in

Apa Itu Masa Tenggang? Simak Pembahasan Berikut

Apa itu masa tenggang – Di era internet ini, akan amat mudah untuk melakukan berbagai macam hal yang dahulu tampak tidak memungkinkan. Hal ini semakin didukung dengan keberadaan aplikasi di berbagai gawai seperti smartphone dan komputer untuk mewujudkan kegiatan yang semula mustahil untuk dilakukan.

Sebagai contoh, ketika dulu orang-orang harus menelepon menggunakan aplikasi telepon yang tersedia di handphone mereka, kini mereka bisa menggunakan aplikasi macam WhatsApp, Line, Telegram dan masih banyak aplikasi lain untuk menelepon orang lain jauh di sana.

Hal yang sama juga berlaku untuk servis SMS dan MMS. Aplikasi-aplikasi yang sudah disebutkan di atas bisa melakukan hal-hal di atas. Yang perlu Grameds miliki hanyalah internet baik itu menggunakan WiFi atau memakai penyedia internet dari kartu SIM milik kalian.

Berbeda dengan zaman dulu, di mana orang-orang harus memakai pulsa untuk melakukan hal-hal seperti telepon, mengirim SMS atau mengirim MMS. Menggunakan pulsa tersebut dapat dikatakan kurang efektif karena penggunanya harus memperhatikan sejumlah hal dalam pemakaiannya.

Orang-orang harus terus memantau pulsa yang ada di dalam kartu SIM mereka agar suatu waktu, ketika mereka sedang menelepon atau mengirim SMS, mereka tidak lekas kehabisan pulsa di tengah-tengah kegiatan mereka. Selain itu, masa tenggang adalah sesuatu yang amat perlu diperhatikan oleh para pengguna handphone.

Apa Itu Masa Tenggang? 

Unsplash

Grameds yang masih berusia muda mungkin belum mengetahui betul mengenai masa tenggang. Meskipun hal ini merupakan sesuatu yang masih perlu diperhatikan untuk pengguna smartphone di era sekarang, tetapi dapat dikatakan kalau masa tenggang amat berpengaruh bagi pengguna handphone di masa lampau.

Lantas, apa itu masa tenggang? Jadi, masa tenggang merupakan masa atau periode tertentu di mana para pengguna handphone harus segera melakukan pengisian pulsa agar kartu SIM mereka tetap dapat digunakan dalam perangkat mereka.

Jadi, ketika kartu SIM kalian sudah mengirim pesan ke handphone kalian kalau kartu SIM kalian sudah memasuki masa tenggang, ada baiknya jika kalian tidak mendiamkannya begitu saja dan disarankan untuk segera mengisi pulsa yang cukup agar nomor handphone kalian bisa tetap aktif.

Masa tenggang sendiri sebenarnya juga bisa diartikan sebagai periode atau masa di mana seseorang atau perusahaan harus membayar utang mereka jika tidak bisa melakukan hal tersebut setelah tenggat waktu pembayaran atau juga disebut dengan istilah jatuh tempo.

Namun, definisi dari masa tenggang yang satu ini memang tidak sepopuler masa tenggang untuk kartu SIM pada handphone. Untuk itu, artikel ini akan lebih berfokus terkait pembahasan mengenai masa tenggang untuk kartu SIM pada handphone.

Tadi sudah dijelaskan bahwa masa tenggang akan lebih berpengaruh terhadap orang-orang di masa lampau. Ini dikarenakan ketika masa tenggang, seseorang tidak bisa melaksanakan kegiatan yang menggunakan pulsa mereka seperti telepon dan mengirim SMS atau MMS.

Sekarang, ketika handphone kalian sudah memasuki masa tenggang, kalian bisa tetap menelpon atau mengirim pesan ke orang lain menggunakan aplikasi-aplikasi pengirim pesan yang sudah dibahas di paragraf pembuka, mengingat hal tersebut tidak memerlukan pulsa sama sekali.

Meskipun begitu, jika Grameds terus-menerus membiarkan kartu SIM kalian berada dalam masa tenggang, kartu SIM kalian bisa menjadi hangus. Maksud dari hangus di sini adalah kartu SIM kalian tidak lagi bisa digunakan dan harus diganti dengan kartu baru.

Hal ini pastinya akan berpengaruh ke sejumlah aplikasi, situs atau akun yang memerlukan verifikasi nomor handphone. Mau tidak mau kalian harus melakukan pergantian data terkait nomor handphone atau lebih buruk, melakukan registrasi ulang di aplikasi, situs atau akun terkait.

Beruntungnya, mayoritas masa tenggang pada penyedia kartu SIM berlangsung cukup lama. Paling tidak, masa tenggang ini akan berlangsung selama seminggu. Ada juga penyedia kartu SIM yang melangsungkan masa tenggang kartu SIM seseorang sampai dengan sebulan.

Jadi, seharusnya tidak ada alasan bagi Grameds untuk melewatkan masa tenggang di handphone kalian. Selain akan mendapatkan notifikasi melalui SMS, kalian juga sebenarnya bisa memeriksa masa tenggang kartu SIM kalian melalui beberapa cara.

Cara Mengecek Masa Tenggang

Unsplash

Bagi sebagian dari Grameds, melakukan pengecekan terhadap masa tenggang mungkin bukanlah sesuatu yang wajib untuk dilakukan. Ketika kalian mengisi pulsa untuk handphone yang nantinya digunakan untuk membeli kuota internet, secara tidak langsung Grameds sudah menghindarkan kartu SIM kalian dari masa tenggang.

Pengisian pulsa ini akan lebih umum dilakukan kepada orang-orang yang sering berada di luar bangunan tanpa akses WiFi yang tidak memungkinkan mereka untuk mendapatkan akses internet jika mereka tidak memiliki kuota internet pada handphone pribadi masing-masing.

Sementara itu, orang-orang yang memiliki akses WiFi di mana pun dan kapan pun mereka berada, biasanya akan mengandalkan SMS dari penyedia kartu SIM untuk mengetahui jika nomor mereka sudah memasuki masa tenggang. Atau, mereka juga bisa mengecek secara manual.

Cara mengecek masa tenggang secara manual ini bisa dilakukan dengan menekan nomor operator penyedia kartu SIM. Cara ini mungkin tidak begitu populer sekarang, namun amat diandalkan di masa lampau. Berikut nomor operator kartu SIM yang bisa Grameds coba untuk mengecek masa tenggang:

  • Telkomsel: *888#
  • Indosat-M3: *123#
  • XL: *123#
  • Tri: *111#
  • Axis: *123#
  • Smartfren: *999#

Selain mengecek masa tenggang, Grameds juga bisa melakukan hal lain ketika menggunakan fitur nomor atau USSD seperti membeli kuota internet, mengikuti kuis berhadiah sampai membeli paket murah untuk melakukan SMS dan telepon jika memang perlu.

Namun, cara yang lebih populer untuk mengecek masa tenggang dengan handphone kalian saat ini adalah hanya dengan membuka aplikasi penyedia kartu SIM masing-masing. Di sana, nantinya akan terpapar sisa pulsa kalian dan masa tenggang kartu SIM tersebut.

Namun, tidak semua orang mau mengunduh aplikasi dari penyedia kartu SIM karena beberapa alasan seperti kurang nyaman dalam melihat tampilan, merasa rumit dalam penggunaan, atau sesederhana tidak memiliki memori cukup dalam handphone-nya, sehingga tidak bisa mengunduh aplikasi ini.

Jika Grameds tidak memiliki masalah dalam handphone kalian yang membuat kalian tidak bisa mengunduh aplikasi dari penyedia kartu SIM ini, akan lebih baik jika mencoba mengunduh aplikasi tersebut karena akan mempermudah pengecekan dan hal-hal lain terkait kartu SIM kalian. Berikut nama aplikasi dari setiap penyedia kartu SIM ini:

  • Telkomsel: myTelkomsel
  • Indosat-M3: myIM3
  • XL: myXL
  • Tri: bima+
  • Axis: AXISnet
  • Smartfren: mySF

Selain mengecek masa tenggang, Grameds juga bisa melakukan beberapa hal lain yang sebelumnya sudah disebutkan di atas. Beberapa aplikasi bahkan sudah menyediakan fasilitas untuk melakukan hal-hal tambahan seperti melakukan transaksi untuk permainan, memesan tiket dan sebagainya.

Yang jelas, setelah melakukan pengecekan masa tenggang, jangan lupa untuk mengisi pulsa kalian jika memang kartu SIM kalian sudah memasuki masa tenggang. Beruntungnya, sekarang pengisian pulsa handphone bisa dilakukan dengan berbagai macam metode.

Grameds sendiri pasti sudah mengetahui kalau kalian bisa mengisi pulsa melalui aplikasi e-wallet atau aplikasi m-banking. Aplikasi dari penyedia kartu SIM tersebut juga bisa digunakan untuk menghubungkan baik itu e-wallet atau m-banking untuk mengisi pulsa setiap tanggal spesifik.

Perbandingan Biaya Kuota Internet Penyedia Kartu SIM

pixabay

Dengan demikian, pembahasan mengenai masa tenggang sudah berakhir. Pada pembahasan di atas, Grameds sudah mempelajari sejumlah hal yang berkaitan dengan masa tenggang seperti pengertian masa tenggang dan cara mengecek masa tenggang.

Namun, artikel ini belum sepenuhnya usai, karena kita masih ada satu pembahasan lain yang mungkin akan menarik perhatian sebagian dari Grameds. Kita akan membahas terkait berapa biaya yang harus dikeluarkan seseorang untuk mendapatkan kuota internet dari penyedia kartu SIM mereka.

Kuota internet sudah menjadi kebutuhan wajib bagi orang-orang yang akan sering berada di luar ruangan atau di lokasi di mana WiFi tidak tersedia. Mau tidak mau, mereka diharuskan untuk menggunakan kuota internet dari handphone mereka agar bisa mendapatkan akses internet.

Di sini, tidak dapat dimungkiri kalau biaya kuota internet sudah sering masuk ke dalam daftar biaya bulanan mengingat harganya yang tidak selalu murah, sehingga pemakaian dan pembelian dari kuota internet handphone ini harus diperhatikan secara saksama agar biaya bulanan tidak membengkak.

Sesi ini diharapkan bisa berguna bagi Grameds yang ingin mencari tahu penyedia kartu SIM mana yang menyediakan kuota internet sesuai dengan kantung kalian. Jadi, kalian bisa menghemat pengeluaran atau menggunakan kalian untuk pengeluaran lain yang lebih penting.

Di sini, kita hanya akan membandingkan murni dari kuota internet saja tanpa ada biaya pengeluaran lain. Meskipun demikian, akan ada sejumlah paket internet yang sudah termasuk keuntungan lainnya dan tidak dapat dipisahkan. Simak penjelasan berikut:

Telkomsel

Paket 7 Hari:

  • 5 GB: Rp. 17.000
  • 8 GB: Rp. 26.000
  • 9 GB: Rp. 29.000
  • 15 GB: Rp. 44.000

Paket 30 Hari:

  • 22 GB: Rp. 61.000
  • 26 GB: Rp. 70.000
  • 35 GB: Rp. 81.000
  • 41 GB: Rp. 102.000

Indosat-M3

Paket 7 Hari:

  • 7 GB: Rp. 20.000

Paket 30 Hari:

Sudah mendapatkan akses telepon ke operator Tri dan tidak dapat dipisahkan.

  • 2 GB: Rp. 16.500
  • 4 GB: Rp. 27.500
  • 6.5 GB: Rp. 35.000
  • 10 GB: Rp. 45.000
  • 12 GB: Rp. 55.000
  • 18 GB: Rp. 66.000
  • 28 GB: Rp. 88.000
  • 44 GB: Rp. 110.000

XL

Paket 7 Hari:

  • 1.5 GB: Rp. 10.000
  • 2.5 GB: Rp. 14.000
  • 4 GB: Rp. 18.000
  • 6 GB: Rp. 23.500

Paket 30 Hari:

Dua paket terakhir sudah termasuk mendapatkan akses member platinum Vidio.com dan tidak dapat dipisahkan.

  • 10 GB: Rp. 59.900
  • 20 GB: Rp. 89.000
  • 30 GB: Rp. 132.000
  • 52 GB: Rp. 181.000
  • 72 GB: Rp. 242.500

Tri

Perlu diketahui bahwa terdapat banyak sekali jenis paket internet untuk Tri. Kita akan mengambil satu paket yang paling populer.

Paket 30 Hari:

  • 2 GB: Rp. 35.000
  • 10 GB: Rp. 50.000
  • 24 GB: Rp. 60.000
  • 30 GB: Rp. 90.000
  • 32 GB: Rp. 100.000
  • 38 GB: Rp. 125.000

Axis

Paket 7 Hari:

  • 2 GB: Rp. 11.300
  • 3 GB: Rp. 13.700
  • 4 GB: Rp. 16.200
  • 6 GB: Rp. 18.400
  • 8 GB: Rp. 21.500
  • 12 GB: Rp. 26.800

Paket 30 Hari:

Axis juga memiliki beberapa jenis paket bulanan. Di bawah ini merupakan paket bulanan Axis yang paling populer.

  • 16 GB: Rp. 40.900
  • 24 GB: Rp. 50.900
  • 40 GB: Rp. 60.900
  • 64 GB: Rp. 76.400
  • 120 GB: Rp. 96.700

Smartfren

Paket 30 Hari:

  • 6 GB: Rp. 30.000
  • 12 GB: Rp. 45.000
  • 30 GB: Rp. 70.000
  • 45 GB: Rp. 100.000
  • 60 GB: Rp. 125.000

Di sini, Grameds bisa melihat perbedaan dan persamaan dari harga-harga paket kuota internet yang disediakan oleh penyedia kartu SIM. Selain itu, mereka juga menawarkan jasa lain yang sudah merupakan bagian dari pembelian suatu kuota internet.

Tentunya masih banyak lagi jenis-jenis paket kuota internet yang ditawarkan oleh para penyedia kartu SIM ini. Jika ada di antara paket kuota internet yang menarik perhatian kalian, Grameds bisa saja mencari informasi lebih lanjut dari penyedia kartu SIM baik itu melalui situs, telepon atau bertanya langsung di teller terdekat.

Selain itu, harga juga bisa saja tidak menjadi patokan bagi sebagian dari Grameds. Karena selain harga, masih ada lagi faktor yang harus dipikirkan sebelum memilih dan membeli paket kuota internet dari penyedia kartu SIM, mulai dari jangkauan sinyal, kualitas sinyal sampai dengan layanan lain yang bisa didapatkan.

Kesimpulan

Di sesi ini, kita akan kembali mengulas apa yang tadi sudah dibahas di atas, khususnya mengenai topik masa tenggang. Ini diharapkan bisa menjadi pengingat bagi kalian agar tidak lekas lupa dengan penjelasan dalam artikel ini. Kesimpulan ini akan dituliskan dalam bentuk poin-poin.

  • Masa tenggang adalah sebuah periode waktu di mana kartu SIM dalam handphone akan segera hangus jika pemilik handphone tidak segera mengisi ulang pulsa.
  • Selain itu, masa tenggang juga dapat diartikan sebagai periode waktu yang ditujukan kepada orang atau perusahaan untuk segera membayar utang mereka.
  • Jika pemilik handphone tidak segera mengisi pulsa, maka kartu SIM mereka akan menjadi hangus dan tidak lagi bisa digunakan oleh pemilik.
  • Ketika memasuki masa tenggang, biasanya penyedia kartu SIM akan mengirimkan SMS kepada pemilik handphone untuk mengingatkan mereka agar segera mengisi pulsa.
  • Pemilik handphone juga bisa mengecek masa tenggang kartu SIM mereka sendiri baik itu dengan menggunakan metode USSB atau melalui aplikasi penyedia kartu SIM.

Dengan ini, berakhir sudah artikel yang membahas mengenai definisi masa tenggang dan juga sekilas mengenai perbedaan harga paket kuota internet dari penyedia kartu SIM berbeda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Grameds yang membutuhkan informasi di atas.

Buku-buku persembahan dari Gramedia, #SahabatTanpaBatas, bisa kalian temukan di situs kami yakni gramedia.com. Semoga buku-buku tersebut bisa menambah wawasan dan pengetahuan, sehingga kamu bisa menjadi #LebihDenganMembaca.

Penulis: M. Adrianto S. 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy