in

Technical Skill dan Cara Mengembangkannya

Technical Skill – Perkembangan zaman yang semakin tak bisa dihindari lagi mengharuskan kita untuk cepat beradaptasi mengikutinya agar tak tertinggal. Selain itu, adaptasi terhadap perkembangan zaman menandakan bahwa segala sesuatu harus dilakukan dengan cepat dan tepat, sehingga kita perlu mempelajari banyak hal. Dengan kata lain, kita bukan hanya mendalami satu bidang pengetahuan saja, tetapi harus menguasai beberapa bidang.

Alangkah baiknya, bidang-bidang yang dipelajari dan didalami itu saling berhubungan satu sama lain agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. dari hasil maksimal itulah, seseorang bisa mengikuti atau beradaptasi dengan perkembangan zaman terutama dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Setiap bidang yang dipelajari dan didalami bukan hanya saling berkaitan satu saja, teapi sebaiknya yang sesuai dengan bidang yang disukainya. Beberapa orang ada yang hanya menyukai satu bidang saja, tetapi sebagian lainnya bisa menyukai berbagai macam bidang. Ketika mempelajari dan mendalami suatu bidang yang disukainya, maka seseorang akan mudah untuk masuk ke dalam ingatan kita, sehingga akan cepat untuk memahami satu jenis bidang atau beberapa bidang.

Oleh karena itu, kita harus bisa menemukan dan membentuk bidang-bidang yang kita sukai, sehingga ketika mempelajari sekaligus mendalami suatu bidang tak ada halangan yang berarti, sehingga bisa belajar dengan sungguh-sungguh. Akan tetapi, tidak semua orang mampu menemukan dan menentukan bidang-bidang yang disukainya, sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama.

Meskipun mendalami suatu bidang dengan sunguh-sungguh, tetapi rasanya hanya akan menjadi teori-teori saja, jika kita tidak memiliki technical skill atau keahlian teknis. Technical skill ini biasanya disebut dengan istilah keterampilan teknis atau keahlian tenis. Keahlian teknis ini sangat berhubungan dengan setiap bidang yang kita pelajar dan dalami. Tanpa keahlian ini, kita tidak bisa bertanggung jawab atas bidang yang sudah kita dalami.

Sederhananya, kita hanya bisa mengerjakan sesuatu  hanya sebatas teori-teori saja, tetapi tak bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kita akan sulit mengikuti perkembangan zaman. Terlebih lagi, tanpa adanya keahlian teknis yang baik, kita akan sulit untuk diterima kerja di sebuah perusahaan.

Tidak hanya itu saja, keahlian teknis ini, biasanya digunakan untuk melakukan berbagai macam tugas saja. Dengan adanya keahlian ini, setiap tugas yang dikerjakan akan mudah untuk diselesaikan, sehingga kita bisa mengerjakan tugas-tugas yang lain. Di dalam dunia kerja, semakin banyak tugas yang diselesaikan dengan baik dan tepat waktu menandakan bahwa kinerja dari orang tersebut cukup memuaskan pimpinannya. Bahkan, keahlian teknis merupakan salah satu bagian dari kemampuan manajerial atau kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang manajer.

Pengertian Technical Skill

Pastinya sudah menjadi hal umum dan sudah diketahui oleh banyak orang bahwa ketika melamar suatu pekerjaan pada suatu perusahaan, maka perusahaan tersebut akan mencari kandidat yang sudah memiliki atau bahkan menguasai technical skill. Perusahaan mencari pelamar yang memiliki keahlian teknis itu dengan harapan dapat mengerjakan menyelesaikan setiap tugas yang sudah diberikan oleh pimpinan. Namun, jenis pekerjaan yang satu dengan pekerjaan yang lainnya tak haru memiliki keahlian teknis yang sama.

Keahlian teknis, sebenarnya bisa membuat diri kamu mendapatkan suatu jabatan yang lebih tinggi. Apabila kamu ingin mendapatkan jabatan yang lebih tinggi dari jabatan yang sekarang, maka perlu memperhatikan keahlian teknis pada suatu pekerjaan. Bukan hanya diperhatikan saja, tetapi kamu juga harus dapat mengembangkannya agar keahlian teknis yang kamu miliki bisa bersaing dengan perkembangan zaman dan individu-individu yang lebih hebat.

Maka dari itu, technical skill adalah suatu keterampilan yang ada di dalam diri manusia yang mengarah kepada pengetahuan dan keahlian yang digunakan untuk menyelesaikan suatu permasalahan, memberikan tindakan, dan dapat menyelesaikan tugas yang sudah diberikan oleh pimpinan. Pada umumnya, keahlian teknis ini sering dikaitkan pada bidang-bidang  tertentu saja seperti sains, keuangan, mekanika, keuangan dan Teknologi Informasi (TI).

Hal yang perlu digarisbawahi dari keahlian teknis atau technical skill ini adalah keahlian ini tidak bisa datang begitu saja, tetapi kita harus bersungguh-sungguh untuk mencapai keahlian ini. Dengan kata lain, keahlian ini bisa diperoleh dengan cara menambah pengalaman dalam suatu bidang. Pengalaman ini bisa diperoleh melalui pelatihan ekstensif atau memperolehnya langsung dari setiap tugas kerja yang diberikan.

Oleh sebab itu, sudah banyak orang yang mulai mengasah atau mengembankan keahlian teknis yang sudah dimilikinya, sehingga semakin banyak juga individu-individu yang semakin mahir menerapkan keahlian teknis dalam tempat bekerja. Semakin banyak individu yang berkompeten, maka persaingan untuk masuk ke dunia kerja atau menjadi karyawan di salah satu perusahaan akan berubah menjadi lebih kompetitif. Setiap pelamar kerja pasti sudah berusaha dengan giat agar bisa masuk perusahaan tersebut.

Supaya kamu bisa “menjual” keahlian yang kamu miliki, maka sangat diperlukan untuk menemukan ciri khas yang ada di dalam diri. Ciri khas yang ada di dalam diri merupakan pembeda dari individu atau kandidat lainnya. Selain itu, dengan ciri khas ini kita bisa dianggap memiliki keunggulan dari individu lainnya.

Technical skill atau keahlian teknis ini merupakan salah hal yang cukup penting yang harus dimiliki oleh setiap karyawan karena dengan keahlian ini akan menjadi lebih produktif dan pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik dan maksimal. Untuk menunjang keproduktifan saat bekerja, biasanya seseorang akan memakai tools atau teknologi tertentu. Semakin banyak tools yang kita ketahui dan semakin mahir dalam menggunakan alat teknologi, maka seseorang bisa menjadi lebih produktif.

Contoh Technical Skill

Digital Marketing

Kemampuan dalam menjual barang terhadap konsumen ini sangat memengaruhi pendapatan suatu perusahaan karena semakin banyak barang yang terjual, maka perusahaan bisa mendapatkan keuntungan yang semakin banyak. Hal seperti ini biasanya akan dilakukan oleh seseorang yang ahli dalam digital marketing. Adapun beberapa contoh keahlian teknis yang ada di dalam digital marketing, yaitu:

1. Google Analytic 

2. Content Management System (CMS)

3. Content Creation

4. Search Engine Optimization (SEO)

5. Social media Platforms (Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, dan sebagainya)

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

6. Copywriting

7. Marketing Analytic Tools

Project Management

Bagi seorang yang bekerja sebagai project management, harus mempunyai kemampuan yang dapat menunjang kinerjanya. Oleh karena itu, seorang project management harus memiliki beberapa pemahaman terhadap technical skill atau keahlian teknis. Dengan memahaminya, kamu akan mudah untuk menerapkan keahlian teknis tersebut. Berikut ini beberapa technical skill project management.

1. Task management

2. Project planning

3. Risk management

4. Task management

Programmer

Perkembangan zaman yang semakin maju, hingga memunculkan era digital, maka semakin banyak aplikasi atau website perusahaan. Misalnya, adanya e-commerce yang semakin banyak, adanya website toko buku online, membeli tiket bioskop melalui aplikasi, dan sebagainya. Oleh sebab itu, untuk membuat aplikasi tersebut dibutuhkan seorang programmer yang memiliki keahlian teknis. Beberapa keahlian teknis yang diperlukan oleh seorang programmer.

1. Bahasa pemrograman Python

2. Bahasa pemrograman JavaScript

3. Bahasa pemrograman PHP

4. Bahasa pemrograman JAVA

5. Bahasa pemrograman C++

6. Ruby

7. Swift

8. Perl

9. SQL

Network and Security

Era digital yang semakin berkembang dan hampir semua hal dapat dilakukan melalui aplikasi, maka keamanan dan kerahasiaan dari identitas setiap pengguna aplikasi untuk terjamin. Pekerjaan yang berkaitan dengan keamanan data pengguna ini sering dikenal dengan istilah network and security. Contoh technical skill  yang dibutuhkan pekerjaan ini, yaitu.

1. Risk assessment

2. Kriptografi

3. Algoritma enkripsi

4. Sistem otentikasi

5. Firewall virtual berbasis host

Desain

Perkembangan desain ini sudah semakin cepat, sehingga kita akan menemukan berbagai macam desain yang bagus dengan mudah karena sudah ada banyak media sosial. Apabila kamu ingin menjadi seorang graphic designer, maka sudah semestinya untuk memiliki kemampuan dalam menggunakan aplikasi untuk membuat desain.

1. Adobe experience atau UX design

2. User interface atau UI design

3. Digital product design software (zeppelin, dan invention)

4. Mampu membuat desain yang diminati para pengusaha atau pembeli

5. Adobe creative suite, seperti photoshop

Web Developer dan Android Developer

Aplikasi dan website yang semakin berkembang membuat peluang kerja sebagai pengembang website dan aplikasi semakin banyak. Profesi ini biasanya lebih dikenal dengan istilah web developer dan android developer. Keahlian teknis yang dibutuhkan, di antaranya:

1. Android development

2. Front End Web Developer

3. Software revision control systems

4. Angulars & node apps

5. Web architecture & development framework

6. Web Design

7. Back End Web Developer

Data Analyst

Sudah bukan menjadi hal asing lagi, jika sebuah data di zaman era digital ini sangat penting karena dengan data yang baik bisa membuat keputusan yang bisa menguntungkan suatu perusahaan. Oleh sebab itu, saat ini, sudah banyak profesi yang mengurusi berbagai macam pengolahan data dan biasanya profesi tersebut mengharuskan seseorang untuk memiliki beberapa keahlian teknis, yaitu

1. Memahami Statistik

2. Mampu menganalisis dengan baik

3. Memahami bahasa pemrograman

4. Mampu mempresentasikan suatu data

5. Dapat menggunakan aplikasi Adobe Campaign

Cara Mengembangkan Technical Skill

Pastinya setiap orang mempunyai keinginan untuk mengembangkan technical skill yang sudah dimilikinya agar mampu bersaing dengan individu-individu lainnya. Kamu bisa simak beberapa cara di bawah ini yang bisa dilakukan untuk mengembangkan technical skill atau keahlian teknis.

1. Mengikuti Pelatihan

Pelatihan menjadi sangat penting sekali karena pengetahuan terhadap keahlian teknis yang kita miliki menjadi meningkat apalagi ketika mengikuti pelatihan, kita akan diajarkan atau dilatih oleh seseorang mentor yang benar-benar sudah ahli dibidangnya. Dengan pelatihan ini, seseorang akan mengetahui mana hal yang perlu dikembangkan dan mana hal yang perlu dipertahankan, sehingga bisa menerapkan keahlian teknis dengan maksimal.

Pada dasarnya, pelatihan ini bisa terkadang diadakan oleh perusahaan tempat kamu bekerja atau bisa juga kamu mengikuti pelatihan secara mandiri. Dari manapun kamu mengikuti pelatihan, kedua-duanya sama bagus, selama kita merasakan manfaat setelah mengikuti pelatihan. Selain itu, pelatihan technical skill biasanya dilakukan dengan dua cara, ada yang dilakukan secara online dan ada juga yang dilakukan secara offline.

2. Belajar Sendiri atau Otodidak

Memang tak bisa dipungkiri bahwa biaya pelatihan untuk mengembangkan technical skill atau keahlian teknis cukup mahal terutama bagi individu yang belum memiliki pendapatan lebih. Terlebih lagi, jika sebuah perusahaan tidak mengadakan pelatihan yang bermanfaat untuk untuk pengembangan para karyawannya. Meskipun, belum bisa mengikuti pelatihan yang berbayar, tetapi kamu bisa melatih diri kamu sendiri, sehingga keahlian teknis yang kamu miliki tetap bisa berkembang.

Belajar sendiri atau otodidak, sebenarnya bisa dilakukan kapan saja apalagi saat ini sudah banyak sekali video atau artikel yang bisa membantu kamu mengembangkan keahlian teknis. Pada umumnya, untuk belajar sendiri atau otodidak dilakukan melalui youtube yang di mana di dalam aplikasi tersebut memiliki berbagai macam tutorial tentang beberapa keterampilan yang akan bermanfaat di kemudian hari.

3. Belajar Dari Teman Kerja

Ketika masuk dunia kerja, pastinya kita akan memiliki beberapa teman yang di mana memiliki kemampuan yang sangat baik, bahkan bisa dibilang kemampuannya di atas rata-rata. Hal ini sebenarnya wajar saja terjadi dan kamu tidak boleh merasa minder. Alangkah baiknya, dari teman itulah motivasi yang kita miliki untuk mengembangkan technical skill menjadi meningkat, sehingga kamu tidak tertinggal dengan individu-individu lainnya.

Oleh sebab itu, kamu jangan pernah malu untuk bertanya kepada teman yang memiliki keahlian teknis lebih. Bahkan, lebih baik lagi apabila kamu belajar dari teman tersebut supaya tidak tertinggal perkembangan zaman. Akan tetapi, jika kamu ingin belajar dari seorang teman, sebaiknya ditanyakan terlebih dahulu, apakah selama pembelajaran atau pelatihan dikenakan biaya atau tidak. Hal ini perlu dilakukan agar pemberi materi sekaligus guru dan murid merasa sama-sama diuntungkan.

4. Belajar Langsung di Pekerjaan

Belajar langsung di pekerjaan merupakan salah satu cara untuk mengembangkan technical skill yang sudah kamu miliki. Dalam hal ini, sebenarnya bisa dilakukan selama kita mengerjakan dan menyelesaikan suatu pekerjaan sekaligus mengembangkan keahlian teknis yang kita miliki atau bisa juga dengan mengikuti kursus yang sudah dilakukan oleh perusahaan. Dengan adanya program pelatihan, maka seseorang bisa memaksimalkan setiap keahlian teknis yang dimilikinya.

Apabila kamu hanya bisa mengembangkan technical skill dengan cara bekerja langsung,  sebaiknya jangan meninggalkan setiap tugas-tugas atau kewajiban kamu sebagai karyawan perusahaan. Jika, kamu terlalu fokus untuk mengembangkan keahlian teknis yang kamu miliki di perusahaan, maka kemungkinan besar kinerja kamu akan dianggap buruk, sehingga akan berdampak buruk bagi perjalanan karir. Jadi, kamu harus pandai untuk membagi waktu, kapan harus mengerjakan tugas dan kapan harus belajar.

5. Melatih Diri Untuk Membaca Buku 

Pasti sudah banyak orang yang tahu jika dengan membaca buku wawasan kita terhadap berbagai macam hal akan semakin luas, sehingga sudut pandang kita untuk melihat suatu hal juga semakin luas. Ternyata, dengan melatih diri untuk membaca buku dapat digunakan untuk mengembangkan technical skill yang kita miliki. Oleh sebab itu, jangan malas untuk membaca buku.

Alangkah baiknya, kamu membuat suatu jadwal untuk membaca buku agar tidak mengganggu pekerjaan yang kamu miliki, sehingga kinerja kamu di perusahaan masih dinilai dengan baik. Jadwal ideal untuk membaca buku pada setiap orang berbeda-beda, sehingga tak bisa disamaratakan. Namun, biasanya supaya tidak mengganggu pekerjaan, jadwal membaca akan dibuat selama satu minggu sekali.

Kesimpulan

Keahlian teknis atau technical skill sangat dibutuhkan dalam dunia kerja karena bisa memengaruhi kinerja seseorang. Selain itu, dengan keahlian ini, maka suatu pekerjaan dapat diselesaikan dengan maksimal, sehingga kamu dianggap menjadi seorang karyawan yang produktif. Maka dari itu, ketika sudah masuk ke dalam dunia kerja, sebaiknya jangan pernah bosan untuk mengembangkan technical skill yang sudah kamu miliki, baik itu dengan pelatihan secara mandiri atau pelatihan yang diberikan oleh perusahaan.

Sumber: Dari berbagai macam sumber

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Restu