in

Cara Menggunakan Truecaller untuk Melacak Nomor HP

Halo Grameds! Siapa yang pernah mendapatkan panggilan dari nomor yang tidak dikenal? Atau merasa penasaran dengan siapa yang menelepon tanpa meninggalkan pesan? Dalam era digital seperti sekarang, kehadiran teknologi membantu kita dalam hal ini. Salah satu alat yang cukup populer adalah Truecaller. Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang Truecaller, alat yang memudahkan kita dalam melacak nomor HP yang tidak dikenal.

Cara Menggunakan Truecaller untuk Melacak Nomor HP

Apakah kamu sering menerima panggilan dari nomor yang tidak dikenal? Atau ingin mencari tahu identitas dari nomor yang sering menghubungi kamu? Truecaller adalah solusi yang tepat untuk melacak nomor HP yang tidak dikenal. Berikut ini adalah langkah-langkah tentang cara menggunakan Truecaller untuk melacak nomor HP:

1. Mengunduh dan Menginstal Truecaller

Pertama kamu perlu mengunduh dan menginstal aplikasi Truecaller. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan sesuai dengan platform masing-masing:

A. Langkah-langkah di Google Play Store

Jika kamu pengguna Android, berikut adalah langkah-langkah untuk mengunduh dan mengunduh Truecaller:

  • Buka Google Play Store di perangkat kamu.
  • Ketik “Truecaller” di kolom pencarian.
  • Pilih aplikasi Truecaller yang muncul dalam hasil pencarian.
  • Tekan tombol “Pasang” dan ikuti petunjuk untuk menyelesaikan proses instalasi.

B. Langkah-langkah di App Store

Pengguna iPhone atau iOS dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengunduh Truecaller dari App Store:

  • Buka App Store di perangkat kamu.
  • Ketik “Truecaller” di kolom pencarian.
  • Pilih aplikasi Truecaller dari hasil pencarian.
  • Tekan tombol “Unduh” atau “Dapatkan” dan tunggu hingga proses pengunduhan selesai.

 

2. Mendaftar dan Mengatur Truecaller

Langkah yang kedua adalah mendaftar dan mengatur Truecaller kamu. Terdapat dua langkah, yaitu mendaftar dan verifikasi:

1) Proses Pendaftaran Menggunakan Nomor HP

Setelah berhasil mengunduh dan menginstal Truecaller, langkah selanjutnya adalah mendaftar menggunakan nomor HP kamu. Ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi Truecaller yang telah terinstal di perangkat kamu.
  • Masukkan nomor HP kamu pada layar pendaftaran.
  • Tekan tombol “Lanjutkan” atau “Daftar” untuk melanjutkan proses pendaftaran.

2) Verifikasi dan Izin Akses

Setelah memasukkan nomor HP, Truecaller akan mengirimkan kode verifikasi melalui SMS untuk memverifikasi nomor kamu. Selain itu, aplikasi ini akan meminta izin akses ke kontak dan panggilan di perangkat kamu. Pastikan untuk memberikan izin tersebut agar Truecaller dapat berfungsi dengan baik.

 

3. Melacak Nomor HP Menggunakan Truecaller

Langkah yang ketiga, yaitu melacak nomor HP menggunakan Truecaller, kamu bisa melakukan dua langkah ini:

1) Memasukkan Nomor pada Kolom Pencarian

Setelah berhasil mendaftar dan mengatur Truecaller, kamu siap untuk mulai melacak nomor HP yang tidak dikenal. Ikuti langkah-langkah ini:

  • Buka aplikasi Truecaller di perangkat kamu.
  • Temukan kolom pencarian dan masukkan nomor HP yang ingin kamu lacak.
  • Tekan tombol “Cari” atau ikon pencarian untuk memulai proses pencarian.

2) Menafsirkan Hasil Pencarian Truecaller

Setelah memasukkan nomor HP, Truecaller akan menampilkan informasi tentang nomor tersebut, seperti nama pemilik, lokasi, operator seluler, dan lainnya jika tersedia. kamu dapat menafsirkan hasil pencarian ini untuk mengetahui identitas dari nomor yang tidak dikenal.

