit dan semangat menghadapi dunia yang keji ini. Albar Gibadesta namanya, sosok laki-laki yang sangat baik meskipun sangat misterius dan dingin, sosok yang ia kagumi, sosok yang dikirim Tuhan untuk menyelamatkan dan menyempurnakan hidupnya.

Novel ini sangat cocok untuk dibaca oleh kalian yang masih berusia remaja, yang mungkin sedang mengalami berbagai problematika dalam kehidupan. Sebab, novel 24/7 Menjaga Cinta Sejati ini menyajikan latar belakang anak yang masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA), dan kisah kehidupannya yang relevan dengan dunia nyata.

 

Profil Sabrina Febrianti – Penulis Novel 24/7 Menjaga Cinta Sejati

Sumber foto: mediaindonesia.com

Sabrina Febrianti merupakan penulis asal Kota Bogor. Sabrina Febrianti menempuh pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Bogor. Bagi Sabrina, menulis adalah kegiatan yang menyenangkan, karena lewat menulis, ia bisa menyalurkan imajinasinya melalui cerita.

Selayaknya semua orang, Sabrina senang ketika karyanya diapresiasi dengan dipuji. Apresiasi atas karyanya tersebut mampu membuat Sabrina menjadi lebih semangat dalam membuat karya lainnya. Karya pertama Sabrina Febrianti adalah sebuah novel yang diunggah di aplikasi membaca digital, Wattpad, yang berjudul “Asya Story”.

Novel Asya Story berhasil meraih kesuksesan dan digemari banyak orang, dengan dibaca oleh lebih dari 22 juta orang, dan penjualan novel Asya Story dalam bentuk fisik pun mencapai prestasi. Novel Asya Story berhasil dicetak ulang dalam kurun waktu satu bulan saja.

Asya Story juga berhasil diadaptasi menjadi miniseri oleh Rain Media Pictures, yang bekerja sama dengan Indonesia Sinema Persada. Miniseri Asya Story disutradarai oleh Ichwan Persada, dan skenarionya ditulis oleh seorang penulis muda bernama Hotasi Mikha.

Premis yang diangkat dalam novel Asya Story dinilai sangat menarik. Novel Asya Story berkisah tentang seorang gadis bernama Asyara Dwista atau yang dikenal dengan sebutan Asya atau Syasya. Asya baru saja duduk di bangku kelas 11 Sekolah Menengah ATas.

Asya merupakan seorang gadis pendiam yang tidak suka mengobrol dan tidak menyukai keramaian. Kegiatan yang digemari Asya hanya lah membaca buku. Asya merupakan anak sulung dari tiga bersaudara. Asya selalu diperlakukan berbeda dari adik-adiknya, oleh kedua orang tuanya.

Seolah Asya tidak diinginkan kehadirannya. Adik-adik Asya selalu mendapatkan kasih sayang yang lebih dan perlakuan yang lebih baik dari kedua orang tuanya. Bahkan, untuk mendapat sapaan lembut saja hampir tidak pernah lagi.

Lalu, masalah yang tak terduga pun terjadi. Masalah yang akan membuat orang tua Asya murka hingga mungkin tak akan memaafkannya. Masalah yang menghancurkan kehidupannya. Asya hamil, karena diperkosa oleh kakak kelasnya, Alex.

Novel Asya Story ini menjadi salah satu novel karya Sabrina Febrianti yang paling sukses. Namun, ada beberapa novel karya Sabrina juga yang tidak kalah menariknya dengan novel Asya Story. Beberapa karya Sabrina yang lain, yaitu novel Silent Killer, novel Phantera Leo, novel Reano, novel Jessie, dan novel 24/7 Menjaga Cinta Sejati yang akan dibahas pada artikel ini.

 

Sinopsis Novel 24/7 Menjaga Cinta Sejati

Albar Gibadesta namanya, sosok lelaki tampan, dengan hidung mancung, kulit mulus, alis tebal, tinggi semampai, dan mata yang tidak terlalu sipit. Dengan penampilan fisiknya yang seperti itu, tak heran Albar mendapatkan julukan ‘Pangeran Sekolah’.

Para siswi mengaguminya, siapa pun yang melihatnya akan mengakui ketampanannya. Meski begitu, Albar tak pernah menggubris siapa pun yang mendekatinya, ia tidak terbuai dengan segala perhatian yang didapatkannya. Albar Gibadesta adalah sosok lelaki yang sangat dingin, cuek, hingga sering dianggap anti sosial.

Pada suatu hari, Albar bertemu dengan Kazena Rosa, atau yang biasa dipanggil dengan nama Kajen. Pertemuan mereka tidak romantis seperti yang anda bayangkan, mereka bertemu, karena Kajen menabrak dan tersungkur di depan Albar ketika sedang kejar-kejaran dengan Serilya, sahabatnya.

Sama seperti semua gadis lainnya yang melihat Albar, Kajen terpukau dengan pesona ketampanan Albar. Namun, mereka tidak akur dari awal pertemuan mereka. Kerap kali terdapat perselisihan di antara mereka.

Meski begitu, mereka berdua peduli satu sama lain. Albar yang selalu dingin kepada semua orang, diam-diam memperhatikan dan peduli kepada Kajen. Terutama, menyangkut hubungan Kajen dengan David, lelaki yang dikenal sebagai playboy di sekolahnya.

Kajen menerima ajakan David untuk menjalin hubungan, bukan dilandaskan rasa suka atau sayang, melainkan karena pada saat itu Kajen kesal melihat kedekatan hubungan Albar dan Dela. Memang sejak awal pertemuannya, Kajen menyukai Albar.

Keadaan keluarga Kajen sangat tidak harmonis. Ibunya telah meninggal akibat darah tinggi, yang diakibatkan oleh emosi kepada ayahnya sendiri. Ayahnya tak pernah memedulikan keluarganya, ia bahkan tak merasa bersalah atas kematian sang istri, ibu dari anak-anaknya.

Bahkan, selepas kepergian sang istri, bukan rasa sedih yang ia rasakan, melainkan rasa bebas karena ia bisa melakukan apa saja yang diinginkannya. Termasuk untuk membawa perempuan lain ke rumah. Nasib anak-anaknya, Kajen dan kakaknya, Daniel, tentunya tidak baik.

Kehidupan mereka dihiasi pertengkaran dan air mata. Daniel sangat membenci ayahnya, hingga kerap kali menginginkan untuk membunuh ayah kandungnya itu. Kajen, selalu berusaha menengahi pertengkaran keduanya, meski kerap kali ia dianggap tidak berguna oleh kakak dan ayahnya.

Kajen hidup dalam rumah yang tidak pantas disebut rumah, karena tempat itu tidak nyaman, malah membuatnya merasa ketakutan. Masalah Kajen tidak sampai di situ saja, David yang menjadi kekasihnya, ternyata memiliki niat jahat kepadanya.

David menjebak dan memerkosa Kajen. Betapa hancurnya hidup Kajen yang lagi-lagi tertimpa kejadian buruk dan ia tidak berdaya untuk melawannya. Hidupnya hancur, ia mulai mempertanyakan kepada Tuhan, mengapa harus dia? Kenapa semua ini harus terjadi kepadanya? Apakah Tuhan sudah tidak sayang lagi kepada Kajen?

Ternyata, Tuhan tentunya masih sayang dengan Kajen, dan akan selalu sayang kepada Kajen. Segala ujian yang diberikan kepadanya tidak melebihi kemampuan Kajen. Tuhan mengirimkan seseorang yang akan menolong dan menemani Kajen. Ya, Albar adalah sosok yang dikirimkan Tuhan untuk menjadi penolong Kajen yang setia menjaganya 24/7.

 

Kelebihan Novel 24/7 Menjaga Cinta Sejati

Bahasa yang digunakan Sabrina Febrianti dalam menulis novel 24/7 Menjaga Cinta Sejati adalah bahasa non formal, yang digunakan dalam percakapan sehari-hari. Penggunaan bahasa ini kemudian membuat para pembaca yang didominasi oleh remaja dapat dengan mudah memahami isi cerita yang ditulis dalam buku ini.

Cerita yang diangkat dalam novel 24/7 Menjaga Cinta Sejati sangat menarik. Sabrina Febrianti mampu menyajikan cerita yang realistis, di mana ia mengisahkan kehidupan yang tidak selalu indah, di mana kenyataan dalam hidup kerap kali pahit, hingga mampu membuat seseorang menginginkan untuk menyerah saja pada kehidupan.

Lalu, Sabrina Febrianti juga mampu menyajikan kisah cinta remaja yang bukan hanya kisah cinta biasa, yang lucu dan menyenangkan layaknya kisah cinta anak SMA pada umumnya. Cerita cinta yang ditulis Sabrina Febrianti dalam buku ini adalah kisah cinta yang mendalam.

Cinta yang penuh makna, yang mana cinta dapat mengubah kehidupan seseorang, cinta dapat menghadirkan semangat hidup. Kehadiran orang yang dicintai merupakan hal yang menjadi tanda bahwa Tuhan mengirimkan penolong bagi umat manusia. Cinta adalah bentuk pertolongan dari Tuhan.

Novel 24/7 Menjaga Cinta Sejati ini juga dapat memberikan pembelajaran bagi para remaja khususnya, untuk bijak dalam melakukan segala hal, termasuk memilih teman atau pasangan. Bagi wanita, hendaknya memiliki ‘pertahanan’ yang kuat dan sikap kritis, serta tidak mudah percaya pada orang lain yang dikenal maupun tidak dikenal. Bagi lelaki, hendaknya lebih menghargai perempuan dan tidak memandang perempuan sebagai objek,

Desain sampul novel 24/7 Menjaga Cinta Sejati minimalis, dengan latar warna putih dan berbagai ornamen berwarna hitam, hijau, kekuningan, membuat buku ini dinilai sebagai buku yang menarik dan elegan.

 

Kekurangan Novel 24/7 Menjaga Cinta Sejati

Dalam novel 24/7 Menjaga Cinta Sejati ini terdapat sejumlah kata kasar dan kata-kata eksplisit yang mungkin tidak sesuai dengan beberapa pembaca, juga diperlukan kebijaksanaan dalam membaca cerita dalam novel ini.

Kertas yang digunakan untuk mencetak novel 24/7 Menjaga Cinta Sejati ini dinilai terlalu tipis, sehingga menjadi rentan untuk rusak atau robek, dan umur buku ini dinilai singkat dan tidak bisa disimpan terlalu lama.

 

Pesan Moral Novel 24/7 Menjaga Cinta Sejati

Tuhan tidak akan memberikan cobaan yang melebihi kemampuan manusia. Maka itu, tegarlah dan jangan sekali-kali menyalahkan keadaan, apalagi Tuhan. Sebab, segala sesuatu yang terjadi, seburuk apa pun kejadian tersebut, kamu akan memperoleh titik terang yang dapat mengubah hidupmu menjadi lebih baik.

Jangan mudah percaya dengan orang lain. Tidak memilih-milih teman adalah hal yang baik, tetapi dalam prosesnya tetap membutuhkan pemikiran kritis dan pertimbangan untuk dapat membedakan yang baik dan yang jahat.

Bersyukurlah atas orang-orang baik yang ada di sekitarmu, karena tidak semua orang beruntung seperti kamu yang memiliki banyak orang yang menyayangimu. Secara tidak langsung, orang-orang yang berada di sekitarmu adalah penolong yang dikirimkan Tuhan untuk kamu.

Perlakukanlah wanita seperti kamu mau ibumu sendiri diperlakukan, atau dirimu sendiri ingin diperlakukan. Jangan sekali-kali kamu merendahkan wanita, apalagi memandangkan sebagai objek untuk kepentingan jahatmu semata.

Bagi kalian yang penasaran akan kelanjutan kisah Kazena dan Albar, kalian bisa mendapatkan novel 24/7 Menjaga Cinta Sejati karya Sabrina Febrianti ini di Gramedia.com. Yuk dapatkan segera! Selamat membaca!

Written by Gabriel