in

Rekomendasi Novel Romantis Korea yang Wajib Dibaca

Rekomendasi Novel Romantis Korea – Annyeonghaseyo, Grameds! Sesuai dengan bahasa sapaan kali ini, pastinya kalian tahu dong apa yang akan dibahas pada artikel kali ini. Yap, benar, Korea!

Apa sih yang terlintas di benak kalian ketika mendengar kata “Korea”? Mungkin sebagian dari kalian akan menjawab drama dan musiknya. Akan tetapi, tahukah kalian bahwa Korea Selatan memang menjadi negara di Asia Timur yang telah berhasil menguasai dunia industri hiburan, baik itu musik maupun drama, yang mana semakin marak digemari oleh masyarakat dari berbagai negara, termasuk Indonesia.

Tidak hanya pada ranah permusikan dan perfilman dramanya, saat ini Korea Selatan pun kembali berhasil memasarkan atau menyebarluaskan novel dengan berbagai cerita yang menjadi pusat atensi masyarakat dunia.

Terdapat drama korea yang erat kaitannya dengan percintaan diadaptasi dari novel yang ditulis langsung oleh sang pengarang asal Korea. Hingga akhirnya, novel-novel tersebut disebarluaskan dan dipasarkan ke berbagai book store di Korea dengan harga yang cukup terjangkau. Namun, tidak usah khawatir, kalian tak harus mengunjungi negeri ginseng itu agar mendapatkan berbagai novel orisinal tersebut.

Hal itu karena novel Korea dengan genre romantis sudah diterjemahkan oleh sebagian penerbit di Indonesia. Dengan begitu, kalian cukup mengunjungi beberapa toko buku atau bisa juga melalui online book store guna membeli secara mudah dan instan.

Nah, sesuai dengan penjelasan di atas, artikel ini akan membahas terkait beberapa novel romantis korea yang wajib kalian baca dan miliki. Yuk, simak artikel ini hingga akhir!

Update Rekomendasi Novel Romantis Korea yang Wajib Dibaca September 2022

Novel Dear, Hyun Nam – Cho Nam-Joo

Novel Dear, Hyun Nam
Novel Dear, Hyun Nam

“Kepada siapa aku harus mengatakannya?” “Siapa yang akan mendengarkan ceritaku?” Tujuh cerita tentang kehidupan perempuan yang memilih untuk percaya kepada dirinya sendiri Dari tujuh penulis perempuan, tujuh tokoh perempuan dengan permasalahannya masing-masing. Permasalahan yang amat pelik dan menggelisahkan, tapi masalah mereka tidak pernah kentara oleh siapapun, hanya mereka sendirilahh yang mengalaminya. Tidak semuanya mau memahami mereka, apalagi mendengarkan mereka. Bahkan keluarga dan orang terdekat mereka. Ini kisah para perempuan, berserta perasaan, suara, dan kehidupannya.

 

MetroPop: Mismatch – Arata Kim

MetroPop: Mismatch
MetroPop: Mismatch

Selama belasan tahun bersahabat, Kenizia selalu menganggap Giovanni sebagai pria bawel yang bisa diandalkan. Tidak pernah dia duga pria itu akan melamarnya di acara pernikahan sahabat mereka, Adit dan Risa. Walaupun Ken menghindar, Gio berusaha keras terus mendekat. Kesibukan Gio sebagai dokter spesialis jantung tidak menyurutkan tekadnya untuk menaklukkan hati Ken. Meski canggung, keduanya akhirnya sepakat untuk saling mengenal di luar status mereka sebagai sahabat. Lambat laun, Ken pun jatuh hati. Dia bahkan tetap memprioritaskan Gio saat didekati oleh Panji, klien kantornya. Kemudian kejadian demi kejadian membuat Ken mulai curiga. Karena tidak ingin terus-menerus berpraduga, Ken memutuskan untuk menanyakannya langsung kepada Gio. Namun saat menemukan jawabannya, Ken harus kembali merenungi keputusan mereka.

 

Perang Opium (The Poppy War) – R.F. Kuang

Perang Opium
Perang Opium

Perang Opium The Poppy War Semua orang terkejut ketika Rin berhasil masuk Sinegard, akademi militer elite di Kekaisaran Nikan. Tetapi, kejutan tidaklah selalu menyenangkan. Karena dianggap anak kampung miskin, Rin jadi bulan-bulanan. Apalagi karena ia perempuan. Dalam keadaan putus asa, Rin mendapati dirinya ternyata memiliki kekuatan supernatural yang mematikan—syamanisme. Di bawah bimbingan guru yang dianggap gila, Rin jadi tahu bahwa dewa-dewa yang selama ini dikira mati, ternyata masih hidup. Kekaisaran Nikan hidup damai, namun bekas penjajahnya, Federasi Mugen, terus mengintai Kekuatan syamanisme Rin mungkin satu-satunya yang bisa menyelamatkan rakyat, tapi semakin ia mengenal sang dewa Phoenix yang memilihnya, dewa penuh kemurkaan dan dendam, semakin ia khawatir. Memenangkan perang mungkin harus dibayarnya mahal dengan sifat kemanusiaan. Dan mungkin semuanya sudah terlambat.

Wa`Alaikumsalam Oppa! – Cha Mirae

Wa`Alaikumsalam Oppa!
Wa`Alaikumsalam Oppa!

Cha Hongjin, seorang teader boy band yang tidak pernah bisa melupakan kematian ayahnya yang juga seorang aktor papan atas di Korea. Sementara itu, Farah adalah seorang Youtuber pemula yang terbang ke Seoul untuk mengikuti sebuah seminar bagi Youtuber pemula. Keduanya bertemu untuk yang kedua kalinya,dan benih-benih cinta pun mulai bersemi di antara keduanya.

“Bagiku, kamu seperti air putih. Memang tidak mewah, tapi sangat berarti bagi hidupku.”(Cha Hongjin)

The Architecture of Love | Di balik Pena

“Kamu tidak akan pernah tahu kapan seseorang akan hilang dari dirimu. Kamu selalu yakin bahwa mereka akan selalu ada untukmu.Podohal kenyataannya tidak.”(Farah Azizah).

“Tahukah kamu perasaan antara mencintai seseorang secara diam-diam dan alkohol? Pada akhirnya, keduanya akan sama-sama menjijikkan.”(Han Jungwo)

 

Cinderella dan Empat Kesatria#1 – Baek Myo

Cinderella dan Empat Kesatria#1
Cinderella dan Empat Kesatria#1

Eun Ha Won benar-benar seperti Cinderella! Sungguh tak disangka, kakek yang ditolong Ha Won di jalan ternyata Direktur Kang—pengusaha Korea yang sangat kaya. Dan dia bersedia membantu mewujudkan keinginan Ha Won: keluar dari rumah yang ditinggalinya bersama sang ibu tiri. Ha Won pun kemudian tinggal di rumah mewah bersama tiga cucu tampan sang direktur dan pengawal pribadi yang keren. Tapi menjadi kaya tak berarti kehidupan Ha Won menjadi mulus. Banyak yang iri padanya karena kedekatannya dengan kakak-beradik keluarga Kang. Ditambah lagi entah kenapa Kang Ji Woon—sang cucu ketiga—membencinya sejak pertemuan pertama. Kapankah ia mendapatkan ketenangan yang diinginkannya?

 

Update Rekomendasi Novel Romantis Korea yang Wajib Dibaca Juni 2022

1.  Almond – Sohn Won – Pyung

Almond
Almond

https://www.gramedia.com/products/diet-keto-berani-mencoba-tantangan-diet-rendah-karbohidrat?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

“Almond” adalah novel yang memberi harapan kepada orang seperti saya yang percaya bahwa hati dapat mengendalikan kepala. Di akhir musim dingin yang panjang, tibalah musim semi. Di musim semi, saat tanaman tumbuh, emosi pun tumbuh. Jika emosi tumbuh, maka dunia pun ikut tumbuh. Selama membaca tulisan ini, hatiku selalu berdebar-debar.

Di musim semi yang akan datang, tulisan ini akan menjadi sebuah petasan indah yang akan meledakkan seluruh emosi. – Novelis Gong Seonok Sungguh malang ketika kita tidak bisa berempati dengan rasa sakit yang diderita orang lain! Bahkan setelah menutup buku, perasaanku masih terus sedih dan rasanya ingin menangis. – Sutradara Lee Jaeyong (Produksi “My Brilliant Life”, “Scandal”)

 

2. Her Name Is – Cho Nam-Joo

Her Name Is
Her Name Is

https://www.gramedia.com/products/diet-keto-berani-mencoba-tantangan-diet-rendah-karbohidrat?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Cho Nam Joo mewawancarai banyak perempuan dari berbagai umur dan status. Kisah-kisah mereka, ia rangkum menjadi kisah perjuangan yang penuh haru. Tentu, perjuangan seorang perempuan tidaklah mudah. Dengan banyak “pantangan” dan “stereotipe”, sungguh sulit berdiri tegak dan tersenyum. 27 kisah dalam buku ini menjadi penenang dan penghiburan, bahwa kita tidak boleh putus asa. Sojin dengan kisah pelecehan seksual, Kim Eunsoon dengan hidupnya, Song Jiseon dengan cerita masa kehamilannya, dan cerita-cerita lainnya.
Nb : Free Merchandise Eksklusif Pouch

 

3. Shine – Jessica Jung

Shine
Shine

https://www.gramedia.com/products/diet-keto-berani-mencoba-tantangan-diet-rendah-karbohidrat?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Apa yang bersedia kaupertaruhkan demi mewujudkan impianmu?

Bagi Rachel Kim, remaja Korea-Amerika yang berusia delapan
belas tahun, jawabannya adalah: hampir segalanya. Tujuh tahun lalu ia direkrut oleh DB Entertainment—salah satu perusahaan musik K-pop terbesar di Seoul. Aturan menjadi trainee DB Entertainment cukup sederhana: latihan 24 jam sehari dan 7 hari seminggu, tampil sempurna, dilarang berkencan. Mudah, bukan?

Tidak juga.

Ketika skandal-skandal mulai bermunculan dalam industri yang berusaha keras mempertahankan citra kesempurnaan tersebut, apakah Rachel cukup kuat untuk menjadi pemenang? Atau apakah ia akan berakhir dalam keadaan hancur?

 

4. Arkananta – Shiningjaemz

Arkananta
Arkananta

https://www.gramedia.com/products/diet-keto-berani-mencoba-tantangan-diet-rendah-karbohidrat?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Siapa Sangka Seorang Pria Sukses Dan Kaya Raya Harus Menerima Nasibnya Untuk Mengemban Peran Ganda? Selain Menjadi Ceo Ternama Salah Satu Perusahaan, Januar Arkananta Ini Juga Harus Berperan Sebagai Sesok Ayah Sekaligus Ibu Di Dalam Keluarga Yang Terdiri Dari Tujuh Anak Laki-Laki Tampan Dengan Beragam Karakter.

Dimulai Dari Kavin, Si Anak Pertama Yang Penurut, Rei Si Mudah Emosi, Bian Yang Selalu Menyelesaikan Semua Masalah Dengan Otot, Abel Manusia Usil, Raven Si Pengganti Sosok Mama, Jeje Yang Ambisius, Sampai Dengan Si Bungsu Atha Yang Manja. Semua Perbedaan Karakter Itu Menyatu Untuk Mengnidupkan Suasana Rumah Menjadi Hangat Dan Nyaman.

Hingga Suatu Ketika, Sebuah Kehilangan Datang Menghampiri. Keadaan Rumah Yang Bermula hangat Berubah Dingin Dan Terasa Semakin Memuakkan Ketika Januar Menyalahkan Salah Satu Dari Mereka Tentang Kejadian Tersebut.

Semuanya Hancur Dan Berantakan. Namun, Jika Salah Satu Dari Mereka Berusaha Untuk Memperbaiki, Apakah Keadaan Kembali Seperti Sedia Kala? Atau… Akan Semakin Hancur?

 

5. My Boss’s Baby – Anothermissjo

My Boss's Baby
My Boss’s Baby

https://www.gramedia.com/products/diet-keto-berani-mencoba-tantangan-diet-rendah-karbohidrat?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Seumur umur bekerja menjadi sekretaris Dimas Haritama, tidak pernah sedikitpun Antari Satwika mengetahui kehidupan pribadi bosnya. Manusia kutub utara seperti bosnya tidak pernah memamerkan hal hal pribadi, bahkan satu perusahaan tidak dapat mengetahui siapa perempuan yang dekat dengannya.

Namun, apa jadinya kalau di suatu pagi Antari terbangun di tempat tidur bosnya, bertelanjang dada dan memeluk si manusia kutub itu? Bukan hanya itu saja, tetapi kehadiran sosok tak berdosa muncul di tengah kebingungan Antari. Seorang bayi.

Ya, Tuhan! Hidupnya jungkir balik sekarang.

Warning: Cerita ini bisa bikin kalian sedih, ketawa, seneng, nangis, dan terharu.

 

Rekomendasi Novel Romantis Korea yang Wajib Dibaca

1. I`ll Go to You When the Weather is Nice – Lee Do Woo

I`ll Go to You When the Weather is Nice
I`ll Go to You When the Weather is Nice

tombol beli buku

I’ll Go to You When the Weather is Nice, novel korea dengan genre romantis ini, menyuguhkan sesuatu yang berbeda dari yang lain. Bagi pecinta dunia perbukuan, novel terbitan tahun 2020 ini memaparkan latar sebuah toko buku bernama Good Night yang diciptakan dengan filosofi sederhana oleh sang pemilik.

Tidak hanya toko buku, ada pula klub buku lintas usia yang anggotanya dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga usianya yang sudah matang sekalipun. Latar tempat pedesaan di Bukhyeon, kota Hyocheon di provinsi Gangwon Korea Selatan ini membuat novel ini semakin asyik dan seru untuk dinikmati.

Kemudian, konflik yang dimuat dalam novel setebal 394 halaman ini pun sesuai dengan kehidupan di dunia nyata. Para karakter yang mempunyai persoalan dengan keluarga masa lalu, kenangan masa kecil, masa remaja, dan bagaimana mereka menghadapi serta melalui sehingga dapat menjalani kehidupan sampai saat ini. Pun konflik tokoh dengan sahabat di waktu remaja yang terlibat hingga dewasa.

Lantas, akankah persahabatan mereka dapat kembali seperti semula? Cerita si pemilik toko buku Good Night dan pelukis yang bekerja di toko buku tersebut, akan menjadi daya pikat dari novel I’ll Go to You When the Weather is Nice. Penasaran dengan akhir kisah dari mereka? Miliki dan baca novelnya sekarang!

2. Letterbox 110 – Lee Do Woo

tombol beli buku

Masih dengan penulis yang sama, novel terbitan tahun 2016 karya Lee Do Woo ini mengisahkan seorang gadis bernama Gong Jinsol dan seorang lelaki bernama Lee Geon. Gong Jinsol ini merupakan penulis untuk sebuah acara di radio yang secara tiba-tiba dipasangkan dengan bos baru, Lee Geon–seorang program director yang berbakat.

Nahasnya, Geon pun seorang penulis yang mana Jinsol tidak terlalu menyukai bekerja dengan seorang penulis. Mengapa? Hal itu karena lazimnya seorang penulis tentunya penuh akan kritik. Bahkan, Geon kerap kali sesuka hatinya membuka catatan agenda milik Jinsol dan mengajaknya keluar di malam hari dengan dalih agar keduanya semakin akrab.

Ketika Jinsol mulai senang bekerja dengan bos barunya itu, muncul suatu perasaan baru di dalam hati, apakah itu cinta? Akan tetapi, mengapa Geon justru terlihat menghindari Jinsol?

Berbicara soal cinta, Letterbox 110 ini memberikan pelajaran banyak akan persoalan cinta. Perbedaan cara pandang terkait pemahaman mencintai dan dicintai menjadi tema utama yang menyelimuti kedua tokoh utama.

Tokoh Jinsol yang membenci suatu kerumitan dan hanya ingin hidup sederhana, serta Geon yang mempunyai permasalahan rumit dengan kisah percintaannya. Keduanya dipertemukan dalam satu atap kerjanya yang membuat apa yang mereka percayai menjadi abu-abu.

Jinsol yang ingin menjalani cinta dengan sederhana, pada akhirnya terkurung dalam kehidupan cinta Geon yang sangat amat rumit sehingga membuat dirinya menjadi seseorang yang penakut sampai melarikan diri dari Geon. sementara Geon yang mulanya tidak menyangka bahwa cinta itu akan mendekatinya, malahan tidak sadar bila hatinya sudah tercuri oleh Jinsol.

Memanglah terkesan rumit, terlebih persoalan cinta yang ada pada orang-orang di sekitar yang membuat hakikat cinta dalam novel ini akan semakin beragam. Membuat pemahaman baru pada pembaca mengenai berbagai wujud cinta di dunia. Membaca novel ini, pembaca akan terus dihadapkan dengan persoalan cinta yang tak ada lelahnya membuat kalian terkurung di dalamnya.

Novel ini sangat direkomendasikan bagi kalian yang tertarik untuk membaca kisah percintaan dengan segala kerumitan yang ada. Selamat membaca!

3. Love Alert – Seo Han Gyeol

Love Alert
Love Alert

tombol beli buku

Love Alert merupakan salah satu novel terjemahan bahasa Korea yang diterbitkan oleh Penerbit Haru pada tahun 2018 lalu. Novel dengan genre romansa ini memiliki alur campuran sebab mengisahkan terkait masa lalu dan masa depan dari tokoh Woo Hyeon dan Yoo Jeong.

Dikisahkan seorang aktris yang telah lama berkarier selama 15 tahun bernama Yoo Jeong. ia kerap memainkan sebuah drama romantis yang disebut cinta pertama masyarakat Korea dan romance queen. Yoo Jeong mempunyai popularitas tinggi. Hal itu terbukti bahwa anggota fan cafe-nya yang telah mencapai lebih dari 30 juta orang.

Selama 15 tahun itu Yoo Jeong belum pernah mempunyai hubungan asmara dengan siapapun. Ia masih mengingat jelas mengenai siapa first love-nya dan masih mempunyai janji untuk berjumpa dengan cinta pertamanya itu. Pada 15 tahun yang lalu, ia bersua dengan cinta pertamanya di acara perkemahan.

Cinta pertamanya merupakan seseorang yang mempunyai tingkat kepercayaan diri yang rendah dan pemalu sebab dirinya mempunyai luka bakar hampir di seluruh bagian tubuhnya. Keduanya bersepakat untuk bertemu satu tahun kemudian, tetapi Yoo Jeong tidak memenuhi janjinya itu. Ia sudah menunggu cinta pertamanya selama kurang lebih 17 tahun, tetapi sebelum di usianya yang 35 tahun, ia harus segera menikah, lantaran keinginan dari sang ibu.

Woo Hyeon merupakan seorang dokter spesialis kulit, mempunyai banyak pasien. Ia dokter yang rajin dan bersikap ramah serta baik kepada para pasiennya. Ia tak percaya pada cinta. Pemikiran dan perasaannya itu merupakan sebuah pengaruh yang pernah dialaminya pada 17 tahun lalu. Ia mempunyai cinta pertama yang begitu dirindukan dan penting di hidupnya.

Woo Hyeon masih menantikan cinta pertamanya walaupun ia tidak yakin dengan cinta pertamanya itu: Akankah ia juga merindukannya? Woo Hyeon kadang kala merasa kesepian dan khawatir bila dirinya telah memberikan seluruh perasaannya pada cinta pertamanya itu. Hal itu dibuktikan bahwa dirinya tidak pernah berniat apalagi berminat untuk menjalin sebuah hubungan dengan orang lain.

Kisah mereka baru dimulai saat Yoo Jeong menghadiri penghargaan artis nasional korea dalam acara Blue Dragon, Baeksan dan Cannes.

Novel ini memang terbilang tebal berkisar 670 halaman. Maka dari itu, jangan heran apabila isi dari novel ini sarat akan konflik yang padat, bahkan ketika membacanya akan ada sensasi menonton sebuah drama korea. Novel bergenre romansa ini akan membuat kalian terbawa suasana. Tertarik untuk membaca?

4. Last Love Story of Walden Brothers – Kim Rang

Last Love Story of Walden Brothers
Last Love Story of Walden Brothers

tombol beli buku

Last Love Story of Walden Brothers merupakan seri kedua dari Walden Brother’s Love Story karya Kim Rang. Novel setebal 312 halaman ini terbit pada 2018. Mengisahkan seorang lelaki yang mencintai seorang perempuan pada pandangan pertamanya. Lelaki tersebut rela untuk meninggalkan kekasih yang sudah dikencaninya selama kurang lebih lima tahun.

Lelaki yang bersikeras bahwa dirinya tidak mempunyai niat dan keinginan untuk berselingkuh sebab mencintai dua perempuan di waktu yang bersamaan. Lelaki yang rela melakukan apapun hanya untuk membuat perempuan yang dicintainya itu meyakini ketulusan cintanya.

Novel ini juga mengisahkan seorang wanita yang mempunyai trauma sehingga sangat sulit untuk memercayai akan adanya sebuah cinta. Perempuan yang dengan sengaja meredupkan, bahkan mematikan perasaan di hatinya untuk tidak terlibat pada sebuah cinta di dalam hidupnya. Ia menganggap bahwa cinta yang sesungguhnya hanya dapat dirasakan dari sang nenek.

Hyeon Dongwoo anak laki-laki kedua dari keluarga Hyeon pun merasa terheran sebab mengapa dirinya dapat menyukai seorang perempuan yang baru pertama kali dijumpainya. Tampak ada getaran aneh yang dirasakan olehnya saat bersama Ye Eun. Terlebih ketika selama lima tahun dirinya menjalin hubungan dengan Seyoung, ia belum pernah merasakan hal yang demikian.

Baca selengkapnya di novel Last Love Story of Walden Brothers

5. 4 Ways to Get a Wife – Hyun Go Wun

4 Ways to Get a Wife
4 Ways to Get a Wife

tombol beli buku

4 Ways to Get a Wife terbit pertama kali pada tahun 2013, kisah bermula dari tokoh Yoon Shin Hee yang kesal akan sikap Kim Geon Hyeong yang tidak mencegahnya saat ia hendak dinikahkan dengan pria lain oleh orang tuanya. Sampai akhirnya, Shin Hee memasang sebuah iklan pencarian seorang istri untuk Geon Hyeong.

Walaupun hidup dalam kondisi keluarga yang seadanya dan penuh akan utang, Kim Jung Woon tidak terima saat sang adik perempuannya mencalonkan diri sebagai istri dari Geon Hyeong. Ketika Jung Woon hendak membantu sang adik, ia justru terperangkap pada lakon yang diciptakan oleh Geon Hyeong guna menjauhkan Shin Hee dari sisinya.

Mulanya Jung Woon menolak, tetapi saat utang yang disisakan oleh pamannya dan dari pihak bank sendiri yang secara terus-menerus meminta Jung Woon untuk segera meninggalkan dan mengosongkan rumah peninggalan orang tuanya yang telah lama meninggal dunia. Jung Woon yang tidak berkuasa saat Geon Hyeong membayar lunas utangnya, hingga ia pun secara terpaksa berlagak menjadi pasangan dari Geon Hyeong sebagai balas budinya.

Novel ini mengangkat tema dengan bumbu drama Korea yang mana tokohnya menaruh rasa benci satu sama lain hingga akhirnya ada benih-benih cinta di hati. Selain itu, ada pula persoalan keluarga dan perebutan kekuasaan. Untuk konfliknya sendiri pun, terbilang ringan dengan alur cerita yang mengalir dengan baik sehingga membuat pembaca merasa jenuh.

Adapun berbagai karakter dari keluarga Kim Jung Won yang sangat unik. Selain memiliki sikap saling melindungi, di keluarganya memiliki buku peraturan hidup peninggalan dari orang tuanyanya yang wajib dipatuhi. Secara keseluruhan, novel ini cocok dan wajib dibaca, terkhusus bagi penyuka drama Korea.

6. The Stolen Years – Ba Yue Chang An

The Stolen Years
The Stolen Years

tombol beli buku

Cerita dari The Stolen Years ini sebenarnya merupakan skenario dari sebuah film yang kemudian dibuat menjadi bentuk novel. Kisahnya mengambil tema mengenai hilang ikatan, sekaligus memberikan kesempatan kedua bagi karakter di cerita yang membuahkan hasil menarik daya pikat bagi pembacanya sejak di awal bab.

Ba Yue Chang An selaku penulisnya sukses membuat penasaran terkait yang terjadi di masa lalu dan akankah tokoh utama tersebut dapat memperbaiki kesalahan yang pernah dilakukan di masa lampaunya.

Alur ceritanya terbilang cukup lambat sebab tokoh karakter utama, yakni He Man yang mengharuskan dirinya untuk beradaptasi dengan kehidupan asing dan mengumpulkan penggalan kenangan yang telah ia lepaskan ingatannya dari orang lain. Walaupun begitu, alur cerita yang terdapat dalam novel ini tetaplah mengalir dengan baik dan pembaca dapat menikmati teka-teki masa lalu dari tokoh He Man yang disingkap secara perlahan.

Secara keseluruhan, kisah di novel ini akan mengingatkan para pembaca dengan sikap lebih menghargai orang-orang yang dicintainya agar nantinya tak ada sebuah penyesalan ketika orang tersebut sudah hilang dari hadapan kita. Sebab tidak semua manusia memiliki kesempatan kedua bak tokoh Hee Man di novel ini. Selamat membaca!

7. Man of Pure Love – Hong Ban Ya

Man of Pure Love
Man of Pure Love

tombol beli buku

Man of Pure Love mengisahkan seorang mantan leader dari boyband ternama ‘Boys Be’, Yoon Do Jin namanya. Sejak boyband populer itu bubar, Do Jin memantapkan diri untuk bersolo karier. Ia merupakan seseorang yang bertalenta, tinggi, dan berparas tampan, tetapi memiliki sifat arogan dan terbilang buruk.

Meskipun demikian, Do Jin tetaplah dicintai oleh para penggemar setianya. Di samping itu, ada tokoh Lee Jin Su yang berprofesi sebagai seorang jurnalis untuk sebuah majalah entertainment. Ia berpenampilan acuh tak acuh, berambut keriting kecil, dan mengenakan kacamata dengan bingkai tebal.

Do Jin dan Jin Su sudah berkawan sejak keduanya duduk dibangku sekolah dasar kelas 3. Apabila mereka berjumpa, layaknya seekor anjing dan kucing. Selain Do Jin dan Jin Su, ada pula Gwon Young Ha, salah satu mantan anggota dari Boys Be yang baru saja kembali ke negeri ginseng itu.

Young Ha ini sebenarnya saingan berat dari Do Jin, baik itu dalam persoalan karier maupun dalam memperebutkan hati dari Jin Su. Kemudian, ada pula sosok Choi Ru Bi, ia merupakan artis berparas jelita yang diam-diam menyembunyikan perasaannya pada Do Jin.

Melalui novel ini, pembaca memiliki gambaran mengenai kehidupan selebritis Korea dan cara kerja jurnalis di sana dalam mencari sumber informasi untuk media berita. Saat membaca Man Pure of Love layaknya menonton sebuah drama Korea, terlebih akan dibawa pada alur cerita khas drama romantis komedi–menghibur dan jenaka.

Bagi yang menyukai ataupun hobi membaca novel terjemahan bahasa Korea, novel Man Pure of Love bisa dijadikan salah satu referensi bacaan yang sangat recommended.

8. Cheeky Romance – Kim Eun Jeong

Cheeky Romance
Cheeky Romance

tombol beli buku

Novel ini ditulis oleh Kim Eun Jeong dan terbit pertama kali pada tahun 2014. Cerita pada novel Cheeky Romance ini, secara garis besar mengisahkan upaya Yoo Chae, seorang wartawan yang selama ini hanya menjadi cadangan, tetapi secara tiba-tiba menjadi perhatian seluruh masyarakat dan memperoleh julukan sebagai ‘Ibu Hamil Nasional’.

Hak itu disebabkan oleh seorang dokter kandungan yang sekadar berniat mulia memikirkan kondisi bayi yang ada di dalam perut Yoo Chae. Dokter itu bernama Yoon Pyo. Oleh sebab perbuatannya tersebut, Yoon Pyo memperoleh julukan sebagai ‘Si Dokter Nasional’.

Namun, terbukti bahwa semua itu hanyalah sebuah kesalahpahaman. Kebinasaan karier Yoo Chae dimulai sejak saat itu dan cerita mereka berlanjut dari sana. Keduanya kembali dipertemukan dalam acara dokumenter yang mengharuskan mereka terlibat antara satu sama lain.

Kisah di novel ini memang khas cerita perfilman di Korea, menggemparkan, sensasional, dan tentunya menarik perhatian. Tidak hanya mengisahkan loveline antara kedua tokoh, melainkan tema kehangatan keluarga. Kedekatan antara keluarga Yoo Chae yang kerap bertengkar, tetapi saling menyayangi itu dikisahkan dengan sangat apik. Pun persoalan di keluarga Yoon Pyo yang nyatanya hanya sebuah kekeliruan.

Meski judul di novel ini bernuansa romansa, tetapi ceritanya tidak hanya menyuguhkan mengenai persoalan cinta, melainkan ada pula ilmu tentang kedokteran. Hal itu terbukti, seperti disinggung pula makanan yang harus dipantang ketika masa kehamilan, kemudian pentingnya melakukan pemeriksaan kandungan secara berkala, lalu proses melahirkan, dan berbagai penyakit yang ada pada organ dalam wanita.

Dengan kata lain, selain dapat menghibur, novel Cheeky Romance ternyata bernilai edukatif. Bagaimana? Tentu tertarik untuk membaca ‘kan?

Novel Romantis Korea Oktober 2021

1. Moon in the Spring – Hyun Go Wun

Moon in the Spring
Moon in the Spring

tombol beli buku

Novel dengan genre romance ini ditulis oleh salah satu penulis yang cukup terkenal di Korea, yaitu Hyun Go Wun. Ia juga sudah sukses membuat berbagai kisah yang dituangkannya ke dalam bentuk novel, bahkan beberapa di antaranya sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan diterbitkan oleh Penerbit Haru, salah satunya yang bertajuk Moon in the Spring ini. Meski novel ini sudah terbit cukup lama, yakni sekitar September 2014 lalu, tetapi novel ini wajib kalian baca sebab memuat kisah unik nan romantis.

Novel Moon in the Spring menceritakan kisah percintaan yang tidak lazim dan tentunya menarik. Cerita cinta antara seorang dewi dengan seorang manusia biasa yang dibalut dalam kisah fantasi.

Kisah ini berawal dari seorang bidadari nan cantik bernama Dal Hee. Namun, di balik parasnya yang cantik, ia memiliki sifat keras kepala dan bertindak seenaknya saja. Hal itu jelas berbeda dengan kakak laki-lakinya, yakni Hae Seong yang dapat beradaptasi dengan baik. Dapat dikatakan, Dal Hee adalah dewi yang kerap membuat onar di langit. Meski begitu, Dal Hee adalah calon dewi yang memiliki tingkat kejujuran baik.

Dal Hee sangat mengagumi pria-pria berparas tampan yang tinggal di dunia sebab dapat menghibur dirinya yang sedang bosan. Karena sifat Dal Hee yang tergesa-gesa, kerap membawa dirinya dalam masalah, salah satunya ketika ia melihat seorang gadis yang meminta bantuan dengan putus asa. Ia memiliki niat dan rencana untuk membantu manusia itu. Meski sang kakak telah mencoba untuk menghentikan tindakan gegabah Dal Hee, tetapi dirinya acuh tak acuh akan omongan yang kakaknya lontarkan.

Gadis malang itu bernama Yoon Ji Wan, dirinya telah dinyatakan meninggal di atas ranjang rumah sakit. Semua anggota keluarga merasakan duka yang mendalam, termasuk Kang Min Hyuk, yakni tunangan gadis tersebut.

Yoon Ji Wan merupakan putri pertama dari keluarga kaya raya, ia tinggal dengan Ibu tiri dan adik perempuan tiri. Ayahnya mewariskan harta kekayaan yang besar. Hal itu yang menjadi sebab Kang Min Hyuk ingin bertunangan dengan Yoon Ji Wan.

Yoon Ji Wan adalah gadis yang sangat menyedihkan serta memiliki kepribadian yang penurut dan pendiam. Hingga saat itu datang, saat di mana jiwa dari Yoon Ji Wan meminta pada Dal Hee agar dirinya mati. Namun, Dal Hee justru menghidupkan kembali jasad dari Yoon Ji Wan. Kemudian, jiwa Dal Hee masuk ke dalam tubuh gadis itu dengan tujuan guna membantu sang gadis membalaskan dendam Kang Min Hyuk yang nyatanya mengincar harta kekayaan Yoon Ji Wan saja.

Saat itu akhirnya Yoon Ji wan hidup kembali, tetapi jiwa yang ada di dalamnya ialah Dal Hee. Dengan sikap berbanding terbalik yang ada pada diri Yoon Ji Wan yang dahulu, membuat semua orang terkejut dan bingung, termasuk tunangannya sendiri, yaitu Kang Min Hyuk. Bagaimana tidak? Dahulu, Yoon Ji Wan dikenal sebagai gadis pendiam dan penurut, kini menjadi sosok pemberani dan tangguh, bahkan yang sebelumnya ia enggan untuk mencampuri urusan perusahaan milik Ayahnya kini memutuskan untuk memimpin perusahaan tersebut sendiri.

Bisa dikatakan Yoon Ji Wan terlahir kembali dengan sikap dan penampilan baru yang berbanding terbalik 180 derajat dari sebelumnya. Terlebih, Kang Min Hyuk yang sangat ingin menguasai perusahaan milik ayah Yoon Ji Wan itu, menjadi terhalang karena sikap Yoon Ji Wan yang berani dan kerap sinis pada Kang Min Hyuk.

Yoon Ji Wan berubah menjadi wanita yang sangat amat menarik dan berparas cantik meski pada awalnya Kang Min Hyuk terheran-heran, tetapi lambat laun dirinya mengagumi sosok baru dari Yoon Ji Wan ini. Tak hanya Kang Min Hyuk, sikap Yoon Ji Wan yang awalnya ketus, semakin lama dirinya bersikap lembut pada lelaki itu.

Seiring waktu berjalan, keduanya meletakkan perasaan yang sama di hatinya masing-masing. Hubungan Yoon Ji Wan dan Kang Min Hyuk beralih menjadi hubungan asmara.

Namun, di balik itu semua, Dal Hee telah melanggar peraturan Raja langit sebab dirinya telah masuk ke dalam tubuh manusia tanpa izin, hingga akhirnya Dal Hee mendapatkan hukuman. Dal Hee tak dapat mengelak perasaan itu pada Kang Min Hyuk, jiwanya yang ada pada tubuh Yoon Ji Wan jadi terlanjur mencintai lelaki itu yang pada awalnya sangat membencinya.

Adapun hukuman yang diberikan sang Raja, yaitu Dal Hee harus kembali ke langit dan tidak diizinkan untuk turun ke Bumi selama kurang lebih 100 tahun. Namun, apabila Dal Hee kembali ke langit, bagaimana dengan tubuh Yoon Ji Wan? Apakah Yoon Ji Wan akan kembali mati? Lalu, akankah Dal Hee merelakan perasaannya yang sudah terlanjur mencintai Kang Min Hyuk? 

Untuk mengetahui lebih lanjut terkait kisah cinta dewi langit–yang berada di tubuh Yoon Ji Wan–dengan Kang Min Hyuk, kalian bisa baca dan beli novel Moon in the Spring sekarang juga!

2. My Boyfriend’s Wedding Dress – Kim Eun Jang

My Boyfriend's Wedding Dress
My Boyfriend’s Wedding Dress

tombol beli buku

Novel My Boyfriend’s Wedding Dress ini ditulis oleh Kim Eun Jang dan telah terbit pada Desember tahun 2015 lalu. Novel ini menceritakan tentang wedding dress yang tertukar.

Kisah ini berawal saat Oh Ye Rin dan Han Se Kyoung, masing-masing dari keduanya memesan gaun pengantin pada perancang busana yang sama, yaitu Mario Emanulle asal Italia. Akan tetapi, kedua gaun pengantin itu justru dikirim ke alamat yang salah.

Gaun pengantin milik Han Se Kyoung dikirim ke Amerika, sedangkan gaun milik Oh Ye Rin dikirim ke Korea.

Han Se Kyoung merasa kebingungan dan tidak tahu mengapa gaun pengantinnya itu tertukar, tetapi dirinya tetap menggunakan gaun yang dikirim ke alamat rumahnya itu untuk hari pernikahannya. Han Se Kyoung memiliki niat untuk kabur dan memutuskan untuk membatalkan saja pernikahan dirinya dengan seorang pria kaya raya bernama Kim Hyo In.

Han Se Kyoung merasa bahwa dirinya menikahi Kim Hyo In bukan karena ia mencintai pria itu, melainkan karena Kim Hyo In mempunyai harta yang banyak.

Di samping itu, ada Oh Ye Rin yang dijodohkan oleh seorang pengacara mapan kepercayaan kakeknya itu, mengetahui bahwa gaun pengantinnya telah tertukar. Oh Ye Rin telah lama menginginkan dan mendambakan gaun pengantin rancangan dari perancang busana terkenal untuk dipakainya di hari sakralnya itu.

Akan tetapi, sayangnya yang sampai di hadapannya adalah gaun pengantin dengan model selutut yang mana dirinya tidak mengetahui itu milik siapa. Mendapati hal tersebut, Oh Ye Rin sangatlah marah sebab gaunnya tertukar dengan milik wanita asal Korea.

Akhirnya, Oh Ye Rin meminta tunangannya bernama Jo Hae Yoon untuk mencari dan menemukan gaun pengantin miliknya yang telah dikirim ke Korea. Namun, Jo Hae Yoon mempunyai phobia naik pesawat.

Akankah Jo Hae Yoon menuruti permintaan Oh Ye Rin untuk mendapati gaun pengantin tersebut yang dikirim ke Korea? Akankah Han Se Kyoung dan Oh Ye Rin mendapatkan gaun pengantin miliknya masing-masing? Temukan keseruan kisah tertukarnya gaun antara dua pasang calon pengantin, tentunya di novel My Boyfriend’s Wedding Dress.

3. Heart Shaped Tears – Ku Hye Sun

Heart-Shaped Tears
Heart-Shaped Tears

tombol beli buku

Novel Heart Shaped Tears ditulis oleh salah satu pemeran Geum Jan Di dalam serial drama fenomenal Boys Over Flower, yakni Ku Hye Sun (Goo Hye Sun). Terlepas dari ranah keartisannya, Ku Hye Sun adalah mantan aktris asuhan YG Entertainment yang dikenal pula sebagai seorang penulis, hingga akhirnya berhasil menerbitkan novel ini.

Novel Heart Shaped Tears yang ditulis olehnya telah diterbitkan ke dalam bahasa Indonesia pada Januari tahun 2020 lalu oleh penerbit Noura Books dengan penerjemahnya, yaitu Listya Ayunita Wardadie.

Di Korea Selatan sendiri, novel ini pertama kali terbit pada Mei tahun 2019 dan terjual sebanyak 30 ribu copy dalam seminggu, serta telah lebih dari 7 kali dicetak ulang.

Kisah ini berawal dari pertemuan So-Ju dengan Kim Sang Sik, yaitu saat Young Hee dan Cheol Su mengundang mereka untuk memberitahukan bahwa mereka (Young Hee dan Cheol Su) akan segera melangsungkan pernikahan.

So-Ju merupakan teman dari Young Hee, sedangkan Kim Sang Sik merupakan teman dari Cheol Su. Akan tetapi, saat itu, teman-teman dari Young He maupun Cheol Su, kesemuanya berbaur dalam satu meja, tetapi tidak dengan So-Ju. Dirinya memilih untuk duduk sendiri, terpisah dua meja dari mereka semua.

So-Ju adalah gadis nan cantik dengan mata bulat bak bulan purnama yang membuat Kim Sang Sik jatuh hati saat pandangan pertama. Dirinya merasa, selama ini ia belum pernah bersua dengan gadis semenarik So-Ju. Meskipun pada saat itu, So-Ju terlihat cukup misterius dan aneh.

Adapun nama So-Ju diberikan karena ayahnya adalah pecinta minuman memabukkan itu, ya So-Ju. Saat dirinya berusia 6 tahun, So-Ju dipukul oleh ayahnya menggunakan botol soju dan ditemukan dengan darah yang telah membeku di kepalanya.

Ayahnya terkapar meninggal dunia sebab gegar otak, sementara ibunya meninggal setelah melahirkan So-Ju. Hal tersebut yang melatarbelakangi ayahnya menyiksa So-Ju secara terus menerus sejak kecil.

Kembali pada malam itu, Kim Sang Sik memiliki maksud baik untuk mengantarkan So-Ju pulang sebab kondisinya yang sudah sangat mabuk karena telah minum soju terlalu banyak.

Awalnya So-Ju enggan, akhirnya ia mau. Kemudian, masalah terjadi saat di dalam mobil. Keduanya malah beradu mulut hingga So-Ju meminta Sang Sik menghentikan laju mobilnya itu dan So-Ju pun membuka pintu mobil saat mobil yang dikendarai Sang Sik sedang melaju. Hingga akhirnya, kecelakaan terjadi karena mobil Sang Sik menabrak pagar pengaman jalan.

Pertengkaran antara keduanya masih saja berlanjut, terlebih So-Ju enggan diantar ke rumah sakit untuk memeriksa kondisinya saat itu. Lalu, akhirnya Sang Sik membawa gadis itu ke rumahnya dan di situlah So-Ju justru mengajak Sang Sik untuk menikah. Setelah ucapan itu, tiba-tiba So-Ju menghilang tanpa kabar.

Memang, awalnya Kim Sang Sik bersikap acuh tak acuh akan gadis tersebut. Akan tetapi, lambat laun, dirinya merindukan dan menginginkan So-Ju agar terus berada di sisinya. Sayangnya, So-Ju kerap datang, kemudian pergi semaunya dan sulit untuk melacak keberadaannya.

Hanya Kim Sang Sik yang menahan rindu itu sendiri, bagaimana dengan So-Ju? Apakah dirinya merasakan hal yang sama? Mengapa So-Ju selalu datang, lalu pergi? Apa yang sebenarnya diinginkannya?

Temukan kisah kasih antara mereka berdua dan temani Kim Sang Sik dalam menahan rindu akan So-Ju, tentunya dengan membaca novel Heart Shaped Tears.

4. Mr. Sunshine – Kim Eun Sook

Mr Sunshine 1
Mr Sunshine 1

tombol beli buku

Novel ini ditulis oleh salah satu penulis skenario ternama, yakni Kim Eun Sook. Ia menjadi salah satu jaminan akan keberhasilan suatu produksi industri drama hiburan dan juga pertelevisian di Korea Selatan. Sudah banyak drama fenomenal yang telah ditulis olehnya, salah satunya adalah Mr. Sunshine.

Awalnya, judul Mr. Sunshine ini memang merupakan drama yang cukup fenomenal asal Korea Selatan, kemudian drama ini diadaptasi ke dalam bentuk novel dengan judul yang sama . Di Korea Selatan, novel Mr. Sunshine sudah masuk ke dalam novel best seller. Novel ini terbagi menjadi dua novel dengan judul yang sama pula.

Kisah ini berawal dari tokoh Eugene Choi yang memang sudah terlahir sebagai budak dan nekat melarikan diri ke negara Amerika. Saat Eugene Choi kembali ke Joseon, ia memiliki satu tujuan, yaitu membalaskan dendamnya. Baginya, Joseon adalah masa lalu yang amat kelam.

Di samping itu, ada tokoh Ae Shin adalah seorang perempuan tangguh yang sudah ditakdirkan terlahir sebagai seorang cucu dari salah seorang bangsawan di Korea Selatan. Kecintaannya akan Joseon membuat dirinya belajar dan berlatih menembak untuk bertempur melawan penjajah asing.

Kemudian, Dong Mae, berawal dari kekerasan yang dialaminya itu membuat dirinya tumbuh menjadi seorang penjagal, yakni ketua Geng Musin. Lalu, Hee Seong adalah cucu bangsawan yang malah merasa dirinya tak berdaya karena dirinya kerap mendapatkan cacian dan makian yang disebabkan oleh tindakan ayahnya dan sang kakek.

Terakhir, Hina Kudo adalah pemilik Hotel Glory yang memiliki kuasa, dirinya memperhatikan dengan saksama terkait konflik politik juga percintaan yang ada di depan matanya.

Kelima tokoh di atas memiliki maksud dan tujuannya masing-masing dan saling bertaut sebab adanya takdir. Lantas, akankah tujuan mereka semua berjalan dengan tanpa hambatan? Apabila disandingkan antara negara dan cinta, manakah yang akan dikorbankan?

Temukan jawabannya segera dengan membaca novel Mr. Sunshine 1 dan Mr. Sunshine 2.

Mr Sunshine 2
Mr Sunshine 2

tombol beli buku

Itulah informasi terkait beberapa Novel Romantis Korea yang wajib kalian miliki dan baca. Apabila Grameds tertarik dan ingin memperluas pengetahuan terkait bidang apapun atau ingin mencari novel dengan berbagai genre, tentu kalian bisa temukan, beli, dan baca bukunya di Gramedia.com dan Gramedia Digital karena Gramedia senantiasa menjadi #SahabatTanpaBatas bagi kalian yang ingin menimba ilmu.

Penulis: Tasya Talitha Nur Aurellia

Sumber: dari berbagai sumber