in

Rekomendasi Novel Remaja Best Seller Terbaik

Rekomendasi Novel Remaja Terbaik dan Best Seller – Novel adalah salah satu jenis karya sastra berbentuk prosa yang mana di dalamnya memuat cerita berdasarkan pada imajinasi dari si penulis. Novel menjadi salah satu jenis bacaan yang banyak diminati dari berbagai kalangan, salah satunya remaja.

Adapun novel-novel yang ditulis remaja lazimnya penulis akan menyuguhkan tokoh atau karakter yang berhubungan dengan masa remaja, hingga cerita atau kisah kehidupan yang relevan dialami oleh para remaja. Dengan begitu, pembaca akan lebih mudah untuk masuk ke dalam cerita tersebut.

Selain itu, novel remaja sengaja ditulis dengan kalimat ringan, sederhana, mudah dipahami, menarik, dan ada pula beberapa moral value yang sengaja diselipkan oleh para penulis.

Terdapat beberapa jenis dalam novel remaja, di antaranya novel yang menceritakan kisah dan kasih di masa sekolah, novel horor bertajuk misteri dan teka-teki, novel tentang keluarga, dan masih banyak lainnya.

Di bawah ini akan ada beberapa rekomendasi novel remaja yang wajib kalian miliki dan baca. Berikut uraiannya.

5 Rekomendasi Novel Remaja 

1. KATA – Rintik Sedu

KATA
KATA

tombol beli buku

KATA adalah novel fiksi dengan genre romansa yang ditulis oleh penulis muda bernama Nadhifa Allya Tsana atau akrab disapa Tsana. Tsana dikenal pula dengan nama penanya, yaitu Rintik Sedu. Bagi pengikut setianya, tentu telah mengetahui bahwa Tsana juga memiliki sebutan lain, yakni Paus.

Perempuan kelahiran 1998 ini, telah berhasil menerbitkan novel KATA pada Oktober 2018 lalu. Novel ini menjadi salah satu karyanya yang sering kali menduduki recommended book di berbagai gerai toko buku di seluruh Indonesia. Bahkan, kabarnya novel ini akan dialihwahanakan ke dalam bentuk layar lebar.

Adapun novel KATA ini menceritakan seorang perempuan bernama Binta Dineshcara yang merupakan mahasiswa komunikasi dengan parasnya nan cantik. Binta adalah orang yang sangat tertutup dan terkesan cuek sehingga membuat dirinya tidak mempunyai banyak teman. Binta lebih senang bermain dengan dunianya yang menurut dirinya kelam juga hitam. Binta hidup bersama mamanya yang mengidap penyakit Skizofrenia.

Sementara ayah Binta tidak diketahui keberadaannya. Sejak kepergian sang ayah, hidup Binta berubah menjadi begitu kelam, terlebih lagi permasalahan di masa lalunya yang hingga menggantung entah sampai berapa lama. Akan tetapi, terlepas dari itu semua, Binta merasa sangat beruntung sebab dirinya masih memiliki satu teman yang sangat baik.

Tak hanya di rumah, kehidupan Binta di kampus pun tidak begitu mengasyikkan. Oleh karena itu, dirinya lebih memilih menghabiskan waktu dengan kesendiriannya itu. Hingga pada suatu ketika, ada seorang laki-laki bernama Nugraha yang mencoba mengusik kehidupannya, termasuk perasaannya.

Nugraha yang biasa disapa Nug ini, digambarkan sebagai sosok laki-laki dengan beribu-ribut kotak kesabaran dalam menghadapi Binta yang begitu tidak acuh. Selama proses pendekatan, hanya ada kata “penolakan” dari sikap Binta kepada Nug. Akan tetapi, Nug tidaklah menyerah sehingga masih bertahan dan terus memperjuangkan Binta. Bahkan, Binta hampir saja luluh dengan keteguhan Nug.

Berbeda dengan Binta yang malah hampir dan ingin menyerah dengan masa lalunya yang kian hari kian membelenggu. Sosok Nugraha akan selalu berada di samping Binta dan tak akan pernah pergi meninggalkannya.

Hingga akhirnya, di pertengahan cerita, hadirlah sosok yang jarang diungkapkan, yaitu Biru. Biru adalah masa lalu Binta yang menjadi satu-satunya alasan Binta tetap menjalani hidupnya sampai saat ini juga.

banner-promo-gramedia

Binta dan Biru telah bertahun-tahun berpisah sampai pada akhirnya waktu membawa mereka kembali di suatu tempat, yaitu Banda Neira. Kisah dua sejoli ini tidak ada kepastian alias masih menggantung. Kemudian, Binta dihadapkan pada kenyataan yang membuat hidupnya semakin kelam dan pahit.

Sedangkan di Jakarta, makhluk unik bernama Nugraha masih tak mengenal kata menyerah dan kerap hadir untuk Binta. Kehadiran Nugraha dapat menjadi penawar sakit yang dirasakan oleh Binta. Lalu, apakah kisah keduanya akan berakhir disini?

Ketiganya membutuhkan beberapa ‘kata’ untuk mengungkapkan perasaannya masing-masing. Binta yang marah pada Nugraha dibarengi dengan masa lalunya yang pada akhirnyaa dirinya dikejutkan dengan kedatangan Biru secara tiba-tiba dan mengajak Binta untuk hidup bersamanya serta meninggalkan Jakarta menuju Banda Neira.

Berita tersebut sampai di pendengaran Nugraha. Nugraha berusaha mencegahnya, tetapi keputusan Binta sudah tidak bisa dibantahkan. Hal itu sebab tujuan hidup Binta adalah tinggal bersama Biru.

Kemudian, Nugraha mendapat beasiswa ke Australia. Nugraha bisa saja membatalkan keberangkatannya, asalkan Binta yang memintanya.

Bagaimana sikap Binta saat itu? Siapakah yang akan Binta pilih? Bagaimanakah akhir kisah dari ketiganya? Akankah Biru berhasil membawa Binta ke Banda Neira, lalu bagaimana dengan kepergian Nugraha ke Australia? Untuk mengetahui kelanjutan cerita dari Binta, Nug, dan Biru, kalian bisa baca dan beli novel KATA sekarang juga.

2. Sunshine Becomes You – Ilana Tan

Sunshine Becomes You
Sunshine Becomes You

tombol beli buku

Novel dengan genre drama romance ini ditulis oleh Ilana Tan, seorang novelis Indonesia yang sudah dikenal lama karena menulis novel tetralogi empat musim, yakni Summer in Seoul, Autumn in Paris, Winter in Tokyo, dan Spring in London

Selain menulis keempat novel tetralogi yang telah disebutkan di atas, Illana Tan juga menulis novel berjudul Sunshine Becomes You yang diterbitkan oleh penerbit Gramedia Pustaka Utama pada tahun 2012 lalu.

Novel ini mengisahkan seorang laki-laki bernama Alex Hirano dan perempuan bernama Mia Clark yang mana keduanya dipertemukan melalui sebuah tragedi. Hal itu berawal saat tragedi Mia terjatuh dari tangga dan menimpa tubuh Alex, hingga mengakibatkan tangan Alex harus terkilir. Padahal, Alex harus melakukan konser yang akan diselenggarakannya dalam waktu dekat. Namun, karena kejadian tersebut, konsernya terpaksa dibatalkan

Mia pun merasa bersalah dan bertanggung jawab atas ‘ketidaksengajaan’ yang diperbuatnya, serta menjalani konsekuensi tersebut, yaitu dengan bekerja di apartemen Alex. Akan tetapi, Alex malah memperlakukan Mia bak pengurus rumahnya alias pembantu rumahnya. Tidak itu saja, pekerjaan itu dirasa sulit bagi Mia sebab sikap Alex yang dingin dan seolah acuh tak acuh pada dirinya, mengharuskan Mia menghadapi sikap Alex yang menyebalkan itu setiap hari dan melakukan apapun yang dapat ia lakukan demi membantu Alex untuk pulih.

Di samping cerita, ada pula sosok Ray Hirano, yakni adik dari Alex Hirano yang telah mengenal Mia terlebih dahulu, bahkan secara diam-diam menaruh hati pada perempuan itu.

Seiring berjalannya waktu, rasa benci Alex akan Mia perlahan pupus dengan secangkir kopi yang setiap hari dibuat oleh Mia. Kemudian, perasaan Alex perlahan berubah menjadi perasaan yang tak pernah terduga sebelumnya, begitu pula perasaan Mia akan Alex.

Mia sendiri adalah seorang penari kontemporer yang masuk ke dalam lima besar penari terbaik di dunia. Dia pernah kuliah di Juilliard dan menjadi member Dee Black Dance Company.

The Juilliard School, dinilai sebagai salah satu sekolah pertunjukan bergengsi di dunia, sementara Dee Black Dance Company ialah grup penari terkenal, bahkan terbesar di New York.

Akan tetapi, dirinya terpaksa keluar dari Dee Black Company dan menyimpan mimpi besarnya yang sudah ada di depan mata untuk menari di bawah lampu sorot panggung Broadway. Mia pun harus merasa senang sekadar menjadi guru tari di Small Steps Big Steps Dance Studio.

Hal itu terjadi karena ada satu dan lain hal yang tak bisa dirinya tolak apabila dirinya masih menginkan untuk melihat sinar mentari.

Apakah suatu hal tersebut? Lalu, akankan Mia memilih Ray Hirano atau malah Alex Hirano? Dan bagaimanakah kisah Mia selanjutnya? 

Penasaran bukan? Untuk kisah selanjutnya, kalian bisa langsung beli dan baca novel Sunshine Becomes You karya Ilana Tan di sini.

3. Milea: Suara dari Dilan – Pidi Baiq

Milea: Suara dari Dilan
Milea: Suara dari Dilan

tombol beli buku

Siapa yang tak kenal Dilan? Karakter dari novel karya Pidi Baiq itu telah membuat baper jutaan remaja Indonesia. Pidi Baiq menuliskan novel ini menjadi trilogi novel Dilan yang masing-masingnya berjudul: Dilan: Dia adalah Dilanku 1990, Dilan: Dia adalah Dilanku 1991, dan Milea: Suara dari Dilan. 

Sejak diterbitkan pun, novel trilogi tersebut tak pernah beranjak dari rak best seller. Bahkan, ketiganya telah diangkat ke dalam bentuk layar lebar.

Adapun novel Milea: Suara dari Dilan yang mengambil sudut pandang dari Dilan. Seperti kedua novel sebelumnya, masih berlatarkan Bandung di era 90-an. Dilan, seorang panglima tempur salah satu geng motor di Bandung yang telah menjalin hubungan dengan salah satu siswi baru dari Jakarta, yaitu Milea Adnan Hussain.

Dilan berjuang keras untuk mendapatkan hati Milea. Memang, awalnya Milea merasa ‘aneh’ dengan sikap Dilan, akan tetapi lambat laun Milea pun memiliki rasa yang sama.

Hingga akhirnya, keduanya menjalin hubungan. Namun, di balik kisah kasih hubungan mereka, teman-teman geng motor Dilan merasa bahwa Dilan telah berubah dan merasa jauh dengan geng motornya.

Lalu, di suatu hari, terjadilah peristiwa mengerikan, yaitu salah anggota dari geng motor bernama Akew meninggal dunia yang diakibatkan pengeroyokan oleh sekelompok orang (geng lain). Dengan kejadian ini, tentu membuat Milea khawatir dan takut akan keselamatan kekasihnya, yakni Dilan.

Sebagai ancaman, apabila Dilan masih berurusan dengan geng motor, Milea tak segan-segan untuk menyudahi hubungan mereka. Akan tetapi, Dilan telah mematahkan itu semua. Dilan masih tetap berurusan dengan geng motor. Akhirnya, Milea memutuskan untuk menyudahi hubungannya dengan Dilan. Di sisi lain, Milea juga sebenarnya masih berharap untuk Dilan menjauhi geng motornya itu.

Peristiwa kematian Akew, telah membawa Dilan dan teman-temannya ke pihak berwajib. Ayah Dilan yang merupakan seorang TNI dengan pangkat Letnan pun, membiarkan anaknya untuk ditindaklanjuti sesuai dengan hukum yang berlaku.

Perpisahan Dilan dan Milea yang tadinya hanyalah sebuah ancaman Milea, justru berlangsung lama hingga keduanya lulus dan kuliah. Di balik itu, sebenarnya, keduanya masih memiliki dan membawa perasaan yang sama ketika kembali bertemu di reuni SMA-nya. Sayangnya, masing-masing dari mereka telah memiliki pasangan.

Lalu, bagaimanakah kelanjutan kisah antara Dilan dan Milea? Akankah keduanya mencoba untuk kembali atau malah merelakan perasaannya masing-masing?

Untuk membaca kelanjutan kisah antara mereka berdua, kalian bisa beli dan baca bukunya di sini. Bila kalian juga belum memiliki dua novel sebelumnya, yakni Dilan: Dia adalah Dilanku 1990 dan Dilan: Dia adalah Dilanku 1991, miliki sekarang juga!

4. Dignitate – Hana Margaretha

Dignitate
Dignitate

tombol beli buku

Awalnya, Dignitate adalah sebuah cerita di Wattpad yang sudah dibaca lebih dari 10 juta kali. Tak sedikit dari pecinta cerita ini meminta agar dirilis ke dalam bentuk novel.

Hingga akhirnya, cerita ini berhasil dibukukan menjadi bentuk novel dan telah berhasil menduduki deretan best seller Indonesia. Selain itu, novel karya Hana Margaretha terbitan tahun 2017 ini, telah berhasil dialihwahanakan ke dalam bentuk layar lebar.



Cerita berawal dari sosok lelaki tampan dengan segala kemampuan yang dimilikinya, Genta Denalfia namanya. Ia biasa dipanggil Alfi, selain tampan, ia adalah siswa genius, jagoan, dan disegani banyak orang, serta dapat menaklukan hati para perempuan.

Akan tetapi, ia dikenal cowok galak dengan berbagai ucapannya yang mengandung sarkas. Ia juga sadis, terlebih pada orang-orang yang mengganggu ketenangannya. Uniknya, ia belum pernah pacaran sebelumnya.

Hal itu karena dirinya selalu belajar agar meraih nilai sempurna. Alfi memiliki seorang kakak bernama Regan dengan Sifat yang berbanding terbalik dengan Alfi. Tak disangka regan adalah mantan Alana.

Alana adalah seorang gadis berparas cantik dengan rambut panjang terurai. Alana adalah anak baru di kelas 12 IPS 2, kebetulan sekelas pula dengan Alfi juga Keenan. Keenan ialah sahabat Alfi sedari duduk di bangku Sekolah Dasar, ia mempunyai sifat yang ceria. Keenam sangat ingin mendekatkan Alfi dan Alana.

Padahal, sejak hari pertama masuk sekolah Alfi duduk dengan Alana, dan mereka tak hentinya melakukan adu mulut. Alfi menjawab segala kecerewetan Alana dengan ucapan yang logis, bahkan tak segan-segan membuat gadis itu sakit hati. Sebenarnya, Alfi juga sudah memberi peringatan pada Alana untuk tidak cerewet ataupun mengganggunya.

Seperti yang sudah diberitahu sebelumnya, bahwa Alana adalah mantan Regan (kakak Alfi), tetapi karena satu dan lain hal, membuat Alana sangat membenci Regan.

Begitu pula dengan Alfi, ia juga membenci kakaknya itu sebab Regan selalu menyusahkan keluarganya, termasuk ayahnya yang kini telah meninggal dunia. Malah tak segan, Regan pernah mengatakan bahwa ia membenci ibunya.

Berbeda dengan Regan, Alfi memanglah pintar dalam ranah akademis, tetapi tidak untuk menghargai perasaan orang lain. Dirinya adalah murid kesenangan dan kesayangan guru karena prestasinya.

Tak sedikit dari siswa yang iri akan kemampuan akademik yang dimiliki oleh Alfi, terlebih sahabatnya sendiri si Keenan selalu menegur Alfi sebab dirinya selalu belajar.

Alasan Alfi selalu belajar sebab dirinya sangat menginginkan untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri guna meringankan biaya di masa kuliahnya.

Keenan merasa kebingungan karena Alfi adalah seorang yang rajin belajar, membuat dirinya kesulitan untuk mendekatkan Alfi dan Alana. Di samping itu pula, Alfi dan Alana kerap bertengkar atau beradu mulut.

Namun, Keenan tak kenal lelah dan terus berusaha untuk mendekati  mereka berdua. Adapun alasan Keenan melakukan itu, yakni agar Alfi memiliki teman selain dirinya.

Keenan sudah berupaya untuk menghindar ketika Alfi dan Alana sedang berdekatan. Tak hanya itu, Keenan juga berupaya untuk membuat berbagai rencana supaya Alfi dan Alana dapat dekat dan tidak selalu bersilat lidah alias beradu mulut.

Bagaimana kisah selanjutnya? Akankah Keenan berhasil membuat Alfi dan Alana menjadi teman dekat? Ataukah keduanya malah memiliki perasaan yang berbeda? Lalu, bagaimanakah dengan Regan, yakni kakaknya Alfi yang notabenenya adalah mantan dari Alana? 

Beli dan baca novel Dignitate sekarang juga, agar kalian bisa mengetahui akhir dari kisah mereka!

5. Mariposa – Luluk HF

Mariposa
Mariposa

tombol beli buku

Novel yang ditulis oleh Luluk HF ini, telah mendapatkan gelar sebagai novel dengan pembaca terbanyak di Wattpad. Bagaimana tidak? Hal itu karena Mariposa telah dibaca lebih dari 100 juta kali di Wattpad. Bahkan, novel ini telah diangkat ke dalam bentuk layar lebar.

Adapun novel ini menceritakan perjuangan cinta gadis SMA berparas cantik bak bidadari bernama Natasha Kay Loovi atau biasa disapa Acha kepada lelaki berhati dingin dengan kemonotonan hidupnya, Iqbal namanya.

Singkat cerita, Acha tak akan pernah goyah dalam meruntuhkan dinginnya dan kerasnya hati Iqbal yang mana lelaki itu belum pernah disinggahi oleh gadis lain mana pun. Acha yang terbilang agresif dengan Iqbal yang super cuek, membuat keduanya mustahil untuk bersatu.

Meski Acha kerap kali tidak diacuhkan dan diberikan penolakan oleh Iqbal, akan tetapi itu tak akan menggoyahkan niat dan perjuangan Acha untuk terus mendapatkan hati seorang Iqbal. Mungkin terkesan berlebihan, tetapi memang begitulah Acha. Acha adalah anak yang tak kenal lelah dan akan terus berjuang apabila ia telah menginginkan suatu hal. Sebisa mungkin, dirinya harus menggapai apa yang ia inginkan tersebut.

Acha mengibaratkan Iqbal layaknya seekor kupu-kupu. Iya, terkejar, tetapi tak tergapai.

Bagi Acha, selagi Iqbal belum berubah menjadi seekor sapi terbang dan masih berwujud manusia, dirinya akan terus berjuang dan pantang menyerah.

Bagaimanakah akhir perjuangan Acha? Apakah Acha dapat meluluhkan dinginnya hati Iqbal? Akankah Acha terus mengejar Iqbal hingga lulus dari masa SMA-nya? Atau memilih untuk menyerah?

Untuk mengetahui kisah perjuangan Acha terhadap Iqbal, kalian bisa beli dan baca buku Mariposa sekarang juga!

Itulah beberapa Rekomendasi Novel Remaja. Apabila Grameds tertarik dan ingin mencari berbagai novel atau mencari buku pengetahuan lainya, tentu kalian bisa temukan, beli, dan baca bukunya di Gramedia.com dan Gramedia Digital karena Gramedia senantiasa menjadi #SahabatTanpaBatas bagi kalian yang ingin menimba ilmu.

Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kalian, ya!

Penulis: Tasya Talitha Nur Aurellia

Sumber: dari berbagai sumber

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Tasya Talitha