in

Cara Mudah Scan Barcode di HP

Sumber: amazonaws.com

Cara scan barcode di hpBarcode merupakan suatu kode batangan berbentuk garis tersusun yang dapat terbaca oleh mesin. Kode ini umumnya akan di scan saat akan membayar di kasir. Dalam hal ini, kasir yang dimaksud merupakan kasir dari pasar swalayan atau supermarket besar. Biasanya, ketika barcode di-scan, maka dari alat scan akan muncul cahaya warna merah.

Kode ini juga dapat berfungsi untuk mempermudah proses penginputan barang di mesin kasir. Saat ini, teknologi mesin kasir dan juga alat untuk scan semakin canggih, kamu dapat membuat proses transaksi pembayaran di mesin kasir menjadi lebih mudah dengan menggunakan sistem POS atau Point Of Sale.

Sistem ini juga akan memungkinkanmu untuk melakukan berbagai proses pembayaran dengan berbagai metode yang kemudian akan langsung tersinkronisasi dengan data-data yang ada serta memberikan hasil laporan analitik secara otomatis.

Penggunaan barcode itu sendiri bisa dilakukan melalui handphone, sehingga ketika melakukan transaksi pembayaran pun menjadi lebih mudah. Namun, tak sedikit orang yang belum mengetahui cara scan barcode di hp.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kode bar atau lebih dikenal dengan barcode yang dapat mempermudah bisnis dan cara scan barcode di hp, maka kamu bisa simak artikel ini, Grameds.

Pengertian Barcode

cara scan barcode di hp
Sumber: Pixabay

Kode bar atau barcode adalah garis vertikal hitam dan putih dengan ketebalan berbeda yang kemudian akan sangat berguna karena dapat terbaca oleh mesin. Fungsi dari kode bar ini juga dapat membedakan satu produk dengan produk lainnya, sehingga pada proses pengenalan produk ataupun pencarian produk akan menjadi lebih mudah.

Mesin pembaca kode bar ini disebut juga dengan barcode scanner. Kode batang yang sering terlihat pada produk biasanya akan ter-scan ketika membayar produk di kasir. Dengan begitu, proses pembayaran pun menjadi lebih mudah dilakukan.

Barcode berfungsi sebagai penyimpanan seluruh informasi data-data spesifik tentang suatu produk atau berbagai barang yang telah mendapatkan suatu label kode bar. Data-data spesifik yang tersimpan ini diantaranya, kode produksi, tanggal kadaluarsa, serta nomor identifikasi produk.

Kode bar ini juga dapat terbaca dengan bantuan mesin yang disebut juga dengan barcode scanner. Hal ini, akan memudahkan operator dalam membaca berbagai informasi yang ada pada kode batang tanpa harus membaca nilai setiap baris pada suatu produk satu persatu, sehingga pekerjaan pun akan menjadi lebih mudah diselesaikan.

Pada umumnya, alasan menggunakan barcode adalah demi kenyamanan dan juga untuk mendapatkan kemudahan dalam melakukan suatu hal. Selain itu, kode ini juga akan memudahkan kamu untuk mendata suatu produk serta menciptakan sistem pencatatan informasi yang akurat dan cepat.

Garis yang ada pada barcode juga berfungsi untuk menciptakan tingkat ketelitian yang memiliki akurasi yang tinggi, sehingga akan membuat sistem pencatatan informasi menjadi lebih baik dan juga dapat meminimalisir kerugian. Dengan menggunakan kode bar kamu tak perlu lagi mengeluarkan banyak energi dalam memproses data. Jadi, hingga sampai saat ini, kamu lebih sering menggunakan barcode untuk keperluan apa?

Cara Scan Barcode

cara scan barcode di hp
Sumber: Pixabay

Beragam informasi kini menjadi sangat mudah untuk diketahui hanya dengan diinput dalam satu sistem yang lebih praktis yaitu dengan menggunakan barcode ataupun QR Code. Apalagi langkah scan barcode sudah bisa dilakukan dari HP, sehingga sangat mudah diakses. Untuk melakukan scan barcode di hp, kamu bisa menggunakan aplikasi ataupun melalui browser.

Tidak hanya itu, fungsi barcode sendiri dapat memberi kemudahan dalam mengenali ataupun mengidentifikasi jenis produk. Misalnya saja mulai dari harga, kode produksi, identitas produk serta berbagai informasi lainnya tentang produk.

Sementara itu, QR Code sendiri sedikit berbeda jika dibandingkan dengan barcode. Pasalnya, QR Code umumnya digunakan untuk input data yang lebih luas lagi, mulai dari lokasi, email, link, dan lainnya. Namun, baik barcode atau QR Code sama-sama dapat di-scan dengan mudah melalui HP. Berikut dibawah ini cara scan barcode di hp yang perlu kamu ketahui:

Cara Scan Barcode di HP Lewat Browser

Sejumlah produk umumnya memiliki barcode yang tersemat pada kemasannya. Baik itu pada produk makanan, barang, atau lainnya kini memiliki barcode sebagai identitas produk atau membedakannya dengan berbagai produk lainnya.

Sementara itu, kini tak hanya produk saja yang memiliki barcode ataupun QR code, melainkan juga dapat digunakan untuk menginput data berupa alamat link, lokasi, kontak, email, kupon serta catatan penting lainnya. Nah, bagimu yang ingin scan barcode, berikut ini cara scan barcode di HP termudah dengan menggunakan browser. Cara Scan Barcode di HP Lewat Situs Web QR:

  1. Pertama-tama buka browser di smartphone kamu
  2. Kunjungilah situs webqr.com, lalu klik Allow untuk mengizinkan akses kamera untuk scan barcode.
  3. Setelah itu, arahkan kamera pada barcode yang ingin di scan. Jika sukses, maka kamu dapat melihat hasil dari scan barcode tersebut.

Cara Scan Barcode di HP Lewat Google

  1. Pertama-tama buka browser di aplikasi Google. Kemudian pada halaman beranda, kamu akan melihat ikon kamera pada kolom pencarian.
  2. Klik ikon kamera tersebut untuk scan barcode, kemudian arahkan kamera pada barcode yang ingin di scan. Jika sukses, maka kamu dapat melihat hasil scan barcode.

Demikian beberapa langkah scan barcode di HP via browser atau tanpa aplikasi yang dapat memudahkan kamu untuk mengetahui hasil scan barcode.

cara scan barcode di hp
Sumber: www.harapanrakyat.com

Cara Scan Barcode di HP dengan Menggunakan Aplikasi

Cara scan barcode di HP semakin mudah dengan menggunakan aplikasi yang dapat diakses secara gratis. Apalagi ketika kamu mengunduh serta menginstal aplikasi tersebut tanpa harus melalui proses yang rumit. Selain itu, hasil dari cara scan barcode di HP dengan menggunakan aplikasi dapat dibilang cukup akurat dan lebih luas. Hal ini karena nantinya hasil scan barcode dapat berupa alamat link, teks, kontak, kupon, email, lokasi, dan seterusnya.

Nah, berikut ini cara scan barcode di HP dengan menggunakan aplikasi yang populer digunakan.

Scan Barcode di HP dengan Menggunakan Aplikasi QR & Barcode Scanner

  1. Pertama-tama unduh dan instal aplikasi QR & Barcode Scanner di Playstore. Lalu, bukalah aplikasi ini di smartphone kamu.
  2. Setelah itu, pilihlah menu pindai, maka kamera akan terbuka untuk scan barcode.
  3. Arahkan kamera ke barcode yang ingin kalian scan serta tunggu hingga proses scanning ini selesai.
  4. Jika berhasil, maka akan langsung muncul informasi mengenai kode barcode yang ingin di scan.

Cara Scan Barcode di HP dengan Menggunakan Aplikasi QR Code Reader.

  1. Pertama-tama unduh dan instal aplikasi QR Code Reader di ponsel kalian. Lalu, buka aplikasi tersebut.
  2. Setelah itu, kamera untuk scan barcode akan terbuka. Kemudian, kamu arahkan kamera pada barcode yang ingin kalian scan. Jika proses sukses, maka akan dimunculkan hasil dari proses scanning suatu barcode.

Cara Scan Barcode di HP dengan Menggunakan Google Assistant

Kecanggihan teknologi digital kini kian memudahkan berbagai aktivitas harian. Salah satu fitur teknologi yang dapat memudahkan kita adalah fitur Google Assistant. Fitur ini bisa kamu akses dengan mudah melalui smartphone Android yang kamu miliki.

Melalui fitur Google Assistant, kalian juga dapat memindai atau scan barcode di HP. Adapun langkah mudah untuk cara scan barcode di HP melalui fitur Google Assistant, diantaranya:

  1. Pertama-tama tekan tombol Home pada ponsel Android kalian.
  2. Lalu, akan muncul fitur Google Assistant. Kemudian, kamu klik ikon Google Lens untuk scan barcode.
  3. Klik Allow untuk mengizinkan akses kamera di Google Lens. Kemudian kamera akan terbuka untuk scan barcode di HP.
  4. Arahkan kamera pada barcode yang ingin kalian scan. Selanjutnya akan muncul hasil dari scan barcode.

Cara Scan Barcode di HP iPhone

Sedangkan untuk para pengguna HP iPhone cara scan barcode-nya tak jauh berbeda. Di iPhone, kamu dapat menggunakan fitur Scan QR Code yang berada di menu pengaturan. Adapun cara scan barcode di HP iPhone adalah sebagai berikut:

  1. Pertama-tama buka menu pengaturan di iPhone. Lalu pilihlah kamera.
  2. Setelah itu, aktifkan Scan QR Codes dengan klik pada tombol toggle hingga akhirnya berubah warna hijau.
  3. Lalu, buka kamera di iPhone dan arahkan kamera pada barcode yang ingin kamu scan.

Jika sukses, maka pada hp iPhone kamu akan terlihat hasil dari scan barcode.
Itulah beberapa langkah scan barcode di HP dengan mudah baik menggunakan aplikasi atau tanpa aplikasi. Jadi, apakah kamu sudah terbiasa melakukan scan barcode di HP?

Manfaat Barcode

cara scan barcode di hp
Sumber: Pixabay

Kode-kode batang yang berbentuk bar memanjang ini akan terbaca oleh barcode scanner, dengan menggunakan metode sinar infrared. Alat tersebut cukup diarahkan ke area kode batang pada produk yang kemudian akan dibaca dengan mesin barcode scanner.

Data yang terbaca oleh mesin akan mentransfer serta menyimpan data-data pada suatu alat tertentu, yang kemudian akan muncul pada monitor atau berbagai alat lainnya. Namun, barcode scanner juga tidak dapat bekerja dengan baik, apabila kode batang pada produk mengalami kecacatan atau goresan.

Selain itu, kode barcode juga bisa tidak terbaca apabila posisi scanner tidak pada center dari kode batang pembacaan. Maka dari itu, kamu harus pastikan untuk mengarahkan scanner dengan tepat. Kemudian, kode batang yang telah terbaca oleh mesin ini akan berbunyi “tit” dan lampu indikator akan menyala (umumnya warna merah).

Pada dasarnya, terdapat banyak sekali manfaat yang dapat kamu peroleh dengan menggunakan barcode pada bisnis. Berikut di bawah ini adalah beberapa manfaat dari barcode:

  1. Penginputan data akan diproses secara lebih cepat. Hal ini terjadi karena dengan adanya kode bar, maka alat scanner akan lebih mudah dalam membaca data dengan cepat dan tepat. Dikarenakan memiliki tingkat ketepatan yang tinggi, maka kode batang data yang akan masuk akan lebih tepat.
  2. Pencarian data akan lebih akurat. Teknologi yang memadai akan membuat pencarian data memiliki tingkat ketelitian serta akurasi yang lebih tinggi. Sistem ini akan mengurangi berbagai eningkatkan kinerja manajemen.
  3. Pengerjaan menjadi lebih cepat, tepat, serta akurat, sehingga pengambilan keputusan manajemen menjadi lebih baik dan bijaksana dan perusahaan pun tidak mengalami kerugian.
  4. Menjaga persaingan dengan para kompetitor.

Jadi, kode batang atau barcode ini juga akan memudahkan kamu dalam melakukan pendataan terhadap suatu produk serta menciptakan sistem pencatatan informasi yang lebih akurat secara cepat. Selain itu, garis batang ini juga akan menciptakan tingkat ketelitian dengan akurasi yang tinggi, sehingga akan membuat sistem pencatatan informasi menjadi tepat.

Bahkan, dengan menggunakan barcode dapat meminimalisir kerugian dengan lebih cepat dan akurat. Jadi, dengan menggunakan kode bar ini, kamu juga tidak perlu lagi mengeluarkan banyak energi dalam memproses berbagai data.

Buku-Buku Terkait

Aplikasi Absensi Dosen dengan Java dan Smartphone sebagai Barcode Reader

https://www.gramedia.com/products/aplikasi-absensi-dosen-dengan-java-dan-smartphone-sebagai-barcode-reader?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/aplikasi-absensi-dosen-dengan-java-dan-smartphone-sebagai-barcode-reader?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Buku ini sangat baik bagi pembaca yang ingin belajar membangun sistem dengan Java Netbeans serta menjadi panduan bagi mahasiswa IT yang ingin membuat skripsi. Dalam buku ini diajarkan cara instalasi software secara lengkap, termasuk library-library yang dibutuhkan agar aplikasi berjalan dengan baik, teori java yang lengkap serta cara analisis dengan metode Object Oriented Design (OOD), dan cara membuat UML dengan software ArgoUML juga tak lupa penulis berikan.

Pembaca dapat mengikuti sesi demi sesi dan mempraktikkan langsung di depan komputer untuk belajar pemrograman Java Netbeans ini. Pembaca akan dapat membangun aplikasi absensi dosen, mulai dari absen masuk, absen pulang, sampai perhitungan keterlambatan datang dan laporan-laporan yang dibutuhkan dalam sistem informasi absen dosen ini. Di dalam buku ini juga diajarkan bagaimana menjadikan smartphone sebagai alat untuk men-scan kehadiran dosen, termasuk software-software yang dibutuhkannya.

Merancang Aplikasi Akuntansi dengan VB Net + CD

https://www.gramedia.com/products/merancang-aplikasi-akuntansi-dengan-vb-net-cd?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/merancang-aplikasi-akuntansi-dengan-vb-net-cd?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Analisis Sistem, Desain Sistem, dan Pemrograman menggunakan pendekatan non- objek dan pendekatan berorientasi objek dengan Visual Basic.Net dibahas secara terpadu dalam buku ini. Pembahasan disertai contoh aplikasi sistem akuntansi dengan pendekatan prosedural (struktur) dan berorientasi objek yang secara lengkap mengintegrasikan setiap siklus akuntansi.

Aplikasi sistem akuntansi yang dibuat meliputi Jurnal Umum, Jurnal AJP, Buku Besar, Buku Besar AJP, Neraca Saldo, Neraca Saldo AJP, Neraca Lajur, Laporan Rugi Laba, Laporan Perubahan Ekuitas, Laporan Neraca, dan Laporan Catatan Akuntansi.

Pembahasan selengkapnya mencakup:

  • Sistem informasi
  • Struktur program pada Visual Basic.Net 2013
  • Tahapan pengembangan sistem model Waterfall, Iterasi, dan Spiral
  • Pemodelan sistem berorientasi keluaran, proses, data, dan objek
  • Konsep pemrograman Prosedural ? Konsep pemrograman berorientasi objek
  • Aplikasi sistem akuntansi dengan konsep prosedural
  • Aplikasi sistem akuntansi dengan konsep berorientasi objek.

Aplikasi Penggajian dengan Java untuk Pemula

https://www.gramedia.com/products/aplikasi-penggajian-dengan-java-untuk-pemula?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/aplikasi-penggajian-dengan-java-untuk-pemula?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Apakah Anda ingin belajar Java dari nol? Kalau begitu, buku ini cocok sebagai batu pijakan pertama mempelajari Java. Di akhir bab, Anda akan belajar membuat aplikasi praktis untuk penggajian.

Secara garis besar, buku ini mengupas:

  • Sekilas Mengenai Java, NetBeans, dan MySQL
  • Menginstal Java, NetBeans, dan MySQL
  • Memulai Penggunaan NetBeans
  • Operasi Dasar NetBeans
  • Pembuatan Proyek Baru
  • Pembuatan Database Aplikasi Penggajian
  • Perancangan User Interface Aplikasi Penggajian
  • Koneksi Database dalam Aplikasi Penggajian, dan lain-lain.

Buku ini dikhususkan untuk pemula. Berbagai peranti lunak yang dibahas bisa diunduh secara gratis di situs-situs yang akan diinformasikan dengan jelas.

Jika ingin mencari berbagai macam buku, mulai dari non fiksi hingga fiksi, maka kamu bisa menemukannya di Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi