in

7 Rekomendasi Novel Fantasi Seru & Menakjubkan Terbaik

Rekomendasi Novel Fantasi – Siapa sih yang tak suka dengan novel bergenre fantasi? Novel dengan genre ini lazimnya digemari oleh banyak kalangan, mulai dari remaja hingga dewasa. Hal itu karena novel bergenre fantasi akan membawa kalian ke dalam dunia imaji yang mana tidak ada di kehidupan nyata. Bahkan, secara tidak langsung, pikiran kalian akan diajak untuk masuk ke dalam dunia khayal yang mengasyikkan dan menakjubkan.

Novel dengan genre fantasi yang sudah sangat fenomenal di kalangan masyarakat, di antaranya Harry Potter, Percy Jackson, The Lord of the Rings, dan semacamnya.

Untuk menambah referensi bacaan kalian, di bawah ini ada beberapa rekomendasi novel fantasi yang gak kalah seru dari Harry Potter maupun Percy Jackson. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini, ya.

Rekomendasi Novel Fantasi

1. The Bliss Bakery Trilogy #1 – Kathryn Littlewood

The Bliss Bakery Trilogy #1: Bliss
The Bliss Bakery Trilogy #1: Bliss

tombol beli buku

Novel ini menceritakan kisah keluarga Bliss si pemilik toko roti Follow Your Bliss yang menetap di sebuah kota kecil bernama Calamity Falls, Amerika Serikat. Mereka hanyalah keluarga biasa dengan empat orang anak di dalamnya, yaitu Rose, Ty, Sage, dan Leigh. Di keseharian mereka, Albert Bliss dan Purdi mengolah beraneka ragam pastry untuk dijual di toko mereka.

Akan tetapi, di balik itu, Purdy dan Albert Bliss mempunyai magic book, yaitu bernama Bliss Cookery Booke. Buku ajaib itu mereka pakai untuk mengolah kue-kue ajaib yang bisa menyembuhkan penyakit dan menemukan barang yang hilang. Wow, sungguh menakjubkan!

Saat Purdy dan Albers sedang pergi untuk melakukan tugas sosial, dua anak dari mereka bernama Rosemary atau biasa disapa Rose dan Ty yang merupakan kayak laki-lakinya, mencoba memakai resep yang ada pada Bliss Cookery Booke guna menciptakan berbagai kue ajaib, misalnya, cookie kebenaran dan muffin asmara.

Namun, semua tidak sesuai dengan ekspektasi. Terlebih, Rose yang harus menghadapi perempuan misterius yang mengaku-ngaku sebagai bibinya dan menginginkan buku ajaib itu. Ya, Bliss Cookery Booke.

Dengan begitu, Rose dihadapkan pada pilihan yang berat untuk tetap amanah menjaga Bliss Cookery Booke ataukah mengikuti saran yang mengaku-ngaku sebagai bibinya itu. Hal itu karena Rose merasa tidak yakin juga akan perempuan misterius tersebut.

Akankah Rose percaya bahwa perempuan misterius itu adalah bibinya? Siapakah sebenarnya perempuan misterius itu? Apa yang sebenarnya ia inginkan dari Bliss Cookery Booke itu? Temukan keseruan kisah dari keluarga Bliss tentunya di novel The Bliss Bakery #1.

Miliki dan koleksi pula seri novel The Bliss Bakery lainnya, yaitu The Bliss Bakery Trilogi #2: a Dash of Magic, The Bliss Bakery #3: Bite Sized Magic, The Bliss Bakery #4: Magic by the Mouthful, The Bliss Bakery #5: Magic in the Mix, dan The Bliss Bakery #6: Magic by the Minute.

The Bliss Bakery akan menjadi novel dengan paket lengkap yang pas untuk menemani waktu luang kalian, terutama bagi penyuka buku fantasi dan pecinta pastry.

2. Divergent – Veronica Roth

Divergent
Divergent

tombol beli buku

Novel bergenre fiksi fantasi ini adalah karya penulis ternama Veronica Roth asal Amerika Serikat. Divergent adalah novel seri pertama dalam trilogi novel Divergent yang diterbitkan pada 2011 (edisi bahasa 2012). Adapun seri kedua dalam trilogi novel ini, yaitu Insurgent terbit pada tahun 2013, sementara seri ketiga Allegiant terbit pada tahun 2013.

banner-promo-gramedia

Novel Divergent menceritakan seorang gadis, Beatrice Prior yang tinggal di sebuah kota Chicago versi masa mendatang. Di masa itu, para pendudukan terbagi menjadi lima fraksi. Pada setiap fraksi tentu mempunyai kepribadian dan ajarannya masing-masing.

Dauntless merupakan fraksi dengan keberanian tinggi. Abnegation adalah fraksi yang selalu mengabdikan dirinya pada orang lain, kemudian Erudite adalah fraksi yang sangat mendambakan ilmu pengetahuan dan penelitian. Amity adalah fraksi yang cinta akan perdamaian, sementara Candor adalah fraksi yang selalu menuturkan hal-hal benar.

Beatrice lahir dan dibesarkan oleh keluarga yang memegang fraksi Abnegation dan mempunyai seorang adik, Caleb. Setelah menginjak umur 16 tahun, Beatrice dan Caleb harus menentukan fraksi mana yang akan mereka anut dengan mengikuti tes terlebih dahulu. Caleb memutuskan untuk bergabung pada fraksi Erudite, sementara Beatrice berada pada fraksi Dauntless. 

Beatrice memang sejak awal sudah mempunyai ketertarikan akan fraksi Dauntless sebab orang yang berada di fraksi tersebut terlihat sangat keren. Adapun penyebab lainnya, yaitu dirinya tidak dapat menjadi Abnegation yang mana hasil tesnya pun membuktikan bahwa dirinya adalah seorang Divergent. Divergent adalah kondisi saat seseorang tidak mempunyai kesesuaian dengan hanya satu fraksi.

Akan tetapi, sebelum memasuki fraksi Dauntless, Beatrice harus melalui serangkaian ujian terlebih dahulu. Selama ujian itu, ia memperoleh panggilan baru, yaitu Tris. Kemudian, dirinya juga bersua dengan orang-orang baru dan beragam hal baru.

Tris diharuskan menyembunyikan personalitas aslinya bahwa dirinya adalah seorang Divergent. Namun, akhirnya hal tersebut diketahui oleh Four, yaitu guru barunya. Four memiliki niat baik untuk melatih Tris agar dapat berpikir sebagai seorang Dauntless. Hubungan keduanya semakin erat, hingga akhirnya Tris mengetahui bahwa Four juga seorang Divergent. 

Singkat cerita, mereka menyadari bahwa fraksi Erudite memiliki rencana jahat untuk menjatuhkan fraksi Abnegation. Fraksi Erudite memakai alat untuk menguasai pikiran pada tentara dari fraksi Dauntless yang mana alat tersebut tidak akan berefek bagi seorang Divergent.

Bagaimanakah kisah selanjutnya? Akankah Tris dan Four membuat rencana untuk menghalangi niat jahat dari fraksi Erudite? Bagaimanakah nasib keluarga Tris yang berada di fraksi Abnegation? Temukan keseruan kisah menegangkan yang dilakukan oleh Tris dan Four, tentunya dengan membaca novel Divergent.

Koleksi dan baca pula kelanjutan dari novel Divergent, yaitu Insurgent dan Allegiant

3. The Book of Lost Things – John Connolly

The Book of Lost Things
The Book of Lost Things

tombol beli buku

Novel dengan genre fantasy ini merupakan novel yang ditulis oleh seorang penulis asal Irlandia bernama John Connolly. Novel ini diterbitkan pada tahun 2006 lalu.

Buku The Book of Lost Things mengisahkan seorang anak laki-laki bernama David, mulai semasa muda sampai dirinya dewasa. David haruslah berjuang untuk menghadapi segala kepahitan dan cobaan hidupnya yang diawali dengan kematian sang ibunda tercinta.

Tak hanya itu, David pun harus kembali menerima kenyataan dan kepahitan ketika dirinya mengetahui bahwa sang ayah menikah lagi dengan wanita lain.

Singkat cerita, pada saat Perang Dunia II, ada sebuah pesawat pemboman yang menabrak kebunnya, saat itulah ia mendapati dirinya sedang berada dalam dunia khayalan atau fantasi dari buku-buku miliknya.

Saat itu pun David harus mencari dan menemukan sang Raja yang dapat mengembalikan ia ke dunia yang sesungguhnya alias dunia nyata agar bisa kembali ke tempat tinggalnya.

Akankah David berhasil menemukan sang Raja? Ataukah dirinya terpaksa harus menjalani kehidupan di dunia fantasi itu? Apa yang akan David lakukan?

Mari cari tahu kisah David yang sedang berusaha menemukan sang Raja agar dapat kembali ke dunia yang sesungguhnya dengan membaca The Book of Lost Things.

4. The Lorien Legacies Series – Pittacus Lore

The Lorien Legacies: Im Number Four Collection (Books 1-6)
The Lorien Legacies: Im Number Four Collection (Books 1-6)

 

tombol beli buku

Novel ini merupakan hasil karya dari James Frey dan Jobie Hughes, penulis asal Amerika Serikat dengan nama penanya Pittacus Lore. Bahkan, novel ini sudah diangkat ke dalam bentuk movie dengan seri novel pertamanya yang berjudul I am Number Four pada 2011 lalu.

banner-promo-gramedia

Novel ini menceritakan kisah pada sepuluh tahun lalu ada sembilan anak yang dilarikan ke planet Bumi dari planet bernama Lorien yang hancur akibat adanya penyerangan.

Kemudian, sembilan anak tersebut dilindungi dengan sebuah mantra yang dapat membuat mereka mengharuskan hidup terpisah dan tak dapat dibunuh oleh musuhnya bernama kaum Mogadorian yang sangat kejam. Mereka bersembilan bisa saja mati terbunuh oleh kaum tersebut, asalkan sesuai dengan urutan.

Hingga akhirnya, kaum Mogadorian berhasil membunuh nomor satu di Malaysia, kemudian nomor dua di negara Inggris, dan nomor tiga di Kenya. Alhasil, sisa keenam anak yang masih bertahan hidup di suatu tempat.

Dengan begitu, selanjutnya, kaum Mogadorian perlu membunuh anak yang bernomor empat. John Smith adalah anak nomor empat itu. Hal yang harus John lakukan adalah menghindari dari kaum tersebut agar tidak ditemukan dan dibunuh oleh mereka. Akhirnya, John memiliki strategi untuk kerap berpindah-pindah tempat agar sulit ditemukan oleh kaum Mogadorian.

Lalu, setelah menginjakkan kaki di Paradise, John bertemu dengan seorang wanita bernama Sarah. Setelah dirinya berkenalan dengan Sarah, ia tidak ingin berpindah-pindah lagi sebab dirinya mencintai wanita tersebut.

John ingin menghadapi dan melawan, tetapi dirinya harus dapat mengendalikan pusakanya sebelum melakukan perlawanan kepada kaum Mogadorian. Apabila tidak, dirinya akan kalah. Di samping itu, John sangatlah berharap untuk dapat menemukan kelima anak lainnya agar dapat melawan dan menyerang kaum Mogadorian secara bersama-sama.

Bagaimanakah perjuangan John dalam mempertahankan hidupnya? Akankah  John menemukan kelima anak lainnya agar dapat menyerah kaum Mogadorian? Temukan keseruan kisah John bersama lima anak lainnya dalam mempertahankan hidupnya dengan membaca seri dari The Lorien Legacies.

Koleksi sekarang rangkaian buku Lorien Legacies series: I am Number Four, The Power of Six, The Rise of Nine, The Fall of Five, The Revenge of Seven, The Fate of Ten, dan United as One.

Lorien Legacies Reborn: Generation One, Fugitive Six, dan Return to Zero.

5. Red Queen – Victoria Aveyard

Red Queen
Red Queen

tombol beli buku

Novel Red Queen ditulis oleh penulis ternama asal Amerika yang bernama Victoria Aveyard. Novel dengan genre fiksi fantasi ini, diterbitkan pada Februari 2015 lalu dan merupakan novel pertama dari Aveyard. Hebatnya, Aveyard mendapatkan sebuah penghargaan Goodreads Choice Award for Best Debut Goodreads Author pada tahun 2015.

Novel ini merupakan novel berseri dengan ketiga seri lainnya berjudul Glass Sword, King’s Cage, dan seri keempat War Storm. Tak hanya itu, novel fantasi ini mempunyai bagian-bagian buku lain, seperti Cruel Crown yang merupakan prekuel dari Red Queen series, kemudian Broken Throne.

Adapun Red Queen mengisahkan kehidupan dua kaum yang ada di dunia, yakni kaum Merah dan kaum Perak. Kaum Merah adalah golongan yang tidak mempunyai kekuatan apapun, sementara kaum Perak adalah golongan yang mempunyai berbagai kekuatan super.

Alkisah seorang gadis dengan nama Mare Barrow, dirinya merupakan bagian dari kaum Merah. Saat dirinya menginjak usia 18 tahun, ia diharuskan untuk turun ke medan peran. Akan tetapi, karena Mare belum siap dengan hal tersebut, dirinya melarikan diri dan akhirnya ditemukan oleh Cal, yaitu seorang Pangeran dari Kaum Perak.



Bersama dengan Cal, Mare diminta untuk menjadi pelayan di Istananya. Namun, ada suatu peristiwa yang membuat Mare mengeluarkan kekuatan berupa petir secara tiba-tiba. Mare merasa bingung sebab dirinya memiliki kekuatan super, sementara ia berasal dari kaum Marah, golongan yang diketahui tidak memiliki kekuatan apapun.

Bagaimana Mare menyembunyikan dan menyimpan identitasnya itu? Akankah identitasnya diketahui, kemudian dirinya diusir dari istana? 

Untuk mengetahui jalan cerita selanjutnya, kalian wajib membaca novel Red Queen sekarang juga!

Miliki ketiga seri lainnya: Glass Sword, King’s Cage, dan War Storm.

6. Miss Peregrine’s Home for Peculiar Children – Ransom Riggs

Miss Peregrine'S Home For Peculiar Children
Miss Peregrine’S Home For Peculiar Children

tombol beli buku

Novel bergenre fantasi dengan judul Miss Peregrine’s Home for Peculiar Children ini adalah salah satu karya yang ditulis oleh Ransom Riggs, seorang penulis terkenal asal Amerika. Novel ini ditulisnya dan berhasil diterbitkan pada tahun 2011.

Novel ini sudah laris terjual, bahkan mencapai jutaan. Tak hanya itu, novel ini sudah diterjemahkan ke dalam 40 bahasa. Maka tak heran bila novel ini masuk ke dalam list buku paling laris selama dua tahun di New York Times Best Seller List. Selain itu, novel ini pun masuk ke dalam kategori 100 Young Adult Book to Read in a Lifetime. Kemudian, kisah Miss Peregrine ini sudah diangkat ke dalam bentuk layar lebar yang disutradarai oleh Tim Burton pada September tahun 2016 lalu.

Adapun novel Miss Peregrine’s Home for Peculiar Children mengisahkan sebuah rumah panti asuhan, di pulau yang cukup misterius.

Cerita ini berawal dari peristiwa mengerikan yang terjadi pada sebuah keluarga. Peristiwa tersebut mengharuskan seorang anak lelaki berusia 16 tahun pergi ke sebuah pulau terpencil, tepatnya di lepas pantai Wales.

Di lepas pantai Wales, terdapat rumah yang ditempati oleh anak-anak yang terlahir ‘istimewa’, mungkin bisa dikatakan aneh. Miss Peregrine merupakan orang dewasa yang bertugas untuk menjaga anak-anak ‘istimewa’ itu. Akan tetapi, tak mudah bagi dirinya untuk menjaga seluruh anak tersebut sebab ada banyak monster yang menginginkan dan menculik mereka.

Akankah Miss Peregrine mampu mempertahankan dan menjaga seluruh anak ‘istimewa’ tersebut? Atau justru monster-monster berhasil menculik mereka?

Baca novel Miss Peregrine’s Home for Peculiar Children untuk mengetahui kisah Miss Peregrine dan anak-anak istimewa tersebut dalam menghadapi monster.

7. Strange the Dreamer – Laini Taylor

Strange the Dreamer
Strange the Dreamer

tombol beli buku

Strange the Dreamer merupakan novel dengan genre young adult fantasy yang ditulis oleh Laini Taylor seorang penulis ternama asal Amerika. Novel ini merupakan seri pertama dalam Strange the Dreamer Series dengan seri keduanya Muse of Nightmares. Novel Strange the Dreamer ini telah diterbitkan pada tahun 2017 lalu.

Adapun novel ini menceritakan seseorang bernama Lazlo Strange yang sangat menaruh obsesi pada Weep. Weep adalah salah satu kota terselubung, bahkan bisa dikatakan kota hilang yang namanya sudah terhapus dan masih menjadi misteri. Lazlo cukup yakin bahwa ada pengaruh sihir pada misteri hilangnya kota itu.

Lazlo rela menjadikan dirinya seorang pustakawan untuk menemui kebenaran terkait kota Weep. Terlebih, dirinya menciptakan buku khusus yang membahas mengenai kota Wepp. Kegilaan lazlo akan Weep sudah melewati batas wajar sebab tidak ada satu orangpun yang tertarik atau bahkan mengingat kota tersebut.

Sampai pada suatu hari, kota di mana Lazlo tinggal pun didatangi oleh para Tizerkane, yaitu prajurit kota Weep yang mana dipimpin pula oleh seorang ‘Pembantai Dewa’. Ia datang guna mencari dan menemukan orang terpandai atau cendekiawan di kota yang Lazlo tempati untuk kemudian dibawa ke kota Weep.

Lazlo jelas sangat ingin mengikuti seleksi dan bergabung agar bisa pergi ke kota Weep. Akan tetapi, ia sadar bahwa dirinya tidak memenuhi kriteria tersebut sebab statusnya hanyalah sebagai seorang pustakawan.

Lantas, bagaimanakah kelanjutan kisah Lazlo? Akankah dirinya mampu untuk menjadi salah satu dari cendekiawan yang diinginkan oleh para Tizerkane? Lalu, Apa yang melatarbelakangi mereka mencari cendekiawan untuk kemudian dibawa ke kota Weep?

Temukan keseruan kisah Lazlo untuk bisa pergi ke kota Weep, tentunya dengan membaca novel Strange the Dreamer. Baca pula seri kedua dari novel ini, yakni Muse of Nightmares.

Itulah informasi terkait beberapa Rekomendasi Novel Fantasi yang wajib kalian miliki dan baca. Apabila Grameds tertarik dan ingin memperluas pengetahuan terkait bidang apapun atau ingin mencari novel dengan berbagai genre, tentu kalian bisa temukan, beli, dan baca bukunya di Gramedia.com dan Gramedia Digital karena Gramedia senantiasa menjadi #SahabatTanpaBatas bagi kalian yang ingin menimba ilmu.

 

Penulis: Tasya Talitha Nur Aurellia

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Tasya Talitha