in

Ketahui Cara Install Zoom Meeting di HP dan Laptop

Cara install zoom meeting – Sejak pandemi Covid-19, banyak institusi, perusahaan hingga sekolah yang mengadakan kegiatan seperti rapat hingga proses belajar mengajar secara online. Agar segala kegiatan yang diadakan secara online berjalan dengan lancar, maka penyelenggara banyak yang mengadakan acara dengan menggunakan aplikasi bernama Zoom. Aplikasi satu ini sebenarnya sama seperti aplikasi lain untuk melakukan panggilan dengan tatap muka atau facetime.

Salah satu keunggulan dari Zoom adalah dapat mengundang banyak peserta sekaligus dan mudah diakses oleh siapa saja. Apabila Grameds ingin menggunakan fasilitas atau fitur dari aplikasi Zoom ini, langkah pertama yang harus Grameds lakukan adalah dengan mendownload dan install zoom meeting pada perangkat Grameds, baik itu laptop maupun handphone. Agar tidak bingung cara install zoom meeting pada perangkat Grameds, berikut tutorial singkat melakukannya.

Apa Itu Zoom Meeting? 

Sumber: Zoom Blog

Zoom adalah aplikasi komunikasi video. Aplikasi ini dapat digunakan di berbagai perangkat seluler, desktop, telepon, dan sistem ruang konferensi. Pengguna biasanya menggunakan aplikasi Zoom untuk rapat dan konferensi video dan audio. Aplikasi ini memiliki kantor pusat di San Jose, California, AS dan didirikan pada tahun 2011. Aplikasi ini digunakan oleh berbagai organisasi dan perusahaan untuk mengakomodir para karyawan jarak jauh.

Bagi Grameds yang ingin menggunakan aplikasi satu ini, maka Grameds harus mengunduh dan install aplikasi Zoom lebih dahulu.

Grameds dapat mengunduh aplikasi Zoom dengan nama “Zoom Cloud Meetings” pada perangkat iOS atau Android. Menurut situs Zoom, setiap rapat yang dilakukan dengan aplikasi ini akan memiliki nomor unik yang terdiri dari 9, 10, atau 11 digit, yang disebut sebagai ID rapat. Pengguna harus memasukkan ID rapat tersebut untuk bergabung dalam rapat Zoom. Jika Grameds bergabung melalui telepon, maka Grameds memerlukan nomor telekonferensi yang disediakan dalam undangan.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh pengguna Windows atau Mac untuk bergabung dalam rapat dengan menggunakan Zoom:

  1. Buka aplikasi Zoom di desktop.
  2. Pilih salah satu metode berikut untuk bergabung dalam rapat:
  3. Klik “Join Meeting” jika Garmeds ingin bergabung tanpa Sign In.
  4. Masuk ke akun Zoom Anda lalu klik “Join”.
  5. Masukkan nomor ID rapat dan nama tampilan Grameds. Jika Grameds sudah Sign In, Grameds dapat mengubah nama, jika tidak ingin maka nama default yang akan muncul. Jika pengguna tidak Sign In, masukkan nama tampilan.
  6. Pilih untuk menghubungkan audio dan/atau video, lalu klik “Join”.

Fitur-Fitur Zoom Meeting

Fitur-fitur dalam aplikasi Zoom Meeting ini antara lain:

1. Video dan audio HD

Aplikasi Zoom menawarkan kualitas high definition (HD) untuk gambar dan audio yang dihasilkan. Selain itu, aplikasi Zoom Meeting satu ini juga dapat mendukung untuk mengundang  hingga 1000 peserta dan 49 video di layar presentasinya.

2. Alat kolaborasi bawaan

Pengguna dapat berbagi layar secara bersamaan dan ikut menulis catatan untuk pertemuan yang lebih interaktif dengan menggunakan alat kolaborasi yang disediakan oleh aplikasi Zoom.

3. Keamanan

Aplikasi ini dilengkapi dengan end-to-end encryption untuk seluruh rapat yang diagendakan melalui aplikasi Zoom, serta perlindungan kata sandi untuk menjaga keamanan pengguna.

4. Rekaman dan transkrip

Pengguna dapat merekam rapat yang dilakukan dengan Zoom dan menyimpannya secara lokal atau di cloud. Rekaman tersebut mudah ditemukan kembali apabila dibutuhkan.

5. Fitur penjadwalan

Aplikasi ini menyediakan fitur penjadwalan untuk memulai rapat. Pengguna juga dapat memulai rapat melalui akun email seperti Outlook, Gmail, atau iCal.

6. Obrolan tim

Aplikasi ini memudahkan para pengguna untuk melakukan panggilan grup atau panggilan antar pengguna. Riwayat percakapan dapat dengan mudah dicari, file dapat dengan mudah dibagi, dan arsip dapat disimpan selama sepuluh tahun. Aplikasi ini dapat digunakan di perangkat komputer maupun seluler.

Cara Install Zoom Meeting

Sumber: Pexels

Zoom merupakan salah satu platform paling baik yang dapat digunakan untuk berkomunikasi secara virtual atau online. Karena keadaan pandemi Covid-19, ada banyak instansi maupun perusahaan yang menggunakan aplikasi Zoom untuk rapat secara tatap muka selain menggunakan aplikasi Google Meet.

Bagi Grameds yang masih pemula, mungkin Grameds sedikit kebingungan bagaimana cara download aplikasi satu ini. Aplikasi Zoom Meeting dapat digunakan pada perangkat desktop ataupun mobile.

Untuk perangkat mobile, aplikasi Zoom bisa diakses oleh pengguna Android, iPhone atau iOS. Sementara itu, untuk pengguna desktop dapat download dan install aplikasi satu ini di laptop maupun komputer.

Sebelum mengunduh dan install aplikasi Zoom Meeting, Grameds harus mengetahui tentang system support perangkat yang Grameds gunakan. Hampir semua tipe laptop mampu mendukung aplikasi Zoom Meeting untuk diinstall, baik itu laptop dengan merk Lenovo, Toshiba, Asus, HP atau lainnya.

Namun, Grameds harus memperhatikan tentang tipe bit atau operating system yang ada pada perangkat Grameds. Jenis dari bit laptop atau komputer umumnya memiliki dua jenis, di antaranya adalah versi 64 bit (X-64) dan 32 bit.

Oleh karena itu, Grameds perlu memperhatikan dan memastikan spesifikasi komputer yang Grameds miliki. Untuk mengecek Bit pada komputer, Grameds bisa mengklik kanan pada icon Windows pada bagian pojok kiri bawah, pilih menu System, pada label System type kemudian akan muncul jenis Bit yang digunakan oleh perangkat laptop Grameds.

Setelah itu, barulah Grameds bisa mendownload dan install aplikasi Zoom Meeting. Berikut beberapa cara install aplikasi Zoom Meeting bagi

  • Download dari Website Zoom.us

  • Buka browser dan masuk ke situs resmi aplikasi Zoom (www.zoom.us).
  • Di bawah Zoom Clients for Meetings, klik tombol Download 64-bit Client untuk Windows.
  • Setelah file terdownload, buka folder Download, lalu klik dua kali pada file untuk memulai proses instalasi.
  • Saat instal Zoom di laptop, pilih Yes jika ditanya apakah ingin Zoom membuat perubahan pada perangkat.
  • Zoom akan terinstal secara otomatis dan kamu sudah bisa menggunakannya. Jika belum memiliki akun, pilih Join a Meeting dan masukkan kredensial rapat. Kemudian klik Join.

Jika Grameds ingin download dan install aplikasi Zoom Meeting di HP melalui HP, Grameds bisa mengikuti cara berikut ini:

  • Unduh aplikasi Zoom di Google Play Store.
  • Buka aplikasi tersebut, lalu klik tombol sign up.
  • Masukkan alamat email, nama depan, dan nama belakang yang ingin ditampilkan pada pengguna lainnya.
  • Centang persetujuan terms of service jika muncul, lalu klik tombol sign up.
  • Buka email notifikasi yang dikirim oleh Zoom, lalu klik tombol “activate account” pada email tersebut.
  • Buat kata sandi atau password untuk akun Grameds.
  • Akun Zoom Grameds sudah aktif dan bisa digunakan dengan cara memilih sign in, kemudian masukkan alamat email dan kata sandi yang sudah Grameds daftarkan.

Catatan: Jika menggunakan aplikasi Zoom melalui ponsel, layar mungkin terlalu kecil dan tidak bisa mengganti foto profil. Sebaiknya Grameds juga menginstall aplikasi Zoom di laptop agar lebih nyaman digunakan.

Hal ini diperlukan, sebab pada aplikasi Zoom Meeting yang diinstall di laptop akan memudahkan Grameds untuk mengganti tampilan belakang layar atau background. Mengubah background berguna, apabila Grameds sedang berada dalam keadaan atau situasi yang tidak memungkinkan untuk memulai rapat atau konferensi.

  • Download dari Microsoft Store 

Cara download aplikasi Zoom di laptop adalah dengan menggunakan Microsoft Store. Aplikasi ini biasanya sudah terpasang pada laptop bagi pengguna Windows. Di sana Grameds dapat mencari aplikasi yang ingin Grameds dapatkan, termasuk Zoom Meeting. Berikut cara download aplikasi Zoom Meeting di laptop dengan mudah pada perangkat:

  • Buka Microsoft Store dari Taskbar Windows.
  • Cari Zoom, lalu klik Zoom Clouds Meetings.
  • Klik tombol Install merah.
  • Ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan penginstalan.
  • Selesai.
  • Download dari Softonic

Softonic adalah sebuah situs web Spanyol yang menyediakan platform untuk mengunduh aplikasi dan game. Didirikan pada tahun 1997, situs web ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna dan mencatat lebih dari 4 juta unduhan per hari.

Aplikasi dan konten di situs web ini dianggap sah dan legal, namun masih ada beberapa serangan malware yang terjadi di sana-sini. Jika aplikasi yang terkena malware terinstal, kemungkinan besar akan mengunduh virus bersama dengan aplikasi tersebut dan menginstalnya.

Aplikasi Softonic menyediakan beberapa aplikasi yang tersedia untuk berbagai perangkat contohnya seperti Android, iOS, Mac, dan tentunya Windows. Situs web ini juga menyediakan bagian yang terpisah untuk setiap genre aplikasi, serta video dan konten tentang topik-topik seperti cara memainkan game tertentu. Softonic tersedia dalam berbagai bahasa di seluruh dunia, sehingga memudahkan untuk menavigasi situs web. Selama 20 tahun, faktor manusia telah menjadi kekuatan mereka dalam menarik dan menghibur orang.

Apabila ingin download aplikasi Zoom Meeting dengan aplikasi Softonic, Grameds bisa download aplikasi Zoom langsung menggunakan Softonic. Sebab, Grameds hanya perlu masuk ke browser dan ke situs web Softonic saja, kemudian mencari aplikasi Zoom Meeting untuk melakukan download dan instalasi.

  • Download dari Bluestacks

Sebelum melakukan download aplikasi Zoom di laptop menggunakan Bluestacks, Grameds harus memiliki aplikasi tersebut terlebih dahulu di laptop. Grameds bisa mengunduhnya melalui browser. Berikut beberapa cara untuk download dan install aplikasi Zoom Meeting di laptop dengan menggunakan Bluestack:

  • Pastikan bahwa Grameds sudah memiliki emulator Bluestack di laptop. Apabila belum, download dan install aplikasi Bluestack terlebih dahulu pada perangkat Grameds.
  • Buka Bluestack.
  • Klik Google PlayStore.
  • Pada bagian menu Search Bar, ketikkan Zoom Meeting agar dapat Grameds download.
  • Aplikasinya akan muncul dan klik Install.
  • Selesai.
  • Download dari Cnet

Memiliki jenis dan fungsi yang sama dengan Softonic dan Jalan Tikus, Grameds juga dapat mendapatkan aplikasi untuk laptop melalui situs Cnet. Situs Cnet dijamin keamanannya untuk digunakan tanpa perlu khawatir tentang virus atau malware. Untuk melakukan install Zoom di laptop melalui Cnet, Grameds hanya perlu masuk ke situsnya, kemudian pada search bar ketik aplikasi Zoom Meeting. Lakukan download dan proses instalasi hingga selesai.

  • Download Zoom dari MacBook

Untuk mendownload aplikasi Zoom di laptop versi MacBook, pertama-tama Grameds harus mengubah pengaturan keamanan dan privasi di bagian Settings pada MacBook Grameds . Kemudian pilih System Preferences-Security and Privacy dan ubah “Allow Apps Download From” menjadi “App Store and Identified Developers”. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut untuk melanjutkan proses download:

  • Masuk ke Download Center dan cari Zoom Client for Meetings. Lakukan download.
  • Klik dua kali pada aplikasi Zoom yang telah diunduh, kemudian klik tombol Continue.
  • Pilih lokasi untuk menyimpan hasil instalasi.
  • Klik Continue.
  • Apabila ingin mengubah lokasi file, klik menu Change Install Location.
  • Kemudian klik Install.
  • Selesai.

Grameds dapat mengikuti langkah-langkah di atas untuk mendownload aplikasi Zoom di laptop versi MacBook dengan mudah. Selamat mencoba!

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Meeting 

Untuk menggunakan Zoom, pertama-tama Grameds harus mendaftar akun di aplikasi tersebut secara gratis. Cara mendaftar bisa melalui ponsel atau laptop Grameds atau melalui website Zoom.

Cara download dan install aplikasi Zoom Meeting telah dijelaskan sebelumnya. Grameds bisa mengikuti cara tersebut bergantung pada perangkat yang Grameds gunakan.

Setelah proses download dan install selesai, Grameds bisa bergabung dengan meeting atau konferensi yang menggunakan Zoom. Agar tampilan meeting terlihat lebih profesional, Grameds bisa mengganti background. Lebih lanjut, berikut beberapa cara dan tips menggunakan aplikasi Zoom Meeting.

  • Mengganti Background

Untuk mengganti background di Zoom Meeting, Grameds bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi Zoom di laptop Grameds.
  • Pada jendela utama, klik tombol Settings (yang biasanya berada di pojok kanan bawah).
  • Pada tab Video, cari opsi “Virtual Background” lalu klik tombol kotak panah di sebelahnya.
  • Pada jendela baru yang muncul, klik tombol + di sebelah kanan untuk menambahkan background yang Grameds inginkan.
  • Grameds bisa menambahkan background dengan cara:
  • Memilih salah satu background default yang disediakan Zoom
  • Mengunggah gambar atau foto dari komputer dengan mengklik tombol “Choose Virtual Background”
  • Menggunakan webcam sebagai background dengan cara mengklik tombol “Camera”
  • Setelah menambahkan background, pilih background yang ingin Grameds gunakan dengan mengklik tombol “Set Virtual Background” di sebelah kanan nama background tersebut.
  • Background baru akan terapply otomatis.

Catatan: Fitur Virtual Background hanya tersedia untuk pengguna yang menggunakan aplikasi Zoom di laptop atau komputer, tidak tersedia di aplikasi Zoom di ponsel. Selain itu, Grameds perlu memastikan bahwa komputer Grameds memenuhi spesifikasi yang dibutuhkan untuk menggunakan fitur ini.

  • Cara Melakukan Video Call

  • Setelah menginstall aplikasi Zoom di laptop, PC, atau ponsel, masuk ke akun Zoom.
  • Setelah proses log in, ada tiga pilihan di bagian atas layar, yaitu “schedule”, “join”, dan “host meeting”.
  • Pilih sesuai dengan kebutuhan. Jika ingin melakukan rapat pada saat itu juga, pilih “schedule”. Jika ingin bergabung dengan rapat yang sudah ada, pilih “join”.
  • Jika memilih “join”, Grameds harus memiliki “meeting ID” atau mengetikkan nama agar bisa bergabung ke dalam rapat.
  • Jika Anda memilih “host”, Grameds harus membuat room meeting terlebih dahulu karena Grameds akan bertindak sebagai pemimpin rapat.

.

Itulah penjelasan tentang cara install Zoom Meeting. Buka wawasan dan tambah pengetahuan Grameds dengan membaca buku. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas menyediakan berbagai macam buku berkualitas dan original untuk Grameds.

Jika ingin mencari buku tentang teknologi, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Membaca banyak buku dan artikel tidak akan pernah merugikan kalian, karena Grameds akan mendapatkan informasi dan pengetahuan #LebihDenganMembaca.

Penulis: Khansa

Sumber: 

  • https://dailysocial.id/post/apa-itu-zoom
  • https://www.pinhome.id/blog/cara-download-zoom-di-laptop/
  • https://smadapa.sch.id/read/7/mengenal-aplikasi-meeting-zoom-fitur-dan-cara-menggunakannya-baca-selengkapnya-di-artikel-mengenal-aplikasi-meeting-zoom-fitur-dan-cara-menggunakannya


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nuryanto H

Memiliki latar belakang yang berhubungan dengan dunia teknologi, tentunya menulis mengenai kemajuan teknologi selalu menjadi salah satu hal yang digemarinya. Mulai dari review HP, laptop hingga perangkat teknologi lainnya.