in

Cara Membuat Mind Mapping Gratis dengan 11 Software Ini

Cara membuat mind mapping gratis – Ketika mendapatkan materi atau ilmu baru, kita lebih suka mencatat hal-hal penting dalam buku catatan. Biasanya isi catatan tersebut tentang inti atau teori penting yang menarik bagi kita, namun apakah pembaca mengetahui ada teknik mencatat yang disebut mind mapping.

Teknik ini dapat mempermudah kita sebagai seorang siswa atau pembelajar untuk mencatat teori-teori tersebut. Kenapa mempermudah? Karena teknik mind mapping adalah teknik mencatat yang menggunakan grafis.

Sehingga catatan akan terlihat lebih menarik, menyenangkan untuk dibuat serta mempermudah pembaca sekalian untuk mencatat teori-teori penting.

Pengertian Mind Mapping

Rekomendasi Buku cara membuat mind mapping

Konsep mind mapping ini dikenal oleh Tony Buzan pada tahun 1970-an, menurut Tony teknik pencatatan mind mapping merupakan sistem penyimpanan, penarikan data serta akses yang luar biasa, konsep ini menurut Tony sudah ada dalam otak manusia dan kita hanya perlu mengolah data-data tersebut.

Menurut beberapa ahli seperti DePorter dan Hernacki (1999) mind mapping merupakan teknik mencatat yang dapat mempermudah siswa, karena dalam satu halaman siswa dapat mencatat seluruh teori serta memberikan kesan mendalam sebab dilengkapi dengan citra visual dan perangkat grafis lainnya.

Sedangkan beberapa ahli yang tidak disebutkan menjelaskan bahwa mind mapping adalah metode atau teknik untuk mengolah informasi secara keseluruhan melalui pemetaan yang bentuknya bercabang serta dituangkan dalam bentuk tulisan, dapat berupa media kertas maupun digital. Berikut ini pengertian mind mapping menurut para ahli:

1. Svantesson (2004)

Memberikan pula gagasannya mengenai mind mapping, menurut Svantesson mind mapping atau dalam bahasa Indonesia disebut peta pikiran merupakan suatu teknik atau metode membuat catatan yang dapat digunakan pada situasi dan kondisi tertentu.

Situasi atau kondisi tertentu yang dimaksud oleh Svantesson adalah proses pembuatan perencanaan, penyelesaian masalah, membuat ringkasan, membuat struktur, mengumpulkan ide-ide, rapat, debat maupun wawancara.

2. Jensen dan Markowitz (2002)

Berpendapat bahwa mind mapping merupakan cara memvisualisasi verbal dan visual atau gambar yang dinilai dapat memperkuat informasi yang telah diterima sebelumnya.

3. Edward (2009)

Mengemukakan pula pengertian mind map. Mind mapping adalah metode yang efektif dan efisien untuk menyimpan serta mengeluarkan kembali data dan informasi ke otak. Sistem yang disebutkan oleh Edward adalah sistem alami yang sudah ada di otak. Selain tokoh- tokoh dari luar, ada pula tokoh Indonesia yang memberikan gagasannya mengenai pengertian mind map.

4. Legowo (2009)

Menjelaskan bahwa mind map adalah cara alternatif kegiatan berpikir yang menyeluruh pada otak terhadap pemikiran linear. Menurut legowo pula, mind map merupakan cara yang mudah untuk menaruh informasi ke otak maupun mengambil informasi tersebut. Dalam kata lain, mind map adalah cara termudah untuk menghafal serta mengingat suatu informasi.

Dari gagasan-gagasan oleh ahli mengenai mind mapping tersebut dapat kita simpulkan bahwa pengertian mind mapping atau peta pikiran adalah teknik atau metode mencatat yang menggunakan citra visual serta perangkat grafis untuk mempermudah proses pembuatan perencanaan, penyelesaian masalah, ringkasan, struktur dan sebagainya yang dituangkan dalam tulisan baik berupa media kertas atau media digital.

Buku Cara Membuat Mind Mapping

banner-promo-gramedia

tombol beli buku

Mind Map sendiri dapat membantu banyak pihak dalam menjalankan tanggung jawab mereka. Seperti pada anak yang dapat membantunya dalam memahami materi belajar, pada guru dan pengajar, dengan adanya mind map yang menjadi alat kegiatan belajar dapat mempermudah penyampaian informasi yang diinginkan.

Buku 1st Mind Map oleh Sutanto Windura dapat Grameds dapatkan untuk mempelajari berbagai hal tentang mind map. Nah, setelah mengetahui pengertian dari mind mapping, apakah pembaca merasa tertarik untuk mencatat dengan menggunakan metode ini? Maka berikut langkah-langkah yang harus pembaca ketahui untuk membuat mind mapping.

Cara Membuat Mind Mapping dengan Mudah

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, mind map atau peta pikiran merupakan metode mencatat secara kreatif yang mencerminkan cara kerja otak secara alami. Oleh karena itu, untuk memulai menggunakan metode ini terdapat beberapa hal yang dapat pembaca aplikasikan sebelum mebuat mind map.

  1. Untuk mempermudah, letakan topik pembahasan di tengah-tengah, penempatan topik maupun tema di tengah akan mempermudah pembaca untuk membuat cabang-cabang lain.
  2. Setelah menentukan tema atau topik pembahasan, pembaca dapat mencari hubungan antara tema utama tersebut. Sehingga nantinya akan muncul tema-tema turunan yang ditandai oleh garis dengan warna-warna khusus serta simbol-simbol gambar.
  3. Menggunakan variasi huruf besar serta huruf kecil.
  4. Agar terlihat lebih menarik, pembaca dapat menggunakan simbol serta tulisan yang beragam.
  5. Sebelum membuat mind map, sebaiknya pembaca sudah merencanakan penempatan tema, tema turunan serta pembahasan pada bagan-bagan dan cabang pada kertas lain atau membuat draft terlebih dahulu. Sehingga hasil mind map akan terlihat rapi serta menarik.

Setelah mengetahui hal-hal penting mengenai mind map, maka berikut langkah-langkah cara membuat mind map yang baik versi penulis.

  1. Pembaca dapat memulai menulis mind map dari bagian tengah kertas, sebaiknya design mind map pada kertas horizontal agar terdapat banyak space untuk menulis turunan tema serta deskripsinya. Penempatan tema di tengah serta bentuk kertas horizontal memberikan kesan bebas pada otak untuk berkreasi.
  2. Menggunakan gambar, ilustrasi maupun foto. Penggunaan ilustrasi atau gambar dapat membantu pembaca berimajinasi, hal ini dapat membantu pola untuk membuat pembaca lebih fokus, mudah berkonsentrasi serta mengoptimalkan kerja otak.
  3. Menggunakan beragam warna. Penggunaan beragam warna pada mind map dapat membuat visual mind map terlihat lebih menarik.
  4. Menggabungkan setiap cabang teori pada pada tema atau topik utama. Menggabungkan setiang tema turunan serta deskripsi pada tema utama atau tema yang masih berkaitan dapat membuat mind map Anda terlihat lebih maksimal. Penggabungan tiap cabang ini juga dapat mempermudah pembaca untuk membaca teori-teori pada setiap tema yang berikatan.
  5. Membuat garis hubung melengkung. Menurut beberapa ahli menggunakan garis hubung melengkung pada mind map dapat membuat mind map terlihat lebih menarik, tentu saja tahap ini opsional. Jika pembaca menyukai garis-garis lurus, maka buatlah garis-garis lurus. Tetapi garis hubung melengkung dianggap jauh lebih menarik.
  6. Menggunakan kata kunci. Penggunaan kata kunci tunggal pada setiap sub-sub tema dapat mempermudah pembaca untuk membuat ide dan pikiran baru serta memberi lebih banyak daya serta fleksibilitas pada mind map.

Selain itu, Grameds bisa mendapatkan tips rahasia membuat mind map pada buku 7 Rahasia Mind Map – Membuat Anak Genius oleh Herdin, TLi.

Buku Cara Membuat Mind Mapping

tombol beli buku

Cara Membuat Mind Mapping dengan Xmind

Salah satu software gratis untuk membuat mind mapping adalah xmind. Anda hanya tinggal mendownload softwarenya di : https://www.xmind.net/. Kemudian install di windows / mac. Untuk membuat mind mapping sederhana, versi freenya kami rasa sudah cukup. Namun jika ingin mendapatkan fitur lebih bisa purchase versi pronya.  Berikut ini adalah langkah-langkah membuat mind mapping dengan xmind.

  1. Pastikan xmind sudah terinstall di komputer / PC / Laptop Anda.
  2. Buka aplikasi xmind
  3. Pilih template mind mapping, sesuaikan dengan kebutuhan.
    cara membuat mind mapping
  4. Masukkan central topic (topik utama) terlebih dahulu.
    cara membuat mind mapping
  5. Klik “sub topic” untuk menambah topik turunan. 
  6. Klik “relathionship” untuk menghubungkan antar sub topic.
  7. Klik “summary” Untuk mengumpulkan sub topic.
  8. Setiap parent topik yang memiliki banyak sub topic bisa di “minimize” agar tidak menghabiskan layar.
  9. Klik “share” untuk membagikan mapping di internet
  10. Klik “file > save” untuk menyimpan mapping.
  11. Klik “file > import / export” untuk bisa membuka mind mapping dari aplikasi lain, begitu sebaliknya.

Contoh-contoh Gambar Mind Mapping

contoh mind mapping tentang desa

Source : https://dlh.jepara.go.id/

Contoh mind mapping
Source : dapodik.disdik.jabarprov.go.id

pengertian mind mapping

contoh mind mapping

Daftar Software Untuk Membuat Mind Map Gratis

Rekomendasi Buku Cara Membuat Mind Mapping

Konsep yang diperkenalkan oleh Tony Buzan ini dinilai dapat mempermudah proses pencatatan. Tony Buzan adalah seorang ahli psikologi dan tokoh yang membuat rumusan-rumusan mengenai peta pikiran, untuk mempermudah proses pembuatan mind map sekarang sudah banyak aplikasi serta software yang mendukung proses pembuatan mind map. Berikut ini adalah software yang dapat pembaca gunakan untuk membuat mind map:

1. Draw.io

Aplikasi Draw.io merupakan aplikasi online yang dapat diakses secara gratis. Di aplikasi ini pembaca dapat membuat mind map, dari memulai memilih bentuk, link, teks, gambar, garis serta warna hingga fitur-fitur lain yang ditawarkan. Aplikasi ini dapat diunduh pula untuk windows maupun android.

2. Coggle

Aplikasi selanjutnya adalah aplikasi Coggle yang dapat diakses secara gratis pula, aplikasi ini menyediakan fitur untuk menambahkan gambar atau tautan file ke mind map yang pembaca buat. Aplikasi ini juga menyediakan fitur berbagi mind map melalui kotak percakapan.

3. MindMup

Aplikasi ketiga memiliki tampilan toolbar yang dinilai mudah serta memberikan tampilan mudah dan sederhana untuk membuat mind map. Aplikasi ini dapat diakses bebas tanpa login, sehingga pengguna perlu mencantumkan alamat email dan data akan otomatis terhapus pada enam bulan pemakaian.

4. Mindly

Aplikasi berikutnya adalah aplikasi yang perlu didownload di Personal Computer (PC) pembaca, aplikasi ini akan meminta Anda untuk menaruh tema atau topik di tengah-tengah. Aplikasi Mindly menyediakan fitur untuk menambah ikon, tulisan serta dapat merubah warna sesuai keinginan pengguna. Selain itu, Mindly menyediakan fitur otomatis untuk memperbesar tampilan setiap pengguna ingin menambahkan sub-sub ide.

5. MindMeister

Aplikasi kelima merupakan aplikasi yang dianggap kebanyakan orang memiliki fitur paling lengkap. Mindmeister menyediakan fitur untuk menambahkan anggota masuk ke mind mapping, setiap anggota dapat memberikan ide maupun komentar. Aplikasi ini juga dapat digunakan secara gratis.

banner-promo-gramedia

6. SimpleMind

Aplikasi ini cocok bagi pengguna pemula, karena tampilan serta penggunaan software yang dapat dioperasikan oleh semua orang dan simple sesuai dengan nama aplikasinya. Terdapat beberapa pilihan layout yang dapat pengguna gunakan. Aplikasi ini dapat diakses melalui PC maupun telepon genggam Anda, serta Anda dapat menambahkan audio dan video.

7. Novamind

Aplikasi satu ini dapat diakses melalui Windows, Mac, iPad, Android, OS X maupun Cloud secara online. Aplikasi ini juga dapat diakses dengan gratis dan memiliki fitur yang dapat diikuti dengan mudah, karena terdapat langkah-langkah interaktif untuk mengetahui konsep dasar membuat mind map.

8. Lucidchart

Aplikasi rekomendasi kedelapan merupakan aplikasi membuat mind map yang sederhana, sehingga dapat digunakan oleh pengguna baru atau yang masih awam. Aplikasi ini menyediakan data-data yang dimiliki di google sheet.

9. Mindomo

Aplikasi satu ini sayangnya tidak gratis, sehingga jika pembaca ingin menikmati fitur-fitur yang disediakan makan harus membayar terlebih dahulu, namun aplikasi ini dapat diakses melalui Windows, Mac hingga Linux. Untuk dapat mengakses secara gratis, pengguna hanya dapat membuat maksimal tiga mind map dengan fitur yang dibatasi.

10. MindMapple

Aplikasi ini hanya dapat diakses di iOs serta dapat diakses secara gratis. Aplikasi ini menyediakan fitur tema atau template. Selain fitur tersebut pada aplikasi ini penggunan dapat menginput gambar, clip art melalui perpustakaan clip art yang disediakan.

Buku-buku Tentang Mind Mapping

mind mapping kurikulum pembelajaran

tombol beli buku

Jenis-Jenis Mind Mapping 

Peta pikiran atau mind map juga memiliki jenis-jenis, nah untuk menyesuaikan kebutuhan mencatat pembaca dapat membuat mind map sesuai dengan jenis-jenisnya. Berikut adalah jenis-jenis mind map.

  1. Mind map silabus, mind map jenis ini biasa disebut mind map makro. Merupakan jenis mind map yang membantu memberikan gambaran mengenai materi yang dipelajari serta biasa dibuat dalam ukuran besar dan ditempel di dinding.
  1. Mind map bab, jenis satu ini merupakan mind map yang dibuat berdasarkan rangkaian bab dan telah diringkas berdasarkan poin-poin penting.
  1. Mind map paragraf, jenis mind map ketiga merupakan mind map yang dapat memberikan informasi secara lengkap, karena bentuknya berupa ringkasan dan penjelasan. Oleh karena itu jenis ini disebut dengan mind map paragraf.

Baca juga : Cara Menggabungkan PDF Secara Online atau Offline

Manfaat Membuat Mind Mapping

Mencatat dengan menggunakan teknik mind map dapat memberikan pembaca beragam manfaat, salah satunya sudah sering penulis sebutkan yaitu mempermudah proses pencatatan. Manfaat-manfaat lain dari menggunakan teknik mind mapping untuk mencatat materi akan penulis jelaskan, berikut ini.

Manfaat pertama diklaim oleh Deporter dan Hernacki (2011) mereka mengklaim jika menggunakan teknik mind map untuk mencatat dapat secara efektif memunculkan ide-ide, mengasah keterampilan mencatat serta mengingat.

Selain itu kedua peneliti ini menganggap jika teknik mind map dapat meningkatkan kemampuan otak untuk berkonsentrasi, membuat gagasan teori menjadi lebih jelas, secara visual dinilai dapat memberikan informasi lebih runtut, sambungan ide-ide mempermudah untuk diingat, meningkatkan daya ingat, meningkatkan keyakinan siswa akan kemampuan belajarnya. Sedangkan menurut Tony Buzan, pencetus teori mind map.

Teknik mencatat ini dapat memberikan manfaat,

  1. Menjadikan penulis lebih kreatif,
  2. Menghemat waktu,
  3. Dapat menyelesaikan masalah,
  4. Dapat memusatkan perhatian,
  5. Menyusun serta menjelaskan ide,
  6. Meningkatkan daya ingat,
  7. Membuat belajar menjadi lebih cepat serta efisien.
banner-promo-gramedia

Dari kedua tokoh tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa mind mapping bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat, membuat siswa menjadi lebih kreatif dalam proses pembuatan mind map, membantu untuk lebih fokus, serta mind map adalah bentuk catatan yang informatif. Manfaat mind map yang lain adalah sebagai berikut,

  1. Tema utama terlihat jelas karena ditaruh di tengah.
  2. Informasi teridentifikasi lebih baik.
  3. Hubungan antara informasi mudah dikenali.
  4. Lebih mudah dipahami dan diingat.
  5. Jika terdapat informasi dapat ditambahkan tanpa merusak bentuk mind map.
  6. Keunikan mind map dapat mempermudah proses untuk mengingat.
  7. Mempercepat proses pencatatan.
  8. Meringkas informasi.

Mind map sendiri juga dapat membuka potensi serta kapasitas seseorang untuk mempelajari sesuatu dengan memberikan pengoptimasian pada otak ketika belajar. Buku Mind Map Langkah Demi Langkah (Terbit Ulang) dapat membantu Grameds dalam mencapai pontensi terbesar kamu.

tombol beli buku

Kelebihan dan Kekurangan Mind Mapping 

Setelah mengetahui manfaat dari menggunakan konsep mind map untuk mencatat, pembaca perlu mengetahui kelebihan serta kekurangan dari konsep yang diperkenalkan oleh Tony Buzan ini. Kelebihan mind map adalah :

  1. Meningkatkan kapasitas pemahaman terhadap suatu informasi.
  2. Setiap mind map memiliki sifat unik tersendiri.
  3. Lebih mudah dipelajari, karena gambaran keseluruhan dapat terlihat.
  4. Dapat melihat informasi secara detail.
  5. Mampu meningkatkan kemampuan berimajinasi, berkonsentrasi dan mengingat.
  6. Memudahkan untuk menambah informasi baru.
  7. Merangsang dan melatih kreativitas seseorang.
  8. Lebih efisien, karena dapat membuat catatan dalam waktu cepat.
  9. Mengoptimalkan kerja otak kanan dan kiri. Karena selain proses mencatat mind map juga melibatkan proses kreatif dalam pencatatan.
  10. Pembelajaran dapat lebih efektif.
  11. Mempermudah informasi untuk diingat.
  12. Dapat mempertajam daya analisis serta logika seseorang, karena memanfaatkan pemahaman dan kreatifitas setiap siswa untuk membuat sebuah catatan.

Sebelas kelebihan dari membuat mind map tersebut, sangatlah cocok untuk dijadikan sebagai program pembelajaran untuk siswa. Selain mempermudah siswa untuk mengingat setiap informasi yang diberikan, kreatifitas serta logika siswa diasah sehingga dapat mempertajam pemahaman siswa terhadap suatu informasi. Namun, terdapat pula kekurangan dari konsep mencatat yang diperkenalkan oleh Tony Buzan. Kekurangan dari konsep mind map ini adalah sebagai berikut:

  1. Beberapa ahli mengklaim proses mencari kata kunci dalam membuat mind map dapat menyita waktu banyak.
  2. Dalam proses pembuatan mind map untuk kegiatan belajar mengajar, hanya satu pihak yang terlibat, yaitu siswa. Guru tidak dapat membantu atau melibatkan diri dalam proses pembuatan mind map, karena hanya melibatkan nilai atau kreatifitas si pencatat atau murid saja.
  3. Beberapa detail informasi tidak dapat tercatat, karena mind map biasanya hanya berisi ringkasan atau kata kunci saja.
  4. Ada yang mengklaim pula, bahwa dalam proses pembuatan mind map siswa dinilai tidak belajar sepenuhnya. Hal ini karena terkadang siswa terlalu fokus pada proses kreatif saja.

Nah, itulah penjelasan tentang cara menggunakan mind mapping yang mudah, Gratis, dan Anti ribet. Mulai dari pengertian, jenis-jenis, manfaat, sampai kekurangan dan kelebihannya. Saat ini Grameds bisa membuatnya tanpa menghabiskan waktu lama menggunakan perkembangan teknologi. Jadi jangan sampai terlewatkan.  

Baca juga : Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Buku, Jurnal, Skripsi, Artikel, Website

Apa manfaat dari Mind Mapping

Karena sifatnya adalah visual, maka mind mapping akan membantu Anda lebih mudah menerima informasi baru seperti gagasan atau ide.

Kapan mind mapping diperlukan?

Mind Mapping diperlukan di dunia profesional saat presentasi atau brainstorming

Apa manfaat mind mapping dalam pembelajaran?

Mind mapping bermanfaat dalam mengingat dan pencatatan.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ahmad