in

35+ Rekomendasi Novel Fantasi Seru Terbaik

The Son Of Neptune - The Heroes Of Olympus #2

Rekomendasi Novel Fantasi – Siapa sih yang tak suka dengan novel bergenre fantasi? Novel dengan genre ini lazimnya digemari oleh banyak kalangan, mulai dari remaja hingga dewasa. Hal itu karena novel bergenre fantasi akan membawa kalian ke dalam dunia imaji yang mana tidak ada di kehidupan nyata. Bahkan, secara tidak langsung, pikiran kalian akan diajak untuk masuk ke dalam dunia khayal yang mengasyikkan dan menakjubkan.

Novel dengan genre fantasi yang sudah sangat fenomenal di kalangan masyarakat, di antaranya Harry Potter, Percy Jackson, The Lord of the Rings, dan semacamnya.

Untuk menambah referensi bacaan kalian, di bawah ini ada beberapa rekomendasi novel fantasi yang gak kalah seru dari Harry Potter maupun Percy Jackson. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini, ya!

Table of Contents

Update Rekomendasi Novel Fantasi  Bulan September 2022

Nyanyian Achilles (The Song of Achilles) – Madeline Miller

Nyanyian Achille
Nyanyian Achille

Yunani pada zaman para pahlawan. Patroclus, seorang pangeran muda yang kikuk, diasingkan ke istana Raja Peleus dan putranya yang sempurna, Achilles. Mereka tumbuh menjadi pemuda yang cakap dalam seni perang dan pengobatan, dan kedekatan mereka berkembang menjadi hubungan yang lebih dalam—meski sangat ditentang oleh ibu Achilles, Thetis, dewi laut yang kejam. Lalu tersiar kabar bahwa Helen dari Sparta telah diculik. Bimbang antara takut dan rasa sayang terhadap sahabatnya, Patroclus pergi bersama Achilles ke Troy, tanpa menyadari bahwa tahun-tahun selanjutnya akan menjadi ujian bagi semua yang mereka sayangi.

 

The Chronicles of Narnia #7: The Last Battle – C. S. Lewis

The Chronicles of Narnia #7: The Last Battle
The Last Battle

PERTEMPURAN TERAKHIR YANG TERDAHSYAT

Narnia…
tempat kebohongan melahirkan ketakutan… tempat kesetiaan diuji… tempat semua harapan seolah sirna. Pada hari-hari terakhir Narnia, tanah itu menghadapi tantangan terbesarnya—bukan dari kekuatan asing di luar melainkan musuh dari dalam. Kebohongan dan pengkhianatan menancapkan kuku, dan hanya sang raja serta sekelompok kecil pengikut setia yang bisa mencegah kehancuran semua yang mereka sayangi dalam kisah terakhir The Chronicles of Narnia.

 

Bungo Stray Dogs 1 – Kafka Asagiri

Bungo Stray Dogs 1
Bungo Stray Dogs 1

Doppo Kunikida adalah seorang detektif yang idealis sekaligus kaku dari “Biro Detektif Bersenjata”, sebuah biro dengan keahlian menyelesaikan kasus-kasus berbahaya yang tak bisa ditangani oleh kepolisian bahkan militer sekalipun.

Semua hal berjalan sesuai idealismenya… sampai dia harus berpasangan dengan pegawai baru yang mencurigakan, eksentrik, serta maniak bunuh diri yakni Osamu Dazai.

Bagaimana dua individu yang sangat berbeda bisa menjadi duo detektif top berkemampuan supranatural di Yokohama?

 

Teh dan Pengkhianat – Iksaka Banu

Teh dan Pengkhianat
Teh dan Pengkhianat

Dari penulis karya sastra pemenang Kusala Sastra Khatulistiwa 2014 kategori prosa., Semua untuk Hindia, hadir kembali tiga belas cerita pendek berlatar kolonial. Dalam Teh dan Pengkhianat kita diajak bertamasya lagi ke masa silam: ketika awal mula sepeda dipakai kaum bumiputra di Hindia Belanda, sewaktu wabah cacar mengancam sementara sarana dan prasarana transportasi masih terbatas, saat globe masih merupakan produk pencerahan budi yang mewah, tatkala rekayasa foto tidak bisa lai kecuali dilakukan dengan cara manual yang merepotkan, dan seterusnya.

Iksaka Banu menampilkan sejarah sebagai pergulatan manusia berikut susah-senang maupun kekecewaan dan harapan yang meliputi. Kebebalan ataupun nalar tiap generasi.

“Kehebatan Iksaka Banu adalah keberhasilannya ‘menghidupkan’ Belanda yang sudah pergi dari Nusantara sejak kita merdeka. Sebaliknya, penulis Belanda zaman sekarang gagal menampilkan pelaku utama Indonesia dalam karya-karya mereka, padahal kita sudah hampir tiga seperempat abad merdeka”–Joss Wibisono.

 

The Chronicles of Narnia #2: The Lion, the Witch and the Wardrobe – C. S. Lewis

The Chronicles of Narnia
The Chronicles of Narnia

MEREKA MEMBUKA PINTU DAN MEMASUKI SEBUAH DUNIA

Narnia…

dunia yang diselimuti musim salju abadi… negeri yang menunggu untuk dibebaskan.
Peter, Edmund, Susan, dan Lucy, dievakuasi ke desa saat perang. Tapi, tak lama kemudian mereka menemukan diri mereka menghadapi bahaya yang sesungguhnya ketika Lucy masuk ke dunia ajaib Narnia. Dunia tersebut dikutuk Penyihir Putih sehingga mengalami musim salju abadi. Hanya keempat anak serta singa agung, Aslan, yang bisa mematahkan kutukan jahat penyihir itu.

 

Update Rekomendasi Novel Fantasi  Bulan Agustus 2022

The Son Of Neptune – The Heroes Of Olympus #2 (Republish) – Rick Riordan

The Son Of Neptune - The Heroes Of Olympus
The Son Of Neptune

“Di selatan, di Negeri Nirdewa, mahkota legion bersemayam. Terjatuh dari es, putra Neptunus akan tenggelam.”

Saat terbangun dari tidur panjang, selain namanya sendiri, Percy hanya bisa mengingat satu nama lain Annabeth. Dia tidak bisa mengingat asal-usulnya ataupun penyebab banyak monster mengejar dan ingin membunuhnya. Tubuh Percy secara refleks berusaha melawan mereka dan bertahan hidup selama mungkin.

Dalam pelariannya dari para monster, Percy menemukan sebuah perkemahan khas Roma. Perkemahan yang ternyata berisi anak-anak blasteran. Namun, Percy merasa itu bukan tempatnya, walaupun dia tidak tahu apa alasannya. Dan, di sana dia menemukan sebuah ramalan yang harus dijalaninya.

Bersama dua rekan barunya Hazel dan Frank, Percy pun menjalani misi berbahaya untuk mencegah sebuah perang besar.

 

Charlie and The Chocolate Factory – Roald Dahl

Charlie and The Chocolate Factory
Charlie and The Chocolate Factory

Aku, Willy Wonka, telah memutuskan untuk mengizinkan lima anak mengunjungi pabrikku. kelima anak beruntung ini akan mendapatkan kesempatan untuk melihat semua rahasia dan sihir di dalamnya.

“Kaya humor. Dahl membiarkan imajinasinya melayang bebas.”
-The New York Times

 

The Tale of Shikanoko#1: Kaisar Delapan Pulau (Emperor of the Eight Islands) – Lian Hearn

The Tale of Shikanoko#1: Kaisar Delapan Pulau (Emperor of the Eight Islands)
Emperor of the Eight Islands

KAISAR DELAPAN PULAU (Emperor of the Eight Islands) Buku #1 seri Kisah Shikanoko Karya pengarang Tales of the Otori Sudah bertahun-tahun klan Kakizuki dan Miboshi berseteru, dan sekarang akhirnya berhadapan langsung. Kaisar hampir wafat dan masing-masing klan mendukung putra yang berlainan untuk menjadi penerus takhta. Lalu datanglah Kumayama no Kazumaru, pemuda yang tadinya merupakan ahli waris keluarga tapi disingkirkan sang paman dan ditinggalkan untuk mati di Darkwood.

Ia diselamatkan penyihir gunung Shisoku, tapi juga ditransformasi dengan ritual-ritual aneh. Sekarang bernama Shikanoko—anak rusa—dan memiliki topeng rusa magis, ia berjuang untuk mengarahkan nasibnya. Shikanoko ditangkap, dibebaskan, diperintah, dan dikontrol berbagai bangsawan dan orang bijak, ia makin lama makin menguasai kekuatan hutan. Berlatar rimba, kastel yang anggun, kuil tersembunyi, serta medan tempur yang ganas, inilah Jepang abad pertengahan. Tempat arwah hewan bertempur melawan prajurit, serta anak-anak menjelajahi alam yang tenteram namun mematikan.

 

Kembali Utuh (Unwind Distology #4: Undivided) – Neal Shusterman

Kembali Utuh (Unwind Distology #4: Undivided)
Kembali Utuh

Warga Proaktif, perusahaan yang menciptakan Cam dari bagian-bagian tubuh para remaja yang mengalami pemisahan raga, punya rencana militer baginya.

Namun, di balik rencana mengerikan itu, ada intrik mengejutkan lain: Warga Proaktif menyimpan teknologi yang dapat membuat proses pemisahan raga sama sekali tidak dibutuhkan. Ketika Connor, Risa, dan Lev membongkar rahasia mengejutkan ini, para remaja yang marah mulai bangkit, menuntut keadilan dan masa depan lebih baik. Tetapi, timbul lebih banyak masalah. Klub Pungut milik Starkey makin kuat dan militan. Mereka ingin membumihanguskan setiap kamp akumulasi dan menghabisi semua orang dewasa di sana—menghancurkan kemungkinan masa depan yang damai.

 

The Bliss Bakery Trilogy #2: A Dash of Magic – Kathryn Littlewood

The Bliss Bakery Trilogy #2: A Dash of Magic
A Dash of Magic

Pujian untuk Bliss: Kisah kuliner Kathryn Littlewood yang menyenangkan ini menggabungkan cita rasa emosi yang kaya dengan humor yang memesona sehingga menghasilkan seporsi besar petualangan keluarga yang jenaka yang penuh taburan humor dan cerita petualangan keluarga yang menyenangkan buku yang bisa membuatmu sangat bahagia

Bliss adalah bacaan yang menarik dan membuatmu penasaran dengan kelanjutan kisahnya Lezat dan sangat lucu.Para pembaca yang suka humor slapstick dan petualangan fantastis akan sangat suka dengan novel debutan yang mengagumkan ini.Buku yang membuatmu sulit berhenti membacanya. Voice of Youth Advocates (VOYA) Novel perdana Littlewood memadukan ketulusan dan kekonyolan dengan akhir kisah yang sangat menghibur.Publishers Weekly Kelucuan yang mewarnai kisah manis ini menekankan nilai kekeluargaan dan pembaca akan sangat terbhibur dengan keeksentrikan Keluarga Bliss. School Library Journal Kisah yang manis (tapi tidak berlebihan) punya banyak kejutan dan makna yang mendalam. Alur yang pas dan gaya penceritaan yang jenaka membuat segera terbahak.“Bulletin of the Center for Children Books

 

Update Rekomendasi Novel Fantasi Juli 2022

Alvaro Aurora – Faradilla Azzahra

Alvaro Aurora
Alvaro Aurora

“Tolong izinin gue buat jadi cowok yang lebih baik di hati lo, Ra!” Ucap Alvaro menatap mata Aurora begitu dalam. Aurora pun menyadari tatapan itu dan ikut terbawa oleh tatapan Alvaro.

Alvaro Ganendra Pratama, seorang cowok “Most Wanted” yang selalu berhasil mencuri hati setiap siswi di SMA Nasional yang melihatnya. Dia bukanlah seorang bad boy, melainkan hanya ketua Tim Futsal yang memiliki wajah tampan dan tatapan mata yang sangat teduh.

Semua hati perempuan mampu ditaklukannya dengan mudah, namun kecuali hati, Aurora Reveena Azzahra. Gadis manis yang selalu ceria ini, begitu berbeda dan spesial bagi Alvaro. Perjuangan Alvaro mendapatkan Aurora semakin berat, ketika muncul cowok lain yang berusaha juga meluluhkan hati Aurora. Namun, bukan Alvaro namanya, jika ia menyerah dan tak bisa mendapatkan setiap hati yang diinginkannya.
Apakah Alvaro bisa membuat Aurora menjadi miliknya?
Lalu, mampukah Alvaro dan Aurora menjadi sepasang kekasih yang saling melengkapi?
Atau sebaliknya, justru hati Aurora jatuh kepada hati yang salah?

 

The Blood Of Olympus-The Heroes #5 – Rick Riordan

The Blood Of Olympus-The Heroes #5
The Blood Of Olympus-The Heroes #5

Api Yunani berkobar … membakar sebagian besar monster. Tanah menggemuruh. Semua gelembung membrane berlendir meletus, mengepulkan debu. Setetes jatuh dari dagu Percy … mendarat di tanah … mendesis seperti seperti air di wajan. Darah Olympus mengairi bebatuan kuno.

Para raksasa bangkit, menyebar di sepenjuru dunia. Mereka mengumpulkan bala tentara—dewa-dewi yang terbuang dan para monster—yang rela menghancurkan demigod. Mereka memburu darah dua demigod, demi membangkitkan Gaea, sang Ibu Bumi.

Ketujuh demigod pemegang ramalan berusaha bertahan hidup dari serangan serta menyatukan Perkemahan Jupiter dan Perkemahan Blasteran. Mereka bahkan tak bisa mengharapkan bantuan para dewa.

Waktu yang dimiliki Percy dan kru Argo II tidak banyak. Pembagian tugas dilakukan, peran masing-masing ditentukan. Mereka harus bergegas mencegah kebangkitan Gaea, dalam sebuah pertarungan hidup dan mati.

 

The Bliss Bakery #5: Magic In The Mix – Kathryn Littlewood

The Bliss Bakery #5: Magic In The Mix
The Bliss Bakery #5: Magic In The Mix

Dua hal yang tak pernah Rose bayangkan: terbang ke Italia demi menyelamatkan sang bibi yang diculik Count Caruso dan menyamar menjadi anggota No Direction, boy band paling tenar di dunia.

Namun, tidak ada yang lebih mengejutkan Keluarga Bliss selain San Caruso, tempat Bibi Lily disekap. Kota itu lengang, semua penduduk berwajah muram, dan hanya ada satu hal yang boleh dijual dan disantap di sana: cupcake mini dalam berbagai varian warna dan rasa. Rasa kubis rebus? Rasa nanas? Steik, mungkin? Tenang, semuanya tersedia.

Namun, pada saat yang sama, Calamity Falls juga dilanda bencana: serangan gula bubuk, banjir soda, dan jaring-jaring permen kapas yang memenuhi kota. Penduduk terperangkap! Mana yang harus Rose dahulukan? Sang bibi, atau kota tempatnya tinggal?

 

Teardrop#1: Air Mata – Lauren Kate

Teardrop#1: Air Mata
Teardrop#1: Air Mata

Eureka tidak bisa bangkit dari kepedihan karena kepergian ibunya. Sang ibu meninggal saat mereka mengalami kecelakaan yang membuat ibu dan anak itu tenggelam ke lautan yang dalam. Meski selamat, Eureka menjadi pribadi yang berbeda. Ia tak lagi mencintai hal-hal yang dulu ia cintai, ia berubah menjadi pemurung, bertanya-tanya kenapa dirinya bisa selamat dari peristiwa mengerikan itu. Ia ingin pergi jauh, tapi seseorang menahannya. Ander. Cowok bermata sebiru lautan itu selalu ada ke mana pun Eureka pergi. Ander mengenalkan Eureka pada dongeng kuno tentang gadis yang air matanya sanggup membanjiri daratan dan menjadikannya lautan. Dan tiba-tiba, kecelakaan yang ia alami dulu dan kemunculan Ander terasa berkaitan, membuat Eureka bertekad menguak misteri itu.

 

Crooked Kingdom – Leigh Bardugo

Crooked Kingdom
Crooked Kingdom

Kaz Brekker si Tangan KOtor dan krunya, enam preman jalanan Barrel, kembali ke Ketterdam. Mereka seharusnya pulang sebagi jutawan, tapi malah ditipu habis-habisan dan berakhir sebagai buronan. Kekurangan modal dan kehilangan sekutu yang bisa diandalkan, mereka hampir putus asa. Situasi semakin pelik ketika utusan berbagai negara dari seluruh penjuru dunia menjejakkan kaki di kota demi mencari tahu soal ramuan rahasia yang konon sangat berharga. Seakan masalah tersebut belum cukup pelik…

Inej sang Siluman terpisah dari geng.
Jesper kedatangan tamu yang tak disangka-sangka.
Wylan menguak rahasia masal lalu yang tersembunyi di desa.
Nina kehilangan kesaktiannya sebagai Grisha.
Matthias mengalami pergulatan batin setelah kehilangan apa yang diimaninya.
Kaz sendiri masih harus berjuang melawan trauma masa kecilnya.

Musuh-musuh lama kembali dan seteru-seteru baru muncul adu untuk adu siasat dengan si Tangan Kotor sekaligus menguji kesetiaan rekan-rekannya. Perang bakal terjadi di gang-gang sempit dan kanal-kanal berliku. Pada akhirnya, dapatkah Kaz memenangkan pertarungan dan menjadi raja di kotanya sendiri?

 

Update Rekomendasi Novel Fantasi Juni 2022

Ther Melian: Reminiscence – Shienny M.s

Ther Melian: Reminiscence - Shienny M.s
Ther Melian: Reminiscence – Shienny M.s

Setelah dinyatakan tak bersalah atas serangan Necrus yang nyaris membumihanguskan Dominia, Lucca akhirnya kembali dari Falthemnar untuk bersama dengan Elya. Mereka mulai menikmati kebersamaan, ketika sekelompok Elvar yang dipimpin oleh Kyre datang untuk Lucca. Kyre menuduh Lucca atas kejahatan yang terjadi di masa lalu, saat dia masih menjadi Sylvar. Pada saat bersamaan, seorang wanita Elvar datang mengajak Lucca menapak tilas masa lalunya demi melacak Erzel, pria yang pertama kali menciptakan Necrus Raksasa.

Keadaan menjadi semakin gawat ketika simpatisan Recion–mendiang ibu angkat Lucca–muncul dan menculik Elya dalam upaya putus asa mereka untuk menemukan Erzel. Ketika sepertinya tak ada seorang pun di sekitar mereka yang bisa dipercaya, Elya sekali lagi harus berpacu dengan waktu untuk mengembalikan ingatan Lucca demi menemukan Erzel dan menghentikan terciptanya pasukan Necrus untuk selamanya. Hanya saja kali ini, dia mungkin tak bisa lagi memercayai Lucca….

Little Magacal Piya x Sky Academy – Cindyana H

Magacal Piya x Sky Academy Cindyana H Little
Little Magacal Piya x Sky Academy Cindyana H

“Pada awalnya, Rin tidak terlalu memedulikan fenomena aneh yang hangat dibicarakan banyak orang. Fenomena di mana remaja-remaja Jepang seumurannya tiba-tiba saja hilang tak berbekas. Namun, setelah melihat kakak sahabatnya lenyap di depan matanya, mau tak mau Rin harus percaya dengan hal itu.

Kepindahan Rin sekeluarga ke negara lain tidak membuatnya terhindar dari fenomena itu. Rin menghilang tanpa peringatan apa pun. Ketika sadar, dia sudah berada di tengah hamparan rumput luas. Menurut Tazu—orang pertama yang Rin lihat pascabangun dari pingsan—saat ini Rin berada di dunia sihir. Meski sulit percaya, Rin akhirnya mencoba menerima kenyataan.

Rin bisa saja menjalani dengan baik hari-harinya sebagai penyihir di Klan Magacal, seandainya dia bukanlah penyihir incaran Klan Blackmix, sang Musuh Besar. Bersama kerumitan yang harus dihadapinya, kepingan masa lalu yang pernah dilupakannya mulai timbul kembali.

“Apa pun bisa berubah, hari ini aku memercayai kalimat itu.””

 

Alaia – Raden Chedid

Alaia - Raden Chedid
Alaia – Raden Chedid

Dia masih hidup
Keturuan sang Raja Siren dan Ratu Mermaid

Menjalin hubungan terlarang
Memecahkan kutukan
Menentang permainan alam yang bersebunyi di jantung laut

Siapa yang akan bertahan hingga akhir?
*
ALAIA
Putri yang mulia dari lautan

 

Teardrop #1: Air Mata – Lauren Kate

Teardrop #1: Air Mata - Lauren Kate
Teardrop #1: Air Mata – Lauren Kate

Eureka tidak bisa bangkit dari kepedihan karena kepergian ibunya. Sang ibu meninggal saat mereka mengalami kecelakaan yang membuat ibu dan anak itu tenggelam ke lautan yang dalam. Meski selamat, Eureka menjadi pribadi yang berbeda. Ia tak lagi mencintai hal-hal yang dulu ia cintai, ia berubah menjadi pemurung, bertanya-tanya kenapa dirinya bisa selamat dari peristiwa mengerikan itu. Ia ingin pergi jauh, tapi seseorang menahannya. Ander. Cowok bermata sebiru lautan itu selalu ada ke mana pun Eureka pergi. Ander mengenalkan Eureka pada dongeng kuno tentang gadis yang air matanya sanggup membanjiri daratan dan menjadikannya lautan. Dan tiba-tiba, kecelakaan yang ia alami dulu dan kemunculan Ander terasa berkaitan, membuat Eureka bertekad menguak misteri itu.

Hewan-Hewan Fantastis dan Dimana Mereka Bisa Ditemukan – Jk Rowling, Jack Thorne, John Tiffany

Hewan-Hewan Fantastis dan Dimana Mereka Bisa Ditemukan
Hewan-Hewan Fantastis dan Dimana Mereka Bisa Ditemukan

J.K. Rowling mengundang kita menjelajahi era baru Wizarding World… Penjelajah dan Magizoologist Newt Scamander baru saja selesai keliling dunia untuk mencari makhluk-makhluk sihir paling langka dan ganjil. Ketika sampai di New York, ia hanya berniat mampir sebentar. Namun, ketika koper Newt tertukar dan beberapa makhluk fantastisnya kabur, masalah pun dimulai…

Fantastic Beasts and Where to Find Them merupakan skenario pertama yang ditulis J.K. Rowling, pengarang seri terkenal Harry Potter. Film ini dibintangi pemenang Academy Award® Eddie Redmayne sebagai Newt Scamander. Kisahnya terjadi lima puluh tahun sebelum cerita Harry Potter dimulai dan memiliki tokoh-tokoh luar biasa, merupakan kisah tentang persahabatan, sihir, dan kekacauan, penuh dengan petualangan.

 

Update Rekomendasi Novel Fantasi Februari 2022

Penguasa Bayangan ( A Gathering Of Shadows)

Penguasa Bayangan ( A Gathering Of Shadows): V. E. Schwab
Penguasa Bayangan ( A Gathering Of Shadows): V. E. Schwab

Empat bulan telah berlalu sejak Batu Bayangan jatuh ke tangan Kell. Empat bulan sejak jalan hidupnya bersilangan dengan Delilah Bard. Empat bulan sejak Rhy terluka serta si kembar Dane tumbang, dan batu itu terlempar ke London Hitam bersama tubuh sekarat Holland. Kell gelisah, ia didatangi mimpi-mimpi tentang berbagai peristiwa sihir menakutkan. Saat terjaga, ia memikirkan Lila, karena gadis itu menghilang begitu saja di dermaga.

Ketika London Merah bersiap untuk Pertandingan Elemen—kompetisi sihir internasional untuk menghibur serta menjaga hubungan dengan negara-negara tetangga—ada kapal bajak laut mendekat, membawa teman-teman lama. Namun, sementara London Merah tenggelam dalam ingar bingar dan keriuhan Pertandingan, London lain hidup lagi, dan orang-orang yang dianggap hilang selamanya pun kembali. Bukankah bayangan yang hilang pada malam hari, muncul lagi pagi harinya? London Hitam bangkit kembali, dan, untuk menjaga keseimbangan sihir, London lain harus jatuh.

 

Buku Anak Harry Potter dan Kamar Rahasia

Buku Anak Harry Potter dan Kamar Rahasia: J.k. Rowling
Buku Anak Harry Potter dan Kamar Rahasia: J.k. Rowling

“Banyak yang dialami Harry Potter pada libur musim panasnya kali ini, di antaranya: ulang tahun paling payah, aneka peringatan menyeramkan dari peri-rumah bernama Dobby, dan kabur naik mobil terbang dari rumah keluarga Dursley bersama sahabatnya, Ron Weasley!

Sekembalinya di Sekolah Sihir Hogwarts, Harry mendengar berbagai bisikan aneh menggema di koridor-koridor kosong—lalu serangan-serangan pun mulai. Para murid ditemukan dalam keadaan membatu…

Peringatan mengerikan Dobby seolah jadi kenyataan.”

 

 

Buku Anak Harry Potter dan Tawanan Azkaban

Buku Anak Harry Potter dan Tawanan Azkaban: J.k. Rowling
Buku Anak Harry Potter dan Tawanan Azkaban: J.k. Rowling

Ketika Bus Ksatria membelah kegelapan malam dan berhenti mendadak di hadapan Harry Potter, maka dimulailah tahun ajaran berikutnya di Hogwarts yang jauh dari biasa-biasa saja.

Sirius Black, pembunuh massal dan pengikut Lord Voldemort, kabur dari penjara Azkaban— dan konon dia memburu Harry.

Pada pelajaran Ramalan pertama, Profesor Trelawney …

 

The Lost Hero – The Heroes Of Olympus #1 (Republish)

The Lost Hero - The Heroes Of Olympus #1 (Republish): Rick Riordan
The Lost Hero – The Heroes Of Olympus #1 (Republish): Rick Riordan

“Tujuh Demigod akan menjawab panggilan, karena badai atau api dunia akan terjungkal.”

Tiga Demigod baru bergabung di Perkemahan Blasteran.
Jason yang tidak bisa mengingat jati dirinya. Piper yang penuh misteri, dan Leo dengan kemampuan mekaniknya yang luar biasa.
Bersama-sama, ketiganya mengemban sebuah misi penyelamatan.
Misi yang juga akan mengungkap sebuah rahasia besar mereka pada masa lalu.
Bergabunglah dengan para Demigod dari Perkemahan Blasteran dan nikmati petualangan serunya!

 

The Mark Of Athena – The Heroes Of Olympus #3

The Mark Of Athena - The Heroes Of Olympus #3: Rick Riordan
The Mark Of Athena – The Heroes Of Olympus #3: Rick Riordan

Rencana Annabeth menjemput Percy dengan damai ternyata gagal dilakukan. Leo mengacau dan membuat Perkemahan Jupiter memburunya. Namun, misi Ramalan Tujuh harus tetap dilaksanakan. Dibayangi kejaran para mata-mata dan pasukan demigod Roma, Percy, Frank, Hazel, Jason, Piper, Leo, dan Annabeth tetap berusaha mencegah rencana jahat Gaea, berlayar menuju negeri kuno di Roma.

Dalam perjalanan penuh tantangan itu, Annabeth yang baru saja merasakan sedikit kebahagiaan setelah bertemu Percy, menyimpan kegalauan. Titah sang Ibu, Athena, untuk mengikuti Tanda Athena dan menghancurkan Roma terus membebaninya. Haruskah dia mengkhianati Percy dan teman-teman Roma barunya demi mengikuti Tanda Athena?

Bersama empat narator, Mark of Athena akan membawa kita ke dalam petualangan melintasi angkasa dan samudra yang penuh jebakan dan teror mengerikan.

 

 

Update Rekomendasi Novel Fantasi Januari 2022

Bumi Karya Tere Liye

Bumi - New Cover

Tere Liye kembali mengkreasikan imajinasinya kedalam kedalam beberapa rangkaian novel. Bumi, merupakan rangkaian awal dari kisah sekelompok anak remaja berkemampuan istimewa. Mereka yang istimewa, mampu pergi ke dunia pararel bumi, bertemu dengan klan lain dan berhadapan dengan Tamus yang memiliki ambisi membebaskan si Tanpa Mahkota dan kemudian, menguasai bumi. Perkenalkan, Raib, seorang gadis belia berusia lima belas tahun yang tidak biasa. Dia bisa menghilang. Jangan beritahu siapapun, Itu adalah rahasia terbesar yang tak pernah ia ceritakan pada siapapun, termasuk kedua orangtuanya. Kehidupannya tetap berjalan normal, meskipun untuk dirinya sendiri. tidak jarang Raib menjahili orangtuanya dengan tiba-tiba menghilang, lalu muncul kembali secara tiba-tiba membuat kaget kedua orangtuanya. Tere Liye memberikan banyak kejutan ditiap halaman yang direpresentasikan oleh Raib, membuat pembaca dapat menikmati cerita yang seolah tidak akan ada habisnya. Tere Liye berhasil meracik buku ini sebagai bahan baca para pecinta novel sastra maupun fantasi.

Bulan Karya Tere Liye

Bulan

Petualangan Raib, Seli, dan Ali berlanjut.Beberapa bulan setelah peristiwa klan bulan, Miss Selena akhirnya muncul di sekolah. Ia membawa kabar menggembirakan untuk anak-anak yang berjiwa petualang seperti Raib, Seli, dan Ali. Miss Selena bersama dengan Av akan mengajak mereka untuk mengunjungi klan matahari selama dua minggu. Av berencana akan bertemu dengan ketua konsil klan matahari, yang menguasai klan matahari sepenuhnya untuk mencari sekutu dalam menghadapi Tamus yang diperkirakan akan bebas dan juga membebaskan raja tanpa mahkota. Sesampainya mereka di Klan matahari, mereka disambut oleh festival bunga matahari. Hal yang tidak pernah disangka oleh Av dan Miss Selena adalah ketua konsil klan matahari yang meminta Raib, Seli, Ali, dan Ily untuk menjadi peserta ke-10 dari festival bunga matahari. Setelah perdebatan yang amat panjang, akhirnya rombongan Raib menerima tawaran itu.

Cukit, Sang Penyihir dan Sang Naga (The Fork, The Witch and the Worm)

Cukit, Sang Penyihir dan Sang Naga (The Fork, The Witch and the Worm)

Rule Of Wolves

Rule of Wolves

Bersamaan dengan bangkitnya musuh dari masa lalu yang tak disangka-sangka, momok mengerikan menyerang seluruh negeri. Lahan-lahan subur seketika berubah menjadi segersang selubung bayangan. Rakyat kian kesulitan dan Nikolai Lantsov, Raja Ravka, masih meraba-raba harus berbuat apa. Dia juga harus mengatur siasat diplomasi dengan Shu Han di selatan yang sudah mengirim prajurit untuk menghabisi nyawanya, sementara pasukan Fjerda di utara siap meluncurkan serangan demi melengserkan sang raja belia dari takhta. “Namanya juga Ravka. Kabar buruk tidak ada habisnya.” Terkepung dari segala sisi, Nikolai lagi-lagi harus mengerahkan segenap upaya untuk mempertahankan negerinya—termasuk mengeluarkan monster iblis dari dalam dirinya, memanggil Sang Kudus Matahari yang kabarnya telah tiada, mengirim sahabatnya sendiri ke misi penuh spekulasi, menyewa jasa pencuri bertangan kotor beserta krunya, mengandalkan mata-mata tunggal di jantung pertahanan serigala, serta melepas sang jenderal pemanggil badai yang diam-diam mencuri hatinya. Akankah kali ini nasib baik berpihak kepada Ravka, atau haruskah Nikolai menyaksikan negeri itu hancur pada akhirnya?

 

The Trouble With Perfect

The Trouble With Perfect

Hal aneh terjadi di Kota Perfect yang seharusnya aman sentosa—barang-barang dicuri, bahkan anak-anak pun menghilang. Semua orang menuduh bahwa Boy-lah pelakunya. Violet, sahabat Boy, tentu tidak percaya begitu saja. Namun, banyak saksi mata menyaksikan saat Boy beraksi. Meski sempat kesal kepada Boy, akhirnya Violet pun berusaha mengungkap kebenaran di baliknya. Ia harus menyibak rahasia tentang masa lalu, juga menghadapi monster mengerikan. Town sedang dalam masalah. Dan semua tergantung pada Violet.

Update Rekomendasi Novel Fantasi November 2021 Yang Seru & Menakjubkan Terbaik

1. Tujuh Kelana – Nellaneva

Tujuh Kelana
Tujuh Kelana

Tujuh Kelana adalah karya Nellaneva, penulis cerita fantasi asal Indonesia. Bagi yang belum terbiasa akan cerita dalam novel fantasi, kalian dapat mencoba untuk memulainya dengan membaca novel Tujuh Kelana. Novel yang diterbitkan pada tahun 2020 ini adalah novel lokal yang menyuguhkan kisah fantasi menakjubkan dan tentunya menegangkan.

Cerita dalam novel ini berawal saat Zarra dan Dion, dua manusia yang secara tidak sengaja mendapati sebuah permata merah yang mana permata itu merupakan potongan kunci pada sebuah portal atau gerbang. Selain itu, mereka membuat potongan kunci tersebut melahirkan sinar terang saat manusia lain tidak dapat melakukannya, bahkan para Kaum Pelindung pun merasakan kesakitan saat menyentuh dan memegang permata ini.

Namun, siapa sangka bahwa nyatanya terdapat tujuh permata yang sama yang sudah disebarkan di penjuru dunia. Ketujuh permata itu sendiri adalah sebuah kunci atas portal ajaib yang berada di sebuah pulau, Pulau Keramat namanya.

Alur cerita dalam novel ini mempunyai fast pace sebab sedari awal sudah ditaburkan dan masuk ke dalam sebuah konflik serta persoalan yang ada. Para pembaca tidak perlu bersua dengan berbagai cerita pembuka yang cenderung panjang yang kadang kala tidak berkaitan dengan inti dari cerita novel.

Selain itu, pembangunan pada plot ceritanya pun terbilang kokoh, tidak akan membuat pembacanya merasa terburu-buru saat membacanya sebab semuanya sudah dijabarkan dengan gamblang dan tidak akan memicu sebuah tanda tanya besar. Kemudian, penggunaan media mimpi untuk menjabarkan hubungan antara sosok Zarra-Dion dan Lyra-Leon merupakan tindak-tanduk yang sangat cerdas.

Pembaca dapat mengetahui dan memahami cerita lengkap di antara keduanya, bahkan sampai ke akar persoalan secara bulat dan tepat tanpa adanya unsur pemaksaan sama sekali pada cerita di novel ini.

Bagi yang belum membaca novel fantasi Tujuh Kelana ini, yuk segera miliki dan baca novelnya sekarang juga.

2. Retrace – Ashara

RETRACE
RETRACE

Novel dengan genre fantasi ini mengambil latar di Maine. Meskipun penulisnya merupakan orang Indonesia, tetapi semua tokoh di novel Retrace ini adalah tokoh Barat. Dapat dikatakan, saat membaca novel ini seakan membaca buku terjemahan. Novel setebal 252 halaman ini mengisah Savannah yang merupakan kaum X-O atau orang-orang yang mempunyai kemampuan super tidak terlalu disenangi.

Mengapa? Hal itu karena mereka kerap kali mendatangkan masalah dengan kemampuan dan kekuatan yang tidak mampu dikontrol oleh mereka sendiri. Tidak hanya itu, terdapat pula kaum X-O yang mengincar mereka sehingga terpaksa melakukan persembunyian.

Savannah sendiri merupakan ketua dari klan Black Phoenix. Klan yang dimilikinya terbilang kecil dengan anggota yang hanya terdiri dari tiga orang. Savannah menganggap bahwa anggota dari klan Black Phoenix merupakan keluarganya. Hingga suatu hari, seseorang yang tidak dikenal hadir di markas mereka dengan membaca semacam kode akses yang hanya dipunyai oleh mantan tunangan Savannah.

Secara tiba-tiba markas milik klan Black Phoenix dihancurkan dan Savannah terpaksa kehilangan para temannya itu. Sebagai bentuk balas dendam dan memperoleh jawaban atas semuanya, Savannah hanya dapat bergantung pada satu-satunya petunjuk, yakni River yang merupakan orang asing bisu–datang sebagai penyusup ke markas Black Phoenix.

Anehnya, yakni River mengatakan apabila mereka berdua saling mengenal baik antara satu sama lain, tetapi Savannah sama sekali tidak dapat mengingat apapun terkait River. Siapa sebenarnya River itu? Hubungan apa yang terjalin antara keduanya? Baca kisah selengkapnya di novel Retrace

Novel setebal 252 halaman ini memiliki cerita yang membuat perasaan seakan diaduk oleh imajinasi. Tokoh Savannah yang menjadi daya pikat pembaca sebab memiliki karakter yang super keren. Penulis akan mendeskripsikan bagian cerita yang sangat mendetail hingga membuat merinding para kalian semua.

Di dalam novel ini, penulis akan mengulik sedikit demi sedikit masa kelam tokoh Savannah yang tentunya akan membuat kalian–para pembaca–menjadi iba dan bersimpati pada Savannah. Penggambaran tokoh yang ditulis oleh Ashara selaku penulis novel ini sangatlah konsisten.

Intinya, novel ini sangat direkomendasikan untuk kalian pecinta novel fantasi. Selamat berimajinasi!

3. Curiosity House: The Shrunken Head – Lauren Oliver & H.C. Chester

Curiosity House: The Shrunken Head
Curiosity House: The Shrunken Head

The Shrunken Head adalah novel karya Lauren Oliver dan H.C. Chester yang terbit pada 2015. Kemudian, berhasil diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan terbit pada tahun 2017 oleh Penerbit Noura Books (PT Mizan Publika). Novel ini berawal dari museum aneh, tetapi nyata bernama Dumfrey.

Dumfrey merupakan dime museum yang masih bertahan di tengah banyaknya museum serupa yang tidak lagi berfungsi dan beroperasi. Di museum tersebut, para pengunjung dapat melihat dan menyaksikan berbagai hal unik dan aneh, serta melihat penampilan berbagai anak istimewa yang mempunyai kemampuan tidak biasa.

Di antaranya ada Thomas, yaitu anak laki-laki yang berbadan lentur, dapat menyusup ke berbagai tempat dengan mudahnya secara diam-diam. Sam merupakan anak yang pendiam, tetapi mempunyai kekuatan super hebat, seperti mampu mengangkat beban berat dan mendobrak pintu menjadi sesuatu yang sangat mudah dilakukannya.

Ada pula Philippa, sang mentalis yang mempunyai kemampuan dapat membaca pikiran orang, dirinya dapat menebak isi kantong seseorang dengan sangat mudah. Terakhir, ada Max, si pelempar situ yang kerap kali terbalik-balik dalam menggunakan tata bahasa. Mereka berempat lah yang bergerak aktif dalam mencari tahu siapakah pencuri Kepala Mengerut sesungguhnya.

Alur dalam novel ini sangatlah seru untuk diikuti. Pembaca tidak akan sadar bahwa sudah menyelesaikan novel setebal 308 halaman ini. Pembaca pun akan dibuat penasaran dengan apa yang ada dan terjadi di museum tersebut. Keempat anak yang sudah disebutkan di atas, saling tolong-menolong dan solid dalam menyelidiki persoalan ini walaupun terkadang satu sama lainnya kerap kali bersikap egois hingga terjadi perselisihan.

Jalinan persahabatan antara mereka menjadi poin tersendiri di novel ini. Selain itu, ada sosok Tuan Dumfrey yang sangat mengagumkan, yaitu di saat banyaknya orang-orang memandang para anak yang dirawatnya itu tidak normal dan memiliki kelainan tersendiri, lain halnya dengan Tuan Dumfrey yang malahan menganggap semua anak itu istimewa dan luar biasa.

Dalam hal tersebut, terdapat pelajaran penting yang dapat diambil, yaitu perlakuan yang semestinya diterapkan oleh individu dalam memandang aneh individu lain yang memiliki perbedaan.

Saat membaca novel ini akan ada sensasi ketegangan dan penuh misteri. Tak hanya itu, Pembaca akan dibuat iba dengan kisah hidup yang sebenarnya dari para tokoh, yakni Thomas, Sam, Max, dan Philippa. Dari mereka kita akan mengetahui dan belajar bahwa setiap manusia (baca: anak) mempunyai kelebihan dan keistimewaannya tersendiri.

The Shrunken Head dapat dijadikan bacaan yang menghibur dan menginspirasi. Selamat membaca!

4. Neverwhere – Neil Gaiman

Neverwhere
Neverwhere

Novel Neverwhere pertama kali diterbitkan pada tahun 1996 dan ditulis oleh penulis asal Inggris bernama Neil Gaiman. Hebatnya, novel ini pernah menjadi nominasi Mythopoeic Fantasy Award for Adult Literature.

Novel ini mengisahkan Richard Mayhew sebagai tokoh utama di novel ini. Ia berasal dari Skotlandia, kemudian beralih ke London. Di sana kehidupannya terasa aman dan normal, mempunyai apartemen, pekerjaan, sahabat, bahkan pacar. Akan tetapi, kehidupan selanjutnya justru berbalik hingga 180 derajat. Sama halnya dengan kehidupan di Londonnya yang berubah drastis.

Richard menghilang, tepatnya tidak terlihat oleh mata di London bagian atas. Rumahnya benar-benar berpindah ke London bagian bawah, seperti berada di dalam dunia khayal atau dongeng, sarat akan keajaiban dan misteri. Hal tersebut tentu membuat Richard kebingungan. Petualangan ini berawal ketika Richard berjumpa dengan Door.

Door merupakan penghuni London Bawah yang tengah terluka dan diincar-incar oleh dua orang pembunuh sekaligus penyiksa yang terkenal dari zaman ke zaman, yaitu bernama Mr. Croup dan Mr. Vandemar.

Seperti yang telah diilustrasikan di atas, di novel ini terdapat dua tokoh antagonis–Mr. Croup dan Mr. Vandemar–yang akan menonjol. Dengan tanpa hati, mereka menyiksa dan membunuh targetnya dengan sangat kejam dan keji.

Novel ini disebut sebagai subgenre urban fantasy yang memadukan kehidupan latar modern dengan dunia fantasi atau khayalan. Para tokoh di dalamnya pun memiliki karakter dan ciri khas tersendiri, salah satunya Marquis de Carabas. Ia tipikal orang yang licik dan arogan, tetapi sangat setiap pada Door dan keluarganya. Intinya, Marquis itu memiliki fungsi penting dengan apa yang dialami dan terjadi oleh Door.

Dalam novel ini akan ada banyak misteri yang membuat penasaran sebab nantinya pembaca akan diajak menelusuri dunia yang tampaknya mustahil bila ada di kehidupan nyata. Mengikuti kisah di Neverwhere ini akan membuat pengalaman membaca yang tidak akan terlupakan.

Bagi pecinta novel fantasi, misteri, dan dunia dongeng, Neverwhere bisa dijadikan referensi bacaan yang cocok untuk kalian. Recommended!

5. The False Prince – Jennifer A. Nielsen

The False Prince
The False Prince

The False Prince diterbitkan pertama kali pada bulan April tahun 2012. Novel ini pernah menjadi nominasi Goodreads Choice Awards Best Middle Grade & Children’s. Kisah setebal 392 halaman ini dibuka dengan aksi pencurian daging oleh seorang anak, Sage namanya. Upaya pencurian itu hampir kandas, tetapi berhasil diselamatkan oleh Conner.

Kelegaan yang dirasakan oleh Sage tidaklah berlangsung lama, ia diculik oleh dua orang lainnya, yaitu Mott dan Cregan. Sage tidak sendirian, ia bersama tiga anak lelaki lainnya dalam percobaan penculikan itu. Tiga anak lelaki yang dimaksud bernama Roden, Latamer, dan Thomas.

Oleh karena beredarnya rumor kematian dari ketiga anggota kerajaan, yaitu Pangeran Darius, Raja Eckbert, dan Ratu Erin maka yang hendak mewarisi singgasana ialah Pangeran Jaron–adik dari Pangeran Darius. Namun, sayangnya Jaron hilang sebab kapal yang dinaikinya diserang oleh perompak dan tubuh dari Jaron tidak ditemukan.

Maka dari itu, penculikan itu pun ada tujuannya, yaitu salah satu di antara Sage, Roden, dan Thomas–tanpa Latamer sebab dirinya tengah sakit-sakitan–hendak dipilih sebagai pangeran palsu. Dengan kata lain, salah satu di antara mereka yang terpilih harus bersikap seolah-olah menjadi Jaron dalam waktu dua minggu.

Pengkarakteran dalam novel ini membuat pembaca akan terkesan, termasuk karakter dari Roden, Sage, dan Thomas. Mengapa? Sebab mereka memiliki karakternya masing-masing yang diibaratkan bahwa manusia memang akan saling membutuhkan satu sama lain.

Sosok Roden, ia pandai memakai pedang, tetapi ia tidak dapat menulis bahkan membaca. Sementara Thomas, ia pandai, dapat membaca dan menulis, tetapi ia lemah dalam segi fisik. Kemudian, Sage memiliki sikap cuek, terkesan tidak peduli, dan licik, serta memiliki lidah yang pedas.

Novel ini layaknya magic. Bagi yang hendak membaca novel ini, kalian akan tertipu dengan alur ceritanya. Kalian akan tersadar saat selesai membaca novel ini sebab perkiraan yang kalian sangka, ternyata bisa jadi itu tidak tepat. Penulis secara detail menceritakan satu demi satu sehingga para pembaca mencerna karakter dari tiap tokoh yang ada.

Novel ini sangat direkomendasikan bagi penyuka novel fantasi yang penuh akan teka-teki.

6. The Power – Naomi Alderman

The Power
The Power

The Power merupakan novel yang ditulis oleh seorang novelis asal Inggris bernama Naomi Alderman. Ia telah sukses memenangkan penghargaan bergengsi Women Baileys untuk kategori novel science-fiction pada novel The Power ini. Hal itu karena novelnya ini dianggap menarik dan mampu ‘menyetrum’ para juri.

Adapun The Power mengisahkan sebuah dunia di mana wanita meningkatkan dan mengembangkan kemampuannya guna memberikan sebuah kejutan listrik dengan sesukanya. Kekuatan itulah yang membuat kaum wanita hebat, bahkan melebihi kaum lelaki. Sang penulis pernah mengatakan bahwa kekuatan wanita sama bergunanya seperti listrik.

The Power adalah novel ke-4 dari Naomi Alderman yang dirilis pada bulan Oktober pada tahun 2016 lalu. Tidak heran apabila The Power ini digambarkan sebagai novel yang sarat akan gagasan sebab beberapa karya milik Naomi Alderman sebelumnya memang kerap kali membahas mengenai tema gender, kekuasaan, dan kekerasan.

Tertarik dengan novel The Power karya Naomi Alderman yang satu ini? Yuk, segera beli dan baca bukunya sekarang!

7. Mata di Tanah Melus – Okky Puspa Madasari

Mata di Tanah Melus
Mata di Tanah Melus

Mata di Tanah Melus merupakan novel karya pertama dari Okky Madasari yang terbit pada tahun 2018 lalu. Novel dengan genre fantasi ini dapat dijadikan sebagai referensi bacaan baru bagi anak-anak. Meskipun ini terkesan sebagai bacaan anak, kalangan dewasa pun dapat menikmati Mata di Tanah Melus ini.

Novel setebal 192 halaman ini memang terbilang tidak tebal, tetapi sarat akan nilai-nilai penting yang disampaikan, di antaranya mengenai persahabatan, keberanian, keadilan, kemanusiaan, dan pentingnya sebuah keluarga. Novel fantasi berlatar di Nusa Tenggara Timur ini mengangkat kisah petualangan Matara, seorang anak perempuan dari Jakarta.

Di tengah petualangannya, ia mendapatkan seorang teman baru yang berasal dari suku Melus, Atok namanya. Pertemuan keduanya berawal dari terpisahnya Mata dengan mamanya sampai akhirnya ia terjebak dengan bangsa Melus yang menutup diri.

Dengan rasa kalut mencari jalan kembali, Mata memperlihatkan berbagai nilai moral modern lewat sikap pedulinya pada bangsa Melus. Di situlah, Atok bersedia untuk membantu Mata menemukan sang mama. Akankah Atok berhasil mengantar Mata kembali menemui mamanya?

Di novel ini pula, pembaca akan dikenalkan dengan sosok Tania dan Mamanya yang baik hati. Kemudian, terdapat Ema Nain dan Maun Iso yang memangku peranan penting di Tanah Melus, Ratu Kupu-Kupu yang mempunyai kisah pilu, dan Dewa Buaya beserta kisah masa lampaunya di Tanah Melus.

Kita seakan memasuki sebuah dimensi ajaib yang belum pernah dijumpai sebelumnya, perpaduan kisah sederhana, petualangan, mitos, dan konflik antara dua golongan orang. Untuk menyelami kisah Mata, kita perlu memantapkan pikiran sebab di novel ini, penulis membagi menjadi dua dunia yang bersifat paralel. Dunia paralelnya adalah Negeri Melus, sementara dunia nyatanya, yaitu kawasan Belu.

Ada bumbu-bumbu ajaib yang menjadikan nostalgia bagi para pembaca terkait imajinasi yang kerap kali menghantui pikiran di masa anak-anak. Tertarik dengan novel Mata di Tanah Melus? Baca dan miliki novelnya sekarang!

Rekomendasi Novel Fantasi Oktober 2021

1. The Bliss Bakery Trilogy #1 – Kathryn Littlewood

The Bliss Bakery Trilogy #1: Bliss
The Bliss Bakery Trilogy #1: Bliss

tombol beli buku

Novel ini menceritakan kisah keluarga Bliss si pemilik toko roti Follow Your Bliss yang menetap di sebuah kota kecil bernama Calamity Falls, Amerika Serikat. Mereka hanyalah keluarga biasa dengan empat orang anak di dalamnya, yaitu Rose, Ty, Sage, dan Leigh. Di keseharian mereka, Albert Bliss dan Purdi mengolah beraneka ragam pastry untuk dijual di toko mereka.

Akan tetapi, di balik itu, Purdy dan Albert Bliss mempunyai magic book, yaitu bernama Bliss Cookery Booke. Buku ajaib itu mereka pakai untuk mengolah kue-kue ajaib yang bisa menyembuhkan penyakit dan menemukan barang yang hilang. Wow, sungguh menakjubkan!

Saat Purdy dan Albers sedang pergi untuk melakukan tugas sosial, dua anak dari mereka bernama Rosemary atau biasa disapa Rose dan Ty yang merupakan kayak laki-lakinya, mencoba memakai resep yang ada pada Bliss Cookery Booke guna menciptakan berbagai kue ajaib, misalnya, cookie kebenaran dan muffin asmara.

Namun, semua tidak sesuai dengan ekspektasi. Terlebih, Rose yang harus menghadapi perempuan misterius yang mengaku-ngaku sebagai bibinya dan menginginkan buku ajaib itu. Ya, Bliss Cookery Booke.

Dengan begitu, Rose dihadapkan pada pilihan yang berat untuk tetap amanah menjaga Bliss Cookery Booke ataukah mengikuti saran yang mengaku-ngaku sebagai bibinya itu. Hal itu karena Rose merasa tidak yakin juga akan perempuan misterius tersebut.

Akankah Rose percaya bahwa perempuan misterius itu adalah bibinya? Siapakah sebenarnya perempuan misterius itu? Apa yang sebenarnya ia inginkan dari Bliss Cookery Booke itu? Temukan keseruan kisah dari keluarga Bliss tentunya di novel The Bliss Bakery #1.

Miliki dan koleksi pula seri novel The Bliss Bakery lainnya, yaitu The Bliss Bakery Trilogi #2: a Dash of Magic, The Bliss Bakery #3: Bite Sized Magic, The Bliss Bakery #4: Magic by the Mouthful, The Bliss Bakery #5: Magic in the Mix, dan The Bliss Bakery #6: Magic by the Minute.

The Bliss Bakery akan menjadi novel dengan paket lengkap yang pas untuk menemani waktu luang kalian, terutama bagi penyuka buku fantasi dan pecinta pastry.

2. Divergent – Veronica Roth

Divergent
Divergent

tombol beli buku

Novel bergenre fiksi fantasi ini adalah karya penulis ternama Veronica Roth asal Amerika Serikat. Divergent adalah novel seri pertama dalam trilogi novel Divergent yang diterbitkan pada 2011 (edisi bahasa 2012). Adapun seri kedua dalam trilogi novel ini, yaitu Insurgent terbit pada tahun 2013, sementara seri ketiga Allegiant terbit pada tahun 2013.

Novel Divergent menceritakan seorang gadis, Beatrice Prior yang tinggal di sebuah kota Chicago versi masa mendatang. Di masa itu, para pendudukan terbagi menjadi lima fraksi. Pada setiap fraksi tentu mempunyai kepribadian dan ajarannya masing-masing.

Dauntless merupakan fraksi dengan keberanian tinggi. Abnegation adalah fraksi yang selalu mengabdikan dirinya pada orang lain, kemudian Erudite adalah fraksi yang sangat mendambakan ilmu pengetahuan dan penelitian. Amity adalah fraksi yang cinta akan perdamaian, sementara Candor adalah fraksi yang selalu menuturkan hal-hal benar.

Beatrice lahir dan dibesarkan oleh keluarga yang memegang fraksi Abnegation dan mempunyai seorang adik, Caleb. Setelah menginjak umur 16 tahun, Beatrice dan Caleb harus menentukan fraksi mana yang akan mereka anut dengan mengikuti tes terlebih dahulu. Caleb memutuskan untuk bergabung pada fraksi Erudite, sementara Beatrice berada pada fraksi Dauntless. 

Beatrice memang sejak awal sudah mempunyai ketertarikan akan fraksi Dauntless sebab orang yang berada di fraksi tersebut terlihat sangat keren. Adapun penyebab lainnya, yaitu dirinya tidak dapat menjadi Abnegation yang mana hasil tesnya pun membuktikan bahwa dirinya adalah seorang Divergent. Divergent adalah kondisi saat seseorang tidak mempunyai kesesuaian dengan hanya satu fraksi.

Akan tetapi, sebelum memasuki fraksi Dauntless, Beatrice harus melalui serangkaian ujian terlebih dahulu. Selama ujian itu, ia memperoleh panggilan baru, yaitu Tris. Kemudian, dirinya juga bersua dengan orang-orang baru dan beragam hal baru.

Tris diharuskan menyembunyikan personalitas aslinya bahwa dirinya adalah seorang Divergent. Namun, akhirnya hal tersebut diketahui oleh Four, yaitu guru barunya. Four memiliki niat baik untuk melatih Tris agar dapat berpikir sebagai seorang Dauntless. Hubungan keduanya semakin erat, hingga akhirnya Tris mengetahui bahwa Four juga seorang Divergent. 

Singkat cerita, mereka menyadari bahwa fraksi Erudite memiliki rencana jahat untuk menjatuhkan fraksi Abnegation. Fraksi Erudite memakai alat untuk menguasai pikiran pada tentara dari fraksi Dauntless yang mana alat tersebut tidak akan berefek bagi seorang Divergent.

Bagaimanakah kisah selanjutnya? Akankah Tris dan Four membuat rencana untuk menghalangi niat jahat dari fraksi Erudite? Bagaimanakah nasib keluarga Tris yang berada di fraksi Abnegation? Temukan keseruan kisah menegangkan yang dilakukan oleh Tris dan Four, tentunya dengan membaca novel Divergent.

Koleksi dan baca pula kelanjutan dari novel Divergent, yaitu Insurgent dan Allegiant

3. The Book of Lost Things – John Connolly

The Book of Lost Things
The Book of Lost Things

tombol beli buku

Novel dengan genre fantasy ini merupakan novel yang ditulis oleh seorang penulis asal Irlandia bernama John Connolly. Novel ini diterbitkan pada tahun 2006 lalu.

Buku The Book of Lost Things mengisahkan seorang anak laki-laki bernama David, mulai semasa muda sampai dirinya dewasa. David haruslah berjuang untuk menghadapi segala kepahitan dan cobaan hidupnya yang diawali dengan kematian sang ibunda tercinta.

Tak hanya itu, David pun harus kembali menerima kenyataan dan kepahitan ketika dirinya mengetahui bahwa sang ayah menikah lagi dengan wanita lain.

Singkat cerita, pada saat Perang Dunia II, ada sebuah pesawat pemboman yang menabrak kebunnya, saat itulah ia mendapati dirinya sedang berada dalam dunia khayalan atau fantasi dari buku-buku miliknya.

Saat itu pun David harus mencari dan menemukan sang Raja yang dapat mengembalikan ia ke dunia yang sesungguhnya alias dunia nyata agar bisa kembali ke tempat tinggalnya.

Akankah David berhasil menemukan sang Raja? Ataukah dirinya terpaksa harus menjalani kehidupan di dunia fantasi itu? Apa yang akan David lakukan?

Mari cari tahu kisah David yang sedang berusaha menemukan sang Raja agar dapat kembali ke dunia yang sesungguhnya dengan membaca The Book of Lost Things.

4. The Lorien Legacies Series – Pittacus Lore

The Lorien Legacies: Im Number Four Collection (Books 1-6)
The Lorien Legacies: Im Number Four Collection (Books 1-6)

 

tombol beli buku

Novel ini merupakan hasil karya dari James Frey dan Jobie Hughes, penulis asal Amerika Serikat dengan nama penanya Pittacus Lore. Bahkan, novel ini sudah diangkat ke dalam bentuk movie dengan seri novel pertamanya yang berjudul I am Number Four pada 2011 lalu.

Novel ini menceritakan kisah pada sepuluh tahun lalu ada sembilan anak yang dilarikan ke planet Bumi dari planet bernama Lorien yang hancur akibat adanya penyerangan.

Kemudian, sembilan anak tersebut dilindungi dengan sebuah mantra yang dapat membuat mereka mengharuskan hidup terpisah dan tak dapat dibunuh oleh musuhnya bernama kaum Mogadorian yang sangat kejam. Mereka bersembilan bisa saja mati terbunuh oleh kaum tersebut, asalkan sesuai dengan urutan.

Hingga akhirnya, kaum Mogadorian berhasil membunuh nomor satu di Malaysia, kemudian nomor dua di negara Inggris, dan nomor tiga di Kenya. Alhasil, sisa keenam anak yang masih bertahan hidup di suatu tempat.

Dengan begitu, selanjutnya, kaum Mogadorian perlu membunuh anak yang bernomor empat. John Smith adalah anak nomor empat itu. Hal yang harus John lakukan adalah menghindari dari kaum tersebut agar tidak ditemukan dan dibunuh oleh mereka. Akhirnya, John memiliki strategi untuk kerap berpindah-pindah tempat agar sulit ditemukan oleh kaum Mogadorian.

Lalu, setelah menginjakkan kaki di Paradise, John bertemu dengan seorang wanita bernama Sarah. Setelah dirinya berkenalan dengan Sarah, ia tidak ingin berpindah-pindah lagi sebab dirinya mencintai wanita tersebut.

John ingin menghadapi dan melawan, tetapi dirinya harus dapat mengendalikan pusakanya sebelum melakukan perlawanan kepada kaum Mogadorian. Apabila tidak, dirinya akan kalah. Di samping itu, John sangatlah berharap untuk dapat menemukan kelima anak lainnya agar dapat melawan dan menyerang kaum Mogadorian secara bersama-sama.

Bagaimanakah perjuangan John dalam mempertahankan hidupnya? Akankah  John menemukan kelima anak lainnya agar dapat menyerah kaum Mogadorian? Temukan keseruan kisah John bersama lima anak lainnya dalam mempertahankan hidupnya dengan membaca seri dari The Lorien Legacies.

Koleksi sekarang rangkaian buku Lorien Legacies series: I am Number Four, The Power of Six, The Rise of Nine, The Fall of Five, The Revenge of Seven, The Fate of Ten, dan United as One.

Lorien Legacies Reborn: Generation One, Fugitive Six, dan Return to Zero.

5. Red Queen – Victoria Aveyard

Red Queen
Red Queen

tombol beli buku

Novel Red Queen ditulis oleh penulis ternama asal Amerika yang bernama Victoria Aveyard. Novel dengan genre fiksi fantasi ini, diterbitkan pada Februari 2015 lalu dan merupakan novel pertama dari Aveyard. Hebatnya, Aveyard mendapatkan sebuah penghargaan Goodreads Choice Award for Best Debut Goodreads Author pada tahun 2015.

Novel ini merupakan novel berseri dengan ketiga seri lainnya berjudul Glass Sword, King’s Cage, dan seri keempat War Storm. Tak hanya itu, novel fantasi ini mempunyai bagian-bagian buku lain, seperti Cruel Crown yang merupakan prekuel dari Red Queen series, kemudian Broken Throne.

Adapun Red Queen mengisahkan kehidupan dua kaum yang ada di dunia, yakni kaum Merah dan kaum Perak. Kaum Merah adalah golongan yang tidak mempunyai kekuatan apapun, sementara kaum Perak adalah golongan yang mempunyai berbagai kekuatan super.

Alkisah seorang gadis dengan nama Mare Barrow, dirinya merupakan bagian dari kaum Merah. Saat dirinya menginjak usia 18 tahun, ia diharuskan untuk turun ke medan peran. Akan tetapi, karena Mare belum siap dengan hal tersebut, dirinya melarikan diri dan akhirnya ditemukan oleh Cal, yaitu seorang Pangeran dari Kaum Perak.

Bersama dengan Cal, Mare diminta untuk menjadi pelayan di Istananya. Namun, ada suatu peristiwa yang membuat Mare mengeluarkan kekuatan berupa petir secara tiba-tiba. Mare merasa bingung sebab dirinya memiliki kekuatan super, sementara ia berasal dari kaum Marah, golongan yang diketahui tidak memiliki kekuatan apapun.

Bagaimana Mare menyembunyikan dan menyimpan identitasnya itu? Akankah identitasnya diketahui, kemudian dirinya diusir dari istana? 

Untuk mengetahui jalan cerita selanjutnya, kalian wajib membaca novel Red Queen sekarang juga!

Miliki ketiga seri lainnya: Glass Sword, King’s Cage, dan War Storm.

6. Miss Peregrine’s Home for Peculiar Children – Ransom Riggs

Miss Peregrine'S Home For Peculiar Children
Miss Peregrine’S Home For Peculiar Children

tombol beli buku

Novel bergenre fantasi dengan judul Miss Peregrine’s Home for Peculiar Children ini adalah salah satu karya yang ditulis oleh Ransom Riggs, seorang penulis terkenal asal Amerika. Novel ini ditulisnya dan berhasil diterbitkan pada tahun 2011.

Novel ini sudah laris terjual, bahkan mencapai jutaan. Tak hanya itu, novel ini sudah diterjemahkan ke dalam 40 bahasa. Maka tak heran bila novel ini masuk ke dalam list buku paling laris selama dua tahun di New York Times Best Seller List. Selain itu, novel ini pun masuk ke dalam kategori 100 Young Adult Book to Read in a Lifetime. Kemudian, kisah Miss Peregrine ini sudah diangkat ke dalam bentuk layar lebar yang disutradarai oleh Tim Burton pada September tahun 2016 lalu.

Adapun novel Miss Peregrine’s Home for Peculiar Children mengisahkan sebuah rumah panti asuhan, di pulau yang cukup misterius.

Cerita ini berawal dari peristiwa mengerikan yang terjadi pada sebuah keluarga. Peristiwa tersebut mengharuskan seorang anak lelaki berusia 16 tahun pergi ke sebuah pulau terpencil, tepatnya di lepas pantai Wales.

Di lepas pantai Wales, terdapat rumah yang ditempati oleh anak-anak yang terlahir ‘istimewa’, mungkin bisa dikatakan aneh. Miss Peregrine merupakan orang dewasa yang bertugas untuk menjaga anak-anak ‘istimewa’ itu. Akan tetapi, tak mudah bagi dirinya untuk menjaga seluruh anak tersebut sebab ada banyak monster yang menginginkan dan menculik mereka.

Akankah Miss Peregrine mampu mempertahankan dan menjaga seluruh anak ‘istimewa’ tersebut? Atau justru monster-monster berhasil menculik mereka?

Baca novel Miss Peregrine’s Home for Peculiar Children untuk mengetahui kisah Miss Peregrine dan anak-anak istimewa tersebut dalam menghadapi monster.

7. Strange the Dreamer – Laini Taylor

Strange the Dreamer
Strange the Dreamer

tombol beli buku

Strange the Dreamer merupakan novel dengan genre young adult fantasy yang ditulis oleh Laini Taylor seorang penulis ternama asal Amerika. Novel ini merupakan seri pertama dalam Strange the Dreamer Series dengan seri keduanya Muse of Nightmares. Novel Strange the Dreamer ini telah diterbitkan pada tahun 2017 lalu.

Adapun novel ini menceritakan seseorang bernama Lazlo Strange yang sangat menaruh obsesi pada Weep. Weep adalah salah satu kota terselubung, bahkan bisa dikatakan kota hilang yang namanya sudah terhapus dan masih menjadi misteri. Lazlo cukup yakin bahwa ada pengaruh sihir pada misteri hilangnya kota itu.

Lazlo rela menjadikan dirinya seorang pustakawan untuk menemui kebenaran terkait kota Weep. Terlebih, dirinya menciptakan buku khusus yang membahas mengenai kota Wepp. Kegilaan lazlo akan Weep sudah melewati batas wajar sebab tidak ada satu orangpun yang tertarik atau bahkan mengingat kota tersebut.

Sampai pada suatu hari, kota di mana Lazlo tinggal pun didatangi oleh para Tizerkane, yaitu prajurit kota Weep yang mana dipimpin pula oleh seorang ‘Pembantai Dewa’. Ia datang guna mencari dan menemukan orang terpandai atau cendekiawan di kota yang Lazlo tempati untuk kemudian dibawa ke kota Weep.

Lazlo jelas sangat ingin mengikuti seleksi dan bergabung agar bisa pergi ke kota Weep. Akan tetapi, ia sadar bahwa dirinya tidak memenuhi kriteria tersebut sebab statusnya hanyalah sebagai seorang pustakawan.

Lantas, bagaimanakah kelanjutan kisah Lazlo? Akankah dirinya mampu untuk menjadi salah satu dari cendekiawan yang diinginkan oleh para Tizerkane? Lalu, Apa yang melatarbelakangi mereka mencari cendekiawan untuk kemudian dibawa ke kota Weep?

Temukan keseruan kisah Lazlo untuk bisa pergi ke kota Weep, tentunya dengan membaca novel Strange the Dreamer. Baca pula seri kedua dari novel ini, yakni Muse of Nightmares.

Itulah informasi terkait beberapa Rekomendasi Novel Fantasi yang wajib kalian miliki dan baca. Apabila Grameds tertarik dan ingin memperluas pengetahuan terkait bidang apapun atau ingin mencari novel dengan berbagai genre, tentu kalian bisa temukan, beli, dan baca bukunya di Gramedia.com dan Gramedia Digital karena Gramedia senantiasa menjadi #SahabatTanpaBatas bagi kalian yang ingin menimba ilmu.

 

Penulis: Tasya Talitha Nur Aurellia

Written by Tasya Talitha