in

10 Manfaat Nikel dalam Kehidupan Sehari-hari

Manfaat Nikel dalam Kehidupan Sehari-hari – Indonesia dikenal dengan sumber daya alamnya yang melimpah ruah. Di awal tahun 2020 lalu, berita tentang kebijakan pemerintah Indonesia yang melarang ekspor komoditas bijih nikel ke luar negeri sempat heboh.

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil bijih nikel terbesar di dunia. Nikel merupakan salah satu sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui. Lokasi daerah penghasil nikel di Indonesia cukup banyak. Sebagian besar lokasinya berada di wilayah Indonesia timur

Kebijakan pemerintah mengenai ekspor komoditas bijih nikel bertujuan agar Indonesia bisa mengekspor komoditas ini sebagai produk yang bernilai lebih tinggi. Hal tersebut menuai banyak pro dan kontra dari berbagai pihak.

Nikel sebagai unsur logam di alam bebas merupakan komoditas berharga yang penting untuk menunjang kehidupan manusia. Nikel dapat dikategorikan sebagai salah satu unsur logam yang berkaitan erat dengan kebutuhan masyarakat modern.

Nikel sendiri merupakan salah satu hasil tambang berupa logam putih keperakan yang digunakan sebagai bahan campuran untuk meminimalisasi korosi. Sebagai bahan campuran, nikel merupakan salah satu unsur yang paling melimpah persediaannya.

Namun, sebagian besar nikel berada di inti bumi yang letaknya lebih dari 1.800 mil di bawah permukaan bumi. Bahan tambang berwarna putih keperakan yang satu ini kerap digunakan untuk membuat baja tahan karat.

[algolia_carousel]

Nikel juga digunakan sebagai campuran bahan lain agar lebih kuat menahan suhu ekstrim. Nikel diketahui memiliki sifat karsiogenik yang dapat menimbulkan risiko keracunan dan penyakit kanker.

Sifat karsiogenik pada nikel membutuhkan tindakan pencegahan khusus untuk memastikan keselamatan orang yang bekerja dan bersentuhan langsung dengan senyawa ini. Nikel merupakan mineral tambang yang ditemukan pada tahun 1751 oleh Cronstedt.

Mineral tambang yang satu ini meski tergolong bahan yang keras, tetapi bisa dibentuk. Pada awal penemuannya, nikel yang diberi nama kupfernickel atau nikolit dianggap sebagai logam pengotor tembaga.

Para peneliti berhasil mengungkap manfaat nikel sebagai logam berharga melalui kemajuan teknologi yang terus berkembang. Nikel dengan lambang kimia Ni dalam kondisi murni bertekstur lembek.

Nikel bertekstur lembek ini biasanya dipadukan dengan krom dan besi yang akan menciptakan baja tahan karat atau stainless steel. Baja tahan karat tersebut dapat dibuat dengan kuat dan ringan untuk kebutuhan hidup manusia sehari-hari.

Nikel yang kerap dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari berasal dari sisa-sisa tumbuhan atau makhluk hidup yang terkubur selama jutaan tahun. Nikel sebagai hasil pertambangan yang termasuk dalam kategori logam memiliki struktur mudah ditempa.

Bijih nikel terbentuk dari endapan nikel laterit yang terjadi akibat pelapukan batuan ultramafik. Secara umum, nikel laterit biasa ditemukan di daerah tropis dengan iklim yang mendukung terjadinya pelapukan.

Terdapat beberapa daerah penghasil bijih nikel di Indonesia, seperti Sorowako (Sulawesi Selatan), Gebe (Halmahera), Luwu Timur (Sulawesi Selatan), Morowali (Sulawesi Tengah), Pomala (Sulawesi Tenggara), Tapunopaka (Sulawesi Tenggara), dan Tanjung Buli (Halmahera). Perusahaan nikel yang beroperasi di Sorowako menjadi salah satu perusahaan nikel terbesar di dunia, lho Grameds.

tombol beli buku

Menakjubkan, bukan? Luwu Timur dikenal sebagai daerah penghasil nikel terbesar di Indonesia. Lokasi penghasil nikel yang satu ini berada di daerah Malili dan Nuha. Kemudian pertambangan nikel Morowali tersebar di berbagai daerah, seperti Bungku Pesisir, Bungku Timur, Petasia Timur, dan Bahadopi.

Keberadaan nikel laterit pada kenyataannya memiliki penyebaran yang tidak merata. Hal tersebut akan membuat keberadaan nikel laterit suatu saat akan habis tergali. Untuk mengatasinya, diperlukan eksplorasi sebelum melakukan penambangan nikel. Apa itu eksplorasi?

Proses penyelidikan untuk mengumpulkan data secara detail dan teliti tentang keberadaan sumber daya alam pada suatu tempat disebut dengan eksplorasi. Dengan melakukan eksplorasi, tentu akan mengurangi risiko kegagalan, jumlah modal, kerugian materi, kerusakan lingkungan, dan kecelakaan kerja.

Lalu, bagaimana dengan proses penambangan nikel? Proses penambangan nikel diawali dengan mengupas permukaan tanah 10-20 meter. Selanjutnya, permukaan tanah tadi akan dibuang ke tempat tertentu atau digunakan untuk menutup lokasi purna tambang.

Kemudian digunakan alat mekanis atau non mekanis untuk mengambil lapisan tanah yang mengandung nikel. Setelah itu, sebagian lapisan tanah yang mengandung nikel diangkut dan diolah di pabrik.

Sementara sebagian lainnya akan ditimbun di wilayah perairan pesisir untuk diekspor ke luar negeri dalam bentuk mentah. Terdapat dua jenis biji endapan yang digunakan untuk memenuhi nikel dunia, yakni endapan sulfida magnetik dan endapan laterit.

Nikel jenis endapan sulfida magmatik banyak ditemukan di Kanada, Rusia, dan Australia. Nikel jenis endapan sulfida magmatik menjadi sumber daya utama dari sekitar 40% nikel dunia. Sementara nikel endapan laterit banyak ditemukan di Indonesia dan Kuba.

Nikel endapan laterit menjadi sumber daya bagi sekitar 60% nikel global. Nikel endapan laterit sendiri dapat terbentuk di lingkungan yang lembap, hangat, dan tropis atau subtropis. Nikel endapan laterit tercipta saat magnesium dengan jumlah tinggi dan batuan beku dengan jumlah silika yang rendah dipecah oleh pelapukan kimiawi.

Meski tak setenar minyak bumi dan batu bara, nikel memiliki beragam manfaat yang berperan penting dalam kehidupan manusia. Nikel biasanya digunakan sebagai bahan campuran pembuatan stainless steel, pembuatan logam antikarat, baterai nickel-metal hybride, dan lain sebagainya.

Gramedia.com telah merangkum manfaat nikel dalam kehidupan sehari-hari dari berbagai sumber. Simak ulasannya berikut ini.

10 Manfaat Nikel dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Pembuatan Stainless Steel

Ilustrasi Peralatan Dapur Stainless Steel (sumber: etsy.com)

Dalam kehidupan sehari-hari, bahan metal nikel digunakan sebagai campuran pembuatan stainless steel. Bahan stainless steel umumnya dipakai pada perabotan rumah karena tergolong sebagai bahan yang memiliki ketahanan terhadap karat.

[algolia_carousel page=2]

Bijih besi akan dicampurkan dengan nikel dan juga krom sehingga menghasilkan stainless steel. Pencampuran bahan tersebut bertujuan agar stainless steel tidak mudah teroksidasi oleh air dan udara.

Beberapa peralatan dapur stainless steel yang menggunakan campuran nikel ialah sendok, garpu, wajan, panci, dan sebagainya. Peralatan dapur tersebut mampu menjadi pengantar listrik dengan karakter logam yang kuat.

2. Campuran Besi Baja

Bahan yang berasal dari campuran berbagai macam unsur logam disebut besi baja. Nikel menjadi salah satu bahan campuran dalam pembuatan besi baja. Campuran nikel mampu membuat besi baja yang berkualitas tinggi.

Nikel sebagai bahan campuran besi baja akan membuatnya menjadi lebih keras. Kekuatan besi baja sendiri dipengaruhi oleh kandungan nikel. Pembuatan besi baja dengan campuran nikel akan membuatnya tidak mudah berkarat. Hasil tambang yang satu ini biasanya dimanfaatkan dalam pembuatan bahan bangunan dan bahan rel kereta api.

3. Pelapis Antikarat

Alat yang kita gunakan dalam aktivitas sehari-hari menggunakan campuran atau pelapis nikel. Mengapa? Karena nikel memiliki sifat anti karat yang baik sebagai pelapis sehingga logam tidak mudah rusak.

Nikel sebagai pelapis anti karat biasanya digunakan pada industri makanan. Selain itu, nikel juga dimanfaatkan sebagai pelapis bagian luar senjata kemiliteran. Pembuatan senjata yang dilapisi nikel menjadi lebih kuat, bagus, dan tahan korosi.

 

tombol beli buku

4. Industri Otomotif

Ilustrasi Velg Mobil (hsrwheel.com)

Selain bermanfaat sebagai pelapis antikarat, nikel juga digunakan pada industri otomotif. Pecinta otomotif pasti akrab dengan istilah bumper, velg, dan knalpot. Perlu diketahui, bagian luar ketiga barang tersebut terlihat mengilap karena campuran bahan nikel dalam pembuatannya.

Nikel memberikan efek yang mengilap dan terkesan mewah pada pembuatan rangka alat-alat otomotif. Penggunaan nikel pada rangka alat-alat otomotif menyebabkan benda tidak cepat berkarat. Pencampuran nikel dalam industri otomotif membuat benda dapat dipakai dalam jangka waktu yang lama.

5. Industri Baterai

Mineral tambang yang satu ini menjadi salah satu bahan penting yang harus dicampurkan pada dunia industri baterai. Pencampuran bahan nikel dengan baterai disebut sebagai baterai sekunder yang dapat diisi ulang.

Baterai berbahan nikel sendiri memiliki beragam kegunaan pada perangkat elektronik, seperti smartphone, perkakas listrik, komputer potabel, kendaraan listrik, dan lain sebagainya. Dalam produksi baterai, jenis nikel yang kerap dimanfaatkan ialah nikel metal hibrida (NiMH), nikel lithium-ion (Li-ion), dan nikel kadmium (NiCd).

6. Elektroplating

Selain dimanfaatkan dalam industri baterai, nikel juga bermanfaat pada proses elektroplating. Apa yang dimaksud dengan elektroplating? Proses pelapisan logam dengan menggunakan arus listrik dan larutan elektrolit disebut elektroplating.

Sementara itu, pelapisan logam yang memanfaatkan unsur nikel disebut nickelplating. Pelapisan tersebut berguna untuk membuat tampilan barang menjadi mengilap. Selain itu, daya gesek yang diberikan tergolong rendah dan tidak mengganggu sifat dari elektromagnetik.

7. Pembuatan Monel

Perpaduan antara tembaga, nikel, dan beberapa tambahan logam lainnya disebut monel. Pembuatan tag pada perhiasan atau bidang kemiliteran kerap menggunakan monel.

Nikel sebagai bahan campuran pembuatan monel memberikan efek yang lebih bagus dengan harga lebih murah. Selain itu, kualitas monel dengan campuran nikel tidak jauh berbeda dari emas yang digunakan sebagai perhiasan.

tombol beli buku

8. Pembuatan Kawat

Dalam aktivitas sehari-hari, sifat nikel yang anti karat sangat penting dan berguna bagi beberapa peralatan. Pembuatan kawat diketahui memanfaatkan campuran nikel.

Pembuatan kawat dengan campuran nikel akan menjadi alat penghantar panas yang baik di laboratorium. Sifat alami nikel juga berperan penting dalam pembuatan kawat untuk menjadi konduktor panas.

9. Pembuatan Koin

Ilustrasi Uang Koin (sumber: uangindonesia.com)

Dalam kehidupan sehari-hari, logam putih keperakan ini dijadikan bahan pembuatan koin. Uang koin berbahan dasar nikel pertama kali dirilis oleh Swiss pada tahun 1881. Indonesia menggunakan mata uang yang berbentuk kertas dan koin.

Pembuatan uang koin di Indonesia dibentuk dari bahan nikel. Mengapa demikian? Pemilihan pembuatan uang koin berbahan nikel dilakukan karena nikel memiliki sifat yang mudah dibentuk.

Pembuatan koin berbahan nikel akan membuatnya lebih padat dan berat jika dibandingkan dengan bahan aluminium. Pada tahun 2010, Bank Indonesia (BI) pertama kali memperkenalkan uang logam pecahan Rp 1.000 yang berbahan dasar nikel.

10. Katalis

Zat yang berfungsi mempercepat laju pada suatu reaksi disebut katalis dalam penerapan ilmu kimia. Nikel sebagai mineral tambang dapat dijadikan katalis pada proses hidrogenasi minyak dalam kehidupan sehari-hari.

Proses hidrogenasi diperlukan saat fraksi minyak bumi diubah menjadi lebih padat. Hal ini terjadi pada mentega atau margarin. Proses pembuatan mentega atau margarin memanfaatkan nikel sebagai katalis dan gas ikatan hidrogen sebagai pereaksi.

Baca Juga: 

Itulah ulasan mengenai 10 manfaat nikel dalam kehidupan sehari-hari. Nikel merupakan salah satu mineral tambang antikarat yang sangat berguna untuk pembuatan koin, campuran besi baja, hingga pembuatan stainless steel.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Farah Fadila