in

Cara Tanda Tangan di PDF Secara Online dan Offline yang Perlu Kamu Tahu

Cara tanda tangan di PDF sekarang sudah banyak tersedia di berbagai platform dengan mudah, mulai dari yang online maupun offline. Sejalan dengan semakin meningkatkan penggunaan dokumen secara digital, tanda tangan pun sekarang bisa dibuat dengan cara yang sama. Hanya saja, ada beberapa orang yang masih belum terbiasa pada saat diminta untuk membuat tanda tangan pada dokumen digital, misalnya saja seperti PDF.

Nah, pada artikel kali ini, kita akan bahas cara tanda tangan di PDF secara online maupun offline dengan mudah tentunya. Yuk simak berbagai cara tanda tangan di PDF selengkapnya!

Cara tanda tangan PDF secara online

Sekarang ini sudah banyak berbagai situs web yang menyediakan fitur khusus tanda tangan. Fitur tanda tangan yang ditawarkan pun terhitung gratis dan bisa dengan mudah diakses secara online. Supaya kamu dapat dengan mudah membuat tanda tangan di PDF, kamu hanya perlu mengunggah dokumen mu pada beberapa situs web berikut,

a. Membuat tanda tangan di I Love PDF

1. Langkah 1

Buka halaman daring https://www.ilovepdf.com/sign-pdf pada browser

2. Langkah 2

Unggah dokumen yang ingin kamu tambahkan tanda tangan dengan cara memilih tombol Select PDF file

 

3. Langkah 3

Selanjutnya, pilih Only me. Setelah mengunggah file dokumen, akan muncul halaman pop-up yang berisi dua pilihan terkait tanda tangan. Pertama, muncul pilihan only me untuk membuat tanda tangan secara pribadi. Kedua, akan muncul pilihan yaitu request signatures untuk meminta tanda tangan milik orang lain. Apabila kamu hendak membuat tanda tangan untuk dirimu sendiri, cukup menggunakan tanda tangan pribadi pilih lah Only me.

blog.skillacademy

4. Langkah 4

Buatlah tanda tangan. Berikutnya, kamu akan bisa membuat tanda tangan di dokumen yang ingin ditambahkan tanda tangan. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat tanda tangan tersebut, antara lain yaitu:

  • Text bisa dipakai untuk membuat tanda tangan dengan format tulisan.
  • Draw bisa digunakan untuk menandatangani secara langsung.
  • Upload bisa dipakai untuk mengunggah tanda tangan dalam bentuk gambar.

Kemudian,  silakan klik apply yang terletak di bagian pojok kanan bawah untuk menyelesaikan tanda tangan.

blog.skillacademy

 

5. Langkah 5

Atur posisi tanda tangan. Setelah kamu membuat tanda tangan, langkah berikutnya yaitu memasukkan tanda tangan tersebut ke dalam dokumen yang membutuhkan tanda tangan. Tanda tangan yang kamu buat akan diletakkan di sisi kanan halaman. Hal ini menjadikan kamu perlu menarik tanda tangan tersebut ke dalam dokumen. Kamu bisa mengatur posisi dan ukuran tanda tangan sesuai keinginanmu.

The Architecture of Love | Di balik Pena

blog.skillacademy

6. Langkah 6

Klik Sign dan unduh dokumen tersebut. Setelah tanda tangan sudah dimasukkan dan telah disesuaikan ukurannya, langkah selanjutnya yaitu klik sign. Dengan memilih klik sign, tanda tanganmu tadi berhasil ditambahkan dan dokumen sudah bisa diunduh kembali.

b. Membuat tanda tangan di Sejda

1. Langkah 1

Buka situs web https://www.sejda.com/id/sign-pdf dengan browser

2. Langkah 2

Unggah dokumen PDF yang hendak kamu tambahkan tanda tangan

3. Langkah 3

Klik Sign dan pilih New Signature. Setelah dokumen berhasil terunggah, dokumen PDF tersebut akan secara otomatis terbuka pada halaman Sejda. Selanjutnya, kamu bisa menambahkan tanda tangan dengan cara memilih tombol sign yang berada pada bagian atas dokumen. Berikutnya, silakan pilih new signature untuk membuat tanda tangan secara langsung di PDF.

blog.skillacademy

4. Langkah 4

Buat tanda tangan. Setelah memilih new signature, langkah berikutnya adalah membuat tanda tangan yang akan dimasukkan ke dalam dokumen. Pada bagian ini akan muncul halaman khusus yang disediakan untuk membuat tanda tangan. Kamu bisa memilih beberapa pilihan dalam membuat tanda tangan.

  • Pilih ‘Ketik’ untuk membuat tanda tangan dengan bentuk tulisan,
  • Pilih ‘Gambar’ untuk membuat tanda tangan secara langsung,
  • Pilih Upload Image untuk mengunggah tanda tangan dalam bentuk gambar,
  • Pilih Camera untuk menangkap foto tanda tanganmu.

5. Langkah 5

Setelah tanda tangan sudah jadi, pilih ‘Simpan’ yang berada di bagian bawah.

6. Langkah 6

Atur posisi tanda tangan. Langkah berikutnya, tanda tangan yang kamu buat akan secara otomatis menempel pada kursor. Kamu hanya perlu mengatur posisi dan ukuran tanda tangan supaya sesuai dengan yang dibutuhkan pada dokumen.

7. Langkah 7

Terakhir, pilih ‘Aplikasikan perubahan’ untuk mengunduh dokumen. Setelah tanda tangan berhasil sudah disesuaikan dalam dokumen, klik ‘Aplikasikan perubahan’ yang terletak pada bagian bawah halaman. Selanjutnya, kamu akan berpindah ke halaman selanjutnya untuk mengunduh dokumen yang telah ditandatangani.

blog.skillacademy

Cara tanda tangan di PDF offline

1. Cara tanda tangan di PDF dengan Adobe Acrobat Reader

Setelah mengetahui cara tanda tangan di PDF secara online, pada bagian ini akan dilanjutkan bagaimana cara tanda tangan di PDF secara offline, terkhusus dengan menggunakan aplikasi Adobe Acrobat Reader. Bagi kamu yang kamu belum memiliki Adobe Acrobat Reader, kamu bisa mengunduh aplikasi ini terlebih dahulu di https://get.adobe.com/reader/.

Setelah berhasil menginstal Adobe Acrobat Reader, kamu bisa mengikuti langkah demi langkah untuk membuat tanda tangan secara offline, sebagai berikut:

Langkah 1

Buka aplikasi Adobe Acrobat Reader di PC

Langkah 2

Selanjutnya, pilih Fill & Sign pada jendela Adobe Acrobat Reader dengan memilih juga file dokumen yang ingin ditambahkan tanda tangan

blog.skillacademy

Langkah 3

Pilih Sign yourself dan klik Add signature. Langkah selanjutnya, file dokumen yang telah kamu pilih akan secara otomatis terbuka pada halaman baru. Kemudian, akan ada beberapa ikon dengan berbagai fungsi pada halaman tersebut. Pilihlah sign yourself yang memiliki bentuk seperti ikon pulpen. Berikutnya, kamu dapat memilih add signature untuk membuat tanda tangan baru.

Langkah 4

Buat tanda tangan. Setelah kamu memilih add signature, akan muncul halaman pop-up yang menyediakan beberapa pilihan cara untuk membuat tanda tangan.

  • Type memiliki fungsi untuk membuat tanda tangan dengan bentuk tulisan.
  • Draw memiliki fungsi untuk membuat tanda tangan secara langsung
  • Image memiliki fungsi untuk memasukkan tanda tangan dengan bentuk gambar dan juga foto.

Langkah 5

Setelah berhasil membuat tanda tangan sesuai keinginanmu, kamu dapat memilih apply supaya tanda tangan bisa dimasukkan ke dalam dokumen.

blog.skillacademy

Langkah 6

Atur posisi tanda tangan. Setelah tanda tangan sudah berhasil masuk ke dalam dokumen, tanda tangan tersebut akan secara otomatis tertempel pada kursor. Langkah selanjutnya, kamu hanya perlu menyesuaikan posisi tanda tangan sesuai kebutuhan. Selain posisi tanda tangan, kamu juga bisa mengatur ukuran tanda tangan yang telah terdapat di dalam dokumen.

Langkah 7

Klik File dan pilih Save. Apabila tanda tangan sudah berada di tempat yang tepat dan memiliki ukuran yang sesuai, langkah selanjutnya adalah memilih file yang terletak pada menu bar. Silakan pilih save untuk menyimpan dokumen tersebut. Setelah berhasil melakukan beberapa langkah di atas, maka tanda tangan telah berhasil dibuat pada dokumen PDF.

blog.skillacademy

2. Cara Membuat Tanda Tangan di Word

Pada bagian ini akan dibahas juga tentang cara membuat tanda tangan di Microsoft Word. Tanda tangan sendiri perlu diketahui dianggap sebagai lambang nama. Tanda tangan biasanya digunakan untuk menyetujui beberapa dokumen penting, sebut saja kontrak kerja, surat perjanjian, surat keputusan, dan lain-lainnya.

Oleh karena itu, tanda tangan di sebuah dokumen sangatlah penting untuk dilakukan. Di zaman seperti sekarang, cara membuat tanda tangan tidak hanya bisa dilakukan di PDF, melainkan juga dengan Microsoft Word.

a. Cara Membuat Tanda Tangan di Microsoft Word dengan Foto

Beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membuat tanda tangan di Microsoft Word dengan hanya bermodalkan foto, antara lain yaitu:

  1. Pertama, kamu harus membuat tanda tangan di atas selembar kertas putih polos. Setelah itu, kamu bisa memfoto tanda tangan di atas kertas tersebut sehingga bisa dimasukkan ke komputer.
  2. Selanjutnya, bukalah dokumen Microsoft Word yang ingin dimasukkan tanda tangan. Kamu bisa memilih menu Insert yang terletak pada bagian atas. Langkah berikutnya, pilih Pictures dan klik This Device.
  3. Kemudian, kamu bisa mengarahkan kursor pada bagian menyimpan foto tanda tangan yang sudah dibuat. Pada saat sudah menemukan foto tanda tanda, pilih Insert.
  4. Berikutnya, kamu harus membuat foto tanda tangan tersebut menjadi transparan. Hal ini dilakukan agar nanti pada saat tanda tangan dimasukkan ke dalam dokumen menjadi lebih rapi. Cara yang bisa digunakan pun mudah, yakni dengan memilih menu Color, klik Set Transparent Color untuk kemudian pilih area kosong atau background dari foto tanda tangan Anda.
  5. Langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah mengatur posisi dan ukuran tanda tangan yang telah dibuat pada dokumen. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan memilih ikon tapal kuda yang berada di samping tanda tangan. Berikutnya, kamu bisa menentukan apakah tanda tangan akan berada di belakang teks (Behind Text) atau depan teks (In Front of Text).

b. Cara Membuat Tanda Tangan di Microsoft Word (Cara Alternatif)

Selain menggunakan foto seperti di atas, ada cara alternatif lain yang perlu diketahui untuk membuat tanda tangan digital di Microsoft Word, yaitu:

  1. Buka dokumen Microsoft Word yang hendak dimasukkan tanda tangan. Kemudian, letakkan kursor pada area yang ingin ditambahkan tanda tangan.
  2. Pilih tab Insert untuk mengarahkan kursor pada bagian Text dan pilih Signature Line.
  3. Klik Microsoft Office Signature Line untuk dapat memunculkan pop up Signature Setup.
  4. Pada bagian ini, kamu hanya perlu memasukkan data. Misalnya, nama pihak yang akan menandatangani, jabatan, alamat email, dan lain sebagainya. Apabila sudah sesuai, silakan pilih OK.
  5. Terakhir, kamu dapat mengetik nama pribadi pada kolom yang sudah disediakan.

c. Cara Memasukkan Tanda Tangan di Microsoft Word dengan Ponsel (Android dan iOS)

Apabila kamu sedang tidak membawa komputer, kamu juga bisa memasukkan tanda tangan di Microsoft Word dengan ponsel, baik itu Android maupun iOS. Berikut ini adalah cara menyimpan tanda tangan di Word, antara lain yaitu:

  1. Pertama, kamu dapat mempersiapkan foto tanda tangan yang akan dimasukkan terlebih dahulu. Caranya pun mudah, kamu bisa menuliskannya pada kertas kosong untuk kemudian difoto.
  2. Buka dokumen Microsoft Word yang akan kamu masukkan tanda tangan. Selanjutnya, pilih opsi Edit yang memiliki ikon pensil di bagian atas aplikasi.
  3. Pilih ikon panah ke atas untuk membuka menu. Setelah itu, pilih Home dan pilih Insert dari opsi yang keluar.
  4. Kemudian, pilih Pictures dan masukkan foto tanda tangan yang sudah dimasukkan ke ponsel tadi.
  5. Langkah terakhir, kamu bisa mengatur posisi tanda tangan sesuai kebutuhan dan keinginan. Selanjutnya, klik tanda centang yang terletak di kiri atas.

d. Cara Scan Tanda Tangan Transparan di Microsoft Word

Dalam beberapa kasus, background yang terdapat pada foto tanda tangan akan sangat mengganggu pada saat ditempelkan di dokumen. Nah, pada bagian ini akan dibahas beberapa cara yang bisa dilakukan untuk scan tanda tangan supaya menjadi transparan dengan Microsoft Word, antara lain yaitu:

1. Foto tanda tangan yang kamu miliki

Pertama, buatlah tanda tangan yang kamu miliki pada selembar kertas. Ada baiknya gunakan bolpoin yang cukup tebal dan lakukan dengan sedikit menekan supaya garis terlihat jelas.

Setelah tanda tangan sudah dibuat dengan jelas, ambillah foto tanda tangan menggunakan kamera HP. Cara mengambil tanda tangan dari foto diharuskan pada saat berada di tempat yang cukup cahaya. Hal ini dilakukan agar tidak memerlukan flash atau lampu dari HP. Selanjutnya, pindahkahlah foto tersebut ke laptop atau komputer.

2. Buka dokumen Microsoft Word

Langkah kedua, yaitu membuka dokumen Microsoft Word yang ingin dimasukkan tanda tangan. Selanjutnya, posisikan kursor pada bagian tanda tangan. Kemudian, klik Insert pada bagian atas tanda tangan, pilih Pictures, dan klik This Device. Pilih foto tanda tangan yang sudah kamu masukkan dari HP ke laptop atau komputer tadi.

3. Mengatur posisi tanda tangan

Foto tanda tangan biasanya memiliki ukuran yang terlalu besar. Selain ukuran, tanda tangan yang dimasukkan terkadang tidak berada di posisi yang dibutuhkan. Maka dari itu, sebagai pengguna kamu perlu mengatur posisi dan ukuran tanda tangan supaya sesuai kebutuhan. Kamu bisa melakukannya dengan mengklik titik-titik yang berada di sekeliling tanda tangan.

Kamu juga bisa memotong foto tanda tangan tersebut apabila dirasa ada bagian yang tak sesuai. Cara memotong foto tanda tangan pun mudah, yakni dengan mengklik dua kali foto tanda tangan untuk selanjutnya memilih opsi Crop di kanan atas. Setelah itu, atur posisi tanda tangan sesuai dengan kebutuhan.

4. Atur kecerahan foto

Selain mengatur ukuran dan posisi foto tanda tangan, kamu juga bisa mengatur kecerahan pada foto. Caranya yakni dengan mengklik dua kali pada foto tanda tangan. Selanjutnya, pilih Correction di opsi kiri atas. Kamu bisa memilih opsi dengan background terang. Tanda tangan biasanya memiliki opsi yang ideal adalah Brightness +40% dan Contrast -40%. Ketika belum sesuai opsi yang ideal, maka kamu bisa menyesuaikannya lagi.

5. Buat background foto tanda tangan transparan

Cara selanjutnya untuk membuat background foto tanda tangan menjadi transparan, yaitu dengan mengklik dua kali foto tanda tangan. Setelah itu, pilih Color. Silakan scroll ke bawah dan pilih Set Transparent Color. Berikutnya, pilih background yang ingin kamu ubah menjadi transparan. Alhasil, tanda tangan yang kamu buat sudah menjadi transparan sekarang.

6. Tempatkan tanda tangan di atas teks

Agar tanda tangan yang kamu buat tampak natural dan bagus. Kamu bisa mengklik kanan pada foto tanda tangan. Selanjutnya, kamu bisa memilih Warp Text dan klik In Front of Text.

Demikian pembahasan tentang cara tanda tangan di PDF. Semoga semua pembahasan di atas bermanfaat untuk kamu. Bagi kamu yang ingin mencari buku tentang komputer lainnya, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Umam

 

sumber gambar: https://blog.skillacademy.com/



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nuryanto H

Memiliki latar belakang yang berhubungan dengan dunia teknologi, tentunya menulis mengenai kemajuan teknologi selalu menjadi salah satu hal yang digemarinya. Mulai dari review HP, laptop hingga perangkat teknologi lainnya.