in

Apa Itu Passion & Bagaimana Cara Menemukan Passion

Kata passion tentu tidak terdengar asing di telinga Anda bukan? bahkan selama berada di bangku sekolah sejak Sekolah Menengah Pertama (SMP) pengajar atau guru kerap sekali membahas mengenai cara menemukan passion dalam diri Anda sendiri, bahkan jauh sebelum itu orang tua Anda pasti ikut berperan dalam proses pencarian passion untuk anaknya.

Namun, apakah Anda mengetahui apa itu passion dan memahami makna dari kata passion itu sendiri? Untuk dapat menemukan passion, Anda tentu perlu memahami apa itu passion. Oleh karena itu pada artikel satu ini penulis akan membahas mengenai pengertian passion, cara menemukan passion Anda serta contoh passion yang dapat dimiliki oleh seseorang.

Apa Itu Passion? 

Passion adalah gairah besar untuk melakukan sesuatu yang ia sukai / dianggap penting.

Menurut Professor J Vallerand, passion dibagi menjadi dua tipe yaitu passion obsesi serta passion harmoni. Kedua tipe passion tersebut memiliki efek yang berbeda yang dapat berdampak pada seorang individu yang bersangkutan. Berikut penjelasan lebih lanjutnya.

 

Passion Harmoni

Passion Harmoni 
Foto oleh Vlada Karpovich dari Pexels

Tipe passion harmoni merupakan passion yang positif. Hal ini dikarenakan seorang individu dapat melakukan suatu hal karena senang, cinta dan seirama dengan hal-hal yang disukai akan suatu hal. Contohnya apabila Anda menjadikan hobi Anda sebagai pekerjaan atau sumber pendapatan.

Passion harmoni membuat Anda lebih Bahagia, karena dalam aktivitas sehari-hari tidak ada konflik antara aktivitas dengan nilai pribadi yang dianut. Sehingga langkah yang akan Anda ambil menjadi terorganisir serta memiliki tujuan yang jelas.

 

Passion Obsesi

passion obsesi
Foto oleh cottonbro dari Pexels

Passion obsesi adalah faktor eksternal yang menjadi landasan dan dorongan dari aktivitas Anda, contohnya mendapatkan gaji untuk dapat menafkahi keluarga.

Berbeda dengan passion harmoni yang akan membuat Anda bahagia, passion obsesi merupakan passion yang membuat Anda terpaksa untuk menjalani suatu aktivitas, walaupun tidak sesuai dengan nilai pribadi Anda. Sehingga efeknya akan membuat Anda seperti robot atau kaku karena Anda tidak memiliki kemampuan untuk mengontrol hasil akhir yang mungkin tidak sesuai dengan keinginan Anda.

 

Pengertian Passion Menurut Para Ahli

Setelah mengetahui tipe-tipe passion, berikut beberapa pengertian menurut para ahli yang perlu Anda ketahui.

Menurut Vallerand serta Houlfard, passion merupakan kecenderungan yang kuat terhadap suatu aktivitas yang digemari oleh seseorang.

Sedangkan pengertian passion menurut Covey adalah keinginan yang membara, keyakinan kuat serta dorongan yang dapat membuat seseorang menjadi disiplin untuk mencapai visinya.

Pertula, berpendapat pula bahwa passion merupakan kondisi psikologis yang dapat dicirikan dengan menghadirkan rasa emosi yang positif dan kuat, dorongan internal serta keterlibatan tinggi dengan suatu aktivitas yang dianggap oleh seorang individu bermakna.

banner-promo-gramedia

Gani serta Priambodo berpendapat bahwa passion merupakan hasrat atau gairah yang timbul dengan kuat apabila seorang individu percaya bahwa ia akan mendapatkan hasil akhir yang menyenangkan. Pendapat mengenai passion tersebut diartikan pula oleh Gani dan Priambodo bahwa seseorang yang tidak memiliki harapan, maka orang tersebut juga kehilangan gairahnya. Passion atau gairah sesuai dengan pendapat Gani dan Priambodo tersebut dikaitkan pula dengan state of mind.

Agustinus mengemukakan pendapat mengenai pengertian passion. Menurut Agustinus, passion merupakan gairah serta semangat menggebu untuk mencapai sebuah tujuan, keinginan besar maupun kesiapannya untuk menderita demi mencapai tujuan tersebut. Menurut Agustinus, passion didorong oleh rasa cinta yang kemudian menimbulkan gairah hingga mencapai tujuan serta keinginan, selain rasa suka cita tersebut ada penderitaan pula pada makna passion menurut Agustinus.

Pendapat terakhir mengenai pengertian passion datang dari Riana. Riana berpendapat bahwa passion merupakan ketakutan yang dapat membuat seorang individu dapat bergerak maju serta tidak peduli dengan rintangannya. Hasrat tersebutlah yang membedakan antara orang yang sekadar bekerja keras dengan orang yang memiliki passion.

Menurut Thesman serta Ardianti, ada tiga hal yang dapat Anda bedakan dari orang yang memiliki passion dengan orang yang tidak memiliki passion. Berikut ketiga cirinya.

  1. Memiliki ambisi untuk menciptakan suatu hal yang penting serta berarti dalam hidup seseorang.
  2. Orang yang memiliki passion, memiliki kecintaan terhadap bidang-bidang usaha yang ia geluti.
  3. Memiliki energi maupun daya untuk mewujudkan idenya.

Dari pengertian-pengertian passion menurut para ahli tersebut, secara umum passion memiliki pengertian suatu hal yang dikerjakan dengan ikhlas tanpa paksaan serta suatu bentuk panggilan dari alam bawah sadar seseorang. Pekerjaan atau aktivitas tertentu dilakukan secara terus menerus individu tidak merasa bosan dan tidak memikirkan untung serta ruginya.

Untuk lebih jelasnya Anda dapat mengetahui mengenai contoh-contoh passion yang dimiliki oleh setiap individu sebagai berikut.

 

Contoh-Contoh Passion

contoh passion
Foto oleh EKATERINA BOLOVTSOVA dari Pexels – bintangtrainer.com

 

Very Strong Feeling atau perasaan yang sangat kuat.

Passion merupakan perasaan semangat yang luar biasa dan timbul saat seorang individu melakukan suatu hal. Contohnya seperti perasaan semangat ketika Anda mengikuti suatu perlombaan atau perasaan semangat ketika Anda melakukan suatu hal seperti mengerjakan hobi Anda.

 

Intense Emotion atau emosi mendalam.

Passion merupakan kondiri dari seorang individu yang berada dalam tingkat serius serta memiliki fokus berpikir yang tinggi. Apabila diibaratkan sebagai sebuah komputer, maka kondisi komputer sedang dalam penggunaan memori yang maksimum.

Contohnya, seperti ketika Anda melihat seorang anak kecil yang fokus bermain dengan mainannya dan acuh terhadap panggilan orang terdekat. Hal tersebut dikarenakan anak kecil yang sedang bermain sangat fokus terhadap aktivitas yang ia mainkan, sehingga menganggap panggilan atau hal terjadi yang berada di luar aktivitas tersebut tidaklah penting dan ia acuhkan.

 

Compelling Enthusiasm and Desire atau terpicunya antusiasme dan hasrat.

Apabila Anda melakukan suatu aktivitas dan merasakan hasrat serta memicu rasa antusias yang tinggi dan memiliki harapan yang besar, maka bisa jadi aktivitas atu kegiatan tersebut merupakan passion Anda.

Apabila suatu kegiatan yang Anda lakukan membuat Anda antusias bahkan hingga lupa waktu serta terus menerus Anda bicarakan dan ketika mengerjakan hal tersebut membuat Anda merasa senang dan bahagia, maka itulah passion Anda.

Contohnya, Anda senang membicarakan serta merawat mobil dari brand a hingga z Anda paham bagaimana perbedaannya, kelebihan serta kekurangannya hingga terus menerus Anda bahas. Kemungkinan Anda memiliki passion dalam mengenal mobil maupun otomotif. Apabila Anda memiliki antusiasme yang tinggi terhadap otomotif, itulah passion Anda berkaitan dengan otomotif maupun mobil.

Setelah mengetahui contoh-contoh dari passion apakah Anda sudah paham mengenai passion? Passion, mungkin terlihat sedikit mirip dengan hobi, keduanya merupakan aktivitas yang akan menimbulkan rasa senang, antusiasme, semangat apabila Anda kerjakan. Namun kedua hal tersebut berbeda, simak penjelasan satu ini.

 

Perbedaan Hobi dengan Passion 

perbedaan hobi dan passion
Foto oleh Teona Swift dari Pexels

 

Passion merupakan aktivitas yang Anda sukai, biasanya ketika melakukan aktivitas tersebut Anda akan merasa fokus serta antusias.

Namun selain memberikan rasa bahagia serta antusiasme tersebut passion merupakan hal yang bermanfaat untuk orang lain serta memberikan dampak untuk orang lain. Contohnya penulis menyebutkan bahwa aktivitas yang berkaitan dengan otomotif dapat menjadi passion Anda, melalui kegiatan tersebut Anda dapat memberikan informasi kepada orang awam yang tidak memiliki pengetahuan mengenai otomotif apabila mobilnya rusak, butuh perawatan lebih maupun rekomendasi mengenai otomotif.

Kegiatan menyukai otomotif tersebut memiliki dampak serta bermanfaat untuk orang lain, sehingga dapat dikatakan sebagai sebuah passion. Lain halnya dengan hobi.

banner-promo-gramedia

 

Hobi merupakan aktivitas yang Anda gemari, namun tidak selalu memiliki dampak serta memberikan manfaat bagi orang lain.

Contohnya Anda memiliki hobi bernyanyi, namun bernyanyi tidak selalu menjadi passion Anda.

Hobi Anda lakukan untuk mengisi waktu luang tanpa memerhatikan teknik maupun mempelajari hal yang mendalam mengenai aktivitas tersebut. Sedangkan passion, Anda akan berusaha untuk mempelajari teknik serta nilai lain mengenai passion Anda lebih paham.

Walaupun berbeda, passion dapat Anda temukan melalui hobi yang kemudian Anda tertarik untuk mempelajari hobi tersebut lebih dalam, sehingga semakin lama menjadi passion Anda. Namun Anda tidak perlu memaksakan apabila hobi Anda bukanlah passion Anda.

Passion terbentuk secara perlahan, sehingga Anda tidak perlu terburu untuk menemukan passion. Apabila Anda bingung bagaimana cara menemukan passion Anda, Anda dapat mengikuti tips dari kami. Simak penjelasan berikut ini.

 

Cara Menemukan Passion 

cara menemukan passion
Foto oleh Ksenia Chernaya dari Pexels

Anda dapat menemukan passion dengan tips-tips berikut ini.

 

  • Pertama, pikirkanlah hal atau aktivitas yang membuat Anda merasa bahagia.
  • Kedua,pikirkanlah  aktivitas apa yang Anda sukai serta aktivitas seperti apa yang sering dan senang Anda bicarakan.
  • Ketiga, Anda dapat menuliskan sifat yang menjadi kelebihan serta kekuatan Anda, sehingga Anda dapat mengetahui lebih jelas kelebihan-kelebihan Anda.
  • Keempat, renungi atau menanyakan kepada diri Anda sendiri tentang cita-cita maupun impian pada masa kecil.
  • Kelima, Anda perlu memikirkan hal-hal yang akan memengaruhi keputusan yang Anda ambil.
  • Keenam, tips terakhir coba bayangkanlah pekerjaan yang Anda jalani saat ini serta tanyakan kepada diri Anda sendiri, apakah Anda bersemangat ketika melakukan pekerjaan tersebut? Kemudian apakah pekerjaan tersebut membuat Anda bahagia?

Keenam tips tersebut dapat Anda ikuti, apabila Anda merasa belum menemukan passion atau merasa ragu dengan hal yang telah Anda anggap sebagai passion. Seperti yang telah penulis jelaskan, untuk menemukan passion Anda tidak perlu terburu-buru karena passion muncul secara bertahap dan perlahan.

Anda tidak perlu berpikir terlalu keras ketika melakukan tips-tips mengenai cara menemukan passion di atas. Umumnya, yang menjadi jawaban pertama dari pertanyaan adalah passion Anda saat ini.

Namun, sebenarnya sepenting apakah untuk mengetahui serta menemukan passion dalam diri Anda? Dengan memiliki serta mengetahui passion, Anda dapat merasakan beberapa manfaat sebagai berikut.

 

Manfaat Memiliki Passion dalam Hidup 

manfaat memiliki passion
Foto oleh Giftpundits.com dari Pexels

 

Kedua tipe passion, yaitu passion harmoni serta passion obsesi merupakan hal penting yang perlu Anda miliki dan sadari.  Memiliki passion dapat membuat Anda merasa bersemangat ketika menjalani suatu aktivitas dalam kehidupan sehari-hari. J. Vallerand menyebutkan pula bahwa passion merupakan percikan yang dapat membuat hidup seorang individu menjadi layak diperjuangkan.



Memiliki passion membuat Anda pantang menyerah. Rasa semangat serta bahagia yang dapat ditimbulkan dari memiliki passion akan membuat Anda terus mencari cara untuk dapat mengatasi permasalah serta rintangan yang menghalangi passion Anda. Rasa semangat tersebutlah yang kemudian mendasari seorang individu untuk terus berkorban dan pantang menyerah demi passion yang dia miliki. Baik passion tersebut membuat dirinya sendiri merasa senang maupun memberikan kesenangan kepada orang lain.

Individu yang bekerja sesuai dengan passionnya, biasanya cenderung sukses, sehingga munculah jargon “jadikan passion Anda, sebagai pekerjaan” jargon tersebut mengungkapkan bahwa apabila Anda menjadikan passion sebagai pekerjaan, maka Anda akan bahagia hingga merasa bahwa apa yang Anda kerjakan bukanlah pekerjaan namun aktivitas yang biasa serta selalu Anda sukai. Namun tentu saja ada faktor lain yang akan memengaruhi rasa senang ketika bekerja, seperti karier yang baik.

Selain ketiga manfaat tersebut, passion dapat membentuk karakter Anda menjadi lebih kuat. Hal ini dikarenakan Anda akan berusaha untuk mencapai tujuan serta tidak meremehkan dan tidak peduli kesulitan-kesulitan yang ada. Hal tersebut yang akan mendorong Anda untuk teguh pada pendirian Anda.

Memiliki passion dapat membuat Anda merasa lebih menikmati hidup serta pekerjaan. Apabila Anda menyadari passion Anda, Anda akan lebih mengetahui apa yang Anda inginkan. Sehingga Anda akan lebih menikmati proses untuk mencapai suatu tujuan serta melakukan pekerjaan Anda. Contohnya Anda memiliki tujuan untuk belajar lebih lanjut mengenai suatu hal yang berkaitan dengan passion Anda, maka Anda akan berusaha untuk mewujudkan hal tersebut seperti bekerja lebih keras maupun belajar agar dapat mendapatkan beasiswa atau dapat membiayai studi Anda.

Menyadari passion Anda dapat membuat rasa stress Anda berkurang.  Manfaat satu ini sesuai dengan penelitian yang dipublikasikan oleh The Annals of Behavioral Medicine. Pada penelitian tersebut disebutkan bahwa memiliki passion dapat mengurangi rasa stress serta meningkatkan rasa gairah serta rasa bahagia. Dengan passion Anda akan merasa memiliki hidup yang penuh makna.

Memiliki passion dapat mengajarkan Anda untuk menghargai waktu. Anda yang memiliki passion pasti tahu jelas tujuan Anda, sehingga Anda akan memprioritaskan kegiatan serta aktivitas yang berkaitan dengan passion Anda. Sehingga Anda tidak akan melakukan kegiatan yang akan membuang waktu atau kegiatan yang tidak sejalan dengan tujuan.

 

Buku Rekomendasi Terkait Passion

Nah itulah beberapa manfaat dari memiliki passion di kehidupan Anda. Anda dapat mengetahui pengertian passion lebih dalam serta contoh-contoh passion dengan membaca buku-buku berikut ini.

tombol beli buku

Buku pertama berjudul “Amazing You : 14 Tes Untuk Menemukan Passion Kamu” karya Fransisca S. buku satu ini membahas mengenai cara untuk menemukan passion melalui potongan cerita, ilustrasi serta beberapa kuesioner agar Anda dapat mengetahui passion Anda. Harga buku ini cukup murah yaitu Rp 39.500

 

tombol beli buku

 

Buku kedua yang dapat Anda baca, berjudul “Passion? : Seni Meraih Cita-Cita Dengan Atau Tanpa Passion” yang ditulis oleh Muthia Sayekti. Buku mengenai passion satu ini membahas mengenai bekerja dengan atau tanpa passion, sehingga Anda tidak perlu khawatir apabila memiliki pekerjaan yang tidak sesuai dengan passion Anda. Sesuai dengan tipe passion sesuai Vallerand, ada tipe passion obsesi yang tentu saja dapat bermanfaat dalam kehidupan Anda.

 

tombol beli buku

Rekomendasi buku ketiga yang membahas mengenai passion berjudul “My Passion, My Business : Trik Merintis Usaha Berbasis Hobi” yang ditulis oleh Sani Hasanah. Buku ketiga satu ini membahas mengenai bagaimana cara Anda untuk dapat menghasilkan uang dengan passion serta hobi Anda. Buku ini tepat bagi Anda apalagi saat pandemi COVID-19 yang mengharuskan Anda untuk diam di rumah.

Ketiga rekomendasi buku mengenai passion tersebut dibandrol dengan harga yang cukup murah yaitu sekitar Rp 30.000 an saja. Anda dapat membeli serta membaca buku ini melalui Gramedia.com maupun datang ke gerai Gramedia yang ada di kota mu! buku berbentuk eBook dapat Anda baca melalui aplikasi e reader Gramedia Digital.

 

Artikel Lainnya Terkait Passion

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy