in

Rekomendasi Novel Pernikahan Populer

Siapa yang tak kenal dengan karya sastra novel, hampir semua orang tahu tentang karya sastra yang satu ini. Ada banyak sekali genre novel yang ada di dunia ini, salah satunya adalah percintaan. Novel dengan genre percintaan pun masih bisa dikategorikan lagi menjadi beberapa bagian, seperti percintaan pernikahaan.

Meskipun novel pernikahan, tetapi pembaca yang belum ingin menikah bisa membaca novel bergenre ini. Dengan membaca novel pernikahan akan membuka sedikit wawasan tentang pernikahan, mulai dari perjalanan sebelum menikah, perjalanan saat menikah, hingga perjalanan setelah menikah. Setiap perjalanan itu akan menghadirkan berbagai macam konflik yang dapat menyentuh perasaan pembaca.

Perjalanan sebelum menikah biasanya dimulai dari pertemuan-pertemuan kecil antar tokoh. Dari pertemuan kecil ini, mereka akan dipertemukan lagi pada pertemuan-pertemuan lainnya. setelah beberapa kali mengalami pertemuan, muncullah benih-benih cinta. Mereka yang sering bertemu mulai menjadi sepasang kekasih.

Perjalanan saat menikah bisa dibilang perjalanan di mana sudah mendekati hari pernikahan. Hari pernikahan yang semakin dekat akan memunculkan suatu konflik, seperti hadirnya seseorang dari masa lalu dari salah satu tokoh.

Perjalanan setelah menikah pada umumnya menceritakan tentang lahirnya sang buah hati, kebahagiaan menjalani aktivitas bersama, hingga penyakit yang diderita oleh salah satu tokoh. Perjalanan setelah menikah bisa berakhir menjadi bahagia atau berakhir tidak bahagia.

Bingung mencari novel pernikahan? Artikel ini akan merekomendasikan novel-novel pernikahan populer yang cocok dibaca ketika menghabiskan waktu luang.

Rekomendasi Novel Pernikahan November 2021

On The Way To The Wedding

Novel ini ditulis oleh penulis yang bernama Julia Quinn, novel ini menceritakan seorang pria yang sedang mencari pasangan hidupnya. Di sisi lain ada dua orang wanita yang satu sudah dijodohkan dan yang satu lagi sudah mempunyai pacar, tetapi ayahnya tidak akan merestui hubungan tersebut. Kedua wanita sudah berteman bersama sejak masuk ke Akademi Miss Moss Untuk Wanita Luar Biasa.

Ketiga tokoh tadi, awal mulanya bertemu di sebuah pesta yang diadakan di halaman rumah dari. kakak pertama laki-laki dari keluarga Bridgerton. Suatu ketika sang kakak mengajak Gregory untuk hadir ke acara pesta kakak ipar. Gregory datang terlambat pada pesta itu, sehingga ketika datang langsung merasa lapar. Ia sempat bingung mencari makanan, tetapi ketika sedang melihat makanan, ia tiba-tiba melihat gadis cantik dengan helai rambut pirang ikal jatuh di pundak.

Gregory langsung jatuh cinta pada pandangan pertama pada gadis itu. Dengan memberanikan diri, Gregory menghampiri gadis pandangan pertama itu, gadis itu bernama Hermione Watson. Setelah bertemu, Gregory mengajaknya untuk berdansa, tetapi Hermione menolaknya dan lebih menyarankan temannya untuk menemani Gregory. Gregory masih bingung kenapa wanita yang dicintainya menolak untuk berdansa

Teman dari Hermione bernama Lucinda Abernathy, lewat temannya ia menanyakan banyak tentang Hermione. Dengan berdansa dengan temannya, Gregory berharap dapat mendekati Hermione. Gregory bergumam dalam hati, “makhluk misterius, kaum wanita itu. Kalau saja mereka dapat belajar untuk menyampaikan apa yang sebenarnya mereka maksudkan, dunia akan menjadi tempat yang jauh lebih sederhana.”

Gregory terkejut ketika Lucinda menceritakan bahwa Hermione sudah memiliki kekasih. Gregory seperti tidak menerima kalau gadis yang dicintainya itu sudah memiliki kekasih. Ketika mereka sedang asik bercerita, tiba-tiba datang kakak ipar Gregory bernama Kate. Mereka bertiga pun berbincang-bincang dan Kate menunjukkan gestur tertarik untuk menjodohkan adik iparnya itu.

Lantas, apakah Gregory akan menjalin hubungan dengan gadis pandangan pertamanya, Hermione saat di pesta atau menjadi kekasih dari Lucinda yang disukai oleh kakak iparnya? Cari tahu kisah cinta Gregory dalam novel On The Way To The Wedding Menuju Pernikahan.

Novel ini mengambil latar negara Inggris dan perilaku-perilaku budaya Inggris terutama para bangsawan, sehingga pembaca yang membaca novel ini akan mengetahui perilaku-perilaku tersebut.

Namun, perilaku-perilaku budaya Inggris yang ada di dalam novel ini membuat pembaca membutuhkan waktu lebih untuk memahami novel ini.

Before Happily Ever After

Sohia Hanna adalah seorang penulis yang biasa menulis karyanya di aplikasi wattpad, sebuah aplikasi yang di mana seseorang dapat mengirimkan sebuah karya tulis, seperti cerpen, novel, artikel, puisi, dan sejenisnya.

Salah satu cerita dari wattpad yang diangkat menjadi novel dengan judul Before Happily Ever After. Novel ini mengisahkan tentang seorang laki-laki yang belum bisa move on dari kekasihnya yang sudah meninggal dunia. Laki-laki yang bernama Yoga itu setiap satu bulan sekali datang ke makam mantan kekasihnya, Icha. Teman-teman Yoga sudah melakukan berbagai macam cara supaya Yoga dapat move on dari Icha.

Di sisi lain ada seorang wanita yang sedang menjalani koas di salah satu rumah sakit. Wanita yang sedang menjalani koas itu bernama Bintang. Sebelum berangkat koas, Bintang harus menjaga dan memakaikan seragam sekolah adik kembarnya.

Pada hari pertama koas, Bintang sudah terkena sial, ia harus jalan terburu-buru agar tidak terlambat dan sampai di rumah sakit harus membeli roti yang harganya sudah naik, sehingga ketika pulang ke rumah harus meminjam uang dari temannya, Ella.

“Sudah jatuh tertimpa tangga” itulah yang Bintang rasakan di hari pertama koas, ia harus berlari mengejar anak kecil yang mengambil uangnya, sehingga menabrak suster dan menumpahkan kopi ke baju seorang dokter.  Bintang langsung meminta maaf karena takut hari pertama koasnya gagal.

Suatu ketika, gadis yang bernama Bintang diberi kabar jika adiknya tiba-tiba jatuh sakit, sehingga harus meninggalkan rumah sakit sebelum waktunya pulang kerja dan tidak pamit kepada Dokter UGD, Dokter Bara. Karena menjaga adiknya yang sedang sakit, keesokan harinya Bintang datang terlambat. Setelah sampai rumah sakit, ia disuruh untuk menemui Dokter Bara dan ia pun menemuinya.

Dokter Bara marah besar dan menyuruh Bintang untuk pulang saja ke rumah dan jangan koas lagi. Bintang pun memohon maaf dan memohon agar masih diizinkan koas di ruangan UGD yang dipimpin oleh Dokter Bara. Jika, Bintang masih ingin koas di ruang UGD tersebut, ia harus menerima satu syarat dari Dokter Bara. Syarat itu berupa harus menyembuhkan temannya dari masa lalunya dengan cara menjadi pacar dari Dokter Yoga.

Apakah Dokter Yoga menerima Bintang untuk jadi pacarnya atau Bintang harus keluar dari rumah sakit dan gagal koas? Temukan jawabannya lewat novel Before Happily Ever After.

Dibalik cerita yang bikin penasaran, novel ini memiliki banyak sekali tokoh, seperti Bintang, Dokter Yoga, Dokter Bara, Jeremy, Dila, Jupiter, Alexa, Ella, dan masih banyak lagi. Pembaca akan kesulitan untuk memahami karakter dari setiap tokoh yang ada.

Bahasa yang digunakan oleh penulis dalam membangun cerita novel sangat ringan dan sederhana, sehingga pembaca akan mudah untuk mengikuti jalan ceritanya dan mudah untuk memahami novel ini.

Dunia Nadhira

Novel yang berjdul Dunia Nadhira merupakan novel ke-12 yang ditulis oleh Alnira (nama pena) sekaligus novel pertamanya yang diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama. Alnira sangat suka menulis jenis novel romantis dan chicklit.

Novel Dunia Nadhira ini berisi tentang perjalanan seorang wanita yang bernama Nadhira Azmi. Ia merupakan seseorang yang bekerja di Bank Utama pada bagian customer service. Sebelum pindah pekerjaan dan menjadi customer service, Nadhira sudah bekerja di perusahaan Real Life. Di pekerjaan itulah, Nadhira bertemu dengan Willy yang saat ini sudah menjadi mantan kekasihnya.

Dari awal pertemuan ketika interview kerja, Willy sudah jatuh cinta kepada Nadhira. Willy mulai memberanikan diri untuk mendekati Nadhira secara perlahan dan berhasil, mereka berdua pun resmi berpacaran. Namun, semesta berkata lain, mereka yang mengalami perbedaan agama, cintanya harus kandas. Nadhira tidak ingin Willy pindah keyakinan karena dirinya, begitu pun sebaliknya.

Nadhira yang ingin memiliki kekasih seiman harus meninggalkan Willy yang sudah ia cintainya cukup lama. Willy terus berusaha agar mendapatkan cinta dari seorang Nadhira, gadis yang sudah lama ia cintai. Namum, segala upaya yang dilakukan Willy tetap tidak bisa membuat Nadhira kembali kepelukannya.

Pada suatu waktu, ada seorang laki-laki yang ingin menjadi Nasabah dari Bank Utama, Nadhira pun sanggup membantunya. Laki-laki itu bernama Arsakha Abimanyu, seorang jaksa agung di Kejari. Setelah beberapa kali bertemu Sakha, Nadhira mulai merasakan benih-benih cinta didalamya. Mereka akhirnya melakukan jalan bersama-sama, hingga pada akhirnya mereka berdua saling jatuh cinta.

Nadhira sangat senang bisa jatuh cinta lagi dengan laki-laki yang berbeda dan seiman. Bukan hanya Nadhira, tetapi teman-temannya juga merasa bahagia karena Nadhira memiliki kekasih baru.

Nadhira yang sudah memiliki pacar baru bernama Arsakha Abimanyu, apakah akan kembali kepada mantannya bernama Willy? Temukan kisah cinta Nadhira di dalam novel Dunia Nadhira yang bisa kamu dapatkan di  Gramedia.com.

Novel ini sangat menonjolkan profesi dari Nadhira sebagai seorang customer service, sehingga tokoh-tokoh lainnya karakteristik tidak begitu terlihat. Meskipun alur cerita dapat dibangun, tetapi rasanya ada yang kurang jika hanya menonjolkan satu karakter saja.

Pembaca akan mudah memahami isi dari novel ini karena novel yang ditulis oleh Alnira berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Selain itu, penggunaan bahasa dari novel ini hampir sama dengan bahasa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Le Marriage: After Wedding

tombol beli buku

Pradnya Paramitha merupakan penulis novel yang sudah menerbitkan beberapa novelnya. Selain menulis novel, biasanya ia akan menulis karya-karya tulis lainnya di wattpad. Novel keempat yang diterbitkan adalah novel dengan judul Le Marriage: After Wedding.

Novel Le Marriage: After Wedding berbeda dari novel pernikahan pada umumnya, novel ini langsung memulai kisahnya melalui pernikahan yang sedang berlangsung. Pernikahan yang dilakukan oleh Reya dan Rad. Pernikahan mereka dilangsungkan di sebuah hotel yang cukup mewah.

Reya yang melakukan pernikahan ini sangat bahagia karena sudah berhasil move on dari mantan kekasihnya yang sudah selingkuh dan dapat hidup bahagia dengan Rad. Terlebih lagi budhe-budhe  Reya tak pernah lagi menyanyikan lagu kapan nikah.

Setelah resepsi pernikahan sudah selesai, Reya ingin segera beristirahat setelah lelah menjalani prosesi pernikahan. Ketika sedang beristirahat, Reya melihat hp-nya bahwa ada banyak sekali telepon masuk dari Hario atau mantan kekasih yang sudah menyelingkuhi Reya.

Hario yang menelpon Reya karena ingin mengetahui kabar dari Reya sekaligus ingin menanyakan berita tentang pernikahannya dengan Rad. Hario yang tidak terima bahwa mantan kekasihnya meninggalkan dirinya untuk menikah dengan orang lain.

Hario ingin menjelaskan semua tentang masa lalunya, awalnya Reya menolak, tetapi perlahan Reya mau mendengarkannya. Hario menjelaskan bahwa pada saat itu ia mencium seorang wanita karena suatu pekerjaan yang harus dilakukan yaitu pura-pura menjadi pacar orang lain. Hal ini dilakukan Hario untuk mencari uang tambahan demi membiayai pengobatan stroke bapak.

Reya pun terkejut mendengarkan penjelasan itu dan hanya bisa menahan sesak di dadanya seraya ingin mengeluarkan air mata. Hario tidak ingin Reya mendengarkan kabar bapak sedang sakit. Reya bertanya, “mengapa tidak memberitahuku?” Hal ini dilakukan oleh Hario karena ia tidak ingin Reya menggadaikan SK pegawai negeri hanya untuk membiayai bapak.

Hario semakin bingung ketika bapak menanyakan tentang kabar tentang Reya. Padahal ia belum tahu kalau sebenarnya Reya sudah menikah dengan orang lain. Kepala Reya semakin pusing setelah mendengar semua kebenaran dari masa lalunya.

Apakah Reya dan Hario akan bisa hidup bersama atau Reya akan hidup selamanya bersama Rad? Cari tahu jawaban kisah cinta mereka di novel Le Marriage: After Wedding yang bisa dibeli di Gramedia.com

Le Marriage: A Wedding Come True

tombol beli buku

Ika Vihara  merupakan lulusan dari Institut Teknologi Sepuluh November. Mekipun lulusan dari Institut Teknologi Surabaya, tetapi Ika Vihara dapat menulis atau menciptakan sebuah novel yang sangat menarik untuk dibaca.

Novel ini menceritakan seorang perempuan yang jatuh hati kepada teman masa kecilnya. Perempuan itu bernama Alesha Maira Hakkinen. Ia adalah seseorang yang tidak berani mengungkapkan perasaan atau isi hatinya kepada laki-laki yang dicintainya, walaupun di dalam dirinya sangat berharap agar laki-laki itu memiliki perasaan yang sama. Laki-laki  yang dicintai oleh Alesha bernama Elmar Ingvar Karlsson

Elmar selalu menyimpan perasaannya yang ditulis dan kemudian dimasukkan ke dalam buku Harry Potter. Ketika menyimpan semua perasaan itu, Ika selalu berharap bahwa kelak suatu saat nanti bisa hidup bersama dengan Elmar, hingga melahirkan beberapa buah hati.

Usut punya usut ternyata buku Harry Potter itu adalah buku pemberian dari Elmar, sehingga Alesha sangat mencintai buku itu. Suatu ketika Alesha berkhayal dapat menikah dengan Elmar di kemudian hari, kemudian membuat kerangka undangan yang bertuliskan Elmar Ingvar Karlsson dan Alesha Maira Hakkinen.

Elmar datang ke rumah Alesha, setelah diberitahu oleh ibunya bahwa putrinya sedang tidur, maka Elmar rela menunggu-nunggu berlama-lama. Setelah menunggu lama dan tak kunjung ada kabar bahwa Alesha akan bangun dari tidurnya, Elmar memutuskan pulang dengan membawa buku  Harry Potter yang diletakkan di dekat dapur.

Alesha segera mencari keberadaan dari buku itu, tetapi ia tidak menemukan sama sekali jejak dari buku yang tersimpan perasaanya. Kemudian, bertanya kepada ibunya yang sedang memasak dan ibunya menjawab “tidak tahu”. Tak berapa lama ibunya mengatakan bahwa buku yang kamu maksud sudah dibawa oleh Elmar ke rumahnya.

Alesha langsung menuju ke rumah Elmar menggunakan sepeda yang digowes dengan kecepatan tinggi. Sesampainya di rumah Elmar, Alesha langsung menuju kamar Elmar. Elmar yang melihat kedatangan Alesha, langsung mendekatinya dan berbisik di telinga Alesha, “lihat aku dalam hatimu”.

Apakah kisah cinta Elmar dan Alesha bisa sampai ke jenjang pernikahan dan mereka bisa hidup bersama? Cari tahu jawabannya kisah cinta mereka di dalam novel A Wedding Come True yang bisa didapatkan melalui gramedia.com

Novel ini sangat mudah dipahami oleh pembaca khususnya bagi seseorang yang memiliki gangguan kesehatan mental. Penulis memberikan pengetahuan tentang gangguan kesehatan mental melalui tokoh Alesha.

Jarak alur cerita yang satu dengan alur cerita lainnya terlalu jauh, sehingga pembaca akan sulit untuk memahami maksud dari novel ini.

Penulis: Restu Nasik Kamaluddin

Written by Restu