in

Rekomendasi Novel Horor Indonesia dengan Berbagai Kisah Yang Menarik

Rekomendasi Novel Horor Indonesia – Novel horor menjadi salah satu bacaan favorit masyarakat Indonesia saat ini. Novel horor menyajikan berbagai kisah seram dan misteri yang akan membuat pembaca penasaran dan terbawa suasana hingga merasa merinding dan ketakutan. Mungkin sensasi itulah yang disukai oleh para pecinta novel horor. Mengetahui banyaknya pembaca yang menyukai novel genre ini, muncul berbagai novel horor yang menyajikan berbagai kisah menarik. Berikut beberapa rekomendasi novel horor Indonesia dengan berbagai kisah menarik yang layak kalian baca.

Rekomendasi Novel Horor Indonesia dengan Berbagai Kisah Yang Menarik

  1. Danur

    Danur merupakan novel yang mengisahkan mengenai seorang gadis kecil bernama Risa. Risa merupakan seorang anak yang kesepian dan tidak memiliki teman. Kemudian datang seorang anak lelaki bernama Peter, yang saat itu mengaku sebagai tetangga Risa. Setelah berteman dengan Peter, Risa kembali kedatangan empat teman baru, yaitu Hans, Hendrick, William, dan Jahnsen. Kelima orang teman Risa tersebut sebenarnya adalah hantu Belanda. Risa yang awalnya tidak mengetahui bahwa kelima temannya tersebut adalah hantu, merasa sangat bahagia dengan kehadiran mereka. Setiap hari Risa selalu bermain dan bercanda bersama teman-temannya.

    Setelah satu tahun menjadi persahabatan dengan kelima temannya, Risa akhirnya menyadari bahwa teman-temannya tersebut adalah hantu. Namun, Risa tidak mempermasalahkan hal tersebut. Risa tetap bahagia dan terus bermain bersama lima orang teman yang berasal dari dimensi yang berbeda tersebut. Risa juga mendengarkan berbagai kisah dari para teman hantunya. Kelima teman Risa bercerita mengenai kesedihan kisah hidupnya di masa lalu. Peter bercerita bahwa saat dirinya berusia 13 atau 14 tahun ia merasa sangat kesepian. Ibu Peter dulu diculik saat pergi menemui temannya. Peter dibunuh dengan sangat kecam oleh tentara Nippon. Hans, Hendrick, Jahnsen, dan William juga menceritakan kisahnya masing-masing yang tak kalah tragis. Kelima hantu tersebut terkadang menunjukkan berbagai ekspresi, seperti marah, sedih, menangis tanpa air mata, hingga menampakkan wujud yang mengerikan. Namun, Risa tidak pernah merasa takut dengan hal tersebut.

    Setelah menjalin persahabatan selama beberapa tahun, terjadi saat di mana para sahabatnya merasa marah karena menganggap Risa telah ingkar janji. Saat itu Risa berjanji bahwa ia akan mengakhiri hidupnya agar dapat bersama dengan para sahabatnya selamanya. Risa merasa menyesal karena tidak dapat memenuhi janji tersebut. Risa telah mencoba berbagai cara untuk menepati janjinya tersebut, mulai dari mencoba memotong pergelangan tangannya hingga mencoba meminum berbagai obat dengan dosis tinggi. Namun, usahanya itu tidak ada yang berhasil. Risa dapat terus selamat dari percobaan bunuh diri yang dilakukannya. Karena itu, Peter dan teman-temannya yang lain pergi meninggalkan Risa dan tidak pernah muncul kembali selama belasan tahun.

    Setelah ditinggalkan oleh kelima sahabatnya, Risa bertemu dengan beberapa hantu lain, seperti Samatha dan Asih. Diceritakan bahwa Samantha adalah hantu yang selama 80 tahun menunggu kehadiran orang tuanya. Sedangkan Asih diceritakan sebagai arwah penasaran yang meninggal karena gantung diri. Selain kedua hantu tersebut, masih ada beberapa hantu lain yang datang di kehidupan Risa. Akan tetapi, Risa tetap merasa kesepian dan merindukan kelima teman lamanya karena hantu-hantu baru yang menemui Risa hanya datang dan berteman dalam waktu yang sebentar. Risa akhirnya bertemu kembali dengan kelima sahabatnya setelah dewasa. Peter, Hans, Hendrick, William, dan Jahnsen muncul untuk memberikan dukungan kepada Risa saat sedang melakukan rekaman lagu untuk albumnya. Hingga saat novel ini ditulis, kelima hantu tersebut diceritakan tetap bersama dan menemani Risa.

    Danur menjadi salah satu novel bergenre horor yang ditulis oleh Risa Saraswati. Novel dengan tebal 233 halaman ini pertama kali diterbitkan pada tahun 2011. Novel Danur dijual seharga Rp52.800,00 di Gramedia.com. Bagi kalian yang tertarik untuk mengetahui kisah Risa dan lima orang temannya secara lengkap dapat membeli novel Danur melalui tautan berikut.

    Novel Danur
    tombol beli buku

  2. Surat dari Kematian

    Surat dari Kematian merupakan novel bergenre horor yang mengisahkan mengenai sebuah surat misterus berisi mengenai perintah untuk melakukan hal aneh dan jika tidak dilakukan maka nyawa orang yang mendapatkan surat itu akan menjadi taruhannya. Reno, seorang mahasiswa Fakultas FEB, Universitas Gadjah Mada, menjadi salah satu orang yang mendapatkan surat tersebut. Awalnya ia hanya berpikir bahwa surat itu merupakan perbuatan iseng teman-temannya. Sampai pada suatu hari, tiba-tiba Reno menghilang tanpa jejak karena tidak memenuhi perintah yang diberikan surat itu.

    Hilangnya Reno menimbulkan kebingungan dan membuat gempar UGM, terutama Fakultas FEB. Beberapa minggu kemudian surat tersebut kembali diterima oleh mahasiswa lain dengan isi perintah yang berbeda. Surat tersebut berisi perintah untuk menari tanpa busana di dekat Gama Plaza sambil menyanyikan lagu Hymne UGM. Takut akan menghilang seperti yang dialami oleh Reno, akhirnya mahasiswa tersebut menuruti perintah aneh yang ada di dalam surat. Surat berisi perintah aneh tersebut kembali didapatkan oleh salah satu mahasiswa. Semua surat aneh yang diterima mahasiswa tersebut memiliki perintah yang berbeda, tetapi selalu ditutup dengan kata yang sama, DIE.

    Di sisi lain, terdapat dua orang mahasiswa bernama Kinan dan Zein yang meliput berbagai lokasi angker dan misterius di kampus UGM melalui channel Youtubenya, yaitu Liputan Alam Fana. Kinan sendiri sebenarnya tidak benar-benar percaya dengan adanya hantu jika tidak melihat dengan mata kepalanya secara langsung. Jadi, jika muncul hal aneh dalam video yang direkamnya, ia hanya merasa bahwa itu adalah ilusi atau kesalahan teknis. Sementara itu, Zein memang bisa melihat sosok tak kasat mata, tetapi jika ia menjelaskan kepada Kinan hanya akan berujung pada perdebatan, yang pada akhirnya Zein lebih memilih untuk mengalah.

    Setelah meliput berbagai tempat angker di UGM, Kinan dan Zein mencoba untuk meliput tempat lain. Sasaran kali ini adalah Gama Plaza, sebuah gedung terlantar yang berada di luar kampus UGM. Di gedung ini kabarnya ada seorang mahasiswa bernama Darius yang gantung diri di lantai empat. Alasan mengenai penyebab gantung dirinya mahasiswa ini masih belum pasti. Ada yang mengatakan bahwa penyebab Darius gantung diri karena sering dirundung teman-temannya serta ada juga yang mengatakan bahwa Darius gantung diri karena stres dengan beban kuliah. Zein kemudian beranggapan bahwa surat yang berisi perintah aneh berhubungan dengan kejadian bunuh diri ini.

    Zein yakin bahwa kata DIE merupakan singkatan dari nama lengkap Darius. Untuk memecahkan teka teki tersebut, Zein mencari tulisan tangan Darius dan dengan bantuan teman sekelas Darius, tulisan tangan Darius didapatkan. Tulisan tangan Darius ternyata sama persis dengan tulisan dalam surat perintah aneh.

    Surat dari Kematian merupakan novel bergenre horor yang ditulis oleh Adham T. Fusama. Novel dengan jumlah halaman 376 ini diterbitkan pada tahun 2018. Novel Surat dari Kematian dijual seharga Rp60.000,00 di Gramedia.com. Bagi kalian yang tertarik untuk mengetahui kelanjutan dari misteri Gama Plaza dan surat perintah aneh dalam novel ini dapat mengunjungi tautan berikut.
    Novel Surat dari Kematian
    tombol beli buku

  3. Wingit

    Wingit merupakan novel bergenre horor yang mengisahkan mengenai pengalaman Sara Wijayanto yang menemui sosok tak kasat mata. Novel ini terdiri dari tujuh bab, yang setiap babnya mengisahkan mengenai sosok berbeda yang berada di perumahan kosong yang terletak di Jakarta Timur. Bagian awal dari masing-masing bab dalam novel ini dimulai dengan awal mula pertemuan Sara Wijayanto dengan sosok yang akan diceritakan.

    Kemudian sosok tersebut menceritakan mengenai kisah hidupnya. Salah satu sosok yang diceritakan dalam novel ini adalah Siti. Siti menceritakan mengenai kisah hidupnya yang tidak dapat memilih jalannya sendiri karena lingkungan yang memaksa harus hidup dalam sisi gelap. Namun, dalam kegelapan hidup yang dijalaninya, Siti melihat sebuah cahaya dan berusaha untuk meraihnya unntuk meninggalkan kehidupan kelamnya. Namun, takdir Siti menentukan jalan lain. Semuanya harus terenggut sebelum Siti berhasil meraihnya.

    Beberapa sosok lain yang dikisahkan dalam novel ini, yaitu sosok Ningsih, Marni, dan Mary. Sara Wijayanto menceritakan semua sosok dalam novel ini dengan cukup detail dan menggunakan sudut pandang orang pertama sehingga pembaca dapat lebih mendalami dan merasakan isi cerita. Penjelasan masing-masing sosok dibuat dengan sangat jelas. Masing-masing sosok yang diceritakan dalam buku ini juga dibuatkan sebuah ilustrasi yang menggambarkan bagaimana sosok tersebut.

    Novel Wingit ditulis oleh Sara Wijayanto dan diterbitkan pada akhir tahun 2020. Novel dengan jumlah halaman 256 ini dijual seharga Rp75.000,00 di Gramedia.com. Bagi kalian yang tertarik dan penasaran dengan kisah pertemuan Sara dengan tujuh sosok tak kasat mata serta kisah hidup dari masing-masing sosok tersebut dapat membeli novel ini melalui tautan berikut.

    Novel Wingit
    tombol beli buku

  4. Journal of Terror: Titisan

    Journal of Terror Titisan merupakan novel bergenre horor yang menceritakan mengenai seorang anak bernama Sukma yang dapat melihat alam gaib. Alam gaib yang dimaksud bukan mengenai makhluk tak kasat mata biasa. Novel ini berisi mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan hantu, pesugihan, dan perdukunan, seperti Kuyang. Kuyang merupakan sejenis hantu berbentuk kepala tanpa tubuh yang berasal dari hasil pesugihan. Kuyang diceritakan sering mengincar janin dari Ibu hamil dan bayi yang baru lahir. Selain menyuguhkan berbagai kisah seram dan misterius tersebut, novel ini juga memberikan kisah sedih mengenai Sukma dan orang tuanya.

    Bagian awal novel ini memberikan kisah mengenai Sukma yang menunggu ibunya yang sedang dirawat di rumah sakit karena penyakit kanker yang dideritanya. Dalam novel ini juga dikisahkan dapat melihat malaikat pencabut nyawa, tetapi saat ibunya meninggal ia tidak dapat melihat sosok malaikat tersebut.

    Setelah ditinggal oleh ibunya, Sukma merasa sangat kesepian karena ia memiliki hubungan yang kurang baik dengan ayahnya. Sukma merasa bahwa kedua orang tuanya tidak pernah saling mencintai. Menurut Sukma, setelah menikahi ayahnya, ibunya kehilangan semangat hingga tidak pernah seceria saat masih muda dulu. Ayah Sukma juga tidak pernah terlihat ramah dengan ibunya serta lebih sering bepergian dibanding berada di rumah.

    Novel Journal of Terror Titisan merupakan novel horor yang ditulis oleh Sweta Kartika dan diterbitkan pada tahun 2020. Novel dengan jumlah 352 halaman ini dijual seharga Rp71.200,00 di Gramedia.com. Bagi kalian yang tertarik dan penasaran dengan kisah Sukma dan berbagai sosok gaib tersebut dapat membeli novel ini melalui tautan berikut.

    Novel Journal of Terror : Titisan
    tombol beli buku

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Laila Febrianti