in

Rekomendasi Novel Romantis Korea yang Wajib Dibaca

Rekomendasi Novel Romantis Korea – Annyeonghaseyo, Grameds! Sesuai dengan bahasa sapaan kali ini, pastinya kalian tahu dong apa yang akan dibahas pada artikel kali ini. Yap, benar, Korea!

Apa sih yang terlintas di benak kalian ketika mendengar kata “Korea”? Mungkin sebagian dari kalian akan menjawab drama dan musiknya. Akan tetapi, tahukah kalian bahwa Korea Selatan memang menjadi negara di Asia Timur yang telah berhasil menguasai dunia industri hiburan, baik itu musik maupun drama, yang mana semakin marak digemari oleh masyarakat dari berbagai negara, termasuk Indonesia.

Tidak hanya pada ranah permusikan dan perfilman dramanya, saat ini Korea Selatan pun kembali berhasil memasarkan atau menyebarluaskan novel dengan berbagai cerita yang menjadi pusat atensi masyarakat dunia.

Terdapat drama korea yang erat kaitannya dengan percintaan diadaptasi dari novel yang ditulis langsung oleh sang pengarang asal Korea. Hingga akhirnya, novel-novel tersebut disebarluaskan dan dipasarkan ke berbagai book store di Korea dengan harga yang cukup terjangkau. Namun, tidak usah khawatir, kalian tak harus mengunjungi negeri ginseng itu agar mendapatkan berbagai novel orisinal tersebut.

Hal itu karena novel Korea dengan genre romantis sudah diterjemahkan oleh sebagian penerbit di Indonesia. Dengan begitu, kalian cukup mengunjungi beberapa toko buku atau bisa juga melalui online book store guna membeli secara mudah dan instan.

Nah, sesuai dengan penjelasan di atas, artikel ini akan membahas terkait beberapa novel romantis korea yang wajib kalian baca dan miliki. Yuk, simak artikel ini hingga akhir!

Novel Romantis Korea

1. Moon in the Spring – Hyun Go Wun

Moon in the Spring
Moon in the Spring

tombol beli buku

Novel dengan genre romance ini ditulis oleh salah satu penulis yang cukup terkenal di Korea, yaitu Hyun Go Wun. Ia juga sudah sukses membuat berbagai kisah yang dituangkannya ke dalam bentuk novel, bahkan beberapa di antaranya sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan diterbitkan oleh Penerbit Haru, salah satunya yang bertajuk Moon in the Spring ini. Meski novel ini sudah terbit cukup lama, yakni sekitar September 2014 lalu, tetapi novel ini wajib kalian baca sebab memuat kisah unik nan romantis.

Novel Moon in the Spring menceritakan kisah percintaan yang tidak lazim dan tentunya menarik. Cerita cinta antara seorang dewi dengan seorang manusia biasa yang dibalut dalam kisah fantasi.

Kisah ini berawal dari seorang bidadari nan cantik bernama Dal Hee. Namun, di balik parasnya yang cantik, ia memiliki sifat keras kepala dan bertindak seenaknya saja. Hal itu jelas berbeda dengan kakak laki-lakinya, yakni Hae Seong yang dapat beradaptasi dengan baik. Dapat dikatakan, Dal Hee adalah dewi yang kerap membuat onar di langit. Meski begitu, Dal Hee adalah calon dewi yang memiliki tingkat kejujuran baik.

Dal Hee sangat mengagumi pria-pria berparas tampan yang tinggal di dunia sebab dapat menghibur dirinya yang sedang bosan. Karena sifat Dal Hee yang tergesa-gesa, kerap membawa dirinya dalam masalah, salah satunya ketika ia melihat seorang gadis yang meminta bantuan dengan putus asa. Ia memiliki niat dan rencana untuk membantu manusia itu. Meski sang kakak telah mencoba untuk menghentikan tindakan gegabah Dal Hee, tetapi dirinya acuh tak acuh akan omongan yang kakaknya lontarkan.

Gadis malang itu bernama Yoon Ji Wan, dirinya telah dinyatakan meninggal di atas ranjang rumah sakit. Semua anggota keluarga merasakan duka yang mendalam, termasuk Kang Min Hyuk, yakni tunangan gadis tersebut.

Yoon Ji Wan merupakan putri pertama dari keluarga kaya raya, ia tinggal dengan Ibu tiri dan adik perempuan tiri. Ayahnya mewariskan harta kekayaan yang besar. Hal itu yang menjadi sebab Kang Min Hyuk ingin bertunangan dengan Yoon Ji Wan.

Yoon Ji Wan adalah gadis yang sangat menyedihkan serta memiliki kepribadian yang penurut dan pendiam. Hingga saat itu datang, saat di mana jiwa dari Yoon Ji Wan meminta pada Dal Hee agar dirinya mati. Namun, Dal Hee justru menghidupkan kembali jasad dari Yoon Ji Wan. Kemudian, jiwa Dal Hee masuk ke dalam tubuh gadis itu dengan tujuan guna membantu sang gadis membalaskan dendam Kang Min Hyuk yang nyatanya mengincar harta kekayaan Yoon Ji Wan saja.

banner-promo-gramedia

Saat itu akhirnya Yoon Ji wan hidup kembali, tetapi jiwa yang ada di dalamnya ialah Dal Hee. Dengan sikap berbanding terbalik yang ada pada diri Yoon Ji Wan yang dahulu, membuat semua orang terkejut dan bingung, termasuk tunangannya sendiri, yaitu Kang Min Hyuk. Bagaimana tidak? Dahulu, Yoon Ji Wan dikenal sebagai gadis pendiam dan penurut, kini menjadi sosok pemberani dan tangguh, bahkan yang sebelumnya ia enggan untuk mencampuri urusan perusahaan milik Ayahnya kini memutuskan untuk memimpin perusahaan tersebut sendiri.

Bisa dikatakan Yoon Ji Wan terlahir kembali dengan sikap dan penampilan baru yang berbanding terbalik 180 derajat dari sebelumnya. Terlebih, Kang Min Hyuk yang sangat ingin menguasai perusahaan milik ayah Yoon Ji Wan itu, menjadi terhalang karena sikap Yoon Ji Wan yang berani dan kerap sinis pada Kang Min Hyuk.

Yoon Ji Wan berubah menjadi wanita yang sangat amat menarik dan berparas cantik meski pada awalnya Kang Min Hyuk terheran-heran, tetapi lambat laun dirinya mengagumi sosok baru dari Yoon Ji Wan ini. Tak hanya Kang Min Hyuk, sikap Yoon Ji Wan yang awalnya ketus, semakin lama dirinya bersikap lembut pada lelaki itu.

Seiring waktu berjalan, keduanya meletakkan perasaan yang sama di hatinya masing-masing. Hubungan Yoon Ji Wan dan Kang Min Hyuk beralih menjadi hubungan asmara.

Namun, di balik itu semua, Dal Hee telah melanggar peraturan Raja langit sebab dirinya telah masuk ke dalam tubuh manusia tanpa izin, hingga akhirnya Dal Hee mendapatkan hukuman. Dal Hee tak dapat mengelak perasaan itu pada Kang Min Hyuk, jiwanya yang ada pada tubuh Yoon Ji Wan jadi terlanjur mencintai lelaki itu yang pada awalnya sangat membencinya.

Adapun hukuman yang diberikan sang Raja, yaitu Dal Hee harus kembali ke langit dan tidak diizinkan untuk turun ke Bumi selama kurang lebih 100 tahun. Namun, apabila Dal Hee kembali ke langit, bagaimana dengan tubuh Yoon Ji Wan? Apakah Yoon Ji Wan akan kembali mati? Lalu, akankah Dal Hee merelakan perasaannya yang sudah terlanjur mencintai Kang Min Hyuk? 

Untuk mengetahui lebih lanjut terkait kisah cinta dewi langit–yang berada di tubuh Yoon Ji Wan–dengan Kang Min Hyuk, kalian bisa baca dan beli novel Moon in the Spring sekarang juga!

2. My Boyfriend’s Wedding Dress – Kim Eun Jang

My Boyfriend's Wedding Dress
My Boyfriend’s Wedding Dress

tombol beli buku

Novel My Boyfriend’s Wedding Dress ini ditulis oleh Kim Eun Jang dan telah terbit pada Desember tahun 2015 lalu. Novel ini menceritakan tentang wedding dress yang tertukar.

Kisah ini berawal saat Oh Ye Rin dan Han Se Kyoung, masing-masing dari keduanya memesan gaun pengantin pada perancang busana yang sama, yaitu Mario Emanulle asal Italia. Akan tetapi, kedua gaun pengantin itu justru dikirim ke alamat yang salah.

Gaun pengantin milik Han Se Kyoung dikirim ke Amerika, sedangkan gaun milik Oh Ye Rin dikirim ke Korea.

Han Se Kyoung merasa kebingungan dan tidak tahu mengapa gaun pengantinnya itu tertukar, tetapi dirinya tetap menggunakan gaun yang dikirim ke alamat rumahnya itu untuk hari pernikahannya. Han Se Kyoung memiliki niat untuk kabur dan memutuskan untuk membatalkan saja pernikahan dirinya dengan seorang pria kaya raya bernama Kim Hyo In.

Han Se Kyoung merasa bahwa dirinya menikahi Kim Hyo In bukan karena ia mencintai pria itu, melainkan karena Kim Hyo In mempunyai harta yang banyak.

Di samping itu, ada Oh Ye Rin yang dijodohkan oleh seorang pengacara mapan kepercayaan kakeknya itu, mengetahui bahwa gaun pengantinnya telah tertukar. Oh Ye Rin telah lama menginginkan dan mendambakan gaun pengantin rancangan dari perancang busana terkenal untuk dipakainya di hari sakralnya itu.

Akan tetapi, sayangnya yang sampai di hadapannya adalah gaun pengantin dengan model selutut yang mana dirinya tidak mengetahui itu milik siapa. Mendapati hal tersebut, Oh Ye Rin sangatlah marah sebab gaunnya tertukar dengan milik wanita asal Korea.

Akhirnya, Oh Ye Rin meminta tunangannya bernama Jo Hae Yoon untuk mencari dan menemukan gaun pengantin miliknya yang telah dikirim ke Korea. Namun, Jo Hae Yoon mempunyai phobia naik pesawat.

Akankah Jo Hae Yoon menuruti permintaan Oh Ye Rin untuk mendapati gaun pengantin tersebut yang dikirim ke Korea? Akankah Han Se Kyoung dan Oh Ye Rin mendapatkan gaun pengantin miliknya masing-masing? Temukan keseruan kisah tertukarnya gaun antara dua pasang calon pengantin, tentunya di novel My Boyfriend’s Wedding Dress.

3. Heart Shaped Tears – Ku Hye Sun

Heart-Shaped Tears
Heart-Shaped Tears

tombol beli buku

Novel Heart Shaped Tears ditulis oleh salah satu pemeran Geum Jan Di dalam serial drama fenomenal Boys Over Flower, yakni Ku Hye Sun (Goo Hye Sun). Terlepas dari ranah keartisannya, Ku Hye Sun adalah mantan aktris asuhan YG Entertainment yang dikenal pula sebagai seorang penulis, hingga akhirnya berhasil menerbitkan novel ini.

Novel Heart Shaped Tears yang ditulis olehnya telah diterbitkan ke dalam bahasa Indonesia pada Januari tahun 2020 lalu oleh penerbit Noura Books dengan penerjemahnya, yaitu Listya Ayunita Wardadie.

banner-promo-gramedia

Di Korea Selatan sendiri, novel ini pertama kali terbit pada Mei tahun 2019 dan terjual sebanyak 30 ribu copy dalam seminggu, serta telah lebih dari 7 kali dicetak ulang.

Kisah ini berawal dari pertemuan So-Ju dengan Kim Sang Sik, yaitu saat Young Hee dan Cheol Su mengundang mereka untuk memberitahukan bahwa mereka (Young Hee dan Cheol Su) akan segera melangsungkan pernikahan.

So-Ju merupakan teman dari Young Hee, sedangkan Kim Sang Sik merupakan teman dari Cheol Su. Akan tetapi, saat itu, teman-teman dari Young He maupun Cheol Su, kesemuanya berbaur dalam satu meja, tetapi tidak dengan So-Ju. Dirinya memilih untuk duduk sendiri, terpisah dua meja dari mereka semua.

So-Ju adalah gadis nan cantik dengan mata bulat bak bulan purnama yang membuat Kim Sang Sik jatuh hati saat pandangan pertama. Dirinya merasa, selama ini ia belum pernah bersua dengan gadis semenarik So-Ju. Meskipun pada saat itu, So-Ju terlihat cukup misterius dan aneh.

Adapun nama So-Ju diberikan karena ayahnya adalah pecinta minuman memabukkan itu, ya So-Ju. Saat dirinya berusia 6 tahun, So-Ju dipukul oleh ayahnya menggunakan botol soju dan ditemukan dengan darah yang telah membeku di kepalanya.

Ayahnya terkapar meninggal dunia sebab gegar otak, sementara ibunya meninggal setelah melahirkan So-Ju. Hal tersebut yang melatarbelakangi ayahnya menyiksa So-Ju secara terus menerus sejak kecil.

Kembali pada malam itu, Kim Sang Sik memiliki maksud baik untuk mengantarkan So-Ju pulang sebab kondisinya yang sudah sangat mabuk karena telah minum soju terlalu banyak.

Awalnya So-Ju enggan, akhirnya ia mau. Kemudian, masalah terjadi saat di dalam mobil. Keduanya malah beradu mulut hingga So-Ju meminta Sang Sik menghentikan laju mobilnya itu dan So-Ju pun membuka pintu mobil saat mobil yang dikendarai Sang Sik sedang melaju. Hingga akhirnya, kecelakaan terjadi karena mobil Sang Sik menabrak pagar pengaman jalan.

Pertengkaran antara keduanya masih saja berlanjut, terlebih So-Ju enggan diantar ke rumah sakit untuk memeriksa kondisinya saat itu. Lalu, akhirnya Sang Sik membawa gadis itu ke rumahnya dan di situlah So-Ju justru mengajak Sang Sik untuk menikah. Setelah ucapan itu, tiba-tiba So-Ju menghilang tanpa kabar.

Memang, awalnya Kim Sang Sik bersikap acuh tak acuh akan gadis tersebut. Akan tetapi, lambat laun, dirinya merindukan dan menginginkan So-Ju agar terus berada di sisinya. Sayangnya, So-Ju kerap datang, kemudian pergi semaunya dan sulit untuk melacak keberadaannya.

Hanya Kim Sang Sik yang menahan rindu itu sendiri, bagaimana dengan So-Ju? Apakah dirinya merasakan hal yang sama? Mengapa So-Ju selalu datang, lalu pergi? Apa yang sebenarnya diinginkannya?

Temukan kisah kasih antara mereka berdua dan temani Kim Sang Sik dalam menahan rindu akan So-Ju, tentunya dengan membaca novel Heart Shaped Tears.

4. Mr. Sunshine – Kim Eun Sook

Mr Sunshine 1
Mr Sunshine 1

tombol beli buku

Novel ini ditulis oleh salah satu penulis skenario ternama, yakni Kim Eun Sook. Ia menjadi salah satu jaminan akan keberhasilan suatu produksi industri drama hiburan dan juga pertelevisian di Korea Selatan. Sudah banyak drama fenomenal yang telah ditulis olehnya, salah satunya adalah Mr. Sunshine.



Awalnya, judul Mr. Sunshine ini memang merupakan drama yang cukup fenomenal asal Korea Selatan, kemudian drama ini diadaptasi ke dalam bentuk novel dengan judul yang sama . Di Korea Selatan, novel Mr. Sunshine sudah masuk ke dalam novel best seller. Novel ini terbagi menjadi dua novel dengan judul yang sama pula.

Kisah ini berawal dari tokoh Eugene Choi yang memang sudah terlahir sebagai budak dan nekat melarikan diri ke negara Amerika. Saat Eugene Choi kembali ke Joseon, ia memiliki satu tujuan, yaitu membalaskan dendamnya. Baginya, Joseon adalah masa lalu yang amat kelam.

Di samping itu, ada tokoh Ae Shin adalah seorang perempuan tangguh yang sudah ditakdirkan terlahir sebagai seorang cucu dari salah seorang bangsawan di Korea Selatan. Kecintaannya akan Joseon membuat dirinya belajar dan berlatih menembak untuk bertempur melawan penjajah asing.

Kemudian, Dong Mae, berawal dari kekerasan yang dialaminya itu membuat dirinya tumbuh menjadi seorang penjagal, yakni ketua Geng Musin. Lalu, Hee Seong adalah cucu bangsawan yang malah merasa dirinya tak berdaya karena dirinya kerap mendapatkan cacian dan makian yang disebabkan oleh tindakan ayahnya dan sang kakek.

Terakhir, Hina Kudo adalah pemilik Hotel Glory yang memiliki kuasa, dirinya memperhatikan dengan saksama terkait konflik politik juga percintaan yang ada di depan matanya.

Kelima tokoh di atas memiliki maksud dan tujuannya masing-masing dan saling bertaut sebab adanya takdir. Lantas, akankah tujuan mereka semua berjalan dengan tanpa hambatan? Apabila disandingkan antara negara dan cinta, manakah yang akan dikorbankan?

Temukan jawabannya segera dengan membaca novel Mr. Sunshine 1 dan Mr. Sunshine 2.

Mr Sunshine 2
Mr Sunshine 2

tombol beli buku

Itulah informasi terkait beberapa Novel Romantis Korea yang wajib kalian miliki dan baca. Apabila Grameds tertarik dan ingin memperluas pengetahuan terkait bidang apapun atau ingin mencari novel dengan berbagai genre, tentu kalian bisa temukan, beli, dan baca bukunya di Gramedia.com dan Gramedia Digital karena Gramedia senantiasa menjadi #SahabatTanpaBatas bagi kalian yang ingin menimba ilmu.

Penulis: Tasya Talitha Nur Aurellia

Sumber: dari berbagai sumber

 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Tasya Talitha