in

Rekomendasi Buku Grammar Bahasa Inggris

Rekomendasi Buku Grammar Bahasa Inggris – Bahasa Inggris saat ini telah digunakan sebagai bahasa universal, yang dapat digunakan untuk melakukan komunikasi dengan berbagai warga yang berbeda negara. Bahasa Inggris di Indonesia sendiri telah dianggap sebagai bahasa kedua yang mendominasi berbagai bidang di kehidupan masyarakat Indonesia. Banyak sekolah-sekolah dan keluarga yang sudah menerapkan komunikasi dengan menggunakan Bahasa Inggris.

Maka itu, tidak jarang kita menemukan masyarakat Indonesia yang mahir dalam berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris. Memang, pada masa globalisasi, yang mana pasar bebas telah dibuka, seluruh masyarakat dunia dituntut untuk menguasai Bahasa Inggris sebagai elemen pendukung untuk melakukan komunikasi secara global.

Maka itu, bagi kalian yang mungkin belum menguasai Bahasa Inggris, ada baiknya untuk segera mempelajarinya. Tenang saja, mempelajari Bahasa Inggris tidak harus melalui cara pendidikan formal seperti instansi pendidikan, tempat les, atau sebagainya. Mempelajari Bahasa Inggris ternyata bisa dilakukan sendiri secara otodidak, melalui membaca buku.

Artikel ini akan memberikan rekomendasi buku yang dapat kalian baca untuk mempelajari Bahasa Inggris, terkhusus kepada Grammar yang merupakan struktur penyusunan kalimat dalam Bahasa Inggris. Grammar akan membantu kalian untuk dapat menyusun sebuah kalimat dalam Bahasa Inggris dengan baik dan benar. Maka itu, dengan mempelajari grammar, kalian akan dapat menguasai Bahasa Inggris. Simak penjelasannya di bawah ini!

Table of Contents

Rekomendasi Buku Grammar Terbaru

Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa menguasai Bahasa Inggris akan mempermudah langkah kita untuk membuka jendela dunia. Bahasa Inggris sendiri merupakan bahasa global yang hampir separuh dari populasi manusia menggunakannya untuk kepentingan sehari-hari, pendidikan, sosial, ekonomi, dan juga politik. Pada dasarnya, menguasai Bahasa Inggris mempunyai nilai tambah di dalam banyak bidang.

Penguasaan Bahasa Inggris umumnya akan diukur berdasarkan level yang berbeda. Mulai dari level beginner, elementary, intermediate, hingga advanced. Tata Bahasa Inggris seringkali menjadi salah satu kemampuan yang dianggap sulit, karena memiliki banyak aturan dan juga rumus. Namun, sekarang ini sudah ada banyak buku grammar yang bisa memudahkan Anda dalam menguasai grammar. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi buku grammar yang bisa Anda baca.

Jago 16 Tenses & Daily Vocabulary Gampaaang

Rekomendasi Buku Grammar

Buku setebal 260 halaman ini lebih banyak membahas tentang vocabulary dan juga grammar. Dilengkapi dengan pendalaman materi, ringkasan 16 tenses, kata kerja, dan pastinya latihan soal.

Buku ini bisa kamu jadikan sebagai buku saku ketika sedang mempelajari 16 bentuk tenses. Sebab ukurannya lebih kecil daripada buku yang lain jadi mudah dibawa ke mana saja.

4. Buku Grammar Paling Mudah Sepanjang Masa

Rekomendasi Buku Grammar

Rekomendasi berikutnya adalah buku terbitan Pusat Kajian Bahasa yang berjudul Buku Grammar Paling Mudah Sepanjang Masa. Muryani J. Semita sebagai penulis buku ini, membahas materi-materi tentang grammar dengan cara yang paling mudah dipahami. Buku ini lebih direkomendasikan untuk kamu yang ingin menguasai reading dan writing dalam bahasa Inggris.

Basic English Grammar

Buku ini umumnya memiliki sampul yang berwarna merah, karya Betty Schrampfer Azar. Dimana pada buku ini akan menampilkan pengantar untuk bentuk, makna, dan juga penggunaan struktur dasar yang ada di dalam Bahasa Inggris. Selain itu, ada juga pendekatan keterampilan yang bisa mendorong kemampuan dalam berbicara, menulis, mendengar, dan juga membaca melalui berbagai latihan.

Basic English Grammar ini menyediakan inti materi yang sangat lengkap. Tak hanya itu saja, buku ini juga dilengkapi dengan latihan untuk memperdalam materi yang sudah kita pelajari. Jadi, buku ini sangat cocok untuk para pemula yang baru saja belajar grammar.

Fundamentals of English Grammar

Buku yang satu ini merupakan seri lanjutan dari buku Basic English Grammar dengan warna sampul hitam. Hampir semua orang yang mulai belajar grammar akan mengetahui buku yang satu ini. Sebab, buku ini memang banyak digunakan oleh kampus ataupun perguruan tinggi sebagai buku pegangan.

Adapun ciri khas dari buku ini yaitu bab dan materi grammar yang sangat detail dan lengkap dengan latihan mendasar. Itulah yang membuat buku ini sangat cocok untuk diterapkan sebagai pegangan untuk belajar grammar. Untuk lebih memudahkan Anda, sekarang ini sudah tersedia untuk versi Bahasa Indonesianya, namun tetap tidak menghilangkan esensi isi dari buku ini.

Practical Grammar & Conversations English

Buku Practical Grammar and Conversations English yang satu ini adalah salah satu buku grammar yang bisa membantu Anda dalam mengembangkan keterampilan berbahasa. Terutama pada aspek keterampilan berbicara. Penyusunan buku yang satu ini dilatarbelakangi oleh obsesi penulis untuk menyajikan sebuah tema percakapan Bahasa Inggris yang lebih komprehensif dan bisa memenuhi kebutuhan berbagai kalangan yang ingin belajar grammar. Baik untuk percakapan sehari-hari ataupun komunikasi formal di tingkat nasional dan juga internasional.

ALL IN ONE TOEFL GRAMMAR

Buku ALL IN ONE TOEFL GRAMMAR disusun secara khusus untuk membantu anda, agar dapat menguasai TOEFL Grammar secara cepat. Anda dapat menemukan soal-soal latihan yang dapat mengasah kemampuan anda mengerjakan soal TOEFL, yang umumnya akan menguji teori tentang aspek tata bahasa.

Buku ALL IN ONE TOEFL GRAMMAR ini juga akan memberikan sejumlah strategi jitu, agar anda dapat mengerjakan soal TOEFL dengan tepat dan cepat. Buku ini juga dilengkapi dengan full practice test, kunci jawaban, dan penjelasannya. Penyajian materi buku ini cocok untuk pelajar, mahasiswa, dosen, bahkan masyarakat umum yang ingin meningkatkan nilai TOEFL.

1 Jam Pasti Langsung Jago & Mahir Grammar Inggris

Kebanyakan orang berpikir bahwa menguasai Bahasa Inggris merupakan hal yang sulit. Padahal, kenyataannya adalah sebaliknya, Bahasa Inggris mudah untuk dikuasai, jika metode pembelajarannya sesuai dan mudah untuk dipahami.

Hal ini lah yang buku ini coba utamakan, yakni bagaimana membuat proses belajar Bahasa Inggris menjadi mudah dipahami dan menyenangkan. Dengan menjabarkan berbagai trik sederhana dalam menguasai grammar, kalian bisa menguasai Bahasa Inggris dalam waktu 1 jam saja.

Grammars in Your Pocket (Revised Edition)

Buku Grammars in Your Pocket ditulis dengan tujuan untuk memberi penjelasan mengenai grammars dalam Bahasa Inggris. Buku ini menuliskan penjelasan secara sederhana dan sejelas mungkin, sehingga cara penggunaan grammar mudah dipahami. Buku ini juga dilengkapi dengan sejumlah latihan soal yang dapat membantu pembaca dalam memahami grammar dan cara menggunakannya.

Soal-soal yang disajikan di dalam buku ini juga sangat bervariasi, sehingga dapat melatih pemahaman pembaca mengenai grammar Bahasa Inggris secara lebih dalam. Buku ini dapat menjadi sumber pembelajaran bagi seluruh pelajar dari tingkat SD, SMP, SMA, Universitas, atau masyarakat umum yang ingin meningkatkan kemampuan mereka dalam berbahasa Inggris.

Master Of Grammar TOEFL, TOEIC, IELTS, EAP

Buku ini secara khusus akan membahas strategi untuk meningkatkan kemampuan grammar, sehingga dapat digunakan oleh seluruh kalangan, terutama bagi mereka yang ingin melaksanakan tes TOEFL, TOEIC, IELTS, dan EAP.

Buku ini juga menyertakan bonus yang dapat digunakan untuk menunjang latihan dalam, yakni dalam bentuk CD, dan aplikasi android yang isinya adalah software simulasi TOEFL, TOEIC, dan simulasi psikotes TPA dan TBS, yang dapat menunjukkan secara langsung skor dan kunci jawaban.

Audio listening dan Ebook IELTS juga disertakan dalam CD, sebagai pelengkap untuk meningkatkan kemampuan calon peserta tes. Para calon peserta tes diharapkan akan lebih siap menghadapi tes, dengan memahami segala bentuk dan tipe soal Grammar, dan mengetahui sejumlah strategi dalam mengerjakan soal.

Anti Grammar Grammar Book Special Edition

Anda takut dengan grammar? Jangan takut lagi! Buku Anti Grammar Grammar Book Special Edition akan membantu anda melawan rasa takutmu kepada grammar. Namun, membaca buku ini saja tidak akan cukup, maka itu buku ini perlu bantuan dari anda yang membacanya. Setelah membaca buku ini, anda sebaiknya mempraktikan segala hal yang telah anda pelajari.

Masalah yang umum ditemukan saat mempelajari grammar, yaitu tidak pernah dipraktikan. Ini bagaikan anda ingin mengenal lebih jauh seseorang yang anda suka, tetapi anda tidak pernah mencoba mengajak seseorang itu berbicara. Anda hanya menunggu dia untuk bergerak duluan, tetapi apakah anda yakin ia akan mulai duluan?

Hal ini lah yang terjadi ketika belajar grammar. Jika tidak ada keberanian dari diri anda untuk memulai, anda akan terus berdiam di sana saja, dan selalu terbayang oleh mimpi menjadi jago grammar. Jadi, yuk mulai belajar grammar.

Grammar Superflash : Menguasai Grammar dengan Metode Bimbel

Buku Grammar Superflash: Menguasai English Grammar dengan Metode Bimbel ini dapat menjadi solusi bagi anda yang ingin memahami grammar. Buku ini memaparkan teknik menghafal grammar dengan sangat cepat, dan dilengkapi juga dengan konsep pemaparan materi yang mempertimbangkan unsur lateralisasi otak.

Pemaparan materi dalam buku ini juga menggunakan bahasa yang sederhana, gaul, dan mampu mendorong motivasi bagi mereka yang malas belajar Bahasa Inggris, agar akhirnya menjadi tertarik untuk mempelajarinya. Buku ini juga menggunakan metode belajar dengan konsep ANAPRO (Analyzed Grammar Processing), yakni suatu konsep baru dalam mempelajari Bahasa Inggris, yang melibatkan stimulus psikolinguistik khusus, seperti gambar, garis, diagram, pola jembatan keledai, dan lain sebagainya.

Buku ini ditulis untuk kalian dari segala kalangan akademisi, baik itu siswa, mahasiswa, masyarakat umum, guru Bahasa Inggris, hingga kalangan profesional. Buku Grammar Superflash: Menguasai English Grammar dengan Metode Bimbel ini diharapkan dapat menjadi sebuah solusi dalam mempelajari grammar dengan cepat.

Smart English Grammar

Grammar itu susah? Tidak usah khawatir, karena sekarang ada Smart English Grammar. Buku Smart English Grammar akan membantu anda untuk mudah memahami dan menguasai tata Bahasa Inggris, karena materi dalam buku ini disajikan secara SMART, yakni SimpleMeaningful, dan Argumentative.

Buku ini akan mengupas secara tuntas segala materi seperti tenses, adverb, noun, adjective, clause, preposition, conjunction, dan lain sebagainya. Materi dalam buku Smart English Grammar disusun secara urut, padat, cakupannya luas, dan menyertakan penjelasan yang mudah dipahami.

Understanding and Using English Grammar

Rekomendasi Buku Grammar

Buku ini bisa kamu anggap sebagai “kakak” dua buku Betty S. Azar sebelumnya. Artinya, Understanding and Using English Grammar ini lebih kompleks lagi materi dan soal-soal latihannya. Karena itu, sebelum membuka buku ini sebaiknya pahami dulu dua buku sebelumnya.

English Grammar in Use

Rekomendasi Buku Grammar

Selanjutnya adalah buku grammar yang ditulis oleh Raymond Murphy. English Grammar in Use sangat banyak digunakan sebagai pegangan untuk mempelajari grammar. Apalagi buku ini terdiri dari tiga seri, ada Elementary, Intermediate, dan Advanced.

Di dalamnya banyak penjelasan tentang aturan grammar bahasa Inggris dengan lengkap dan jelas. Ditambah lagi ada soal latihan yang akan membantu kamu menguasai setiap materi yang sudah dipelajari.

Agak berbeda dengan bukunya Betty S. Azar, di sini kamu akan menemukan ilustrasi yang menggambarkan konteks situasi di dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga kamu jadi lebih mudah mengingat materinya.

Buku ini sangat cocok untuk kamu yang belajar bahasa Inggris secara otodidak. Kamu bisa mulai dari level paling bawah atau seri Elementary lalu lanjutkan ke level Intermediate dan Advanced.

Modern English: A Practical Reference Guide

Rekomendasi Buku Grammar

Khusus buat kamu yang masuk ke pembelajar tingkat lanjut atau advanced learner, buku ini bisa dijadikan referensi tambahan. Alasannya karena di dalamnya ada materi-materi grammar level Intermediate sampai Advanced yang dibahas secara lengkap dan mendalam. Oleh karena itu, Modern English: A Practical Reference Guide tidak cocok untuk pemula.

 

Manfaat Belajar Bahasa Inggris

Mungkin masih terdapat sejumlah pertanyaan di benak kalian, kenapa sih harus mempelajari Bahasa Inggris? Seperti yang telah dijelaskan di atas, Bahasa Inggris telah dianggap sebagai bahasa universal yang digunakan untuk berkomunikasi secara resmi dengan negara lain. Bahasa Inggris merupakan bahasa yang paling banyak digunakan di dunia.

Maka itu, dengan mempelajari Bahasa Inggris, akan memberikan berbagai manfaat bagi kita dalam dunia komunikasi. Berikut ini akan dijabarkan beberapa manfaat dari menguasai Bahasa Inggris yang dapat mendorong kalian, agar semangat dalam mempelajari Bahasa Inggris.

1. Memudahkan dalam Melakukan Komunikasi dengan Orang dari Berbagai Negara

Bahasa Inggris diketahui menjadi bahasa resmi bagi kurang lebih 53 negara dan dianggap sebagai bahasa yang saling dikenal. British Study Center, menyatakan bahwa setidaknya ada satu orang dari lima orang, yang mampu memahami dan berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris. Bahasa Inggris juga berada di urutan paling atas dalam daftar bahasa yang paling banyak digunakan di dunia.

Pada masanya, kita pastinya akan bertemu dengan orang lain dari berbagai dunia. Dan selayaknya sifat manusia sebagai makhluk sosial, tentunya kita harus berkomunikasi dengan orang lain, termasuk orang asing dari negara lain. Misalnya, ketika kita sedang liburan ke negara lain, atau sekedar untuk berkomunikasi turis-turis yang datang berlibur ke tempat tinggal kita.

Bahasa Inggris akan mempermudah kita dalam melakukan komunikasi dengan orang-orang asing tersebut. Sebab, Bahasa Inggris menjadi bahasa universal yang dianggap sebagai bahasa yang pasti dimengerti oleh seluruh masyarakat di dunia. Maka itu, ada baiknya kita segera mempelajari Bahasa Inggris hingga mahir.

2. Memperluas Pengetahuan dan Wawasan

Tentu saja, dengan mempelajari Bahasa Inggris, kita dalam menambah atau memperluas pengetahuan kita. Dengan mengetahui berbagai bahasa seperti Bahasa Inggris, kita akan terbantu untuk mendapatkan banyak pengetahuan. Pengetahuan yang pada dasarnya berasal dari wilayah lain, biasanya akan diterjemahkan dalam bahasa universal, yakni Bahasa Inggris.

Menguasai Bahasa Inggris juga dapat membuat kita semakin update dengan berbagai perkembangan informasi global. Mengetahui berbagai informasi global secara up to date pastinya akan memperluas wawasan kita terhadap perkembangan dunia. Hal ini kemudian dapat membantu kita ketika berkumpul dengan sejumlah orang dalam suatu forum diskusi yang membahas mengenai isu-isu global yang ada pada masa itu.

3. Membantu dalam Pendidikan Akademik

Menguasai Bahasa Inggris tentunya akan membantu kita dalam bidang pendidikan akademik.

Mungkin sebagian besar dari kita telah mengetahui, bahwa salah satu syarat untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi seperti perguruan tinggi untuk gelar S1 dan seterusnya adalah kemampuan menguasai Bahasa Inggris dengan baik.

Mengacu pada syarat itu, maka sebaiknya kita mulai mempelajari Bahasa Inggris dari sekarang, terutama bagi kalian yang memiliki impian untuk menjalani profesi yang menuntut pendidikan yang tinggi seperti dokter, professor, dan lain sebagainya.

4. Mudah untuk Beradaptasi dalam Lingkungan Baru

Bukan hal yang tidak mungkin, jika suatu saat kita memiliki peluang atau kesempatan untuk bergabung dalam organisasi asing, atau tinggal sementara atau menetap di daerah atau negara lain. Sebagai seorang manusia, tentunya kita harus selalu melakukan adaptasi.

Seseorang yang menguasai Bahasa Inggris dapat dengan mudah dan cepat untuk mengetahui dan memahami segala situasi yang terjadi dan ada di lingkungan baru nan asing, karena sebagai bahasa universal, Bahasa Inggris pasti akan digunakan. Maka, bagi kalian yang ingin bepergian atau ingin bertemu dengan lingkungan baru, sebaiknya menguasai Bahasa Inggris, agar kalian mudah beradaptasi dengan kondisi lingkungan sekitar.

5. Mencegah Kesalahpahaman Ketika Berinteraksi atau Belajar Budaya Asing

Bahasa dan budaya tidak akan bisa dipisahkan. Menguasai Bahasa Inggris dapat membantu anda untuk dapat memahami orang lain yang tinggal di negara yang berbahasa Inggris, dan memahami budaya negara tersebut secara lebih baik. Hal ini kemudian akan mencegah kesalahpahaman ketika berinteraksi dengan orang lain yang berbahasa Inggris.

Nah, itu dia penjelasan mengenai manfaat menguasai Bahasa Inggris. Dari penjelasan di atas, kita telah mengetahui bahwa Bahasa Inggris terbukti akan berguna dalam setiap kegiatan yang kita lakukan di era globalisasi ini. Salah satu kunci dalam menguasai Bahasa Inggris adalah dengan menguasai grammar. Apa itu grammar? Simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Grammar

Grammar merupakan struktur penyusunan kalimat dalam Bahasa Inggris. Grammar akan membantu kalian untuk dapat menyusun sebuah kalimat dalam Bahasa Inggris dengan baik dan benar. Dalam Bahasa Indonesia, kita mengenalnya struktur kalimat dengan istilah SPOK, yakni Subjek, Predikat, Objek, dan Keterangan (tempat, waktu, atau latar).

Dalam struktur SPOK, kita mengetahui berbagai aturan tertentu dalam membentuk sebuah kalimat yang baik dan benar. Begitu juga dengan grammar yang merupakan struktur kalimat dalam Bahasa Inggris. Grammar memiliki struktur atau aturan tertentu yang menjadi panduan kita untuk menyusun kalimat yang baik dan benar.

Tentunya, kita akan lebih mudah mempelajari struktur kalimat SPOK, karena kita sudah mempelajarinya secara lisan dari komunikasi yang kita lakukan sejak kecil. Maka itu, anda perlu melakukan usaha lebih untuk dapat menguasai grammar, karena Bahasa Inggris bukan bahasa ibu kita. Selayaknya struktur SPOK, Grammar juga memiliki sejumlah unsur yang ada di dalamnya atau membentuknya. Berikut penjelasannya.

1. Part of Speech

Di dalam grammar, terdapat sejumlah jenis kata yang akan digunakan untuk merangkai sebuah kalimat yang sempurna. Itu lah yang disebut sebagai Part of SpeechPart of speech memiliki delapan kategori, tetapi terdapat tiga kategori saja yang umum diperhatikan dan digunakan, yakni kata benda, kata sifat, dan kata kerja.

Kata benda atau noun, umumnya digunakan untuk menjelaskan suatu benda, nama orang atau nama tempat. Kata sifat atau adjective digunakan untuk menjelaskan dan menambahkan informasi mengenai kata benda yang digunakan. Misalnya menjelaskan perasaan, warna, atau tekstur. Kata kerja atau verb digunakan untuk menjelaskan sebuah aktivitas atau tindakan, seperti makan, berbicara, atau berjalan.

2. To Be

To be merupakan bentuk kata kerja yang menjelaskan keadaan. To be terbagi menjadi 3 jenis, yaitu, isam, dan are. Contohnya, “He is sad”, “I am happy”, “We are here”.

3. Verb Forms

Kata kerja atau verb memiliki beberapa bentuk. Contohnya, kata kerja ‘sing’ bisa diubah menjadi ‘sing’, ‘sang’, ‘singing’, ‘sings’, dan ‘sung’. Sebuah kata kerja bisa diubah menjadi empat bentuk yang berbeda, sesuai dengan keadaan.

Keuntungan Mempelajari Bahasa Inggris

Ketika belajar bahasa baru, tentu kita akan membutuhkan alasan yang kuat agar terus termotivasi. Awalnya, belajar Bahasa Inggris mungkin saja terlihat membosankan dan memakan waktu yang tidak sebentar. Akan tetapi, Anda perlu fokus pada keuntungan yang akan diperoleh jika Anda menguasai Bahasa Inggris. Nah, kira-kira apa saja keuntungan yang akan diperoleh jika menguasai Bahasa Inggris? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

1. Language Acquisition atau Pemerolehan Bahasa

Sebuah bahasa bisa diperoleh dengan cara membiasakan diri sejak dini, bahkan tanpa mementingkan grammar atau tata bahasanya. Cara ini sudah kita gunakan untuk mempelajari bahasa Indonesia dan bahasa daerah sejak kecil.

Kita terbiasa mendengar orang-orang di sekitar menggunakan bahasa tersebut, lalu meniru apa yang mereka ucapkan tanpa mengetahui artinya lebih dulu. Saat proses “meniru” ini, kita secara tidak sadar mengakuisisi tata bahasa atau aturan yang berlaku di baliknya.

Prinsip yang sama bisa diaplikasikan pada bahasa Inggris, yaitu dengan membiasakan diri dengan bahasa Inggris. Seperti menonton film, mendengarkan lagu, mendengar pembicaraan dalam bahasa Inggris. Bila perlu sampai membaca atau mengobrol pun menggunakan bahasa Inggris.

Saat kita sudah terbiasa aktivitas membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara dalam bahasa Inggris maka secara tidak sadar kita pun sudah mendapatkan tata bahasa atau grammar, meskipun belum sadar sepenuhnya. Ini juga membuktikan bahwa bahasa Inggris tidak selalu tentang grammar.

2. Language learning atau pembelajaran bahasa

Setelah membiasakan diri dengan bahasa Inggris, Grameds bisa lanjut ke tahap selanjutnya, yaitu memperdalam kemampuan bahasa Inggris, utamanya dengan mempelajari grammar.

Tahap ini penting supaya kamu bisa meningkatkan keterampilan dalam menulis serta memahami kalimat yang lebih rumit. Contohnya menulis artikel atau membaca buku bahasa Inggris.

Namun di sisi lain, tahap ini juga bermanfaat untuk masa depan kamu. Baik dalam urusan karir maupun pendidikan. Dengan memahami aturan bahasa Inggris secara sadar, kamu bisa menaklukan tes IELTS atau TOEFL dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Kalau sudah seperti itu, karir dan pendidikan kamu bisa lebih meningkat lagi.

3. Mudah mengerti kalimat dan paragraf

Grammar juga bisa mempermudah kamu mengerti kalimat dan paragraf. Baik yang diucapkan maupun dalam bentuk tulisan. Misalnya kamu bisa menghasilkan kalimat yang rapi, dengan begitu pesan atau gagasan yang disampaikan pun lebih mudah tersampaikan.

Akan tetapi Grameds harus ingat bahwa mengaplikasikan grammar saat berbicara atau menulis tidaklah mudah dan membutuhkan usaha serta waktu yang tidak sedikit. Kemampuan ini harus terus diasah agar terus bertambah baik dari waktu ke waktu.

4. Melancarkan komunikasi

Grammar pun bisa memperlancar komunikasi yang sifatnya dua arah. Dengan sifat seperti ini, maka kedua belah pihak harus saling mengerti apa yang sedang disampaikan. Karena itu, kejelasan makna sangat penting agar tidak menyebabkan kebingungan. Di sinilah peran grammar dibutuhkan.

Dengan grammar yang baik, Grameds bisa memilih diksi sesuai dengan pesan yang ingin kamu sampaikan. Ditambah lagi, kamu bisa jadi lebih komunikatif jika memahami grammar. Apalagi dalam percakapan sehari-hari. Kamu bisa menghindari kalimat yang ambigu.

5. Membuat kalimat jadi lebih menarik

Buat Grameds yang senang bermain dengan kata-kata, grammar bisa jadi sahabat terbaik. Pasalnya kamu jadi lebih mudah membuat kalimat yang menarik, atraktif, variatif, namun tetap mudah dipahami. Jadi apa yang kamu ucapkan atau tulis tidak monoton. Di saat yang sama kamu tetap memperhatikan grammar sehingga menghasilkan tulisan yang lebih menarik untuk dibaca.

6. Menguasai bahasa formal

Seringkali banyak orang yang merasa kesulitan saat harus menggunakan bahasa Inggris dalam konteks yang formal. Misalnya saat berada di lingkungan pekerjaan atau sekolah. Masalahnya, dalam konteks formal grammar adalah hal yang tidak boleh dilupakan. Bisa atau tidak bisa, kamu harus tetap menggunakannya.

7. Bisa Berkomunikasi Dengan Orang Lain Dari Berbagai Negara

Bahasa Inggris sendiri berada di urutan teratas sebagai salah satu bahasa yang paling banyak dipakai di seluruh dunia. Menurut British Study Center, setidaknya ada satu dari lima orang yang bisa memahami dan juga berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Inggris. Bahasa Inggris ini menjadi bahasa resmi dunia, khususnya untuk 53 negara dan sebagai bahasa yang saling dikenal. Itu artinya, dimanapun Anda berada, Bahasa Inggris akan selalu bisa membantu Anda dalam berkomunikasi dengan orang-orang yang berasal dari seluruh dunia.

8. Menaikkan Peluang Dengan Orang yang Berasal Dari Berbagai Penjuru Dunia

Dengan menguasai Bahasa Inggris, Anda akan mendapatkan lebih banyak peluang untuk kemajuan belajar dan juga karir. Jika Anda masih Bahasa Inggris, maka Anda bisa bersekolah ataupun bekerja di perusahaan asing, baik yang ada di dalam negeri ataupun yang ada di luar negeri. Kebanyakan artikel ilmiah populer dan juga bahasa yang ada di ilmu sains, komputer, ataupun penerbangan juga menggunakan Bahasa Inggris.

9. Menghindari Kesalahpahaman Ketika Berkomunikasi Dengan Budaya Asing

Pada dasarnya, Bahasa dan juga budaya tidak dapat dipisahkan. Dengan menguasai Bahasa Inggris, maka Anda juga dapat memahami orang-orang yang tinggal di negara yang berbahasa Inggris secara lebih baik. Hal tersebut tentu akan mencegah Anda mengalami kesalahpahaman ketika berinteraksi dengan rekan ataupun orang-orang yang ditemui di jalan.

 

Hal Penting saat Memilih Buku Grammar untuk Belajar

Jika kamu pergi ke toko buku atau perpustakaan, pasti ada banyak sekali buku grammar yang bisa dipilih. Akan tetapi tidak semua buku tersebut punya kualitas yang baik serta cocok dijadikan sumber belajar.

1. Grade buku

Saat memilih buku grammar bahasa Inggris yang baik, paling tidak kamu harus memperhatikan tingkatan atau grade. Apakah untuk anak-anak, pelajar, mahasiswa, atau guru. Ada juga buku grammar basic, intermediate, sampai advance.

Pastikan Grameds memilih buku yang sesuai dengan kemampuan bahasa Inggris saat ini. Kalau masih baru mulai belajar disarankan menggunakan buku grammar tingkat basic. Sebab di sini biasanya ada penjelasan lengkap tentang 16 tenses, gerund, to infinitive, structure, dan topik lain yang cocok untuk pemula.

2. Materi tambahan

Karena grammar bukan hanya pengetahuan, namun juga kemampuan, maka materi tambahan seperti latihan soal menjadi sangat penting. Mempelajari aturan tata bahasa atau grammar ini seringkali membosankan dan membuat ngantuk.

Untuk mengatasi hal ini, banyak penerbit yang memberikan bonus berupa video tutorial, audio, atau tips-tips belajar bahasa Inggris. Jadi sebelum membeli buku, pastikan dulu apakah ada bonus yang bisa kamu dapatkan.

3. Sesuaikan dengan penggunanya

Selain itu, pilih buku menurut penggunanya. Untuk anak-anak sebaiknya utamakan buku yang gambarnya menarik dan penuh warna. Anak-anak akan lebih semangat membuka buku tersebut dan mempelajarinya.

Untuk pelajar pilih berdasarkan tingkat pendidikan dan bila perlu konsultasi ke guru di sekolah secara langsung. Jadi nantinya anak mendapatkan penjelasan tambahan untuk setiap materi yang dipelajari di kelas.

 

Tips Memilih Buku Untuk Belajar Bahasa Inggris

Di bawah ini adalah tiga poin penting yang bisa Anda terapkan dalam memilih buku untuk belajar Bahasa Inggris. Dengan buku yang sesuai dengan kebutuhan, maka Anda bisa mempelajari Bahasa Inggris secara efektif.

1. Pilih Berdasarkan Penggunanya

Buku yang digunakan untuk belajar Bahasa Inggris ada banyak jenisnya. Untuk mempermudah Anda ketika memilih, maka gunakanlah buku yang sesuai dengan penggunanya. Berikut ini adalah beberapa contohnya.

a. Untuk Anak-anak

Anak-anak umumnya lebih menyukai segala sesuatu yang dilengkapi dengan gambar atau ilustrasi yang berwarna. Hal ini juga berlaku saat memilih buku bacaan. Agar anak-anak lebih semangat dalam mempelajari Bahasa Inggris, maka berikanlah mereka buku yang sudah dilengkapi dengan gambar yang menarik. Biasanya buku untuk anak-anak ini membahas mengenai pengenalan huruf alfabet dalam Bahasa Inggris.

b. Untuk Pelajar

Selain untuk umum, ada beberapa buku Bahasa Inggris yang juga dirancang khusus untuk para pelajar. Dalam memilihnya, Anda dapat memeriksa target pengguna yang dituliskan di bagian keterangan ataupun sampul. Untuk cara memilih buku Bahasa Inggris yang tepat untuk pelajar yakni yang sesuai dengan tingkat pendidikannya. Jika akan digunakan untuk keperluan sekolah, maka Anda bisa meminta rekomendasi dari guru terkait.

c. Untuk Pemula

Materi grammar atau tata bahasa dapat menjadi musuh untuk banyak orang. Terlebih lagi, grammar yang ada di dalam Bahasa Inggris sangat berbeda dengan grammar Bahasa Indonesia. Jadi, Anda mungkin saja akan sedikit kesulitan ketika pertama kali mempelajarinya. Misalnya saja, di dalam Bahasa Indonesia, kata sifat menerangkan kata benda, misalnya “black book”. Sedangkan aturan yang ada di dalam Bahasa Indonesia justru kebalikannya, yaitu buku hitam.

Di dalam grammar Bahasa Inggris, diajarkan juga mengenai tenses, kalimat aktif, kalimat pasif, dan lain sebagainya. Disamping ketersediaan materi mengenai tata bahasa, pilih juga buku yang berisi mengenai daftar kosakata. Dengan begitu, Anda dapat belajar kosakata Bahasa Inggris secara acak sesuai dengan kebutuhan.

d. Untuk Traveling

Kemanapun Anda pergi, Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa yang dapat menolong Anda. Terlebih jika Anda sedang bepergian keluar negeri. Apabila Anda berniat untuk belajar Bahasa Inggris untuk berlibur ke luar negeri, maka Anda bisa memilih buku yang berisi tentang contoh percakapan. Atau yang lebih baik lagi, jika contoh percakapannya disusun berdasarkan tema obrolan timbal balik.

2. Periksa Materi Tambahan

Selain materi utama, ada beberapa buku Bahasa Inggris yang sudah dilengkapi dengan materi lain untuk menambah wawasan pembaca. Biasanya, materi lain yang seringkali ditemukan di dalam buku Bahasa Inggris adalah latihan soal dan juga idiom. Idiom merupakan rangkaian kata yang tidak dapat diartikan secara harfiah, namun mempunyai makna tersirat.

Dengan idiom, Anda akan terlihat lebih bisa berbicara dan menulis dengan Bahasa Inggris secara lebih natural. Kemudian untuk materi selanjutnya adalah berupa latihan soal yang akan membantu Anda dalam mereview lagi materi yang sudah dipelajari. Anda juga dapat mengetahui materi mana yang telah dikuasai dengan baik.

3. Cek Jumlah Halaman

Poin yang terakhir yang tidak kalah penting adalah dengan memperhatikan jumlah halaman yang ada di dalam buku. Jika Anda berharap menguasai Bahasa Inggris untuk menambah skill, maka tentunya Anda ingin mempelajarinya secara lebih mendalam kan? Oleh karena itu, pilihlah buku yang memiliki jumlah halaman sebanyak mungkin. Semakin tebal halaman buku, maka akan semakin lengkap pembahasan yang ada di dalamnya.

 

Nah, itu dia Grameds penjelasan mengenai manfaat mempelajari Bahasa Inggris, pengertian dan unsur-unsur dalam grammar yang menjadi salah satu komponen penting dalam belajar Bahasa Inggris, dan rekomendasi buku untuk belajar grammar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian dan dapat menjadi referensi bagi kalian untuk mempelajari grammar, sehingga kalian akhirnya bisa menguasai Bahasa Inggris.

Bagi kalian yang ingin mencari buku lain untuk belajar Bahasa Inggris atau buku lainnya, kalian bisa mencari dan mendapatkannya di www.gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami selalu sedia untuk memfasilitasi kalian yang ingin menambah pengetahuan.

Written by Gabriel