in

Cara Screenshot di Laptop / PC dengan Berbagai OS

Cara Screenshot di Laptop / Komputer – Screenshot atau Screen capture atau apapun sebutannya, pasti sudah tidak asing didengar. Operasi unik ini memungkinkan kita untuk menangkap gambar di desktop komputer. Memotret layar bisa jadi sangat berguna jika kamu ingin memperlihatkan hasil edit halaman web rekan kerja, atau saat melakukan panggilan video selama liburan, bahkan mengambil foto keluarga secara virtual.

Mengambil momen-momen tersebut langsung dari layar laptop atau komputer mu dan menyimpannya menjadi file gambar adalah salah satu game-changer di era modern ini. Berikut beberapa cara untuk screenshot di laptop apapun.

e perpus

A. Cara Screenshot di Laptop Macbook

Jika kamu menggunakan produk Apple, seperti Macbook atau perangkat lain yang menggunakan sistem operasi Mac Os, kamu juga bisa mengambil screenshot seluruh layar, atau hanya beberapa bagian di layar saja.

Untuk mengambil screenshot, tekan dan tahan tiga tombol ini secara bersamaan: Shift, Command, dan 3.

Jika kamu melihat thumbnail di sudut layar, klik untuk mengedit screenshot atau tunggu hingga screenshot disimpan ke desktop Anda.

1. Cara screenshot sebagian layar

  • Tekan dan tahan tiga tombol ini secara bersamaan: Shift, Command, dan 4.
  • Seret tanda bidik untuk memilih area layar yang akan diambil gambarnya. Untuk memindahkan pilihan, tekan dan tahan Space bar sambil menyeret. Untuk membatalkan pengambilan screenshot, tekan tombol Esc (Escape).
  • Untuk mengambil screenshot, lepaskan mouse atau tombol trackpad mu.
  • Jika kamu melihat thumbnail di sudut layar, klik untuk mengedit screenshot atau tunggu hingga screenshot disimpan ke desktop Anda.

2. Cara screenshot sebuah window atau menu

  • Buka jendela atau menu yang ingin Kamu screenshot.
  • Tekan dan tahan tombol ini secara bersamaan: Shift, Command, 4, dan Space bar. Penunjuk berubah menjadi ikon kamera. Untuk membatalkan pengambilan screenshot, tekan tombol Esc (Escape).
  • Klik jendela atau menu untuk menangkap layar. Untuk mengecualikan bayangan jendela dari screenshot, tekan dan tahan tombol Option saat kamu mengklik.
  • Jika kamu melihat thumbnail di sudut layar, klik untuk mengedit screenshot atau tunggu hingga screenshot disimpan ke desktop mu.

B. Cara Screenshoot di Laptop dengan OS Windows

Untuk saat ini, sistem windows terbaru adalah Windows 10. Jika kamu perlu mengambil screenshot di layar komputer mu, Windows 10 memiliki berbagai metode untuk melakukan hal itu. Kamu bisa menyimpan gambar di seluruh layar atau hanya beberapa bagian saja.

1. Cara screenshot di Windows menggunakan tombol Prtsc

Untuk mengambil gambar di layar dengan cepat, kamu bisa menekan tombol Print Screen atau (PrtScn) yang biasanya terletak di sisi kanan atas keyboard mu. Windows akan menyalin hasil screenshot mu dari seluruh layar mu ke papan klip atau clipboard, dan kamu bisa menempelkan atau paste ke program apapun.

Dengan tombol PrtScn, Kamu juga dapat mengambil screenshot di Windows 10 dengan beberapa cara lagi:

cara screenshot di laptop

Untuk menangkap seluruh layar laptop atau komputer mu dan menyimpannya secara otomatis, tekan tombol Windows + PrtScn. Layar laptop atau komputer mu akan meredup dan hasil screenshot akan disimpan ke folder Pictures > Screenshots.

Untuk menangkap jendela atau Window yang sedang Anda kerjakan dan menyalinnya ke Clipboard mu, tekan Alt + PrtScn. Kamu harus menempelkannya ke program lain untuk menyimpannya.

2. Cara screenshot di Windows menggunakan Snip & Sketch

Snip & Sketch adalah alat screenshot atau screenshot terbaru Windows yang membuatnya lebih mudah untuk menyesuaikan, berbagi, dan membuat anotasi screenshot. Snip and Sketch Ini pada dasarnya memiliki fitur yang sama dan sebagai versi upgrade dari Snipping Tool.

Untuk mengaktifkan Snip & Sketch, gunakan pintasan keyboard Tombol Windows + Shift + S. Kamu juga dapat membuka alat Snip & Sketch dari menu Start atau dengan mencarinya.

Setelah menekan Tombol Windows + Shift + S, layar laptop atau komputer akan meredup dan sebuah menu yang mini akan muncul di bagian atas layar mu. Menu tersebut memberimu pilihan untuk mengambil gambar persegi panjang, bentuk bebas, jendela, atau layar penuh.

Setelah mengambil screenshot mu, hasilnya akan disimpan ke clipboard mu dan sebuah pemberitahuan akan muncul di sudut kanan bawah layar mu. Dengan mengklik gambar tersebut akan membawamu ke aplikasi Snip & Sketch, di mana kamu dapat mengedit screenshot dengan alat gambar yang tersedia sebelum menyimpan atau membagikannya.

3. Cara screenshot di Windows menggunakan Snipping Tool

Jika di laptop mu tidak ada aplikasi Snip & Sketch, kamu bisa menggunakan Snipping Tool. Snipping Tool adalah alat screenshot Windows yang sudah lama berjalan yang pada akhirnya akan digantikan oleh Snip & Sketch. Sampai benar-benar dihapus, aplikasi ini masih merupakan cara yang bagus untuk mengambil screenshot di Windows 10, 8, 7, dan Vista.

cara screenshot di laptop

Mulai aplikasi Snipping Tool dari menu Start.

Untuk memulai proses screenshot, gunakan tombol “Mode” untuk memilih apakah kamu ingin screenshot dalam format bebas, persegi panjang, jendela, atau layar penuh, lalu klik tombol “Baru” atau “New”.

Kamu juga dapat mengatur waktu pengambilan gambar hingga lima detik melalui menu tarik-turun “Tunda”.

Setelah Kamu mengambil screenshot, screenshot tersebut akan terbuka di jendela baru, di mana kamu dapat membuat anotasi, menyimpannya, atau membagikannya dengan Microsoft Outlook.

4. Cara screenshot di Windows 10 menggunakan Game Bar

Game Bar adalah fitur yang bisa kamu gunakan di sebagian besar game Windows untuk mengambil screenshot dan merekam video.

Untuk membuka Game Bar, tekan Tombol Windows + G. Kamu dapat menggunakannya di aplikasi apa pun, bukan hanya game.

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

cara screenshot dengan game bar

Pada menu overlay, klik ikon kamera untuk mengambil screenshot layar penuh. Kamu juga dapat merekam klip video dengan menekan tombol rekam merah, dengan pilihan untuk memasukkan audio dengan mengklik ikon mikrofon.

Tangkapan layar dan klip video yang diambil oleh Game Bar disimpan dalam format PNG ke folder “Captures”, yang ada di folder Video mu. Kamu juga dapat menemukannya melalui Game Bar, dengan mengklik “Tampilkan semua tangkapan” di bawah tombol screenshot dan rekam.

Jika Game Bar tidak terbuka dengan cara pintas Tombol Windows + G, pastikan Game Bar telah diaktifkan. Untuk mengaktifkan Game Bar, cari “Pengaturan Game Bar’ dan di menu, aktifkan “Rekam klip game, screenshot, dan siaran menggunakan Game Bar “.

5. Cara screenshot di Windows menggunakan aplikasi pihak ketiga

Jika kamu tidak puas dengan salah satu metode screenshot dari Windows, ada beberapa aplikasi screenshot pihak ketiga yang bisa kamu pertimbangkan. Masing-masing dari aplikasi ini memiliki kelebihan tersendiri.

a. Snagit

Aplikasi screenshot dari Snagit memungkinkan mu membuat GIF animasi dan mengambil screenshot halaman penuh dan scrolling. Snagit menawarkan interface yang sangat mudah digunakan. Sejumlah fitur tambahan yang memudahkan pengambilan screenshot juga disediakan oleh Snagit. Selain screenshot dengan scrolling, kamu juga bisa merekam video dengan scrolling menggunakan Snagit.

  • Hal yang pertama harus dilakukan adalah mendownload dan menginstall Snagit.
  • Jalankan aplikasi dan Sign in. Kemudian klik tombol ‘Capture’.
  • Klik dan seret ke area yang ingin dipilih, lalu lepaskan jari dari tombol mouse.
  • Klik ikon kamera untuk menangkap area yang sudah terpilih.
  • Kamu bisa mengedit hasil screenshot di Snagit Editor. Kamu bisa menambahkan tulisan, bentuk, efek atau menyesuaikan gambar yang sudah kamu tangkap.
  • Pada keyboard, tekan Ctrl dan S untuk menyimpan screenshot..

b. Greenshot

Greenshot adalah perangkat lunak yang ringan untuk windows dengan beberapa fitur utama seperti:
Membuat screenshot dengan cepat dari area yang dipilih, jendela, atau layar penuh. Kamu juga bisa mengambil screenshot dengan scrolling layar.

  • Anotasi, memberi highlight bagian screenshot dengan mudah.
  • Ekspor hasil screenshot dengan beberapa cara seperti: simpan ke file, kirim ke printer, salin ke clipboard, lampirkan ke email, kirim program Office atau unggah ke situs foto seperti Flickr atau Picasa, dan lain-lain.

Begini cara menggunakan Greenshot untuk membuat screenshot.

  • Download dan install program Greenshot ke laptop atau komputer kamu.
  • Arahkan ke Start Menu, cari Greenshot dan klik di atasnya. Ikon Greenshot kemudian akan muncul di task tray perangkat mu.
    pada task tray, klik kiri pada ikon Greenshot lalu klik Preferences
  • Lalu centang kotak “Launch Greenshot on startup” dan klik OK
  • Kamu bisa memilih mode Region jika ingin screenshot beberapa area dari layarmu.
  • Setelah memulai mode Region, kamu akan melihat tanda bidik yang menunjukkan posisi mouse di layar. Klik dan tahan di tempat yang kamu inginkan untuk salah satu sudut screenshot. Masih menahan tombol mouse, tarik mouse untuk menentukan seberapa besar layar yang ingin di screenshot. Saat persegi panjang hijau menutupi area yang ingin kamu tangkap, lepaskan tombol mouse.
  • Kamu bisa menggunakan tombol Spasi untuk beralih antara mode Region dan Jendela.
  • Jika kamu ingin menangkap area yang tepat, mungkin lebih mudah untuk memilih area screenshot awal yang sedikit lebih besar dan memotong hasil screenshot setelahnya menggunakan editor gambar Greenshot.
  • Untuk screenshot keseluruhan layar kamu bisa menekan tombol Ctrl + Print Screen

C. Cara Screenshot di Linux

Laptop atau komputer kamu menggunakan sistem operasi Linux? Jangan khawatir, Linux juga memiliki beberapa cara untuk membuat screenshot. Linux mempunyai alat khusus untuk memudahkan dalam mengambil screenshot, memberikan fleksibilitas baik dari seluruh layar atau sebagian layar. beberapa alat untuk Linux ini tidak hanya dimaksudkan untuk mengambil screenshot namun juga bisa memodifikasi gambar, mengedit warna dan lain-lain. Berikut beberapa alat yang populer untuk mengambil screenshot di Linux.

1. Shutter

Shutter adalah salah satu alat screenshot yang paling sering digunakan. Shutter ini tidak hanya memungkinkan kamu untuk mengambil screenshot dari bagian manapun dari layar, tetapi juga memungkinkan kamu untuk mengedit gambar yang diambil, menambahkan tulisan pada gambar, menyembunyikan konten pribadi dengan pixelating, mengupload gambar ke situs hosting dan masih banyak lagi. Kamu dapat dengan mudah menginstal shutter di Ubuntu atau Linux Mint dengan bantuan perintah apt-get seperti ini:

$ sudo apt-get install shutter

Untuk membuat screenshot melalui Shutter, kamu bisa membuka sesi baru dengan meluncurkan aplikasi Shutter atau cukup pilih jendela yang akan diambil dari ikon Shutter.

2. Imagemagick

Selain Shutter ada juga Imagemagick yang bisa mengambil screenshot, mengedit, mengonversi dan menampilkan file gambar lebih dari 200 format gambar. Selain Command Line, Imagemagick juga menyertakan GUI X-window asli untuk sistem mirip Unix yang membantu membuat rendering gambar menjadi mudah. Berlisensi di bawah Lisensi Apache 2.0, Imagemagick menyediakan sejumlah binding untuk berbagai bahasa seperti: PerlMagick (Perl), Magickcore (C), Magick ++ (C ++).

Dengan menggunakan Imagemagick, kamu bisa dapat mengambil screenshot lewat import command:

“$ import – window root image1.png”

Jika hanya ingin screenshot di beberapa area layar, kamu bisa menjalankan command:
“# import calc.png”

3. Gnome Screenshot

Perangkat lain untuk mengambil screenshot adalah Gnome-screenshot. Gnome Screenshot adalah alat default yang disertakan dengan Ubuntu di lingkungan desktop gnome. Awalnya ini adalah bagian dari paket gnome utils, tetapi kemudian dipisahkan menjadi paket independennya sendiri dari versi 3.3.1.

Seperti beberapa alat di atas, Gnome Screenshot juga merupakan alat yang bagus untuk mengambil screenshot dari seluruh layar atau sebagian layar sesuai kebutuhan.

Salah satu cara untuk mengambil screenshot dengan Gnome Screenshot adalah dengan menggunakan pintasan tombol Shift + PrtScr yang mengubah penunjuk mouse menjadi kursor crosshair, dengan ini kamu dapat memilih bagian layar yang akan diambil tangkapan layarnya.

Kamu juga bisa menggunakan GUI Screenshot Gnome untuk mengambil screenshot. Untuk ini, kamu cukup buka GUI dan pilih salah satu opsi berikut: – ‘Pilih area yang akan diambil’ atau ‘Ambil seluruh layar’ atau ‘Ambil jendela aktif’ lalu klik tombol ‘tangkap layar’.

4. Kazam

Kazam adalah alat multifungsi yang dapat digunakan untuk merekam video dan mengambil screenshot. Seperti alat Gnome Screenshot, Kazam juga memiliki GUI yang menyediakan beberapa pilihan, apakah akan melakukan screencasting, atau mengambil screenshot dan bahkan di dalamnya, baik untuk seluruh area atau sebagian layar.

Kazam adalah screencaster pertama dengan fitur encoding dan screenshot dengan cepat. Selain itu, ia memiliki mode senyap di mana, ia dimulai tanpa GUI. Cara mengambil tangkapan layar menggunakan kazam bisa menggunakan Kazam GUI. Menggunakan mode GUI akan memberikanmu akses untuk mengambil screenshot hanya dengan beberapa klik saja. Kamu bisa memilih pilihan ‘seluruh layar’, ‘layar penuh’ ‘jendela’ atau pilihan ‘area’ jika kamu hanya ingin mengambil screenshot di beberapa area.

5. Gimp

Gimp adalah editor gambar yang gratis dan dapat digunakan untuk manipulasi gambar, pengeditan, pengubahan ukuran, retouching, dll. Gimp ditulis dalam C, GTK + dan didistribusikan di bawah lisensi GPLv3. Selain sebagai program pengeditan gambar, Gimp memiliki kemampuan untuk mengambil screenshot dari seluruh atau setengah area dan kemudian mengedit gambar sesuai dengan yang kamu inginkan dan bahkan menambahkan efek ke dalamnya.

Saat kamu akan membuka GUI Gimp, buka File -> Buat Screenshot dan menu ini akan muncul. Kamu bisa memilih opsi yang kamu inginkan, apakah akan mengambil screenshot seluruh atau sebagian layar saja. Setelah ini, jepretan dari screenshot yang dibuat akan tersedia di GUI untuk diedit, di mana kamu bisa langsung mengedit gambar, menerapkan efek, dan sebagainya.

Deepin Scrot

Deepin Scrot adalah aplikasi screenshot yang ringan dan digunakan di Linux Deepin OS, yang memungkinkan kamu untuk menambahkan teks, panah, garis, dan gambar ke hasil screenshot. Deepin Scrot ini adalah alat yang lebih bagus daripada alat Gnome default dan jauh lebih ringan dari Shutter.

Beberapa fitur yang dimiliki Deepin Scrot yaitu:

  • Screenshot (PrintScreen)
  • Screenshot jendela di bawah kursor (Alt + PrintScreen)
  • Wilayah Persegi Panjang dan Wilayah Tangan Bebas (Ctrl + Alt + A)
  • Tunda pengambilan Layar Penuh (Ctrl + PrintScreen)
  • Ambil screenshot dari area yang dipilih
  • Gambar persegi panjang, elips, panah, garis, atau teks untuk screenshot
  • Simpan hasil screenshot ke file atau clipboard

Baca juga artikel lain yang terkait dengan cara screenshot di laptop / pc berikut :

sumber referensi :

  • support.apple.com
  • Hp.com
  • Khera,G. 2019. 10 Tools to Take or Capture Desktop Screenshot in Linux.
  • Johnson, D. 2021. 10 Ways to take a screenshot on any Windows device.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

  • Custom logo gratis
  • Akses gratis ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien
  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ahmad