in

Review Novel Unfamiliar Twins

Unfamiliar Twins merupakan novel fiksi bergenre misteri yang ditulis oleh Kadek Pingetania, seorang penulis wanita muda asal Bali. Cerita Unfamiliar Twins pada awalnya diunggah oleh Pingetania di aplikasi Wattpad.

Kadek Pingetania memang dikenal sebagai penulis yang aktif di Wattpad. Pingetania kerap mengunggah novel karyanya di aplikasi tersebut. Karya-karya Pingetania juga sangat digemari oleh para pembaca yang menggunakan aplikasi Wattpad.

Pingetania dengan nama akun Wattpad @kdk_pingetania saat ini sudah memiliki sejumlah 131 ribu pengikut. Maka itu, nama Kadek Pingetania pastinya sudah dikenal oleh mereka yang menggunakan aplikasi Wattpad.

Sama seperti cerita-cerita karya Pingetania lainnya, Unfamiliar Twins juga sukses menarik hati banyak orang, termasuk pihak penerbit. Cerita Unfamiliar Twins hingga saat ini telah dibaca sejumlah 7,6 juta kali di Wattpad. Maka itu, novel Unfamiliar Twins pada akhirnya diterbitkan menjadi sebuah buku pada November 2021 oleh penerbit Coconut Books.

Cerita Unfamiliar Twins sempat juga viral diperbincangkan di media sosial. Sebab, genre cerita ini yang berisi misteri dan teka-teki, mampu memunculkan berbagai pertanyaan di benak para pembacanya, dan menarik untuk terus dan terus dibaca lebih dalam.

Novel Unfamiliar Twins mengisahkan tentang Hanina, seorang murid teladan yang mendapatkan beasiswa di Diratama International School, yang merupakan sekolah impian banyak orang. Menjadi seorang murid di Diratama International School, apalagi mendapatkan beasiswa, merupakan hal yang pastinya akan membanggakan. Namun, tidak begitu yang dirasakan oleh Hanina.

Hanina malah menjadi sasaran bully oleh karena ia mendapatkan beasiswa di sekolah elit tersebut. Bahkan, setelah satu tahun lamanya bersekolah di sana, Hanina masih saja terus di-bully oleh teman-temannya.

Hanina pun merasa putus asa. Ketika itu, seorang laki-laki tampan tiba-tiba masuk menjadi murid baru di Diratama International School. Banyak murid yang heboh, karena kedatangannya.

Laki-laki itu bernama Galileo, anak tunggal dari keluarga La Lubis yang merupakan salah satu keluarga kaya raya di Jakarta. Betapa mengejutkannya, dunia mempertemukan Hanina dan Galileo yang ternyata merupakan saudara kembar yang sudah terpisah sejak mereka masih bayi.

Kehadiran kembaran Hanina kemudian mengubah hidup Hanina secara drastis, seratus delapan puluh derajat. Namun, pertemuan Hanina dengan Galileo juga menimbulkan berbagai kejadian aneh.

Satu demi satu teman sekelas Hanina yang suka merundungnya mulai mendapat pesan dari sebuah akun anonim. Pesan tersebut merupakan pesan teror: I know your biggest secret.

Profil Kadek Pingetania – Penulis Novel Unfamiliar Twins

Kadek Pingetania - YouTube

Kadek Pingetania atau yang kerap dipanggil Ping merupakan wanita kelahiran Denpasar, Bali yang masih berusia 18 tahun. Kadek Pingetania lahir pada 20 Oktober 2003. Kadek Pingetania merupakan lulusan dari Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Denpasar, Bali.

Kadek Pingetania diketahui telah memiliki hobi menulis sejak dirinya masih duduk di bangku sekolah dasar. Ia kerap kali menulis cerita-cerita, dan saat ia berada di bangku kelas 3 SMP, Ping mulai mempublikasikan karyanya di aplikasi Wattpad.

Karya-karya Kadek Pingetania ternyata mampu menarik hati banyak orang. Maka itu, Kadek Pingetania kemudian menjadi populer dan memiliki sejumlah 131 ribu followers di akun Wattpadnya yang bernama @kdk_pingetania, serta 16,2 ribu followers di akun Instagramnya yang juga bernama@kdk_pingetania.

Hingga saat ini, Kadek Pingetania sudah mengunggah sejumlah 21 cerita di akun Wattpadnya. Beberapa cerita itu, di antaranya, Kakak Kelas, JeaLouis, Different, Juli, Bad Boy Behind The Glasses, My Imagination: Love Without Problem, Second Chance.

Scarldo, Fortiden, Jihwa dan Raga, From Scarleta to Gerarldo, Overmorrow, We All Feel Insecure, Celotehanku. Bad Girl In The School, Descendants of the Mafia, Unfamiliar Twins, Juni, Aku Tidak Ingin Menjadi Aku, Eyes, dan Gravitasi Matahari.

Beberapa cerita yang ditulis oleh Kadek Pingetania juga berhasil menarik hati penerbit, yang akhirnya menerbitkan karya Ping menjadi sebuah buku. Karya Kadek Pingetania yang pertama kali berhasil diterbitkan, yaitu Kakak Kelas yang diterbitkan oleh Bintang Media pada bulan Februari 2017. Kakak Kelas merupakan novel fiksi remaja atau teenlit yang mengisahkan tentang siswi baru SMA Garuda yang jatuh cinta dengan kakak kelasnya.

Novel kedua karya Kadek Pingetania yang berhasil diterbitkan adalah Different, yang diterbitkan oleh penerbit Grasindo pada tahun 2017. Cerita Different telah diadaptasi menjadi serial televisi dengan judul “Dunia Kiara”.

Dunia Kiara diproduksi oleh MNC Pictures dan disutradarai oleh lip S. Hanan. Cerita Dunia Kiara ini diperankan oleh Nicole Parham, Bastian Steel, dan Endy Arfian sebagai tokoh utamanya. Serial Dunia Kiara telah ditayangkan di GTV pada 28 Februari 2022 lalu.

Novel selanjutnya karya Kadek Pingetania yang berhasil diterbitkan, yaitu Juli pada tahun 2018, oleh penerbit Grasindo. Lalu, novel Scarldo pada tahun 2019, oleh penerbit Rainbow Books, novel Bad Boy Behind The Glasses pada tahun 2019, oleh penerbit Coconut Books.

Dan yang paling baru diterbitkan dan akan dibahas pada artikel ini, yakni Unfamiliar Twins yang diterbitkan oleh penerbit Coconut Books pada November 2021. Setelah mengenal sosok Kadek Pingetania, pastinya kita sudah mengetahui bahwa karya-karya hasil tulisan Kadek Pingetania tidak usah diragukan lagi kualitasnya, dan akan cocok dibaca oleh para remaja.

Sinopsis Novel Unfamiliar Twins

Diratama International School atau yang biasa disebut dengan singkatan DIS merupakan sekolah internasional yang berlokasi di Jakarta. Sesuai dengan basis sekolah ini yang merupakan sekolah internasional, pastinya DIS menjadi salah satu sekolah elit yang ada di ibu kota.

Diratama International School tentunya memiliki fasilitas yang sangat lengkap, yang dinilai lebih lengkap dibanding sekolah lainnya. Maka itu, Diratama International School menjadi salah satu sekolah yang unggul dibandingkan dengan sekolah internasional lain. Ditambah lagi dengan lokasi sekolah ini yang juga sangat strategis.

Diratama International School juga dikenal dengan catatan prestasi yang begitu banyak dan memukau. Sebagian besar murid Diratama International School telah menjadi orang sukses dan menjadi tokoh penting di Indonesia.

Maka itu, tak heran jika Diratama International School menjadi sekolah impian yang diincar oleh banyak orang. Namun, sesuai dengan kualitas dari Diratama International School, untuk masuk sekolah ini tentunya memerlukan biaya yang tidak murah.

Meski begitu, Diratama International School ternyata menyediakan program beasiswa bagi siswa berprestasi setiap tahunnya yang ingin bersekolah di sana. Tentunya, kuota penerima beasiswa tersebut terbatas jumlahnya. Maka itu, siswa yang dapat menerima beasiswa dari Diratama International School adalah siswa yang paling unggul di antara yang unggul.

Hanina Cava merupakan salah satu siswa yang paling unggul, yang berhasil mendapatkan beasiswa di Diratama International School. Hanina bahkan juga berhasil menyandang predikat sebagai siswi teladan sebanyak dua kali selama ia bersekolah di Diratama International School

Namun, Hanina atau yang kerap dipanggil Hanin merasa tidak senang bisa bersekolah di sana. Bukannya ia tidak bersyukur atas pencapaian yang berhasil diraihnya, tetapi ia tidak merasa nyaman dengan lingkungan sekolah itu.

Bagaimana bisa Hanin merasa nyaman, sejak dirinya masuk ke Diratama International School, hingga sekarang ia sudah duduk di bangku kelas 11, ia selalu di-bully oleh teman-teman sekelasnya. Selama 1 tahun lamanya, Hanina masih saja dirundung, karena menjadi penerima beasiswa.

Teman-teman sekelas Hanina yang kerap kali merundungnya, yaitu Priyatna Syafa Diatmika, Junartha Baladitya Arnawama, Lizina Alexandra, Nayaka Bagaspati Diratama, Nota Radhika Manggala, Zadendrich Gottahrd, dan Harshita Tamara Adiwijaya. Mereka bertujuh adalah anak yang berasal dari keluarga kaya, tersohor, dan terpandang.

Tak heran, mereka menganggap Hanina yang merupakan penerima beasiswa tidak cocok untuk berada di antara mereka. Adapun di antara mereka sebenarnya baik, hanya saja memandang Hanina sebagai saingan berat, sehingga akhirnya ikut membenci Hanina.

Pada suatu hari, saat itu merupakan pertengahan semester, tiba-tiba datang seorang murid laki-laki baru di kelas Hanina. Kebanyakan murid di kelas tersebut terkejut ketika melihat murid baru itu masuk ke kelas mereka.

Murid baru itu diketahui sebagai Galileo Kansa La Lubis, anak tunggal dari dari keluarga La Lubis yang merupakan salah satu keluarga kaya raya di Jakarta. Betapa mengejutkannya, dunia mempertemukan Hanina dan Galileo yang ternyata merupakan saudara kembar yang sudah terpisah sejak mereka masih bayi.

Kehadiran kembaran Hanina kemudian mengubah hidup Hanina secara drastis, seratus delapan puluh derajat. Namun, pertemuan Hanina dengan Galileo juga menimbulkan berbagai kejadian aneh.

Seiringnya berjalannya waktu setelah kedatangan Galileo, banyak kejadian aneh yang muncul,. Satu per satu, Hanina, Galileo, dan ketujuh teman kelasnya mendapatkan pesan teror yang dari akun anonim yang bernama rUuZtuoZ.

Akun itu mengetahui semua rahasia yang mereka simpan, rahasia yang selama ini mereka coba sembunyikan. “I know your biggest secret.”

Kelebihan Novel Unfamiliar Twins

Kadek Pingetania mampu menyajikan alur cerita yang menarik di novel Unfamiliar Twins ini. Alur yang mengandung teka-teki, misteri, kisah khas remaja, yang dapat memunculkan berbagai emosi bagi para pembacanya.

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel Unfamiliar Twins ini juga merupakan bahasa santai, gaul, dan mudah dipahami. Gaya bahasa ini juga sangat mendukung novel ini sebagai novel yang ditargetkan bagi para remaja.

Kadek Pingetania mampu membangun karakter yang kuat dalam novel Unfamiliar Twins ini. KArakter-karakter tersebut juga dinilai sesuai dengan karakter yang ada di dunia nyata. Kekuatan karakter ini juga mampu menjadi ‘bumbu’ yang menjadikan cerita ini lebih hidup.

Kadek Pingetania juga menyajikan plot twist yang dinilai mencengangkan. Bagi kalian yang menyukai plot twist, pastinya akan suka untuk membaca novel Unfamiliar Twins ini.

Kekurangan Novel Unfamiliar Twins

Layaknya karya tulis lain secara umum, masih terdapat kesalahan penulisan kata dalam novel Unfamiliar Twins ini. Beberapa pembaca juga menemukan kata yang dinilai rancu dan membuat bingung.

Ukuran tulisan pada cetakan novel Unfamiliar Twins dinilai terlalu kecil bagi sebagian pembaca. Hal ini kemudian membuat para pembaca kurang nyaman dan kesulitan ketika membaca novel ini.

Pesan Moral Novel Unfamiliar Twins

Sepandai apa pun menyembunyikan sesuatu, pada akhirnya kebenaran akan menemukan jalannya untuk menunjukkan dirinya. Seperti pada kisah ini, yang mana kebenaran bahwa Hanina dan Galileo merupakan saudara kembar ditutupi oleh kedua orang tuanya, tetapi pada akhirnya mereka berdua dapat mengetahui kebenaran tersebut. Contoh lain, yaitu berbagai rahasia yang ditutupi oleh seluruh tokoh utama dalam cerita ini, pada akhirnya dapat diketahui oleh orang lain yang kemudian menyalahgunakan pengetahuannya itu.

Perundungan adalah hal yang berbahaya. Selain dapat membuat seseorang tidak bahagia, perundungan mampu menghancurkan kehidupan seseorang secara mental, fisik, dan psikologis. Maka itu, jangan merundung, jangan sombong, jangan memandang rendah orang lain.

Bagi kalian yang penasaran akan kisah si kembar, Hanina dan Galileo, kalian bisa mendapatkan novel Unfamiliar Twins karya Kadek Pingetania ini di www.gramedia.com.

Written by Gabriel