in

Cara Live TikTok, Syarat, dan Tips Memperbanyak Penonton

Pixabay.com

Cara Live TikTok – Aplikasi media sosial saat ini sangatlah beragam. Tak hanya satu atau dua saja, banyak pilihan media sosial yang bisa kalian pakai di smartphone. Setiap aplikasi medsos pun memiliki keunggulan dan keunikan masing-masing. Apabila kalian ingin menyaksikan beragam video singkat disertai musik, cobalah untuk mendownload dan menginstal aplikasi TikTok.

Aplikasi satu ini sedang sangat terkenal dan populer. Bahkan video yang ada di sana juga kerap didownload oleh pengguna dan di upload melalui aplikasi media sosial lain yang dipunyai. Melalui TikTok, selain berbagi video hasil editan, kalian juga bisa melakukan live siaran. Bagaimana cara live di TikTok dan apa saja syarat yang diperlukan, simak artikel ini sampai selesai ya.

Syarat dan Ketentuan Live di TikTok

Cara Live TikTok
Pixabay.com

Jika kalian ingin melakukan live, tak hanya di Instagram atau Facebook saja. Bagi pengguna TikTok, ternyata juga bisa melakukan live melalui aplikasi tersebut. Namun mungkin beberapa orang memang jarang melakukannya lantaran tidak tahu. Sebab tak ada tombol live yang jelas di sana. Bagi beberapa content creator TikTok, live bukanlah hal yang asing. Justru mereka pasti sudah terampil untuk melakukannya.

TikTok memang berisi video-video singkat yang unik dan menarik. Itulah mengapa banyak orang yang gemar membuka aplikasi ini. Ada beragam jenis video juga yang bisa kalian temukan di sana. Mulai dari yang sifatnya lucu-lucuan sampai yang bersifat edukasi. Contohnya seperti tips kesehatan, tips memasak, atau tips-tips lain yang sifatnya mendidik dan dibuat oleh ahlinya.

Adapun aplikasi live pada TikTok ini juga menjadi sarana bagi para content creator untuk dapat secara langsung berinteraksi dengan penggemarnya. Meski begitu, ternyata ada beberapa syarat yang harus dipenuhi lebih dulu sebelum melakukan live di TikTok. Jadi, sebelum mengetahui cara live di TikTok, kalian harus memenuhi dua syarat berikut:

  1. Usia kalian yang ingin live di TikTok telah lebih dari 16 tahun. Jika kurang, maka tidak dapat melakukan siaran langsung.
  2. Memiliki pengikut lebih dari 1000 orang. Jika kurang dari ini, maka kalian juga tidak bisa melakukan live.

Jadi, kedua syarat itulah yang harus diperhatikan ketika ingin melakukan siaran langsung di aplikasi TikTok. Fitur Live di TikTok tidak akan muncul jika akun kalian tidak memenuhi dua syarat itu. Untuk itulah, kalian harus menambah pengikut dulu supaya fitur livenya bisa digunakan. Apabila kalian sudah memenuhi dua syarat tersebut namun masih belum bisa live, cobalah untuk melakukan update aplikasi.

Selanjutnya, selain dua syarat di atas perlu dipenuhi, ada ketentuan lain yang harus kalian pahami. Ketentuan-ketentuan berikut tentunya diterapkan supaya berbagai konten live yang ada di TikTok tidak menimbulkan permasalahan. Dalam artian, konten tersebut dapat diterima oleh masyarakat. Jadi, meski bisa live, kalian tidak boleh sembarangan untuk menyiarkan sesuatu secara langsung di aplikasi ini. Nah, apa saja hal-hal yang tidak diperbolehkan live di TikTok, berikut daftarnya:

  1. Dilarang menyiarkan konten kebencian yang menyerang atau menargetkan kelompok atau komunitas tertentu.
  2. Menyiarkan secara langsung konten yang berisi teror dan dapat mengganggu kenyamanan dan keamanan penonton.
  3. Dilarang keras menyiarkan konten berisi pornografi ataupun yang mengandung konten seksual eksplisit apapun.
  4. Tidak diperbolehkan menayangkan secara langsung konten berisi tindak kekerasan baik kepada sesama manusia ataupun hewan.
  5. Dilarang menyiarkan konten berisi pembunuhan
  6. Tidak diperkenankan menayangkan konten berisi perilaku atau tindak asusila terhadap anak di bawah umur.
  7. Dilarang menayangkan konten kejahatan dunia maya, baik penipuan maupun pencucian uang.
  8. Tidak boleh menunjukkan siaran berisi penculikan dan pemerasan.
  9. Dilarang menunjukkan siaran langsung berisi pemakaian narkoba atau perdagangannya
  10. Tidak diperbolehkan live konten mengenai perdagangan manusia ataupun organ manusia.
  11. Dilarang keras menunjukkan siaran langsung yang berisi tindakan melukai diri sendiri.

Cara Live TikTok

Cara Live di Aplikasi TikTok

Cara Live TikTok
Sumber: dulurtekno.co.id

Sebetulnya, aplikasi TikTok memberikan fitur berupa video berdurasi 15 detik yang memiliki latar belakang berbagai macam musik. Tentu dengan konsep yang sederhana ini, membuat para penggunanya justru lebih kreatif. Bahkan beberapa konten creator, pemilik brand atau merk, selebriti, influencer dan yang lain juga kerap membuat video untuk kepentingan bisnis dan hasilnya viral di media sosial. Beberapa orang yang menyukai video di TikTok juga biasa membagikannya di media sosial lainnya, seperti Instagram atau Facebook. Berikut ini adalah langkah-langkah apabila Kalian ingin melakukan siaran langsung di TikTok:

1. Buka aplikasi TikTok

Langkah pertama tentu adalah membuka aplikasi yang ada di ponsel. Kemudian cek apakah pengikutnya sudah ada 1000 orang atau belum. Jika sudah, maka syarat live telah terpenuhi. Kemudian lihat pada halaman sebelah bawah, ada tombol ‘+’ atau create, klik tombol tersebut.

2. Carilah bagian live pada aplikasi

Setelah itu, kalian bisa mencari tombol live. Klik dan selanjutnya tuliskan judul live yang dilakukan. Pastikan judul live tercantum, supaya orang yang mendapat notifikasi live kalian tertarik untuk melihat.

3. Tekan tombol Go Live

Terakhir, untuk memulai siaran langsung, tinggal klik tombol Go Live. Maka kalian pun tinggal menikmati siaran secara langsung. Jika ingin melakukan beberapa perintah saat live, tinggal klik saja titik tiga yang ada di bagian atas. Di sana akan muncul perintah membalik kamera, filter komentar, menambah efek, atau perintah lainnya.

4. Akhiri dengan menekan tombol X

Jika kalian telah selesai melakukan live, maka untuk mengakhirinya, tinggal klik saja ikon X pada layar. Setelah tanda tersebut di klik, TikTok pun akan berhenti merekam untuk siaran langsung. Kalian bisa melakukan streaming sampai dengan sekitar 8 jam. Video tersebut nantinya akan tersimpan di feed, sehingga mereka yang belum sempat melihat dan ingin menonton kemudian, bisa melihatnya.

Cara untuk Live Bersama Teman di TikTok

TikTok berisi video-video singkat yang menarik. Maka dark itulah, konten yang banyak dan tidak monoton membuat orang-orang tidak bosan untuk membuka aplikasinya. Selain bisa melakukan siaran langsung atau live sendirian, ternyata kalian juga bisa live bersama dengan teman. Berikut adalah cara untuk kalian bisa live bersama teman:

  1. Masuk ke akun TikTok milik kalian masing-masing
  2. Carilah ikon ‘+’ atau tombol Create.
  3. Pilih opsi atau pilihan Live pada bagian bawah layar
  4. Tekan tombol Go Live untuk memulai siaran langsung.
  5. Apabila ingin live bersama, klik ikon yang ada di bagian sudut kiri bawah
  6. Kemudian akan muncul jendela tentang daftar host
  7. Lalu kliklah tombol Undang jika ingin mengajak teman live bersama
  8. Pengguna atau orang yang kalian ajak pun akan segera mendapat notifikasi dan jika mereka menerima, maka siaran bersama bisa dilakukan. Namun jika pihak yang kalian ajak menolak, maka siaran bersama pun tidak akan berjalan.

Selain bisa mengundang teman untuk bisa live bersama, kalian juga bisa meminta untuk bergabung dengan siaran langsung orang yang lain. Caranya juga tidaklah sulit. Ketika melihat siaran langsung, pada bagian komentar, akan ada tombol yang berupa dua wajah tersenyum. Jika hendak meminta bergabung dengan siaran langsungnya, klik dua wajah tersenyum tersebut.

Jika sudah, permintaan untuk bergabung dengan live pun akan dikirimkan. Nantinya pihak sana atau host akan memilih, menerima permintaan atau menolaknya. Apabila permintaan kalian diterima, layar siaran langsung pun akan terbelah menjadi dua, dan kalian bisa melakukan siaran langsung bersama. Namun sebaliknya, jika tidak, artinya permintaan kalian untuk bergabung live bersama ditolak.

Cara Live TikTok

Tips yang Perlu Diperhatikan Ketika Hendak Live di TikTok

TikTok menjadi salah satu aplikasi yang paling digemari oleh anak-anak muda. Konsep audio visual yang diberikan serta efek-efek yang dapat dipilih sendiri membuat banyak orang lebih suka melihat video di TikTok. Aplikasi ini merupakan anak dari perusahaan Tiongkok, yaitu Bytendence, dan berdiri pada tahun 2017.

Berdasarkan jumlah statistik dari Data Reportal, TikTok memiliki pengguna aktif sebanyak 689 juta orang. Sebanyak 53% penggunanya adalah laki-laki, sementata sebanyak 47% adalah perempuan. Semua penggunanya pun tentu sudah tahu bahwa mereka dapat melakukan live. Bagi kalian yang ingin mengetahui apa saja tips saat Live di TikTok:

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

1. Carilah waktu terbaik untuk melakukan siaran langsung

Tips pertama supaya live kalian berhasil dan banyak yang menonton, carilah waktu yang tepat. Tepat di sini artinya di jam-jam para pengguna aplikasi sedang bersantai sambil berselancar di TikTok.

Karena dengan mengetahui waktu tersebut, artinya peluang live kalian ditonton lebih banyak orang semakin tinggi. Apalagi jika konten kalian adalah konten live yang edukatif dan informatif. Semakin banyak yang menonton tentu akan jauh lebih menyenangkan pula. Sehingga live kalian juga tidak sia-sia.

Biasanya TikTok akan menyarankan untuk melakukan siaran secara langsung pada waktu prime time. Akan tetapi, audiens juga penting untuk diperhatikan. Jadi sebagai content creators juga harus memperhatikan setiap audiens, termasuk waktu mereka membuka aplikasi dan melihat-lihat video.

Pun sebagai content creators, harusnya memiliki jadwal tersendiri untuk melakukan live. Sesuaikan waktunya di jam-jam pengikut kalian sedang senggang. Dengan begitu penontonnya juga akan jauh lebih banyak lagi. Sebab sebagai penggemar, pasti akan menghafal jadwal siaran tanpa harus melihat notifikasi dari siaran kalian.

2. Perhatikan durasi waktu live

Waktu ketika siaran langsung juga penting untuk diperhatikan. Jangan terlalu lama atau terlalu pendek. Jika terlalu sebentar, tentu akan membuat kecewa penonton yang sudah berekspektasi lebih terhadap siaran langsung. Namun jika terlalu lama, penonton pun akan bosan. Untuk masalah waktu live, TikTok menyarankan sekitar 30 menit.

3. Perhatikan koneksi internet

Hal ketiga yang tak kalah penting adalah koneksi dari internet. Setiap orang tentu tidak senang jika tontonannya diganggu oleh buffering. Sinyal yang tiba-tiba jelek bisa menghambat siaran langsung kalian. Maka dari itu, pastikan sinyal atau koneksi internet sedang bagus dan stabil. Sebab jika tidak, penonton pun akan merasa jenuh jika video yang mereka tonton tersendat-sendat.

4. Isi dari live atau siaran langsung

Keempat ada isi atau konten saat live. Sebenarnya hal ini menjadi yang paling penting. Sebab jika kualitas siaran kalian buruk maka tak akan ada yang mau menonton. Pastikan dulu bahwa sasaran penonton kalian suka dengan konten yang hendak dihidangkan. Dengan begitu, ketika mereka melihat notifikasi live dari TikTok kalian, mereka akan antusias untuk menonton.

Sebelum live berlangsung, carilah tema yang menarik. Pikirkan juga konsep live yang akan dijalankan. Jangan lupa pula untuk mengajak penonton berinteraksi selama live berlangsung. Sehingga mereka merasa diperhatikan dan tidak cepat bosan karena hanya melihat kalian bicara. Sesekali ajak mereka untuk menjawab pertanyaan atau mengungkapkan pendapatnya. Cobalah lebih aktif pula membaca komentar yang muncul dan menanggapinya.

5. Mulailah dengan aktif mengupload video

Sebelum kalian melakukan siaran langsung, cobalah untuk memperhatikan konten yang telah dibuat. Alangkah lebih baiknya jika sebelum live, kalian telah aktif membuat dan mengupload video. Sehingga pengikut kalian di TikTok juga sedang gencar-gencarnya melihat video kalian.

Dengan begitu, jika saat live kalian membicarakan video-video sebelumnya, penonton masih ingat dan tertarik untuk membahasnya. Ini juga akan berpengaruh terhadap jumlah penonton. Karena saat kalian live, dan video pendek yang telah diupload sebelumnya lewat di FYP pengguna TikTok, maka akan muncul ikon khusus, yang bisa membawa mereka untuk langsung menyaksikan siaran yang sedang berlangsung.

6. Perhatikan audio dan pencahayaan

Saat live juga sangat penting memperhatikan audio dan visual. Audio di sini artinya kalian harus memastikan suara terdengar jelas dan jernih tanpa gangguan apapun. Usahakan untuk live di tempat yang sepi dan tidak bising. Jangan sampai suara kalian tertutup atau kalah dengan suara bising kendaraan atau gangguan suara lainnya.

Beberapa Ide Kreatif untuk Konten Live TikTok

Bagi beberapa orang, jumlah penonton livenya akan sangat berpengaruh terhadap motivasi mereka membuat konten live. Semakin antusias penontonnya, pasti kalian juga ingin bisa menampilkan live yang bagus. Nah berikut ini ada beberapa contoh konten yang bisa dijadikan bahan untuk live di TikTok:

1. DIY-life hack

Jika kalian suka membuat kerajinan, maka ide satu ini bisa diterapkan. Selain bisa menghasilkan karya untuk diri sendiri, kalian bisa berbagi tips dan trik pembuatan karya melalui live TikTok. Lakukan saja dengan cara yang sederhana dan mudah, juga konsisten untuk mengupload video pembuatan berbagai macam kerajinan. Terutama jika kalian bisa menyajikan proses pembuatan kerajinan barang bekas dalam waktu singkat.

2. Beauty and fashion

Ide satu ini tak akan ada habisnya. Para wanita pengguna TikTok pastinya akan sangat menyukai konten yang berisi tentang kecantikan. Baik itu tips memakai make up, maupun sekedar sharing review produk-produk kecantikan yang banyak dipakai. Selain kecantikan wajah, kalian juga bisa update gaya berbusana atau fashion terkini yang sedang ngetrend. Akan lebih baik pula jika kalian memberikan solusi kecantikan kepada para penonton saat sedang live.

3. Tutorial masak

Ketiga ada ide konten tutorial masak. Bagi kalian yang suka sekali masak memasak, cobalah untuk menggunakan keahlian tersebut saat live. Kalian bisa memberikan tips dan trik membuat berbagai jenis masakan. Baik itu hanya sekedar membuat camilan ataupun makanan berat. Dengan durasi live yang cukup panjang, pastinya kalian akan memiliki waktu yang cukup untuk menyajikan konten masak memasak yang bisa ditiru oleh penonton live. Jadi, tunggu apa lagi? Selamat mencoba ya.

Nah, itulah tadi beberapa cara live di TikTok, tips memperbanyak penontonnya, dan juga ide-ide untuk konten TikTok. Dunia media sosial semakin berkembang, termasuk juga untuk berbisnis. Jika ingin mempelajari dinamika berbisnis ala media sosial, bacalah buku Gramedia berjudul Rahasia Berisnis Ala Media Sosial berikut ini.

Cara Live TikTok

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda