in

Cara Hapus Akun Telegram, Ada Beberapa Cara

Cara Hapus Akun Telegram – Dunia digital yang terus berkembang juga memberi pengaruh kepada perkembangan media sosial. Kini media sosial semakin beragam, ditambah dengan fitur-fitur baru yang membuatnya semakin menyenangkan untuk dipakai. Salah satu media sosial yang kini banyak dipakai adalah Telegram.

Fitur yang baru dan lengkap di Telegram membuat banyak orang menggunakannya. Namun jika banyaknya aplikasi yang terdownload membuat HP Anda semakin lemah, maka tak ada salahnya untuk menghapus beberapa aplikasi lebih dulu. Nah, apabila Anda ingin menghapus telegram, berikut akan dijelaskan berbagai macam cara hapus akun Telegram.

Cara Hapus Akun Telegram dengan Berbagai Cara

Telegram memang menjadi media sosial yang banyak dipakai. Dibandingkan aplikasi chat lainnya, Telegram memiliki ukuran file yang jauh lebih kecil. Sehingga tidak terlalu memakan memori. Meski begitu, Telegram juga dapat digunakan untuk mengirimkan atau berbagi file dengan ukuran yang besar.

Bahkan hingga 1,5 GB per file. Adapun fitur yang bisa digunakan juga sangat beragam, ada zip, mp3, doc, dan yang lainnya. Namun karena berbagai macam alasan, ada beberapa orang yang ingin menghapus akun tersebut. Cara untuk menghapusnya pun tidaklah susah, Anda bisa melakukannya lewat smartphone atau laptop. Anda juga bisa menghapusnya secara permanen maupun sementara. Berikut adalah beberapa caranya:

1. Cara menghapus akun telegram lewat HP

Cara menghapus akun telegram lewat HP

Akun Telegram memang sudah banyak digunakan, terutama bagi para pengguna smartphone. Sehingga ketika terjadi beberapa hal yang mengharuskan menghapus akun tersebut, Anda bisa langsung menghapusnya melalui smartphone. Baik untuk menghapus sementara maupun permanen. Nah berikut adalah cara hapus akun Telegram melalui smartphone yang bisa Anda ikuti:

  • Buka aplikasi Telegram dari smartphone
  • Masuklah ke menu setting, bagi pengguna iOS ada di pojok kanan bawah, lalu untuk pengguna android, Anda bisa menekan garis tiga yang ada di pojok kiri bagian atas.
  • Bukalah menu Privacy and Security
  • Geserlah tampilan sampai muncul menu Automatically Delete My Account
  • Aturlah waktu dengan cara menekan tulisan If away for
  • Terdapat beberapa pilihan rentang waktu, yaitu satu bulan, tiga bulan, enam bulan, atau 12 bulan
  • Setelah pengaturan tersebut, nantinya akun Telegram Anda akan non aktif apabila dalam rentang waktu yang dipilih tidak dibuka atau online.
  • Jika ingin membuatnya tak online, maka logout akun tersebut, atau bisa juga langsung melakukan uninstall aplikasi Telegram.

2. Cara hapus akun Telegram dari browser

Cara untuk menghapus akun Telegram yang kedua adalah melalui browser. Apabila kalian sudah tidak mempunyai aplikasinya di handphone, maka tak perlu khawatir. Anda masih bisa menghapus akun tersebut melalui browser. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  • Masuklah ke menu browser, bisa dari smartphone ataupun laptop
  • Jika sudah, ketikkan alamat berikut ini : https://my.telegram.org/delete. Kemudian langsung klik enter untuk membuka alamat tersebut.
  • Di halaman berikutnya Anda akan diminta untuk memasukkan nomor telepon yang dulunya dipakai untuk membuat Telegram.
  • Jika sudah, akan ada kode konfirmasi yang harus diisikan. Jika sudah mendapatkan kodenya, Anda bisa langsung sign in untuk masuk ke akun
  • Lalu akan muncul tiga menu pilihan, silakan pilih Delete My Account guna menghapus akun Telegram yang Anda miliki.
  • Sebelum itu akan ada kolom yang meminta Anda menuliskan alasan penutupan atau penghapusan akun Telegram. Silakan isikan alasannya pada kolom di bawah nomor telepon.
  • Apabila sudah selesai, barulah Anda bisa menekan Delete My Account. Lakukan konfirmasi penghapusan, dan tunggulah sampai proses penghapusan selesai dilakukan.

3. Cara hapus akun telegram yang terkena hack

Langkah menghapus berikutnya bisa dilakukan saat akun Telegram Anda terkena hack. Barangkali di zaman yang serba modern saat ini membuat kejahatan dunia maya termasuk hacker yang semakin marak. Jadi, jika akun Telegram Anda terkena hack, Anda masih bisa menghapusnya dengan cara berikut ini:

  • Langkah pertama, Anda bisa membuka halaman nonaktif Telegram. Kemudian masukkan nomor Telegram yang dulu dipakai untuk membuat akun.
  • Tunggulah sampai nomor telepon tersebut mendapat notifikasi. Di halaman selanjutnya Anda akan diminta untuk memasukkan kode Verifikasi yang telah dikirimkan ke nomor telepon tersebut.
  • Lalu Anda juga akan diminta untuk menuliskan alasan penghapusan akun Telegram di kolom yang telah disediakan.
  • Jika sudah, Anda bisa mengklik “selesai”. Jika muncul pop up “Apakah Anda yakin? ” Klik Ok.
  • Setelah itu, akun Telegram pun telah selesai dihapus.

4. Cara hapus akun Telegram tanpa kode Verifikasi

Adapun cara keempat, Anda juga bisa menghapus akun Telegram tanpa menggunakan kode Verifikasi. Jadi, apabila Anda kehilangan nomor telepon atau lupa nomor telepon yang dulu digunakan untuk membuat akun Telegram, tak usah khawatir. Anda bisa menghapus akun Telegram secara permanen atau sementara tanpa memakai kode Verifikasi. Nah, bagaimana caranya? Simak langkah-langkah berikut ini:

  • Anda bisa membuka aplikasi Telegram, kemudian, mintalah bantuan pada pihak Telegram dengan memberikan keterangan sesuai yang dialami. Nantinya, Anda akan diminta meninggalkan alamat email dan juga nomor telepon.
  • Selanjutnya, Anda bisa membuka email support Telegram melalui alamat berikut ini: https://telegram.org/support.
  • Jika sudah, seperti biasanya, Anda juga akan diminta menuliskan di kolom keterangan berupa alasan penghapusan akun tanpa menggunakan kode Verifikasi.
  • Setelah selesai menuliskan alasan, klik submit untuk melanjutkan proses penghapusan akun.
  • Jika sudah, akun Telegram Anda pun sudah terhapus.

5. Cara hapus akun telegram secara permanen

Cara hapus akun telegram secara permanenTerakhir, Anda juga bisa menghapus akun Telegram secara permanen apabila memang sudah tidak membutuhkannya lagi. Artinya, akun Anda akan terhapus dan tak akan bisa dibuka kembali. Bagaimana cara hapus akun Telegram secara permanen? Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, bukalah situs web resmi Telegram
  • Jika sudah, Anda harus memasukkan nomor telepon yang dulu digunakan untuk membuat akun pertama kali
  • Setelah memasukkan nomor, Anda akan mendapatkan kode konfirmasi ke akun Telegram milik Anda. Jadi, pastikan jika saat itu akunnya masih aktif ya.
  • Pada bagian “confirmation code”, Anda akan diminta untuk memasukkan kode konfirmasi yang telah diterima.
  • Setelah memasukkan kode, Anda bisa menuliskan alasan penghapusan akun di kolom yang telah disediakan.
  • Apabila alasan tersebut telah selesai dituliskan, klik ” Selesai” Atau “Done”.
  • Selanjutnya, apabila Anda sudah benar-benar yakin ingin menghapus akun, klik ” Yes, delete my account “. Kini, akun Telegram Anda pun telah di hapus secara permanen.

BACA JUGA: 10 Sosial Media Paling Populer di Indonesia

Apa Saja Keunggulan Telegram?

Setelah mengetahui cara hapus akun Telegram, Anda juga perlu tau, sebenarnya, apa saja keunggulan dari Telegram. Sehingga banyak orang yang memilih untuk menggunakannya. Berikut akan dijelaskan beberapa poin tentang keunggulan yang dimiliki oleh sosial media satu ini:

1. Dapat digunakan untuk berkirim file berukuran besar

Aplikasi Telegram dikenal dengan fitur berkirim filenya yang bisa mencapai 1,5 GB. Jika di beberapa aplikasi chat dibatasi hanya beberapa MB saja, melalui Telegram, Anda bisa mengirim file atau menerima file berukuran lebih besar.

Jadi, dibanding dengan aplikasi lain seperti whatsapp atau Line, Telegram lebih unggul dalam hal ini. Whatsapp hanya bisa digunakan untuk mengirim file sampai 16 MB saja, sementara Line hanya sekitar 1 GB. Sementara Telegram bisa mencapai 1,5 GB. Jadi para penggunanya akan lebih leluasa dalam menggunakan aplikasi ini.

2. Bisa untuk mengirim pesan rahasia

Keunggulan kedua dari Telegram adalah dapat mengirim pesan yang bersifat rahasia. Aplikasi ini dikenal sangat berorientasi terhadap privasi penggunanya. Sehingga ada fitur yang bisa digunakan untuk mengirimkan pesan yang sangat rahasia sekalipun.

banner-promo-gramedia

Selain chat biasa, ada fitur Secret Chat, yakni sebuah fitur untuk chat seperti biasa namun dilengkapi dengan proteksi privasi yang cukup optimal. Sehingga tidak semua orang dapat mengakses pesan tersebut.

Apabila Anda mengaktifkan fitur ini, maka secara otomatis, kegiatan Anda selama menggunakan Telegram tidak  akan dapat direkam oleh server Telegram sendiri. Ruang chat juga atau obrolan Anda juga dienkripsi. Dengan begitu, hampir mustahil bagi penyadap untuk mengakses atau menyadap pesan tersebut. Selain itu, menariknya lagi, Anda juga bisa mengatur kapan pesan tersebut akan terhapus. Jadi pesan rahasia yang dikirim ini akan jauh lebih aman. Di aplikasi lain, fitur ini masih jarang ditemukan.

3. Dapat membuat grup dengan jumlah anggota yang banyak

Grup chat saat ini menjadi cukup penting dimiliki. Mengingat banyaknya keuntungan yang bisa didapatkan jika memiliki sebuah grup. Anda bisa berkirim pesan yang sama  sekali saja sudah bisa dibaca oleh semua orang yang ada di grup. Sehingga tak perlu repot-repot untuk melakukan kontak personal masing-masing.

Dibanding aplikasi chat lain, jumlah grup Telegram terbilang jauh lebih banyak. Whatsapp hanya memberikan akses bagi 256 nomor untuk satu grup. Untuk Line, memang jumlahnya jauh lebih baik lagi. Aplikasi buatan Jepang ini memberikan akses satu grup untuk 500 nomor atau 500 anggota. Jika dibanding Whatsapp, jumlahnya hampir dua kali lipat.

Meski begitu, Telegram ternyata memberikan akses yang jauh lebih besar lagi. Dalam satu grup Telegram, Anda bisa memasukkan anggota grup sebanyak ribuan anggota, jumlahnya bisa mencapai 200.000 orang.

Maka dari itu, grup Telegram ini sangat efektif ketika dipakai untuk menampung anggota dari lembaga pendidikan atau sosial yang memiliki basis masa besar. Sehingga informasi apapun bisa langsung disampaikan dan diterima oleh banyak orang dalam sekali posting.

Kemudian, di dalam grup tersebut, admin juga memiliki kewenangan untuk mengatur aktivitas anggota. Seperti mengeluarkan atau memasukkan anggota, menandai pesan, dan sebagainya. Lalu ada pula fitur jajak pendapat yang bisa Anda pakai untuk mendapatkan pendapat dari anggota grup yang jumlahnya banyak.

4. Membantu untuk menjual produk

Keunggulan berikutnya yaitu bisa dipakai untuk menjual produk. Saat ini dunia jual beli online sudah cukup banyak digandrungi. Selain kemudahan yang didapatkan karena tak perlu bepergian, harga yang terjangkau dan produk yang bervariasi juga menjadi daya tarik tersendiri.

Nah, jika Anda memiliki akun Telegram, ternyata akun ini dapat digunakan untuk memasarkan produk yang dimiliki. Promosi dan proses jual beli bisa dilakukan melalui aplikasi chat satu ini.

Adapun pengguna Telegram sendiri pada awal tahun 2021 sudah mencapai 500 juta pengguna aktif.

Dan pada tahun 2020, produk yang dijual secara statistik menunjukkan didominasi oleh produk dari Tiongkok. Sebab di Indonesia sendiri, produk dari negara tersebut memang sangat mudah didapatkan. Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis online, Anda bisa memakai Telegram untuk memulai berjualan.

Selain produk berupa barang, ada pula jasa yang ditawarkan. Jasa yang ditawarkan di Telegram ini didominasi oleh marketing berupa paid promote. Meski tak sebanyak produk barang, namun bisnis jasa ini juga cukup menjanjikan.

5. Memiliki fitur layanan penyimpanan cloud

Selanjutnya, Telegram juga memiliki layanan penyimpanan cloud. Artinya, setiap pesan yang diterima baik berupa dokumen, gambar, video, maupun audio semuanya dapat disimpan di sana.

Kemudian Anda juga bebas untuk melakukan log in atau log out tanpa takut data Telegramnya hilang. Jadi memungkinkan pula bagi Anda untuk membuka akun Telegram secara bersamaan dalam berbagai perangkat.

Hal ini tentu berbeda dengan Whatsapp. Jika Anda memakai Telegram, tak perlu khawatir tentang pencadangan dan pengembalian file setelah log in atau log out. Semua file bisa disimpan di sana, baik kontak, voice atau video notes, gif, ataupun link. Akan tetapi untuk setiap file ukurannya dibatasi hingga 1,5 GB.

6. Dapat memasukkan nomor sekaligus

Keunggulan Telegram berikutnya adalah dapat menambah beberapa nomor sekaligus tanpa takut kehilangan obrolan atau kontak. Artinya, Anda tak perlu mentransfer semua kontak nomor baru.

Jika ingin mengubah nomor yang ada di Telegram, buka pengaturan atau settingan, kemudian ketikkan nomor baru. Selanjutnya klik ubah nomor dan ikuti instruksi berikutnya. Setelah itu, nantinya semua pesan akan otomatis masuk ke nomor baru tersebut. Termasuk semua kontak juga akan ikut tersimpan di nomor yang baru secara otomatis.

7. Dapat mengunggah foto profil sekaligus

Keunggulan ketujuh dari Telegram yaitu dapat mengunggah foto profil sekaligus. Jadi foto yang akan tampil adalah foto terbaru yang dilihat kontak Anda. Untuk melihat foto profil berikutnya, Anda bisa menggesernya.

Selain menghapus akun, jika hanya ingin menghapus chat di Telegram juga bisa dilakukan. Karena kini Telegram telah dilengkapi dengan fitur Hapus pesan otomatis atau Auto-Delete Message.

Tentu dari namanya saja Anda sudah tahu fungsi fitur tersebut. Dengan fitur ini, pesan akan bisa dihapus secara otomatis. Fitur ini berlaku baik untuk pesan pribadi maupun pesan di grup. Anda bisa menyetel atau mengatur sendiri waktu yang diinginkan untuk menghapus pesan.

banner-promo-gramedia

Adapun pesan di grup akan bertahan setelah 7 hari dilihat oleh anggota. Untuk bisa menggunakan fitur ini, Anda perlu mengaktifkannya lebih dulu. Berikut adalah caranya:

  • Bagi pengguna android, Anda bisa mengetuk icon titik tiga, kemudian klik bersihkan riwayat, dan atur durasi.
  • Bagi Anda pengguna iOS, tekan dan tahan pesan, setelah itu pilih bersihkan riwayat, dan aktifkan auto delete message.

Adapun di channel atau grup, yang bisa mengaktifkan atau mengatur dan memasang fitur ini hanyalah admin saja. Jadi anggota grup atau channel tidak bisa menerapkannya. Dengan adanya fitur ini, maka Anda akan lebih mudah mengontrol pesan-pesan yang mungkin ingin dirahasiakan atau memang sudah tidak diperlukan supaya terhapus dari obrolan dan tidak memenuhi chat.

BACA JUGA:

Media Sosial Interaksi, Identitas Dan Modal Sosial
Media Sosial Interaksi, Identitas Dan Modal Sosial

tombol beli buku

Analisis Jaringan Media Sosial : Dasar-Dasar&Aplikasi Metode
Analisis Jaringan Media Sosial : Dasar-Dasar&Aplikasi Metode

tombol beli buku

Begitulah cara hapus akun Telegram beserta keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi tersebut. Jika ingin mempelajari media sosial untuk berbisnis, Anda bisa membuka buku Gramedia berjudul Rahasia Berbisnis ala Sosial Media atau dapatkan melalui:

Rahasia Berbisnis Ala Sosial Media
Rahasia Berbisnis Ala Sosial Media

tombol beli buku

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih