in

Daftar Rekomendasi Buku Yang Bagus Untuk Dibaca

Rekomendasi Buku Yang Bagus Untuk Dibaca – Membaca buku mungkin saja sangat identik dengan kegiatan para kutu buku. Akan tetapi, kamu tidak bisa menampik bahwa kegiatan yang satu ini bisa memperkaya wawasan dan dapat membantumu menjadi lebih pintar. Membaca tidak hanya terbatas pada buku pelajaran saja. Karena sejatinya, ilmu dapat diperoleh dari mana saja, termasuk juga rekomendasi buku bagus yang akan kita bahas di artikel kali ini.

Mark Twain sendiri pernah berkata, “Jangan sampai sekolahmu mengganggu pendidikanmu.” Kamu masih bingung dengan kalimat tersebut? Intinya, sekolah jangan sampai membuat dirimu merasa tertekan sampai pada akhirnya justru membuat kamu tidak peduli lagi dengan cara membuat pikiran menjadi lebih pandai. Salah satu cara yang paling efektif supaya kelangsungan pendidikan tetap berjalan lancar yakni meski sekolahmu terasa membosankan yaitu dengan membaca.

Walaupun terasa kuno, membaca akan tetap menjadi cara yang paling efektif untuk meningkatkan kualitas otak seseorang. Baru-baru ini, ada banyak sekali bacaan bagus yang dapat kamu pilih, baik itu secara online atau buku cetak pada umumnya. Kunci supaya buku yang dibaca bisa bermanfaat dan membuat diri sendiri menjadi cerdas yaitu dengan memilih bacaan yang tepat dan juga bermanfaat.

 

Rekomendasi Buku Bagus Untuk Dibaca

Di bawah ini adalah beberapa rekomendasi buku bagus yang bisa kamu baca untuk menambah wawasan atau sekadar untuk mengisi waktu luang.

1. Hello, Habits

Hello, Habits adalah salah satu buku yang cocok dibaca oleh siapa saja yang ingin meningkatkan kualitas hidupnya dengan cara menciptakan kebiasaan-kebiasaan yang lebih baik. Akan selalu ada kesempatan untuk mencoba berbagai hal baru dan tidak pernah ada kata terlambat untuk meninggalkan kebiasaan buruk, kemudian membangun kebiasaan baru dalam keseharian kita.

2. Jika Kucing Lenyap dari Dunia

Jika dilihat dari judulnya, tentu novel ini terlihat sangat menarik ya. Kira-kira, apa yang akan terjadi jika di dunia ini tiba-tiba kucing lenyap? Apa yang nantinya akan terjadi apabila kita ingin bertahan hidup, kita harus menghilangkan hal-hal paling berharga yang pernah kita miliki atau kita gunakan? Apa yang akan terjadi dengan dunia ini apabila diri kita yang justru hilang dari dunia ini? Pertanyaan-pertanyaan tersebut terus hinggap di pikiran dan menggelitik sepanjang membaca novel yang satu ini. Para pembaca diajak untuk membayangkan kemungkinan-kemungkinan saat beberapa hal penting yang ada di dunia ini justru dihilangkan dan tidak pernah ada.

3. Keajaiban Toko Kelontong Namiya

Jika kamu suka dengan genre fantasi, time traveling atau perjalanan lintas waktu, dan kisah inspiratif, buku yang satu ini sangat cocok untuk kamu baca. Berisi tentang topik persahabatan, keluarga, dan juga cinta, diceritakan dengan begitu kental di dalam novel ini. Keajaiban Toko Kelontong Namiya menghadirkan pengalaman membaca yang tidak akan pernah kamu lupakan.

4. Ada Nama yang Abadi di Hati tapi Tak Bisa Dinikahi

Buku dengan judul Ada Nama yang Abadi di Hati tapi Tak Bisa Dinikahi ini merupakan sebuah buku yang bisa menjadi teman baru untuk menghangatkan hatimu. Dimana buku yang satu ini berisi kumpulan kutipan, puisi, dan juga tulisan pendek tentang cinta. Buku yang satu ini juga akan menghadirkan beberapa sudut pandang baru mengenai perkara hati dan juga perasaan. Semua hal yang kita rasakan terkait cinta memang tidak selalu indah. Namun hal itu bukan berarti kita harus terpuruk begitu saja menghadapi kenyataan yang ada.

5. The Midnight Library

Dengan membaca buku berjudul The Midnight Library, kamu akan mendapatkan pengalaman yang sangat berkesan. Melalui buku ini, kamu akan mengikut kisah Nora dan diajak untuk kembali merenungkan kehidupan kita sendiri. Ada kesedihan dan ada juga penyesalan yang akan ikut kita rasakan. Banyak sekali momen pengalaman Nora yang bisa membuat pembaca melakukan refleksi diri. Kemudian, ada kehangatan hati yang mengalir di dalam diri ketika membaca akhir dari kisah di novel ini.

6. Funiculi Funicula

Dengan membaca novel Funiculi Funicula, para pembaca akan mendapatkan pengalaman yang menghangatkan hati. Ada sebuah hal berbentuk cinta, kesedihan, kerinduan, sampai sekeping kebahagiaan yang dibagikan di dalam rangkaian halaman di novel ini. Jika kamu diberi sebuah kesempatan untuk memutar waktu, walaupun tidak bisa merubah kenyataan yang ada, kamu lebih memilih untuk kembali ke masa lalu atau tetap di masa depan?

7. Perjalanan Menuju Pulang

Buku dengan judul Perjalanan Menuju Pulang adalah sebuah memoar yang sangat menghangatkan hati. Novel yang satu ini menjadi salah satu bacaan yang bisa memberikan berbagai macam wawasan baru mengenai pelajaran sejarah, membentuk sudut pandang mengenai identitas diri, dan cara bersikap dalam menjalani sebuah kehidupan, sampai mencari makna kehidupan yang menjadi bagian dari proses belajar seumur hidup. Selain itu, buku ini juga kembali mengingatkan para pembaca tentang betapa pentingnya peran dan latar belakang keluarga dalam bentuk jati diri kita sekarang ini.

8. Apa yang Kita Pikirkan ketika Kita Sendirian

Buku dengan judul Apa yang Kita Pikirkan ketika Kita Sendirian ini dapat menjadi salah satu buku yang sangat cocok untuk dibaca bagi siapapun yang ingin menyikapi kesendirian dengan cara yang lebih bijak. Buku yang satu ini berisi mengenai kumpulan tulisan seperti kontemplasi, perenungan, dan refleksi diri. Selain itu, buku ini juga menghadirkan berbagai macam sudut pandang baru mengenai pemaknaan kesepian dan kesendirian. Kumpulan tulisan yang ada di dalam buku ini lebih banyak berisi tentang opini dan tidak ada rujukan ataupun tambahan referensi untuk menunjang beberapa poin yang sebenarnya sangat penting.

9. Yes to Life

Makna dan juga nilai kehidupan, topik ini yang menjadi bahasan utama dari buku yang berjudul Yes to Life. Buku yang satu ini dapat menjadi referensi yang bagus untuk siapapun yang menyukai buku dengan tema pengembangan diri atau self improvement. Selain itu, buku ini juga sangat cocok untuk dibaca oleh seseorang yang ingin menggali lebih dalam mengenai pencarian makna hidup. Siapa tahu dengan membaca buku ini, para pembaca dapat kembali menemukan makna hidup yang lebih berarti.

10. Meditations: Jalan Stoik untuk Hidup Asyik

Buku dengan judul Meditations: Jalan Stoik untuk Hidup Asyik adalah salah satu rekomendasi buku bagus yang dapat menjadi referensi buku yang menarik untuk siapa saja yang ingin memahami lebih dalam mengenai Stoikisme sekaligus melakukan refleksi diri Ada banyak sekali kalimat yang cukup menghibur dan menghangatkan hati. Ada pula pembahasan yang akan mengingatkan para pemaca terkait pentingnya menjalani hidup dengan baik tanpa perlu merasa terlalu terbebani. Terdapat dua belas bab di dalam buku ini yang benar-benar terasa “mengenyangkan”, karena berisi mengenai banyak aspek kehidupan yang sangat dekat dengan perkara yang seringkali muncul di benak kita.

11. Hidup Apa Adanya

Buku dengan judul Hidup Apa Adanya ini dapat menjadi teman perjalanan kita untuk kembali melangkah maju ke depan. Buku yang satu ini berisi esai-esai yang membahas tentang pengalaman, refleksi diri, dan beberapa penjelasan mengenai kehidupan yang dikutip dari para pakarnya langsung. Selain itu, buku juga menghadirkan pengalaman membaca yang menenangkan hati.

12. Aku Bukannya Menyerah, Hanya Sedang Lelah

Aku Bukannya Menyerah, Hanya Sedang Lelah, merupakan salah satu buku karya Geul Bae Woo yang menjadi buku yang bisa membantu para pembaca untuk dapat lebih banyak memeluk diri sendiri. Selain itu, buku ini juga mampu membuat para pembaca untuk kembali mencintai diri sendiri. Saat tubuh dan pikiran sedang dalam keadaan lelah, terkadang kita juga perlu waktu untuk istirahat sejenak dan menikmati ketenangan.

Ciri-ciri Buku Bagus, Berkualitas,dan Keren yang Harus Kamu Baca

Berikut ini adalah beberapa ciri buku bagus dan berkualitas yang harus kamu baca, setidaknya sekali seumur hidup:

1. Ditulis oleh Penulis Ternama dan Menginspirasi

Apa yang terlintas di pikiranmu apabila mendengar nama Andrea Hirata? Mungkin saja kamu akan berpikir tentang sebuah novel yang sangat menarik dan juga cerdas. Buku yang berkualitas biasanya akan muncul dari pikiran yang berkualitas juga. Maka tidak heran meski sudah ada banyak sekali buku yang beredar di pasaran, hanya ada sedikit saja yang dapat dikategorikan sebagai klasik, yakni buku yang tidak pernah lekang oleh zaman.

Oleh sebab itulah hanya ada segelintir penulis di Indonesia yang bisa masuk ke dalam kategori tersebut. Seperti misalnya Pramoedya Ananta Toer atau yang sering dipanggil Pram, NH. Dini, Hamka, Ahmad Tohari, Chairil Anwar, dan nama penulis ternama lainnya. Nama-nama mereka bisa tetap populer karena karyanya bisa memberi hiburan dan juga inspirasi secara sekaligus.

2. Sering Dibaca oleh Bibliofil

Pastinya, istilah kutu buku sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Di dalam istilah yang lebih keren, kutu buku juga disebut dengan istilah bibliofil. Biasanya, saking terlalu cintanya seseorang terhadap buku, para bibliofil ini sampai mempunyai stu standar mengenai buku-buku yang berkualitas. Pada umumnya, ada seperti aturan yang tidak tertulis bahwa beberapa nama tertentu yang ada di dunia buku akan digunakan sebagai benchmark atas kualitas buku tertentu. Jadi, semakin sering sebuah buku disebut oleh seorang bibliofil, maka kemungkinan besar buku tersebut memang berkualitas.

3. Tulisannya Menarik

Pastinya buku yang berkualitas akan selalu bisa membuat para pembaca lebih tertarik membacanya dan kembali membaca lagi ketika buku tersebut sudah selesai dibaca. Seorang penulis terkenal juga akan selalu mempunyai gayanya sendiri. Misalnya saja, seorang Hemingway mungkin akan memakai kalimat pendek tapi sangat efektif untuk mengaduk emosi para pembacanya. Kemudian seorang YB Mangunwijaya juga mungkin akan membuat kalimat super panjang tapi tidak terkesan membosankan untuk dibaca. Sementara itu, seorang Pram mungkin sangat pintar untuk mengolah sebuah kata. Sehingga kamu bisa memperoleh kelucuan ataupun harapan dalam kepahitan hidup dari tokoh-tokoh yang diceritakan.

4. Sampul yang Bagus dan Penerbit Berkualitas

Biasanya, apabila kamu adalah seorang avid reader, maka kamu akan lebih mudah mencari buku-buku yang berkualitas hanya dengan melihat penerbit ataupun desain sampul bukunya saja. Para penulis yang berkualitas biasanya akan menerbitkan bukunya di penerbitan yang berkualitas. Begitu juga untuk desain dan juga layout bukunya yang akan diterbitkan, pastinya kamu akan memperoleh desain cover layout yang berkualitas.

Written by Lely Azizah