Di Balik Pena: dr. Andreas Kurniawan Berbagi Tutorial Melalui Duka dan Mencuci Piring

 

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat dengan mudah menggunakan Truecaller untuk melacak nomor HP yang tidak dikenal.

 

 

Alasan Pentingnya Melacak Nomor HP yang Tidak Dikenal

Melacak nomor HP yang tidak dikenal memiliki banyak alasan yang penting. Ini tidak hanya tentang penasaran siapa yang menelepon, tetapi juga tentang keamanan dan kenyamanan.

Dengan mengetahui identitas penelepon, kita bisa memutuskan apakah kita ingin menjawab panggilan tersebut atau tidak. Selain itu, melacak nomor HP juga membantu kita dalam menghindari penipuan atau panggilan spam yang mengganggu.

Truecaller adalah sebuah aplikasi yang dirancang khusus untuk membantu pengguna dalam mengidentifikasi panggilan masuk, memblokir panggilan spam, dan mencari informasi tentang nomor telepon yang tidak dikenal.

Dengan menggunakan database yang luas, Truecaller memberikan kemudahan bagi pengguna untuk mengetahui identitas penelepon hanya dengan nomor telepon yang terdaftar.

Truecaller adalah sebuah aplikasi telepon genggam yang memungkinkan penggunanya untuk mengidentifikasi nomor telepon yang tidak dikenal, baik itu dalam panggilan masuk maupun pesan teks. Aplikasi ini tersedia untuk berbagai platform, termasuk Android dan iOS.

 

Fungsi dan Fitur Utama Truecaller

Fitur utama Truecaller meliputi:

1. Identifikasi Panggilan Masuk

Truecaller akan menampilkan nama pemilik nomor telepon yang tidak dikenal.

2. Blokir Panggilan Spam

Aplikasi ini secara otomatis memblokir panggilan dari nomor yang telah terdaftar sebagai spam.

3. Pencarian Nomor Telepon

Pengguna bisa mencari informasi tentang nomor telepon yang tidak dikenal untuk mengetahui identitas penelepon.

4. Pesan Teks

Truecaller juga memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima pesan teks.

Hukum Pelindungan Data Pribadi Di Indonesia: Cyberlaw & Cybersecurity

https://cdnwpseller.gramedia.net/wp-content/uploads/2024/04/button_cek-gramedia-com.png

Buku ini berjudul Hukum Pelindungan Data Pribadi di Indonesia: Cyberlaw & Cybersecurity sebagal korelasi konstruktif cyberlaw dengan Undang-Undang RI Nomor 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi (UU PDP). Pemberlakuan legislasi dan regulasi yang dikombinasikan dengan penegakan hukum yang serius tetap diperlukan untuk memandu perilaku masyarakat dan memastikan supremasi hukum, khususnya pelindungan data pribadi terkait cyberlaw dan cybersecurity. Dalam beberapa tahun terakhir, keamanan siber (cybersecurity) tidak hanya menjadi industri yang berkembang pesat, tetapi menjadi pertimbangan yang semakin penting bagi hampir setiap perusahaan dan pemerintah (kementerian/lembaga/instansi) di Indonesia. Pelanggaran data dapat menyebabkan rusaknya reputasi korporasi, tuntutan hukum berisiko tinggi, terdampaknya bisnis secara signifikan, pencurian kekayaan intelektual, dan kerentanan keamanan nasional.

Buku ini diawali dengan pemahaman cyberlaw dalam teoretis Hukum Pelindungan Data Pribadi, kemudian pembahasan kaidah dan norma Pelindungan Data Pribadi yang dimuat dalam Undang-Undang RI Nomor 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi. Pembahasan dilanjutkan dengan cybersecurity dan Hukum Pelindungan Data Pribadi di Indonesia, kemudian uraian tentang Pelindungan Data Pribadi dan Hukum Ekonomi Digital. Pelindungan Data Pribadi dan Hukum Arbitrase 4.0 dibahas sebagai penutup buku ini.

 

Keunggulan Truecaller Dibanding Aplikasi Serupa

(Sumber foto: www.pexels.com)

Truecaller memiliki keunggulan dibandingkan dengan aplikasi serupa, antara lain:

  • Database yang luas dan terpercaya.
  • Fitur identifikasi panggilan yang akurat.
  • Kemampuan untuk memblokir panggilan spam secara otomatis.
  • Tersedia secara gratis dengan opsi untuk meningkatkan ke versi premium.

Ini adalah sebagian dari keunggulan Truecaller yang membuatnya menjadi salah satu aplikasi terbaik dalam melacak nomor HP yang tidak dikenal. Dalam artikel selanjutnya, akan dibahas secara mendalam tentang cara menggunakan Truecaller dan manfaatnya bagi pengguna.

 

 

Manfaat Menggunakan Truecaller

Truecaller bukan hanya sekadar aplikasi telepon biasa. Dibalik tampilannya yang sederhana, terdapat berbagai manfaat yang sangat membantu penggunanya dalam mengelola panggilan telepon. Berikut adalah beberapa manfaat utama menggunakan Truecaller:

1. Identifikasi Panggilan Masuk

Salah satu manfaat utama Truecaller adalah kemampuannya untuk mengidentifikasi panggilan masuk. Dengan menggunakan Truecaller, kamu dapat melihat nama pemilik nomor telepon yang tidak dikenal sebelum kamu menjawab panggilan tersebut. Ini membantu kamu untuk mengetahui siapa yang sedang menelepon kamu dan memutuskan apakah panggilan tersebut penting atau tidak.

2. Blokir Panggilan Spam

Panggilan spam seringkali mengganggu dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Truecaller memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk secara otomatis memblokir panggilan dari nomor yang telah terdaftar sebagai spam. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi mengganggu diri kamu dengan panggilan-panggilan yang tidak diinginkan.

3. Mencari Informasi Nomor yang Tidak Dikenal

Seringkali kita menerima panggilan dari nomor yang tidak dikenal dan penasaran siapa yang menelepon. Truecaller memungkinkan kamu untuk mencari informasi tentang nomor telepon yang tidak dikenal dengan mudah. kamu dapat mengetahui nama pemilik nomor, lokasi, dan informasi lainnya yang mungkin berguna.

4. Fitur Tambahan seperti Pencarian Nama berdasarkan Nomor

Selain mencari informasi nomor telepon, Truecaller juga memiliki fitur yang memungkinkan kamu untuk mencari nama berdasarkan nomor telepon. Ini sangat berguna jika kamu memiliki nomor telepon seseorang, namun tidak tahu siapa pemilik nomor tersebut. kamu dapat dengan mudah mencari tahu nama pemilik nomor tersebut menggunakan Truecaller.

 

Tips dan Trik Menggunakan Truecaller

Selain manfaat utamanya, ada beberapa tips dan trik yang dapat membantu kamu memaksimalkan pengalaman penggunaan Truecaller:

1. Perbarui Database Secara Berkala

Pastikan untuk secara berkala memperbarui database Truecaller agar kamu selalu mendapatkan informasi terbaru tentang nomor telepon yang tidak dikenal.

2. Aktifkan Fitur Blokir Otomatis

Aktifkan fitur blokir otomatis untuk menghindari gangguan dari panggilan spam atau penipuan.

3. Verifikasi Informasi yang Ditemukan

Jika kamu menemukan informasi tentang nomor telepon yang tidak dikenal, pastikan untuk memverifikasi informasi tersebut melalui sumber yang terpercaya sebelum mengambil tindakan lebih lanjut.

4. Menggunakan Fitur Premium untuk Manfaat Lebih

Jika kamu sering menggunakan Truecaller, pertimbangkan untuk meningkatkan ke versi premium untuk mendapatkan fitur tambahan dan manfaat lebih.

Undang-Undang Pelindungan Data Pribadi dan Korporasi

https://cdnwpseller.gramedia.net/wp-content/uploads/2024/04/button_cek-gramedia-com.png

Perkembangan teknologi yang setiap saat meningkat membuat masyarakat kian menggandrunginya. Berbagai hal dapat dilakukan dengan sangat mudah, seperti metode pembayaran yang serba-cashless, sharing berbagai momen di media sosial (dalam bentuk foto dan video), dan masih banyak lagi.

Untuk mengakses itu semua, kita perlu mengunggah informasi atau data pribadi yang tentunya akan diketahui oleh orang lain. Maka dari itu, upaya Pelindungan Data Pribadi menjadi hal yang cukup krusial mengingat berbagai tindak kejahatan bisa saja terjadi.

Buku Tafsir Undang-Undang Pelindungan Data Pribadi ini adalah kumpulan artikel yang Penulis tulis di media terpercaya, KOMPAS, antara September sampai dengan Desember 2022. Buku ini hadir untuk sama-sama membahas mengenai urgensi produk legislasi pemerintah dalam melindungi data pribadi masyarakat dari kemungkinan pelanggaran yang dilakukan oleh oknum-oknum tertentu, yaitu Undang-Undang Pelindungan Data Pribadi (UU PDP). UU PDP diproyeksikan antara lain untuk menjawab realitas ketiadaan standar dan kriteria pelindungan data pribadi. UU PDP juga menjawab keraguan dunia usaha dan investasi tatkala kegiatan usahanya bersentuhan dengan data pribadi. Dengan kata lain, undang-undang ini menjadi jawaban atas ketidakpastian hukum itu. Kepastian hukum merupakan unsur esensial dalam negara hukum karena secara filosofis sekaligus pragmatis, salah satu tujuan hukum adalah kepastian.

 

Cara Melindungi Nomor HP dari Panggilan yang Tidak Dikenal

(Sumber foto: www.pexels.com)

Sering mendapatkan panggilan dari nomor yang tidak dikenal memang sangat mengganggu dan kadang membuat khawatir. Namun, ada beberapa langkah yang bisa Grameds lakukan untuk melindungi nomor handphone dari panggilan yang tidak dikenal. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dicoba:

1. Gunakan Aplikasi Identifikasi Panggilan

Menggunakan aplikasi seperti Truecaller dapat membantu kamu mengidentifikasi panggilan masuk dari nomor yang tidak dikenal. Aplikasi ini akan menampilkan nama pemilik nomor tersebut dan memblokir panggilan yang sudah dikenal sebagai spam atau penipuan. Selain Truecaller, ada juga aplikasi lain seperti Hiya dan Mr. Number yang bisa digunakan untuk tujuan serupa.

2. Aktifkan Fitur Blokir di Ponsel

Sebagian besar ponsel modern dilengkapi dengan fitur blokir bawaan yang memungkinkan kamu untuk memblokir nomor tertentu. Berikut caranya:

  • Android

Buka aplikasi telepon, ketuk nomor yang ingin diblokir, pilih “Blokir/ Laporkan Spam”.

  • IPhone

Buka aplikasi telepon, ketuk “i” di sebelah nomor yang ingin diblokir, lalu pilih “Blokir Penelepon Ini”.

3. Jangan Sembarangan Membagikan Nomor Handphone  

Pastikan kamu hanya membagikan nomor handphone kepada orang atau perusahaan yang terpercaya. Hindari memasukkan nomor kamu di situs web yang mencurigakan atau kurang dikenal, karena bisa jadi nomor kamu akan digunakan untuk panggilan spam.

4. Gunakan Mode Do Not Disturb (DND)  

Aktifkan mode DND untuk membatasi panggilan masuk hanya dari kontak yang sudah kamu kenal. Ini bisa membantu mengurangi panggilan yang tidak diinginkan dari nomor yang tidak dikenal.

  • Android

Masuk ke “Pengaturan” > “Suara” > “Jangan Ganggu” dan atur preferensi kamu.

  • IPhone

Masuk ke “Pengaturan” > “Jangan Ganggu” dan atur preferensi kamu.

5. Daftarkan Nomor Kamu di Daftar Jangan Ganggu Nasional

Di beberapa negara, ada layanan Daftar Jangan Ganggu Nasional yang memungkinkan kamu untuk mendaftarkan nomor handphone sehingga pengiklan dan telemarketer tidak dapat menghubungi kamu. Pastikan untuk mencari tahu apakah layanan ini tersedia di negara kamu dan bagaimana cara mendaftarkannya.

6. Hati-hati terhadap Penipuan Telepon  

Jika kamu menerima panggilan dari nomor yang tidak dikenal dan penelepon meminta informasi pribadi atau keuangan, jangan langsung memberikannya. Tutup panggilan dan verifikasi kebenaran informasi tersebut melalui saluran resmi atau nomor kontak yang terpercaya.

7. Laporkan Nomor Spam  

Jika kamu menerima panggilan spam atau penipuan, laporkan nomor tersebut ke operator telepon kamu atau ke aplikasi identifikasi panggilan yang kamu gunakan. Ini akan membantu mengurangi jumlah panggilan spam yang diterima oleh pengguna lain

 

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Grameds dapat melindungi nomor handphone dari panggilan yang tidak dikenal dan menjaga kenyamanan dalam berkomunikasi. Semoga tips ini bermanfaat dan dapat membantu Grameds dalam menjaga privasi nomor handphone!

 

Kesimpulan

Grameds, menggunakan Truecaller untuk melacak nomor HP memang sangat membantu, bukan? Dari artikel ini, kita telah belajar bagaimana cara mengunduh, mendaftar, dan menggunakan aplikasi ini untuk mengidentifikasi panggilan masuk, memblokir panggilan spam, serta mencari informasi tentang nomor yang tidak dikenal. Selain itu, kita juga mengetahui beberapa tips dan trik yang dapat membuat pengalaman menggunakan Truecaller menjadi lebih baik.

Dengan Truecaller, kita dapat merasa lebih aman dan nyaman dalam menjawab panggilan telepon, karena kita dapat mengetahui siapa pemilik nomor tersebut sebelumnya. Selain itu, fitur blokir otomatis juga membantu kita untuk menghindari gangguan dari panggilan spam atau penipuan.

Jadi, jangan ragu untuk mengunduh Truecaller dan memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari kita. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Grameds semua. Grameds, kamu bisa mempelajari tentang cara melindungi diri dengan hukum-hukum cyber melalui kumpulan buku hukum dan teknologi yang tersedia di Gramedia.com.

 

Penyadapan vs Privasi

Penyadapan merupakan tindakan yang melanggar zona privasi; tindakan yang dilarang; memiliki karakter yang khusus dan berbeda dengan upaya paksa lainnya karena dilakukan dengan cara rahasia, tidak terlihat, dan tidak terasa. Terkadang, penyadapan juga dapat disalahgunakan dan melanggar HAM. Penyadapan dipandang sebagai tindakan yang mengurangi privasi, tetapi tetap dipergunakan oleh aparat penegak hukum di mana pun di dunia ini sebagai salah satu instrumen upaya paksa dengan pertimbangan adanya kebutuhan untuk penegakan hukum. Hal ini dimungkinkan karena hak privasi masih termasuk derogable rights sehingga masih dapat dibatasi sepanjang pembatasan tersebut dilakukan berdasarkan undang-undang.

Penyadapan yang diatur dalam sistem hukum Indonesia baru sebatas pemberian wewenang (legality) kepada aparat untuk penegakan hukum (legitimate aim), belum menerapkan prinsip proportionality dan necessity. Prinsip admisibility dan due process of law pun belum sepenuhnya diadopsi dalam hukum acara pidana Indonesia sehingga hakim belum banyak berperan dalam menentukan keabsahan alat bukti yang diperoleh dari penyadapan. Karenanya, alat bukti yang diperoleh dengan melanggar hak asasi manusia pun masih dapat diakui sebagai alat bukti yang sah dan digunakan sebagai pertimbangan hakim dalam putusannya.

Buku ini menemukan bahwa RUU KUHAP saat ini berupaya membangun hukum acara pidana Indonesia yang compatible dengan prinsip-prinsip penghormatan terhadap hak asasi manusia di atas, baik dalam konstitusi, peraturan perundang-undangan, dan putusan pengadilan serta perbandingannya dengan negara Amerika Serikat, Australia, Belanda, Inggris, dan Prancis.



Live Apakah Anda berminat jika disediakan fasilitas baca buku sepuasnya di Gramedia ?
  • Ya, tentu saja!
    93% 93% 1.2k / 1.2k
  • Tidak
    6% 6% 84 / 1.2k


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Laila Wu