in

Mobil Pertama di Dunia, Mobil Apa itu?

pixabay

Mobil Apa Yang Pertama Kali Di Dunia Dibuat? – Sebagai manusia, tentunya kita tidak akan mungkin jika kita melakukan perjalanan jauh tanpa adanya kendaraan yang  membantu kita untuk menuju ke suatu tempat dengan jarak yang jauh. Seperti pada zaman dahulu, seseorang yang bepergian dengan jarak jauh akan melakukan perjalanannya dengan menunggangi hewan, biasanya kuda, unta, dan hewan besar lainnya.

Pada zaman sekarang alat transportasi sudah bermacam-macam, khususnya mobil. Mobil merupakan kendaraan beroda empat dengan bahan bakar bensin dan solar. Setiap mobil juga memiliki bentuk dan fasilitas yang berbeda. Mobil adalah salah satu alat transportasi yang digunakan masyarakat secara nyaman dan terlindung dari panas dan hujan bagi para penggunanya.

Dengan memiliki bentuk dan fitur yang dapat membuat pengendara menjadi nyaman dan aman, tentunya harga mobil akan berbeda dengan harga motor yang hanya beroda dua tanpa adanya atap pelindung seperti mobil. Kalian harus merogoh kocek yang cukup dalam untuk membeli sebuah mobil, berbeda merek maka akan berbeda juga harganya.

Lalu, apakah kalian tahu siapa yang menemukan mobil pada awalnya? Dengan berkembangnya mobil seperti sekarang ini, tentu ada pencetus terciptanya mobil pada zaman dahulu. Nah, pada kali ini Gramedia akan membahas mengenai penemu mobil. Untuk tahu lebih lanjut, mari simak ulasan berikut.

beli sekarang

Buku ini menjelaskan tentang seluk-beluk mesin. Setiap bagian dari macam-macam jenis mobil diilustrasikan dengan menarik dan jelas sehingga mudah dipahami. Selain itu juga menjelaskan tentang mobil pertama kali yang diproduksi pada 1908.

Penemu Mobil Tenaga Uap

Pada tahun 1769, kendaraan jalan self-propelled pertama adalah traktor militer yang ditemukan oleh insinyur dan mekanik Prancis Nicolas Joseph Cugno. Dia menggunakan mesin uap untuk mengendarai mobilnya sendiri, yang ia buat atas permintaannya di Paris Arsenal. Mesin uap dan boiler terletak di bagian depan, terpisah dari bagian mesin lainnya.

Itu digunakan oleh tentara Prancis untuk mengangkut artileri dengan tiga roda dengan kecepatan tinggi 2 dan 1/2 mph. Kendaraan harus berhenti setiap 10 hingga 15 menit untuk mendapatkan tenaga uap. Tahun berikutnya, Cugno membangun sepeda roda tiga bertenaga uap yang mampu mengangkut empat penumpang.

Pada tahun 1771, Cugno memberi penemu kehormatan khusus karena mengalami kecelakaan mobil pertama dengan menabrakkan salah satu mobilnya ke dinding batu. Sayangnya, ini hanyalah awal dari kegagalannya. Dana habis untuk menguji kendaraan jalan Cugno setelah kematian salah satu pendukung Cugno dan deportasi yang lain.

Pada hari-hari awal kendaraan self-propelled, baik kendaraan jalan dan kereta api dirancang dengan mesin uap. Misalnya, Cugnot juga merancang dua lokomotif uap yang mesinnya tidak berfungsi dengan baik. Sistem awal ini menggunakan mobil untuk membakar bahan bakar untuk memanaskan air di boiler, menciptakan uap yang mengembang, dan mendorong piston untuk memutar poros engkol dan kemudian roda.

Masalahnya adalah bahwa mesin uap menambah beban terlalu banyak ke kendaraan, yang ternyata menjadi desain yang tidak cocok untuk kendaraan jalan raya. Namun, mesin uap berhasil digunakan pada lokomotif. Lalu, sejarawan yang mengakui bahwa kendaraan darat bertenaga uap paling awal secara teknis adalah mobil sering menyebut Nicolas Cugnot sebagai penemu mobil pertama.

Penemu Mobil Tenaga Mesin

Selain adanya mobil dengan mesin uap yang diciptakan pertama kali oleh Nicolas Cugnot, lalu ada penemu mobil dengan tenaga mesin, di mana mobil dengan tenaga mesin sampai saat ini masih digunakan. Penemu dari mobil tenaga mesin adalah Karl Friedrich Benz.

Karl Friedrich Benz adalah seorang ilmuwan Jerman yang dikenal sebagai penemu mobil berbahan bakar bensin (gazoline). Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach juga secara bersamaan terlibat dalam studi mesin dengan bahan bakar bensin, tetapi Benz pertama kali menyempurnakan dan mematenkan penemuan ini pada tahun 1879.

Pada tahun 1885, Benz membuat Motorwagen, yaitu sebuah mobil pertama yang ia jual secara komersil. Kendaraan tersebut merupakan kendaraan bertenaga bensin empat tak sebagai hasil dari desainnya. Benz juga penemu suku cadang mobil seperti pengapian mobil, busi, sistem transmisi mobil, radiator air, dan karburator.

Karl Benz atau Karl Friedrich Michael Weillant, lahir di Karlsruhe, Jerman. Ketika Benz berusia 2 tahun, ayahnya (Johann George Benz) meninggal dalam kecelakaan dan nama Karl Friedrich Michael Weillant diubah menjadi Karl Friedrich Benz untuk mengingatkannya pada ayahnya.

Meskipun keluarganya hidup dalam kemiskinan pada saat itu, ibunya bersikeras memberi Mercedes pendidikan yang baik. Pada usia sembilan tahun, Benz mengembangkan minat dalam sains. Benz melanjutkan studinya di Universitas Karlsruhe di bawah bimbingan Ferdinand Redtenbacher, yang dikenal sebagai pendiri Fakultas Teknik Mesin universitas tersebut.

Pada usia 15 tahun, Benz berhasil lulus ujian masuk untuk gelar Sarjana Teknik di Universitas Karlsruhe, dan lulus pada usia 19 tahun. Saat itu, Benz selalu memikirkan konsep kereta tanpa kuda, yaitu mobil.

Pada tahun 1871, Benz yang berusia 27 tahun dan teman-temannya membuka bengkel di Mannheim, di mana mereka juga menjual peralatan konstruksi. Namun bengkel mengalami kerugian karena temannya ternyata tidak bisa diandalkan dan pemerintah terpaksa menyita aset bisnis Benz.

Benz terus mengembangkan mesin baru untuk menghasilkan uang, dan pada tahun 1878 Benz mencoba mempelajari dan mematenkan penemuannya. Penemuan pertama yang dipatenkan adalah mesin dua tak, diikuti sistem pengapian, busi, karburator, kopling, transmisi, dan pendingin air.

beli sekarang

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Buku ini berisi mengenai teori dan teknik untuk mereparasi pada rem mobil. Bagi kalian yang belum mengetahui cara untuk memperbaiki rem mobil, mungkin buku ini dapat menjadi acuan.

Pada tahun 1883, Benz mendirikan perusahaan mesin industri baru. Perusahaan berkembang pesat dan mulai memproduksi mesin dengan bahan bakar bensin. Keberhasilan perusahaan memberi Benz kesempatan untuk mewujudkan impian kereta tanpa kudanya.

Ketika Motorwagen dibangun dan diuji, mobil pertama sangat sulit dikendarai dan sering menabrak tembok, yang diejek oleh banyak orang. Namun, setelah Motorwagen ditingkatkan dan mulai diuji di jalan raya, kereta tanpa kuda menarik perhatian orang. Motorwagen adalah pelopor dalam mobil modern yang kami kendarai saat ini, yaitu Mercedes-Benz.

Perkembangan Mobil

Setelah Benz menjadi penemu pertama mobil dengan tenaga mesin yang memiliki bahan bakar bensin, perkembangan dari penemuan mobil ini tidak berhenti begitu saja. Beberapa ilmuwan lain juga mencoba untuk membuat dan mengembangkan mobil agar dapat digunakan oleh masyarakat dengan nyaman.

Pada tanggal 5 November 1895, George B. Selden menerima hak paten AS untuk mesin mobil dua tak. Paten ini berdampak negatif bagi perkembangan industri otomotif Amerika Serikat. Pada tahun 1888, Berta Benz membuat terobosan yang mengesankan. Mesin Uap, listrik, dan bensin bersaing selama beberapa dekade, dan mesin bensin pembakaran internal mendominasi pada tahun 1910-an.

Jalur produksi massal untuk mobil murah dibangun oleh Oldsmobile pada tahun 1902 dan dikembangkan secara luas oleh Henry Ford pada tahun 1910-an. Selama periode 1900 hingga pertengahan 1920-an, perkembangan teknologi otomotif sangat pesat, dengan banyak (ratusan) produsen mobil kecil bersaing untuk mendapatkan perhatian dunia.

Perkembangan utama termasuk pengapian elektronik, start otomatis elektronik (dibuat pada 1910-1911 oleh Charles Kettering dari Cadillac Motor Company), suspensi independen, dan rem empat roda.

Pada 1930-an, sebagian besar teknologi otomotif telah ditemukan, tetapi kemudian sering ditemukan kembali dan diteruskan ke orang lain. Misalnya, kemudi roda depan diciptakan kembali oleh André Citroën pada saat peluncuran Traction Avant pada tahun 1934, tetapi teknologi tersebut muncul beberapa tahun sebelumnya pada awal tahun 1897 pada mobil yang dibuat oleh Alvis dan Kord dan pada balapan Miller mobil.

Sejak tahun 1930, jumlah produsen mobil telah menurun tajam karena industri bertemu dan berkembang. Sejak tahun 1960, jumlah produsen tetap hampir konstan dan inovasi telah menurun. Dalam banyak hal, teknologi baru hanyalah perbaikan dari yang lama.

Kecuali penemuan manajemen mesin yang memasuki pasar pada 1960-an, elektronik menjadi cukup terjangkau untuk diproduksi secara massal dan cukup andal untuk menahan kerasnya lingkungan mobil. Elektronik ini, yang dirancang oleh Bosch, dapat mengurangi emisi mobil secara signifikan sekaligus meningkatkan efisiensi dan tenaga.

Industri Mobil

Industri otomotif merancang, mengembangkan, memproduksi, memasarkan, dan menjual kendaraan di seluruh dunia. Pada tahun 2008, lebih dari 70 juta kendaraan diproduksi di seluruh dunia, termasuk mobil penumpang dan kendaraan komersial.

Pada tahun 2007, 71,9 juta mobil baru terjual di seluruh dunia. Dengan pembagian 22,4 juta unit terjual di Eropa, 21,4 juta unit di Asia, 19,4 juta unit di AS dan Kanada, 4,4 juta di Amerika Latin, 2,4 juta di Timur Tengah, dan 1,4 juta di Afrika. Pasar di Amerika Utara dan Jepang stagnan, sementara pasar di Amerika Latin dan beberapa negara Asia tumbuh pesat.

Pada tahun 2007, ada sekitar 860 juta mobil dan truk ringan di seluruh dunia. Ini membakar lebih dari 260 miliar galon Amerika Serikat (1 galon = 3,8 liter) bahan bakar per tahun. Jumlah ini terus berkembang pesat, terutama di China dan India.

Beberapa berpendapat bahwa sistem transportasi perkotaan berbasis mobil, bahkan dengan peningkatan investasi, akan mengonsumsi energi berlebih, meningkatkan risiko penyakit, dan mengurangi layanan. Adanya gerakan transportasi berkelanjutan bertujuan untuk memecahkan masalah ini.

Dengan melonjaknya harga minyak pada tahun 2008, industri otomotif dihadapkan pada kenaikan harga bahan baku otomotif dan perubahan pemilihan kendaraan. Industri otomotif di beberapa negara semakin bersaing dengan transportasi umum karena konsumen semakin memikirkan penggunaan kendaraan.

Sekitar setengah dari 51 pabrik mobil penumpang di Amerika Serikat diperkirakan akan tutup secara permanen selama beberapa tahun ke depan, yang mengakibatkan hilangnya sekitar 200.000 pekerjaan. Sementara itu, pasar Cina saat itu merupakan produsen dan pasar mobil terbesar di dunia. Penjualan mobil di Cina meningkat dari 1 juta pada tahun 2000 menjadi 13,6 juta pada tahun 2009.

Mobil Yang Pertama Diproduksi di Dunia

Dalam penciptaan atau pembuatan mobil akan selalu ada yang pertama dalam produksinya. Setiap industri mobil memiliki tahun pertamanya ketika membuat mobil. Berikut adalah macam-macam mobil yang pertama kali diproduksi di dunia.

1. Mercedes-Benz

Sesuai dengan nama penemunya, mobil ini terinspirasi dari nama Carl Benz. Mobil ini sebelumnya disebut Benz Patent Motorwagen sebelum gagal tes dan kemudian diperbaiki.

Mercedes-Benz membangun mobil pertamanya pada tahun 1885 dan mematenkannya pada Januari 1886. Mobil Mercedes-Benz pertama hanya memiliki tiga roda dan dilengkapi dengan mesin satu silinder 954cc yang mampu menghasilkan 0,75 tenaga kuda. Mercedes-Benz masih menjadi merek mobil mewah paling populer di dunia.

2. Peugeot

Pada tahun 1842, Peugeot dikenal sebagai produsen pabrik garam dan merica. Namun 40 tahun kemudian, ia akhirnya terjun ke bisnis sepeda.

Pada tahun 1891, Peugeot membangun mobil pertama dengan mesin empat roda dan mesin V-twin yang dipasang di belakang dengan penggerak rantai di roda belakang. Setahun kemudian, pada tahun 1900, produksi terus meningkat hingga produksi mencapai 500.

3. Ford

Sebagai hasil eksperimen pada tahun 1896, Henry Fold membuat Ford all-wheel drive hanya dengan satu unit. Setelah banyak trial and error, pada tahun 1903, Ford Motor Company akhirnya didirikan.

Meskipun Henry Ford bukan penemu mobil pertama, ia memainkan peran penting dalam membuat industri mobil dapat diakses oleh publik. Merek mobil Ford merupakan salah satu merek mobil paling keren di dunia, namun di Indonesia mobil ini hanya dimiliki oleh kalangan tertentu saja.\

4. Renault

Louis, Marcel, dan Fernand Renault mendirikan Societe Renault Freres pada tahun 1899 setelah menciptakan prototipe 1CV Voiturette pada tahun sebelumnya. Mobil yang mereka bangun dapat melaju dengan kecepatan hingga 32 kilometer per jam.

5. Fiat

Fiat adalah kepanjangan dari Fabbrica Italiana di Automobili Torino, yang merupakan sebuah perusahaan mobil yang didirikan pada tahun 1899 dan dibuka dengan pabrik pertamanya pada tahun 1900. Mobil pertama mereka diproduksi dengan mesin dua silinder 4 hp tenaga kuda 679cc. Kendaraan itu juga ditingkatkan dengan mesin 837cc.

6. Opel

Tahun 1862, Adam Opel mendirikan perusahaan produksi mesin jahit yang kemudian diversifikasi menjadi sepeda pada tahun 1886. Di tahun 1895 ia meninggal dan bisnisnya dilanjut oleh keluarganya yang kemudian berhasil memperkenalkan mobil pertama mereka di tahun 1899. Mobil tersebut memiliki mesin 1545 cc 3.5 hp satu silinder tunggal dan pembeli dapat memilih edisi dua atau empat kursi.

7. Buick

Buick adalah produsen mobil tertua di Amerika Serikat, didirikan pada tahun 1899. Perusahaan ini awalnya bernama Buick Auto-Vim and Power Company, tetapi berganti nama menjadi Buick Motor Company pada tahun 1904. Mereka memulai produksi massal mobil pada tahun tersebut. Mobil pertamanya adalah Model B dengan mesin twin-flat dua silinder dan 2605cc yang menghasilkan 16 tenaga kuda.

Grameds, demikianlah pembahasan mengenai penemu mobil. Dengan adanya mereka yang pada awalnya menemukan mobil tentu sangat memiliki pengaruh yang besar pada saat ini. Pada saat ini, mobil sudah berkembang jauh lebih baik dan juga tentunya memiliki kelayakan emisi.

Bagi kalian yang ingin memperdalam ilmu mengenai dunia otomotif atau pun hal lain, kalian dapat membeli dan membaca buku yang ada di Gramedia. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas telah menyediakan berbagai buku berkualitas yang bisa kalian dapatkan. Yuk Grameds, beli bukunya sekarang juga!

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

beli sekarang

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ricky Atthariq