in

Rekomendasi Buku Sejarah Dunia Terbaik

Setiap hal yang ada di muka bumi ini, seluruh benda yang tercipta, lingkungan, negara, dan kehidupan manusia, semuanya memiliki perjalanan sejarahnya masing-masing. Sahabat Grameds juga pastinya telah mengetahui bahwa sejarah telah menjadi salah satu mata pelajaran yang sifatnya wajib untuk dipelajari.

Sejarah merupakan salah satu cabang dari ilmu pengetahuan sosial yang akan memberikan pengajaran tentang kejadian atau peristiwa penting yang sudah terjadi di masa lalu. Cabang ilmu pengetahuan sosial ini akan menyajikan materi yang dikaji secara sistematis mengenai dinamika dan perkembangan kehidupan masyarakat di masa lampau melalui sejumlah bukti yang ada.

Hal yang dapat disebut sebagai bukti atau sumber sejarah dapat berasal dari sejumlah benda yang telah ada dan terbentuk sejak lama, dan dipercaya sebagai peninggalan dari zaman lampau seperti patung, candi, perhiasan, dan sebagainya. Sumber sejarah bisa juga dalam bentuk tulisan seperti dokumen, rekaman audio atau video, surat kabar, prasasti dan lain-lain. Selain itu, penjelasan sejarah secara lisan dari seseorang yang menjadi pelaku atau saksi sejarah juga bisa dikatakan sebagai sumber sejarah.

Terdapat tiga syarat utama untuk menjadikan sebuah peristiwa dicatatkan menjadi salah satu objek pembelajaran dalam ilmu sejarah. Syarat pertama, peristiwa itu hanya terjadi satu kali dan bersifat unik. Syarat kedua, peristiwa tersebut tidak pernah berubah dari masa ke masa, atau dapat dikatakan abadi, sehingga akan selalu dikenang. Syarat ketiga, yaitu peristiwa tersebut dapat memberikan pengaruh bagi masyarakat.

Mungkin di antara kalian ada yang bertanya-tanya, mengapa sejarah menjadi ilmu pengetahuan yang wajib untuk dipelajari? Mengapa kita harus mengulik masa lampau dan memahami segala peristiwa yang sudah berlalu? Sejarah dijadikan sebagai salah satu mata pelajaran tentunya dengan berbagai alasan. Alasan pertama, yaitu sejarah memiliki sejumlah nilai akademis dan praktis yang dapat menjadi pembelajaran bagi masyarakat.

Alasan kedua, sejarah dapat memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk dapat memahami segala hal yang terjadi, seperti terbentuknya identitas suatu masyarakat, perkembangan zaman dan teknologi, masalah yang terjadi di masa lampau yang mungkin relevan dengan masalah pada saat ini, dan lain sebagainya.

Alasan ketiga, yakni karena sejarah merupakan hal yang membentuk kehidupan yang sedang kita jalani ini. Negara kita, budaya kita, keluarga kita, identitas kita, bahkan agama kita juga terbentuk secara historis dari sejarah. Dapat dikatakan bahwa sejarah adalah bagian dari hidup kita.

Sebuah filosofi Romawi Kuno ada yang menyebutkan “Historia magistra vitae”, yang berarti sejarah adalah guru terbaik. Mempelajari sejarah akan membawa berbagai manfaat bagi masyarakat. Untuk memperjelasnya, di bawah ini akan diuraikan berbagai manfaat yang akan kita dapatkan dari belajar sejarah.

6 Rekomendasi Buku Sejarah Dunia

1. Ensiklopedia Sejarah Dunia

Buku terbaru yang disusun oleh Usborne, dan diterbitkan pada 25 Agustus 2021 ini akan memperkenalkan kalian pada sejarah dunia. Buku Ensiklopedia Sejarah Dunia ini memiliki total 412 halaman, yang akan memuat begitu banyak peristiwa sejarah, mulai dari zaman prasejarah hingga awal abad ke-21. Buku ini akan memuat berbagai informasi tentang perkembangan dunia, mulai dari zaman dinosaurus, kisah manusia pertama, sejarah Mesir Kuno, kisah Kekaisaran Aztec, cerita Abad Pertengahan di Eropa, Perang Dunia Pertama, dan masih banyak lagi hal-hal menarik lainnya.

2. Sejarah Dunia Kuno: Dari Cerita-Cerita Tertua Sampai Jatuhnya Roma

Buku Sejarah Dunia Kuno: Dari Cerita-Cerita Tertua Sampai Jatuhnya Roma ditulis oleh Susan WIse Bauer, dan diterbitkan pada 15 Juni 2015. Buku ini memiliki total 980 halaman, yang akan mengisahkan secara runtut kronologis peristiwa dari berbagai peristiwa paling tua yang ada di dunia, hingga peristiwa jatuhnya Imperium Romawi. Apa yang muncul di benak kita saat membaca akhir sebuah kisah seperti buku di atas?

Kata yang mungkin terlintas di benak kita, yaitu sebuah akhir yang “tidak biasa” bagi sebuah buku sejarah, tidak monoton, tidak datar, tapi menyimpan sebuah kekuatan jitu dari peristiwa sejarah yang luar biasa. Akhir kisah itu juga menjanjikan sebuah kisah lanjutan yang akan memukau pembaca. Babak baru yang baru saja kita lewati ini memberikan kesan pencerahan, kepuasan, dan pemenuhan dari sebuah akhir tulisan yang hidup, layaknya sedang membaca kisah fiksi.

3. Sejarah Dunia Abad Pertengahan: Dari Pertobatan Konstantinus Sampai Perang Salib Pertama

Sejarah Dunia Abad Pertengahan: Dari Pertobatan Konstantinus Sampai Perang Salib Pertama merupakan sekuel dari buku best seller karya Susan Wise Bauser, yakni Sejarah Dunia Kuno, yang menyajikan kisah jatuhnya Kekaisaran Romawi, dan segala peristiwa yang terjadi sebelum dan setelahnya.

Buku ini diterbitkan pada 13 September 2016, dengan total 866 halaman. Buku ini akan menyajikan cerita perubahan yang ada di dunia selama abad pertengahan, seperti bergesernya konstelasi kekuasaan sebagai dampak dari jatuhnya Imperium Romawi, lahirnya agama Islam di Timur Tengah, hingga awal Perang Salib yang berkepanjangan. Peristiwa-peristiwa ini membawa konsekuensi, yakni perubahan pada tatanan budaya dan peradaban.

Gaya naratif Bauer yang lugas, ringan, dan memikat, ditambah dengan analisisnya yang objektif dan tajam dapat membuat pembaca dapat menikmati kisah sejarah yang dituliskan dalam buku ini. Hal ini juga membawa buku ini menjadi salah satu buku best seller yang banyak diapresiasi oleh penulis sejarah lain. Publishers Weekly juga turut memberikan pujian atas karya Susan Bauer ini, dengan menyebutkan bahwa karya Bauer ini merupakan prosa yang elegan dan penguasaan temanya dapat membuat buku ini sebagai titik awal yang menakjubkan dalam mempelajari sejarah dunia.

4. Sejarah Dunia Zaman Renaisans: Dari Penemuan Kembali Aristoteles Sampai Penaklukan Konstantinopel

Buku Sejarah Dunia Zaman Renaisans: Dari Penemuan Kembali Aristoteles Sampai Penaklukan Konstantinopel merupakan sekuel dari Sejarah Dunia Abad Pertengahan, karya Susan Wise Bauer, yang menjadi buku best seller dan diapresiasi oleh banyak penulis sejarah dunia lainnya.

Buku ini menjadi buku sejarah dunia terbaru yang ditulis Susan Wise Bauer, yang diterbitkan pada 23 Maret 2020. Buku dengan total 864 halaman ini akan mengisahkan tentang mengetengahkan sejarah global dunia Barat dan dunia Timur sejak penemuan kembali Aristoteles, sampai penaklukan Konstantinopel.

5. Sejarah Peradaban Dunia Lengkap: Dari Era Manusia Pertama Hingga Perang Dunia Kedua

Buku Sejarah Peradaban Dunia Lengkap: Dari Era Manusia Pertama Hingga Perang Dunia Kedua ditulis oleh Miftakhuddin, dan diterbitkan pada 8 Juli 2019. Buku Sejarah Peradaban Dunia Lengkap memiliki total 344 halaman, yang akan menceritakan sejarah dunia yang bermula dari penemuan teori Darwin yang dipercaya oleh kaum naturalis dan materialistik, yang juga disandingkan dengan teori penciptaan (Ketuhanan).

Dua konsep yang berbeda ini kemudian dipertemukan dalam suatu teori yang mendekati ideal. Perjalanan masyarakat, manusia yang menjadi awal dunia, yang dipimpin oleh Adam mengalami peristiwa kelam saat terjadinya pembunuhan terhadap salah satu anak Adam, yang dilakukan oleh saudaranya sendiri. Peristiwa ini kemudian menyebabkan perpisahan seorang anak Adam dengan keluarganya.

Ini merupakan awal dari terpecahnya masyarakat Adam menjadi dua, yang mencakup terpecahnya pola keagamaannya dan pola kebudayaan. Regenerasi terus berlangsung di antara kedua kelompok tersebut, hingga akhirnya menjadi dua peradaban besar, yakni Lemuria dan Atlantis. Sebelum pada akhirnya sampai pada masa banjir besar Nuh yang menghancurkan seluruh dunia, termasuk Lemuria dan Atlantis.

Peradaban dunia berada pada puncak kejayaan di era Yunani-Romawi. Peradaban ini berkembang, karena pengaruh dari kebudayaan Mesir Kuno dan Babilonia. Ciri khas yang nampak, yaitu pembentukan sistem pemerintahan yang lebih terstruktur.

Ketika dunia sampai pada abad pertengahan, terjadi berbagai perkembangan, juga zaman kegelapan. Seperti perang dunia yang tak sengaja menyebabkan perang dingin dan perang asimetris yang masih berlangsung hingga saat ini.

6. A Brief History Of The World: Sejarah Ringkas Dunia

A Brief History Of The World: Sejarah Ringkas Dunia ditulis oleh George Willis Botsford & Jay Barrett Botsford, A.M, dan diterbitkan pada 18 Agustus 2018. Buku ini memiliki total 499 halaman yang akan menuntun kita pada masa ketika manusia masih belum menemukan peradaban hingga masa modern, saat segala sesuatunya dimudahkan.

Kemampuan seseorang untuk membekali dirinya dengan sejumlah keperluan dalam kehidupan, bergantung pada pengalaman mereka, dan pengalaman itu adalah sejarah. Jika seseorang tidak memiliki pengetahuan mengenai sejarah atau masa lalu, tentu seseorang itu akan menjadi seperti sebuah kapal tanpa kemudi atau kompas.

Sebab, apa yang kita lakukan hari ini dan yang akan kita lakukan besok merupakan refleksi dari apa yang dilakukan para pendahulu kita. Pencarian kita akan sejarah masa lampau akan menuntun kita ke masa ketika manusia masih dalam keadaan biadab. Kita akan mengetahui kerja keras manusia selama ribuan tahun, yang telah menciptakan kehidupan masa ini.

Manfaat Belajar Sejarah

Ilmu sejarah mungkin saja dianggap membosankan dan tidak penting bagi sebagian orang, karena mempelajari masa lampau yang telah berlalu. Padahal, mempelajari sejarah dapat memberikan banyak manfaat bagi mereka yang mempelajarinya, lho. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Membantu Memahami Identitas

Mempelajari sejarah dapat membantu seseorang dalam memahami identitasnya. identitas tersebut bisa berupa identitas pribadi, seperti sejarah keluarga, atau juga dapat berupa identitas kebangsaan dan negara, sebuah kelompok atau organisasi tertentu, dan sebagainya. Maka itu, seseorang yang mempelajari sejarah dapat mengetahui bagaimana keluarganya, kelompok atau organisasi, atau negara dapat terbentuk dan berkembang dari masa ke masa.

Mulai dari awal terbentuknya, identitas pendirinya, seluruh pihak yang terlibat di dalamnya, dan segala peristiwa yang menimpa, terkait, dan telah terjadi di subjek sejarah tersebut. Anda juga dapat mengetahui dan mempelajari segala sesuatu yang terkait dengan subjek sejarah, melalui peristiwa atau hal yang menjadi materi ilmu sejarah yang anda pelajari.

2. Membantu Memahami Peristiwa atau Masalah yang Terjadi

Bukan menjadi hal yang tidak mungkin bahwa peristiwa yang terjadi pada masa ini relevan atau memiliki hubungan dengan peristiwa yang terjadi di masa lalu. Melalui pemahaman atas peristiwa sejarah yang telah terjadi di masa lampau, kemudian anda dapat merefleksikan dan memahami peristiwa atau yang terjadi saat ini.

Sebagai contoh, pengetahuan akan pengaruh revolusi industri di Eropa akan membantu anda memahami berbagai perkembangan industri yang ada di seluruh dunia saat ini. Contoh lain jika anda memiliki pemahaman akan penyebab terjadinya perang dunia kedua, anda akan memahami peristiwa yang tersisa dari perang tersebut, yakni adanya konflik perang yang baru saja terjadi belum lama ini.

3. Sebagai Tanda Peringatan

Setiap negara memiliki hari besar atau hari-hari tertentu yang memuat sejarah besar yang membentuk negara tersebut. Di Indonesia sendiri, contohnya seperti hari kemerdekaan, hari pahlawan, hari kebangkitan nasional, dan lain-lain.

Hari besar yang dirayakan tersebut menjadi sebuah tanda peringatan dan sebagai ucapan terima kasih kepada para pahlawan yang telah berjuang untuk menciptakan perubahan. Terutama bagi mereka yang menciptakan perubahan besar yang berdampak hingga saat ini.

Hari besar yang biasanya ditetapkan sebagai hari peringatan nasional itu juga bisa menjadi tanda peringatan bagi anda untuk dapat mempelajari peristiwa sejarah terjadi di masa lampau. Anda juga bisa mempelajari berbagai hal apa yang bisa anda refleksikan untuk menjadi bekal pengetahuan yang dapat diaplikasikan di masa sekarang atau masa depan.

4. Mempelajari Hal yang Baik dan Buruk

Melalui pelajaran sejarah, tentunya anda dapat mempelajari berbagai hal yang baik dan buruk. Sejarah sendiri memiliki berbagai macam cerita, sebagian cerita sejarah mungkin bisa menginspirasi dan memotivasi masyarakat, tapi sebagian cerita mungkin juga sangat tidak bermoral dan kacau.

Maka itu, pelajaran sejarah dapat menunjukkan berbagai hal, mulai dari yang baik dan juga hal yang buruk. Sejarah dapat memberikan pelajaran tentang hidup yang tak selalu berjalan dengan baik, dan suatu saat dapat terjadi hal buruk dalam hidup. Oleh karena itu juga, seseorang yang mempelajari sejarah hendaknya dapat memilah untuk memilih hal baik yang bisa dijadikan pelajaran, dan menghindari hal yang buruk.

5. Mengembangkan Pengetahuan Tentang Dunia 

Mempelajari sejarah akan membantu anda untuk mengetahui dan memahami dunia yang sangat luas ini, dan juga bagaimana perilaku masyarakat yang ada di dunia. Ilmu sejarah dapat menggambarkan dengan lebih jelas mengenai berbagai hal yang ada di dunia ini.

Mulai dari sejarah perilaku sosial masyarakat, budaya masyarakat, perkembangan teknologi, pemerintahan, perkembangan ilmu pengetahuan, dan masih banyak lainnya. Anda akan mendapatkan pengetahuan yang lebih luas tentang dunia dan segala aspek di dalamnya, jika anda mempelajari sejarah.

6. Memberikan Inspirasi

Mempelajari sejarah juga tentunya dapat memberikan inspirasi. Berbagai kisah yang membentuk sejarah memiliki berbagai nilai tertentu yang dapat menjadi sumber inspirasi untuk seseorang dapat membangun kehidupan yang lebih baik. Misalnya, dengan kisah sederhana para penemu benda-benda yang berguna hingga sekarang, seperti lampu, seseorang dapat terinspirasi untuk berkarya dan menciptakan perubahan yang bermanfaat bagi dunia.

7. Belajar dari Kesalahan yang Telah Terjadi

Seperti yang telah dijelaskan di atas, sejarah bisa saja mengisahkan tentang peristiwa buruk dan tidak bermoral. Maka itu, seseorang kemudian dapat belajar dari kesalahan tersebut, dengan merefleksikan kejadian atau peristiwa yang terjadi pada saat ini, melihat dari peristiwa masa lampau, dan menghindari terjadinya sesuatu jika sudah melihat pola yang sama.

Nah, itu dia Grameds sejumlah manfaat yang bisa kamu dapatkan jika kamu mempelajari ilmu sejarah. Apa kalian sudah tertarik untuk mempelajari sejarah? Bagi kalian yang memiliki ketertarikan untuk mempelajari sejarah, kalian bisa mulai mempelajari sejarah dunia, untuk memahami secara lebih luas berbagai peristiwa yang membentuk dunia tempat tinggal kita.

Di bawah ini akan diuraikan sejumlah rekomendasi buku yang menyajikan materi sejarah dunia, yang dapat menjadi sumber pembelajaran dan referensi untuk kalian yang ingin mempelajari sejarah dunia. Simak rekomendasi di bawah ini sampai selesai, ya!

 

Nah, itu dia 6 rekomendasi buku sejarah dunia yang dapat Grameds jadikan bahan pembelajaran kalian. Semoga artikel ini dapat mendorong motivasi kalian untuk mempelajari sejarah. Jangan lupa untuk segera dapatkan buku-buku sejarah dunia ini di www.gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami selalu siap memberikan informasi bagi kalian yang ingin belajar.

Written by Gabriel